Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memulai Menulis Blog

Bismillah,

Memulai Perjalanan Menulis Blog - Hola sahabat lendyagasshi

Sudah hampir di penghujung tahun aja niih... Sudah nulis apa aja selama tahun 2020, sahabat lendyagasshi? Di penghujung tahun kemarin, aku sempat bikin Blog Rewind : lendyagasshi On 2019. Yang isinya prestasi menulisku selama satu tahun.

Manfaatnya, jadi tahu yaa..setahun kemarin aku punya cerita apa aja siih..? Dan yang paling membanggakan, aku bisa lulus challenge dari KEB doonk... Menulis dengan tema selama 1 bulan dan itu ada di bulan Ramadan. Kebayang remfongnya kaan...??

Dan tahun 2020 ini, aku gagal menjalankan misi challenge KEB Ramadan. Hiiks~ Sedih banget deeh.. Tapi aku tau salahnya dimana. Salahnya adalah aku ikut 2 challenge di waktu yang bersamaan, Sehingga gak kepegang dan aku harus memilih fokus ke satu challenge aja.

Tips Menulis Blog

Setelah evaluasi dilakukan, kadang aku sering juga loo...mengalami kontemplasi dengan apa yang aku tulis, heuheuu~ seperti mengangkat tema drama Korea atau film yang kelewat vulgar, aku biasanya enggan menuliskan di blog. 

Sempat galau menulis juga...karena beberapa hal dan bisa jadi pengaruh dari lingkungan juga.. Tapi aku mantapkan hati untuk tetap menulis di blog karena aku memiliki alasan terbaik menulis di blog, selain bergabung di Komunitas Menulis IP yang mengharuskan kita setor tulisan setiap hari.

Jadi dari sini, perjalananku semoga takkan berhenti. Aku suka sekali dengan menulis, walau sering juga siih...page viewsnya anjlok, karena gak ada yang mampir dan nulisnya gak main di keyword sama sekali. Baru-baru ini aja deeh...kalau nulis pakai mikir detil, biasanya bener-bener free writing.


Tips Menulis Blog

Menggali Ide dengan Apa yang Ada di Sekitar Kita

Pandemi gak bisa kemana-mana, jadi gak ada ide nulis donk? Aah...gak juga, hehehe...tulisanku tentang Film dan drama korea makin banyak plus semakin aktif di grup Drakor dan Literasi yang memulai dengan membuat blog kolaborasi 21 kontributor dan rencana bikin buku juga.

Kalau gak suka nonton, bisa bikin resume atau review buku bacaan atau berbagi menu masakan sehari-hari. Intinya, kita berbagi kisah kehidupan kita. Harapannya ke diri sendiri adalah sebagai sarana komunikasi. Bonusnya, kalau tulisan kita ternyata banyak dibutuhkan orang lain.

Yakin,
Bahwa semakin sering menulis, semakin enak pembaca membaca tulisan kita dan bikin kitanya juga happy melakukan aktivitas ini.

Tips Menulis Blog

Bercerita dengan Detil

Yang namanya blog itu adalah kepribadian sang penulis. Di blog, kita bisa menuliskan segala pemikiran dan ide-ide yang biasanya hanya menggantung di udara lalu menguap, dengan adanya blog, kita bisa menumpahkan segala unek-unek secara lebih bebas tanpa ada pakem.

Yang perlu diperhatikan adalah tulisan merupakan tanggung jawab masing-masing penulis. Jadi hendaknya menulis demi kebaikan, tidak provokatif dan mengandung unsur SARA. Tulisan-tulisan dengan fakta, tentu lebih dicintai pembaca. Dan jangan lupa untuk selalu self-editing yaa...

Dan jangan ragu untuk membagikan 'A Secret Sauce'. Karena di dunia blogging, gak ada yang namanya rahasia. Semakin banyak ilmu yang dibagikan, maka akan kembali ke sang pemilik ilmu keberkahannya.


Konsisten

Ya, kuncinya memang hanya menulis setiap hari. Apapun idenya, ada baiknya untuk ditulis dan ditulis. Kalau ada ide baru, ya bisa dijadikan tema atau judul baru lagi dan bisa dikaitkan dengan tema serupa sebelumnya melalui internal link yang kita tanam di tulisan terbaru.


Menjadi Diri Sendiri

Terasa banget sih yaa..kalau menulis dengan menjadi diri sendiri dan tidak. Bagaimanapun, pencitraan di dunia digital itu melelahkan, gengs.. Aku baca di blog kak Tanti Amelia (http://www.tantiamelia.com) mengenai artis ataupun influencer, selebgram atau entah apa lagi sebutannya, melakukan hal-hal yang gak sesuai sama keadaan sebenarnya.

Jadi,
Mau uang berapa yang dihabiskan demi sebuah gaya hidup?

Yang paling nyaman yaa..berbagi hal-hal sehari-hari yang kita alami. Toh ada banyak juga yang membutuhkan tulisan sederhana dengan deep ideas inside.


Gali Ide dari Pembaca

Ini bagi yang rajin yaa...dan tau banget sama target pembacanya. Bisa menggali ide dengan bertanya di sosial media seperti instagram atau twitter. Misalnya mau nulis drama Korea yang sedang airing di waktu yang bersamaan. Bisa lempar pertanyaan "Kamu lebih seneng nonton drama A atau B?"

Dari polling itu, kesimpulannya bisa kita jadikan bahan blogpost loo..

Tips Menulis Blog

Buat Judul Eye-catching

Ini agak tricky siih...kalau mau dikenal dengan judul blog yang clickbait namun ternyata isinya gak sesuai dengan ekspektasi, kan pembaca jadi kecewa juga yaa... Jadi eye-catching yang sesuai dengan isi kontennya yaa..


Share Sosial Media

Nulis udah... waktunya share ke sosial media (facebook, instagram, twitter, linkedIn). Promo tulisan kita dengan bahasa ala copy writer gitu... Nah gimana bahasa ala copy writer? In syaa Allah nanti aku bahas yaa..di blogpost yang lain, hehhe... Pernah dibahas sama Mifta di grup Pojok WB. Seru banget deeh..


Berkomunitas

Iih...gak semangat banget kalau nulis olangan alias sendirian. Paling enak yaa...berkomunitas. Ada teman dan sahabat yang diajak berbagi, cerita dan saling memberi masukan.

Kaya ceritaku pertama kali bergabung di komunitas yaa.. Blogger BDG, dikenalkan oleh sahabat blogger teh Shanty. Lalu rajin-rajinlah menyapa di komunitas, hehehe...asal tahan malu aja siih... Lalu kalau ada challenge, ikut.

Aku inget banget challenge pertamaku adalah review blog sesama blogger BDG. Dan ketika diumumkan bahwa reviewku dapat hadiah pulsa 50K, ya Allah...happy banget!

Dan dari sini, aku mulai belajar meliput event, menuliskannya, live tweet, live IG, bikin story, mengoptimalkan hastag, target TT (trending topic) dan masiih banyak lagi. Seru banget kaan...?!?

Tips Menulis Blog

Terus Belajar dari Siapa Saja

Kalau sudah menulis, jangan berhenti hanya sekedar menulis. Jadi blogger harus banyak mencoba hal baru, seperti belajar belajar SEO untuk blogger, belajar fotografi, belajar bikin podcast untuk pemula, bikin vlog, bikin design cantik menggunakan canva, dan masiiih banyak lagi ilmu yang bisa mendukung kepenulisan agar lebih menarik dan membuat pembaca tahan lebih lama.


Banyak Blogwalking

Ini termasuk belajar dari siapa saja. Karena selama ini tentu kita sudah merasa tulisan kita-lah yang terbaik. Bagikan katak dalam tempurung doonk... Iyeess~

Jangan mau yaa..
Agar tulisan senantiasa berkembang, harus sering blogwalking. Dari banyak membaca gaya tulisan para sahabat blogger, tentu akan menghasilkan insight baru, terutama tulisan lomba. Walau yah...aku akui, aku hampir gak pernah ikut lomba, karena takut kalah, hahaha....cemen bet~


Kolaborasi

Nah...ini aku juga belum pernah melakukan kolaborasi siih... Kalau hanya sekedar tukeran link, sering. Terutama karena Arisan Link dari KEB (Kumpulan Emak Blogger), zaman dulu... yang membawaku lebih dalam lagi berkenalan dengan dunia blogger bersama Geng Ijoeks.

Tips Menulis Blog
love keshayangan~

Dan tukeran link kini masih tetap aku lakukan di grup kak Ery, blogger Makassar yang pasti uda pada kenal doonk... Kak Anna Rosana, kak Aip dan kak Sofia.


Karena dengan menulis, kita bisa terhubung ke dunia yang lebih luas tanpa batas. Lingkaran pertemanan pun semakin terbuka dan tentu, berkah ilmu dan tips bermanfaat.

Kalau ditanya, "Sudah dapat apa saja dari nge-blog?"
Jawabannya sudah pasti "Bahagia."


Terimakasih, sahabat-sahabat bloggerku.
Selamat Hari Blogger Nasional, 27 Oktober 2020.

**meski postingannya terlambat, tetap semangat menulis.


ν–‰λ³΅ν•œ κΈ€~
Happy Writing.

With love,



68 comments for "Memulai Menulis Blog"

  1. Saya termasuk yg banyak belajar dari tulisan len-chin. Hihi. Terima kasih sharing2'y selama ini, Suhu πŸ™

    ReplyDelete
  2. Kadang ide udah ada tapi untuk praktik menulisnya suka kau tunda-tunda nih jadi aja suka udah gak mood gitu. Mau mulai mendisiplinkan diri deh ah kalau gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih harus belajar banyak lagi tentang tulis menulis nih aku, nanti aku diajarin lagi ya kakak Landy

      Delete
    2. Nah ini, aku sering begini. Ide banyak. Tiap ke mana pasti dapet ide nulis. Tapinya gak buru-buru ditulis. Jadinya keburu lupa. Atau malah udah gak relevan lagi sama keadaan. Bahkan keduluan sama yang lain. Payah nih bagian nulisnya. Konsisitennya.

      Delete
  3. waah..sebagai blogger newbe...bisa nambah banyak ilmu baca telisan ini, terima kasih Mbak..

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah ya sudah Hari Blogger lagi. Kalau diitung-itung, sudah 10 tahun dong perjalanan ngeblog saya. Inget banget tahun 2011 ikut Kopdar Blogger Nasional di Jakarta. Walau begitu masih harus banyak belajar sama yang muda-muda yang kalau saya perhatikan tulisannya keren-keren dengan pencapaian yang luar biasa. Selamag Hari Blogger, Kak Len..

    ReplyDelete
  5. Konsisten paling penting ya. Biasanya ada tu org kalau seminggu gak nulis pas balik ngeblog rasanya kagok haha, maknya kalau stagnan wes ojo kelamaan, masio nulis status geje itu jg penting biar mudnya gak drop2 amat hihihi
    Yes aku jg suka bw, biasanya selain di list aku suka bw random ke blog yg msh curhatan

    ReplyDelete
  6. iya mbak konsisten ini yang beneran penting ya, karena tanpa konsisten, kita ngeblog enggak rutin hehe saya pengen rutin tapi masih harus mengelola waktu dengan baik.

    ReplyDelete
  7. teteh mah salutlah nulisnya rajin, medsosnya juga, kalau aku menggunakan medsos cuma sebagai sarana iklan blog aja hahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw teteh juga aktif di komunitas ya, salut aku tuh sama teteh :) coba semangatnya di transfer dikit ke aku

      Delete
  8. makasih tipsnya kak....saya setuju,,apalagi dengan namanya kolaborasi, krn nyatanya jaman sekarang hal tersebut sangat penting dilakukan dan sangat menguntungkan bagi eksistensi seorang blogger

    ReplyDelete
  9. Menjadi blogger itu sangat menyenangkan ya mbak...jangan ngaku blogger kalau blognya dipenuhi sarang laba2 alias dianggurin hehehe....memang berkomunitas itu membuat kita makin terpacu untuk konsisten nulis, tentunya sesuai dengan niche yang kita kuasai.

    ReplyDelete
  10. Pas pandemi gini aku malah ga produktif nulis Leeen.... hahaha Lagi asik fokus sama yang lain. Pengen produktif nulis lagi di blog tapi Mas Ide lagi ngelayap, ga mau balikan sama aku wkwkwk... alesan sih ini mah :D Jadi inget Lendy pernah ikutan BW di 72 link dalam 3 hari di WAG KEB. Warbiasak.... Love you Leeen. Keep inspiring ya

    ReplyDelete
  11. Ngeblog memang asyiiiik ya mba.. ada banyak banget manfaat dan keuntungannya. Yang pasti bikin aku happy mbaaaa

    ReplyDelete
  12. Sama Teh, kalo ditanya sdh dapat apa.dr blog aku jawab 'bahagia dan banyak teman'.. bahagia itu banyaaaak banget sumbernya dan salah satu sumber bahagiaku adalah ngeblog ��
    Trmksh tips2 nya Teh..meski blm semua sdh kumulai menerapkannya ��

    ReplyDelete
  13. mantap teh...
    ayo tetap semangat buat ngeblog.
    paling suka ngeblog itu ya berkomunitasnya ya teh

    ReplyDelete
  14. makasih teh tipsnyaa. keren euy, teh rajin nulis, rajin share blog dan sosmed. keren euyy.. keep inspiringteehh.

    ReplyDelete
  15. Iya, jadi blogger dituntut selalu cari ilmu baru ya karena ilmunya berkembang terus..yang penting dinikmati dan happy terus pas ngeblog...

    ReplyDelete
  16. Masya Allah, salut sama Mbak Lendy yang blognya konsisten diisi ... tipsnya benar banget semuanya. Moga kita bisa terus ngeblog yaa.

    ReplyDelete
  17. Wah, terimakasih sudah menulis ini Mbak. Tulisannya aku bookmark. Bener-bener tulisan ini sedang aku butuhkan. Belakangan menulis kebanyakan mikir. Ujug-ujug rampung, yang ada malah gak ada yang selesai. Padahal mikirnya A sampai Z. Sebenarnya yang penting itu ide bisa dituliskan dan membuat kita happy ya Mbak. Heem, noted!

    ReplyDelete
  18. Idih ada aku hehe... menjadi diri sendiri perlu banget nih ya Teh biar nulisnya lepas dan bermanfaat untuk healing juga menulis jadi menyenangkan tidak menjadi beban.. :D

    ReplyDelete
  19. Selamat hari blogger...
    Mba lendy maah konsistensinya jempol nih...
    Senua tipsnya kayaknua sdh dijalankan selama ngeblog makanya blognya keceh as olwaaisss

    ReplyDelete
  20. Bener banget mbk artikel mbk, kalo saya itu susah konsisten mbk. Semangatnya sering hilang timbul, tapi banyaklah hilangnya dari timbul. hihihi. Kalo mbk Lendy, udah mantap banget deh blognya. hehe

    Selamat hari Blogger ya mbk

    ReplyDelete
  21. Emang kyknya komunitas tu jga punya andil besar ya mbak buat menyemangati ngeblog dan juga bikin ngeblognya kita gak stagnan krn banyak hal bisa dipeljari dr komunitas jg. Selain itu dapat networking pula yang menguntungkan, gak cuma dr materi tapi jg dapat teman atau bahkan saudara sampai rekan bisnis jg

    ReplyDelete
  22. Kalau bukan karena komunitas, sudah lama saya berhenti nulis apalagi ngeblog. Untung ikut di berbagai komunitas blog dan komunitas penulis. Walaupun belum sekonsisten mbak Lendy deh

    ReplyDelete
  23. Dulu bikin blog karena buat curhat program hamil doang, karena pengen punya cerita sendiri di media digital. Eh malah sekarang jadi serius nulis dan menyenangkan sekali. Mumpung masih hawa-hawa hari blogger pengen nulis juga ah.

    ReplyDelete
  24. Selamat hari blogger juga kesayanganku Uniii. Sehat selalu dan aku bahagia bisa menjumpaimu dulu karena bloggerday juga

    ReplyDelete
  25. Selamat hari blogger mba.. Konsisten ini yang paling susah tapi harus dilakukan yaa..

    ReplyDelete
  26. Halo mba. Senangnya hingga sekarang kita masih menulis blog dan masih bisa bersilaturahmi melalui blog. Tetap berkarya yaa

    ReplyDelete
  27. Menulis blog itu selain niatnya berbagi ke banyak orang, pastinya juga buat personal branding ya mba, that's why harus kita integrate sama media sosial juga nih buat optimasinya

    ReplyDelete
  28. Makasi insight dan tipsnya Mba, aku sendiri pun sampai saat ini masih suka mengalami writer blocks, kayak bingung gitu nentuin ide hehe

    ReplyDelete
  29. Aku dulu mulai ngeblog malah pas lagi riweuh-riweuhnya hidup. :)) Maksudnya pas masih aktif ngantor. Dua puluh tahunan kerja tanpa ada aktivitas lain yang berarti, malah justru memantik semangat untuk ngeblog. Ada kepuasan tersendiri ketika bisa publish tulisan, entah tulisan itu bagus atau kurang bagus. Yang penting lega dan bahagia. ;)

    ReplyDelete
  30. Aku dulu ngeblog iseng doang karena lagi musimnya fashio blogger. lama-lama beralih ke beauty, dan sampai sekarang.

    ReplyDelete
  31. aaah mbaaa... jadi blogger tuh merupakan salah satu episode paling berwarna dalam hidupku. Seneeng deh bisa ketemua banyak teman dan keluarga baruuu hehehe

    ReplyDelete
  32. Selamat hari Blogger nasional, semoga tiap tulisan yang dipublikasikan memberikan banyak nilai manfaat.
    Aku lagi anjlok gairah nulisnya tahun ini. Mood swing banget.
    Pingin bisa semangat nulis lagi dan rutin kaya dulu

    ReplyDelete
  33. Teh Lendy keren banget, konsisten benar ya ngeblog nya, optimasi medsosnya juga, salut akutuh.
    Selamat Hari Blogger ya Teh. :)

    ReplyDelete
  34. Menggali ide dari pembaca ini penting banget ya Teh apalagi kalau kita pas lagi buntu

    ReplyDelete
  35. Teh Lendy memang konsistensinya luar biasa. Salut saya tuh dan selalu mencoba membangun konsistensi saya sendiri. Ya minimal seminngu 3 kali itu udah bagus banget buat saya yang lumayan malas, haha. Satu lagi, saya selalu terbius sama artikel review drakor. Keren banget. Itu gimana cara nulisnya? Apa dicatet gitu poin pentingnya sambil nonton?

    ReplyDelete
  36. Meni rajin si teteh mah nulis... Ini dari konsisten suka mood2an... Herannya ide datang tuh pas gak pegang laptop... Pas udah Buka malamnya jadi ilang....��

    ReplyDelete
  37. Masya Allah ini langsung saya bookmark buat jadi pengingat kalau nulis emang harus konsisten. Trimss buangett mbak Lendy <3

    ReplyDelete
  38. Selamat hari blogger! Aku juga dari ngeblog tuh merasa happy terus apalagi baca baca lagi postingan lama, rasanya ga bisa diungkapkan

    ReplyDelete
  39. Huhu, tahun 2020 kayaknya tulisanku nggak sebanyak tahun lalu deeh. Ikutan blog walking pun kalau lagi beneran nggak ada kesibukan apa-apa. Semakin banyak aku BW, itu artinya aku nganggur banget wkwkwk. Dan sudah lama nih nggak tukeran link macam yang dulu pernah dibikin sama KEB, collaborative blogging gitu. Jadi mau lagi. Kita tukeran aja apa gimana ini, Kak? :P

    ReplyDelete
  40. Selamat hari blogger nasional Mak Lendy, aku suka blognyaaa tsakeup dan selalu konsisten nulisnya. Bikin aku minder dan makin semangat, supaya bisa serajin mak lendy nulisnyaaa.. hihii

    ReplyDelete
  41. Kalau.aku tu benere pengen nulis yang lebih beragam, kayak nulis resensi film atau buku gitu. Tapi kok baru sebatas wacana belum terealisasikan . Harus lbh semangat ini...

    ReplyDelete
  42. Selamat hari blogger ya, Kak. Kalau Kak Lendy mah sudah tak diragukan lagi. Konsisten banget nulis dan ngeblognya. Tulisannya juga bagus. Oh ya, blog ini jadi referensi aku pas nyari kdrama juga loh, soalnya bagus mengulasnya dan suka bikin penasaran.

    ReplyDelete
  43. Selamat hari blogger ya Mbak aku juga nih masih terus belajar dan menjaga semangat agar blog ku semakin bermanfaat bagi orang banyak

    ReplyDelete
  44. selamat hari blogger!! tipsnya berguna banget nih buat aku dan temen-temen blogger. semangat belajar terus biar makin pintar!!

    ReplyDelete
  45. Ijoek kesayangan hehehe moga makin solid kita. Semangat ngeblog Uni, selalu jadi inspirasi kita-kita. Sarangee

    ReplyDelete
  46. Menurutku yang paling sulit itu ngejaga konsistensi. Soalnya kadang tuh nggak semangat buat kabarin idenya πŸ˜…

    ReplyDelete
  47. Setujuu banget Teh kalo nge-blog itu emang seruuu banget dan dari nge-blog pun kita bisa ketemu temen-temen baru yaa Eh btw itu di foto ternyata ada aku juga ikutan nyempil hihi

    ReplyDelete
  48. Kayaknya klo buat aku yg paling sulit itu untuk konsisten tulis blog nya mba hahah. Krn mgkn sudah sibuk dngn kerjaan lain.

    ReplyDelete
  49. tantangan saya menulis blog adalah rasa malas menuls mba hehhe, perjalananku banyak banget yang belum ditulis, udah ngelist draft ada 100an lebih, tapi ya Tuhan malasnya itu, tapi mencoba konsisten sebulan minimal 4 sedang dicoba dilakukan mudah-mudahan bisa berjalan lancar bahkan bisa lebih deh

    ReplyDelete
  50. Selamat hari Blogger Nasional Ka, aku sendiri belum pernah nih nyoba menantang diri sendiri untuk mennulis selama 30 hari full hehehe. Maksimal paling 5 hari aja dan abis itu bolong-bolong.

    ReplyDelete
  51. Sudah dapat apa dari ngeblog?
    Dapat bahagia, hahaha kok sama sih.
    Alhamdulillah dapat kebahagiaan dari menuliskan pengalaman sehari-hari

    ReplyDelete
  52. Setahun ini baru okus ngeblog lagi dan masyaallah dari sini banyak dapat hal baru dan bermanfaat pastinya kak.

    Semoga kita semua bisa kolaborasi ya kak

    ReplyDelete
  53. Aku inget bagaimana aku memulai ngeblog di tahun 2008. Ternyata aku menemukan bahwa menulis blog itu cukup mengalir seperti bagaimana aku bercerita ke teman. Dan aku suka banget.

    ReplyDelete
  54. Pasti nahagia ya teh. Dapat silaturahmi yang luas, dapat ilmu yang beragam, dan materi tentunya. Sehingga lengkap sudah kebahagiaan kita jadi blogger

    ReplyDelete
  55. Judul eye catching, nulis setiap hari, wah banyak sekali pekerjaan rumah di tahun ini yang gak berhasil saya tuntasin

    ReplyDelete
  56. Ssaem! inspirasi dan guruqu!
    Semangat terus berbagi ilmu dan kebaikaannn...
    Ini ilmu di atas kudu ngelotok dan konsisten.. Semoga bisa terlatihhh...cuus! semangaat

    ReplyDelete
  57. Menarik juga nih poin-poin yang dibahas sama teh Lendy di tulisan ini. Khususnya poin mereview flashback selama 1 tahun trakhir kita udah nulis apa saja di blog kita masing-masing. Selain menyenangkan blogging itu memang sebuah proses dan sebuah perjalanan yg bisa bikin kita lebih baik. Tfs teh Lendy n btw seru nih templatenya..ada dark mode nya segala. Canggih bet��

    ReplyDelete
  58. yes sepakat teh, kolaborasi adalah kunci...
    seperti kolaborasi kita di Drakor Class ya teh

    ReplyDelete
  59. Bagian konsisten dan cari angle tuh menantang banget, Kak. Dua poin yang boleh dibilang bikin bloger eksis atau enggak. Maklumlah godaan blogging tuh banyak, malas salah satunya. Apalagi kalau merasa ga dapat apa-apa, misal pas kalah lomba. Padahal harusnya enggak kan.Dengan banyak blogwalking kita makin kaya perspektif dan tambah ilmu, tapi sering terabaikan malah.

    ReplyDelete
  60. setuju, dengan tulisan walau saya masih gak bisa konsisten hihu, dapet banyak teman baru & engenal dunia lebih luas, tsahh

    ReplyDelete
  61. Aku juga jd pengen bikin blog rewind akhir taun nih teh. Kebetulan taun ini aku fokus banget di blog dan mulai ada beberapa pencapaian yg mau aku record. Thanks for

    ReplyDelete
  62. mbak lendy produktif banget nih ngeblognya. aku salut banget. kalau aku sekarang entah kenapa rada-rada moody gitu. dua tahun tertakhir produktifitas ngeblogku jeleeek banget. huhuhu

    ReplyDelete
  63. Bener banget ini semuanya butuh konsistensi biar blog tetap terus terjaga

    ReplyDelete
  64. gara2 blog, saya jd kenal kamu. tahu cerita2 soal kdrama yg oke2. kalo gak baca dr km dan teman2, saya gak bakal tertarik nonton kdrama yg panjang2 itu. hehe

    ReplyDelete
  65. Tahun ini masih seperti tahun lalu dan tahun sebelumnya. Masih sebatas niat, eksekusi kapan-kapan. Susah banget untuk move gerak menuliskan sesuatu. Ide banyak banget. Geraknya males banget

    ReplyDelete

Berlangganan via Email