Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Forgotten (2017) : Masa yang Terlupakan

Bismillah,

Forgotten (2017) : Masa yang Terlupakan - hola sahabat lendyagasshi.

Pernah doonk melupakan sesuatu? Aku termasuk sering lupa hal-hal tertentu, seperti : arah, nama orang bahkan wajah seseorang. Kadang yaa..baru kenalan gitu, lalu beberapa menit kemudian, aku lupa... Heuheu~

Apa aku terjangkit demensia atau pikun?

Engga ternyata, guys..
Perempuan memang wajar melupakan hal-hal seperti itu, karena seringkali fokusnya bukan hal itu. Tapi aku yakin, para wanita paling jeli kalo masalah ngitung uang bulanan, uang kembalian atau mencari mainan anak dan kaos kaki suami. Yaa kaan...??

Tapi, gimana kalau ada orang yang lupa dengan suatu masa?
Wajarkah?

Review Film Forgotten


Filmografi

Judul : Forgotten/ Night of Memory 
(Gieokui Bam/ 기억의 밤)

Director:  Jang Hang-Jun
Writer : Jang Hang-Jun

   Cast :    

Kang Ha-Neul as Jin-Seok
Kim Moo-Yul as Yoo-Seok

Genre : Thriller, Mystery, Physicologist
Runtime : 109 minutes

Rating : ⭐⭐⭐⭐✰



Sinopsis Film Forgotten

"Apakah kamu ingat...?
Kamu tidak akan bisa melupakannya..."

Film dibuka dengan bisikan seorang pria kepada seseorang. Aura-aura misteri sudah dibuka di awal cerita. Namun ternyataa...

Jin-Seok (diperankan oleh Kang Ha-neul) terbangun dari mimpi buruknya di siang hari. Hari itu, ia tertidur lelap di dalam mobil yang sedang menuju ke rumah baru mereka - hyeong, eomma dan abeoji.
**tampak seperti gambaran keluarga bahagia kan yaa...?!?

Mimpi yang terasa nyata itu pun segera dihilangkan dari pikiran Jin-Seok, karena ia tidak mau terus memikirkan hal yang tidak bahagia di hari kepindahan keluarga mereka. Setibanya di rumah baru, entah mengapa Jin-Seok tidak merasa asing sama sekali. Rumah yang besar, namun kuno dengan furniture dari kayu di mana-mana. 

Ada apa?


**flashback

Review Film Forgotten

Jin-Seok yang selalu kagum dengan masnya, yang bernama Yoo-Seok. Di mata sang adik, masnya ini sangat sempurna. Dari sisi akademis maupun non-akademis, mas Yoo-Seok selalu juara. Dari sejak SD ranking 1 terus, lalu saat remaja, mas Yoo-Seok juga jago main alat musik, olahraga dan semua masalah di rumah, seperti benerin perabot, memasang lampu, mas Yoo-Seok selalu bisa diandalkan.

Mas Yoo-Seok juga orang yang halus, gak pernah berkata kasar, gak bisa merokok maupun minum-minuman beralkohol. Wanbyeoghae!

Karena mas Yoo-Seok yang sangat sempurna inilah yang menyebabkan sang adik menjadi sangat hormat dan memotivasi dirinya untuk terus berusaha mengikuti ujian kelulusan walau sudah gagal 2 kali karena menderita penyakit neurasthenia kronis.

**Neurastania adalah penyakit dalam istilah psikiatri untuk orang yang mudah mengalami kelelahan secara fisik ketika melakukan suatu aktivitas. "Neuro" yang berarti saraf dan "Asthenia" yang artinya perasaan lelah, tidak bersemangat, lalu muncul emosi seperti ingin menangis dan marah.

Karena penyakit inilah Jin-Seok harus konsumsi obat khusus yang tidak boleh terlewat. Jika sekali saja terlewat meminumnya, maka Jin-Seok bisa histeris dan panik berlebihan.

Review Film Forgotten

Kekurangan sang mas hanya satu. Ia pernah mengalami kecelakaan yang menyebabkan kaki kirinya pincang. Namun, sang mas Yoo-Seok tetap menjadi kebanggaan keluarga.


**flashback end

Pada suatu malam di saat hujan deras, Jin-Seok mendengar bunyi berdebam yang keras sekali. Dan arahnya dari kamar lantai 2. Kamar tersebut berhadapan dengan kamarnya yang ditempati saat ini. Awalnya Jin-Seok gak mau curiga, karena sang Ayah memberitahu bahwa pemiliki rumah yang lama melarang untuk memasuki kamar tersebut. 

Review Film Forgotten
Alasannya karena si pemiliki meninggalkan beberapa koper dan akan diambil 2 minggu lagi. Jin-Seok anteng pas Ayahnya bilang hal tersebut dan menganggap bunyi yang ada itu adalah suara petir. Namun, beberapa saat menjelang tidur, saat Jin-Seok sedang menikmati me time-nya mendengarkan musik melalui CD player, bunyi berdebam seperti benda jatuh itu kembali terdengar. Kini lebih keras.

Jin-Seok gak bisa diginiin terus...akhirnya ia memberanikan diri untuk memeriksa kamar terlarang tersebut. Baru akan membuka pintu, sang mas memegang pundaknya dan mengatakan "Jin-Seoka...kemu sedang apa?"

Lalu sang mas mengajak adiknya untuk menenangkan diri dengan berjalan menyusuri lingkungan baru mereka di tengah derasnya hujan malam. Sambil mengobrol hal-hal ringan... Tak lama, handphone sang mas berbunyi dan ternyata telpon dari Ayah mereka yang sedang membutuhkan bantuan. Segera sang mas ini pergi meninggalkan Jin-Seok sambil berpesan "Kamu tunggu di sini aja yaa.. Jangan kemana-mana, annti aku segera balik."

La..lalaa...laa...

Jin-Seok gak sambil berdendang siih...hehhee...ini akunya aja yang menggambarkan betapa bahagianya memiliki keluarga yang harmonis seperti Jin-Seok. Namun, karena sang mas ini lama banget gak balik-balik, Jin-Seok ngecek doonk... Kemana sang mas yaa..? Apa disusulin ke rumah aja? Toh malam semakin kelam.

Belum lama menyusuri jalan, Jin-Seok malah melihat masnya dipukulin dan diculik. Jiwa sang adik yang mencintai sang mas reflek menolong sang mas donk... Ia segera berlari dan membela kakanya yang udah dipukulin sampe babak belur.

Untuk menghindari masalah yang lebih panjang, sang mas diculik oleh penjahat tersebut. Dan panik... Jin-Seok gak sanggup mengejar mobil yang berlari kencang tersebut. Ia segera kembali pulang ke rumah dan melaporkan seluruh kejadian di hadapan kedua orangtua mereka. Lalu Jin-Seok jatuh pingsan.

Setelah sadar, tentu hal pertama yang ditanyakan adalah "Mana mas Yoo-Seok, Ma?"

Dan saat detektif datang ke rumah untuk menyelidiki kasus tersebut, detektif pun gak percaya sama sekali dengan keterangan yang diberikan Jin-Seok. Sedih banget deeh.. 


Setelah 19 hari menunggu dan menunggu...
Akhirnya sang mas pun pulang ke rumah dalam keadaan sehat wal'afiat. Alhamdulillah banget... Tapi sayangnya, saat di interogasi oleh detektif yang menangani kasus penculikan itu, mas Yoo-Seok kehilangan memori selama kejadian, yang disebut amnesia disosiatif.

**Amnesia Disosiatif adalah kehilangan memori di waktu tertentu, namun sang pemilik ingatan gak pernah ingat pernah mengalami hal tersebut. Sehingga ia tampak normal dan tenang. Hal ini bisa terjadi karena kenangan tersebut amat buruk menimpa dirinya sehingga alam bawah sadarnya meminta untuk menghilangkan kejadian yang sangat traumatis tersebut.


Beberapa hari setelah sang mas ini pulang ke rumah, semakin misteri lagi. Jin-Seok mendapati masnya sering keluar di malam hari, entah kemana. Antara sadar dan gak sadar, Jin-Seok kembali tertidur. Namun pada suatu malam, kecurigaan Jin-Seok  semakin menjadi. Ia memberanikan diri untuk mengikuti mas Yoo-Seok dan....apa yang ia temukan?

Sesuatu yang mengerikan dan gak ia sangka selama ini. Ia melihat mas Yoo-Seok berjalan dengan normal, gak pincang. Lalu berkeliaran ke sebuah daerah yang terlihat gelap dan sepi untuk bertemu anak buahnya. Apakah yang dilakukan mas Yoo-Seok selama ini?

Review Film Forgotten
Kejadian demi kejadian membuat sang adik histeris. Ia gak mau lagi di dekati oleh sang mas dan merindingnya, ia benar-benar merasakan masnya ini berubah menjadi orang lain di saat tertentu. Seperti saat Jin-Seok terlelap di meja belajarnya, mas Yoo-Seok perlahan mendekati dan memanjangkan pinsil cethek-cethek hingga hampir menusuk mata Jin-Seok. Dan dalam kondisi sadar saat itu, Jin-Seok hanya pura-pura tertidur dalam ketakutan.

Malam demi malam dilewati dengan ngepoin masnya pergi kemana. Hingga sang adik gak tahan untuk menceritakan kejadian itu kepada Ibunya.

Review Film Forgotten

Sang Ibu pun berusaha memihak Jin-Seok dan berkata "Apakah benar yang dilakukan masmu begitu di luaran sana?"

Dan berbekal kepercayaan sang Ibu yang mendengarkan perkatannya, Jin-Seok pun menjadi lebih kalem, gak histeris lagi. Namun...puzzle demi puzzle kejadian ia kumpulkan dan ia tahu bahwa ini ada yang salah. Gak cuma masnya yang berubah, bahkan Ibunya pun bukan Ibunya.

Lalu siapaaaa???

Stres penonton dibuatnya yaa... Tapi aseli, Film Forgotten ini bagus pake banget. Misteri thriller dan perjuangan Jin-Seok menemukan kejadian sebenarnya perlahan terbuka. Paling seru pas di pertengahan film, saat ia mengetahui bahwa usianya bukan pertengahan 20an, melainkan 40. Hwaadd??

Apa selama ini dia seperti dimanipulasi ingatannya?

Review Film Forgotten
Jin-seok yang diperankan oleh Kang Ha-neul baru menyadari bahwa usianya 41 tahun


Di film ini lagi-lagi akting Kang Ha-neul membuat para penonton kagum. Wagelaseeh banget! Dia bisa sangat histeris, panik, ketakutan, dan lari-lari gak pake alas kaki. Persis di film Midnight Runner bareng Park Seo-joon. Bedanya, ekspresi wajah Kang Ha-neul di Film Forgotten benar-benar menawan. 

Kejadian 20 tahun lalu akhirnya terungkap. Kejadian seperti apa?
Dan kenapa Jin-seok harus melewati masa-masa mengerikan seperti ini?

Review Film Forgotten


Aku gak tau kalau mengungkap sebuah kebenaran dalam sebuah kasus bisa menggunakan teknik hipnotis seperti di film ini. Tapi jadi tahu yaa.. Karena teknik begini juga ada di Film Real yang diperankan oleh Kim Soo-hyun. 
**bisa baca reviewnya di blog drakorclass yaa, gengs...


Learning Point Film Forgotten :

Otak manusia sungguh canggih
Jangan pernah meragukan ciptaan Allah. Terlebih manusia yang terkenal dengan pintar memanipulasi. Ada saat-saat yang paling menyedihkan dan menjadi sebuah trauma, justru ketika otak memerintahkan untuk dihapus, maka memori tersebut bisa hilang. Semakin kita memikirkan memori pahit, maka semakin otak memerintahkan untuk mempertahankan memori tersebut.

Sehingga, ada baiknya jika kita mengalami trauma, sadari bahwa kita pernah melewati masa tersebut. Dan meminta tolong pada ahlinya untuk diobati dengan benar.

Jika untuk kepentingan penyelidikan, ternyata untuk mengembalikan ingatan yang terpendam ini adalah dengan menghipnotis sang pasien dan kembali ke masa yang paling membahagiakan bagi dirinya.


Jangan melakukan hal-hal yang tidak diyakini

Hidup hanya sekali, lakukanlah hanya hal-hal yang baik. Baik secara norma di mata masyarakat. Bukan hanya baik dari perspektif kita. 

Sedari awal, masalah yang dialami sang tokoh utama adalah ragu-ragu. Ketika ia ragu untuk melakukan sesuatu, maka hal-hal tak terduga pun semakin banyak terjadi. Dan ini malah memperburuk keadaan.

Review Film Forgotten

Niat baik, belum berarti baik semuanya
Ini pentingnya menjaga niat, Dari awal sampai akhir harus dilakukan dengan baik. Karena ketika niat baik tapi dilakukan dengan cara yang tidak baik, maka hasilnya akan celaka.


Setelah semuanya terjadi, gak ada yang bisa disalahkan ataupun disesali
Setelah melakukan sebuah kesalahan, yang ada adalah mengakui bahwa perbuatan tersebut salah dan memperbaiki dengan perbuatan yang lebih baik. Sudah gak ada gunanya lagi menyalahkan orang lain dan menyesalinya berkepanjangan.


Bingung kan yaa...
Hihii...coba nonton Film Forgotten deeh...dan temukan learning point dari film berdurasi 1 jam 48 menit ini. Ada perasaan thrilling, jump-scare sampai empati. Heuheu~ saking malangnya nasib seorang Jin-seok.

Uniknya film Forgotten ini adalah ketika sang tokoh utama berpikir bahwa penjahatnya adalah keluarganya sendiri, dari mulai masnya yang palsu hingga Ibu dan Ayahnya yang diam-diam menelepon orang yang gak dikenal, tapi justru semakin banyak hal yang terungkap, penjahatnya malah mengarah pada dirinya sendiri.

Cerdas banget uri jagga-nim Film Forgotten.

Tertarik menonton juga, sahabat lendyagasshi?
Iya doonk...bagus banget loo..


좋은 시간 보내~
Have a good time!

With love,



51 comments for "Forgotten (2017) : Masa yang Terlupakan"

  1. Film berdurasi hampir 2 jam ini sepertinya thiller yang bagus ya. Gara2 amnesia nih jadi si mas berubah juga malah jalannya udagh ga pincang lagi. Si adik sayang banget sama kakaknya, sang kakak menjadi panutannya. Kepribadiannya berubah sejak si mas kembali ke rumah akibat penculikan. Wah seru banget nih mbak.

    ReplyDelete
  2. Kayaknya butuh mental yg sehat kalo mau nonton pilem kayak gini yaaak :D
    Soale kuatir ntar makin stres dewe wwkwkwk
    Aku sekarang lagi nonton yg joyful dan lucu2 aja.
    Kayak START UP tuh. kuulang2 terus wwkw

    ReplyDelete
  3. nah film modelan forgotten gini yang aku suka nih teh, meski menguras kesehatan mental tapi sungguh melatih otak buat berpikir hhahah ada gak ya di Viu

    ReplyDelete
  4. Huaaaah aku sampe tarik napas berkali kali

    Ini jadi twist plot di sana sini? Kereeeen kereeeen..... aku suka film thriller cerdas kek gini, bikin ikutan cerdas *keselek*

    btw betah banget dirimu ngetik detail begini, ya gapapa sih, akunya sebagai pembaca bahagia, lah yang ngetik apa ga pegel? Atau... jangan jangan kamu tidak mengetik sendiri tapi dibantu oleh Jin-Seok?

    ReplyDelete
  5. aku pun kadang suka lupaan orangnya, bahkan suka lupa beberapa momen yang menurutku gak penting. aku jadi penasaran pengen nonton juga ini filmnya, apalagi ada Kang Hae-Neul

    ReplyDelete
  6. ish kan bikin penasaran lagi, jadi ada kejadian apa 20 tahun yang lalu? Awalnya udah ngantuk, baca tulisan ini makin ke bawah, jadi penasaran dan ngantuknya hilang.

    Saya juga sekarang kalau ragu memilih untuk tak melakukan. Belajar dari beberapa kejadian saat ragu namun tetap nekad melakukan, ada aja masalah/hambatan datang

    ReplyDelete
  7. Keknya baru ini nih review film Korea yang membuatku tertarik nonton. Tokohnya simple, keluarga bahagia, tapi abis itu berbalik jadi mengerikan. Bisa nonton di mana mbak? link dong ...

    Btw, Amnesia Disosiatif pernah dialami temanku. Dia jatuh sampai opname tapi ga ingat apa yang terjadi. Kayaknya dia pas lagi sediiiih banget. ALhamdulillah cara itu malah menghilangkan kesedihannya.

    ReplyDelete
  8. wah ada kang hae nul....
    mantap ya pesan dari film ini.. .
    pas banget buat ditonyon di akhir pekan

    ReplyDelete
  9. Duh duh aku mau nonton filmnya Kang Haneul, idola pisan deh..apalagi ini film ya lebih ringkas dibandingkan nonton serial drama...terima kasih rekomendasinya ya Mak, blogmu selalu jadi acuanku lho..hihi...

    ReplyDelete
  10. Wah asyek film yaa.
    Sering sih nonton jg tema serupa tp drama gtu hehe, kalau film kan cepet tahu selesainya.
    Gak tau beneran soal amnesia pd suatu waktu itu sebenarnya beneran nyata apa gak ya?
    Kasian jg soalnya gk inget sama masa yg kelewat itu

    ReplyDelete
  11. Ternyata gak diduga juga ya jalan ceritanya. Penjahatnya ternyata dirinya sendiri? Bikin penasaraaaan

    ReplyDelete
  12. Tertarik banget... Seru nih cerita kaya gini meski biasanya cape karena posisi siaga terus :D

    ReplyDelete
  13. Waaaah endingnya nggak terduga ya. Jadi penasaran sama film nya . Semoga ada di Viu yaa...

    ReplyDelete
  14. Ah kalo genre nya thriller, aku jadi pengen nonton juga.
    Penasaran sih gimana akhirnya nasib orang yang mengidap anemia disosiatif. Dan kalo film juga langsung selesai, suka yang gini aja, bukan drama, hahaa

    ReplyDelete
  15. Asah jadi terhanyut sama jalan ceritanya. Aku harus nonton nih soalnya jadi kepo banget klimaks dan endingnya gimana.

    ReplyDelete
  16. Bagus banget review-nya, aku jadi ada gambaran sama filmnya. Kalau film sih masih oke aku nonton, asal bukan serial yang panjang dan lama. Oke fix aku mau cari filmnya. S0alnya penasaran apa yang memanipulsi ingatan Jin Seok. Penasaran juga si Mas ini ngapain aja sih

    ReplyDelete
  17. Aduh pengen ikut nonton, berapa lama durasi film ini mbak? Penasaran banhet ini ceritanya gantung hahaha ya iyalah nanti spoiler ya

    ReplyDelete
  18. Mbaaak, aku penasaran cerita lengkapnya tapi nggak berani nonton filmnya nih huaaaa. Manipulasi ingatan gini mengingatkan aku sama film Jason Bourne ya.

    ReplyDelete
  19. Malah jadi penasaran nih sebenarnya kejadiannya gimana sih. Kok bisa usianya udah 40an masih berasa 20 gitu sih. Terus yang keluarganya semua seakan-akan berubah, duuh lah kan penasaran itu sebenarnya gimana.

    ReplyDelete
  20. Tapi ga lupa sama saya kan?
    Hayo... Dimana kita pernah ketemu? Masih ingat ga tuh?

    Saya jadi punya pikiran si mas jadi orang jahat ya? Tapi kalau di keluarga tampil jadi orang baik dan sederhana...

    ReplyDelete
  21. Jangan sampai istri buka review ini, nanti bisa ngedrakor terus dia hahahahahaha. Apalagi di tulisan ini review dikemas menarik, pokoknya bahaya sudah

    ReplyDelete
  22. What..jadi ternyata umurnya dah 40-an bukan 20-an..terus mengapa ada memori yang dimanipulasi ya..dududu, thriller begini bikin kepo-kepo ngeri
    Jadi itu yang asli si adik saja atau semua keluarganya palsu adanya? Waahhhh
    Dari judulnya aja dah bikin penasaran: forgotten...

    ReplyDelete
  23. Tegang juga membaca review-nya. Pengen didongengin dong keseluruhan filmnya hihi.
    Cerdas ya pembuat naskahnya ..... membingungkan.

    ReplyDelete
  24. hehe mungkin benar sekali bahwa wanita itu ingatnya ya masalah dapur, masalh hutang, masalah belanja bulanan..

    ReplyDelete
  25. Penasaran sama filmnya setelah membaca ulasannya Teh.
    Apalagi ada horornya begitu suka tertarik dan kepo akunya.
    kepoin ah nanti drakornya.

    ReplyDelete
  26. Wah waaah...aku penasaran sekaliii.. ada apa dg tokoh utama ini? Siapa yg jahat sebenatlrnya, org2, keluarganya..atau dia sendiri?? Aaah..

    ReplyDelete
  27. Bisa jadi film rekimended nih aku suka alur yang gini nih pun jangan ikut larut hahaha...

    ReplyDelete
  28. Niat yang baik harus sejalan dengan prilaku agar tidak jadi masalah dikemudian hari.

    ReplyDelete
  29. Yg paling sering aku lupa tuh harga barang-barang yg baru aja dibeli kalo pulang dari tukang sayur hahaha

    ReplyDelete
  30. Ini sempet jd movielist, krn katanya plot twist nya parah bgt. Tp lupa gara2 kebanyakan drakor wkwk. Eh skrng diingetin lagi. Abis 18 again mw nonton ini ah

    ReplyDelete
  31. mengungkap kebenaran melalui hipnotis?

    kenapa kok pejabat2 yang terindikasi korupsi gak dipertemukan dengan uya kuya saja? biar dihipnotis
    kan masalah beres

    ReplyDelete
  32. alur ceritanya bagus, pemainnya gak kalah bagus juga mba, pengen nonton banget nih Forgotten

    ReplyDelete
  33. Wadawwww aku baru baca reviewmu aja udah merinding Uni, ya ampun medeni juga ya ingatan yang dimanipulasi. Usianya dan wajahnya itu sukses banget bagian makeup bikin dia tampak tua

    ReplyDelete
  34. Kisah yang diangkat di film ini daku suka, karena kita jadi tahu bahwa banyak juga ragam gangguan/penyakit sehingga nggak hanya jadi hiburan aja, tapi juga bisa lebih peduli dengan kesehatan

    ReplyDelete
  35. Wah amnesia disosiatif. Ngeri sekali. Apakah ini sama dengan amnesia parsial yang ada di drakor BBF? Biasanya dipicu oleh kenangan yang sangat menyakitkan.

    ReplyDelete
  36. Bisa kapan kapan ajakin istri nonton Forgotten (2017) ini, ya walau alur cerita nya kayak menegangkan banget. Karena film ini ingin mengungkapkan misteri yang bikin penonton menerka nerka di setiap adegan nya.

    ReplyDelete
  37. Kalau baca jalan ceritanya, menarik! Jadi pingin nonton juga. Jangan-jangan aku yang bukan penikmat Drakor jadi ketagihan nge-drakor setelah nonton film ini, haha

    ReplyDelete
  38. Aku baca reviewnya aja sampe deg-degan. Apalagi nonton filmnya. Kayaknya seru nih...Apa sedia bantal aja ya buat nutupin muka kalo serem. Kepo sih, jadi sebenernya kejadiannya lintas waktu ato gimana?

    ReplyDelete
  39. Seru nih kayaknya filmnya Lend... Ada pensil cethek-cethek iku opo maleh kepo aku Lend..haha..

    ReplyDelete
  40. Saya suka nonton film yang seperti ini.
    Jadi penasaran dehhh pengin nonton juga...

    ReplyDelete
  41. drama korea banyak juga ya yang bisa dipetik hikmahnya, gak sekedar tayangan drama yang menghibur. cuma kalau nonton berepisode panjang agak jenuh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong mbak, banyak yg asik ceritanya ..
      drakor rata rata cuma 16 episode kok mbak

      Delete
  42. Kisah-kisa yang berlatar amnesia itu banyak ya. Dan rata-rata emang sukses mengaduk-aduk emosi.

    ReplyDelete
  43. Spertinya bakal menguras emosi nih filmnya, endingnya gak ketebak ya, jadi penasaran pengin nonton juga.

    ReplyDelete
  44. Terima kasih atas review-nya..
    Bikin nagih untuk tahu kelanjutannya. Makin penasaran, sebenarnya, apa yang terjadi ya..?

    ReplyDelete
  45. Twist filmnya kak, buat orang tetap nonton dan sengaja nungguin. Ah memang salah satu daya tarik drama Korea gitu ya, seolah olah kita yang ngalamin.

    ReplyDelete
  46. Makna filmnya bagus apalagi cerita tentang keluarga dan memang serba penuh kejutan di sinopsisnya apalagi nonton secara keseluruhan ya mbak.

    ReplyDelete
  47. Kalo baca dari hikmah yang bisa dipetik dari film ini kayaknya film ini rekomen nih, tar coba nonton deh.. Makasih mbak aku jadi tau soal film ini nih hehe..

    ReplyDelete
  48. Belum nonton film ini. Jadi kepengen nonton. Yang alurnya bikin penasaran begini demen saya. Hahaha.

    ReplyDelete
  49. PENASARAN MBAK LENDY...ASLI PENASARAN...apalagi yg main mas2 di scarlet itu wash tapi Ku blm punya waktu Krn digeleyotin bocah...paling nanti pas PD tidur..sumpah penasaran itu knp tua gitu

    ReplyDelete
  50. duh, mbak aku jadi penasaran nih sama film ini. semoga nanti bisa ketonton.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email