Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kisah Putri Pyeonggang Goguryeo

Bismillah,

Putri Pyeonggang Jaman Goguryeo - Annyeong haseyo.
Hola sahabat lendyagasshi.


Aku menyambut hangat sekali dengan kehadiran project drama Kim So Hyun dan Ji Soo, uri sadboy sepanjang masa - begitulah ia dijuluki di kdramaland, dengan drama terbarunya yang berjudul River Where the Moon Rises (2021). Pasangan ini yang akan menghiasi malam hari Senin dan Selasa jam 19.30 KST di layar VIU sahabat lendyagasshi semua.

Sebelum kita bahas dramanya yang ada di next post, aku mau kasih sedikit info dulu mengenai ❝Siapakah Putri Pyeonggang?❞

Siapakah Putri Pyeonggang? - Kim So Hyun drama Korea River Where the Moon Rises


Kisah Putri Pyeonggang dari Goguryeo

Putri yang sejak kecil hidup dalam suasana Kerajaan Goguryeo yang dalam keadaan politik carut-marut karena pengaruh kekuasaan dari Dinasti Tiongkok yang turut mencampuri urusan politik, Putri Pyeonggang tumbuh dan berpikir juga bertindak layaknya seorang putri Raja. Putri Pyeonggang adalah anak pertama dari Raja Pyeongwon, Raja ke 25 dari zaman Goguryeo dan Ratu Yeon.

Sang Ibu adalah Ratu yang bijaksana dan cepat tanggap dalam bertindak. Seseorang yang sangat mencintai kedua putra-putrinya dan menjalin diplomasi yang baik dengan para Kepala Suku yang kala itu melindungi Goguryeo dari serangan mendadak dari musuh dan sebagai benteng pertahanan.

Karena suasana Kehidupan Kerajaan yang penuh ketidakpastian inilah, sang Putri pertama ini dilatih seni bela diri dan pedang oleh salah satu Suku terkuat yang melindungi Kerajaan.
Selain bekal bela diri, Putri Pyeonggang juga sangat jeli dalam memanah dan berkuda. Sehingga, ia menjadi salah satu kepercayaan sang Ibunda ketika bepergian.

Kisah Putri Pyeonggang dari Goguryeo


Bertemu dan Dijodohkan Oleh On-Dal

Dalam kisah aslinya, Putri Pyeonggang ini adalah gadis yang cengeng. Sehingga oleh sang Ayah mengancam akan menikahkannya dengan lelaki paling bodoh di negeri itu, On-Dal namanya. 

Sebenarnya, On-Dal ini bukan anak orang biasa, ia adalah anak Panglima Perang Suku Sunno. Ayahnya terkenal bijaksana dan hebat dalam berperang. Namun, anaknya belum bisa seperti Ayahnya sehingga semua orang menyebutnya, On-Dal's babo.

Selain disebut bodoh, On-Dal juga digambarkan memiliki fisik yang tidak sempurna. Wajahnya buruk rupa dan punggungnya bungkuk, namun hatinya seperti malaikat, baiknya luar biasa. Dan mungkin karena inilah Putri Pyeonggang jatuh cinta.

Hubungan mereka tentu tidak disetujui oleh sang Ayah dan keluarga kerajaan lainnya. Putri Pyeonggang dijodohkan dengan Pangeran yang rupawan, namun Putri Pyeonggang menolak dan sungguh-sungguh menikah dengan On-Dal.

Kisah Putri Pyeonggang dari Goguryeo dan On-Dal


Kehidupan Pernikahan Putri Pyeonggang

Cita-cita Putri Pyeonggang sejak kecil adalah ingin menjadi seperti Ayahnya, seorang penguasa Goguryeo. Tanpa disangka, ketika ia menikah dengan On-Dal, Putri Pyeonggang terpaksa harus meninggalkan Istana karena hubungan pernikahan seorang Putri dengan kasta yang lebih rendah, tentu menjadi kisah yang tidak biasa di sebuah kerajaan.

Akhirnya dengan cara lain, Putri Pyeonggang membuat On-Dal menjadi petarung yang hebat. On-Dal diajari memanah, berkuda dan bertarung menggunakan pedang. Hingga pada suatu hari ada pengumuman dari Istana kalau akan diadakan lomba berburu yang rutin diadakan setiap tahun di Gunung Nakrang. Acara ini dilakukan untuk memberikan persembahan bagi Dewa Gunung.

Dengan semangat, Putri Pyeonggang menguatkan suaminya untuk mengikuti acara tahunan tersebut dan akhirnya Raja dibuat terkagum-kagum akan seorang anak muda yang berhasil membunuh semua hewan buruan di Gunung Nakrang tersebut. Ketika Raja Pyeongwon bertanya, "Siapakah kamu, wahai anak muda?"

Dan sang anak muda itu memperkenalkan diri sebagai On-Dal, alangkah terkejutnya sang Raja bahwa On-Dal telah berubah menjadi pemuda yang gagah berani dan jauh dari image bodoh dan buruk rupanya dulu. Ketika tahu bahwa itu adalah menantunya, maka ketika terjadi peperangan di beberapa tempat, Yodong dan Baesan, bersama Raja, On-Dal dan para pasukan kerajaan, mereka bekerjasama menjatuhkan para pemberontak tersebut.

Dan karena kemampuan perang On-Dal yang bagus, maka On-Dal diangkat mejadi Panglima Perang Kerajaan.



Cinta Abadi Putri Pyeonggang

Cinta Abadi Putri Pyeonggang

Akhirnya, pergantian tahta pun terjadi. Goguryeo tidak lagi dipimpin oleh Raja Pyeongwon. Tahta digantikan oleh Raja Yangkang dan On-Dal mendapat mandat khusus untuk merebut sebuah wilayah dari kekuasaan Silla.

Dan janji On-Dal kepada Raja Yangkang bahwa ia tidak akan kembali sebelum tanah tersebut berhasil ditaklukkan. Maka dengan sekuat tenaga, On-Dal berperang, namun nahas. Saat peperangan inilah, On-Dal gugur. Namun, ada kejadian aneh. Mayat Panglima Perang On-Dal tidak bisa digerakkan dari tempat kejadian. Sehingga sang Putri Pyeonggang tersadar akan janji On-Dal sebelumnya dan berkata, ❝Hidup dan mati sudah direncakan sebelumnya. Jadi , beristirahatlah dengan tenang.

Dan hingga akhir hayatnya, dikabarkan Putri Pyeonggang dari Goguryeo ini setia dengan suaminya, On-Dal. Dan daerah kekuasaan Goguryeo itu kini menjadi wilayah bagian Korea Utara.



Nah, bagaimana sahabat lendyagasshi, menarik sekali ya...kisah dalam drama River Where The Moon Rises yang tayang perdana tanggal 15 Februari 2021 kemarin di VIU. Yuk, sama-sama kita ikuti kisah Putri Pyeonggang dari zaman Goguryeo ini. Bakalan sama dengan legenda yang kita kenal selama ini atau enggak?


즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.


With love,




65 comments for "Kisah Putri Pyeonggang Goguryeo"

  1. Wuihh bakal keren nih drakornyaa

    Moga2 Ji Soo happy ending yak d drakor ini.

    Ciyaann kalo liat doi sedih muluuu d drakor lain

    ReplyDelete
  2. aku akhir2 ini suka banget dengan tema kerajaan
    tapi yang semi2 modern gitu
    coba deh, mungkin review mbak lendy kali ini cocok juga
    sebelum nonton hehhe

    ReplyDelete
  3. akkk, mau nonton, ada Ji Soo, uri sad boy, semoga di sini happy ending yaa hahaaa biar nggak jadi sad boy terus

    ReplyDelete
  4. Sad ending?
    O tidakk 😀😀😀
    Harus happy ending seperti Mr. Queen supaya penonton happy

    ReplyDelete
  5. Aku belum nonton ini Uni, kangen sama akting mereka udah lama nggak nonton.
    Kisah kerajaan jaman dulu emang menarik ya.

    ReplyDelete
  6. Ini drakor wist list ku yang harus tak tonton kak soale jadi inget pangeran 14 di moon scarlett yang ngenes pisan. Semoga di drakor ini dia bisa lebih bahagia ya.

    ReplyDelete
  7. Manteb nih. Aku mau nonton mau nunggu sampai episode terakhir. Biar ketahuan happy atau bitter sweet ending, hehe

    ReplyDelete
  8. endingnya sedih hiks... tapi seneng juga baca cerita tentang kesetiaan gini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kisah bisa dipetik yaaa, apalagi tentang kesetiaan

      Delete
  9. Kok aku merinding ya baca sinopsisnya aja, belum nonton dramanya nih, kalau kisah kerajaan Goryeo suka seru deh

    ReplyDelete
  10. Kisah Putri Pyeonggang ini seru kayaknya mbak...kalau mengangkat seputar kerajaan seperti ada chemistry tersendiri ya...jadi pengen mengikuti jalan ceritanya....

    ReplyDelete
  11. Kisah zaman kerajaan memang menarik untuk diikuti, terima kasih infonya kak jadi kepengen nonton drama yang satu ini hehe

    ReplyDelete
  12. Belum nonton juga sih mbak. Xixixi.. Tapi in imenarik deh ceritanya. Nanti coba cek ricek di VIU ahh

    ReplyDelete
  13. Makin banyak siaran berbayar makin banyak pilihan tontonan kece ya kak, salah satunya VIU nih. jadi penasara ama drama korea yang satu ini. nonton akh ntar

    ReplyDelete
  14. Wah wah ini sering muncul di rekomendasi homeku. Asli nih abis dari Mr.Queen aku jd kayak ketagihan ngedrakor tema kerajaan padahal sebelumnya gak suka sageuk krn cepat bosan.

    Aku penasaran sama dramanya karena So Hyun berperan ganda.

    ReplyDelete
  15. wow jadi penasaran aku
    bisa ditonton di viu ya
    yawess aku tak instal viu
    pengen nontoooon, huhu

    ReplyDelete
  16. Tsakeeppp bgt ini yang main jadi Putri.
    Mukanya imuutt, tapi aksinya mayan badass yak
    Keren!

    ReplyDelete
  17. Sy masukin daftar list film ini ya kak.
    Stlh baca sinopsis nya, makin penasaran.. Hehehe

    ReplyDelete
  18. cantik banget ini yang jadi Putri Pyeonggang mba... Dari sinopsisnya sepertinya cukup menarik ini ditonton mba. Apalagi jadi penasaran dengan kenapa setelah meninggal, jasad On Dal gak bisa dipindahkan.. pasti ada alasannya ini

    ReplyDelete
  19. Salah satu drama yg aku nantikan. Ketiga pemeran utamanya aku suka.
    Baca ringkasan kisah hidup nyata On dal..kayanya akan sedih...duh Jisoo jangan jadi sad boy lagi dong

    ReplyDelete
  20. Wah, sudah lama saya tidak ketemu drakor masa Goryeo. Lama kangen pengen ketemu Bidam dkk.
    Sudah bosan dengan versi Joseon karena kurang meriah pakaiannya dan kurang kolosal. Hihihi.
    Kayaknya saya mau nonton ini dan donlot Viu aah.

    ReplyDelete
  21. Wah berarti endingnya bakal nyesek donk ini. Duh penasaran sebenarnya, tapi aku gak tega sama endingnya hehehehe

    ReplyDelete
  22. Itu putrinya lucuuuu dan imut ya mba. Jadi masa Goryeo itu penuh cerita dan legenda ya. Paling suka kalau settingnya jaman dahulu dengan segala ke-grandeur-an nya ya, walaupun aku belum nonton yang satu ini hehe

    ReplyDelete
  23. Siap.... weekend ini aku coba nonton, ah. Dari ulasan kakak, sepertinya film ini menarik.

    ReplyDelete
  24. setelah era joseon di mr queen berakhir sekarag di suguhkan era goguryeo di river when the moon rises hahaha berasa belajar sejaha korea, ini masuk list banget siih semoga jisoo mengakhiri diri jadi duta sad boy yaaaa

    ReplyDelete
  25. Settingnya di kerajaan pasti seru banget, apalagi ada latihan berkuda dan memanah

    Pernah dulu nonton series dari Korea jg tentang memanah dan berkuda, tapi lupa judulnya. Seru banget

    ReplyDelete
  26. Dapat lagi judul film yang jadi wishlist untuk ditonton, mantul sekali ini sihh

    ReplyDelete
  27. Susah2 amat yak nama orang2 Korea hahaha :) Btw guess what, mbak Lendy? Aku akhirnya kepincut drakor, namanya Penthouse hahaha...orang2 jahat banyak di sana :D Kalau tema kerajaan aku belum dulu deh. Serius sanget soalnya nih ceritanya :) TFS.

    ReplyDelete
  28. aduh teh racun drakor lagi huhhu, aku gak kelar-kelar nih nontonin drakor, masih ke pending trus sedih deh

    ReplyDelete
  29. Karena masih cuti ngedrama, aku belum milih drakor baru buat ditonton. Kalau kisah Pyeonggang dan Ondal, dulu pernah lihat di My Only Love Song. Itu versi lucu sih. Yang ini kayanya lebih drama karena ada perang-perangan. Apakah Jisoo akan jadi sad boy lagi?

    ReplyDelete
  30. Putri Pyeonggang cantik sekali ya, ini kisah seorang putri yang juga jadi ksatria, kan?
    Duh endingnya kayaknya sedih ya....

    ReplyDelete
  31. Seperti biasa Mbak Lendy detail banget ceritain drama atau film Korea. Duh, kagum aku tu. Julukannya ya uri sadboy, personal branding yang cukup unik. Legenda diangkat ke serial begini pasti bikin penasaran. Orang2 akan membandingkan apakah ada hal yang bertentangan atau tidak dengan seperti yang mereka dengar selama ini.

    ReplyDelete
  32. Tema kerjaan ini emang lumayan bagus, sih. aku juga suka banget, soalnya kaya beda aja heheheh

    ReplyDelete
  33. Sejelek2nya Ji soo keknya gak bakal bisa jelek wkwkwk #gakterimamodeon :D
    Eh Jisoo kan ya yang jd On dal? Ntr cek viu deh
    Wah ini tu ibaratnya istri yang bisa mengubah suami menjadi org yang lbh baik lagi ya kalau diasosiasikan dgn kehidupan nyata #eh :D

    ReplyDelete
  34. Semoga ada waktu nonton ini karena ada pangeran 14 hehe. Btw yang cwe ini pemain drakor sekolah biasanya tapi sekarang karakternya beda yes.

    ReplyDelete
  35. Saya kalau lihat serial dengan latar sejarah kayak gini suka banget. Suka mager sambil nyambung-nyambungin sejarah aslinya

    ReplyDelete
  36. Lama bangett nggak nonton film laga apalagi yang punya latar belakang sejarah, makasih Mbak reviewnya.

    ReplyDelete
  37. Setelah MR QUEEN nampaknya demam sageuk akan terus ada ya teh
    aku masih blm klik ama drama sageuk, tapi sebenarnya suka saat bahas sejarah nya

    ReplyDelete
  38. Setelah nonton Mr Queen dan 1000 days prince aku jadi keranjingan nonton kdrama era joseon gini hehhe. Ini termasuk ke dalam list aku.

    ReplyDelete
  39. Aku jadi inget putri huanzu 😅 jadul banget yaa. Suka banget.
    Dan ini kayaknya seru ya teh. Aku mau nongton di viu ya inii

    ReplyDelete
  40. Saya tuh suka deh kalau lihat sosok perempuan yang jago beladiri. Semacam petarung tangguh yang keren hehehe. Kayaknya seru nih jalan ceritanya

    ReplyDelete
  41. wah menarik kisahnya. Tapi akhirnya sedih ya....
    Hahaha... tipe penonton yang rewel ini, pengen akhir yang bahagia. Padahal di kehidupan nyata kan memang tak segalanya berakhir bahagia

    ReplyDelete
  42. Selain karena Sageuk, yang bikin kepengen nonton drama ini adalah KSH. Si cute ini suka deh. Selalu nonton drama2 dia. Gak sabar nunggu episodenya banyak dulu :D

    ReplyDelete
  43. Menarik banget kisahnya. Tapi gak rela kalau On-Dal harus meninggal. Huhuhu. Kasihan sang putri. Dia kan jatuh cinta sampai kapanpun.

    ReplyDelete
  44. Waah... Asyik banget nih nambah lagi referensi film korea hihi. Makasi ya mbak, aku masukin list lagi dan wajib nonton ini.

    ReplyDelete
  45. Duh kenapa sad ending yaa...KenapaOn dal nya harus tewas duluan hiks...kasian putri Pyeonggangnyah huhuhu...btw penasaran sm sosok Putri ini euy, tangguh pisan

    ReplyDelete
  46. Aku dua kali berturut-turut nonton drama Saeguk hehe apakah harus dilanjutkan dengan nonton inii?

    ReplyDelete
  47. Suka sama cerita cewek yang jago perang kek gini. Soalnya zaman dulu kala kyknya cewek tu anggun2 dan kerjaannya ngurusin rumah, tp si tokoh utama ini udah out of the box aja ya :D

    ReplyDelete
  48. suka deh sama drakor yang berdasarkan sejarah gini. sambil nonton berasa sambil belajar sejarah juga ya maaaak.. Hihi. Kim so hyun cantik banget pula yaaaa..

    ReplyDelete
  49. Tiap main ke blog teh LEndy pasti sellau nambah nih referensi drakor nya hehe, jadi banyak list nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyya bener, makin lama list wajib nonton makin numpuk wkwkwk kapan kelarnya ini :D

      Delete
  50. Ku jadikan tontonan nanti ah, seru ini ya sepertinya karena aku belum ngikutin. Tapi kalau sudah di review sama teh Lendy aku pasti tonton.

    ReplyDelete
  51. putrinya cantik dn bening bangeet ya teh. Suka lihatnya.. plus ahli seni bela diri pula lagi yaa

    ReplyDelete
  52. Dari serial Putri pyeonggang Kita bisa ambil banyak pelajaran ya.. bahwa cinta butuh perjuangan dn tidak membedakan sesorg brdasarkan kasta

    ReplyDelete
  53. Wah, kirain bakal rebel dan nggak mau dijodohin sama On Dal dong. Ternyata malah kepincut beneran ya Mak xD

    ReplyDelete
  54. Kenapa aku belum tertarik lihat serial kerajaan ya? Kecuali 10 tahunan lalu kali ya nonton serial Jang Geum. Drama Korea pertama yg kutonton dan sempat kecanduan juga pada masanya

    ReplyDelete
  55. aaakk pas kemarin liat ini di Viu tapi saya pilih nonton Voice in the Rain. Next deh kucoba tonton juga, sepertinya menarik

    ReplyDelete
  56. Astaga astaga astaga unnie Kim So Hyun favoritku, pesonanya makin keren aja wey 🥺 dia main di drama genre sejarah laga gini gimana ya, terakhir masih yang modern2 saja. Berkat postingan Teh Lendy aku jadi tahu, wajib masuk watch later ini

    ReplyDelete
  57. Drakor gendre kerajaan favorit aku nih. Cari ah di VIU gudangnya drakor tempat aku ntn drakor.

    ReplyDelete
  58. Menarik banget sinopsisnya. Bisa masuk watchlist dulu....

    ReplyDelete
  59. setau aku si pyeonggang ini di usir dluan dh sm raja sblm ktmu ondal.. krn dia gamau di jodohin sm pangeran lain.. dia maunya sm ondal krn dri kecil di rajanya suka nyebut2 ondal itu calon suaminya.. trs endingnya setau aku si ondalnya ga mati.. ktmu raja trs udh tu bedua ke istana lagi

    ReplyDelete
  60. Setelah tayang drama nya, ngikutin banget dan udah srek sama karakter Jisoo dan dukung banget.
    Cuman karna scandalnya Jisoo jadi Jisoo di ganti sama mas sepupu hhuhuhu
    Setelah nonton epsd 7, aku malah seneng Pyonggang sama Master Go. Biasa, sindrom pemeran kedua cowo akibat Jisoo di ganti.

    ReplyDelete
  61. Loh perasaan aku duah nulis panjang lebar tentang si On Dal di komen ini Len, kok hilang ya?

    Soalnya menyangkut sejarah, On Dal memang terlahir buruk rupa dan bungkuk pula badannya, selain itu dia kan anak yatim yang misqueen yaaa, jadi ya Raja itu bener, menakut nakuti putrinya!

    Tapi balik lagi ke si Raja yang lidahnya terkenal sakti (dulu mereka kan dikisahkan sakti sakti) kalimat si Raja ini jadi bumerang, dan putri Pyeonggang beneran nikah deh sama On Dal

    ReplyDelete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. Kisah on dal sama putri ini kaya nya udah ada juga drakor nya. Cuma versi nya campur moderen. Si putri seorang artis di korea, pas memerankan jadi putri dia naik mobil ajaib tau2 nyasar ke jaman kerajaan.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email