Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk, Kenalan 11 Donat yang Sehat dan Rendah Gula

Bismillah

Yuk, Kenalan 11 Donat yang Sehat dan Rendah Gula - hola sahabat lendyagasshi.

Siapa yang tidak suka dengan makanan bulat manis dan bolong di tengahnya? Yup, donat. 
Makanan yang manis dan enak. Namun, bisa juga cakey atau light, frosted atau glazed dan diisi di tengahnya. 

Ternyata, donat ini bisa menjadi alternatif bagus untuk menjadi camilan sehat saat sarapan pagi. Namun, jangan lupa bahwa donat yang dijual di toko-toko biasanya mengandung banyak gula. Maka dari itu, untuk membantu sahabat lendyagasshi membuat donat yang lebih sehat untuk dinikmati (tanpa mengandung gula), maka bisa banget loo...makan donat setiap hari dalam seminggu, tanpa khawatir gula. Yuk, berkenalan dengan donat rendah gula ini.

Donat sehat rendah gula

Ide 11 donat sehat dan rendah gula

Donat Roti Pisang Kelapa dan Coklat

Donat sehat rendah gula
Donat roti pisang kelapa Membuatnya sangat mudah loh, sahabat. Caranya, pisang ditumbuk, tepung kelapa, dan tepung kacang almond merupakan bahan dasar yang sangat sehat untuk sarapan donat kaya serat ini. Cokelat hitam dan madu sebagai pemanis, sedangkan ekstrak vanila menambah rasa ekstra.


Donat Labu Panggang Dengan Coconut Maple Glaze

Donat sehat rendah gula

Untuk membuat donat labu panggang, sahabat lendyagasshi juga bisa menggunakan jenis labu apapun. Masukkan pecan dan kayu manis kemudian bahan tersebut dipanggang, lalu dilapisi dengan campuran minyak kelapa dan ekstrak maple. Terakhir, dicelupkan ke dalam selai kacang pecan. 


Donat Protein Sari Apel Panggang

Donat sehat rendah gula

Bubuk protein vanilla akan membantu sahabat lendyagasshi tetap berenergi sampai makan siang. Sementara rempah-rempah dan cuka sari apel memberikan sentuhan rasa yang khas.


Donat Pisang Bebas Gluten

Donat sehat rendah gula

Yang sudah kita ketahui, buah pisang bisa dicampurkan ke dalam donat sebagai bahan campuran sekaligus rasa donat dan tepung bebas gluten adalah bahan penting dalam membuat kue dari camilan manis ini. Kemudian diberi sentuhan minyak zaitun dan bubuk bit, makin yummii~


Donat Paleo Dengan Glasir Kayu Manis Mete

Donat sehat rendah gula

Tidak ada biji-bijian atau susu dalam resep pembuatan donat ini, namun tetap mengandung tepung almond dan minyak kelapa yang dipadukan dengan cuka sari apel untuk menghasilkan donat berbahan dasar kacang yang lebih sehat dengan taburan selai mete. Terlihat menarik, bukan?


Donat Selai Kacang Coklat Hitam

Donat sehat rendah gula

Bahan yang digunakan untuk membuat donat ini adalah minyak kelapa dan minyak agave, Sehingga rasanya sedikit kurang manis, namun tidak mengurangi rasa lezatnya. Dan yang paling asik, makan donat selai kacang cokelat hitam di pagi hari untuk sarapan ditemani secangkir teh atau kopi hangat.


Donat Banana-Chocolate Chip

Donat sehat rendah gula

Adonan donat kali ini terbuat dari pisang tumbuk, yogurt Yunani, dan tepung terigu ditaburi keping cokelat hitam dalam resep pembuatan donat yang terkenal mudah. Gulingkan adonan yang baru dipanggang dengan campuran gula tebu mentah dan kayu manis untuk mendapatkan lapisan renyah nan manis yang istimewa.


Donat Gulungan Kayu Manis Yogurt Yunani

Donat sehat rendah gula

Perlu juga doonk yaa...memanjakan keinginan keluarga dengan donat gulung kayu manis ini. Yoghurt Yunani super food favorit semua orang akan membantu mencapai tekstur dan rasa lezatnya yoghurt tanpa lemak tambahan. Jadi, makan donat, tanpa khawatir nambah berat badan.


Donat Kue Labu Cokelat

Donat sehat rendah gula

Gandakan cokelat, gandakan juga kesenangannya. Donat berbahan dasar labu dan kakao bergabung dalam adonan kue donat yang lezat ini. Kemudian diberi lapisan coklat hitam yang kaya akan manfaat nutrisi bagi tubuh.


Donat Mentega Apel Gandum Utuh

Donat sehat rendah gula

Jika makan donat gandum utuh ini, maka sebagian besar rasa manisnya berasal dari saus apel dan selai apel yang ada di topping donat mentega apel gandum utuh ini, sehingga donat rasa ini menjadikannya alternatif semi-sehat untuk donat berlapis. Sahabat lendyagasshi juga bisa menggunakan lapisan gula maple madu sebagai aplikasi topping setelah dipanggang yang memberikan donat ini memiliki rasa yang ekstra lezat.


Donat Ubi Jalar Panggang

Donat sehat rendah gula

Untuk membuat donat ini adalah dengan mencapmpurkannya dengan pure ubi jalar buatan sendiri. Ini akan membuat donat ubi jalar panggang ini lebih sehat. Toppingnya bisa ditambahkan kayu manis atau jahe. Rasa nikmat dan lezat akan mewarnai sepanjang perjalanan memakan donat sehat rendah gula.


Hayoo...
Sahabat lendyagasshi suka donat yang mana?

Dari ke sebelas donat di atas, mana yang membuat sahabat lendyagasshi ingin membuat sajian menu camilan donat untuk keluarga?
Resep donat ini sangat cocok loo... untuk sahabat yang sedang diet gula. Coba shared di kolom komentar ya, jika sahabat lendyagasshi memiliki resep donat sehat atau mungkin sudah mencoba membuat salah satu donat di artikel ini?

잘 먹겠습니다~
Jal meoggesseumnida 

With love,


30 comments for "Yuk, Kenalan 11 Donat yang Sehat dan Rendah Gula"

  1. Tak ada donat yang tak kusuka. Hahaha. Mau dari bahan apa aja kayaknya doyan, sih. Bahkan donat labu yang belum pernah di coba aja bakalan suka deeeh. Btw kalau beli tepung almond itu biasanya di mana, ya? Aku nyari di toko bahan-bahan kue gitu tapi mereka nggak jual. Laah, malah nanyain tepungnya 😅

    ReplyDelete
  2. OMG! Foto2 donatnya menggiurkan bangettt.
    Langsung jadi ngiler oengem cobain semua. Apalagi saya selama ini makannya ya donat rasa itu2 aja...

    ReplyDelete
  3. Walaupun lebih sehat tapi secara tampilan dan rasa gak kalah sama donat toko biasa ya. Boleh Juga dicoba kapan-kapan

    ReplyDelete
  4. Wow, bahan-bahan utamanya serba alami ya. Makan donat bukan alasan untuk tidak makan sehat ya..

    ReplyDelete
  5. Wah iya yah, pisang bisa dicampurkan ke dalam adonan donat. Enaknya itu ya .... saya belum pernah cobain, Mbak Len. Daan rupanya banyak juga ide donat rendah gula ....

    ReplyDelete
  6. MasyAllah Teteh meni menggoda. Aku baru tahu ternyata donat itu banyak jenisnya dan kandungannya ya 😂. Donat ini makanan kesukaan Erysha. Dia itu sukaaaaa banget ama donat. Biasanya ayahnya yang suka bikin cemilan donat buat dia dan aku. Tapi donat biasa, cuma gulanya aja yang ga dikasih banyak. Kok jadi pengen minta suami nyobain bikin donat kayak di atas ya. Bahan-bahannya beda-beda ya sampai ada pisangnya juga. Jadi penasaran. Klo aku nggak jago bikin-bikin soalnya Teh dan kurang seneng masak juga *plakkk

    ReplyDelete
  7. Duh, banyak juga ternyata ya macam donut yang rendah gula. Aku sampe bingung kepengen yang mana. Aku selama ini tahunya ya donat biasa aja. Dan sekarang, aku kepengen donaaaat :D

    ReplyDelete
  8. Kereeen banget nih.. mba Lendybudah pernah cobain buat semuanjenis donut ini? Kereeen

    ReplyDelete
  9. Waah ini sebuah pengetahuan baru bagi aku mengenai donat-donat ini. Suka banget donat tapi lagi mengurangi kalori gini jadi harus berpikir alternatif lain. Makasih informasinya ya mba Lendy.

    ReplyDelete
  10. Aku yang pernah diajak bikin ma emakku tu donat ubi hehe. Baru tahu kalau pisang dan yoghurt pun ternyata bisa untuk bahan campuran do-nya bahan donat yaaa
    Woh jdnya emang lbh rendah gula ya dibanding yang bahannya tepung biasa :D
    Duh jadi kepengen deh makan donat hari ini, cuma ku tak bisa bikin sendiri haha

    ReplyDelete
  11. Kalau lihat foto-fotonya kayaknya enak semua, tapi bahan bikinnya kayaknya memang nggak biasa, duh jadi pengen icip donat sehat ini

    ReplyDelete
  12. Duhhh... bahayaaaa. Pingin. Belom pernah makan yg pakai tepung almon. Secara pasti mehong ya? Almonnya aja kan mahal. Aku suka donat pake kentang. Kebetulan ada keponakan yg bisa bikin dan enakkkk

    ReplyDelete
  13. Aku terlalu sering lihat donat penuh dengan gula, eh ternyata banyak yang rendah ya. Jadi ngiler dan coba juga. Donat ubi lumayan sering nemu tuh

    ReplyDelete
  14. Aduhhh gustiiii, melihat aneka donat ini kok menggoda sekali. walaupun buat diet tapi kok bentuknya menggoda sekali apalagi lelehan aneka topping. mantap banget!

    ReplyDelete
  15. Duh duh kok donatnya menggiurkan apalagi rendah gluten dan gula jadi lebih sehat untuk dinikmati tanpa rasa bersalah yaa...

    ReplyDelete
  16. Jadi pengen makan donat hahaha. Eh, tapi sebenarnya aku kurang suka donat karena biasanya donat dan toppingnya tuh manis banget. Kalau rendah gula gini malah mungkin aku doyan ya. Apalagi liat bahannya pakai ubi dan labu, instead of tepung terigu. Jadi lebih sehat.

    ReplyDelete
  17. Nama donutnya unik-unik dan dari bahan yang tak biasa kita gunakan ya. Tapi rendah kalori itu loh siapa yg gak suka.

    ReplyDelete
  18. Wah, ada banyak pilihan ide donat rumahan yang sehat rendah gula. Boleh nih sekali2 nanti aku coba bikin untuk Mas Suami yang sedang diet gula.

    ReplyDelete
  19. Donatnya ini enak banget aku suka...apalagi topingnya bervariasi kayak gini tuh jadi gimana gitu ya mau nyemil pasti ketagihan

    ReplyDelete
  20. Ya Allah ini menggoda iman semua, dan sukses membuat saya bingung bin pusying pilih yang mana.
    Eh, tapi ini kan bisa dikonsumsi oleh sipemburu badan langsing kayak saya?
    Bahannya alami dan minim gula, baiklah saya catat dulu deh sekalian cari resep lengkapnya.

    ReplyDelete
  21. Siapa sih yang gak tertarik sama donat ya Teh Lendy. Saya sendiri ga pernah bisa menolak yang namanya donat, pokoknya donat apa aja asal enak masuk perut😂

    Dari sekian banyak donat, kayaknya donat rendah gula yang terkakhir itu gampang banget dibikin ya. Nanti coba saya praktekin di rumah kalau nggak mager.

    ReplyDelete
  22. Donat ini emang santapan yang menggoda Uni. Selain bentuknya yang menggemaskan, taburannya toping beda-beda. Kemarin beli sekardus isi 6, tapi makan satu aja udah kenyang wkkwwk

    ReplyDelete
  23. Wah ternyata banyak sekali bahan yang bisa dipakai bahan donat. Apalagi yang rendah atau tanpa gula sehingga kita tetap bisa menikmati donat tanpa ragu dengan efeknya pada kesehatan tubuh.

    ReplyDelete
  24. Personally, aku suka banget sama donat bebas gluten karena cocok buat yang lagi diet dan kalori defisit. Tetep bisa makan enak tapi nggak pelit-pelit amat masalah ngemilnya kalo yang dicemilin donat ini :)))

    ReplyDelete
  25. Pengen nyobain donat dari labu, pasti rasanya soft dan lumayan creamy ya mbak, ditambah dengan topping yang agak manis dan asin sedikit gitu, pasti jadinya makin wah deh.

    ReplyDelete
  26. Bukan cuma sehat ya mbak, tampilannya juga lucu-lucu, toppingnya juga kita bisa kreasikan lagi asalkan sehat, cocok juga untuk konsumsi seluruh anggota keluarga.

    ReplyDelete
  27. Kayaknya bahan donat yang familiar buat saya dan mudah diperoleh donat ubi jalar. Yang lainnya perlu effort lebih utk mengakses bahan2nya ��

    ReplyDelete
  28. Mantap banget Mbaa Lendy ada 11 referensi. Aku pengen dikasih link beli dmn sekalian boleh bgt Mbaa, wkwk ga sempet bebikinan. Tp ni aku bintangin klo nanti ada waktu pingin bikin donat sehat :D

    ReplyDelete
  29. Temanku yang harus diet gluten paling cocok ya praktik yang donat dari labu tuh. Bisa untuk ngobatin kangennya makan donat.

    ReplyDelete
  30. Agghhhhhhh aku yg ga terlalu suka donat, ngeliat ini jadi kepengiiiiiin mba :D. Alasanku ga doyan donat Krn manisnya itu sih. Blm lagi kandungan tepung :p.

    Tapi kalo dimodif dengan memakai bahan2 yg LBH sehat dan ga terlalu manis pula , rasanya aku bisa sih jd suka :D. Bingung mau nyobain donat yg mana dr 11 pilihan :p

    ReplyDelete

Berlangganan via Email