Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

[Ramadan Day 2] Alasan Mengapa Blog Tidak Ramai Dikunjungi

Bismillah,

Annyeong haseyo, chingudeul...

Hola sahabat lendyagasshi. Tantangan hari ini dari BPN Challenge Ramadan adalah menuliskan mengenai "Alasan Menulis di Blog" yang sebenarnya sudah pernah aku tulis 2 tahun yang lalu. Jadi untuk tetap menuliskan dengan tema itu, kali ini aku akan coba menuliskan dari sisi yang lain yaa..

Setelah 5 tahun menulis blog dan mengenal blogwalking juga beberapa komunitas blogger seperti Blogger Perempuan Network (BPN), Komunitas Emak Blogger (KEB), Warung Blogger, Blogger Crony, Bplus daaaan...apalagi yaah, hehehe...kalau ada yang ingat, aku di colek di kolom komentar yaah... Lalu, aku jadi paham niih.. bahwa ada beberapa blog yang asik dikunjungi dan ada yang bikin males untuk dikunjungi.

Blog seperti apa yang gak asik untuk dikunjungi?

**disclaimer : ini berdasarkan pengalaman pribadi yaah...semoga tidak menyakiti siapapun yang membaca, karena murni subyektifitas aku sebagai blogger yang masih terus ingin belajar dan mengembara di dunia blogger.

Check this out~



Alasan Mengapa Blog Tidak Ramai Dikunjungi


Karena Blog Tidak Ditemukan

Nah, ini yang akhir-akhir terjadi di blog aku niih... Kalau uda diikutkan sharelink, eh...blognya pas di klik malah muncul 404 atau bad gateway, atau apalah... Laa...bikin sebel pembaca kan yaa...

Cara memperbaikinya adalah 

(1) Coba cek jaringan setiap posting.
(2) Selalu buka blog sendiri dari waktu ke waktu.
Bisa jadi kan, kita gak sadar kalau blognya belum publish, tapi linknya sudah kita copykan dan bagikan ke khalayak umum.


Karena Blognya Semua Sponsor Post

Aaah....iya niih, aku pernah kecewa dengan salah satu blogger kesayangan aku. Beliau kini menulis hanya sponsored post. Ya, hanya untuk sekedar mengisi tulisan berbayar. Yaah, sayang banget menurutku, karena kekuatan blogger itu (lagi-lagi) menurutku adalah dari keasyikan ia saat menuliskan cerita. Meski sponsor post juga ada yang asik kok..kalau soft selling dan pemilihan katanya tepat.

Tapi aku tetap menyayangkan jika ada blog ternama, tapi isinya sponsor post semua. Iri? Hhaha...iya.
lendyagasshi juga senang kalau ada sponsor post, tapi aku selalu berpegang teguh kalau sponsor : organic 1 : 4.

Agar blog ramai dikunjungi

Tips : Kalau lagi banyak sponsor post yang datang, ya...diterima. Tapi tetap menulis organic post di lain kesempatan.


Loading Lama

Selain gak ditemukan, yang bikin malas main ke blog adalah karena templatenya beraaatt, jadi berakibat pada lola alias loading lama. Template gak responsif dan ini bisa berakibat angka bounce rate dari sebuah blog meninggi loo..

Karena begitu dibuka lama, pembaca malah lari duluan saking gak sabarnya menunggu blog terbuka.

Tips : Cari template yang responsif dan bisa menggunakan template custom atau beli. Emm, karena bagi seorang blogger, blog ada rumah. Jadi sebisa mungkin di dandanin yang cantik dan bikin orang betah berlama-lama membaca blog kita. Dan kita pun suka mengisi blog, karena sudah cantik, tinggal konsisten menulis.


Blognya Sering Refresh Otomatis

Iya loo... Ada blog-blog yang sepersekian detik mendadak refresh otomatis. Ini bikin super BT kalau sedang berkunjung. Karena kalau ingin meninggalkan komen, uda mengetik panjang lebar, laa...ternyata refresh. Jadilah komen yang belum sempat di publish tadi lenyap entah kemana. Hiiks~ Kudu nulis ulang yang itu berarti mikir lagi, tadi aku nulis apa yaah...?? Uda keburu BT aja siih..

Tips : Ini sepertinya kudu ganti template. Aku pernah complain ke salah satu blogger yang templatenya begini, tapi sepertinya beliau sudah sayang sekali dengan templatenya. Jadi sampai sekarang masih pakai template yang itu. Kalau sedang BW, gak bisa disambi macam-macam, kudu gercep komen dan enter. Kan...kan.... hehhee...



Tampilan Tulisan Tidak Rapih

Ini jelas menganggu pembaca siih... Inginnya baca blog yang nyaman di mata dan pembaca mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Tapi, begitu melihat tampilan blog yang acak-acakan, uda auto males baca aja. Misal, kaya tulisannya terlalu besar atau gambarnya yang gak simetris sehingga tulisannya menjadi terpotong, atau bisa juga tulisan blognya terlalu kecil.
**eh, jadi nyadar...tulisan blog lendyagasshi terlalu kecil gak yaah...??

Tips : di setting lagi templatenya. Memang kalau gak biasa setting-setting, proses ini tuh yang paling malesin. Makanya, aku cenderung menyerahkan kepada ahlinya aja siih...kalau soal setting template blog dan teknis lainnya. Pekerjaanku, menulis. Hehehe...kan blogger.



Warna Latar Blog

Ini sebenarnya balik ke selera siih... Ada yang blognya berwarna latar hitam, tulisannya putih, atau latar blognya ada saljunya turun, ada bintang bertebaran di mana-mana, sah-sah aja. Ini kan kepribadian masing-masing blogger. Tapi yang wajar dan membuat mata nyaman adalah warna latar blog putih dan bersih. Boleh ada ornamen, tapi gak berlebihan atau terlalu ramai. Selain mengganggu, juga bikin blog menjadi berat.

Tips : Ganti warna latar yang pada umumnya, karena bikin orang nyaman saat bertamu ke rumah kita.


Sitenya Sering Down

Nah...ini beberapa blog juga sering begini, kalau sedang tinggi trafficnya, suka down. Sehingga bikin pembaca uda malas duluan. Aah...palingan nanti di komentarin bakalan muncul 404. 

Tips : Cari penyedia hosting yang kinerjanya bagus dan terbukti banyak klien yang puas. Salah satu ciri penyedia hosting yang profesional adalah beberapa kali melakukan maintenance terhadap blog kita dan selama maintenance, mereka memberi kabar melalui email exact time nya dan memberi laporan sesudahnya. Entah si klien itu paham atau engga, tapi yang pasti, aku puas banget sama penyedia hosting yang aku pakai saat ini. Walau sesungguhnya aku rada berat juga siih...hahhaa, setipa tahun tarifnya naik euuiii~


Kebanyakan Pop Up Iklan

Huhuu...semoga bukan blogku yaah...yang mulai pasang ads beberapa bulan ini dan bikin sahabat lendyagasshi gak nyaman. Mohon maaf, semoga memaklumi. Blogger juga butuh site cuan. Halaaaa~

Kalau ngobrolin pop-up iklan yang mak bedundug muncul dan harus di tonton dulu selama 5 detik, misalnya... ini bikin pembaca gak nyaman sih yaa.. Apalagi pop-upnya berupa video. Hiih...jadi kaya salah satu blog ternama yang kita juga bisa menjadi salah satu kontributornya, blognya tuh kalau ada tulisan suka ada iklan video nya juga.

Duuduudu...


Banyak tulisan sedikit gambar

Yaaa....contohnya blogpostku kali ini. Aku sejujurnya agak boring sama blogpost yang isinya tulisan panjaaang atau tulisan dengan paragraf terpenggal-penggal hanya 1 atau 2 kalimat. Rasanya baru dikit, kok uda ganti paragraf lagi siih...?

Dan tulisan yang panjaaang atau penuh dengan dialog. Umm, rasanya aku gak konsen baca tulisan panjang tanpa ilustrasi. Beda sama buku yaa...

Tips : Usahakan kalau artikelnya panjang, sisipkan gambar di antaranya. Agar pembaca juga seger. Karena rerata anak millenial lebih suka menonton video, it means gambar yang informatif daripada membaca tulisan.



Sesuaikan Niche Blog dengan Bahasa yang Kita Gunakan

Kalau seperti aku yang biasa menuliskan drama Korea, aku sebisa mungkin mencari kata-kata yang banmal alias non-formal. Karena aku tau banget, pembaca aku rata-rata anak usia remaja hingga 35 tahun. Jadi sebisa mungkin bahasanya yang yaah...gawl gitu.

Berbeda dengan blog parenting atau blog teknologi. Pasti lebih nyaman menggunakan bahasa formal. Karena kesan yang sampai ke pembaca pun berbeda. Kesannya profesional dan terpercaya.

Tips : Untuk menemukan gaya menulis ini memang gak mudah. Butuh latihan atau flying watch alias jam terbang yang tinggi. Setiap hari menulis dan nanti lambat laun, sahabat lendyagasshi akan menemukan "style"nya masing-masing.


Judulnya Tidak Kontroversial atau Clickbait

Yah, boleh-boleh aja siih... memanfaatkan moment. Tapi kalau aku, prefer engga siih... Karena judul clickbait lalu isinya gak sesuai, itu bikin sakit hati pembaca. Kalau media online yang bergerak di bidang jurnalis gosip, mungkin ini adalah sebuah daya tarik. Tapi kalau personal blog, rasanya kok kurang kreatif gitu...

Lagi-lagi, ini murni pendapat pribadi yaa.. 
Kalau suka clickbait, ya monggo... Kembali lagi ke dirinya masing-masing.


Perlukah Memperhatikan SEO Selama Menulis Blog?


Tergantung kenyamanan masing-masing. Kadang SEO itu membuat tulisan kita menjadi kaku, kalau belum terbiasa. Tapi kalau sudah terbiasa dan tau cara kerja mesin pencari google, aku rasa SEO ini akan terbentuk dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.

Plus tetapkan lagi, apa tujuan sahabat lendyagasshi menulis blog?

Kalau kata kak Vicky, personal branding itu penting. Dan personal branding tidak dibangun dalam satu malam. Sehingga untuk paham dan menerapkan SEO juga begitu. Butuh penelitian dan sekali lagi, algoritma google itu selalu berubah. Jadi jangan kecewa kalau artikelnya belum pejwan. Santuy dan nikmati prosesnya sedikit demi sedikit. Semoga menjadi lebih baik lagi.


Oh iya, yang perlu diingat bahwa kita menulis untuk apa?
Kalau untuk bahagia, maka tulis jugalah dari hati dan sampaikan dengan bahagia tanpa memperdulikan algoritma mesin pencari.

Tapi kalau menulis untuk job atau lomba, naah... ini penting penelitian dan memasukkan keyword yang pas.


So, are you ready to be a blogger?


즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.




With love,


18 comments for "[Ramadan Day 2] Alasan Mengapa Blog Tidak Ramai Dikunjungi"

  1. Keren, ananda Lend. Ulasan yang bermanfaat. Untuk blog nenek-nenek cukup pakai bahasa formal ajah kali ya? He he ... Terima kasih telah berbagi.

    ReplyDelete
  2. Postingan keren. Ada masalah, ada solusi. Dan aku setuju sama poin-poin yang disebutkan di atas. Menurutku yang paling nggak nyaman kalau UI-nya rame banget deh. Terlalu banyak iklan, karena keganggu banget kalau lagi baca serius.

    ReplyDelete
  3. Sama, mbak. Aku juga kurang suka sama blog yang semua postingannya sponsor post. Kayak kurang menarik aja sih buat aku, lebih menarik kalau penulisannya natural dan berdasarkan pengalaman si penulisnya sendiri.

    ReplyDelete
  4. Aku tersedak di bagian banyak tulisan sedikit gambar. Langsung jleb engingat diri sendiri. Apakah aku begini?

    Huhu ....

    Masih perjuangan banget sih kalau tulisan organik kurang digas sebenarnya. Soalnya kebanyakan link keluar juga rasanya nggak kece buat blog sendiri.

    ReplyDelete
  5. saat malas nulis beberapa waktu lalu, blogku kebanyakan isinya sponsored post semua. Nah akhir-akhir ini sepertinya semangat nulisku mulai kembali nih jadi mulai publish artikel organik. Semoga pembaca gak pada lari dari blogku yaa

    ReplyDelete
  6. Terima kasih sharingnya Teh.. Duh, mudah2an blogku tidak termasuk yg bikin kesel pembaca sehingga nggak mau datang lagi.. Mgkn loadingnya yg kadang2 lama ya?

    ReplyDelete
  7. Kalau saya, blog nggak ramai karena memang jarang nulis & promosiin sih memang. Kebetulan lagi ada kesibukan lain yang menyita waktu & tenaga.

    ReplyDelete
  8. Ada banyak alasan mengapa blog kita nggak ramai pengunjung. Blog nggak ditemukan tu memang benar adanya. Alasannya bukan hanya kode 404 saja sih. Tapi biasanya karena artikel kita belum keindeks google. Jadi, pengunjung organiknya nggak ada. Beda sama artikel yang udah keindeks. Meski sedikit pasi ada aja pengunjungnya. Apalagi kalau sampai nongkrong di halaman 1 google. Hehehe

    ReplyDelete
  9. Wah ini nih alasan blog gak ramai, jadi bikin ngaca dan ngecekin blog sendiri deh aku. Jadi malu ih, 5 tulisan teratas semua sponsored post. Udah kayak etalase aja jadinya

    Sip sip. Auto nyiapin tulisan organik yang menarik biar pengunjung datang lagi

    Makasi sharingnya kakak

    ReplyDelete
  10. orang taunya ngeblog itu mudah.. padahal kompleks banget haha buat dapetin traffic aja ada sejibun hal yang perlu diperhatikan. mulai dari tulisan, sebaran kata kunci, sampai SEO. temenku dulu pernah ada yang minta diajarin monetisasi ngeblog tapi nulis masih susah.. biasanya kalau begitu, bakal beratt perjalanan ngeblognya kalau nggak semangat banget

    ReplyDelete
  11. Ak jg paling kesel klo ada blog yg refresh otomatis sama kebanyakan iklan kwkwk jadinya bikin males visit blog ya mba. Trnyta emg itu alasan blog ga rame haha

    ReplyDelete
  12. Ulasan menarik ini mba. Aku juga suka kesel sih kalau banyak pop up iklan, jadi ganggu konsentrasi baca isinya. hehehe

    ReplyDelete
  13. Bener banget Teh kalo kebanyakan pop up iklan sama judulnya yang clickbait kadang suka bikin kesel dan malesin yaa

    ReplyDelete
  14. Ih iya, suka sebel kalo nemu blog yg loadingnya lama. Bikin mood baca jadi turun banget..

    ReplyDelete
  15. Aku paling kesel deh kalau blog yang suka ngerefresh sendiri gitu kak, apalagi udah nulis komen panjang-panjang. Biasanya pemilihan template juga jadi pertimbangan agar tidak lama loadingnya ya.

    ReplyDelete
  16. Bener bgt mba blog Eny barubah semenjak ganti template yg lebih enak dipandang dan dibaca 😂😂 dulu kan warna warni hahaha

    ReplyDelete
  17. Bener banget yang ditulis sama Teh Lendy di sini. Google Ads emang menyenangkan sih tapi kalau terlalu banyak juga pembaca bakal risih. Makanya sekarang juga aku kurang2in.

    ReplyDelete
  18. Aku p aling sebel banyak pop up dan warnanya menganggu Uni, yang lain aman.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email