Oleh-Oleh Khas Semarang : Bandeng Juwana Elrina.

Bismillah,



Sejujurnya,
I've no idea banget deeh...pas ke Semarang kemarin, Karena apa? Karena cuma menyelesaikan beberapa urusan, trus cabut lagi...

Baca juga yuukk..



Qodarulloh,
Kami yang semula berencana menginap di Semarang, malah dapetnya penginapan di Solo. Tapi ,urusan yang di Semarang harus diselesaikan juga. Jadi kali ini kami hanya punya waktu sekitar 2 jam untuk berada di Semarang.


Apa Aja Yang Dilakukan Selama 2 Jam di Semarang?


Beli sepeda

Hhaha....lucu gak siih...?!? Abi itu mengincar sepeda ini sudah lama banget. Di cari di forum-forum bikers sama online shop. Hingga akhirnya berjodoh-lah di Toko Sepeda ini di Semarang.


Impian beliau, selain kami berempat bisa sepedaan bareng, beliau juga ingin mulai Bike To Work.
And he prove it!



Beli Oleh-Oleh

Ibu, mas dan adik di Surabaya sudah memantau perjalanan kami. Bukan di telp bolak-balik, tapi di wa setiap saat di grup keluarga. Dari mulai menanyakan Aisy dan Hana baik-baik sajakah sampai keberadaan kami saat di jalan. Dan yap~ begitu aku kabari sampai Semarang, Ibu minta oleh-oleh khas Semarang. Lunpia dan Bandeng Presto.



Ceritanya kita mengandalkan google maps kan yaa...seperti yang udah-udah... Jadi ngajak ketemuan si penjual sepeda di depan Bandeng Juwana - Elrina ini. Lalu terkedjoet!
Hehhee....lebbaii dikit yaa...

Ini tempatnya lengkap bangeettt...
Dan zaman sekarang itu yaa...yang namanya Bandeng bukan hanya duri lunak yaa...?
Hihii~

Varian Bandeng Juwana Elrina :

Bandeng Duri Lunak (vacuum)
Bandeng Otak-Otak
Bandeng dalam sangkar
Bandeng Teriyaki
Bandeng sate boneless
Bandeng Pepes (vacuum)


Bandeng dalam sangkar


Waaww~
Buat aku yang gak suka masak, makan bandeng ini surga bangeett.... tinggal happ~
Lalu aku membayangkan kalau seandainya tinggal di Semarang, emm...enaknya tiap hari makan bandeng Juwana.

Dan yaa...
Harganya sangat terjangkau, guys...

Belum lagi makanan basah khas Semarang dan temen-temennya... Ada roti, brownies, sampai abon and my fave, brem. Hehhee~
Lengkap bangeeettt...

Gak heran kalau Bandeng Juwana Elrina ini ramai dikunjungi pembeli dan siap-siap antri yaa...




Yang dijual di tempat oleh-oleh Bandeng Juwana Elrina ini juara!
Aku bahkan setelah tahu kue basah dan roti (isi cokelat) nya enak, kok jadi pengin balik lagi yaa... Hahhaa....sayangnya, gak mungkin.

Pokoknya kalau ke Semarang, wajib ke Bandeng Juwana Elrina lagih....


Setelah beres beli titipan Ibu, Mama, mas dan adik di sini, kami melanjutkan perjalanan, cusss ke Solo. Alhamdulillah, melalui tol Kertosuro, lancaarr...


Sahabat lendyagasshi pernah ke Semarang hanya 2 jam?
Mampir kemana aja?
Berbagi di kolom komentar yaa...siapa tau aku berkesempatan ke Semarang lagi dan lebih lama. Serius deeh...aku betah di Semarang. Orangnya ramah-ramah... dan logat Jawa-Semarangnya itu looo...gak bisa lupa (tapi gak bisa niruin), ramah banget!


Happy Travelling~




With love,




55 comments

  1. Ih kok enak sih, bandeng dalam sangkar...hmm enak dan gurih pasti ya? *laper

    ReplyDelete
  2. Jauh0jauh ke Semarang beli sepedanya hehehe. Bandeng dari Semarang memang enak ya rasanya

    ReplyDelete
  3. Bandeng Juwana ini tuh oleh-oleh wajib menurutku deh, karena kalau aku ke Semarang atau keluarga besar kesana pasti selalu bawa Bandeng Juwana ini deh.

    ReplyDelete
  4. Bandeng Juwana emang andalannya Semarang banget, nget. Selain itu ada lumpia juga sih. Nah, kalau lumpia itu wajib. Setiap suami tugas ke sana aku selalu minta dibawakan.

    Btw gak mampir Kota Lama Mbak? Cakep lho.

    ReplyDelete
  5. Baru mo nanya,bandeng dlm sangkar yg spt apa..eh sdh ada gambarnya.. Hehe.. Klo pas di sana biasanya aku nyari juga getuk pisang mba. Yg kayak lontong itu..hehe.. enaak..

    ReplyDelete
  6. Tadinya mau nanya, bandeng dalam sangkar itu seperti apa? Ternyata langsung terjawab oleh foto setelahnya :D
    Bandeng Semarang memang bikin lupa kalau Bandeng itu ikan berduri banyak yaa.

    ReplyDelete
  7. wah nyari jodoh sepedanya jauh banget kak nyampe di semarang hihi. jadi inget temen sekamar asrama dulu suka bawa bandeng kalau abis pulang dari semarang. jadi penasaran kalau yang juwana ini rasanya gimana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya enak deh kalau oleh-oleh dari Semarang, termasuk bandengnya ini. Mulai dari bandeng duri lunak, bandeng asap, otak-otak bandeng dan pepes bandeng.
      Lhooo... kok malah kayak sales tokonya nih aku hahahaa...

      Delete
  8. HUWAAAAAKKK!!!! Kangen pulkam semaraaaang!!! Aku asli semarang dan terakhir ke sana kayaknya 5 tahun lalu deh, lupa lagi saking lamanya nggak pulkam. Makanan wajib beli kalau habis dari semarang adalah (selain bandeng), tahu bakso bu puji, wingko babat, tahu petis pinggir jalan, dan mochi. Ya Allah beneran dah jadi kangen masa kecilku jalan-jalan di simpang lima, pandanaran, banyumanik, sampai ungaran.

    ReplyDelete
  9. aku kalau ke Semarang beli bandengnya pastibanyak..soalnya banyak yang sukaaa hehehe. Oleh - oleh lain juga menggoda bangeet

    ReplyDelete
  10. Bandeng Juwana tapi beli di Semarang, ke Pati dong! #Kompor

    Tapi kalau ke Jepara, ada pantai Bandengan lho Mbak

    ReplyDelete
  11. Boleh juga tuh bandengnya ya mbak. Bisa beli online gk yah soalnya ngiler banget bandengnya.

    ReplyDelete
  12. Dengar kata Semarang ingatanku selalu tertuju pada lumpia khas Semarang yang enak banget. Tapi setelah baca ini dan lihat penampakan bandeng Juwana rasanya jadi membayangkan makan bandeng pakai nasi Punel yang masih hangat...wow...lapar jadinya. Duh jadi pengen ke Semarang mbak....pengen jalan-jalan kesana sambil kulineran hehehe....

    ReplyDelete
  13. Kalau aku sendiri saat mendengar Semarang langsung kepikiran Bandeng sama lumpia haha soale terkenal banget 2 makanan itu dan selalu jadi oleh2.

    ReplyDelete
  14. Suka banget sama Bandeng Juwana enak, rasanya khas dan nagih

    ReplyDelete
  15. aku punya temen dari semarang pernah juga dioleh olehin kue kue kering khas semarang, pas udah habis, nanya lagi, masih punya lebih ga? ampun :D

    ReplyDelete
  16. Wow keceh sekarang sudah banyak varian bandeng ya... Aku baru tahu gegara baca tulisan ini. Jadi ngences pengen makan bandeng tariyaki

    ReplyDelete
  17. Bandeng dalam sangkar itu menggoda banget, sih. Sangkarnya terbuat dari apa ya, Mbak? Saya belum pernah ke Semarang, nih. Kalau ada kesempatan ke sana bakal hunting juga ah di Juwana Elrina.

    ReplyDelete
  18. Bandeng Juwana selalu aq singgahi kalau berkunjung ke Semarang, tahu baksonya enaaak. Selama ini belum pernah sih 2 jam aja hihihi palingan akhir pekan ke sana. Suka jalan ke kota tua, keliling kota cari kuliner, sama palingan ke Cimory.

    ReplyDelete
  19. Sudah 5 tahun enggak makan bandeng mbak, dulu biasanya dibawain teman kantor. Lihat Bandeng Juwana Elrina jadi pengen makan bandeng lagi euy.

    ReplyDelete
  20. Weleh mba, itu bandeng kesukaanku. Di Gresik yang terkenal Otak Otak Bandeng, tapi dasarnya aku suka semua jenis bandeng. Apalagi bandeng dalam sangkarnya kayak gini. Di makan pakai nasi hangat, oh nikmatnya. Meski 2 jam cukup puas bli oleh2 ya mba .

    ReplyDelete
  21. Malah pernah tinggal di Semarang 2th. Memang bandeng presto yg di Semarang beda dg yg di supermarket2 di kota lain. Wajib beli. Kalau cuma sebentar di Semarang, kami beli lumpia & bandeng presto. Sesekali juga wingko babat.

    ReplyDelete
  22. Hihi saya ke Semadang aja belum pernah Mbak tapi lunayan juga ya dalam dua jam itu Mbak masih sempat beli sepeda dan oleh-oleh buat keluarga. Btw saya baru liat yang namanya bandeng dalam sangkar. Penampakannya unik sekali.

    ReplyDelete
  23. Gak pernah sih kalau cuma dua jam di Semarnag soalnya mertuaku di sana :-D
    Tapi bandeng Juwana top banget deh

    ReplyDelete
  24. Aduh.
    Bacanya pas jam makan siang
    Auto lapaaaaaarrr

    Kriuk !

    ReplyDelete
  25. Nyaaamm bandeng. Kyknya sih pernah makan bandeng ini dioleh2in tante pas masa dulu. Tapi dah lupa rasanya. Jadi ini salah satu oleh2 khas Semarang yang layak dijadikan oleh2 yaaa :D
    Noted deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 jam kyknya emang gak cukup buat eksplor Semarang ya mbak? Tapi untungnya kebeli lha oleh2 haha.
      Semoga pertengahan atau akhir tahun ini bisa mengunjungi Semarang aamiin :D

      Delete
  26. Bandeng nya Semarang emang khas bgt.. Dlu bude tinggal disana sebelum pindah ke papua. Wah tiap pulkam ke desa pasto dibawain bandeng... Sukak bgt akuu

    ReplyDelete
  27. Saya juga pernah sekejap ke Semarang. Dulu pulang dari rumah Budhe di Sragen, sebelum ke Bandung mampir dulu ke Semarang. Tujuannya hanya satu, beli bandeng juwana hahaha...
    Setelah dapet bandeng-nya, langsung cuss ke Bandung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak hanya beli ikan bandeng juwana aja sih, kalau ke semarang, bisa beli lunpia juga

      Delete
  28. Iiihh ke Semarang ga colek-colek akuuu.. malah nyolekinnya toko sepeda. :))
    Top emang pesona bandeng kalau di Semarang tuh. Banyak sekali yang datang ke Semarang untuk memburu kuliner yang satu ini.

    ReplyDelete
  29. Aduduw yang soping, hahahah enakan bandengnya
    Mba Lendy jahat ih ke Kendal, dan kita nggak ketemuan
    kapan2 ke semarang lagi ya biar bisa meet up kita

    ReplyDelete
  30. aku suka bandeng juwana. sayang suami n anak2 ga terlalu suka makan bandeng. hik hik jadi ga ada temennya deh :(

    ReplyDelete
  31. Mau nih nyobain Bandeng tulang lunaknya mbak. Bandeng dalam sangkar juga enak kayaknya.

    ReplyDelete
  32. melihat foto bandeng di atas sepertinya aku pernah mampir sini, lokasinya ke arah bandara kalau tidak salah. Bandeng emang oleh-oleh khas Semarang nih mbak, tapi hebat juga bisa beli sepeda dapatnya lalah di Semarang ya setelah hunting di forum.

    ReplyDelete
  33. bandengnya semarang emang juara..beda lah sama daerah lain. Apalagi lumpianya..duh, enak-enak semua

    ReplyDelete
  34. Bandeng presto selalu jadi pilihan sih. Selain emang enak, kita ngga juga repot sama duri kecilnya yang bertebaaran dimana mana . Apalagi sekarang penjual sudah banyak mengeluarkan varian yang beragam sehingga ngga bosan ama makanan ini

    ReplyDelete
  35. Wah beli sepeda juga gtu mbak hehehe. Sepedanya jauh bener ya belinya di Semarang xixixixi

    ReplyDelete
  36. Aku pun kalau ada yg dari semarang suka nitip belikan bandeng juwana. Paling suka yg duri lunak sih, khas banget ya

    ReplyDelete
  37. Dulu pas tahun 2016 apa ya, aku itu di Semarang cuma 3 jam doang. Tujuannya apa? Cuma belajar mobil, tok. Terus balik lagi ke Jogja. Jalan-jalannya ya paling ke Mesjid Cheng Ho doang.

    Bandeng Juwana ini sepertinya perlu dipromosikan lebih lagi, apa memang karena aku aja yang ga begitu suka bandeng? Hmm. Soalnya, mendengar kata Semarang, yang langsung muncul di ingatan kalo ga Serabi, ya Lumpia. Itu aja.

    ReplyDelete
  38. Ke Semarang cuma numpang lewat aja Mba belum pernah main-main ke Semarang. Nanti deh kalau ke Semarang ikit nyoba bandeng yang dikurung juga.

    ReplyDelete
  39. Blogwalking tengah malam, dan tiba2 ada bandeng yang kayaknya enak banget klo dimakan pake nasi anget plus sambal...


    Ha..ha, tiba2 lapar aku mba


    Thanks infonya mba.. bisa jadi referensi nyari oleh2 klo pas di semarang

    ReplyDelete
  40. Bandeng presto Juwana Elrina emang juara banget mbak, banyak banget oleh-oleh khas Semarang kaga Tahu Bakso sama Lumpia nya

    Ah kangen rasanya makan itu semua

    ReplyDelete
  41. Luar biasa deh ke Semarang hanya untuk beli sepeda. Mantuul kakaaak hahaha...
    Terakhir ke Semarang 3 thn lalu. Yang dibeli ya sama : bandeng presto,lupa merknya apa, lunpia semarang, tahu aci yang uenak, sama apa ya lupa..

    ReplyDelete
  42. Haii Mbak Lendy
    Aku kalau ke Semarang keinget dulu pernah dipersilahkan sama Mak Uniek untuk mampir ke sana saat ke Semarang

    Ahhh jadi rindu liburan dahh kayak gini heheheee

    ReplyDelete
  43. What? Ada bandeng teriyaki, sate, pepes, sampai punya sangkar? Hahaha. Maksudnya bandeng kriuk seperti yang di foto?
    Kalau otak-otak bandeng, beli di Gresik, Mbak Len. Itu khasnya Gresik.

    ReplyDelete
  44. Sejak saudara yang tinggal di Semarang pindah, saya sudah lama tidak lagi mencicipi ikan bangeng.. sedih banget deh, entah kenapa coba beli yang ada di Bekasi rasanya berbeda. Apa karena yang sama nikmatnya adalah ikan bandeng oleh-oleh yang gratisan ya :)

    ReplyDelete
  45. Waktu dlk ke Semarang aku juga borong Bandeng teh cuman lupa merknya apaa udah lama banget baca ini jadi pengen ke semarang lagi deh

    ReplyDelete
  46. Papaku sering ke semarang dan pasti bawa bandeng.. tp bandeng ini belum pernah si.. jd pengen coba deh

    ReplyDelete
  47. Aku sudah lama banget gak ke Semarang. Yang sering itu temanku karena urusan kerjaan. Nah, pasti deh, saya selalu nitip untuk dibelikan bandeng. Saat ini bandengnya banyak varian dan rasanya makin enak aja ya.

    Jadi pengen makan bandeng Semarang deh.

    ReplyDelete
  48. Ku suka bandeng, jadi pengen beli bandeng nih. Tapi memang enak kok ya yg juwana ini huhuhu

    ReplyDelete
  49. Pernah!!!
    Hanya numpang sholat shubuh di sekitar Simpang Lima pas nganterin anak-anak berwisata ke Jogja.

    Dua jam apa cuma sejam ajah ya? Wkwkw..
    Yang penting udah menginjakkan kaki di Semarang. Wkwkw

    ReplyDelete
  50. Lucu ini, berjodoh sama sepedanya di semarang..hihi.. Btw nama bandengnya unik. Bandeng dalam sangkar, itu maksudnya digoreng kremes gitu ya? Dicocol pakai sambel, bisa ngabisin banyak nasi tuh...

    ReplyDelete
  51. Tidak lengkap hanya mampir disemarang tanpa berkunjung ke jepara, karena dijeparapun banyak yang menjajakan oleh oleh menarik tuk dibawa pulang.

    Oiya lain kali mampur kesini yaa???

    ReplyDelete