Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Makna Penghargaan Bagi Anak

Bismillah,


Makna Penghargaan Bagi Anak.
Hola sahabat lendyagasshi.


Apakabar, para Bunda dengan segala kesibukan mengurus rumah tangga di rumah? 

Alhamdulillah,
Kini sejak pandemi, tuntutanku sebagai orangtua terhadap anak pun perlahan menurun dan menyesuaikan dengan kondisi saat ini.

Kalau dulu saat anak-anak masih sekolah secara offline dan bertemu dengan teman-teman serta Ustadzah pengajarnya, tuntutanku kepada anak-anak adalah mengerjakan segala sesuatunya dengan baik, fokus dan sesuai dengan arahan.

Namun sejak pandemi dan belajar dilakukan secara online, konsentrasi anak-anak kadang naik, kadang turun. Untuk memberi mereka semangat, tentu sebagai Ibu aku bantu sebisanya. Dari mulai memasak camilan penuh cinta, membeli beberapa buku yang asik untuk dibaca sampai pernak-pernik sekolah yang lucu.

Anak-anak memang selalu senang diajak bepergian sejenak ke toko buku atau makan di luar. Namun apakah hal tersebut bisa disebut penghargaan terhadap anak? Bagaimana konsekuensinya?

Simak yuk mengenai penghargaan terhadap anak.

Makna Penghargaan Bagi Anak


Makna Penghargaan Bagi Anak

Setiap pribadi manusia tentu akan merasa senang apabila segala jenis usahanya dihargai dan diakui oleh orang lain. Jangankan anak-anak, aku pun kalau ada yang memuji pekerjaanku, tentu akan senang sekali dan efeknya, aku menjadi lebih bersemangat saat melakukan pekerjaan tersebut. Efek lainnya, bisa jadi semakin bersemangat dalam berinovasi dan berbuat "lebih" dari biasanya.

Namun, tidak hanya penghargaan. Penghargaan ada konsekuensi positif yang didapat ketika melakukan hal baik dan diimbangi dengan konsekuensi apabila melakukan pelanggaran terhadap aturan. Dan semua itu bisa diperoleh ketika sudah mencapai kesepakatan di rumah bersama anak-anak.

Syarat Anak Mendapat Penghargaan

 

Ada reward, ada pula punishment.
Dan ketika sudah menerapkan betul apa itu penghargaan yang sesuai dengan usahanya, maka diharapkan usahanya semakin lebih baik dan lebih baik lagi. Namun, orangtua juga kudu waspada bahwa anak-anak dengan penghargaan yang berlebihan bisa jadi pribadi yang manja, kurang tangguh, kurang kreatif, kurang memiliki rasa bersalah, kurang bisa bertahan di lingkungan dan kurang berprestasi.

pribadi manja, kurang tangguh, kurang kreatif, kurang memiliki rasa bersalah, dan kurang berprestasi.

Baca artikel detikHealth, "Hukuman dan Penghargaan yang Tepat Buat Anak" selengkapnya https://health.detik.com/ibu-dan-anak-inspired-kid/d-1584718/hukuman-dan-penghargaan-yang-tepat-buat-anak.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
pribadi manja, kurang tangguh, kurang kreatif, kurang memiliki rasa bersalah, dan kurang berprestasi.

Baca artikel detikHealth, "Hukuman dan Penghargaan yang Tepat Buat Anak" selengkapnya https://health.detik.com/ibu-dan-anak-inspired-kid/d-1584718/hukuman-dan-penghargaan-yang-tepat-buat-anak.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/v
pribadi manja, kurang tangguh, kurang kreatif, kurang memiliki rasa bersalah, dan kurang berprestasi.

Baca artikel detikHealth, "Hukuman dan Penghargaan yang Tepat Buat Anak" selengkapnya https://health.detik.com/ibu-dan-anak-inspired-kid/d-1584718/hukuman-dan-penghargaan-yang-tepat-buat-anak.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/


Syarat Anak Mendapat Penghargaan

Sebelum memberikan penghargaan pada anak, maka sebagai orangtua harus banget memahami dan mengenali kembali bahasa cinta yang mereka butuhkan. Tidak selamanya, anak-anak butuh dibelikan penghargaan atau hadiah yang mahal. Hanya dengan melakukan beberapa hal yang sesuai dengan bahasa cinta mereka, maka bisa jadi itu adalah penghargaan terbaik untuk kembali memotivasi mereka.

Syarat anak mendapatkan penghargaan jika anak berperilaku positif, tidak bertengkar dengan saudara/saudarinya, mengerjakan hal-hal baik, berkata-kata baik dan hal kecil seperti anak menaruh kembali barang yang telah ia gunakan atau merapikan kamar, ini bisa jadi potensi baik yang mereka miliki.

Makna Penghargaan Bagi Anak

 

Melakukan hal baik ini tentu ada yang butuh perjuangan. Misalnya membuatkan sarapan kedua orangtua, perjuangan anak-anak adalah menyiapkan seluruh bahan dan merapikannya kembali. Hal-hal yang menjadi kebiasaan orangtua lalu ditiru anak, bisa jadi hal yang memungkinkan anak mendapat penghargaan.


Ide Penghargaan Bagi Anak

Bagi anak usia pra-sekolah, hadiah yang nyata tentu lebih mereka pahami. Seperti memberikan bintang di papan khusus yang kita tempel di kulkas. Dan ketika bintang yang dikumpulkan sudah banyak bisa ditukarkan dengan mainan yang mereka inginkan.

Atau hadiah seperti kata-kata pujian, pelukan dan pelayanan. Namun, jangan salah...sahabat lendyagasshi. Meski hanya waktu dan perhatian, itu juga bahasa kasih sayang yang anak-anak butuhkan loo..


Sembari belajar mengenai makna penghargaan dan seberapa pentingnya bagi anak, aku melihat sebuah berita yang menggembirakan yang datangnya dari JNE di usianya yang ke 31 tahun dalam melayani seluruh stakeholder, pelanggan, maupun para mitra.


JNE Raih Penghargaan Indonesia Top Digital PR Award 2022

Sejak pandemi, usaha-usaha di bidang pengiriman barang ini meningkat pesat. Semua bisa dengan mudah dilakukan hanya dari dalam rumah menggunakan media digital. Sebagaimana yang kita telah ketahui bahwa JNE selalu memberikan pelayanan dan komitmen sebagai perusahaan ekspres dan logistik nasional. JNE juga terbukti telah berkontribusi nyata terhadap kemajuan perekonomian Bangsa serta Negara yang diwujudkan dalam berbagai langkah bisnis yang dapat menjadi peluang bagi masyarakat

Maka, tak salah jika Indonesia Top Digital PR memberikan sebuah penghargaan kepada JNE atas dedikasi khusus untuk perusahaan-perusahaan yang cerdas dalam memanfaatkan digital PR mereka dalam berkomunikasi, menjalin engagement dengan konsumennya untuk menciptakan persepsi dan citra positif terhadap produk dan perusahaan.

JNE Raih Penghargaan Indonesia Top Digital PR Award 2022

Berdasarkan penilaian Indonesia Top Digital PR Award 2022, JNE meraih Top Digital PR Index dengan total skor sebesar 12.58% atau lebih besar dibanding perusahaan sejenis lainnya. Poin tersebut didapat setelah Tras n Co Indonesia dan Infobrand ID melakukan riset terhadap lebih dari 1.000 brand dari 140 kategori brand teriset di Indonesia. Riset tersebut menggunakan 3 parameter penilaian digital yaitu : Digital Media Aspect, Social Engagement dan Digital Mention Aspect.

 

Tagline JNE “Connecting Happiness”


JNE dan Komitmen “Connecting Happiness”

Eri Palgunadi sebagai VP of Marketing JNE menyampaikan bahwa JNE didirikan dengan tujuan utama  membawa manfaat bagi banyak orang, baik internal maupun eksternal perusahaan sesuai dengan tagline kami yaitu, Connecting Happiness. Oleh karena itu, penghargaan yang diraih ini menjadi motivasi seluruh manajemen dan karyawan untuk terus menjalankan performa kerja yang prima, dan melanjutkan komitmen untuk terus berinovasi dalam pengembangan bisnis. Kami berharap berbagai program dan langkah JNE, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Ungkapan rasa syukur atas penghargaan istimewa ini mewakili seluruh karyawan dan manajemen JNE, “Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Tras n Co Indonesia dan Infobrand ID atas penghargaan Indonesia Top Digital PR Award 2022 kategori Jasa Pengiriman”. Penghargaan  bergengsi, Indonesia Top Digital PR Award kepada merek-merek yang mendapatkan predikat “TOP” akan membawa JNE menjadi perusahaan di bidang pengiriman dengan pelayanan terbaik.

Semoga penghargaan terbaik akan memberikan efek yang baik juga bagi seseorang atau bagi sebuah perusahaan besar di Indonesia. 

 

Selamat dan sukses untuk JNE.


With love,




49 comments for "Makna Penghargaan Bagi Anak"

  1. Memang, ya siapapun butuh dihargai. Penghargaan terbesar seorang anak adalah dari orang tuanya (kita paun merasakannya ya, dihargai orang tua tuh rasanya luar biasa). Lalu, kalau karyawan itu dihargai oleh perusahaan, sebagaimana JNE menghargai karyawannya. Kerennya lagi, JNE ini juga punya program yang memberikan penghargaan kepada pelanggannya ya. Tujuan JNE pun keren sekali, memberi manfaat. Mantap JNE.

    ReplyDelete
  2. Sebuah penghargaan itu tak ternilai harganya, salah satu bentuk apresiasi hasil dari usaha dan kerja keras kita, baik anak ataupun sebuah perusahaan.
    SAlah satunya JNE juga yaa yang selalu memberikan layanan terbaik bagi pelanggannya, selamat atas penghargannya, makin sukses..

    ReplyDelete
  3. Saya selalu memuji anak setiap mereka bisa menyelesaikan sesuatu, tentu tidak berlebihan supaya anak saya bisa percaya diri :D

    ReplyDelete
  4. Kami berterima kasih pada anak2 tiap kali mereka selesai berusaha, entah berhasil atau gagal.
    JNE memang layak dapat penghargaan. Layanannya solid, jarang ada komplain.

    ReplyDelete
  5. semua orang senang untuk diberi penghargaan atas usaha kerjasama dan pencapaian yang diperoleh, terutama bagi anak-anak ya. Btw JNE memang the best banget sih

    ReplyDelete
  6. Sudah sepantasnya JNE meraih penghargaan Indonesia top digital PR award 2022 :) Sejak doeloe JNE konsisten memberikan layanan yang semaksimal mungkin kepada para konsumennya. Urusan pengiriman barang dengan tarif yang terjangkau, barang tiba tepat waktu, sudah pasti mendukung usaha masyarakat. Semoga semakin maju dan menginspirasi ya JNE.

    ReplyDelete
  7. klo ngomongin perpaketan, langsung inget JNE yaa...maklum udah puluhan tahun sih jam terbangnya. udah gt udah bbrp kali juga terima awards di bidangnya, jadi lebih trust aja gt ya. semoga kinerjanya makin OK

    ReplyDelete
  8. Pas dulu anakku playgroup dan TK, di kelas ditempel board kecil gitu mba, yang aktif dapat bintang, beberapa penilaian dan itu bikin murid-murid berlomba dan bertambah semangat. Apa daya sekarang anakku sudah kuliah haha

    ReplyDelete
  9. Setuju, sebuah penghargaan merupakan pemacu semangat untuk terus maju, berkarya dan menciptakan inovasi baru. Seperti JNE yang untuk kesekian kali menerima penghargaan sebagai jasa pengiriman terbaik. Sukses terus JNE

    ReplyDelete
  10. Anak-anak itu seneng loh kalau dapat penghargaan, meski bukan melulu berupa hadiah, tetap seneng. Itu bisa membuat anak-anak lebih bersemangat lagi mencapai target demi target mereka selanjutnya.
    Btw aku juga biasanya pakai JNE kalo kirim2 barang. Sukses terus buat JNE!

    ReplyDelete
  11. Aku juga sejak pandemi merendahkan standard dan ekspektasi sih, anak2 bisa bertahan, tetap sehat dan gak tantrum aja udah uyuhan banget Leeeen. Jadi lebih ngehargain prosesnya aja deh

    JNE mah emang komitmennya tinggi, jadi emang pantes dapet penghargaan Top Digital PR Award 2022

    ReplyDelete
  12. Memberikan penghargaan kepada anak ini, seriiiing banget dilupakan ortu!
    Kadang aku juga marah sama suami kalo dia terlalu menuntut, kayak dia yang dulu udah paling bener paling baik aja, gitu kataku setiap ngomel

    aku udah merasakan pelayanan JNE yang sangaaat menghargai kita as a konsumen... selamat ya JNE

    ReplyDelete
  13. Saya pun dari dulu menyeimbangkan antara reward dan punishment. Karena ada juga orangtua yang enggak memuji dengan alasan takut anak jadi manja. Tapi, buat saya semuanya boleh asalkan gak berlebihan.

    Sesekali dikasih hadiah sebagai bentuk reward pun saya lakukan. Belinya bisa online. Nanti dikirim sama JNe yang memang udah dipercaya banget

    ReplyDelete
  14. ngga heran sih bisa dapat penghargaan sebergengsi ini, karena memang menurutku pelayann JNE cukup baik. konsisten juga sampai 30 tahun lebih.. alur komplain juga ngga ribet, tapi kadang ada cerita yang berbeda ya di tiap kota

    ReplyDelete
  15. Akupun melihat begitu bahagianya anakku ketika aku mengacungi jempol saat melihat dia membuka youtube tentang kajian Islami. Jadi sekecil apapun apa yang kita lakukan kalau dihargai rasanya bikin bahagia ya mba. Termasuk JNE, ternyata apa yang dilakukan bahkan kontribusinya kepada pelanggan nyatanya mendapat penghargaan. Selamat JNE!

    ReplyDelete
  16. Ah iya ya teh, dengan adanya penghargaan bagi perusahaan seperti ini bisa memacu para pengusaha terus meningkatkan kinerjanya ya teh

    ReplyDelete
  17. Keren emang JNE ini,aku selalu pake ini karena memang yang paling gampang dijangkau ada dimana-mana. Btw penghargaan itu memang penting ya karena semua orang senang dihargai apalagi anak-anak jadi motivasi.

    ReplyDelete
  18. Penghragaan tuh emang penting banget kok.. Bikin (anak-anak) kita tambah semangat melakukan apa pun.. Begitu juga JNE nih..semoga makin sukses ya...

    ReplyDelete
  19. Saya setuju, tapi kita sebagai orangtua juga jangan asal memberikan penghargaan aja tapi harus dibarengi dengan pemberian tanggung jawab juga supaya anak tidak menjadi pribadi yang manja. Tapi kebanyakan orangtua itu lupa untuk memberikan reward kepada anak padahal ini penting untuk memotivasi anak supaya lebih semangat meraih target-target yang ingin dicapai.

    ReplyDelete
  20. betul banget anak-anak memang penting banget sih ada sistem reward dan punishment, biar kelak bisa berprestasi juga kaya JNE yang dapat banyak penghargaan yaaa mba

    ReplyDelete
  21. Sukses terus buat JNE, aku kalo kirim paket-paket besar buat anakku yang kuliah diluar kota selalu pakai JNE. barangnya selalu on time tiba ditempat dan bisa menjangkau kos-an anakku. Aku juga setuju banget, penghargaan kepada anak untuk hal-hal baik yang sudah dilakukannya penting banget asalkan tidak berlebihan.

    ReplyDelete
  22. Terimakasih Kak membaca ini aku jadi ingat lagi cara mengapresiasi anak anak :) semoga kita senantiasa bisa mendidik anak anak dengan baik.

    ReplyDelete
  23. Mengapresiasi anak² sangat penting ya, teh. Itu yang bikin anak semangat juga ��.

    Selamat juga untuk JNE yang sudah mendapatkan award. Ini adalah hasil yang didapat saat konsisten dan memperbaiki layanan walau ditengah pandemi ����

    ReplyDelete
  24. Setuju banget deh dengan penghargaan kepada anak ini. Aku dan suami sejak anak pertama memberi sistem penghargaan kepada anak. Bahkan untuk hal yang kecil. Supaya mereka semakin semangat untuk berprestasi ya. Btw, keren ya JNE dapat penghargaan ini. Beneran jadi cerminan bahwa kualitas JNE memang terbaik. Bangga deh aku sebagai salah satu pelanggan setianya.

    ReplyDelete
  25. JNE memang pantas mendapatkan penghargaan karena pelayanannya memang oke banget

    ReplyDelete
  26. siapa sih ya yang nggak pengen dihargai ya mba? penghargaan atas capaian kecil yang dicapai oleh anak jg merupakan bentuk penghargaan kita atas prestasinya, terlebih JNE yang sudah bertahun-tahun melayani pelanggannya ya mba.

    ReplyDelete
  27. Thanks ilmu parentingnya mbaak. Walaupun belum nikah aku lagi mengkoleksi ilmu parentint nih, biar pas jadi orang tua nggak terlalu gagap. Btw, soal dihargai, emang semua orang butuh dihargai. Apaalagi anak anak, walaupun mungkin hasilnya tidak sesuai, mencela hasil tersebut kadang bikin anak jadi tidak percaya diri dengan apa yang ia buat

    ReplyDelete
  28. Walaupun ada banyak kompetitor ekspedisi, saya pun sudah terlanjur kepincut dengan ekspedisi JNE yang selalu memberikan pelayanan terbaik dan harga yang ramah kantong. Selamat kepada JNE ya Raih top digital award 2022. Semoga bisa terus mempertahankan prestasinya ini. 😊❤️

    ReplyDelete
  29. wuih JNE dapat penghargaan. Layak sih, karena layanan yg diberikan JNE terbaik, barang yang dititipkan dikirimkan melalui JNE tepat, cepat sampai ditujuan dgn selamat.

    ReplyDelete
  30. Sy juga seringnya pake jasa pengiriman JNE, malah udah kenal sama kurirnya. Alhamdulillah selalu amanah, n selalu tepat waktu sampainya. Biasanya siang paket pesanan sdh sampai

    ReplyDelete
  31. barakallah JNE atas pencapaiannya mendapat penghargaan TOP Digital Award 2022. alhamdulillah semoga semakin baik pelayanannya dan semakin merata JNE di seluruh Indonesia.

    ReplyDelete
  32. Selamat buat penghargaan yang diraih oleh JNE
    semoga kedepannya JNE makin baik lagi pelayannya
    Makin maju lagi

    ReplyDelete
  33. setuju banget ya Kak, anak-anak pun juga butuh dihargai, diberikan penghargaan, pasti mereka bahagia banget ya.
    seperti bahagianya JNE ini ya yang mendapatkan penghargaan Indonesia Top Digital PR Award 2022 ya. JNE emang keren dekat dengan konsumen dan selalu berikan pelayanan terbaik :)

    ReplyDelete
  34. Yup, penghargaan itu bisa jadi motivasi bagi seorang anak untuk berbuat yang tebih baik lagi. Bagi organisasi/perusahaan pun pastinya berlaku hal yang sama. Selamat atas penghargaan yang telah diraih oleh JNE, Indonesia Top Digital PR Award 2022 untuk kategori jasa pengiriman, semoga makin bagus pelayanannya

    ReplyDelete
  35. Congratulation buat JNE, sudah memberikan yang terbaik untuk penggunanya. Saat ini sudah banyak sekali ekspedisi di berbagai kota dan masing-masing memberikan kelebihan. Namun JNE ini yang buatku paling baik pelayanannya.

    ReplyDelete
  36. bisa dapat penghargaan itu memang sebuah prestasi yang membanggakan ya, mbak buat semua orang. selain bisa meningkatkan motivasi, penghargaan juga bisa menjadi bukti dari kerja keras yang slama ini kita lakukan

    ReplyDelete
  37. Sepakat aku sama teh Lendy, memberikan penghargaan itu bisa untuk siapapun ya. Terutama anak-anak nih yang sudah menjalankan kegiatan belajar secara daring dan usaha mereka untuk tetap fokus dan mengerti menerima pembelajaran. Sama halnya dengan yang dilakukan oleh JNE untuk turus memberikan layanan terbaiknya hingga bisa mendapatkan award selama 3 tahun berturut2.

    ReplyDelete
  38. Setuju Len, perbuatan baik anak yang keliatannya sederhana, juga patut diberi penghargaan. Dan penghargaan yang orang tua berikan, juga bisa dalam bentuk/cara sederhana namun mengena. Intinya perhatian kita yang mereka perlukan. Seperti halnya perhatian JNE pada pelanggan setianya dalam bentuk program JLC. Selamat buat JNE meraih penghargaan Indoensia Top Digital PR Award 2022. Semoga semakin baik dengan inovasi pelayanan yang diberikan.

    ReplyDelete
  39. Anak-anak memang perlu banget ya dikasih penghargaan. Dan bener banget kalau masih anak kecil, bentuk penghargaan yg nyata akan terasa banget buat mereka.

    Wah, JNE keren banget, 3 tahun ya dapat penghargaan. Semoga makin sukses dan maju.

    ReplyDelete
  40. penghargaan buat anak-anak akan selalu dikenang hingga dia dewasa nanti, makanya penting banget diperhatikan.
    jne memang layak dapat penghargaan karena komitmennya pada konsumen. moga sukses terus buat jne.

    ReplyDelete
  41. Kadang kita mikirnya anak-anak ga bakalan ingat sesuatu yang kita lakukan saat mereka kecil. Padahal banyak kenangan masa kecil itu long lasting ya mb Lendy m

    ReplyDelete
  42. sekali lagi selamat yah JNE, ini udah postingan ke berapa ya , hahaha yang bahas soal JNE, emang keceh deh, banyak yang mengulasnya, moga ke depan makin sukses deh

    ReplyDelete
  43. JNE memang layak mendapatkan penghargaan karena selalu memberikan yang terbaik bagi pelanggannya

    ReplyDelete
  44. Mantap nih JNE bisa mendapatkan penghargaan top award. Pelayanan yang prima dan hubungan baik dengan konsumen memang penting deh. Top dehhh.. sukses selalu ya JNE

    ReplyDelete
  45. luar biasa ya kiprah JNE, benar2 memberi manfaat mengantarkan kebaikan pada banyak orang hingga pelosok. Nggak salah kalo JNE dapat award yang keren seperti ini. Semoga program JNE makin keren :)

    ReplyDelete
  46. Kirain mau dikaitkan sama drakor hehehe
    Penghargaan alias reward buat anak menurutku penting memang teh supaya anak termotivasi untuk berbuat baik

    ReplyDelete
  47. Anak-anak juga terus saya kenalkan dengan reward, punishment. Jadi mereka merasa dihargai atas usahanya. Mulai paham bahwa semua hal butuh usaha terbaik. Ada konsekuensi atas pengabaian. Seperti juga JNE ya, mereka mendapat award atas usaha terbaiknya. Saya sudah 10 tahun pakek JNE. Dan selalu nyaman, aman.

    ReplyDelete
  48. Ketika mendapatkan reward semua happy bukan hanya anak - anak ya, jadi semacam ada penghargaan tersendiri gitu yah, menambah semangat. JNE ini emang juara deh.

    ReplyDelete
  49. Aku jadi flashback saat mulai kirim paket waktu awal-awal dulu tuh pakenya JNE. Tapi benar sih aku setuju sama anak-anak yg dapetin reward atas kerja keras mereka

    ReplyDelete