Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Cendol dari Tepung Beras

Bismillah,

Hola sahabat lendyagasshi.
Yang sudah merasakan aura Ramadan, yuk...kita sama-sama pegangan tangan dan tetap saling mendoakan agar Ramadan kali ini penuh hikmah dan lebih khusyu' dalam menjalankannya meski didera pandemi yang belum berkesudahan.

Semoga Ramadan 1442 H tahun ini jauh lebih baik dan persiapannya lebih matang. Kali ini aku mau berbagi resep menu berbuka yang dinanti saat Ramadan. Salah satunya adalah es cendol.

Huum~

Cara Membuat Cendol dari Tepung Beras

Langsung auto ngiler yaa...kalau aku sebut menu berbuka yang satu ini. Karena kita semua di rumah aja, jadi berlatih cara membuat cendol sendiri dulu yuk... Tanpa rempong dan yang pasti... semua anggota keluarga sukaaa~

 

Bahan Utama Membuat Cendol : Tepung Beras

Tepung beras di Indonesia memang banyak di toko dan supermarket terdekat. Tepung beras ini bisa diolah menjadi cemilan apa saja, seperti, bubur sumsum atau cendol. Cendol yang terbuat dari tepung beras ini enak dan kenyal. 

Pasti jika Ramadan datang, kita sibuk mencari dan membeli cendol dari abang-abang jualan di pinggir jalan kaan...? 

Nah ini dia kunci cendol yang empuk nan nikmat adalah karena terbuat dari tepung beras. Cendol sendiri bisa dibuat mudah di rumah. Minuman cemilan cendol ini nikmat juga loo...dimakan selagi hangat, apalagi dingin dengan cara dimasukkan es batu ke dalam sajian es cendol. Berikut cara membuat cendol dari tepung beras. 


Cara Membuat Cendol Tepung Beras Sederhana

  Bahan : 

Tepung sagu 2 sendok makan
Pasta pewarna pandan
Air (kurang lebih 650 ml)
Tepung beras 135 gram
Es batu


  Bahan Gula : 

Daun pandan 2 lembar
Gula merah 350 gram
Air 250 ml


  Bahan Kuah Santan : 

300 ml air
santan cair 1 kemasan
vanili ½ sendok teh
daun pandan 2 lembar


Cara Membuat Cendol dari Tepung Beras :

Siapkan panci.
Masukkan tepung sagu, tepung beras, dan pasta pewarna pandan sedikit demi sedikit, lalu air. 

Aduk hingga semuanya tercampur.
Dan masak dengan api yang kecil agar tidak gosong. 

Selanjutnya, masukkan adonan ke dalam plastik yang sudah dibentuk menjadi segitiga dan dilubangi ujungnya. 

Siapkan baskom atau wadah yang berisikan air dan es batu. 

Tekan adonan yang di dalam plastik hingga keluar dan jatuhkan pada rendaman air es batu di wadah tadi. 

Setelah itu sisihkan dahulu cendol tepung berasnya.


Untuk membuat kuah gula dengan cara mencampurkan semua bahannya dengan api sedang. Jangan lupa sambil diaduk dan sisihkan.

Untuk membuat buat kuah santan dengan mencampurkan semua bahannya dan aduk dengan terusan agar tidak pecah.

Cara Membuat Cendol dari Tepung Beras

Siapkan cendol ke dalam gelas dan berikan kuah gula dan santannya.


Cendol Tepung Beras dengan Daun Katuk

Yang pernah menjadi Ibu menyusui, pasti dulu rajin banget konsumsi daun katuk guna memperlancar ASI. Manfaat daun katuk lainnya yakni melindungi tubuh dari risiko diabetes, mengobati flu, mengobati luka, sebagai anti-okidan dan anti-inflamasi, meningkatkan imun tubuh juga menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Dan kini, bisa dijadikan untuk campuran membuat cendol yang sudah pasti menambah kelezatan escendol yang akan kita sajikan.


Bahan Membuat Cendol Tepung Beras Daun Katuk : 

Daun katuk 7 lembar
Daun pandan 5 lembar
Tepung beras 160 gram
Air 1 liter lebih dikit

Bahan untuk kuah gulanya adalah gula merah 3 buah, daun pandan 1 lembar dan air. Untuk kuah santannya siapkan santan 2 kemasan, dan air.

Bahan Membuat Cendol Tepung Beras Daun Katuk


Cara Membuat tepung Beras Dengan Daun Katuk:

Daun katuk dicuci bersih dan haluskan bersama daun pandannya. 

Setelah itu, tambahkan air secukupnya dan peras dan masukkan dalam panci air katuknya.

Masukkan tepung beras ke dalamnya dan aduk dengan api sedang saja.

Lubangi plastik segitiga di ujungnya.

Cetak cendolnya dengan memasukan ke dalam plastiknya.

Cetak dan masukkan ke dalam baskom yang berisi air dan es batunya.
Jangan lupa untuk menekannya agar keluar cendolnya.

Sekarang itu, rendam dahulu dan sisihkan. 

Untuk membuat kuah santan dengan mencampurkan santan dan air di dalam panci. Dan jangan lupa untuk memastikan dimasaka menggnuakan api kecil.

Kuah gulanya dibuat dengan cara mencampurkan gula merah dan air. Jangan lupa masukkan pandan dan aduk hingga gulanya mencair.

Tips : Cendol tepung beras ini bisa dibuat dengan bahan ubi juga. Jadi warnanya akan berubah kuning jika menggunakan bahan dari ubi kuning. Kemudian warnanya akan ungu jika menggunakan ubi ungu. 


Wah...semakin menggoda dan menarik yaah...
Bagaimana sahabat lendyagasshi?
Sudah ada bayangan doonk... mau eksperimen di dapur apa dalam rangka menyambut Ramadan 1442 H.

Selamat mencoba.
이것을 해보자~


With love,



72 comments for "Cara Membuat Cendol dari Tepung Beras"

  1. Mba Lendy ini share resepnya pas banget mau dekat-dekat ramadhan, jadi bermanfaat bgt buat aku yang mau siapin menu buka puasa

    ReplyDelete
  2. Aku baru tahu nih ada cendol yang dibuat dari daun katuk, baik untuk di konsumsi terutama untuk ibu menyusui dan bisa meningkatkan imun tubuh juga ya mau ah coba bkin cendol katuk ini biar anak2ku konsumsi, bsa terlindungi dari virus kalau imunnya naik

    ReplyDelete
  3. aahh enak banget ini cendol dari tepung beras, legit dan lezat.. kusuka cendol banget banget teh, makasi ya buat resepnya.. semoga aku bisa mempraktikkannya dengan sangat baik

    ReplyDelete
  4. Duh vibes-nya udah bulan puasa banget nih bikin takjil cendol tepung beras. Save ah siapa tau nanti tiba-tiba kepengen bikin. Mayan nggak perlu keluar rumah ya beli takjil hihi.

    ReplyDelete
  5. Auto ngiler mam... Apalagi sekarang tiap siang cuacanya panas banget. Es dawet homemade pasti cocok

    ReplyDelete
  6. Teh Lend, aku simpen yaaa resepnya. Mau praktik nanti pas Ramadhan. Daripada beli yang di pinggir jalan, lebih tenang hatiku kalo bikin sendiri. :)

    ReplyDelete
  7. cendol minuman favoritku buat buka puasa di rumah bersama keluarga

    ReplyDelete
  8. Duh lend..bikin ngiler aja.. Meski lagi hujan tetep pengen nyeruput cendol dawet limaratusan...eh apa limaribuan ya

    ReplyDelete
  9. mantabbb kuah santan memang khas Indonesia, walaupun ada banyak penganan dari tepung beras di banyak negara ya. enak banget segar itu melihatnya.

    ReplyDelete
  10. Nggak terasa bentar lagi bulan puasa ya mba. Biasanya kalau oengen minum es cendol beli dulu di abang-abang. Kali ini bisa nih coba bikin sendiri pakai resep ini. Makasih ya mba sharing-nya.

    ReplyDelete
  11. Kreatif banget ini idenya. Bikin cendol dengan daun katuk, jadi lebih bergizi pastinya yaa.. Sehingga bisa untuk dikonsumsi saat bulan puasa. Memang sangat keren bila mau bersusah payah membuat hidangan bergizi untuk keluarga.

    ReplyDelete
  12. Suukaaa banget sama cendol atau dawet. Tapi kalo bikin sendiri mager, alhasil seringnya beli hehehe. Nah penasaran nih mo nyoba bikin cendol daun katuknya..kok kebayang seger gitu yaa..

    ReplyDelete
  13. Wah bentar lagi puasa kebayang kayaknya syeger bener takjil pake es cendol yaaah,

    Tandain dulu buat dibikin nanti pas bulan puasa hehe

    ReplyDelete
  14. ternyata lumayan mudah yaa cara membuat cendol dari tepung beras ini, Mba. Nanti mau coba buat ahhh, soalnya setiap ramadhan biasanya beli cendol untuk buka puasa.

    ReplyDelete
  15. selama ini gak pernah kepikiran sih untuk membuat sendiri cendol, mageran aku mah kalau buat-buat jadi lebih seneng jajan, hehehe tapi ini cendol dari daun katuk menarik banget yah bisa jadi booster asi sekaligus mba

    ReplyDelete
  16. Waah, momennya pas ini. Bagi-bagi resep menjelang bulan Ramadhan, cocok dijadikan sebagai menu takjil. Bahan cendol daun katuk ini yang aneh, harus dicoba!

    Simpan dulu resepnya, dicoba nanti pas puasaan, hehe

    ReplyDelete
  17. Saya baru tau kalau daun katuk bisa untuk cendol. Suka ada kepengen bikin cendol sendiri. Apalagi kalau pakai nangka. Bakalan enak banget

    ReplyDelete
  18. Fotonya cakep sekali, Kakak
    Hahaha salah fokus ya aku
    Oiya mau tanya kalau misal ga pake timbangan, ukuran gram gram gitu jadi ditakar pakai apa dong?

    ReplyDelete
  19. cendol dari daun katuk ini kreatif bangettt sik.
    btw usul dong Kak Lendy, kalo bikin resep next time pakai takaran sendok juga yak.
    soale ada yg ga punya timbangan wkwkwk

    ReplyDelete
  20. Cendolnya bisa dicampur daun katuk yak 😍. Teh Lendy kreatif banget buatnya, mau coba tapi di rumah daun katuknya belum tumbuh gara-gara kakak daku udah gak mengASIhi lagi, eh apa hubungannya 😂

    ReplyDelete
  21. Wah kalau ada daun katuknya cendol kita makin bergizi ya nggak hanya tepung saja isinya say

    ReplyDelete
  22. Wah, salah satu menu berbuka andalan ini cendol. Pas banget ada resepnya. Mau cobain bikin sendiri. Soalnya kalo beli kadang ga yakin sama kebersihannya.

    ReplyDelete
  23. waaah , mau ah dicoba. Buat buka puasa seger banget ini. pas bahannya ada semua nih di rumah.

    ReplyDelete
  24. Terima kasih Lendy, pas banget baca ini menjelang bulan Ramadan. Mau coba dipraktikkan buat menu buka puasa dan mungkin juga untuk jadi salah satu menu jualan.

    ReplyDelete
  25. waah kereen....super lah mamak satu iniiih....bisaan lho bikin cendol secantik ituuuh...aku ada tepung beras nih di rumah bingung mau dieksekusi spt apa...bisa ga ya bikin cendol secantik py teh lendy

    ReplyDelete
  26. Aku nyerah deh mba harus bikin cendol, mba. DUlu pernah bikin sih tapi kayaknya nggak berbentuk cendol. Hahhahaa

    ReplyDelete
  27. aduh.. fotonya bikin pengen..
    ternyata gak begitu susah ya bikin cendol sendiri.. bisa dicampur daun katuk juga ya jadi lebih sehat. ditambah durian makin manteb tuh mba.. hehe

    ReplyDelete
  28. Wah canggih si Teteh bisa bikin cendol sendiri. Bisa pakai katuk juga ya? Aku bookmark ah artikelnya, ntar mau coba bikin pake resep ini.

    ReplyDelete
  29. Yummy bener buka puasa pakai cendol buatan sendiri.
    Saya tepung beras biasanya dibuat bubur sumsum aja. Ternyata bikin cendol (kayaknya) mudah juga ya. Layak buat di coba nih

    ReplyDelete
  30. Aku sempet nih mbak bikin cendol sendiri, suka iseng pengen coba. Alhamdulillah jadi sih. Tapi disuruh bikin lagi, kayaknya mending aku beli aja yg udh jadi. Ahaha

    ReplyDelete
  31. Dawet ini minuman khas kota aku, Mbak. Aku baru lihat dawet katuuuu. Menambah nutrisi kalau katunya tambah banyak, ya

    Sehaat2 menuju ramadhan yaaa, Mbaaakkkk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bun rasanay beda dawet dan cendol menurut aku padahal sama2 dari tepung beras ya, tapi aku suka sih semua hahaha

      Delete
  32. Aku langsung bayangin cendol berbahan ubi ungu Mbaaa, pasti enak banget yaaa. Bisa jadi salah satu sajian untuk berbuka nanti di Bulan Ramadan, wah jadi pengen coba bikin juga deh :))

    ReplyDelete
  33. Sebagai orang asli Banjarnegara, aku sering banget minum cendol dawet limangatusan. Tapi belum pernah nyoba bikin sendiri cendolnya. Makasih resepnya, Mbak. Mantuuulll.

    ReplyDelete
  34. Wah sepertinya perlu aku bookmark nih. Nanti mau coba bikin cendol sendiri ah buat buka :)

    ReplyDelete
  35. Seger banget nih cendol daun katuknya... Sehat bergizi pastinya karena pake bahan alami ya Lend...

    ReplyDelete
  36. Kak Lendy udah siap banget ini menu buka puasanya :) mau ah nyobain bikin sendiri kalau lagi senggang hehehe maklum belum pernah bikin tapi doyan cendol

    ReplyDelete
  37. Sebagai penggemar cendol, aku harus mencoba resep yang satu ini mba. Semangat belajar buat puasa nanti.

    ReplyDelete
  38. Wuih, seger banget minum cendol siang-siang saat terik. Hm, pelepas dahaga banget. Pengin bikin kan jadinya... :)

    ReplyDelete
  39. Kalau pakai daun katuk akan ada perubahan rasa, gak? Kayaknya udah gak perlu dikasih perwarna ya kalau udah pakai daun katuk

    ReplyDelete
  40. Berasa diingatkan waktu anak-anak masih usia sekolah dasar, minta jajan cendol. Dan aku buat sendiri karena kalo beli biasanya pakai pemanis buatan. Nyontek resepnya, aku udah lupa komposisi bikin cendol. Nah ini malah ada resep cendol pakai daun katuk, penasaran rasanya gimana, hihihi... tengkiyuuuu Lendy

    ReplyDelete
  41. Wah cendol. Belom pernah deh aku bikin cendol sendiri. Selana ini pastinya beli aja. Kudu nyobain bikin nanti mah ya

    ReplyDelete
  42. Waah, asik banget nih nemu resep cendol beras dengan daun katuk. Kebetulan kami ada pohon katuk juga di rumah, bingung mau diolah jadi apa. Langsung coba deh.

    ReplyDelete
  43. Hah, pakai daun katuk segala untuk cendol? ini sih busui makin lancar ASI-nya. Eh rasa daun katuk ga gitu terasa mungkin ya tertutup gula merah dan santan. Kreatif banget Mbak Len!

    ReplyDelete
  44. Cendol menu favorit kala berbuka, ehhh pas panas-panas juga ding. Minum es cendol, maknyesss segernya. Dan ternyata bikin cendol itu bisa banget ya Mbak klo mau bikin sendiri. Bahannya sederhana, cara pembuatannya juga gak ribet. Mau ah kapan-kpan dipraktekkan di rumah

    ReplyDelete
  45. Duh kebayang bulan puasa buka dengan cendol, seger banget pasti. Jadi pengen coba bikin kayaknya gak susah bikinnya

    ReplyDelete
  46. wah favoritku nih, di daerahku namanya dawet sruntul hehehe, btw baru tahu juga daun katuk bisa dibuat campuran cendol...

    ReplyDelete
  47. waaaaa idenya boleh juga ni bikin cendol pakai daun katuuukkk, cocok buat ibu menyusui kaya akuuuu, makasi banyak ya mbaaa ide dan resepnya :)

    ReplyDelete
  48. Ngeces sekali aku Uni.
    Belum bisa bikin lebih ke menikmati beli aja wkwkk

    ReplyDelete
  49. cendol ini salah satu menu buka puasa favorit di keluarga kami selain kolak dan pisang ijo, Mba

    ReplyDelete
  50. Mba Lendy, mau atuhlah dikirim cendolnya, kita kan deket. Hahahaha Btw, ini tuh minuman kesukaan Vito loh, es cendol. Baik aku save resepnya ya. Makasiiiii.

    ReplyDelete
  51. simpel ya mbak. Aku mau coba di rumah ah. Seger nih diminum siang2.

    ReplyDelete
  52. Inget cendol, inget cendol Elisabeth. Bentar lagi puasa. Jadi salah satu sajian berbuka nih cendol ini. Bisa ya nanti mah bikin sendiri. Biar hemaaat.

    ReplyDelete
  53. mbaakkk fotomu bagus banget siihhh aku jadi ngiler asli huhuhu btw aku juga pernah bikin dawet gini, dan kebetulan kapan hari abis dari rumah mertua yang banyak dawet lezattt.. lihat fotomu jadi kepengen lagi haha

    ReplyDelete
  54. Sebuah terobosan baru, bikin cendol dari daun katuk. Daebak emang Lendy nih. Untuk ibu menyusui seperti aku, layak banget dicoba. Segernya dapet, deres ASInya dapet. Makasih banget resepnya ya Leeenn *ketjup

    ReplyDelete
  55. wah pas banget ini ya mau puasa ada resep bikin cendol sendiri, beneran membantu bnaget. aku bookmark ya kak resepnya, asyik banget ini. nuhun

    ReplyDelete
  56. Wah unik banget mba, cendol dengan daun katuk, jadi pingin segera nyobain resepnya buat ramadhan nanti, terima kasih ya mba.

    ReplyDelete
  57. Wah cendol tepung beras ini kesukaanku banget
    Apalagi kalau gula dan santannya benar-benar kental, lalu ditambah potongan nangka
    Enaaaak banget. Astagaaa aku ngiler
    Makasi resepnya mbak

    ReplyDelete
  58. Eiits, ternyata bisa juga ya, daun katuk buat bahan cendol. Baru tahu nih. Selama ini hanya mengandalkan daun pandan buat pewarnanya.

    Bisa dicoba nih pas besok puasa. Semoga semangat untuk masak dan menulis.

    ReplyDelete
  59. duh lihat cendol langsung ingat ntar lagi puasa
    lihat foto foto teteh ini kok segar banget, auto ngeces aku, hahaha
    pasti segar klo berbuka dgn cendol bikinan sendiri gini
    Btw baru tahu juga klo daun katuk bisa buat bahan bikin cendol

    ReplyDelete
  60. Mba tepung sagu itu sama dengan tepung beraskah ? Atau memang resep ke1 tepung sagu, resep ke2 tepung beras? Kebayang sih manfaat cendol tepung beras daun katuk. Buat busui apalagi. Kalau daun katuk ganti daun kelor bisa juga kali ya

    ReplyDelete
  61. Belum juga bulan Ramadan. Eh udah disuguhkan salah satu menu minuman menyegarkan untuk berbuka puasa dong~

    ReplyDelete
  62. Belum pernah buat sih. Kalau beli sering wkwkwk
    Puasa besok mau nyoba ah, siapa tahu pada suka. Sebenarnya suka mbak buat2 kayak gini, cuma menguatkan niat pas lagi magernya itu yg perlu tenaga 😁

    ReplyDelete
  63. Pas banget ini buat bulan puasa mbak. Makasih udah share ya resepnya. Dan aku kagum ternyata bisa ditambahin daun katuk juga! Wah sekalian jadi ASI booster ya. Menarik sekaliii dan wajib dicoba hihihi.

    ReplyDelete
  64. Ya ampun, berasa gak percaya pas baca postingan ini. Teh Lendy ternyata jago juga di dapur. Biasanya kalau ke blog ini tuh baca review, lha kok tiba-tiba resep cendol, jempol bener Mamak satu ini. Nice info nih,buat persiapan Ramadan.

    ReplyDelete
  65. Favorit aku banget ini mba lendy cencol beras. rasanya spesial dan enak banget, paduan gurih tepung beras dan manis gulanya plus santan

    ReplyDelete
  66. jadi keinget waktu zaman kecil dulu, kalau liat orang-orang bikin sendiri cendol kayaknya kok seru gitu ya
    pas gede gini seringnya beli jadi malah

    ReplyDelete
  67. variatif banget Teh, baru tahu lho ini cendol daun katuk, busui jadi makin semangat nih puasanya :)

    makasiih resepnya ya Teh, jadi pengen coba juga buat sendiri, cendol emang salah satu incaran saat berbuka puasa di bulan Ramadhan, rasanya berbeda dan istimewa :D

    ReplyDelete
  68. alhamdulillah seneng banget bisa jodoh sama tulisan ini, saya kaum tim cendol sejati mba, kalau buka puasa wajib ada menu yang satu ini sejak pertama kali puasa hihihi semoga ramadhan tahun ini bisa bikin sendiri

    ReplyDelete
  69. Cendol kalau lagi bulan puasa tuh andalan banget. Penghilang dahaga. Rasa manis dan gurihnya itu bikin nagih.

    ReplyDelete
  70. Waduh menggoda banget iniii pas utk puasa maakk

    ReplyDelete
  71. Penasaran rasa daun katuk jadi cendol. Dulu tetangga eyang uti suka bikin cendol bentuknya pake batok kelapa yg dilubangi

    ReplyDelete