Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Veteran (2015) : Yoo Ah-in as A Villain!

Bismillah,

Hola sahabat lendyagasshi...
Baru kali ini aku nonton drama thriller tapi happy pas udahannya. Biasanya selalu kebawa-bawa susah hati dan kepikiran. Memangnya dunia itu sejahat ini yaa...?

Dark-movie :

Karena baru memperpanjang VIU, jadi bolehlah...aku berlama-lama di aplikasi ini. Dan tertambatnya nonton di film ini karena Yoo Ah-in. Sebelumnya, aku nonton aktingnya di Burning.


Link review Burning :
https://thr.kompasiana.com/lendyagasshi/5eb6416b097f3625e17dbc63/burning-2018-it-s-a-toxic-solidarity



Yoo Ah-in Veteran

Judul : Veteran ( 베테랑 )
Beterang
Director : Ryoo Seung-Wan

Actors :

Hwang Jung-Min as Seo Do-Cheol (detective)
Yoo Ah-In as Jo Tae-Oh

Genre : Thriller, Comedi, Crime
Rundate : August 5, 2015
Runtime : 123 minutes

Rating : ⭐⭐⭐⭐/5


Menyoroti sepak terjang seorang detektif Korea yang bernama Seo Do-cheol (Hwang Jung-Min). Ia termasuk detektif yang bersih dengan kinerja bagus. Baru-baru ini, ia berhasil menggagalkan sebuah penyelundupan jual-beli mobil mewah di sebuah dermaga dan karena dedikasinya untuk kepolisian ini, ia akan mendapatkan kenaikan jabatan.


Untuk merayakan kenaikan jabatan tersebut Detektif Seo diundang ke sebuah pesta yang diadakan di sebuah bar oleh salah seorang sutradara. Rencananya mereka akan membahas sebuah project film yang di sponsorin langsung oleh Shijin Group. Dan di pesta ini, keturunan Shijin Group hadir, Jo Tae-Oh (Yoo Ah-In).

Dari awal perkenalan, Pak Detektif mencium gelagat yang aneh dari Tae-oh. Kebiasaannya seperti menghisap, menbuat Pak Detektif curiga kalau Tae-oh ini adalah pengguna narkoba. Tapi ditepis habis-habisan oleh bosnya di Kepolisian.

"Sudahlaah...
Kita lupakan saja Shijin Group. Ini demi kenaikan pangkat yang kita nantikan, oke?"

Detektif Seo tentu merasa gak nyaman dengan kata-kata atasannya ini dan semakin penasaran. Benar saja, saat private party ini diadakan, adaaa aja ulah Tae-oh yang so weird.


Dari mulai menusuk punggung salah seorang suruhannya yang akan adu panco dengan rokok yang sedang dinikmatinya sampai memasukkan es dan nguwek-uwek (apa ini bahasanya Indonesianya??) seorang model cewek yang ikut party hanya karena kedua cewek ini gak bisa diem, karena asik masyuk memperlihatkan sesuatu.

Hahh???
Lihat deeh...kasiannya Park So-dam abis diuwek-uwek sama hidangan salad yang tadinya tersaji cantik di atas meja.


Lalu Pak Detektif dengan tegas memperingatkan "Jo Tae-oh, jangan sampai kamu bermasalah."

**END


Setelah kejadian di pesta ini, Pak Detektif makin mencari tahu siapa Shijin Group terutama Jo Tae-oh. Fakta mencengangkan terjadi di depan mata. Ada seorang pegawai sub-kontraktor yang mendadak jatuh dari gedung Perusahaan yang dipimpin Tae-oh. Tae-oh enggan memberikan keterangan apapun. Bahkan dari beberapa bukti, terbukti bahwa si Bapak yang terjun ini memang berniat bunuh diri dan gak ada sangkut pautnya dengan Perusahaan.


Semua yang terjadi, diserahkan Tae-oh ke pengacaranya. Dasar pengacara yaa...selalu mencari seribu satu cara agar kliennya tetap terlihat bersih di mata hukum, sehingga mulai banyak melakukan keculasan. Dari mulai menyogok polisi setempat hingga memanggil petinggi polisi untuk diajak kerjasama agar Pak Detektif Seo ini diberhentikan untuk melakukan investigasi.

Semakin Tae-oh menghindar, semakin gigih Pak Detektif berjuang mencari bukti. Ternyata ada saksi hidup yang bisa memberikan keterangan saat kejadian tersebut berlangsung, yaitu anak dari pegawai sub-kontraktor ini. Namun karena saksinya masih dibawah umur alias anak-anak, jadi Pak Detektif gak bisa menjadikannya sandaran.

Ada banyak kejanggalan dari kejadian ini memang. SMS si pagawai kontraktor yang berisikan seolah pamit kepada istrinya sampai kamera CCTV yang gak gak menangkap kejadian apapun, seperti dihapus jejaknya gitu...


Dan terakhir, saking takutnya pihak Tae-oh dengan kejahatannya sendiri, mereka pakai cara klasik, yaitu menyogok istri Pak Detektif Seo dengan tas bermerk yang diisi penuh dengan uang. Bukan mata uang Korea loo yaa... dollar, meen... dan penuh.

Si istri Detektif Seo yang memang sedang membutuhkan uang untuk membayar cicilan dan segala kebutuhan sehari-hari keluarga mereka tetap bertahan dengan prinsipnya bahwa ia gak akan ikut campur dalam pekerjaan suaminya (dengan kata lain, menolak dengan tegas), namun sang istri ke kantor Detektif Seo dan sembari marah-marah dan berkata "Sudah berapa kali kubilang, jangan melakukan pekerjaan yang beresiko. Membuatku ingin membuang harga diriku di saat yang sama."
**hahhaa...that's an irony, mam!

"Aku juga perempuan, yang suka dengan barang-barang bermerk dan uang. Jadi, katakan pada orang dari Shijin Group itu untuk tidak menyeretku ke dalam masalah kalian."


Dari sini, Detektif Seo makin bertekad untuk membuka kedok Jo Tae-oh sebagai putra seorang konglomerat yang bermasalah. Ceritanya mirip-mirip sama drama A Revolutionary Love nya Siwon sama Kang Sora, kalau sahabat lendyagasshi tonton. Hanya bedanya, ini jahatnya Tae-oh keterusan...

Gimana endingnya?


Akankah Pak Detektif Seo bisa mengungkapkan kejadian sebenarnya dari kasus ini?



Serius!
Ini drama thriller-comedy yang kecenya paraaah....

Aku makin jatuh cinta sama aktingnya Yoo Ah-in. Doi keren banget bawain peran villain di film ini. Daripada memainkan karakter cowo lemah di Film Burning atau seorang penulis di Chicago Typewriter, akting doi di sini, daebak!

**liat doonk...sorot matanya yang jahap! Bikin merinding...



Fakta Unik Film Veteran (2015) :


Director yang membuat film ini juga membuat Film The Battleship Island.

Tau doonk...filmnya Joong Ki-oppa sama So Ji-sub dengan tema perjuangan? Kalau belum tahu, bisa mampir ke link di atas yaa...


Tayang di beberapa ajang film Internasional

Seperti : 40th Toronto International Film Festival, 20th Busan International Film Festival, 10th Korean Film Festival In Paris.


Memenangkan banyak penghargaan 

Sebagai Best Director di beberapa penghargaan film, yaitu :
36th Blue Dragon Film Awards, 52nd BaekSang Arts Awards, dan 35th Korean Association of Film Critics Awards.


Lesson Learn :


Sebenarnya ada satu hal yang aku renungkan dari film ini. Drama romantis selama ini yang menyangkut anak orang super kaya (chaebol) yang kepribadiannya manis tapi gak nikah-nikah macam di drama Lie To Me, itu adakah?

Jangan-jangan...
Bener kata Detektif Seo. Kalau orang kaya biasanya memiliki perilaku menyimpang seperti Jo Tae-oh. Persis kaya di Film Hit And Run Squad, dimana karakter orang kayanya nyaris mendekati psycho (atau uda psycho, malahaan??)

Karena apa?
Karena uang.

Orangtua gak mau repot ngurus anak-anak mereka. Selama ada uang, uang, uang dan harta kekayaan yang berpotensi menjadi rebutan, macam di drama The Heirs, maka pendidikan, pengasuhan apalagi penanaman akhlak, NOL.
Gak ada sama sekali.

Kebayang ada adegan dimana ketika Tae-oh jelas-jelas bersalah di mata hukum, Ayahnya malah melindungi dengan meminta sang pengacaranya untuk mengaku semua kesalah Tae-oh dan lebih memilih memindahkan sementara anaknya di luar negeri.

Hwaad??


Alih-alih anaknya belajar dari kesalahan, yang ada malah mereka semakin menganggap enteng kehidupan sosial yang ada di sekitar mereka. Tidak penting perasaan orang lain dan sedalam apa luka orang lain, asalkan ada uang, semua beres.

Omoo...sesanghaeeee~



Dan ya...
Aku kagum dengan keteguhan hati pak Detektif Seo yang mengatakan :

Kita mungkin tidak punya uang, tapi kita memiliki integritas.

Aah....damainya dunia bila masih ada yang mementingkan kejujuran di atas segalanya. Tak terasa, air mataku meleleh. Benar yaa, uang bukanlah segalanya. Ada rejeki lain yang gak bisa dibeli oleh uang. Loyalitas dan kebahagiaan.

Bahagiakah kehidupan Tae-oh yang penuh dengan masalah seperti itu?


Ya,

Money can't buy everything.


Kalau ditanya, genre Film atau drama apa yang sedang aku sukai saat ini?
Mantap kujawab, thriller.
Karena belum menemukan drama yang memacu adrenalin seperti genre thriller ini kaan...


Gimana dengan sahabat lendyagasshi?
Genre Film atau drama apa niih...yang asik buat ditonton?


Happy Watching~



With love,

58 comments for "Veteran (2015) : Yoo Ah-in as A Villain!"

  1. Oppa ah in, emang luar biasa. Jatuh hati selalu setiap dia main. Cuma jatuh cinta kalau dia main jadi orang jahat atau menderita di The throne. Di drakor saeguk itu juga kena banget aktingnya. Menderita sama jahat cocok buat dia

    ReplyDelete
  2. Ini film ya teh, kayaknya seru ceritanya..
    Sedikit menegangkan juga

    ReplyDelete
  3. Wow suka banget sama cara Mba review
    Dalem banget dan bisa bandingkan dengan drama korea lainnya
    Mau coba ah hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, emang teh lendy ini jagonya review drakor..
      Secara pecinta drakor sejati

      Delete
  4. Aku udah lama gak lihat akting Yoo Ah-in. Masukin list dulu deh film ini. Btw, di drama pun banyak banget kejadian anak orang kaya tuh semena-mena. Mereka salah malah dilindungi sama ortunya. Kasihan kadang-kadang karena gak dapat pendidikan akhlak yang baik

    ReplyDelete
  5. waa aku belum nonton niiih, mau masukin ke wish list nonton aaah, aku pengen beresin dulu The King Eternal Monarch sama Mystic Pop Up Bar dulu hihi

    ReplyDelete
  6. mau nonton hahaha kalau ada comedynya aku suka :) tapi kenapa ya teh di korea banyak banget cerita chaebol yg dilindungi sama ortu mau salahnya kayak apa juga, bukannya di kasih tau gaboleh gitu bla2 hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kalau dinyatakan bersalah, bisa jadi berpengaruh ke nama baik dan saham perusahaan sii, teh.
      Jadi mereka lebih memilih untuk menyuap aparat dan "menyembunyikan" anak-anak bersalah mereka ke luar negeri.

      Delete
    2. iya sih karena bisa panjang ya urusannya kalau begitu, tapi kalau menurut ilmu parenting itu kan malah bikin mereka makin ga bertanggung jawab karena nggak belajar dari kesalahannya :( bener kata teh Erry kalau nonton mah nonton aja, ga usah banyak mikir hahahaa

      Delete
  7. sepertinya saya pernah menonton beberapa episode film Veteran ini mba sama temanku yang hobbynya nontonin film korea, tapi ga sampai semua episode sih, aku suka bingung pemainnya sama semua mukanya hehehehheeh

    ReplyDelete
  8. aku pernah nonton juga. scenenya yoo ah in menag paling melekat sama film ini. sering diparodikan soalnya haha.

    ReplyDelete
  9. Noted bgt klo money cannot buy everything. Btw, Tae Oh familiarnya sama film 1 lagi. Udh ada reviewnya mba? Hehehe...

    ReplyDelete
  10. Yg namanya Tae Oh kenapa bermasalah mulu sih wkakakak ketrigerr sama drama sebelah
    Tapi bagus kak reviewnya, bisa dijadikan list nih. Thanks kak

    ReplyDelete
  11. pembahasan tentang orangtua yang segitunya melindungi anak di kisah-kisah drama korea emang seru ya... apalagi kalo keluarganya terpandang dan kaya raya

    ReplyDelete
  12. Mbak Lendy selalu ada aja yang ditonton ya mana seru2 pula. Hehe. Nambah lagi deh watch listku.

    ReplyDelete
  13. Aku paling males nonton film genre thriller, suka kebayang-bayang berhari-hari dan kebawa mimpi hahaha. Padahal dulu waktu SMA dan kuliah sering juga nonton film genre thriller dan horor. Sekarang sih lebih suka yang komedi aja.
    FIlm ini thriller comedy ya, keliatannya menarik.

    ReplyDelete
  14. Yes, agreee. Money can't buy everything, apalagi kebahagiaan.
    jadi ini happy ending doong ya Mbak? nama tokohnya kok Tae Oh juga ya? hihihih.

    ReplyDelete
  15. Kekuatan uang memang dahsyat ya, Mbak. Apalagi yang uangnya seperti gak berseri. Bikin merinding juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jadi pengen nyanyi lagu jadul Nicky Astria. Uang memang bener-bener bisa mengubah segalanya :D

      Delete
  16. Menarik juga filmnya. Dari pemaparan saya agak bisa membayangkan. DAn ya, saya setuju dengan lesson learn dari film yang ditulis Mbak Lendy.
    Para pemilik dunia karena uangnya lebih memilih anaknya "menghilang" di luar negeri daripada membenahi kesalahannya.

    ReplyDelete
  17. Eh serius aku belum pernah nonton yoo ah in ini deh. Tapi aku galfok sama kata nguwek2 salad itu. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus aku kudu piye yaa...?
      Susya menggambarkan dalam bahasa Indonesia atau in english nan elekhan.

      Delete
  18. Makin ke sini emang agak mengkhawatirkan ya. Ga sedikit pola asuh ortu yg dikit2 uang jdnya mental anak ga ada akhlak. 🥴

    ReplyDelete
  19. klo dalam dunia nyata biasanya orang berduit gengsinya besar makanya anaknya buruk pun tetep dilindungin ya, sedang si anak kebiasaan hidup tajir jdi ga perduli dengan sosial. jadi pngen lihat de film ini kayaknya seru nih

    ReplyDelete
  20. Kelakuan anak yang dibesarkan dengan uang emang (jarang) ada yang benar. Berasa apapun masalahnya bisa selesai dengan uang. Jadi penasaran nih.. soalnya udah kehabisan rekomendasi film/series di viu.

    ReplyDelete
  21. Hwoaaaaa aku penasaran ini blm nonton nih hihi mau coba nonton juga ah

    ReplyDelete
  22. Yoo ah in ini salah satu aktor fav ku kwkwk, tp krna skrng uda jarang nont drakor uda ga ngikutin lagi. Terakhir ak nont drama dy yg chigago typewriter itu. Kayaknya yg veteran ini seru jg ya.

    ReplyDelete
  23. Seru ya... penasaran juga tapi ah aku tak mau tergoda ...hahahaha.. pasti di rumah heran deh kalau liat aku nonton xixixi

    ReplyDelete
  24. Another interesting post of one of your favorite came drummer. There must be many lessons that we can learn from this

    ReplyDelete
  25. pemeran film Korea kenapa ya cakep2 gitu hehe, lama2 tergoda juga buat nonton drakor lagi while wfh kayak skrg ini

    ReplyDelete
  26. aku masih nyarinyari apa yg harus ditonton, eh kayaknya ini seru juga mbaa

    ReplyDelete
  27. Oke deh, aku mau nonton juga nih. Aku sudah mulai demen drakor loh mbak Lend...hahaha...candu bener ya

    ReplyDelete
  28. ini pemeran yang baik dan yang jahat semuanya ganteng-ganting, cantik - cantik dan kereeen ya mba hehehe

    ReplyDelete
  29. Saya lebih suka genre comedy, Teh. Tapi Veteran ini juga ada komedinya dikit-dikit ya, okelah bisa direkomendasikan untuk di tonton.
    BTW saya setuju dengan ungkapan Money can't buy everything. Bakalan rusak generasi muda kalau hanya bisa dicekokin dengan uang dan fasilitas aja.

    ReplyDelete
  30. Wah kayaknya bagus ya, aku setuju bahwa uang memang bukan segalanya dan banyak hal yang tidak bisa dibayar dengan uang

    ReplyDelete
  31. Perasaan daku udah komen, kok kagak nongol ya Mba?
    Btw, aku lagi demen bgt ama Yoo ah-in gegara chicago typewriter dan Secret Life Affair
    Ya ampuun, doi nendang bangett dah kalo main drakor!

    ReplyDelete
  32. Nama tokohnya tae oh, jadi inget drama sebelah wmwkwk ada apa dengan yg punya nama ini XD terakhir nonton thriller comedy aku malah film barat tp pemerannya perempuan, versi korea ini pasti lebih ekspresif ya :3

    ReplyDelete
  33. Luar biasa nih, lama - lama saya bisa kenal dan paham drama korea tanpa harus menontonnya. Cukup dengan baca review Mbak Lendy ��

    ReplyDelete
  34. aku juga lebih senang genre thriller mba, apalagi nontonnya bareng suami hehehe, seruu aja heheh, karna gak mau banget nonton drama otomatis jika pengen nonton sama yaitu nonton yang memicu adrenalin hehe

    ReplyDelete
  35. Genre yang begini aku belum nonton nih kak Lend, coba ah nonton. List tontonanku udah memanggil-manggil nih, karena aku baru tau juga tentang Yoo Ah-In jadi penasaran penen lihat aktingnya.

    ReplyDelete
  36. aq belum pernah nonton drama detektif dari korea, selalu nonton drama percintaan melulu, hahaha... ini ceritanya seru banget deh jadi pengen nonton rekomendasinya mba, mumpugn besok wiken

    ReplyDelete
  37. Waw Teh detail banget Teteh nulisnya. Ya ampunnn emang niat Teteh nulisnya hihihi mantap, keliatan suka nulisnya. Nah kalau film ini aku belum pernon nonton Teh tapi kalau burning pernah. Tapi kayaknya film ini lucu ya lebih bagus dari burning. Jadi penasaran lihat lucunya

    ReplyDelete
  38. Lah salah fokus ama nama Tae Oh, mengingatkanku pada drama korea The World of The Married kemarin, hihihi

    ReplyDelete
  39. Kayaknya film ini semalam diputar di Trans 7 deh. Battleship Island juga 2 hari lalu.
    Pengen nonton di tv on demandnya Indihome ah..

    ReplyDelete
  40. Aku belum nonton ini Unieee, wajib nonton ah wkwkkw kalo udah diulas kamu mesti apik
    siap-siap catat dulu, next tak tonton aku ngelarin Rugal dulu aaha

    ReplyDelete
  41. Haduhh keren banget ceritanya. Suka kak dengan sinopsis film ini..jadi kepnegn nonton walau sebelumnya aku anti drakor ..film ini seperti film ncis kesukaan aku

    ReplyDelete
  42. ini yang kemarin tayang di tipi itu bukan ya, ceritanya keren emang ini

    ReplyDelete
  43. Uang bisa mengubah manusia jd luar biasa or luar binasa hahahha. Aku krng suka film2 spt ini. Settingnya kayaknya ribet, gelap dan terlalu banyak kegantengan huahahhaa. Tp kalau ada komedinya seru juga x ya. Bayangin muka pongo org Korea kalau lg ngelucu.

    ReplyDelete
  44. seru banget ya ceritanya. suka dengan cara mbak lendy menulis sinopsis dan latar belakang film ini, jadi penasaran deh

    ReplyDelete
  45. Aku suka drama komedi dan drama thriller. Klo film korea baru kenalan yg komedi2 dulu kak.

    ReplyDelete
  46. Kalau denger nama Tae Oh itu sekarang pasti yang pertama terpikir Tae Ohnya The World of The Marriagge, huehehe. Padahal aku juga belum nonton drakor fenomenal ituh, saking seringnya dibicarain di mana-mana :D

    Tema detektif gini kesukaannya suami nih. Dia juga penggemar drama korea soalnya. Nanti aku rekomendasikan ke dia.

    ReplyDelete
  47. Perbedaan review mbak Lendy dengan yang lainnya adalah selalu memberikan pelajaran yang menarik atau hikmah dari film ini. Apalagi note bahwa uang bukan segalanya untuk mencapai sebuah kebahagiaan.

    ReplyDelete
  48. Kalau memenangkan banyak penghargaan, biasanya keren baik jalan ceritanya, akting pemainnya, dan segala pendukungnya di sana. Lagi-lagi ngarepnya sih di setel di tivi hehe

    ReplyDelete
  49. Hmm kupikir di film ini detektifnya bakal diteror atau mau dibunuh karena menyelidiki kasus perusahaan besar. Hihi

    ReplyDelete
  50. Kalau aku Genre favoritku thriller, pokoknya suka banget nton film or drakor yang bikin jantung hampir copot ��

    ReplyDelete
  51. Aku tuh kalau mau nonton film atau drama di viu pasti habis baca blog ini dulu. Rekomendasinya mantep-mantep.

    ReplyDelete
  52. Film Korea yang satu ini di kemarin di putar di stasiun televisi swasta kan ya, saya ga nonton karena ga ada Oppa gantengnya :) jadi nyesel deh tahu alur ceritanya bagus begini

    ReplyDelete

Berlangganan via Email