Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Perjalanan Menulisku di KLIP 2021

Bismillah,


Perjalanan Menulisku di KLIP 2021.


Hola Halo sahabat lendyagasshi.
Apakabar hari ini?


Menanyakan kabar ini sama dengan menyadari bahwa hari ini akan lebih indah dan akan lebih bermakna dari hari kemarin. Filosofi yang indah, bukan? Namun, beberapa hari ini aku merasa gak bisa berhenti memikirkan skripsi, skripsi dan skripsi KLIP 2021.

Ada apa dengan KLIP 2021?


Akhir tahun yang seharusnya aku isi dengan menulis kegemaranku, yakni review dan sinopsis drama Korea terbaru juga bersenang-senang dengan sahabat drakorclass, menikmati hari libur sekolah anak-anak yang tinggal beberapa hari lagi, terpaksa kudu tertunda dulu. Memikirkan kewajiban menyelesaikan tahap akhir untuk lulus KLIP 2021.

 

Apa itu KLIP (Kelas Literasi Ibu Profesional)?

 


Apa itu KLIP?

KLIP adalah Kelas Literasi Ibu Profesional. Dimana KLIP ini terbentuk atas inisiasi teh Shanty dari Bandung pada tahun 2016. Kala itu, kami para Ibu IP Bandung yang suka menulis dan literasi merasa sangat senang bila tulisan kami dikumpulkan dan dijadikan setoran harian sebagai tolak ukur kemajuan kami dalam menulis.

Akhirnya terbentuklah ODOP 99 days. Dari sini, kami menyetorkan tulisan setiap hari tanpa henti. Karena konon katanya "Practices make perfect". Jadi, berdasarkan keyakinan itu, kami semua menulis setiap hari tanpa jeda.

Dan untuk publikasi tulisannya, saat itu masih boleh dimana saja, FB, IG atau blog, tanpa ada minimal kata. Bahkan, bila hobi menulis jurnal, kala ODOP99 days mengijinkan format pengumpulan tulisan dalam bentuk foto yang dimasukkan ke dalam format gdocs. Sehingga masih sangat memungkinkan tulisan tangan tetap bisa setoran harian.


KLIP Dulu VS KLIP 2021

 

KLIP Dulu VS KLIP 2021

Tidak seperti dulu, KLIP setiap tahun mengalami perubahan demi perubahan untuk memenuhi tantangan menulis dan peningkatan kualitas tulisan setiap membernya. Dari tahun 2016 hingga kini, perubahan selalu terjadi di setiap tahunnya, bukan hanya ketua KLIP yang senantiasa berevolusi, kini di tahun 2021 dengan susunan pengurus KLIP sebagai berikut :


Ketua Kelas : Ernawati (Jakarta)
 

 Anggota :  
Pengawas & Mysteri Project : Shanty (Bandung)

Sekretaris : Tami (Sulawesi)

Setoran KLIP : Reisha (New Zealand)
Sesi Kenal Lebih Dekat (KLD) : Wika
Web : Lendy (Bandung)
Klub Buku KLIP (KBK) : Risna (Chiang Mai) - Alfi (Prancis) - Rein (Jakarta)
Tema Tantangan Menulis (TTM) : Dearni Irene Purba (Belanda)
Ruang Berbagi (RB) : Ernawati (Jakarta)

Tim Pengembangan : Mia (Medan) - Uni Elsa

Apa itu KLIP?

Dan yang perlu diketahui, program KLIP ini pencapaiannya hanya untuk diri sendiri, bukan demi siapa-siapa. Jadi ketika tidak lulus pada akhir bulan, yang perlu disadari adalah ya memang hanya segini kebutuhan menulis yang dijalani, tidak perlu memaksakan diri.

Sejatinya, menulis itu adalah sebuah proses dan kebutuhan. Seringkali orang bilang, "Untuk apa menulis?" Atau ada yang menanyakan "Mengapa Menulis di Blog dan jadi blogger?" Aku memulai menulis di blog awalnya karena ingin berbagi mengenai seminar parenting yang aku ikuti. Daripada ilmunya menguap, maka lebih baik diabadikan di blog dan semua orang bisa membaca bila membutuhkan ilmu tersebut.

Akhirnya, menulis bagiku merupakan sebuah kebahagiaan. Apalagi setelah bergabung di beberapa komunitas blogger. Maka, alasan menjadi blogger jadi lebih mengakar. Dan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi blogger?

Tentu yang pertama adalah KONTEN.
Karena CONTENT is A KING.

Tapi, jangan lupa, bahwa konten yang baik adalah konten yang bisa terdeteksi oleh google. Akhirnya, mantap mempelajari SEO dasar bagi blogger. Suka engga suka, blogger kudu belajar yang namanya menulis menggunakan kaidah copy writing, soft selling dan menulis berdasarkan fakta.


Skripsi KLIP 2021

Tantangan akhir dari KLIP 2021 kali ini adalah menyusun skripsi, alias mengumpulkan minimal 19 ribu kata yang selama setahun ini sudah ditulis di paltform mana saja. Yang akhir tahun bisa menerbitkan sebuah buku, maka skripsi adalah hasil akhir dari perjalanan selama 1 tahun bersama KLIP.

Aku sendiri?

Hehhe, aku sendiri alhamdulillah 2021 berhasil menelurkan 1 blog baru dengan niche khusus drakor dengan nama lendyagassi.com . Mengapa namanya mirip dengan nama blog ini? 

Alasannya karena gak ingin orang bingung, kok lendyagasshi ganti blog?

Hehhee, engga ganti, hanya memisahkan diri dari blog utama yang nichenya lifestyle. Jadi di blog terbaru, sebisa mungkin aku menuliskan hanya review dan sinopsis drama Korea terbaru. Ada juga film Korea juga literasi. 

...dan karena kudu bikin skripsi, maka aku menarik benang merah dengan judul skripsiku adalah "Review dan Sinopsis Drama Korea Serial Netflix 2021" yang tentunya diambil dari tulisanku yang aku ukir dari blog lendyagasshi, lendyagassi dan blog drakorclass.

Skripsi KLIP 2021 Lendyagassi


Kenapa Memilih Judul Tersebut?

Sejujurnya, wacana skripsi ini tidak ada di agenda awal tahun 2021, sehingga ketika ide ini dilemparkan bagai bom waktu, yang mau tidak mau harus dikerjakan dengan sepenuh hati demi kelulusan KLIP 2021, aku pun dengan percaya diri meyakinkan bahwa ingin menuliskan "Drama dan Film Korea Berdasarkan Kisah Nyata". Karena percaya diri akan bisa mencapai syarat minimal tulisan yakni 19 ribu kata.

Namun setelah aku list ((mefet dengan deadline pengumpulan skripsi, demi mendapatkan badge emas)), maka rencana ini baru kusadari pada akhir November adalah sebuah mimpi buruk, karena gak mungkin. Drama dan film berdasarkan kisah nyata ini baru sekitar 6 judul yang aku tulis. Kalau rata-rata tulisanku 2.000 kata, maka baru terkumpul 12.000 kata.

Rasanya riskan sekali menuliskan tambahannya di waktu hanya beberapa hari. Karena seperti yang diketahui, aku gak pernah menuliskan drama Korea hanya dengan membaca ulasan dari orang lain lalu aku rangkum. Aku selalu menontonnya sendiri lalu aku tuliskan berdasarkan "rasa" yang aku dapatkan. Inilah alasanku mengapa di akhir tulisan review dan sinopsis drama atau film Korea-ku selalu ada lesson learn-nya.

**jadi please yaa..
Kalau ada komentar "Kamu gak ada kerjaan lain selain nonton drakor?"

Huhuu....sedih banget sih kalo dikomentarin begini. Menulis drama atau film itu buatku adalah stress release yang aku mampu lakukan. Dan rasanya berbunga-bunga kalau artikelnya bisa page one ((hahha...ujung-ujungnya adalah angka di GA yaa...)). Dan memang branding yang ingin aku tunjukkan adalah reviewer dan recapper drama Korea.


Rasanya seneng deh, kalau ada yang mendadak mention di IG bahwa menemukan artikelku sebagai pencerahan atas drama yang sedang ditonton. Atau testimoni bahwa side story di blogku bisa jadi acuan kontennya. MashaAllah~

rekomendasi blog drama korea dan film korea terbaru : lendyagassi.com
source : IG @sobatbucin.id


Akhirnya aku ganti judul skripsi lagi, yakni "Drama Korea yang Berdasarkan Webtoon di Tahun 2021". Ini sebenarnya juga menjadi kandidat kuatku, namun lagi-lagi terbentur ada beberapa drama webtoon yang belum aku tonton, salah satunya adalah dramanya Siwon oppa "Work Later, Drink Now", jadi aku lagi-lagi mengurungkan niat untuk judul skripsi yang ini dan menggantinya dengan "Review dan Sinopsis Drama Korea Serial Netflix 2021".

Merasa percaya diri membuat judul ini karena aku nonton semua serial Netflix di sepanjang tahun 2021. Jadi waktu dikumpulkan, alhamdulillah sampai 22.000 kata. 성공!

 

Bahagiakah dengan Pencapaian Sepanjang 2021?

Ini pertanyaan yang perlu aku tanyakan pada diri sendiri. Bahagiakah aku di sepanjang tahun 2021 ini? Karena untuk apa kita lakukan hal yang gak bikin kita bahagia kan yaa..? Memang benar, bahagia itu berasal dari uang, tapi kalau kita menilik hal lain, ada kebahagiaan yang bisa kita rasakan bahwa Allah memberikan kita semua kesempatan yang sama. Dan apa yang sudah kamu lakukan?

Meski hal tersebut merupakan langkah kecil, tapi semoga manfaatnya memanjang. Salah satu yang bisa aku lakukan adalah dengan menulis. Semoga bisa terus menulis dan mencurahkan kebaikan atasnya.

Kegiatan KLIP 2021


Bagaimana Bergabung di KLIP?

Ada yang ingin menjadi bagian dari keluarga KLIP 2022 dan mencoba bersama melangkah di bidang literasi? Jangan ragu untuk bergabung. Bisa diikuti oleh semua anggota IP atau non-IP. Dan setiap setoran yang kita lakukan setiap hari selama 8 bulan adalah hasil pencapaian dan goals masing-masing penulis. Tidak ada paksaan.

KLIP dan programnya hanya membantu sahabat lendyagasshi untuk mengembangkan kemampuan, misalnya ingin menjadi blogger, maka jam terbang di sini yang dibutuhkan. Atau banyak juga karena KLIP menjadi penulis buku.

Dalam satu tahun, tentu jika semua tulisan dikumpulkan bisa menjadi sebuah buku yang membanggakan ketika dibaca dan bermanfaat untuk banyak orang. Barakallahu fiikunna~


Agar tidak terlewat dan bisa mengikuti KLIP 2022, siapkan diri yuk...dimulai dari mengikuti acara Wisuda KLIP 2021 pada tanggal 23 Desember 2021, hari Kamis via zoom meeting. Nanti akan dibagikan informasi lengkap mengenai perjalanan KLIP, testimoni para member KLIP yang telah berhasil menorehkan prestasi dan peraturan KLIP 2022 yang tentunya bakalan lebih menyenangkan lagi.

Bagaimana Bergabung di KLIP?

Bagaimana, sahabat lendyagasshi?
Bersiap dengan tantangan KLIP 2022?


화이팅!

 

With love,



42 comments for "Perjalanan Menulisku di KLIP 2021"

  1. wah Saya baru tahu soal KLIP ini, bagus sekali supaya memperkaya wawasan dan ilmu perkontenan para Ibu. Selamat diwisuda ya. sukses selalu

    ReplyDelete
  2. Tadi awal2 aku kena pop up Mulu pas klik link blog ini mba. Pop up nya kasih warning gitu, apa maksudnya yg mau dibuka lenyagassi[.]com , Krn hackers suka meniru2 link yg mirip padahal jebakan. Intinya gitu. Aku malah klik option yes continue 🤣. Akhirnya dartadi dibawa ke link mba yg lama 😁.

    Ternyata ada blog baru toh.

    Kok keren siih kegiatan KLIP ini, sampe ada skripsi segalaaaa 😄. Salut mba, bisa nulis segitu banyak. Tapi sbnrnya itu toh kumpulan dari tulisan2 sebelumnya Yaa. Rata2 tulisanku 1000 doang sih katanya. Jadi harus usaha LBH keras supaya bisa 19rb 😄

    ReplyDelete
  3. Keren sekali kak. Saya baru tahu tentang KLIP ini. Tapi membaca dan melihat informasi yang ada. Banyak pembelajaran berharga. Apalagi ada 'sayap' yang akan membantu kita untuk mencapai lagit. Ada istilah unik seperti skripsi dan wisuda juga. Jadi pengen gabung, hehe.

    ReplyDelete
  4. Memang keren Ibu Profesional ini, selalu punya terobosan dan program yang produktif untuk membernya. Dengan KLIP anggota jadi terlecut untuk menulis secara konsisten dan menghimpun seluruh tulisannya di akhir tahun sebagai tugas bernama skripsi. Unik juga idenya, jadi semacam penghargaan diri sendiri atas upaya sekuat tenaga, mengapresiasi karya kreatif berbentuk tulisan. Lanjutkan!

    ReplyDelete
  5. Masya Allah.. bagus sekali program KLIP dari Ibu Profesional ini. Dan, tentunya yang luar biasa adalah membernya yang mampu membuat skripsi yang bagus di akhir tahun, termasuk kak Lendy.
    Wowww banget.
    Barakallah yaa Kak Lendy. Semoga acara wisudanya besok sukses, dan meraih gelar cumlaude! (Atau bahkan lebih dari itu, yeayy!!) 👍👍

    ReplyDelete
  6. Mantaaap kak 19 ribu kata dalam setahun kak. Pencapaian yang luar biasa dan selamat karena sudah berhasil melewatinya. Sebentar lagi akan wisuda dan pastinya sudah ada 1 blog baru yang kece

    ReplyDelete
  7. Seru banget bisa berkumpul dengan orang orang yang memberi pengaruh positif dalam menulis. Semuanya ibu ibu ya... duh kapan ada grup bapak bapaknya hehee

    ReplyDelete
  8. PPengen banget ikut KLIP. Waktu itu sudah buka dan mau daftar tapi ragu karena Gi masih kecil. Bukaan selanjutnya harus ikut! Agar mood menulis selalu ada karena ada temannya

    ReplyDelete
  9. Wow banget ada skripsinya hehe. Salut buat mbak Lendy yang konsisten bikin konten2nya. Eh btw kalai ikut KLIP berarti sebelumnya kudu tergabung di komunitas Ibu Pofesional dulu gtu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak harus, kak April.
      Boleh gabung di KLIP tanpa ikut IP.

      Delete
  10. Sedih banget ya kalau ada opini jelek tentang hal yang kita sukai. Emang dia bakal bayarin psikolog kalau kita stress? Semangat terua drakorannya kakk

    ReplyDelete
  11. Ini nih yang bikin saya begadang sampai sekarang, mengumpulkan tulisan selama setahun dengan tema gado-gado bikin kepala puyeng luar biasa. Hingga kini, saat saya tulis komentar ini skripsi saya baru seperempatnya, hiks.

    ReplyDelete
  12. Seru ya ikutan KLIP jadi pengen nyemplung juga biar tambah lancar nulis dan konsisten terus..

    ReplyDelete
  13. Masya Allah teh.. Kamu tuh ya,... Keren banget. Kadang aku takjub sendiri lho. Rajin banget nulisnya, silaturahmi bw nya.. Jadi kadang kalo aku lagi nggak mood bw selalu ingat teh Lendy ahahaha...

    Keep inspiring teh...
    Luar biasa...

    ReplyDelete
  14. Wah ternyata KLIP ada buat skripsi dan wisudanya, jadi pengen ikutan, cuma sayang hanya untuk ibu-ibu aja hehe

    ReplyDelete
  15. MasyaAllah, keren dan inspiratif pisan, teh.
    Congrats yaa buat blog barunya yang khusus drakor.
    Aku tu sempat pengen gabung di IP. Tapi masih ngerasa belum sanggup sama ritme dan tugasnya, hehe.
    Semoga habis ini bisa gabung ah. Biar bisa ikutan punya karya di KLIP.

    ReplyDelete
  16. wah aku baru tahu nih ttg KLIP. ternyata seru juga ya mbak, jadi tertantang pula mau seriusin tulisan seperti gimana. ini bisa sampe skripsi juga wiiii mantaapp. judulnya aku suka, deh dan yaaa profesi apapun sih mestinya dibanggain yaa.. heeyy nulis review dan nonton drama ga semudah itu laahh

    ReplyDelete
  17. Asyik banget ini mba programnya, sampai ada skripsi dan wisuda segala yaaa. Jadi seru, semangat dan pasti serius nulisnya deeeh

    ReplyDelete
  18. kelas ibu profesional sudah lama saya dengar. tapi klu KLIP baru nih. jadi penasaran banget dengan wisudanya. semoga bisa menghadiri acaranya . noted nih

    ReplyDelete
  19. Aaaah misteri terjawab sudah!
    Lendy, don't be sad, I know how you feel when read it.. hiks

    But keep up the good spirits! Buktinyaaa udah bisa buat satu blog dan itu luaaar biasaaaaahhhh

    kan aku selalu bilang, Lendy luarrrr biasaaaaahhhh

    ReplyDelete
  20. 19.000 kata itu keharusan ya, Mbak Len bagi para member KLIP?
    Tantangannya seru juga ya.
    Semoga eksis terus ya KLIP.

    ReplyDelete
  21. aku pernah dapet pertanyaan kayak gitu mba
    drama korea aja, dapet apa?
    simple kedengarannya, tapi buat yang ditanyai bisa bikin sensi juga

    aku baru denger KLIP mbak, menarik juga karena ada semacam tantangan untuk terus berkarya

    ReplyDelete
  22. Menarik juga nih KLIP ya. Apalagi para pengurusnya pun lintas negara pula. Wah mantap. Untuk gabung KLIP, aku pribadi mau mempelajari dulu nih. Biar bisa konsisten nulis gitu kalo misalnya ikutan gabung. Malu dong aku, kalo gabung ternyata mangkir melulu nulisnya ya kan.

    ReplyDelete
  23. Batu tau kalau ada semacam Klip gitu, jadi pengen gabung juga
    19.000 kata ini maximal nya atau minimal harus nulis 19.000 kata?

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillaah...target sudah terpenuhi untuk KLIP ya, Mbak. Aku bacanya ikut bahagia karena di dalamnya adalah ibuk2 hebat yang masih bisa berkarya di tengah rutinitas yang pastinya padat bangettt tiap harinya. Badge emas sudah di depan mata. Semangat2!

    ReplyDelete
  25. Keren ih teh Lendy, aku pun paling suka baca ulasan tentang drama Korea dari blognya teh Lendy selain emang lengkap dan juga lebih enak aja gitu.Konsisten membagikan cerita tentang drama Korea dan juga beberapa musik KPop yang kamu sukai.

    ReplyDelete
  26. Yeayy udah mau wisuda nih, masya Allah luar biasa bangeeet. Semangat nulisnya memang gak perlu diragukan lagi sih Mba Lendy ini, konsisten untuk bikin tulisan mengenai drakor juga yang selalu jadi acuanku kalau lagi pengen nonton drakor. Tetap semangat Mbaaa untuk setiap targetnyaaa.

    ReplyDelete
  27. Wow wow, selamat ya Lendy, keuletannya berbuah manis asyiknya wisudaa...selamat juga untuk blog barunya yang niche nya lebih fokus lagi yaa ke drakor...memang happy banget kalau mengerjakan hal yang sesuai passion kita...

    ReplyDelete
  28. Wah selamat wisuda kak Len, eh aku jadi tertarik buat ikutan KLIP ini biar Mateng Dan konsisten urusan nulis ehehe

    ReplyDelete
  29. Kalau ingat tulisan review Kpop, aku ingatnya Mak Lendy, dan beneran lho, tulisan-tulisanmu itu bisa dijadikan buku. Iya nggak sih? hihi. Semoga acaranya berjalan lancar ya Mak, dan tetaplah menulis, karena tulisan kelak jadi rekam jejak kita di kemudian hari. Sarangheo :)

    ReplyDelete
  30. Waw..keren bangeet mak Lend...baca kata skripsi aku terbayang esmosi gawe skripsi pas zaman kuliah hahaha...
    Selamat menyambut wisuda ya mak lend..salut buat IP.
    Btw, kalau aku malah ga mikir mak len ga da kerjaan, tapi mikirku gimana manajemen waktunya. Aku mikir pasti keren tuuu ngatur waktunya.

    ReplyDelete
  31. Aamiin... semoga bisa terus menulis dan menuangkan kebaikan di dalamnya. Bagus ya programnya KLIP ini, mewadahi ketrampilan menuangkan isi pikiran dalam bentuk tulisan. Ada tugas skripsinya juga di akhir tahun.

    Pengurusnya ada yang tinggal di luar negeri juga ya. Wow... internet membuat berkomunitas melampaui jarak ya

    ReplyDelete
  32. Klip memacu kita untuk rajin nulis ya. Mau dong ikutan. Mpo malas banget nulis.

    ReplyDelete
  33. Seneng kalau ada waddahnya Kita bisa menyalurkan dan mengembangkngkan bakat ya teh,, apalagi kalau sering ada workshop gitu jadi ngecharge ilmu bangt ditambah ketemu temen2 yg punya hobi sama saling support

    ReplyDelete
  34. Ternyata mba Lendy jebolan IIP toh... Mantab... Keren nih rumbelnya KLIP, bisa memacu untuk makin produktif ya mba. Semangat terus untuk kita ya...

    ReplyDelete
  35. Mantep nih mba Lendy, jadi pengen ikutan gabung di KLIP juga mba, supaya makin semangat menulis juga.

    ReplyDelete
  36. wah keren ibu profesional ada begini skrg. maksimalin para anggotanya ya buat tambah berdaya. seru ya mak mengasah hobi tetap produktif

    ReplyDelete
  37. mbak lendyyy, aku iri padamu. aktif posting blog, ngedrakor, terus aktif di KLIP juga. blog dan medsosku sering banget terbengkalai. huhuhu. memang sih, karena prioritas kita berbeda, tapi izinkan aku iri padamu yaaa. hehehehehhe

    ReplyDelete
  38. Wah, selamat wisuda... Seneng akhirnya bisa menyelesaikan skripsinya. Aku tu sudah lama penasaran sama ibu profesional. Sepertinya memang dirancang untuk mengoptimalkan bakat para perempuan di bidang penulisan ya?

    ReplyDelete
  39. Hehe nama blognya cuma beda sehuruf, waktu itu kukira ganti template dan migrasi wkwkw padahal bukan. Terus baru buka dua2nya, oalah bedooo :))

    ada skripsinya juga, dan ini artinya serius dan menantang banget, 19rb kata itu buanyaaak *pinggang ikut pegel

    mengenai nulis drakor, itu memang menyenangkan dan tanpa beban ya Teh, maksudnya karena kita suka :) yg blg nonton drakor mulu mah cuma liat permukaan aja, pdhl Teh Lendy ini nulisnya produktif bgt, salut akuh.

    dan betuuul, aku pernah beberapa kali nulis ulasan film (film padahal) Korea dan nangkring di page2 muda, itu nyenengin banget loh pdhl nulisnya jg seneng. Apalagi kalau drakor nih, pasti seneng bgt ya Teeeh kaya dpt bonuus selalu ada aja trafik dan jadiin referensi :D

    ReplyDelete
  40. Waah baru tau ada komunitas menulis KLIP. Enak jg ya bikin tantangan 19 ribu kata. Trus ada skripsinya juga dan ada wisudanya. Seruuuu.....

    ReplyDelete
  41. aku tuh selalu penasaran pengen ikut odop, tapi takut belum shanggup.. weheheheee.. semoga 2022 bisa ikutan odop di KLIP aaaah

    ReplyDelete