Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ide Nama Bayi Laki-Laki

Bismillah,


Ide Nama Bayi Laki-Laki : Persiapan Ibu Hamil



Senang sekali pasti yaa...saat mengetahui akan menjadi Ibu ketika setelah menikah. Pasangan suami - istri tentu menantikan moment yang paling dinantikan setelah menikah, yakni memasuki fase hamil dan menjadi Ibu.

Sama banget seperti aku dulu.
Gak perlu menunggu lama, alhamdulillah, amanah memiliki anak aku dapatkan ketika 3 bulan setelah menikah. Dan saat mengetahui bahwa sedang hamil, maka hal pertama yang aku lakukan tentu, mempersiapkan lahir dan batin.


Persiapan Kelahiran yang Dilakukan Sebagai Ibu 

  Persiapan Fisik  


Makan makanan yang bergizi
Sejak mengetahui kalau sedang hamil, pasti yang dipersiapkan adalah asupan gizi. Karena suka diberitahu Ibu dan mamah mertua kalau jangan makan makanan mentah (aku paling doyan sushi) dan jangan makan makanan yang bikin perut panas (sambal yang pedas sekali atau jenis buah-buahan yang membuat panas perut, seperti nanas dan durian).

Lalu dibekali beberapa suplemen vitamin untuk Ibu hamil, seperti suplemen zat besi (penambah darah), penguat kandungan juga vitamin. Dan tidak terlalu sering konsumsi gorengan. Heuheuu..sedih banget pas bagian ini. Karena mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat ini gak mudah yaa...


Senam atau olahraga saat hamil
Selain mempersiapkan nutrisi, disarankan Ibu hamil juga melakukan aktivitas yang banyak gerak. Rutin berolahraga ringan, amat disarankan. Agar semua otot bekerja dan tidak kaku. Sebab saat melahirkan, otot-otot ini yang diperlukan untuk mengeluarkan sang buah hati tercinta.

Biasanya olahraga yang dipilih saat hamil seperti jalan ringan, yoga hamil dan berenang.


Belanja perlengkapan bayi
Yuhuuu...ini yang paling excited siih... Kalau persiapan melahirkan anak pertama yang ribet adalah semua peralatan bayi belum punya. Dan gak paham juga kalau beberapa pasti dikasih kado sama teman atau saudara, jadi gak perlu beli dulu.

Saking happynya sedang hamil kan yaa...segala rekomendasi jadi dibeli. Tentu mencicil belinya, gak sekaligus semua. Dan di Bandung ada toko bayi-bayi yang super lengkap. Jadi kalau pas lagi gak ada kerjaan, aku suka iseng jalan sendiri ke toko bayi tersebut. Sekedar mendaftar, list perlengkapan bayi mana yang belum dimiliki.


Cek ke Dokter kandungan secara rutin
Aku pribadi kalau sedang hamil senang sekali cek ke dokter yang cerewet. Harapannya, aku sebagai Ibu muda bisa mendapat banyak insight dari dokter kandungan mengenai riwayat kehamilanku ini. Kalau dokternya cenderung pendiam dan pelit kasih saran, aku biasanya langsung udahan. Gak mau konsul ke dokter kandungan itu lagi. Hihiii~

Iya kaan...
Uda bayar mahal-mahal, harus banget doonk...dapet nasehat macem-macem dari dokter.


Melakukan USG secara rutin
Ini bagian ter-excited berikutnya. Kalau sudah menginjak usia 4 bulan kehamilan, biasanya sang Ibu mulai bisa dapat infomrasi mengenai jenis kelamin bayi niih... Karena sekarang zaman sudah canggih, jadi gak ada lagi yang namanya gak kelihatan jelas. Kan sudah ada USG 4 dimensi yang keakuratannya terjamin.

Selain jenis kelamin, USG 4D ini bisa mengetahui hal-hal yang lebih mendetail lagi yakni kesehatan organ dalam sang bayi, seperti jantung, paru-paru dan lain-lain, juga bisa mengetahui bila sang bayi ada masalah sejak dini.

Ketika sudah tahu, harapannya bisa dilakukan treatment yang tepat oleh dokter untuk menjaga kehamilan dan proses persalinan agar terlaksana dengan baik. Dan nyawa ibu juga sang bayi bisa sehat selamat, sehat tanpa kurang suatu apapun.


Istirahat yang cukup
Dengan asupan makan yang benar dan cukup nutrisi, Ibu hamil juga harus istirahat yang cukup. Tidak begadang dan hindari stres dengan masalah-masalah di luar kendali kita. 


  Persiapan Mental  


Membaca
Zaman aku hamil pertama 10 tahun yang lalu, aku banyak mencari informasi mengenai kehamilan, melahirkan hingga membeli buku mengenai mengASIhi agar bisa melewati proses ini dengan nyaman.

Menurutku, semakin banyak ilmu yang benar mengenai hal-hal seputar dunia kehamilan, akan semakin membuatku nyaman. Dan jangan lupa, terus memperbanyak membaca buku mengenai tauhid. Eh untuk apa?

Karena setelah melahirkan, aku merasa tanggung jawabku yang pertama adalah menanamkan tauhid kepada anak. Sehingga membacakan Al-Qur'an dan hadits serta buku agama sangat penting, bekal ilmu mendidik anak kelak.


Selalu melakukan afirmasi positif
Aku gak paham kalau dengan memikirkan apa-apa yang baik dan tidak terlalu percaya mitos itu adalah sebuah afirmasi. Jadi bener banget, kalau sedang hamil, jauhin deh...segala hal yang bikin worry.

Misalnya, sering liat sosmed, bikin hati gak tenang. Ya, solusinya adalah jangan terlalu berlama-lama melihat sosmed. Sesekali, boleh... Dan afirmasi positif ini bisa menjadi doa juga loo..

Jadi jangan salah, semakin banyak berdzikir dan mengucapkan kalimat-kalimat yang dicintai Allah ini sungguh bisa menenangkan hati Ibu hamil yang moodnya sering up and down.


Mempersiapkan nama bayi
Ya, setelah di USG dan terlihat jenis kelamin sang buah hati, harus banget orangtua mempersiapkan nama anak dengan sebaik-baiknya. Baik dari segi arti juga pengucapan. Karena memberi nama yang baik adalah tugas orangtua untuk mempersiapkan generasi sholih/sholiha.

Berikut ini list ide nama bayi laki-laki dari berbagai macam agama di Indonesia :


  Nama Bayi Laki-Laki (Islam)  

Abdar Baharuddin Dzakir
Abdar artinya bulan purnama
Baharuddin artinya sinar agama
Dzakir artinya memiliki daya ingat yang kuat

Bayi laki-laki yang menggunakan nama ini diharapkan kelak akan menjadi seorang laki-laki dengan wajah bercahaya seperti bulan purnama dan menjadi pendakwah agama yang menyinari umat manusia serta memiliki daya ingat yang kuat.


Dzaki Fauzan Hadiyan
Dzaki artinya cerdas, pandai
Fauzan artinya kejayaan
Hadiyan artinya pemimpin

Semoga dengan disematkannya nama ini kepada sang anak, kelak ia akan tumbuh menjadi seseorang yang memiliki kecerdasan dan kepandaian, selalu berjaya serta menjadi seorang pemimpin yang dicintai oleh banyak orang.




Andre Bernardus Dionisius
Andre artinya pemberani
Bernardus artinya kuat
Dionisius artinya pria yang sehat dan kreatif

Nama yang memiliki arti secara keseluaruhan bahwa sang anak kelak akan tumbuh menjadi seseorang yang pemberani dalam membela kebenaran, kuat, sehat dan kreatif.


Alfred Caesar Bonaventura
Alfred artinya seorang penasihat yang bijaksana
Caesar artinya pria berambut panjang
Bonaventura artinya tidak mudah menyerah

Secara lengkapnya, bayi laki-laki yang menggunakan nama ini diharapkan kelak akan menjadi seorang penasihat yang sangat bijaksana, berambut panjang, dan ulet tidak mudah menyerah.



  Nama Bayi Laki-Laki Hindu  

Abheek Barata Candrakumara
Abheek artinya pemberani
Barata artinya pria terbaik
Candrakumara artinya putra rembulan

Nama ini bisa menjadi doa semoga sang anak kelak tumbuh menjadi seseorang yang pemberani, sosok pria terbaik, dan wajahnya cerah seperti putra rembulan.


Dhamendra Ekata Kripala
Dharmendra artinya yang paling benar
Ekata artinya anak sulung
Kripala artinya lembut perasaannya

Nama ini bisa menjadi doa, semoga sang anak kelak tumbuh menjadi anak sulung yang lembut perasaannya dan selalu berada di jalan kebenaran.



  Nama Bayi Laki-Laki Budha  

Dhavala Jayana Gotama
Dhavala artinya putih, bersih
Jayana artinya kemenangan
Gotama artinya nama suku sang Budha

Bayi laki-laki yang menggunakan nama ini diharapkan kelak akan menjadi seorang laki-laki putih dan bersih, selalu mendapatkan kemenangan, dan bisa mengikuti jejak Sang Budha.


Gopaka Jeta Bahula
Gopaka artinya pelindung
Jeta adalah sebuah nama pangeran yang tanahnya dibeli untuk dijadikan vihara
Bahula artinya aman, bebas dari rasa takut

Nama bayi laki-laki Budha ini cukup keren sehingga cocok untuk disematkan pada putra anda yang baru lahir.



  Nama Bayi Laki-Laki Konghucu  

Haocun Quon Shen
Haocun artinya agung
Quon artinya laki-laki yang cerdas
Shen artinya berbakti dan taat pada agamanya

Semoga dengan disematkannya nama ini sang anak kelak akan tumbuh menjadi seseorang yang agung, cerdas dan taat dalam beragama.


Shaoseng Yelu Zhuting 
Shaoseng artinya kebijaksanaan, kemakmuran
Yelu artinya seorang pewaris keluarga yang makmur
Zhuting artinya laki-laki yang memiliki posisi yang penting, bijaksana

Nama bayi laki-laki ini cukup unik sehingga cocok untuk disematkan pada putra anda yang baru lahir.


Ide Nama Bayi Laki-Laki


Yang perlu diperhatikan saat pemberian nama pada anak adalah

Memberikan nama yang terbaik dan memiliki arti yang baik
Tidak memberikan nama yang dibenci orang atau memiliki arti yang buruk
Bagi orang Islam, jangan memberi nama anak dengan nama khususon Allah (nama-nama asmaul husna)
Tidak memberi nama "ambigu"
Memberi nama yang memuliakan sang anak



Jadi bagaimana, moms and dads wanna be?
Sudah mempersiapkan sampai dimana nih...untuk menyambut kehadiran sang buah hati ke pelukan mom and dad?

Semoga sehat-sehat selalu dan lancar kehamilannya hingga melahirkan.


화이팅 
hwaiting!


With love,



30 comments for "Ide Nama Bayi Laki-Laki"

  1. MashaAllah nama-namanya semua bagus dan punya arti yang baik juga ya buat anak, infonya nama anak adalah doa ya teh, semoga semakin banyak orangtua yang memberikan nama kepada anaknya dengan nama nama yang baik ya.. ini sudah dapet referensi nama bayi laki-laki dari teh lendy nih

    ReplyDelete
  2. Jadi pengin hamidun ini, gimana cobaaaa wkwkwk
    Yap, NAMA ANAK itu penting banget sih
    Kadang ortu jaman now suka yg keren2 aja, tapi ga paham arti dan filosofinya

    ReplyDelete
  3. jadi ingat pengalaman mencari nama untuk anak semata wayangku, wah prosesnya cukup panjang mba, dimana suamiku mau nama ya simple sedangkan aku lagi tergila-gila sama nama-nama sansekerta gitu

    ReplyDelete
  4. Aku dulu sampe punya notes khusus nama anak yang aku baca atau temuin. Trus dibolak balik deh biar jadi satu rangkaian. Trus munta acc suami. Hihi seruuu klo bayangin dulu

    ReplyDelete
  5. saya tuh dari awal pengen punya nama anak yang nggak pasaran tapi nggak susah di sebut juga :) dari pacaran udah nemu beberapa nama anak perempuan yang unik, tapi kok nama lelaki susah bener ya hahahaa eh taunya di kasihnya anak perempuan, cocok deh

    ReplyDelete
  6. Nama adalah doa ya, dan ak selalu suka perpaduannya nama Islami dan Sansekerta

    ReplyDelete
  7. Aku termasuk yang suka nyari nama anak search di google mbak. Ahahaha. Cari ispirasi nama bagus beserta artinya. ❤️

    ReplyDelete
  8. Nama anak sebenarnya adalah doa dari kedua orangtuanya. Jadi semoga ortu sabar membimbing anak-anaknya juga selalu taqarrub ilallah agar dapat terkabul doa dari nama yang diberikan.

    ReplyDelete
  9. Selain memiliki hobby nonton drama korea dan mengulasnya, Mbak Lendy mahir membuat nama bayi laki-laki juga ya. Aku sejak masih belum menikah yu, suka banget loh, acara bikin nama. Pernah punya dua nama yuang kubikin saat belum dekat dengan calon suami loh. Eh malah gak kepake.

    ReplyDelete
  10. Deretan nama-nama baby boy nya kereen semua Mbak, saya bisa galau pilih nama kalau lihat daftar nama-nama tersebut.

    Pernah 2 kali ngasih usulan nama baby boy utk keponakan, yang dipakai 1. Alhamdulillah, hepii banget bisa ikut ngasih nama keponakan

    ReplyDelete
  11. tentang nama anak, ada novel berjudul "Makna Sebuah Nama" karya penulis India (yg tinggal di Amerika) bernama Jumpa Lahiri. Aku sukaaa banget novel ini sampai baca berkali2. Tentang seorang anak yang tidak menyukai nama pemberian orangtuanya. Aku suka banget cara penggambaran tokoh, deskripsi situasi, dan juga alurnya yang seperti lempeng tapi nggak membosankan.

    Memberi nama anak memang unik ya. Sebagian mikir sampai pusyiiiing. Sebagian lain mudah saja, nggak pake ribet. Baru beberapa hari lalu lihat vlog Denny Sumargo yang baru tahu kalau nama denny di dia itu asalnya dari Deni si Manusia Ikan :)

    ReplyDelete
  12. Senangnya menyambut Baby lahiran ya, prepare nya itu loh apalagi anak pertama sampai2 yang heboh ngasi nama nggak calon ibu bakanya aja tapi juga kakek nenek kedua belah pihak sibuk pengen ngasi sumbangan nama.. Seru jadinya hehe

    ReplyDelete
  13. Aku taunya orang bernama caesar itu terinspirasi dari lahiran caesar ternyata ada artinya tersendiri ya. Sependek itu pengetahuanku soal nama bayi wkwkwk

    ReplyDelete
  14. Diantara nama-nama anak yang indah di atas, personally aku suka nama "Fauzan". Langsung terbayang anak yang tampan dan karakternya hangat. Karena aku belum punya anak, selama ini ngga pernah spesial nyari nama. Tapi jadi takjub sendiri karena ternyata kombinasinya bisa sebanyak itu :).

    ReplyDelete
  15. Nama anak itu ibaratnya doa dari orang tuanya ya. Oleh karenanya pilih nama yang mengandung arti baik. Seperti contoh di atas, meski dari agama apapun, semua ide nama bayi mengandung arti baik yang mengharapkan anaknya kelak seperti arti namanya.

    ReplyDelete
  16. Salah satu hak anak adalah mendapatkan nama indah dari orangtuanya. Dan saya dong termasuk ibu yang santai banget soal milih nama anak. Selalunya pas sudah di RS baru nyari nama. Terima kasih rekomendasi namanya mba

    ReplyDelete
  17. Dulu waktu hamil, semua persiapan di atas dilakukan, kecuali olahraga. Entahlah dari dulu dan sampai setua ini dan gak pengen hamil lagi, selalu berat kalau harus berolahraga, mager aja bawaannya hahaha. Anyway, setuju kalau memilih nama maka pilihlah yang bermakna baik meski ada pepatah yang mengatakan apalah arti sebuah nama, bagi aku nama itu selalu bermakna. Sekarang nama anak panjang2 ya, rata-rata 3 suku kata. Anak2ku juga demikian, namanya semua terdiri dari 3 suku kata.

    ReplyDelete
  18. Cari nama bayi emang seruu banget. Pas anak pertama 15 th lalu sampai koleksi buku-buku nama bayi. Adiknya lahir setahun kemudian jadi nggak usah beli buku lagi. Tinggal contek buku. Nah...anak ketiga ini udah jaman internet. Nggak perlu buku lagi tinggal comot internet. Sayangnya sampai si anak lahir si ayah bingung kasih nama. Pas mau pulang RS baru dikasih nama gara-gara mau dibikin akte sama RS trus ditanyain namanya siapa. Hihihi...

    ReplyDelete
  19. Nama2 yang baguus trus punya arti pula, bisa menjadi pilihan yang klik ya Len.
    Emang paling pusing dulu tuh memilih nama yang pas, hahhaaa ampe berdebat.
    eh, eh..ada tanda2 nih mau punya ponakan cowo euy, mo nambah lagi cowo yaaa.
    Aamiin...

    ReplyDelete
  20. Nama adalah doa untuk anak dan akan dibawa seumur hidup.. Pilihan namanya bagus² kak.. Terima kasih tipsnya ya. Buat pelajaran untuk para calon ibu

    ReplyDelete
  21. Salah satu yang dipersiapkan selain perlengkapan bayi adalah nama si kecil ya mbak. Saya dan suami juga mencari nama yang tepat dan menjadi doa keluarga.

    ReplyDelete
  22. Selain persiapan mental, momen menyenangkan nunggu di buah hati lahir adalah cari perlengkapan bayi dan nama bayi. Apalagi untuk anak pertama, excited banget rasanya

    ReplyDelete
  23. ingeet deh jaman baru mau punya anak dan juga pas anak kedua is soon coming, kita sibu cari dan cocokkan berbagai nama dengan artinya

    ReplyDelete
  24. Sebagai bumil, mengisi waktu dengan rajin membaca Al Qur'an adalah yang terbaik ya selain menambah wawasan soal kehamilan, menyusui dan cara merawat anak.

    Nama adalah doa, maka seharus kita memberi nama yang baik biat anak kita.

    ReplyDelete
  25. Keren keren banget mba saran-saran namanya :D, saya masih lama sih menuju kesitu hehe. Tapi semoga nama yang orang tua berikan untuk anaknya menjadi doa doa yang baik :)

    ReplyDelete
  26. Wah.. doain akupun hamil anak laki-laki mba. Aku pengennya dari huruf Q. Hehe

    ReplyDelete
  27. Bagus bagus namanya :) Aku pun lagi cari nih buat anak kedua yang ada unsur arti keberuntungan hihihi. Biar sama kaya kakaknya juga.

    ReplyDelete
  28. Kayaknya tanda tanda nih hahahah udah nyiapin nama. Heheheh Makasih Uni rekomendasinya 😍😍

    ReplyDelete
  29. suka dengan nama-namanya bagus banget, btw suka dengan nama Kripala-nya cakep banget. wah cari nama memang ga boleh sembarangan ya karena jadi doa

    ReplyDelete