Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Cepat Atasi Ruam Popok pada Bayi

Bismillah,


Hola sahabat lendyagasshi.


Bagi yang memiliki bayi, tentu pernah mengalami bayi rewel akibat ruam popok pada bayi. Akibat ruam popok pada bayi ini sudah pasti bikin panik Mama, terutama bagi sang Ibu baru. Si kecil akan semakin sering menangis kesakitan.

Dan karena belum paham mengenai ruam popok, aku dulu sampai dibantu oleh tetangga agar menggunakan beberapa obat alami untuk atasi ruam popok. Ternyata, ruam popok adalah hal yang  sangat umum terjadi dan dialami oleh bayi. Bisa dibilang mayoritas bayi akan menderita ruam popok paling tidak sekali dalam hidupnya. Namun, ruam popok juga tidak boleh dianggap remeh.

Kondisi ruam popok yang dibiarkan terlalu lama dapat mengakibatkan munculnya sejumlah komplikasi. Simak ulasan lengkap mengenai penyebab, faktor resiko, dan cara ampuh untuk mengatasi ruam-ruam yang mengganggu si kecil tersebut.



Bagaimana mengatasi ruam popok pada bayi?

 

Mengenal Ruam Popok pada Bayi

Mengutip dari sebuah website katadata bahwa ruam popok pada bayi mengacu pada penyakit dermatitis, yaitu masalah kulit yang ditandai dengan reaksi inflamasi akut pada area yang tertutup popok. 

Ada beberapa faktor pemicu, meliputi faktor fisik, kimia, enzim, dan mikroba. Orangtua harus bijak dalam memilih dan memakaikan popok pada si kecil.

 

Penyebab dan Faktor Resiko Ruam Popok

Munculnya ruam popok harus dikenali dahulu penyebabnya. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan anak tidak nyaman karena penyebab ruam popok adalah:

Kontak antara kulit bayi yang sensitif dengan kotoran dan urine dari popok yang kotor

Gesekan antara kulit bayi dengan permukaan popok 

Infeksi bakteri candida albicans 

Kondisi medis yaitu seborrhea

 

Selain penyebab secara fisik di atas, ada juga beberapa hal yang dapat memicu munculnya ruam popok secara kimiawi. Berikut adalah sejumlah faktor yang mengakibatkan resiko bayi terkena ruam popok menjadi lebih tinggi, yaitu:

Reaksi terhadap makanan padat yang ia konsumsi

Popok yang terlalu sempit 

Efek samping dari antibiotik

Bayi terkena diare 

Reaksi alergi terhadap zat pewarna pada popok
(deterjen yang digunakan untuk mencuci popok kain, maupun reaksi alergi terhadap makanan)

Reaksi antibiotik, baik yang dikonsumsi Ibu maupun si kecil

 

 

Tips Mengatasi Ruam Popok Sekaligus Pencegahan

Ruam popok yang sudah pasti membuat bayi merasa sangat tidak nyaman harus diamati dan mencari jalan keluarnya. Alhamdulillah, ruam popok bisa diatasi dengan cepat oleh Mama dengan beberapa cara berikut ini:

Jaga Area Popok Tetap Kering dan Bersih

Ruam popok bisa terjadi jika kebersihan popok tidak terjaga. Itulah mengapa,Mama harus menjaga agar area popok tetap kering dan terjaga kebersihannya

Caranya, cukup dengan menggunakan air bersih yang mengalir dan kain lap yang lembut. Dalam kondisi darurat, sah-sah saja menggunakan baby wipes atau tissue basah. Namun, pastikan bahwa baby wipes yang digunakan tersebut tidak mengandung zat iritan berupa alkohol maupun cairan pewangi.

 

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah berhati-hatilah agar tidak menggosok kulit bayi terlalu keras. Karena, hal tersebut justru dapat mengakibatkan kulit bayi mengalami iritasi dan dapat memperburuk kondisi ruam. Saat bayi terkena ruam popok, ada baiknya untuk tidak memakaikan popok bayi dalam jangka waktu tertentu. Dengan demikian, kulit bayi pun memiliki waktu yang cukup agar dapat bernapas


 

Ganti Popok Sesering Mungkin

Bakteri, kuman, dan jamur penyebab ruam popok sangat menyukai kondisi popok yang lembab. Apalagi, jika bayi mengenakan popok hampir 24 jam dan jarang diganti. 

Membayangkannya saja sudah seram, bukan?

Oleh karena itu, jangan tunggu hingga popok benar-benar penuh untuk menggantinya. Bahkan, idealnya Mama sudah harus mengganti popok yang basah karena sedikit air urine pun sebaiknya segera diganti. Terlebih lagi, jika si kecil saat ini sedang menderita ruam popok.

 

Gunakan Krim untuk Meredakan Ruam Popok

Saat bayi sudah terkena ruam popok, Mama tidak perlu panik. Mama bisa mengoleskan salep pereda ruam popok yang bernama Bepanthen. Bepanthen merupakan salep dari Bayer yang mengandung kadar dexpanthenol sebanyak 5%. Kandungan dexpanthenol tersebut sangat ampuh untuk mengatasi inflamasi yang diakibatkan oleh ruam popok. 

Cara Cepat Atasi Ruam Popok pada Bayi : Salep Bepanthen

 

Cara menggunakan salep Bepanthen ini bisa dioleskan secara tipis untuk membantu mencegah gesekan antara kulit bayi dengan popok.


Demikianlah ulasan tips seputar cara mengatasi ruam popok pada bayi. Jangan lupa untuk menjaga agar kulit bayi senantiasa bersih dan terjaga untuk mencegah penyebab ruam popok kembali lagi. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.


 

With Love,




Sumber:

1. Diaper Dermatitis, hopkinsmedicine. Diakses pada 11 Maret 2022 dari https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/diaper-dermatitis
2. S.Behring, Diaper Rash Treatment, 29 November 2021, healthline. Diakses pada 11 Maret 2022 dari https://www.healthline.com/health/home-remedie

20 comments for "Cara Cepat Atasi Ruam Popok pada Bayi"

  1. Selain mengenali penyebabnya kita bisa mengatasi ruam popok pada bayi dengan salep Bepanthen ini ya...Ingat kalau bayi kena ruam popok, gelisah dan nangis , enggak nyaman di area yang tertutup popoknya. Kasihaan!

    ReplyDelete
  2. Ruam popok ini kayak sepele ya, tapinya bikin runyam dan anak kita jadi rewel. Dulu aku sering bingung kalo anak kena. Aku pake bedak banyak-banyak, eh malah katanya bahaya. Untung ya sekarang ,ah ada banyak produk yang bisa meringankan dan mengatasi ruam popok. Jadinya para ibu gak perlu khawatir.

    ReplyDelete
  3. Iya, ruam popok pasti nggak nyaman buat bayi ya teh
    Selain sering ganti pospak juga perlu pakai salep Bepanthen ini

    ReplyDelete
  4. Baca ulasannya kita nggak hanya tahu permasalahan ruam popok pada bayi dan faktor penyebabnya saja ya tapi juga ada solusi tips untuk mengatasinya. Makasih ya infonya sangat membantu nih buat para ibu yang lagi punya bayi supaya nggak khawatir lagi

    ReplyDelete
  5. Waktu anak masih pakai popok kemana-mana pasti salep anti ruam saya bawa. Secara jenis kulit anak juga agak sensitif gitu
    Sekarang sih sudah besar anaknya. Tapi ilmu mengatasi ruam popok ini tetap saya ingat
    Siapa tahu ada rezekinya punya bayi lagi
    Hehehe

    ReplyDelete
  6. Anak pertamaku dulu juga pernah kena ruam popok mbak, ksihan betul sampai merah-merah area pantatnya. Alhamdulillah anak kedua dan ketiga nggak mengalami, orang tuanya udah lebih pinter, belajar dari pengalaman anak pertama

    ReplyDelete
  7. punya bayi memang harus telaten ya mbak, jangan sampai kena ruam popok, kasian. Lebih baik langsung diberi obat ya mbak agar cepat diatas ruam popoknya.

    ReplyDelete
  8. Ruam popok memang sangat mengganggu. Bikin bayi rewel ya. Untung ada Bepanthen salep ruam popok. Eh kayaknya sudah ada sejak lama ya. Terpercaya.

    ReplyDelete
  9. Pengalaman ruam popok pada bayi menjadi pengaman menyedihkan, mbak. Hiks.

    Sering ganti popok tuh harus. Apalagi kalau masih bayi. Btw, aku bru tau salep atau cream ini lho. Bisa jdi rekomendasi, nih.

    ReplyDelete
  10. Pas banget neh adek aku lagi hamil, nanti kusuruh baca ini biar anaknya nanti nggak ruam popok

    ReplyDelete
  11. Salah satu yg bikin kita khawatir tuh kalo baby pakai popok terus mengalamami ruam, kasihan pasti bikin gak nyaman.. perlu bangt mangganti popok apabil adh gk bikin baby gk betah ..

    untungnya sudah ada bapanthen ya... Perlu direkomendasiin nin

    ReplyDelete
  12. Aku belum pernah pake ini. Tapi rmang nyebelin banget kalau ruam popok ampun mulus2 pantat jadi merah gatel bentol kesian anak2

    ReplyDelete
  13. Tipsnya bagus kakk, dulu anak2 masih kecil tidak pakai pempers di.rumah. Nah ketika mau pergi baru pake pempers ternyata bermanfaat mak jadinaku masih kecil.

    Semoga sehat selalu kakk

    ReplyDelete
  14. Kalo si kecil kena ruam kasihan banget ya teh, apalagi kalo ruamnya sampe merah dan lecet huhu. Untungnya sudah ada Bepanthen, wajib ada ya kalo punya bayi. Siap sedia

    ReplyDelete
  15. Bepathen ini produk lama kan ya, teh? Kayaknya aku dulu pernah pake waktu anakku masih kecil. Trus kadang kupakai buat tanganku yang suka gatal abis kena sabun cuci juga. manjur lho.

    ReplyDelete
  16. Kasihan banget kalau bayi kena ruam popok, pedih, gatal dan tak nyaman rasanya. Ternyata banyak penyebabnya ya dan harus kita cari pemicunya lalu pakai bepanthen..

    ReplyDelete
  17. Ruam popok ini sering bikin panik terutama para mama muda.

    ReplyDelete
  18. Saat anakku masih bayik dulu juga pernah mengalami kayak gini. Rewel terus tiap hari karena merasakan sakit di bagian yang terkena ruam, kasihan banget deh. Harus buru-buru dikasih salep kayak Bepanthen ini untuk segera mengatasi permasalahan ruam, jangan dibiarkan terlalu lama.

    ReplyDelete
  19. Kayanya Bepanthen ini perlu aku tambahkan juga di starter pack kado untuk teman yang baru lahiran supaya bisa jadi obat buat jaga-jaga kalau ada masalah ruam saat pemakaian popok bayinya. Kayanya masalah ini juga yang sering bikin baby risih dan rewel jadi bagus untuk dibawa saat harus pake popok agak lama.

    ReplyDelete
  20. Dari mulai panik sampe hafal juga pada akhirnya ini ruam popok, kadang faktor kesempitan itu betul banget bisa ruam

    ReplyDelete