Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

[Ramadan Day 7] Target 2021

Bismillah,

Bagaimana Agar Mencapai Target?

Hola sahabat lendyagasshi.

Memang time fly so fast yaaah... Tiba-tiba Ramadan sudah seminggu aja niih.. Kira-kira, sudah mempersiapkan apa niih...untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H yang jatuh, in syaa Allah pada tanggal 13 Mei 2021?

Sebelum ngobrolin Lebaran, aku mau menuliskan tema Ramadan Day 7 dari BPN Challenge, yakni ❝Target yang Ingin Dicapai 2021❞. Tapi sebelum ke target, coba deh...aku ceklist dulu, sudah benar belum langkah-langkahku untuk mencapai target?


Langkah-Langkah yang Ditempuh untuk Mencapai Target

Langkah-langkah ini aku tulis setelah membaca buku kak Ollie, penulis kesukaanku yang sangat menginspirasi karena bukunya rata-rata buku non-fiksi untuk memotivasi anak muda masa kini. Nanti kalau aku sudah selesai baca bukunya, in syaa Allah aku ulas di blog yaah...

Kali ini point-point utamanya dulu mengenai bagaimana agar target bisa terpenuhi?


Start With Why

Seringkali kita lupa bahwa apa yang membuat kita semangat menekuni bidang tertentu adalah bukan karena siapa-siapa, tapi karena dorongan dari diri sendiri. Ini makanya kak Ollie mengutarakan bahwa semua kembali lagi ke diri sendiri.

You don't know why you do something, that's why you've never finished anything.

Cara mencapai target dalam hidup


Tips :
Buatlah Strong WHY yang masuk akal dan bertahap. ❝Big enough to inspire you, but not to overwhelm you❞.



Power of Vision

Ketika kita sudah menetapkan strong WHY, maka yang harus dilakukan kemudian adalah menetapkan visi, Bedanya strong WHY dengan visi adalah kalau strong WHY ini tujuan. Ketika aku ditanya strong WHY menulis itu apa? Aku bakalan bisa menjawab untuk kebahagiaan diriku, betapa senangnya melihat PV blog setiap hari bergerak naik dan turun (kalau turun, sedih siih, hiiiks), tapi pasti dari sini aku belajar banyak hal.

Sedangkan VISI adalah potensi yang membantu mewujudkan impian. Misalnya visi blog lendyagasshi adalah memberikan informasi mengenai Korea. Mungkin memang masih ada yang lengkap dan lengkap lagi, tapi dari sini, aku sudah mulai berpijak pada mimpiku.


Tips :
Bermimpilah setinggi-tingginya, karena mimpi itu gratis, begitu pukas kak Ollie dalam bukunya, Sehingga, ketika kita sudah bermimpi, kita akan dengan sekuat tenaga mewujudkannya.



Empower Your Self

Karena pada dasarnya manusia itu memiliki beragam kelebihan, sehingga tugas manusia adalah memahami dan mengembangkan bakat tersebut. Jika sudah siap, maka kembangkanlah lagi dalam sebuah komunitas.

Komunitas akan membantumu lebih banyak menemukan ide dan lebih banyak mendapatkan kesempatan yang mungkin kalau berjalan sendiri, tidak mudah didapatkan.


Tips :

Temukan solusi dari setiap masalah. Solusi yang praktis dan membuat diri kita semakin kuat dari segi fisik dan mental. Ingatlah, bahwa ketika sahabat lendyagasshi menemui sebuah masalah, itu berarti sahabat harus lebih banyak fokus pada solusi, Bukan menyalahkan oranglain apalagi keadaan yang tidak ideal.



Choose Yourself

Hanya diri kita yang mengenal diri sendiri. Sehingga benar adanya ketika ada yang berkata "Ikuti kata hati". Namun, bila ada masukan atau saran dari orang lain, tidak ada salahnya didengarkan dan jika ini baik untuk masa depan (karirnya sudah jelas), alangkah lebih baik lagi.

Ketika satu per-satu kata hati ini terpenuhi, tetaplah kita menetapkan satu arah yang sama untuk terus on track dan mengembangkan bakat yang sudah ditekuni.


Tips :

Banyak orang bisa saja memberi saran dan beropini. Tapi jika kita sudah memiliki keyakinan akan sebuah passion yang kita geluti, jangan gentar dan buktikan pada orang lain bahwa pilihan kita adalah pilihan yang tepat.



Do An Action

Setelah kita paham apa tujuan (strong WHY), visi dan kekuatan diri, maka terakhir Let's ROCK! Lakukan langkah awal yang dilakukan dengan konsisten. Misal ingin menjadi penulis, maka rajinlah menulis outline, riset plot storyline, karakter, dan lain-lain.


Tips :

Hormati mimpimu. Selagi masih muda, sehat dan penuh akan ide yang meledak-ledak, maka wujudkan. Jangan biarkan banyak alasan menghambat laju impianmu dan kelak hanya sesal yang tertinggal.


Banyak menjelajah Hal Baru

Ketika banyak border yang kita ciptakan sendiri, maka sesungguhnya kita telah membuat pagar yang tak terlihat. Padahal ketika pagar itu terbuka, maka kita akan bisa melihat dunia lebih luas. Ketika sudah take action, lakukan hal-hal dan mimpi-mimpi besar lainnya. 


Tips :

Jangan terpengaruh dengan komentar buruk orang lain yang menjatuhkan. Karena komentar yang baik bukan hanya mengkritisi tapi juga memberi masukan atau saran. Sepanjang ia hanya mengkritik tanpa memberi saran, itu bukanlah komentar yang harus kita dengar, Dan enough with the drama kaya takut di kritik, takut gagal, takut sendiri, takut kesepian dan ketakutan-ketakutan yang lain yang membatasi ruang gerak dan laju diri sendiri. Kontrol emosi yang memang seharusnya di bawah kendali kita agar tidak memengaruhi mimpi besarmu.



Target lendyagasshi 2021

Menulis Blog Setiap Hari

Ini bukan sekedar mimpi gak sih...? Hihii...selama ini selalu gagal dan bolong di pertengahan bulan, Entah mendadak gak ada energi menulis atau selalu merasa memaklumi diri sendiri yang ingin sehariii aja gak nulis. Tapi semoga selalu menulis dengan hati gembira.


Mengisi IG dan Twitter

Ingin rasanya konsisten. Habis nulis di blog, langsung taruh post di IG feed dan twitter. Tapi suka adaaa aja yang bikin langkahku terhenti. Kaya yang, "Gini informatif gak siih..?". Padahal menurut sharing kak Chie saat acara IG Live "Curhat donk, Makpon" mengatakan bahwa ER IG itu perlu dibangun denga cara posting feed setiap hari. 

Semoga setelah ini jadi lebih rajin bikin konten untuk kedua sosial tersebut.


Baca Buku

Never ending love story aku sama buku tuh... Kaya yang kangen banget pengen belanja buku fisik. Tapi suami udah kasih jatah langganan Gramedia Digital (yang ini aku udunan sama temen-temen juga sebenernya). Kalo pergi keluar rumah, pengen rasanya ngarahin setir ke Gramedia Merdeka atau Togamas Supratman.

Tapi apa daya, voting keluarga selalu membuatku kalah. Anak-anak pasti ke mall sedangkan Abi makan atau nonton. Kebaca banget yaah....tipikal keluarga kami ini?

Alhamdulillah,
Bergabung di IG baca buku rame-rame @gerakan_1week_1book. Jadi setiap bulan diberi raport progress membaca buku sama adminnya. Hebat banget deeh...

Jadi target melahap buku dan meresumenya di IG seminggu sekali.


Pola Hidup Sehat

Seneng banget sama yang namanya sayur. Apalagi dibikin kaya vietnamese salad roll. Rasanya juarak ini maah.. Karena gak mungkin beli setiap hari, jadi aku harus terapkan pola hidup seimbang dan mulai mengurangi gula.

Hiiks~
Sedih banget kudu berpisah sama makanan manis-manis. Karena toleransiku terhadap manis ini tinggi banget. Jadi mulai sedikit-sedikit mengurangi. Karena aku suka sama berat badanku saat ini. Kemarin sempat di angka 48. Dan aku rungsing pisaan... Alhamdulillah, kini sudah 45. Semoga menuju 44 dengan sehat yaah...

Aamiin~


Bahagia dan Sehat

Hidup gak ada tekanan itu uda yang paling enak, yaa...kan? Tanpa hutang, tanpa negatif thinking sama orang lain, dan selalu berpikir sebelum take action. Gak jadi orang yang reaktif dalam menyikapi sebuah permasalahan (dan sebuah gosipan, hahaha).

Jalani hari ini dan nikmati.


Kayanya target aku mah..gak muluk-muluk yaah.. hihii~
Tapi pernah lah..sesekali perempuan merasakan hal yang emosyenel. Apalagi kalo liat sesuatu yang beda standart sama aku. Langsung pengen ngrawuk rasanya. Tapi biasanya aku menenangkan diri lagi. Buat apa mikirin yang diluar kendali kita, yaa..kan?


Kalau sahabat lendyagasshi punya target apa nih di tahun 2021?
Semoga SMART goals (Specific, Measurable, Achievable, Relevant and Timebound).


안녕히 가세요~
annyeonghi gaseyo~


With love,



18 comments for "[Ramadan Day 7] Target 2021"

  1. Sist, makasii udah nulis ini ya
    to be honest, bbrp hari trakhir aku kayak ngerasa suwuung / hampa gitu lah
    dan jadi kayak inspired setelah baca artikel dikau
    makasiiii

    ReplyDelete
  2. Ya bener mbak, jangan pedulikan penilaian orang lain karena mereka hanya bisa menilai namun kitalah yg melakukan. Semangat mba Lendy

    ReplyDelete
  3. menyelesaikan membaca buku yang sudah ku beli mba tapi gak dibaca2, ampun deh. distractionnya anak sama sosmed, jadi selalu merasa kekurangan waktu khusus buat membaca buku

    ReplyDelete
  4. 2021 I want to live a simpler life. Udah itu aja sih.

    Simple di dalam keluarga,
    Simple di dalam pekerjaan,
    &
    Simple di dalam hubungan vertikal dengan Sang Pencipta

    Nggak mudah memang, secara by default saya termasuk orang yang kompleks & sophisticated. But well, no one ever said live simply is easy.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih tips-tipsnya Teh..ngena bener nih buatku yg masih banyakan maunya tapi blmjuga ambil langkah take action! hihi.. Target yg terukur mesti bisa kubuat juga aah..

    ReplyDelete
  6. Hei, semua target Mbak Lendy juga sepertinya adalah targetku yang tidak kutulis. Wkwk. Kecuali yang one day one post itu, aku nyerah. Targetku hanya 2-3 postingan per minggu. Hehe.

    ReplyDelete
  7. Nah bener mbak dengan menulis target jadi jelas ya langkah2 yang akan kita lakukan setiap harinya jadi ada arahannyagitu hehehe

    ReplyDelete
  8. Sejujurnya targetnya mirip-mirip sih, apalagi soal update blog kaena sekarang banyak waktu luang. Cuman Saya punya target besar sekarang yaitu kepengen divaksi COvid19 biar lebih tenang hidupnya

    ReplyDelete
  9. Baca buku... wahhh ini PR saya banget.. saya lebih suka scrolling timeline twitter daripada baca buku.. kenapa ya kegiatan gak berpaedah malah menyenangkan.. udah tau gak berpaedah tapi diterusin.. dasar akutuuuuu

    ReplyDelete
  10. Wkwkwkwk, sama banget dengan bagian rungsing sama bb.
    Sekarang, ya tinggal kurangi nasi saja. Gitu ya angka 20kg lebih banyak dr bb jaman perawan, masih suka jadi hantu.
    Anyhow, yg penting masih diberi nikmat sehat ya. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  11. wah asik ada tips mencapai target, bisa ditiru agar aku pun bisa mencapai targetku di 2021
    Semoga target targetnya tercapai ya teh, beberapa target kita sama
    :)
    Tapi buatku yang paling susah tu hidup sehat, masih suka makan junk food aku

    ReplyDelete
  12. Ah, mbak, big thanks sudah mengingatkan saya tentang sebuah target. Ternyata target nggak melulu soal action tetapi banyak hal yang harus dilakukan sebelumnya. Mungkin saya harus memperkuat strong why di sini biar nggak gampang moody dan terus ingat impian ya.

    ReplyDelete
  13. semoga semua target yang ditetapkan di tahun 2021 ini tercapai yaa, amiiin. Kalo saya, untuk blog, targetnya gak muluk-muluk, cukup bisa posting 3 atau 4 artikel organik sudah bersyukur banget

    ReplyDelete
  14. Ah suka deh sama artikel ini, benar banget teh
    Menenutukan target itu nggak perlu muluk muluk yang penting bisa mencapainya ya teh
    semoga targetnya tercapai teh :)

    ReplyDelete
  15. Inspiratif.. Sya jadi mikir punya target lebuh besar. Terima kasih, Mbak

    ReplyDelete
  16. Sekarang blog sama ig udah mulai lumayan aktifnya. Tapi aku masih bingung mengisi twitter haha

    ReplyDelete
  17. Bermimpilah setinggi-tingginya. Sebab, mimpi itu gratis ..." Super sekali. Tapi kapan ya. Waktunya bagi nenek-nenek tua seperti saya bisa berhasil meraih mimpi? Ah, mungkin sudah terlambat ya. Selamat malam, dan selamat istirahat ananda Lend.

    ReplyDelete
  18. Tips-tipsnya keren nih mba, patut diteladani. Tahu alasan kita melakukan kegiatan itu, tetapkan visi, terus mengembangkan diri dan take action.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email