Channel Untukmu yang Berhijrah

Bismillah,


Ramadan kali ini pas banget momennya sama pandemi yang mengharuskan kita semua untuk dirumahaja. Kalaupun terpaksa harus pergi keluar rumah, disarankan untuk physical distancing dan tetap menggunakan masker.

Jadi pas banget, semua aktivitas di luar rumah, hilang. Anak-anak school from home, Abu Aisy juga work from home. Gimana dengan Mama?
Mama juga gak mau kalah, kajian from home.


Ini ada rekomendasi 8 channel dari Asatidz salafusshalih yang bisa diikuti sembari menunggu waktu berbuka dan sahur :

Tarbiyah Sunnah Learning

Pengajar : Ustadz Abu Haidar As Sundawy hafidzahullah
Ustadz Abu Umar Indra, S.Si hafizhahullah
Ustadz Iskandar Dinata, Lc hafizhahullah
Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc hafizhahullah
Ustadz Hary Badar bin Marwan hafidzahullah
Ustadz Imam Syuhada Abu Syuja’ hafizhahullah
Ustadz Muhammad Mundzir hafizhahullah
Ustadz Haidar Askarulqohar, Lc hafidzahullah
Ustadz Azis Faturokhman, M.S.I. hafidzahullah
Andy Octavian Latief, S.Si., B.A., M.Sc., Ph.D. hafidzahullah
Ustadz Ganjar Abu Muhammad hafidzahullah
Ustadz Rendi Rustandi hafidzahullah
Ustadz Walid Abdirrahman hafidzahullah
Ustadz Cecep Abu Rozan, Lc.


Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu berkata :

Tuntutlah ilmu (belajarlah Islam) karena mempelajarinya adalah suatu kebaikan untukmu. Mencari ilmu adalah suatu ibadah. Saling mengingatkan akan ilmu adalah tasbih. Membahas suatu ilmu adalah jihad. Mengajarkan ilmu pada orang yang tidak mengetahuinya adalah sedekah. Mencurahkan tenaga untuk belajar dari ahlinya adalah suatu qurbah (mendekatkan diri pada Allah).” 
(Mughnil Muhtaj)


Salah satu ceramah singkat di Tarbiyah Sunnah Learning.
Tagline : Lillah, Nyunnah, Merenah




Khalid Basalamah Official

Ustadz Khalid adalah seorang Ustadz yang menempuh pendidikan S1 Universitas Islam Madinah Arab Saudi, S2 Universitas Muslim Indonesia, S3 Universitas Tun.
Kepiawaian saat membahas kitab, in syaa Allah membuat yang baru-baru hijrah seperti saya ini merasa nyaman saat mendengarkan ceramah yang disampaikan beliau.

Dibuat dengan kategori yang mudah, seperti :
Kajian Kitab Bulughul Maram, kitab Minhajul Muslim, Kajian Sirah, Kajian mengenai dosa-dosa besar, kitab Riyadhus Sholihin, dan ada beberapa kajian singkat (hanya sekitar 2 menit) yang mudah dipahami.

"Jadikan Allah yang pertama"


Indonesia Bertauhid

Di channel ini juga semuanya asatidz sunnah wa jamaah. Dan yang dibahas akhir-akhir ini adalah isu-isu terkini, seperti Video 1 Menit : Meluruskan Pernyataan, Ke Pasar dan Mall Berani, ke Masjid Kok Takut Korona?

Channel ini juga bagus sekali karena sering mengadakan siaran live. Dan adanya channel ini menyadarkanku bahwa Indonesia belum terlepas dari yang namanya kesyirikan. Baik yang nyata ataupun yang tersembunyi.

Maka, marilah kita sama-sama saling membantu dan menolong untuk menegakkan dakwah tauhid di bumi Nusantara ini. Semoga Allah memberikan berkah dan kemudahan bagi kita dan Indonesia menjadi negara bertauhid, berkah, makmur dan berjaya dengan kemuliaan Islam.
Aamiin~


Firanda Andirja

Berkenalan dengan Ustadz Firanda bagiku adalah hal baru. Bukan sebelumnya tidak pernah mendengar kajian beliau, hanya saja, sebelum dirumahaja, aku fokus ke kajian offline Ustadz Abu Haydar, Abu Umar dan beberapa Ustadz lain dari sekolah kaka, BISc.

Karena kajian offline kami bertema dan rasanya sayang banget kalau dilewatkan. Begitu WFH, ada kabar bahwa kajian Ustadz Firanda mengenai belajar Bahasa Arab dari nol. Waah...kesempatan banget yaa... Secara liburan kalau dibiarin gak belajar, nanti bahasa Arab yang sudah dipelajari jadi menguap lagi.

Selain itu, Ustadz Firanda termasuk yang paling giat menbuat kajian. Dari mulai belajar bahasa Arab Nahwu, shorof, Kajian Sirah, fikih, tafsir Qur'an dan kajian-kajian terkini mengenai kondisi ummat. Beliau juga termasuk sering menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan sangat qonaah dalam memberikan ilmu.

MashaAllah~
Tabarakallahu...


Rodja TV

Mau channel dengan Ustadz yang beragam tapi tetap sunnah? Rodja TV jawabannya. Selama di perjalanan dalam mobil juga bisa sambil mendengarkan channel ini, karena ada Radio Rodja. 24 jam bersama Rodja, bisa banget.

Semua kajian di Rodja TV temanya beragam. Dari mulai yang ringan (membicarakan fikih sehari-hari) sampai yang kajian mengenai ilmu tauhid.


Rumaysho TV

Selain web Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, S.T., M.Sc. yang beralamat di rumaysho.com, aku juga kerap mendengarkan ceramah beliau. Ustadz dari Gunung Kidul ini kerap memberikan ceramah dalam Bahasa Jawa. Pendekatan yang baik sekali bagi jamaah sesama orang Jawa. Asa nyambung gitu...kalau beliau melemparkan candaan khas orang Jawa.

Kajiannya juga ada yang dibentukkan kartun begini, pasti anak-anak juga suka deeeh..


Yufid TV & Yufid Kids

Nah...channel kesukaan anak-anak ini mah... Karena biasanya guru dari sekolah kalau kasih materi atau menjelaskannya dengan mudah, tinggal download video motion graphic dari Yufid TV.

Materinya sederhana, sesuai sunnah salafusshalih dan ada channel untuk anak-anak, di Yufid Kids.


Seneng yaah... lucu-lucu gambarnya dan ilmunya jadi mudah meresap.
Dan berikut contoh video motion graphic untuk anak-anak. Materinya juga anak-anak loo...





Salaf Ittiba'

Channel dari asatidz yang ada di dalam maupun luar negeri. Super lengkap dengan kajian kondisi terkini, seperti "Ketika Orangtua Menyuruh Mudik Dikala Pandemi."



Banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil walau wabah sedang melanda seluruh bumi Allah. Dan semoga, seperti kata Ustadz Syafiq, setelah pandemi ini berakhir, kita bisa segera mudik dan bertemu orangtua serta sanak saudara di kampung halaman. Resolusi mudik diganti, tidak hanya satu tahun sekali, hanya saat Lebaran, tapi menjadi setahun dua atau tiga kali.

Barakallahu fiikum, sahabat lendyagasshi.
Semoga bermanfaat.

Wallahu'alam bishowab.


Happy Ramadan~


Challenge Day 13 BPN :
"Channel/akun favorit untuk menambah ilmu"


with love,

2 comments

  1. Aaaaah terima kasih rekomendasinya Mbak Len, baru tahu sebagian dari yang ada di postingan ini. Makasih ya rekomendasinya. Perlu banget nih buat charge iman.

    ReplyDelete
  2. Rodja TV itu masih satu labek gak sih sama radioanya? aku kadang2 dengerin radionya juga. Duh semoga aku bisa berhijrah juga ya

    ReplyDelete