Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

River Where The Moon Rises (2021)

Bismillah,

River Where The Moon Rises : Dramatisasi Kisah Putri Pyeonggang.
Annyeong haseyo~


Hola sahabat lendyagasshi.
Senang sekali, kini hari-hariku setiap hari Senin dan Selasa jam 21.30 KST akan ditemani oleh Ji Soo dan Kim So Hyun dalam drama terbaru mereka yang berjudul River Where The Moon Rises yang tayang di VIU. Drama ini aku tunggu-tunggu banget, karena ada Ji Soo, tentunya.

Suka sama Ji Soo sejak dia masih jadi second lead di drama remaja yang berjudul Cheer Up! bareng Jung Eun-ji Apink sama Lee Won- Geun. Di sini, Ji Soo tulus banget... Dan gak lupa sama aktingnya di film One Way Trip (2015) bareng Ryu Jeon Yeol (Jung Hwan, pemeran Reply 1988).

Oke,
Bagi yang gak suka sageuk, di sini dramanya memang kental banget sageuknya. Gak kaya drama Mr. Queen kemarin yang nga-bodor, di drama River Where The Moon Rises, mirip Moon Lovers vibesnya. Suasana kerajaan yang kelam dengan rentetan politik yang mewarnainya.

Review dan Sinopsis Drama River Where The Moon Rises

Profil Drama 

Judul : River Where The Moon Rises
(The Moon Rising River/ Dalyi Ddeuneun Gang/ 달이 뜨는 강)

Penulis : Han Ji-Hoon (drama)
Choi Sagyu (novel)
Sutradara : Yun Sang-Ho

   Actors :     

Kim So-Hyun as Pyong Gang/ Yeom Ga-Jin 
Kim So Hyun as Queen Yeon
Ji Soo as On-Dal
Lee Ji-Hoon as Go Gun (guru seni bela diri pedang Putri Pyeonggang)
Choi Yu-Hwa as Hae Mo-Yong

Genre : Drama Action, Historical, Romance, Political

Network : KBS2
Release Date: February 15, 2021

Episode : 20 eps (35 minutes)


Sinopsis River Where The Moon Rises 

Goguryeo (561 M) - Masa Pemerintahan tahun ketiga Raja Pyeongwon, terjadi kekacauan di mana-mana. Semua wakil rakyat yang terdiri dari 5 suku besar pada saat itu protes dengan adanya monopoli garam. Garam bagi masyarakat Goguryeo saat itu adalah lini strategis untuk berkuasa (mungkin karena harganya yang mahal dan banyak yang membutuhkan).

Raja Pyeongwon : Review dan Sinopsis Drama River Where The Moon Rises

Pada zaman seperti ini, selalu ada yang "mengendalikan" Raja dalam mengambil keputusan. Dan masa Pemerintahan Raja Pyeongwon, Raja sangat dipengaruhi oleh Panglimanya yang bernama Go Won-Pyo dari Suku Gyeru.

Maka, untuk menghadapi kekacauan ini, sang Ratu (istri resmi Raja) yakni Ratu Yeon melakukan inspeksi rutin untuk mengetahui kondisi rakyat yang sebenarnya ke beberapa wilayah bersama putri sulungnya, Putri Pyeonggang.

Kim So Hyun sebagai Ratu Yeon Drama River Where The Moon Rises
Kim So Hyun sebagai Ratu Yeon, Ibu dari Putri Pyeonggang

Setelah kepergian Ratu Yeon

Ternyata Ratu Yeon difitnah oleh Panglima Go Won-Pyo, yang juga bekerjasama dengan selir Raja. Hiih...gemesh banget.

Mereka memfitnah bahwa Ratu selama ini memiliki hubungan khusus dengan Jenderal Wol-Gwang yang sudah resign dari jabatan tersebut sejak lama dan menjadi seorang biksu di Kuil Yibullansa hingga lahirlah Putri Pyeonggang.

Fitnah keji yang dilantunkan selir Raja ini berhasil memengaruhi sang Raja. Jadilah Raja Pyeongwon merasa tersulut emosi dan menggeledah kamar istrinya. Karena sudah dipersiapkan dengan baik, fitnah ini makin diperkeruh dengan diketemukannya sebuah surat dalam amplop berwarna merah yang kata-katanya kurang lebih "Temui aku di Kuil."

Hiiks~

Pas banget momentnya sama Ratu patroli kaan.. Patroli ini sekaligus mengunjungi ke beberapa suku yang tugasnya menjaga perbatasan, yakni Suku Jeollo dan suku Sunno. 

Selir Raja Pyeongwon : Review Drama River The Moon Rises

Raja yang kalut, dipengaruhi piktor alias pikiran kotor, berpikir bahwa istrinya pasti menemui cem-cemannya di Gunung tempat kuil itu berada, lalu menitahkan pasukannya untuk mencari informasi. Pas banget, informannya juga gak bener, jadilah semakin kisruh. Raja mencari sang Ratu plus membawa Panglima Perang. Ceritanya mau nge gap-in lagi selingkuh, gitu...

Tanpa ba-bi-bu, sang Raja langsung menyerang Kuil Yibullansa hingga terbakar sempurna dan habis, barulah ia menyadari satu hal, bahwa yang dicarinya selama ini tidak ada. Jenderal Wol-Gwang sedang dinas keluar kota, ceunah...

Tapi, Ratu sudah kadung diperintahkan untuk dibunuh oleh Raja. Dan yang menemukan lokasi Ratu saat itu tentu saja, si Jenderal yang jahat itu.. Jenderal Go Won-Pyo.

Review dan Sinopsis Drama River Where The Moon Rises

Diplomasi Ratu Yeon

Ratu Yeon sedang berdiplomasi dengan Suku Sunno yang dipimpin oleh Jenderal On-Hyeob (ayahanda On Dal, Pemimpin Tertinggi Suku Sunno) penjaga perbatasan utara Goguryeo. Jenderal On Hyeob yang diperankan oleh Kang Ha-Neul ini sangat bijaksana dan loyal dengan Keluarga Kerajaan. Maka ketika Ratu datang sendiri dan meminta bantuan untuk melindungi rakyat, Jenderal On Hyeob mematuhinya.

Namun, malang sungguh tak dapat ditolak...
Kalah cepat langkah Jenderal On Hyeob dan Ratu dalam berencana, suku Sunno sudah dalam kondisi dikepung oleh pasukan Royal Family yang dipimpin yang dipimpin oleh Jenderal Go Won-Pyo. Suku Sunno yang gak bersalah dituduh berkhianat karena melindungi Ratu.

Yang bagus banget tuh...saat dikepung begini, Jenderal On Hyeob berusaha sekuat tenaga melindungi Ratu dan Putri Pyeonggang. Namun, Ratu bersikukuh tidak ingin meninggalkan rakyatnya hanya untuk menyelamatkan diri. Maka dengan gagah berani, sang Ratu menghadapi Jenderal Go Won-Pyo.

Dramatis banget.

Kim So Hyun : Review dan Sinopsis Drama River Where The Moon Rises

Aksi Penyelamatan Putri Pyeonggang

Sementara Ratu Yeon bertarung antara hidup dan mati mempertahankan harga dirinya dan rakyatnya, Putri Pyeonggang dibimbing oleh On-Dal (anak dari Panglima On-Hyeob) melarikan diri ke Kuil Yibullansa.

Banyak yang terjadi ketika perjalanan ini berlangsung, termasuk jatuhnya On-Dal dari tebing yang menyebabkan Ratu Pyeonggang kudu melanjutkan perjalanan seorang diri setelahnya.

**lhooh...On-Dal kan tokoh utama cerita ini?
Kok jatuh dari tebing? Hehehe....nonton terus kelanjutan drama River Where The Moon Rises yaa..

Sesampainya di Kuil Yibullansa, alangkah terkejutnya Putri Pyeonggang, karena menemukan Ayahnya sudah ada di sana dengan kemarahan yang membuncah. Ekspresi kemarahan yang ditangkap dalam memori Putri Pyeonggang membuatnya shock dan ia diculik oleh seseorang.

Siapakah penculiknya?


***


Putri Pyeonggang Tumbuh di Lingkungan Musuh Goguryeo

Tahun berganti tahun, Putri Pyeonggang ternyata dibesarkan oleh orang-orang yang memusuhi kepemimpinan sang Ayahanda, Raja Pyeongwon. Ratu Pyeonggang berubah identitasnya menjadi seorang pendekar pedang yang lihai dalam menghabisi musuh.

Target musuh dari geng Cheonjubang (tempat Ratu Pyeonggang dibesarkan) ini adalah para pemimpin yang berdiri di Pemerintahan Raja Pyeongwon. Setiap malam, geng Cheonjubang merencanakan target mereka satu per-satu. Dan kemampuan Yeom Ga-Jin (identitas baru Putri Pyeonggang) sudah sekelas mastah. 

Kim So Hyun sebagai Yeom Ga Jin : Review dan Sinopsis Drama River Where The Moon Rises

Tapi seribu tapi, hidup Yeom Ga-Jin gak tenang, gengs...
Ia kerap bermimpi buruk. Lha gimana yaa...tukang eksekusi keluarga kerajaan, sering lihat darah dan bayangan akan identitas masa lalunya yang di hipnotis perlahan muncul satu persatu.


Bisakah Yeom Ga-Jin menemukan kembali jati dirinya bahwa ia seorang Putri Raja?
Akankah ambisinya untuk menguasai Goguryeo yang sejak kecil ia gaungkan bisa terwujud?


Kesan Pertama Nonton Drama River Where The Moon Rises 

Aku suka bangeett...
Selain ada Jisoo yang seperti melanjutkan kisahnya di Moon Lovers (penonton masih baper), di sini Ji Soo juga uda naik pangkat jadi first lead doonk... Meski drama sebelumnya juga udah, tapi always bikin hati penonton terpoteq.

Semoga drama River Where The Moon Rises bikin hati fans Ji Soo hangat...
**meski kayanya yang jadi adegan awal itu adalah akhir dari drama River Where The Moon Rises ini... ((SPOILER banget yaak??))



Fakta Drama River Where The Moon Rises 

Kim So Hyun di sini aktingnya sumpe sumpeeee...keren banget. Bukan lagi jadi anak SMA yang lemah dan miskin sehingga penonton merasa jatuh hati karena kasihan banget sama nasibnya, kaya di drama Love Alarm atau menjadi gadis yang kerap di bully seperti dalam drama School 2015, tapi di drama terbarunya kali ini, Kim So Hyun memerankan 3 karakter sekaligus. Wagelaseh gak siiih...??

Super daebak!

Pertama :
Kim So Hyun sebagai Ratu Yeon, Ibu dari Putri Pyeonggang. Saat Putri Pyeonggang muda, ia diperankan oleh Heo Jung-Eun.

Kedua :
Kim So Hyun sebagai Putri Pyeonggang dewasa.

Ketiga :
Kim So Hyun sebagai Yeom Ga Jin. Ia adalah Putri Pyeonggang saat hilang ingatan.

Transformation Kim So Hyun time to time on drama River Where the Moon Rises


Kehadiran Kang Ha Neul sebagai Ayah On-Dal sekaligus pemimpin tertinggi di Suku Sunno, Jenderal On-Hyeob - sangat mewarnai perjalanan kisah dalam drama River Where The Moon Rises. Meski just a glance, tapi kebijakannya quotable banget.

Kang Ha Neul sebagai Jenderal On Hyeob : Review dan Sinopsis Drama River Where The Moon Rises


Kisah Putri Pyeonggang ini adalah kisah nyata yang dijadikan novel yang ditulis oleh Choi Sagyu. Drama ini diceritakan berdasarkan novel tersebut.


Bagi yang belum paham sama alur cerita dan hubungan antar karakternya, berikut aku sertakan silsilahnya. Kalau pas nonton, sambil liatin ini, biar semakin mendalami karakter drama River Where The Moon Rises (2021) 😄.

Alur Karakter dan Sinopsis Drama River Where The Moon Rises



Lesson Learn Drama River Where The Moon Rises 

  Komunikasi Produktif Antara Suami - Istri  

Jangan sampai menyesal ketika cemburu buta merayapi hubungan suami-istri. Maka sebaiknya, jika mendapatkan berita yang tidak baik mengenai pasangan, sebaiknya cek & ricek atau tabayyun dahulu sebelum menentukan keputusan berikutnya.

Seperti Raja Pyeongwon yang reaktif ketika diberi tahu sang selir Jin Bi bahwa istrinya, Ratu Yeon berselingkuh hingga lahir anak pertama mereka, Putri Pyeonggang. Raja langsung terpengaruh dan tanpa tabayyun mengambil keputusan yang salah.

Setelahnya, Raja menyesal doonk.. Dan terus aja terbayang-bayang mendiang istrinya hingga sulit konsentrasi ke semua pekerjaan Kerajaan. Padahal, Raja adalah contoh bagi rakyatnya dan semua tanggung jawab terbesar ada di kedudukan Raja. Hiiks~


  Mengajarkan Anak Tanggungjawab  

Karena tanggung jawab ini berdampak sekali dengan apapun keputusan kemudian. Menjadi pribadi yang bertanggung jawab adalah salah satu contoh bentuk cara berpikir kritis (critical thinking).

Seperti yang diajarkan Ratu Yeon pada anaknya. Ia ingin Putri Pyeonggang tumbuh dengan martabat seorang Keluarga Kerajaan yang baik dan mendahulukan kepentingan rakyat.


  Mewariskan Kebijakan  

Seperti Ayahanda On-Dal, Panglima On Hyub yang mengajarkan segala keahlian yang dimiliki kepada anaknya juga berpesan bahwa harus hidup dengan baik terhadap orang lain. Jangan pernah memiliki perasaan iri, dengki dan balas dendam.

Ini keren banget siih..

Kang Ha Neul cocok banget jadi Ayah yang bijaksana. Uwwwhh~
**penonton terharuuu...


Baru 2 episode yang tayang di VIU untuk drama River Where The Moon Rises (2021) ini. Semoga episode selanjutnya semakin naik konfliknya dan diakhiri dengan bahagia. **eh...ini maunya penonton siih...hihii~

화이팅!
Hwaiting~


With love,



66 comments for "River Where The Moon Rises (2021)"

  1. Daebaakkk, aku jadi kebayang first impression ttg drakor ini.
    Kim So Hyun keren buangett ya, bisa perankan beragam karakter.
    apa jangan2 doi punya tombol "switch" di punggungnya kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe bener. Jadi hantu pernah, jadi gisaeng pernah. Jadi itu ini pernah. Aku jadi penasaran. Kepengen nonton. Tapi kagok kalo baru 2. Nanti aja kalo episodenya udah banyak. Biar bisa sedikit ngebut :D

      Delete
  2. Bahayanya fitnah sangat kejam. Raja tidak mikir apa ya, mana ada biksu menikah dan selingkuh. Uh kesel amaat, jadi emosi nih.

    ReplyDelete
  3. film klasik semakin ciamik klo yg memerankan aktor2 yg ganteng, dikasih jenggot dan rambut panjang jadi semakin ganteng. Genre seperti film river where moon rises adlh slh satu genre favorite saya..

    ReplyDelete
  4. fix mau nonton, ini jadi penggangti mr. queen hahaa soalnya suka sama perannya yang nggak tertindas dan mellow lagi

    ReplyDelete
  5. Ahaaa...meski bukan (atau belum?) pecinta K-film/drama, aku selalu runut membaca tulisan lendy dan sabar menunggu pertanyaan siapakah/apakah/bagaimana (dkk) yang memberi sensasi ......yaaaaaah gantung infonya hahahaha
    Tapi kalau ga gantung ya malah ga menarik tulisannya ya hehehe
    btw...kalau ga salah pernah nonton di BBC kalau kata salary itu berasal dr salt. Karena mmg saat itu garam adalah komoditas yg sangat berharga jadi perhitungan upaha didasarkan pada garam (cmiiw)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woohooo...iyayaa..
      ini informasi penting. Awalnya aku gak ngerti kenapa rebutan garem siih??
      Kan udah ada R*yco, #ehgimana ? hahaha..

      Delete
  6. kamu niat banget mba bikinin diagram hubungan antar perannya wkwkkw... ah jadi pengen nonton kan,,, aku udah namatin Mr Queen, belum bisa move on,, tau ini bisa aku tonton sampe tamat ga wkwkw

    ReplyDelete
  7. Salut deh mbak sampe bikin diagram segala...jadi tahu kalau film ini bener2 keren...apalagi kesimpulan dari film ini ternyata ada beberapa pelajaran hidup yang bisa kita petik terutama tentang hubungan suami istri. Kadang memang seringkali kita terlalu percaya dengan omongan orang dibanding pasangan sendiri...namun dengan membaca cerita ini kita harus bisa menarik kesimpulan bahwa dalam hubungan suami itu diperlukan sebuah keterbukaan dan rasa saling percaya, agar tidak ada salah prasangka atau penyesalan setelah bertindak.

    ReplyDelete
  8. Film Korea bertajuk kerjaan gini memang keren ya mbak apalagi ceritanya klasik gini jadi benar-benar mengajak penonton untuk mengikuti alur banget ya mbak. Btw makna drama river where moon rises ini dalam banget ya apalagi soal komunikasi dan tanggung jawab dalam keluarga.

    ReplyDelete
  9. Wah drama baru nih. Mana yang mainnya KSH. Siap nonton deh. Nunggu episodenya banyak dulu, biar bisa ngebut. Aku lagi suka dengan Sageuk. Abis Mr Queen sama Royal Secret Agent, belom nonton drama lagi.

    ReplyDelete
  10. Saya baru dua yg ngikutin drama on going, ini mungkin bakal jadi yang ketiga setelah melihat mba Lendy dengan maping pemain yg lengkap banget.
    Saya termasuk penonton yg kalau terpesona dengan salah satu karakter di drama atau film, bakal menelusuri jejak aktingnya, nuntasin nonton karakter2 menarik lain yg dimainkan si aktor. Aktris jarang yg ditelusuri sih, wkwkwk.
    Makasih rekomendasi tontonannya, mba.

    ReplyDelete
  11. nonton drakor memang bikin ketagihan ya mau lanjut terus karena penasaran kelanjutannya, sayang aku kurang suka nih genre klasik kerajaan kaya gini

    ReplyDelete
  12. Gimana caranya nonton drama korea gak ngantuk, teh? apalagi jam segitu

    Eh aku sering juga sih, jam segitu masih terjaga, tapi beda channel kita, hehehee.

    Seru ya, nonton drama-drama tentang perselisihan, fitnah dan pembunuhan. huhuhu emosi pasti terkuras ya

    ReplyDelete
  13. Wah, makin lengkap reviewnya , ada silsilah juga jadi makin lengkap bekal nonton River Where Moon Rises ini..Siiplah! Dan ku setuju dengan lesson learned-nya..tabayyun dulu, jangan main serbu jika ada berita tentang pasangan kita, kek tindakan Raja ke Ratu ituu
    Always keren reviewnya , teh Lendy!

    ReplyDelete
  14. Hebat ya malah sang Ratu yang inspeksi keliling2 gitu untuk mengetahui kondisi rakyat, bukan pejabat negara lainnya. Sayang sekali ya, Raja mudah banget dihasut oleh selirnya. Tuh kaann akhirnya menyesal di kemudian hari.

    ReplyDelete
  15. reviewnya mantab dan jadi kepengen nonton dramanya. Tema kerajaan menurutku kok berat banget ngikutin alurnya sih mbak. Sementara mbak lendy bisa ngereview sedetail ini...

    ReplyDelete
  16. Keren deh So Hyun bisa memerankan 2 karakter sekaligus. Memang salah 1 aktris muda berpotensi dan berbakat banget 😍

    ReplyDelete
  17. bukannya si ratu emang beneran selingkuh ya? tahunya pas dia ketemu dan pelukan sama si wol gwang di kuil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga...itu hanya ilusi Raja yang sedng cemburu.
      Adegannya memang rada rancu karena terbias-bias.
      Adegan sebenarnya, Ratu Yeon cuma numpang lewat Kuil Yibullansa.

      Delete
  18. Ratu idola, sampai inspeksi ke rakyat bawah. Tapi emang gitu ya, kalau ada orang baik, ada aja yang sirik, lalu bikin fitnah yang menjatuhkannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mewakili banget ya mba kejadian dalam keseharian di masa sekarang. Bakalan selalu ada orang-orang yang seperti ini deh.

      Delete
  19. Aku baru nonton 1 episode, berasa reuni Moon Lovers, ah love banget ama Kim So-hyun yang udah dewasa sekarang hahaha .. beda di school 2015

    ReplyDelete
  20. Siyap melanjutkan, jadi tercerahkan baca reviewmu Uni. Tinggal eksekusi ke blog, banyak yang dapat diambil pelajarannya ya Uni.

    ReplyDelete
  21. Wah transformasi Putri Pyeonggang bisa bagus gitu ya. Seiring bertambahnya usia, makin lihai berkelahi, dan hipnotis nya memudar, karakter nya bisa berbeda. Seru ya drakor satu ini, simpan dulu ya Lendy, makasiiih

    ReplyDelete
  22. yeay!! akhirnya ditulis juga reviewnya
    mantap emang teh lendy...
    sepertinya aku akan nonton drama ini teh, drama sageuk semakin bikin penasaran
    meski bukan genre favoritku

    ReplyDelete
  23. Kim so hyun cantik banget disini ya aztagaaaahhh.. dari kemarin dah liat banner nih di viu, tapi belom nonton aku.. wehehehe. jadi penasaran abis baca ini niiih

    ReplyDelete
  24. Kostumnya bagus. Saya suka setting dan fashion kerajaan masa ini. Lebih atraktif. Membuat saya membayangkan Tribuana Tungga Dewi, seharusnya digambarkan seperti itu.
    Sama seperti saat saya menonton dracin di abad yang sama, sih. Hihihi.

    ReplyDelete
  25. Reviewnya totalitas banget mak...sampai bikin diagram pemerannya , pembaca jd paham tokoh2nya dan hubungannya.

    ReplyDelete
  26. Emang deh ya teh Lendy ini selalu juara kalau membuat review tentang drama Korea. Aku baru ngelarin Mr. Queen dan pengen nyoba ah nonton ini juga, karena terbiasanya nonton drakor dengan busana yang stylish tapi kali ini dengan busana yang beda.

    ReplyDelete
  27. Dasarnya aku kurang suka drakor yang bau-bau kerajaan gini, Mbak. Tapi, lihat Kim Si Hyun, ya, aku jadi ingat dia main di drakor yang anak SMA itu lho, entahlah apa judulnya, kalau nggak ditulis tuh aku sering lupa judul drakornya apa. Lumayan suka sama aktingnya. Apalagi raut wajahnya tuh gimana ya, kayak sendu-sendu gimana gitu. Cocok kalau terlunta-lunta hidupnya.

    ReplyDelete
  28. Wah ini tema sejarah gitu ya... Serunya gak kalah sama drakor yang temanya modern karena pemainnya juga sama cantik dan gantengnya yak..heheh. Kalo alur cerita dan sejenisnya kayaknya emang udah cakep2 lah drakor tuh..

    ReplyDelete
  29. Asik aku suka Kim So Hyun hihi.. jadi ratu lagi. Sama kayak peranny yg dulu deh. Lupa tapi kerajaan2 gt jug. Eh ini kirain Jisoo nya Blackpink bukan yak

    ReplyDelete
  30. Kim Soo Hyun sering main drama ya, tapi jujur aku ga suka lihat wajahnya. Drama kerajaan biasanya panjang. Nonton gak yaaa

    ReplyDelete
  31. sempat trending Kim Soo Hyun dan ga begitu hapal akutu sama beberapa aktor/aktris ini, wkwk jadi kayak harus ngikutin dramanya. Jujur papahku salah satu lovers drama korea yang ceritanya soal kerajaan kyk gini hehe

    ReplyDelete
  32. baru 2 episode aja konfliknya udah kayak gini ya teh
    apalagi episode2 selanjutnya
    ditunggu lanjutannya teh

    ReplyDelete
  33. Nah, bagian lesson learn dramanya itu tuh yang aku garis bawahi, terutama yang point 1:

    "... komunikasi produktif suami istri memang keniscayaan agar tiada penyesalan!"

    Catat!

    ReplyDelete
  34. Kalau nonton drama korea dengan tema kerajaan seperti ini, selain menikmati jalan ceritanya juga kita bisa belajar sejarah dan norma yang berlaku di sana, ya...

    ReplyDelete
  35. Kapan2 mau nonton ini juga ahhhh
    seru ya sepertinya.
    cerita dan cast-nya menarik kabeh

    ReplyDelete
  36. Waahhh deep banget (always) kalau nulis review drakor :D

    Saya kemaren tepar berhari-hari, kerjaannya nonton dan baca, akhirnya merambah drakor juga, saya nonton Mr Queen.
    Bagus dan lucu, sayang ada pedang-pedangnya, serem banget liatnya.

    Di sini juga ya.
    Saya mah lebih suka tembak-tembakan dari pada potong-potongan hahaha.
    Tapi kalau baca reviewnya, bagus juga ya :)

    ReplyDelete
  37. Aku suka drama yang syarat pesan moral dan perjuangan gini. Apalagi jaman sekarang banyak tontonan kurang mutu. Apalagi edukasi untuk gak balas dendam gini menurutku penting diajarkan krn sekarang byk motif kriminal gara2 dendam

    ReplyDelete
  38. nanya dong kak Lendy, kalau misalnya head to head antara cerita kerajaan Tiongkok ama Kerjaan Korea manayang kece ya dari segi busana dan bangunan??

    ReplyDelete
  39. Wah rekomended nih buat ngisi waktu sembari nyetrika pakaian. Cari ah dramanya.

    ReplyDelete
  40. Drakor memang bikin candu ya karena asyik setiap serinya. Bisa jadi obat jenuh karena di rumah aja. Pernah temenku cerita nonton maraton dari malam sampai subuh seri drakor

    ReplyDelete
  41. iiiih awas ya kalau ketemu jenderal Go Won-Pyo! Gemes banget sama tukang hasut nan keji seperti dia. Bikin kerajaan sendiri aja lah daripada merusak keluarga orang pakai fitnah segala macem.

    ReplyDelete
  42. Lenchin keliatan banget ni nulis'y dr hati yg terdalam. Lengkap banget review'y padahal drama'y baru mulai ya. Hehe..

    ReplyDelete
  43. wow Kim So Hyun meranin 3 peran sekaligus ya di drama ini. aku nunggu perkembangan dulu aja kayaknya nonton drama ini soalnya kalau drama saeguk kadang suka bikin puyeng. heu

    ReplyDelete
  44. Wew... Kayaknya drama saeguk yg 1 ini lebih banyak adegan berdarah-darah ya... Jadi urung mau nonton. Karena takut kebayang² ntar hehehee...

    ReplyDelete
  45. Drakor dwngan setting zaman kerajaan seperti ini membuat saya tertarik. Ceritanya biasanya seru ya mbak. Apalagi ini banyak pesan moral yang disampaikan, jadi pengin nonton juga.

    ReplyDelete
  46. Ternyata dikit banget episodenya ya, teh. Kukira bakalan dibikin kayak janggeum. Klo diitung2 20 eps x 35 menit itu jadinya cuma 11 jam 40 menitan aja ya.

    Tapi aku tetep nugguin serial ini.

    ReplyDelete
  47. drama korea tahun ini keren-keren, aku takut pengen nonton semua dan bikin waktuku habis buat nonton semuanya, wkwkwkwk. Kesan pertama nonton ini, gak sabar pengen nonton lanjutannya, hihih

    ReplyDelete
  48. Reviewnya detail banget. Keren. Jadi bikin penasaran pengen nonton langsung. Seru juga kayaknya ceritanya.

    ReplyDelete
  49. drama sageuk emang lagi naik daun ya teh
    banyak yg baru
    ceritanya juga menarik
    hmm haruskah aku mencoba menonton drama sageuk? hehehe

    ReplyDelete
  50. mbaaa aku pun suka liat oppa jissooooo semenjak dia main yang my very first love. udh nonton belum? ak prefer drakor yang lebih light drpd yang berat kerajaan2 soale. hehe

    ReplyDelete
  51. Akhirnya Ji Soo jadi fist lead. setelah berkali-kali menjadi the king of 2nd lead

    ReplyDelete
  52. Rupanya, dalam mengambil suatu keputusan, seorang raja pun ada pihak yang mempengaruhi ya, Ananda Lend. Tak beda juga dengan pemimpin kita zaman kini. Untuk menentukan suatu kebijakan, banyak kepentingan yang jadi pertimbangan. Terutama kepentingan politik. He he ...terima kasih telah berbagi. Salam sehat untukmu selalu.

    ReplyDelete
  53. Alamak.... Seru banget baca sinopsinya. Masih maju mundur nih, mau nonton atau ngga. Kalau udah senggang kayaknya mau nonton ah....

    ReplyDelete
  54. ahhh.. udah lama aku enggak nonton drakor. aku lagi berubah haluan jadi penikmat dracin sih. emang dracin masih kalah pamor sama drakor. tapi pemainnya enggak kalah cakepnya dong :p

    ReplyDelete
  55. Keren komplit banget reviewnya. Gimana ya kisah selanjutnya? Meski kolosal tetep cakeup2 :D

    ReplyDelete
  56. Suka semuanya.
    nggak ada komen lain yang bisa diberikan, hahaha

    ReplyDelete
  57. ini film yang aku tunggu-tunggu, ternyata tayangnya di Viu ya. Jalan ceritanya menarik, yang main NamDosan lagi. eeh masih belum moveon dari namdosan hehe

    ReplyDelete
  58. Saya melipir dulu nunggu tamatnya. Kalau saeguk cenderung sad ending soalnya. Daripada hati terpoteq seperti saat nonton beberapa saeguk sebelumnya. Kalau happy ending, baru maju nonton deh.

    ReplyDelete
  59. Kak aku ketinggalan drakor ini nih wajib nonton secara aku suka banget drama kerajaan.

    Betul kak komunikasi produktif suami istri memang perlu banget ya

    ReplyDelete
  60. Kim So Hyun ini yang main di Goblin jadi adeknya Gong Yoo bukan, Mbak? Cantik yaa, mukanya pantes jadi princess-princess Asia gitu.

    ReplyDelete
  61. Aku bingung, kadang2 Pyeonggang ditulis dengan sebutan Putri, kadang Ratu hehehe... kirain beda orang tadi.

    Rumit banget ya jalinan kisahnya. Sebel deh sama panglima dan selir yang memfitnah ibu Ratu, padahal udah dibela-belain inspeksi langsung ke rakyat looh.. Duh Rajaaa... kok ya asal percaya.

    ReplyDelete
  62. wah suka niih kalau settingnya sejarah. btw, aku udah beberapa kali tahu ada film atau drakor yang menggunakan setting sejarah dan ada kata river di judulnya.. kenapa yah :D

    ReplyDelete

Berlangganan via Email