Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Channel Untukmu yang Berhijrah

Bismillah,


Ramadan kali ini pas banget momennya sama pandemi yang mengharuskan kita semua untuk dirumahaja. Kalaupun terpaksa harus pergi keluar rumah, disarankan untuk physical distancing dan tetap menggunakan masker.

Jadi pas banget, semua aktivitas di luar rumah, hilang. Anak-anak school from home, Abu Aisy juga work from home. Gimana dengan Mama?
Mama juga gak mau kalah, kajian from home.


Ini ada rekomendasi 8 channel dari Asatidz salafusshalih yang bisa diikuti sembari menunggu waktu berbuka dan sahur :

Tarbiyah Sunnah Learning

Pengajar : Ustadz Abu Haidar As Sundawy hafidzahullah
Ustadz Abu Umar Indra, S.Si hafizhahullah
Ustadz Iskandar Dinata, Lc hafizhahullah
Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc hafizhahullah
Ustadz Hary Badar bin Marwan hafidzahullah
Ustadz Imam Syuhada Abu Syuja’ hafizhahullah
Ustadz Muhammad Mundzir hafizhahullah
Ustadz Haidar Askarulqohar, Lc hafidzahullah
Ustadz Azis Faturokhman, M.S.I. hafidzahullah
Andy Octavian Latief, S.Si., B.A., M.Sc., Ph.D. hafidzahullah
Ustadz Ganjar Abu Muhammad hafidzahullah
Ustadz Rendi Rustandi hafidzahullah
Ustadz Walid Abdirrahman hafidzahullah
Ustadz Cecep Abu Rozan, Lc.


Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu berkata :

Tuntutlah ilmu (belajarlah Islam) karena mempelajarinya adalah suatu kebaikan untukmu. Mencari ilmu adalah suatu ibadah. Saling mengingatkan akan ilmu adalah tasbih. Membahas suatu ilmu adalah jihad. Mengajarkan ilmu pada orang yang tidak mengetahuinya adalah sedekah. Mencurahkan tenaga untuk belajar dari ahlinya adalah suatu qurbah (mendekatkan diri pada Allah).” 
(Mughnil Muhtaj)


Salah satu ceramah singkat di Tarbiyah Sunnah Learning.
Tagline : Lillah, Nyunnah, Merenah




Khalid Basalamah Official

Ustadz Khalid adalah seorang Ustadz yang menempuh pendidikan S1 Universitas Islam Madinah Arab Saudi, S2 Universitas Muslim Indonesia, S3 Universitas Tun.
Kepiawaian saat membahas kitab, in syaa Allah membuat yang baru-baru hijrah seperti saya ini merasa nyaman saat mendengarkan ceramah yang disampaikan beliau.

Dibuat dengan kategori yang mudah, seperti :
Kajian Kitab Bulughul Maram, kitab Minhajul Muslim, Kajian Sirah, Kajian mengenai dosa-dosa besar, kitab Riyadhus Sholihin, dan ada beberapa kajian singkat (hanya sekitar 2 menit) yang mudah dipahami.

"Jadikan Allah yang pertama"


Indonesia Bertauhid

Di channel ini juga semuanya asatidz sunnah wa jamaah. Dan yang dibahas akhir-akhir ini adalah isu-isu terkini, seperti Video 1 Menit : Meluruskan Pernyataan, Ke Pasar dan Mall Berani, ke Masjid Kok Takut Korona?

Channel ini juga bagus sekali karena sering mengadakan siaran live. Dan adanya channel ini menyadarkanku bahwa Indonesia belum terlepas dari yang namanya kesyirikan. Baik yang nyata ataupun yang tersembunyi.

Maka, marilah kita sama-sama saling membantu dan menolong untuk menegakkan dakwah tauhid di bumi Nusantara ini. Semoga Allah memberikan berkah dan kemudahan bagi kita dan Indonesia menjadi negara bertauhid, berkah, makmur dan berjaya dengan kemuliaan Islam.
Aamiin~


Firanda Andirja

Berkenalan dengan Ustadz Firanda bagiku adalah hal baru. Bukan sebelumnya tidak pernah mendengar kajian beliau, hanya saja, sebelum dirumahaja, aku fokus ke kajian offline Ustadz Abu Haydar, Abu Umar dan beberapa Ustadz lain dari sekolah kaka, BISc.

Karena kajian offline kami bertema dan rasanya sayang banget kalau dilewatkan. Begitu WFH, ada kabar bahwa kajian Ustadz Firanda mengenai belajar Bahasa Arab dari nol. Waah...kesempatan banget yaa... Secara liburan kalau dibiarin gak belajar, nanti bahasa Arab yang sudah dipelajari jadi menguap lagi.

Selain itu, Ustadz Firanda termasuk yang paling giat menbuat kajian. Dari mulai belajar bahasa Arab Nahwu, shorof, Kajian Sirah, fikih, tafsir Qur'an dan kajian-kajian terkini mengenai kondisi ummat. Beliau juga termasuk sering menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan sangat qonaah dalam memberikan ilmu.

MashaAllah~
Tabarakallahu...


Rodja TV

Mau channel dengan Ustadz yang beragam tapi tetap sunnah? Rodja TV jawabannya. Selama di perjalanan dalam mobil juga bisa sambil mendengarkan channel ini, karena ada Radio Rodja. 24 jam bersama Rodja, bisa banget.

Semua kajian di Rodja TV temanya beragam. Dari mulai yang ringan (membicarakan fikih sehari-hari) sampai yang kajian mengenai ilmu tauhid.


Rumaysho TV

Selain web Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, S.T., M.Sc. yang beralamat di rumaysho.com, aku juga kerap mendengarkan ceramah beliau. Ustadz dari Gunung Kidul ini kerap memberikan ceramah dalam Bahasa Jawa. Pendekatan yang baik sekali bagi jamaah sesama orang Jawa. Asa nyambung gitu...kalau beliau melemparkan candaan khas orang Jawa.

Kajiannya juga ada yang dibentukkan kartun begini, pasti anak-anak juga suka deeeh..


Yufid TV & Yufid Kids

Nah...channel kesukaan anak-anak ini mah... Karena biasanya guru dari sekolah kalau kasih materi atau menjelaskannya dengan mudah, tinggal download video motion graphic dari Yufid TV.

Materinya sederhana, sesuai sunnah salafusshalih dan ada channel untuk anak-anak, di Yufid Kids.


Seneng yaah... lucu-lucu gambarnya dan ilmunya jadi mudah meresap.
Dan berikut contoh video motion graphic untuk anak-anak. Materinya juga anak-anak loo...





Salaf Ittiba'

Channel dari asatidz yang ada di dalam maupun luar negeri. Super lengkap dengan kajian kondisi terkini, seperti "Ketika Orangtua Menyuruh Mudik Dikala Pandemi."



Banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil walau wabah sedang melanda seluruh bumi Allah. Dan semoga, seperti kata Ustadz Syafiq, setelah pandemi ini berakhir, kita bisa segera mudik dan bertemu orangtua serta sanak saudara di kampung halaman. Resolusi mudik diganti, tidak hanya satu tahun sekali, hanya saat Lebaran, tapi menjadi setahun dua atau tiga kali.

Barakallahu fiikum, sahabat lendyagasshi.
Semoga bermanfaat.

Wallahu'alam bishowab.


Happy Ramadan~


Challenge Day 13 BPN :
"Channel/akun favorit untuk menambah ilmu"


with love,

25 comments for "Channel Untukmu yang Berhijrah"

  1. Aaaaah terima kasih rekomendasinya Mbak Len, baru tahu sebagian dari yang ada di postingan ini. Makasih ya rekomendasinya. Perlu banget nih buat charge iman.

    ReplyDelete
  2. Rodja TV itu masih satu labek gak sih sama radioanya? aku kadang2 dengerin radionya juga. Duh semoga aku bisa berhijrah juga ya

    ReplyDelete
  3. Maaakk, makasii makasiiii
    Aku demen banget dgn SEMUA channel iniiii

    Semoga kita istiqomah dalam sunnah yaaa
    Walopun abis gitu teteuppp cuss maraton drakor :)))))

    ReplyDelete
  4. Wahh makasih rekomendasinya Mbak, aku baru tahu lho Yuvid TV buat anak juga ada, kartunnya juga bagus gambarnya, sukaa

    ReplyDelete
  5. Polemik soal Ke Pasar dan Mall Berani, ke Masjid Kok Takut Korona? ini rame banget. Dan aku jadi tertarik cari videonya di youtube nih. Makasih udah sharing ya Len

    ReplyDelete
  6. wahh makasi rekomendasinya... chanel anak2 yang paling aku perluin nih

    ReplyDelete
  7. Yufid sukaa..
    Makasih teh Lendy udah nulisin channel2nya. Aku suka dengerin pas sambil gosok. Sekarang lagi jarang nih, mau nyoba dengerin lagi..amiin mudah2an cpt berakhir pandemiknya ya

    ReplyDelete
  8. Makasi banyak mom ini rekomendasi buat channel-nya ini semoga kalau nonton ini semakin Istikomah ya amin yaaaa robalalamin

    ReplyDelete
  9. Aku kadang juga mengikuti kajian dari asatidz di atas, Mbak.. tapi kurang rajin huhuhu.
    Kalau Ramadhan kemarin paling sering nyimak kajian menjelang berbuka dari YT nya Suara Muslim Surabaya. Aduh aku emang jelek banget manajemen waktunya. Gak bisa nyimak banyak kajian gitu.
    Btw TFS ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  10. jazakillahu khayr teh buat referensi channel belajar ilmu agama islam, ada beberapa yang kuikuti juga

    ReplyDelete
  11. waaah makasih banyak. saya tuh cm tahu 1 penceramah dan selalu simak AA Gym. makanya saat tahu referensi ini, saya senang sekali deh. jd bs belajar banyak kan jadinya

    ReplyDelete
  12. Kalau aku kebetulan penggemar ustadz Khalid Balsalamah tapi belakangan aku juga senang sekali dengerin ustadz Firanda. Selain itu suka cari ilmu juga di Rumaysho.

    ReplyDelete
  13. Waah channelnnya familiar, beberapa udah aku ikutin juga.
    Semoga berkah buat semua yang mendengarkan dan yang memberi ilmunya ya leen.

    ReplyDelete
  14. Ada beberapa yang aku ikuti channel nya, yang lainnya belum.
    Insyaa Allah meluncur ke channel lainnya kayak Rumaysho. Jazakillahu khoyr, Lendy

    ReplyDelete
  15. Sering denger cerama istd syafiq basalammah teh,, Suka dengernya ringan tapi mngena Dan srlalu referensinya Alquran

    ReplyDelete
  16. Biasanya setelin Yufid Kids buat bocil buat belajar huruf hijaiyah. Belajarnya enak dan gampang dimengerti soalnya

    ReplyDelete
  17. terima kasih banyaaak mbaaa.. Bagus - bagus referensi yang dishare dan pastinya akan menambah banyak ilmu agam dan kedekatan kita pada-Nya

    ReplyDelete
  18. Cukup banyak juga channel yang bisa digunakan sebagai sumber menuntut ilmu ya, Teh. Tinggal kemauan kitanya aja.

    ReplyDelete
  19. Kalau aku selalu rutin buka channel DR Khalid Basalamah dan sesekali DR Syafiq Basalamah. Suka banget dengan keduanya yang ilmunya mendalam, penyampaiannya jelas dan tenang. Kalau yang lain-lain sesekali saja.

    ReplyDelete
  20. Thank you info channelnya mbak. Rasanya akhir2 ini merasa kering. Sering denger beberapa kajian jg di YT tapi aku selama ini nyarinya random. Nanti aku oba buka ya channelnya thx

    ReplyDelete
  21. Kebetulan pilihan ustadz kita berbeda nih Lendy, tapi ga apa yaaa... masing-masing orang kan punya preferensi sendiri ketika belajar tentang agama. Intinya tetap mengikuti ajaran kebaikan, hablum minallah hablum minnanas.

    ReplyDelete
  22. Makasih teh len boleh nih jd rekomendasiku buat cari pemlngajaran selama ini

    ReplyDelete
  23. Duh, baru tau banget aku soal channel anaknya. Kemana aja aku nih.. Haha. Makasih banyaknloh mb lendy. Jadi ada kegiatan baru buat besok nih nonton channel anak yg baru

    ReplyDelete
  24. Wah lengkap banget referensinya... Mau ajak anak-anak nonton yufid kids ah...

    ReplyDelete
  25. Beberapa sudah rutin aku simak, Mbak..tapi lengkap sekali ini rekomendasi channelnya. Makasih ya
    Dan setuju, resolusi mudikku juga ganti, biasa 2 x setahun, menjadi sesering mungkin, mumpung Orangtuaku masih sehat. Insya Allah

    ReplyDelete