Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Write Your Destiny : Plagiasi Takdir

Bismillah,

Write Your Destiny : Plagiasi Takdir
Annyeong haseyo~


Hola sahabat, lendyagasshi.
Akhir-akhir ini sudah mulai mempersiapkan Ramadan yaah.. Jadi mulai me-reset waktu dalam kehidupan. Gimana caranya? Alami aja siih...mendadak anak-anakku kalau bangun sebelum shubuh, alhamdulillah... Dan mamak hanya mengikuti jam biologis mereka.

Jadi sebenarnya, aku yang membiasakan mereka atau mereka yang membiasakan aku niih??
Hahhaa...takdir.

Ngobrolin soal takdir, lalu aku lihat ada drama barunya Ki Do Hoon dan produsernya Kim Eun Sook. Tahu doonk... penulis drama yang always heiits (Descendant of The Sun, The King: Eternal Monarch, Mr. Sunshine, Goblin, Secret GardenA Gentleman's Dignity, The Heirs, dll.... **kok gak abis-abis kalau aku sebut semua yaa...), tapi pada kenal drama-drama itu kan yaah...?

Nah, di drama yang mau aku bahas kali ini, Kim Eun Sook jagga-nim berperan sebagai eksekutif producer. Bagaimana dramanya? Bakalan jadi masterpiece seperti drama-drama beliau sebelumnya gak..meski di drama ini yang menulis drama bukan Kim Eun Sook sendiri?

Yuuk~

Review drama korea Write Your Destiny

Profil Drama

Judul Scripting Your Destiny/ Write Your Destiny 
(Dangsinui Unmyeongeul Sseugo Isseubnida/ 당신의 운명을 쓰고 있습니다)

Sutradara : Kim Byung-Soo
Executive Producer : Kim Eun Sook
Penulis : Eun Sun-Woo

  Actors :    

Ki Do-Hoon as Shin Ho Yoon
Park Sang Nam as Myung (Dewa Takdir)
Jeon So-Nee as Go Chae Kyung / Go Eun Seon / "Yang Mi Soon" / "Go'spresso"
Kim Woo Suk as Jung Ba-Reum

Genre : Fantasy, Comedy, Romance

Network : TVING
Release Date : March 26, 2021

Episode : 10 eps (23 minutes)


Sinopsis Drama Scripting Your Destiny

Drama fantasy yang menyuguhkan cerita menarik dari para tokohnya yakni seorang penulis takdir, Shin Ho Yoon (Ki Do-Hoon) dan Go Chae Kyung (Jeon So-Nee). Mereka berdua sama-sama penulis, tapi bedanya, Shin Ho Yoon menuliskan semua takdir manusia (bersama dewa yang lainnya tentunya), tapi Go Chae Kyung adalah seorang penulis naskah drama TV.

Bagi yang suka drama Korea kaya Penthouse, The World of Married atau drama-drama dramatis lainnya yang booming dan meraih rating tinggi, kebayang gak...siapa yang ada di balik layar?

((manggut-manggut))

Tentu sang penulis dramanya sendiri. Dan kebayang gak.. kalau sang penulis drama juga punya ghost writer? Jadi kaya orang lain yang nulisin, terus naskahnya nanti dihalusin dikit-dikit sama penulis aslinya.

Review dan sinopsis drama Write Your Destiny

Nah, kurang lebih seperti itulah tugas Chae Kyung. Namun, tanpa disangka, tanpa dinyana, drama yang ditulisnya booming. Banyak orang yang membicarakan drama yang berjudul "The Accounting of The Married".
**hahaha, judulnya cheesy begini...sebel!

Apakah Chae Kyung menjadi penulis drama terkenal setelah dramanya melejit?

Ternyata tydack, sodara-sodaraku...
Karena ia menggunakan nama Ibunya dan hanya sebagai penulis hantu, aka. ghost writer, kan... Padahal ia bekerja keras menulis naskah itu selama setengah tahun dengan kehidupan yang beneran kacau, siang jadi malam, malam jadi siang, saking seriusnya ia dengan projectnya tersebut.

Tapi, gwaenchana (tidak apa-apa), Chae Kyung menerima balasan yang setimpal. Ia senang melihat Ibunya bangga bahwa drama yang ditulisnya tampil di televisi dan diperankan oleh bintang ternama, Nam Jo Gil (ini mungkin plesetan dari Kim Nam Gil, hahhaa).

Chae Kyung terus berusaha merampungkan dramanya daaan...drama dalam kehidupan aslinya. Mendadak, apa yang dialami dalam kehidupan aslinya mirip seperti karangannya semasa ia SMA dulu. Karangan anak SMA yang naif dan cheesy. Chae Kyung merasa ada yang gak wajar sama hidupnya. Mendadak ia bertemu dengan cinta pertama, mendadak ia melihat magenta pink rain (sebuah fenomena alam yang hampir tidak pernah terjadi) dan pernyataan kisah cinta sang cinta pertama yang begitu menggetarkan hati.

Nyata kah apa yang dialami Chae Kyung?


Bertemu dengan Dewa Takdirnya

Review dan sinopsis drama Scripting Your Destiny

Yuhuu~

Shin Ho Yoon (Ki Do-Hoon, Once Againadalah dewa takdir yang menuliskan takdir Chae Kyung. Ia ingin memiliki maha karya yang sempurna sehingga takdir seseorang bisa lebih indah, gak B aja seperti menusia lain pada umumnya. Namun sayangnya yaa... Shin Ho Yoon ini belum pernah merasakan jatuh cinta. Sehingga ia tidak bisa menuliskan takdir Chae Kyung untuk masalah cinta.

Untuk melancarkan idenya, ia meminjam buku karangan Chae Kyung sewaktu SMA ke Ibunya Chae Kyung yang kebetulan juga menyewa gedung yang dimiliki Shin Ho Yoon.

Oh, iya...
FYI, Shin Ho Yoon ini dewa yang kehidupannya seperti kita tahu, immortal. Ia sudah hidup berjuta beribu bermilyar tahun. Halaah

Dan tugasnya menuliskan takdir manusia. Karena kehidupannya yang abadi inilah maka ia memiliki banyak aset (properti) di Korea. Emm, mirip-mirip Do Min Joon di My Love From Another Star yaah... Atau Choi Kang Chi di Gu Family Book.


Plagiasi Takdir

Review dan sinopsis drama Scripting Your Destiny

Salahnya, setelah meminjam buku tulisan Chae Kyung saat masih SMA, sang dewa takdir, Shin Ho Yoon bener-bener menjiplak karya Chae Kyung. Sebagai penulis, Chae Kyung sadar doonk... Kalau ada yang aneh dalam kehidupannya. Dan sahabatnya memberitahukan bahwa itu adalah TAKDIR.

Chae Kyung yang seorang penulis, gak begitu saja percaya dengan takdir, maka ia menyelidiki apa yang terjadi. Dari hasil penyelidikannya, ia sungguh menemukan hal aneh pada diri Shin Ho Yoon. Selalu ada yang ganjil. 

Akankah Chae Kyung percaya takdir yang indah akan terjadi pada kahidupannya?

Bagaimana akhirnya bila seorang dewa memplagiasi tulisan manusia untuk menjadi takdirnya sendiri?
Ada hukumannya kah?


Fakta Drama Scripting Your Destiny

Sebenarnya bukan hal yang baru yaah... Drama dengan genre fantasy yang mengangkat kisah cinta dewa (atau malaikat) dengan manusia. Beberapa film bule seperti City of Angel dengan pemeran Nicolas Cage dan Meg Ryan pada tahun 1998 pun pernah mengangkat kisah ini.

Belum lagi Goblin yang sempat hits di tahun 2016. Bagaimana endingnya?
Uda bisa ketebak endingnya siih... Tapi penonton tetap asik-asik aja kan yaa...sama jalan cerita genre fantasy seperti ini.

Jadi saranku, selalu siapkan mental saat menonton drama dengan genre seperti ini. Dan jangan berharap terlalu tinggi dengan hasil akhir. Ikuti aja jalan ceritanya yang unik, hehehe..


Lesson Learn drama Scripting Your Destiny (2021)

Semua manusia terlahir dengan buku dalam kehidupannya. Setiap momen dalam kehidupannya sudah tercatat dalam buku itu. Itulah yang disebut dengan takdir.

Meski sudah tercatat di dalam takdir, namun manusia tetap harus berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan kehidupan yang baik. Karena takdir baik juga karena perlakuan baik yang kita lakukan sehari-hari.


Setiap orang yang hidup di dunia ini akan melewati segala jenis percobaan.
Ada kalanya mengalami percobaan kebahagiaan dan adakalanya percobaan kemalangan. Yakinlah setiap percobaan pasti ada akhirnya.


Bagaikan sidik jari yang berlainan, penulis pun memiliki gayanya masing-masing.
Penulis bersembunyi di balik nama pena mereka, tetapi tidak mudah menyembunyikan gaya menulis mereka.


Drama ini juga menunjukkan bahwa manusia memang selayaknya manusia yang memiliki berbagai macam bentuk emosi seperti sedih, bahagia, benci, cinta, simpati, dan lain-lain. Jadi ideal banget kalau manusia saling membantu, saling menyayangi, dan saling saling yang lain. Hihii~


Sip yaa..
Untuk drama durasi 23 menit, Scripting Your Destiny (2021) ini asik juga untuk ditonton di kala senggang.


Rate : ⭐⭐⭐/ 5

화이팅!
Hwaiting!


With love,



49 comments for "Write Your Destiny : Plagiasi Takdir"

  1. Iih kok ucul nih drama. Biskin dong nontonnya di mana? Di Iqiyi ada nggak? *berasa jadi kek Kak Risna tanya iqiyi mulu 😂

    ReplyDelete
  2. Nah nah naahhh
    aku syukaaakk drakor dgn jalan cerita kayak gini nih

    semoga super FUN pas nontonnya
    ga bikin sutris kayak drakor psikopat jaman now wkwkwkwk

    ReplyDelete
  3. Genre fantasinya sekaranh makin out of the box ya, aku lagi ngabisin dlu vinzenzo sma mouse dlu nih, tinggal nunggu ujungnya wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya bener
      ide2 drakor tuh emejing
      pokoke out of the box banget

      Delete
  4. takdir tuh ternyata bisa jadi jalan cerita drakor yang seru pisan ya dan pastinya menarik untuk dituntaskan hehehe

    ReplyDelete
  5. Andai ada Dewa Takdir yang suka plagiat beneran, aku mau nulis kisah-kisah yang indah terus, wkwkwk...

    Durasinya cukup pendek ya, Kak.. Kayaknya menarik untuk ditonton nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ya manusia harus berimbang dong, ada sedih ada senang dll. Kalau indah terus ya gimana gitu ya. Yuk nonton barengan yuk Mbak Arin.

      Delete
  6. Jalan takdir di kehidupan nyata aja sudah sangat emejing rasanya ya. Apalagi kalau diangkat jadi cerita drakor. Selalu dibuat penasaran untuk terus ngikutin episode per episode nya.

    ReplyDelete
  7. Aku jadi penasaran nih mba sama drakornya, belakangan ini pengen nonton yg ringan

    ReplyDelete
  8. Aku dah lama belum nonton drakor lagi nih huhu sekitar 3 mingguan yes soale lagi sibuk banget sama kerjaa huhu. Btw kalau durasi pendek gini biasanya tak tungguin sampe beberapa episode jadi biar maraton haha.

    ReplyDelete
  9. Wah ini ceritanya unik ya jadi inget novel anakku yang sulung kisah2 seperti inilah... pengarang itu inspirasinya suka out of the box ya ...ga kepikiran sama aku mah hahaha....

    ReplyDelete
  10. Drama fantasi ini selalu menarik ya adaa saja idenya writernim, jadi penasaran pengen coba nonton.. Apalagi ini tentang penulis hihihi..

    ReplyDelete
  11. Aku cari di drakor.id+, viu dan Netflix tak ada yaaa mba? Aku pgn nonton Krn durasi yg singkat sih. Jd msh oke, Krn aku sdg marathon drakor2 lain juga hahahhah. Jalan cerita kayaknya lucu :D. Walopun mungkin memang suka ga ketebak kalo yg tema dewa dan manusia gini . Tp setidaknya ga sedih2 amat biasanyaaaa :D.

    ReplyDelete
  12. Penulis Kim Eun Sook kok kalau nulis cerita bagus2 ya hahaha tapi aku malah belum nonton scripting your destiny bagus kayanya ya, berhubungan dengan takdir yang sudah digariskan

    ReplyDelete
  13. Kalau bahas plagiasi takdir ini bisa juga sih dikorelasikan sama doa untuk takdir yang bisa dirubah. Dulu pernah diajarin temen buat nulis doa2 kita secara detail banget, rutin dibaca, didoakan, dan rata2 banyak yang terkabul.

    Aduh, artikel ini memacuku lagi untuk menuliskan doa2 secara detail lagi. Dan memang asyik kalau ditulis di buku sih. Berasa lebih greget bisa dicorat coret dan di highlight ����

    ReplyDelete
  14. Nah cerita kayak gini nih yang saya suka, fantasi dan ada romantis2nya hihi walaupun seperti mba bilang jangan trlalu berharap sama endingnya tetep aja pengen nonton :)

    ReplyDelete
  15. Aku terakhir nonton drakor tema begini ya Goblin itu hehe
    Awalnya emang mungkin terasa aneh tapi kalau berusaha menikmati ya menerima aja deh jalan pikiiran yang bikin skenarionya ya haha
    Apalagi kalau tokoh2nya cakep2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk dewa juga ternyata gak sempurna dan bisa berbuat kesalahan
      Btw tokoh2 dedewaan ini kalau di drakor2 kok mesti jd wong sugeh sih, udah gtu immortal pula. Tapi serem sih kalau gk mati2 bisa melihat org lain menua dan dia gak, agak gmn gtu

      Delete
  16. Waah dewa kok nyontek naskah manusia sih hihihii... aneh2 aja dan antimainstream nih kisahnya. Jadi bikin bingung si manusia ya koq bisa kisah yang ditulisnya terjadi dalam kenyataan.

    ReplyDelete
  17. Bener juga sih yang tentang gaya penulisan. Kalau kita biasa membaca karya seseorang, biasanya juga akan akrab dengan gaya penulisannya. Termasuk tulisan para blogger juga ada yang bisa dikenali gayanya

    ReplyDelete
  18. ide penullis skenarionya out of the box banget ya, bagaimana caranya menulis takdir sendiri. Dan gaya menulis tidak akan menutupi jati diri, seakan sudah jadi ciri khas yang tidak kan hilang

    ReplyDelete
  19. Wow terkesima lihat episode nya cuman sampai 10 doang.
    Menarik nih nonton drama yang nggak panjang-panjang banget, jadi bisa nonton nggak terlalu menghabiskan banyak waktu.

    Apalagi jalan ceritanya menarik ya, gitu deh kalau main ke blog ini harus siap-siap teracuni, hehehe.

    ReplyDelete
  20. Masukin ke list tontonanku di waktu ngantuk pas di kantor ah, hihihihi. Kusuka selalu drakor pokoknya, ide ceritanya selalu OOTB banget. Makanya bisa candu banget kalau nontonnya nggak lkelar-kelar.

    ReplyDelete
  21. Jadi inget pelajaran agama dulu tentang qodha dan qodhar dan lauh mahfuz. Ada takdir yang udah ga bisa ditawar-tawar lagi tapi ada juga yang garisnya bisa kita usahakan untuk diubah sesuai ikhtiar kita ya, Len

    ReplyDelete
  22. Wah ketemu lagi sama makhluk immortal di sini hehe :D
    Tapi kadang suka kejebak drakor fiksi ini, krn cerita romansanya membuat kita mau gak mau kudu menerima jalan ceritanya jd masuk akal xixixi

    ReplyDelete
  23. Ki Do-hoon uri oppaaaa (semua aja uri oppa, haha) aku belum nonton drama ini lho mbak. Bisa nih nanti coba dicek dan ditonton. Terakhir liat Do-hoon di Love Alarm 2, dia emang ganteng

    ReplyDelete
  24. Drama fantasi yang bikin baper nih ya.
    Walopun endingnya udah ketahuan kalo sang dewa dan manusia itu gak mungkin bersatu, tapi seru aja nontonnya, apalagi karena biasanya sang dewa pake kekuatan ajaib biar sesuatu nisa terjadi. Hehe...

    ReplyDelete
  25. Aseliiii aku jadi penasaran banget dengan dramanya.. Segera ditonton nih heheh

    ReplyDelete
  26. Benerrrr bgt manusia wajar unt punya berbagai macam emosi. Tp kadang ada manusia yg agak2 hihihi. Serunya drakor, bnyk adaptasi dr hidup manusia ya. Yg mungkin terjadi n kasih nilai2 penting.

    ReplyDelete
  27. Idenya asyik nih. terutama tentang plagiasi takdir. Nemu aja ya penulis ceritanya. Kagum aku tuh sama ide2 cerita drakor.

    ReplyDelete
  28. Laily Fitriani4/14/2021 02:49:00 PM

    Wow, jadi penasaran dengan drama ini Mbak. Belum pernah menonton drakor begini, suka yang model kerajaan.

    ReplyDelete
  29. ya ampun, kok dewa enggak kreatif amat ya hihih ampun deh jadi ketawa sendiri. dapat aja sih kaka, drakor yang menarik dan kocak. makasih rekomendasinya yaa

    ReplyDelete
  30. Ternyata banyak banget drama yang belum kutonton nih. Jadi pengen nonton ini juga

    ReplyDelete
  31. Kalau saya sendiri kurang suka dengan film atau drama yang fantasi sukanya drama romantis macam Decendant of The Sun.

    ReplyDelete
  32. Ala ala fantasy gitu ya? Belum nyimak ini nonton masih nonton fight my ghost gara2 taecyeon 😂😂😂

    Tapi rada fantasi gini emang seru ya 😍

    ReplyDelete
  33. lama-lama, aku bisa nonton kdrama nih kalau bolak balik ke blog mak lendy, hihihih. senang baca reviewnya meskipun belum mau nonton film-filmnya

    ReplyDelete
  34. wow makin banyak aja genre drama Korea buat jd pilihan hiburan selama di rumah.. kebetulan temenku banyak yg penggemar drakor.. aku mau kabarin ini kak..

    ReplyDelete
  35. Meskipun belum nyoba nonton drakor, saya sangat menikmati ulasan ini. Mungkin suatu saat akhirnya jadi pecandu drakor juga. terima kasih ananda Lend.

    ReplyDelete
  36. Kayaknya aku doang yang belum nonton Descendants of the sun :)) kalau kisah fantasy memang harus berkhayal sedikit ya, kadang aku suka kebiasaan kritisi (bawaan dulu suka review film) hehehe

    ReplyDelete
  37. Waaaa Ki Do Hoon oppaaa... baru tau aku dia ada drama ini, harusnya kemarin jadi alternatif yang manis-manis di antara drama jantungan yang beredar di mana-mana.

    ReplyDelete
  38. Tiap baca blognya mbak lendy, udah melekat nih pasti tentang drakor, hehe.. Aku belum nonton drakor yang ini nih, unik juga ya ceritanya, beda dari drakor-drakor yang sebelumnya aku tonton.

    ReplyDelete
  39. Aku selalu salut dengan drama Korea karena ide ceritanya unik-unik, penasaran mereka tuh dapat idenya darimana sih. Jangan-jangan mereka nyontek script-nya Dewa wkwkwkwk.

    ReplyDelete
  40. Aku udah nonton 5 eps Uni, terus bapak masuk RS dan lupa heheh semoga ntar bisa ngelarin .Suka banget ama kisah nya.

    ReplyDelete
  41. Huah drama dewa lagi jadi inget goblin ya Mbak Len. Penasaran deh sama aktor utamanya lucu imut mukanya hehe

    ReplyDelete
  42. wah aku ketinggalan info soal drama ini nih mba, menarik ceritanya. masih on going atau sudah kelar episodenya?

    ReplyDelete
  43. Belum nonton ini
    Saya masukkan nonton habis tarawih ah kalau memang ga ngantuk
    Cuman kayaknya belum ada di VIU

    ReplyDelete
  44. Hmm, kayaknya menarique nih Teh Lendy, ntar aku coba cari dan tonton ah. Tengkiu rekomendasinya Teh

    ReplyDelete
  45. Masya Allah ketemu Ramadhan ini seneeeeng banget. Tapi masih aja ada lalainya. Huhu.

    PRku Ramadhan ini kudu ngurangin hal yang ga faedah. Gimana ya, rasanya sayang ya, kalo Ramadhan malah ga bisa ibadah yang maksimal. Semoga Allah mudahkan kita semua.

    ReplyDelete
  46. Dari baca ulasannya di atas dramanya cukup ringan ya apalagi selain thriller saya juga lumayan suka dengan drakor yang bergenre Fantasi jadi boleh juga nih dimasukkan dalam list drama yang bakal saya tonton nantinya

    ReplyDelete

Berlangganan via Email