Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Manajemen Kebersihan Menstruasi

Bismillah,

Info Seputar Menstruasi dan Manajemen Kebersihan Menstruasi.
Hola sahabat lendyagasshi.

Info Seputar Menstruasi dan Manajemen Kebersihan Menstruasi


28 Mei dikenal sebagai Hari Kebersihan Menstruasi, maka tepat pada tanggal tersebut jugalah Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia menyelenggarakan Webinar ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ yang diikuti oleh 1.000 perempuan Indonesia. Webinar ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman perempuan mengenai pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). 


Jadi, apa itu menstruasi?
Bagaimana manajemen kebersihan menstruasi yang benar?
Dan bagaimana Ibu harus berbicara menstruasi pada anak?



Apa itu Menstruasi?

Menstruasi adalah kondisi yang ‘normal’nya terjadi pada seorang perempuan yakni keluarnya ‘darah’ selama beberapa hari (3-7 hari) dari organ intim, dimana satu periode setiap bulannya setiap wanita tidaklah sama. Ada yang memiliki periode selama 28 hari atau 21 - 35 hari.

Menstruasi adalah penanda bahwa seorang perempuan sudah siap untuk bereproduksi (memiliki anak), karena haid adalah sebuah proses pelepasan sel telur yang sudah matang. Apabila tidak terjadi pembuahan, maka sel telur tersebut akan luruh melalui proses menstruasi ini. Namun apabila terjadi pembuahan oleh sel telur, maka perempuan tersebut akan mengalami proses kehamilan.

Apa itu Menstruasi?

Proses terjadinya menstruasi adalah darah yang keluar merupakan lapisan dalam rongga rahim yang dipersiapkan sebagai tempat menempelnya sel telur yang akan dibuahi, yang selanjutnya akan berkembang menjadi janin.


Manajemen Kebersihan Saat Menstruasi yang Benar

Data di Indonesia menunjukkan bahwa kesadaran perempuan Indonesia akan pentingnya manajemen kebersihan selama periode menstruasi masih sangat rendah. Anak perempuan tidak tahu apa yang harus dilakukan saat mengalami menstruasi untuk pertama kalinya.

Padahal hal ini penting sekali untuk menjaga kesehatan agar tidak timbul masalah di kemudian hari, seperti infeksi saluran reproduksi, infeksi saluran kemih, infeksi jamur dan peningkatan resiko kanker serviks.


Cara Menjaga Kebersihan Saat Masa Menstruasi

Buanglah pembalut yang sudah dipakai ke tempat sampah

Cuci bersih pembalut yang sudah dipakai dan masukan ke dalam kantong plastik

Apabila menggunakan pembalut cuci ulang, cuci pembalut tersebut setelah digunakan

Pembalut sebaiknya diganti setiap 4 – 5 jam sekali

Mandi 2 kali sehari untuk menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh

Selalu cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah mengganti pembalut


Cara Menjaga Kebersihan Saat Masa Menstruasi

Cara membersihkan saat sedang menstruasi atau sehabis buang air kecil, penting banget juga diperhatikan loo.. caranya adalah dengan menggunakan air bersih yang mengalir dan membersihkannya dari depan ke belakang.
**jangan sampai terbalik yaa..


Jika ingin membersihkan menggunakan produk pembersih organ kewanitaan, pilihlah yang memiliki pH normal vagina, yakni 3.5-4.5. Jangan gunakan sabun mandi karena pH sabun mandi terlalu tinggi sehingga tidak baik untuk lingkungan vagina.


Betadine : Rangkaian lengkap untuk menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaan.

1. Daily Protection

Digunakan untuk perawatan harian.
Mengandung pH balanced, prebiotics, bebas paraben, hypoallergenic, gynaecologically tested.


2. Read Days

Produk yang didesain khusus saat kita menstruasi, memberikan perlindungan ekstra sehingga area intim bebas kuman. Read days mengandung antiseptik PVPI 10% dan mengatasi gejala infeksi kewanitaan (keputihan, iritasi ringan, bau tak sedap, dan gatal).


3. Infection

Saat mengalami infeksi, maka kita harus konsultasi kepada tenaga kesehatan. Biasanya tenaga kesehatan akan merekomendasikan produk Betadine Infection yang mengandung antiseptik PVPI 10%.


4. On The Go

Saat kita bepergian dan memerlukan alat sanitasi, produk Betadine On The Go bisa menjadi pilihan terbaik karena selain praktis juga mengandung pH balanced, prebiotics, hypoallergenic, gynaecologically tested, bahkan flushable dan degradable

Cara Menjaga Kebersihan Saat Masa Menstruasi


Lalu yang sering menjadi pertanyaan terkait menstruasi adalah :

Apa itu menstruasi, bagaimana terjadinya?

Mengapa laki laki tidak menstruasi?

Apa tanda tanda menstruasi?

Menstruasi itu berapa lama?

Bagaimana menggunakan pembalut? Apa bedanya yang bersayap dan tak bersayap?

Apakah menstruasi sama dengan keputihan?

Kenapa pada saat menstruasi mudah marah dan gampang capek?

Kapan perempuan berhenti menstruasi?

Kapan bicara tentang menstruasi dengan anak?


Ya, jawabannya adalah mari membicarakan menstruasi dengan anak sebelum waktunya tiba. Saat yang tepat adalah pada waktu munculnya tanda tanda awal pubertas pada anak perempuan. Beberapa tanda awal pubertas ini muncul satu atau dua tahun sebelum menstruasi, diantaranya :


Tanda tanda awal pubertas pada anak perempuan :

Payudara mulai tumbuh

Tinggi badan meningkat

Keluarnya cairan dari vagina

Tumbuh rambut di area tertentu

Pinggul melebar

Muncul jerawat

Perubahan emosional


7 Tips Bicara tentang Menstruasi

Menurut Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia, Ibu Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi, ada 7 tips yang dapat digunakan orang tua saat bicara mengenai menstruasi kepada anak remaja.

Ibu adalah pihak yang paling diharapkan untuk pembicaraan ini.
Oleh karena itu, pemahaman ibu harus tepat dan tidak termakan mitos

Tanamkan bahwa pembicaraan mengenai menstruasi bukanlah hal yang tabu.

Dibicarakan berulang kali.
Bicara tentang menstrasi tak cukup hanya sekali namun harus diulang sampai beberapa kali. Dimulai dari tanda awal pubertas mulai muncul

Bersikap positif dan membangun.

Lebih baik banyak bertanya dan berdiskusi dibandingkan dengan memberi nasehat.


Jelaskan secara konkrit tentang proses menstruasi baik menggunakan gambar atau penjelasan dengan menggunakan pembalut

Penjelasan diberikan kepada remaja putri dan juga laki laki.
Walaupun untuk laki laki tidak perlu detail seperti penjelasan untuk remaja putri.


Penutup :

webinar ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’


Ya, begitulah penjelasan webinar ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ pada tanggal 27 Mei 2021 yang lalu. Sangat membantu sekali, terutama bagi para orangtua yang memiliki anak usia pra-remaja. Semoga edukasi ini bisa sampai kepada masyarakat luas terutama di era digital, semua informasi harus banyak disaring kebenarannya. Jangan mudah percaya pada berita-berita hoax dan mitos yang tidak mendasar.  

Bagaimana dengan sahabat lendyagasshi?
Adakah yang memiliki pengalaman menstruasi pertama yang tak terlupakan?
Atau ada yang sudah memiliki anak jelang usia remaja?


Berbagi kisah yuk...di kolom komentar.
Semoga bisa saling memberi semangat.


화이팅
Hwaiting!


With love,




18 comments for "Manajemen Kebersihan Menstruasi"

  1. tipsnya pastinay bermanfaat sekali ya untuk memberikan edukasi ke anak-anak terkait dengan menstruasi ini. saya dulu wkatu remaja jarang mendapatkan penyuluhan ini, dan ini bagus banget programnya wajib dilanjutkan

    ReplyDelete
  2. penasaran nih aku sama si on the go, besok mau coba cari juga aaah buat stock di rumah kalo nanti pas dateng bulan biar praktis kalo lagi pergi pergi yaaa

    ReplyDelete
  3. aku juga sudah wanti - wanti sama anak gadisku mba tentang membersihkan darah haid dan juga kesehatan organ reproduksi perempuan secara umum, soalnya penting bangeet

    ReplyDelete
  4. edukasi menstruasi sebaiknya diajarkan sejak dini ya Untuk Anak-anak. ulasannya mbak Lendy bagus, tar coba mau tunjukin ke ponakanku biar belajar juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, sepertinya edukasi soal kebersihan itu bisa dimulai sejak usia bayi. ya tentu disesuaikan yaa dengan pemahamannyaa hehe.. kayak anakku yang balita udah mulai tahu kalau perempuan dewasa mengalami menstruasi tiap bulan.

      Delete
  5. Ternyata Betadine punya rangkaian yang lengkap banget ya untuk menjaga area kewanitaan. Membantu banget nih buat menjaga area kewanitaan saat datang bulan.

    ReplyDelete
  6. emang penting banget ya teh kebersihan miss v tuh, aku juga kemana2 bawa semprotan pembersih dudukan toilet sama cleansing wipesnya betadine :)

    ReplyDelete
  7. betadine ini selalu menemaniku menghadapi masalah yang terjadi di area kewanitaan. ampuh banget menyembuhkannya.

    ReplyDelete
  8. Seneng deh makin banyak yang ngasih edukasi soal menstruasi. Jadi kalo mau cari info nggak susah lagi.

    ReplyDelete
  9. Pasti webinarnya seru yaa Teh jadi nambah ilmu baru nih seputar menstruasi dan pentingnya menjaga kebersihan area Miss V

    ReplyDelete
  10. Aku pernah ya teh ngalami infeksi saluran kencing akibat gak ganti pembalut tepat waktu, wah itu rasanya gak enak banget sampai meriang dan perut kram

    ReplyDelete
  11. Bagi kita mungkin menstruasi hal biasa, tapi ada kalanya buat remaja yg baru aqil baliq menstruasi ini emang sensi banget yaa buat jd bahan obrolan. PR banget buat ibu2 kudu kasi pemahaman dengan komunikasi yang tepat biar anaknya paham dan gak baper.

    ReplyDelete
  12. Jadi nambah ya teh tugas sebagai ibu kasih info seputar menstruasi ga hanya untuk anak
    perempuannya tapi juga anak lelakinya hehehe suka bnaget deh webinarnya

    ReplyDelete
  13. Aku alhamdulillah banget Mama udah briefing (hahaha bahasanya) dengan lengkap waktu masuk puber. Jadi pas ngalamin menstruasi di awal-awal, aku ga terlalu kagok. Memang penting banget nih

    ReplyDelete
  14. Dulu aku tidak begitu memahami tentang menstruasi jadi saat pertama kali dapat rada bingung dan takut.

    ReplyDelete
  15. Jadi memang seperti ini harus terus disosialisasikan kepada anak-anak ABG ya biar makin paham cara merawat diri saat menstruasi.

    ReplyDelete
  16. Aku dulu mens tiba-tiba pas kelas 5 SD tanpa pengetahuan apapun, alhasil nangis dan shock. Untung ada mba membantu.

    ReplyDelete
  17. Aku ngga punya anak perempuan. Jadi belum praktekan bicara bareng anak. Tapi dulu mama aku sangat detail dlm menhas menstruasi saat pertama aku mens

    ReplyDelete

Berlangganan via Email