Zombie Invasion on Korean Movie (From 2016 to 2020)

Bismillah,

Yaaak...sahabat lendyagasshi...
Biar blog ini lebih berwarna dark, selain sering bahas Film Thriller, aku mencoba untuk membuka sisi diriku yang lain. Udah yaa...lagi males sama kisah cinta yang sweety bunnies, kita beralih ke genre zombie.

Tulisan Film Thriller lainnya :


Hahahahahaaa...
**evilaugh


Aku gak tau ya....ternyata genre zombie ini setiap tahunnya selalu ada yang bikin film (bahkan drama) dan ternyata, ide-ide segarnya bisa banget dinikmati penonton. Dari mulai plot hingga bumbu-bumbu mellow-drama yang mewarnai.

Kalau coba aku urutin dari tahun 2016 sampai 2020, setidaknya ada 5 Film Korea bertemakan Zombie yang asik untuk diikuti.


Train to Busan (2016)

Siapa yang gak kenal sama film ini?
Aksi penyelematan seorang Ayah dari kejaran zombie bersama anak perempuannya menuju Busan yang berlangsung di gerbong-gerbong kereta KTX berlangsung dramatis. Belum lagi ada bumbu mellow bahwa selama ini sang Ayah yang diperankan oleh Gong Yoo, belum bisa menjadi Ayah yang baik untuk anak satu-satunya tersebut.

**adegan saat anaknya berulang tahun dan meminta sang Ayah untuk diijinkan bertemu dengan Ibunya yang tinggal di Busan. 

Yang bagus dari film ini, tidak hanya menceritakan kisah tunggal dari seorang Gong Yoo mati-matian menuju Busan agar anaknya bertemu sang Ibu, tapi juga ada kisah beberapa orang dengan tujuan akhir yang sama. Seperti Bapak Ma Dong-Seok beserta istrinya yang sedang hamil ini.


Atau kisah rombongan sekolah yang akan bertanding Bisbol, diperankan lagi-lagi oleh Choi Woo-Sik. Kenal doonk... doi main di beberapa Film terkenal seperti Parasite (2019) dan Time To Hunt (2020)


Gak berlebihan kalau Film ini banyak memenangkan award dari beberapa Film Festival dalam dan luar negeri. Plot ceritanya keren di dukung oleh akting dan visual sepanjang drama yang tampak real.


Peraih penghargaan :

2016 (69th) Cannes Film Festival, Best Technical Award dan Top Box Office Seller dalam 37th Blue Dragon Film Awards, Best Supporting Actor dan Best New Director dalam 53rd BaekSang Arts Awards di tahun yang sama.

Rating : 4/5



Rampant (2018)

Gak menemukan Film zombie di tahun 2017 yang menarik hati, akhirnya di tahun 2018 gak tanggung-tanggung. Kini pemeran utamanya Hyun Bin yang hidup di era Joseon.

Hwaattt??
Zombie uda sampai eranya Raja Gwangjong?

Iya,
Diceritakan ada sebuah pemberontakan yang ternyata dilakukan oleh anaknya sang Raja sendiri. Saat Raja tahu, ia tak dapat menghentikan kenyataan itu bahwa anaknya sebenarnya hanya ingin merubah sistem kerajaan yang dipimpin sang Ayah dimana lebih mementingkan kesejahteraan para pejabat dan kaum atas pada jaman itu.

Ketika sang anak mengorbankan hidupnya hanya untuk membebaskan para kaum petani, sang Ayah juga hanya bisa bersedih berkepanjangan. Namun politik dan semua hal, tetap dikendalikan oleh Panglima Perang pada zaman itu, yang diperankan oleh Jan Dong Gun.

Uda bisa nebak yaa..jalan ceritanya kemana?
**kalo belum bisa, tebak doonk...hahaha...pake cara ala-ala detektif.

Ya, perebutan tahta kerajaan.

Jan Dong Gun ini mengincar tahta Raja dengan harapan, Joseon tidak tunduk dengan Kerajaan Qing yang berjaya pada masa itu.

Jadi ia membuat konspirasi (bahasa yang udah gak asing lagi, karena Corona pun dituduh konspirasi kaan...sama Rakyat Indonesya Raya..?!?) dengan menebarkan penyakit Zombie. Ia berharap, kekacauan Pemerintahan Kerajaan yang saat ini terjadi, bisa dengan mudah digulingkan.

Kenyataannya gak semudah itu. Raja memiliki seorang anak lagi yang tinggal di Qing. Saat tahu kakaknya meninggal karena membela para petani miskin, ia segera pulang ke Joseon, karena mendapat wasiat untuk mengajak istri (kakak)nya yang sedang mengandung ke Qing. Di sana, kehidupan lebih stabil dan siapa yang berani melawan anak Raja kaan...?
**hidup enaena tanpa susah pokona mah...

Di perjalanannya, justru hati Hyun Bin tergerak untuk menyelamatkan para petani yang hidupnya dikucilkan karena wabah Zombie ternyata sudah menyebar luas dan hampir tidak ada yang mempu bertahan hidup.

Yang merasa tergila-gila sama Hyun Bin, wajib banget nonton doi di sini. Ada lucu, ada konyol dan yang pasti, aura gagahnya Hyun Bin oppa gak bisa dinafikan begitu saja.
**uhhuukk..keselek pas minum Boba, hehhee~

Pesonanya berlipat-lipat saat Hyun Bin oppa pakai baju perang berwarna putih gini...😆

Jan Dong Gun and Hyun Bin, they're really make a god sync.

Rating : 4/5



The Odd Family: Zombie On Sale (2019)

Habis nonton zombie yang super seram di kedua Film di atas, lalu kita di tahun 2019 disuguhkan Film zombie awkward. Dibilang serem, engga....tapi lucu juga, B aja. Jadi di film ini, semuanya serba nanggung. Mungkin sutradaranya mau bikin film zombie yang ringan, mungkin yaa...

Dari judulnya uda bisa ketebak gak?
Ini ceritanya ada seorang Bapak dalam sebuah keluarga yang tinggal di daerah terpencil. Kerjaannya punya pom bensin. Harusnya kaya kan yaa...?

Tapi nyatanya, enggak.
Mereka hidup sederhana dan impian si Bapak adalah pergi ke Hawai.

Gimana mau pergi ke Hawaii...pom bensin mangkrak dan pemasukan juga jarang-jarang karena memang jarang mobil yang lewat daerah situ.

Lalu mendadak entah dateng darimana, ada anak muda yang ternyata ada zombie, menggigit si Bapak. Dan kemudian, seperti yang biasanya terjadi di film Zombie, beberapa jam kemudian, si Bapak ini menggigil kedinginan. Aku pikir si Bapak akan berubah jadi Zombie juga, ternyataaa... malah jadi lebih kuat doonk... Kuat dalam artian seorang pria yaa..

Tapi jangan khawatir, film ini aman ditonton sama anak-anak kok... Gak ada adegan aneh-anehnya. Hanya ketika si Bapak ini bertambah kuat dan diketahui orang desa, semua laki-laki tua di desa tersebut meminta resep "kuat"nya si Bapak ini.

Awalnya Bapak juga bingung?
Apa? Dari mana?

Setelah lama berpikir, akhirnya si Bapak menemukan jawabannya.

Ahhaa!

Karena ia digigit seorang anak muda aneh, kemarin. Lalu si anak muda ini diberi tempat tinggal, makanan, pokonya dirawat laah...untuk bisa menghasilkan uang demi keluarga aneh ini. Hahhaaha, melihara Zombie, bahkan dikasih nama Jjong Bi doonk...

Aseli!
Jjong Bi nya cakep. Dan anehnya, dia gak galak minta daging. Justru makan sayur doonk.. Makanya keluarga aneh ini yang punya kebun kol sendiri, bisa ngasih makan Jjong Bi sebanyak yang Jjong Bi mau, asalkan itu tadi... menggigit orang tua agar punya stamina kuat kembali. Dan cencu, ditarik bayaran dari gigitan si Jjong Bi.

Tapi, kebahagiaan ini gak bertahan lama. Lambat laun, seluruh warga desa memang menjadi kuat, tapi sekaligus menjadi zombie. Aaaarrgg!

Aneh bin ajaib.

Gimana cara mengembalikan keadaan...keluarga ini punya vaksinnya juga doonk... Aahh, pokonya nonton film ini kocak pissaan laah...


Rating : 2/5


Untuk 2 film selanjutnya, belum tayang di bioskop, Alive (Yoo Ah-in dan Park Shin-hye) dan Peninsula (Gang Dong-Won).


Yang menarik dari kedua Film ini adalah sama-sama bertemakan zombie, namun masing-masing memiliki kekuatannya masing-masing. Kalau Alive, tentang kehidupan kaum millenials yang bertahan hidup dari gempuran zombie, sedangkan Peninsula adalah bertahan hidup dari sebuah kota yang sudah terinfeksi virus Zombie parah, pilihannya cuma dua, fight or die.

Bakalan seru niih...
Karena yang garap Film Peninsula ini producer yang sama di Film Train to Busan (2016). Jadi ada gambaran gimana darkness dan plot ceritanya yang waaah... Pokoknya, ekspektasiku tinggi banget deeh... di Film Peninsula ini.

Nanti kalau udah tayang, aku tulis lagi yaak...

Jadi, sahabat lendyagasshi masih ilfeel sama film zombie?
Coba tonton referensiku di atas deeh... Dijamin, terinfeksi virus zombie akut.
Hehhee~

Happy Watching~


with love,

67 comments

  1. Ku nonton yang Jjong Bi, teh. Karena ada KNG sama yg main di Love alarm (lupa namanya). Bodor..

    ReplyDelete
  2. Jujur takjub pas nonton Train To Busan, CGI dan akting pemainnya bagus banget. Harus diakui Korea tuh one step ahead drpd Indo di dunia perfilman, Indonesia belom bisa bikin film zombie yang bagus.

    ReplyDelete
  3. Train to Busan!! Gong Yo keren parah si asli pas film yg spt ini (non-cinta) menurutku yah.. ada film dia di 2011 yg judulnya Silence juga kerenn pakee bangetttt.. film itu berhasil bikin perubahan di Korea dan menegakkan keadilan dongg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Train to Busan ini hits banget ya ketika pertama kali tayang. Aku sampe baca banyak sekali review bagus tentang film ini dari para penggemar film Korea.

      Delete
  4. Train to Busan. Anak-anak saya yg ga pernah nonton ini aja punya permainan kejar-kejaran yg dikasih nama 'to Busan'.

    Hihihi...

    ReplyDelete
  5. aku nungguin sekuelnya train to busan nih mbak. walaupun udah nggak ada gong yoo-nya haha XD

    ReplyDelete
  6. Mau nonton yang lucu dulu. Sambil nunggu ah in, kalau dia yang main harus nonton walau zombie juga 😁

    ReplyDelete
  7. semuanya belom aku tonton mba Len, suka sama reviewnya jadi nambah list buat aku yang pengen ditonton, mau nyobain nonton film-film drakor ah, dan aku mulai menghapal nama-nama pemainnya yang menurutku masih cukup sulit mengingat namanya eheheh, kebetulan aku juga suka kalau film-film zombie modern gini ga menakutkan biasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau soal menghapal nama-nama korea, ingatanku payah banget nih Mei. Selama ini baca review di blog ini, masak yang kuingat cuma Kapten Ri. Lain-lainnya lewaatt :D

      Delete
  8. OMG mba aku tuh serem ama zombie. Liat darah2 gitu udah bikin aku keder. Heheh. Nonton train to busan aja skip yang adegan zombie muncul. Langsung ending di terowongan

    ReplyDelete
  9. Aq nonton train to busan...
    Mayan menegangkan euy,
    Ternyata cukup bnyk y genre zombie di drakor

    ReplyDelete
  10. train to busan aja nih yg baru nonton, jadi penasaran pengen nonton yg lain. iya klo drama korea gni selalu ada sisi melownya ya. aku lbh suka film yg lgsg habis kyk gini si

    ReplyDelete
  11. Karena ga suka zombie2an, aku cuma tahu dan ga nonton film2 di atas mba 😂. Takut dikagetin akutu

    ReplyDelete
  12. Ughh zombie, paling takut dan males nonton genre ini, tapi penasaran huhu. Apalagi yang main keren2 :))

    ReplyDelete
  13. Dan di antata semuanya, aku baru nonton train to busan aj dong wkkk
    Padahal banyak yg gak kalah seru y sist, yg menarik perhatianku yg zombie mamam sayur tuhh antimainstreamm bangetss, gak nyeremin jg
    Sekilas td kayak film holywoon tema serupa yg judulny warm bodies

    ReplyDelete
  14. Diantara semuanya aku belum pernah nonton Teh...hahaha..Pokoknya soal film mah aku kudet pisan apalagi Drakor ...

    ReplyDelete
  15. Aku sdh nonton yg train to busan , penasaran sama yg zombie on sale terus alive dan peninsula pasti bagus poll itu

    ReplyDelete
  16. Kebetulan aku lagi suka banget film Zombie gini Teh, aku baru nonton Train to Busan aja hehe Makasih rekomendasinya

    ReplyDelete
  17. Dari semua film di atas baru Train to Busan yang udah ditonton, kirain Rampan bukan tentang somvie, jatuh cinta sama tema zombie malah gara-gara the kingdom, pengen nonton rampan sama odd family sambil nungguin alive

    ReplyDelete
  18. Well well. Korean movies and series have everything. Including the zombies. I haven’t really watch them but I guess many people will like this

    ReplyDelete
  19. Kalau nontonnya sama anakku yang gede aman gak nih filmnya? aku jarangnontn genre kaya gini nih, paling kalua mau nonton barengan gitu

    ReplyDelete
  20. Wah kak akutu baru nonton Train to Busan aja yang zombie" gini, soalnya penakut anaknya huauaua. Tapi melihat beberapa pemainnya yang kece jadi pengen juga ihhhhh, thanks rekomendasinya ya kak

    ReplyDelete
  21. Berhubung aku gak gitu suka zombie, kayanya aku mau coba nonton The Odd Family deh. Seru tuh dan cocok buat aku yang suka parno sendiri kalau nonton zombie. Apalagi filmnya bisa ditonton bareng keluarga juga.

    ReplyDelete
  22. Aaakkk aku ngeri ah Lendy klo Zombie. Cerita drakor aku masih mau ngikutin, tapi klo horor dan perzombie-an, iiiyy... atuuuutt.. :)) Thriller sengeri apapun aku masih sanggup ikutin, tapi klo yg udah horor dan zombie2an lempar handuk lah aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang cuma temanya aja Zombie padahal mah gak serem loh mbak, cobain nonton deh :-D

      Delete
  23. Aku ilfeel sama film zombie soalnya penampakannya jelek2. Tapi kalo ada zombie cakep kayak yang film komedi itu, mau deh hehehe...

    ReplyDelete
  24. hihi tau aja mba, aku suka film zombie tapi efeknya males makan berhari-hari, apalagi kalo ada adegan makan organ tubuh gitu...

    ReplyDelete
  25. buat film/serial zombies ini aku suka ngeri sendiri karena banyak darahnya huhhu trus banyak pembunuhan juga.. aduh cemen akutuh teh, btw thank you ya udah sharing

    ReplyDelete
  26. Saya nonton serial drakor baru The World of The Married dan Revolutionary Love. Itu pun karena diputar di Trans Tv, hehe..

    Dan sekarang banyak yang ngereview drakor, jadinya serasa pengen nonton semua deh!

    Etapi kalo cerita zombie atau horror dan thriller, saya kurang suka ah...

    ReplyDelete
  27. Genre horor nih bener2 bukan favorit aq mba, payah deh aq gak bisa nonton film yg ada darah2nya atau yg kekerasan gitu juga gak sanggup nontonnya... tp ini ok bgt referensinya mba, mao tak kasih ke paksu biar dia aja yg nonton

    ReplyDelete
  28. Belum ada yang kutonton nih kalau temanya zombie, soalnya masih ngeri gitu hi hi. Jangankan menonton, membaca novel tema zombie aja merinding.

    ReplyDelete
  29. Aku tuh orangnya penakut. Belum nonton sama sekali yang ada tema zombie-zombie gini. Kayaknya yang Mbak Lendy kasih rating 2/5 mau aku tonton dulu ah. Wkwkkk

    ReplyDelete
  30. Wahahah.. aku gak kebayang zombi bisa dikomersilkan kayak film zombie on sale itu.
    Ngeri ah, cuma kepengen kuat aja mesti digigit zombi..

    Etapi kalo zombinya ganteng begitu rasanya kayak rela digigit ya.. wkwk

    ReplyDelete
  31. wess mbak lendy udah move on ya dari drama cintaan ala korea ke thriller. aku masih setia dengan kisah cinta FL dan ML mbak... belum bisa berpindah ke genre lain

    ReplyDelete
  32. Dari semuanya br nonton yg Train to Busan itu pun karena Gong Yoo Ahjussi hihi,, kl Teh Lendy mah ga usah diragukan lg emang ahlinya n reviewer drakor hehe

    ReplyDelete
  33. dari kapan aku mau nonton train to bussan tapi enggak jadi-jadi karena belum enggak sanggup nonton yang thriller. tapi aku harus mencari suasana baru niih mbak lendy, jangan asyik nonton drama cinta saja

    ReplyDelete
  34. train to busan yang scene terakhir bikin mewek ga kelar2 :(

    ReplyDelete
  35. Huwaaa beberapa belum kutonton semua mba Lend, asik dapet rekomendasi ini
    pasti keren-keren ceritanya, soalnya apik-apik alur cerita korea nggak monoton

    ReplyDelete
  36. saya nonton train to busan dan the odd faily di tvn movies. zombie korea itu beda dengan yg di the walking dead ya, larinya cepet benerr. eh ko jadi bahas zombie ya. tapi jd suka ngambil pelajarannya gimana bertahan idup di tengah wabah zombie dan tetap mengedepankan kebaikan

    ReplyDelete
  37. Wawwww....syerem amat nih dramanya ada zombie2an hihiiihi :) Jangan sampe nonton sendirian nih. Kalaumalam terasa banget kengeriannya ya :D Aku sih ga ngikutin drakor yg mana2....Percintaan aja deh kalo disuruh milih daripada zombie hahahah :D

    ReplyDelete
  38. Train to Busan is the best, paling berkesan lah

    ReplyDelete
  39. Hebat ikh teh konsisten blognya nulis tentang drama korea. Apa blognya rencananya mau dibikin niche tentang drama korea kah? Sebenernya aku takut nonton film zombie. Jadi yang baru aku tonton baru yang judulnya rampant itu. Kalau busan belum ikh. Padahal aku ngefans ama gong yoonya. Tapi takut buat nontonnya hahaha. Ga tega juga nontonnya kayaknya menguras emosi juga ya

    ReplyDelete
  40. Zombie makan sayur, lucu juga ya..
    Tapi kalau terus satu wilayah semuanya jadi zombie gimana dong. Penasaran juga jadinya mau nonton drakor.

    ReplyDelete
  41. Kagum sayah. Ada-ada saja ya cara meramu kreativitas dengan memasukkan unsur zombie. Keren.

    ReplyDelete
  42. Wah atut takut liat zombie serem soalnya berdarah darah. Hehhe. Harus beranikan diri nonton ini nih :)

    ReplyDelete
  43. tampan, eh Rampant ini akan jadi daftar saya mba buat nontonnya karena ada Hyun Bin sih, hahaha. ntar minta suami aja yang nyari filmnya . aku pun langsung searching

    ReplyDelete
  44. aku juga pengen liat Alive sama Peninsula. Menunggu sekali. Apalagi alive, comeback-nya Yoo Ah In yang lama nggak muncul

    ReplyDelete
  45. Ilfeel banget! Saya suka sebel aja gitu lihat udah mati idup lagi. Kan bikin kesel nontonnya hahaha

    ReplyDelete
  46. Aku biasanya nonton zombie versi Hollywood alias Walking Dead, sampai berapa season tuh, tegang juga nonton Gong Yoo, penasaran sama Alive dan Peninsula deh kayaknya brutal..

    ReplyDelete
  47. Wow temanya zombie. Kalau aku sih nggak berani nonton, bisa nggak bisa tidur abis nonton heheh...

    ReplyDelete
  48. Daaan barusan aja nonton berita udah ada trailer Train to Busan yang sekuelnya alias part duanya yang akan tayang Juli 2020 ini. 4 tahun kemudian. Menurut bocoran zombienya bakal lebih ganas-ganas.

    ReplyDelete
  49. nonton sekilas saat diputar di Tv belum bisa fokus nonton drakor trailer Train to Busan apik ya, aku nonton walau gak tau jalan fullnya

    ReplyDelete
  50. Well well well… Zombies are coming. If you like horror movies or thriller this will be the perfect choice ya mbaa

    ReplyDelete
  51. Kadang mau nonton tapi kok takut
    Mau nonton siang, ada saja produk yang harus difoto
    Semoga ada waktu senggang segera jadi bisa nonton

    ReplyDelete
  52. Kemarin lihat di tv berita ada lanjutan train to Busan dua sudah mau tayang juga. Anak saya yg sudah nonton train to Busan satu jadi ketagihan katanya penasaran lanjutannya. Ga tahu juga saya dia nonton dimana. Sepertinya waktu nginap di saudaranya hehehe

    ReplyDelete
  53. Btw train to busan akan ada sekuelnya tahun ini lho teh

    ReplyDelete
  54. Akhirnya nonton dong The Odd Family, asli lucu banget masa ada Zombie dikejar-kejar anjing wkwkwkw

    ReplyDelete
  55. So.ehow aku suka film bertema zombie walau biasanya lebih sering nutup mata haha

    ReplyDelete
  56. Meski Train To Busan ini hits banget aku malah belum pernah nonton. Kalau film zombie zombie kayaknya juga gak berani nonton deh meski dikemas komedi. Takut nonton film yang ada darahnya soalnya.

    ReplyDelete
  57. Aku ngindarin banget drakor kayak yg yg diatas mba takuutt bawaannya lbih pilih drama romantic gitu��

    ReplyDelete
  58. Aku suka banget sama drama korea, tapi untuk genre yg kerajaan kerajaan gitu sebenernya aku kurang suka sih. Jarang banget aku tonton yg temanya kerjaan gitu.

    Dulu banget yg aku suka jewel in the palace ya.... Kalau gak salah. Yg koki kerajaan itu.


    Sekarang lebih suka ke genre genre yang romantis, atau zombie sekalian. Dan salut banget sih buat film train to busan ini.

    Aku nangis haru perjuangan gong yo mempertahankan kewarasannya setelah digigit zombie demi anaknya...

    Ada juga film barat yg semacam ini,aku lupa namanya. Walking dead apa ya....

    ReplyDelete
  59. Sepertinya menarik. Tapi Zombie yang berani kulihat cuma yang ada di Plant VS Zombie game :D

    ReplyDelete
  60. Penasaran sih sama Train To Busan, etapi gak berani no ton kalo zombie mah, males ama kebayangnya mulu. Bikin horror klao malam ke toilet sendirian. Wakakkaak.

    ReplyDelete
  61. Saya tertarik sama yang zombie :D paling suka film genre seperti ini. Mau ah nonton filmnya

    ReplyDelete
  62. woww jarang2 nih ada yang udah kutonton film/drakor yang direview Lendy hahah.. Aplagi klo bukan Train to Busan.. itu pun nontonnya di tipi. Pengen juga nonton Zombie on Sale.. kapan ya di tipi ada..

    ReplyDelete
  63. aku cuma familiar dengan Rampant, tapi kabarnya Rampant itu film gagal nya Hyun Bin ya mbak ?

    ReplyDelete
  64. wah nambah lagi nih list drakor saya, jadi ingin nonton semuanya nih, termasuk yang ini.

    ReplyDelete