Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mendadak Kulit Wajah Gatal, Kenapa?

Bismillah,


Mendadak Kulit Wajah Terasa Gatal, Kenapa?
Hola sahabat lendyagasshi.


Sejujurnya, aku merasakan gejala ini setelah beberapa hari yang lalu mendadak demam. Aku merasa demam yang aku rasakan ini akibat jarang beraktivitas di luar rumah. Seperti yang sahabat lendyagasshi ketahui, aku adalah seorang kapiten, hehehe...bukan doonk.. Aku adalah orang yang paling senang dengan kebijakan semua kudu dirumahaja.

Aku merasa hidupku bahagia di rumah. Gak perlu pergi belanja, gak perlu masak, gak perlu hectic anterin anak-anak sekolah dan jemput sekolah, pokoknya kehidupan ini meski dikurung dirumahaja, hatiku bahagia.

Loh?
Emang gak makan, kok gak belanja?

Ya, makan apa yang ada aja di rumah. Bahkan untuk belanja mingguan, bulanan, semua disediakan suami. Biasanya diskusi dulu dan ia yang memesankan melalui aplikasi online. Jadi, aku sungguhan tinggal duduk manis di rumah sambil sesekali jadi satpam-nya anak-anak belajar. Hihii~

Lalu, mendadak mulai PTMT (Pembelajaran Tatap Muka Terbatas) alias hybrid learning, badanku yang  tadinya jarang kena angin dan hujan ((mulai lebaaii)), kini mulai membiasakan aktivitas kembali. Rasanya tentu senang sekali bertemu dengan Ustadzah anak-anak kembali, sahabat-sahabatku, dan nongki di cafe sembari menunggu anak-anak pulang.

Sepulangnya dari cafe, huhuu... aku demam. Dan sempat terbersit, kayanya aku positif deh.. Uda pengen SWAB aja gitu.. Tapi qodarulloh, di saat yang bersamaan, suami sedang sangat padat jadwal kerjanya, sehingga gak sempat sama sekali membawaku periksa. Suami membantu membelikan berbagai macam vitamin yang disarankan oleh sebuah aplikasi kesehatan online.

Alhamdulillah,
Hari pertama demam dan keesokan harinya, hanya butuh diberi makanan sehat ((hehehe, pokoknya gak mau nasi)). Dan sembuh di hari ketiga. Hanya saja, rada unik nih..wajahku gatal dan parah banget. Bikin wajah bengkak, merah-merah.

Setelah membaca banyak sumber, sepertinya kulitku sedang breakout karena beberapa waktu lalu sempat melakukan exfoliasi secara kimia. Dan ini baru pertama kali aku lakukan. Secara gak langsung, kulitku membutuhkan perawatan kembali. 

Cara mengatasi wajah yang gatal



Apa Itu Breakout?

Breakout adalah keadaan kulit yang mengalami iritasi, bisa berbentuk gatal, kemerahan sampai muncul jerawat. Breakout bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti kulit dengan paparan bahan atau zat kimia tertentu, misalnya dari produk perawatan kulit atau sabun muka yang kurang cocok dengan kondisi kulit. Pada beberapa kasus breakout juga bisa terjadi karena adanya perubahan hormon atau stres.

 

Ciri-Ciri Breakout :

Kulit Wajah Memerah dan terasa panas berlebihan
Kulit kering, kusam, bersisik
Muncul Jerawat dan Komedo
Sensitif Terhadap Cahaya

 

Penyebab Breakout :

Sering berganti-ganti skincare atau kosmetik
Konsumsi makanan berminyak dan gula berlebih
Kurang membersihkan wajah
Terlalu sering mencuci muka atau terlalu sering menggunakan scrub (eksfoliasi)
Kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan kotor
Terlalu kasar saat mengeringkan kulit wajah dengan handuk
Tidak segera membersihkan kulit setelah berkeringat
Kebiasaan memencet jerawat
Stres

Penyebab Breakout pada kulit


Nah,
Sebagai orang yang awam dengan bahan-bahan skincare, aku gak pernah beralih dari dua produk skincare kesayangan aku yang memberikan hadiah PC di setiap pembeliannya. Hehhe, maklum, yang jadi brand ambassadornya adalah temen-temen aku di NCT.

Dan bagaikan mestakung, kalau pakai skincare mereka, kulitku cenderung tidak bermasalah. Memang hasil yang tampak tidak terlalu "wah" gimana. Misalnya tampak lebih putih, cerah atau halus. Tapi perasaan, kulitku juga gak jadi breakout.

Kalau masalah kulit lembab, aku sengaja memilih skincare dengan klaim anti-aging. Biasanya, klaim ini yang membedakan tekstur dan bahan dalam sebuah skincare.  


Jadi, apa yang aku lakukan untuk meredakan radang dan gatal-gatal akibat breakout?



Solusi Kulit Wajah Gatal Akibat Breakout

Yang aku pikirkan saat gatal adalah aku alergi. Padahal, sebelumnya tidak punya riwayat alergi apapun. Kemungkinan lain, aku terkena omi, yang katanya gejalanya adalah kulit gatal luar biasa. Tapi lagi-lagi aku bantah ((dari dalam hati)), karena yang gatal hanya area wajah.

Setelah googling, aku langsung melakukan beberapa hal berikut:


Jangan terlalu sering digaruk

semakin sering menggaruk, maka semakin gatal dan merambat gatalnya kemana-mana.

 

Kompres dengan air dingin untuk area kulit yang gatal, bukan air hangat

Menurut penjelasan dokter, air hangat tidak memberikan pengaruh apa-apa terhadap rasa gatal bahkan tidak juga bisa membunuh bakteri atau kuman yang ada di kulit. Jadi, sebaiknya menggunakan air dingin dan yang terpenting adalah menggunakan cleanser yang sesuai, tidak mengandung zat kimia pemicu gatal.

 

Menggunakan sheet mask

Ini dari hasil aku stop menggunakan semua jenis skincare selama gatal di wajah. Aku rutin mengompres kulitku dengan sheet mask yang biasa aku pakai yakni dengan kandungan green tea dan aloe vera.


Bagaimana hasilnya?

Setelah 2 hari, alhamdulillah.. perlahan gatal berkurang dan kulitku kembali normal. Rasanya senang sekali, karena terbebas dari rasa gatal yang menganggu.


Kini, aku sudah kembali menggunakan skincare dan melakukan daily routine skincare-ku seperti biasa. Kalau ada yang bertanya, aku pakai cara Jepang atau Korea, aku pernah menuliskan daily routine Jepang VS Korea yang aku lakukan.

Ribet banget?
Ya, kalau menjalani dengan senang, rasanya gak ada yang ribet yaah..


Bagaimana dengan sahabat lendyagasshi?
Pernahkah mengalami kulit yang mendadak gatal?
Dan bagaimana cara mengatasinya?


Have a nice day~

 

With love,



6 comments for "Mendadak Kulit Wajah Gatal, Kenapa?"

  1. Aku banget nih kak Len, wajahku itu sensitif parah banget, kalau pakai skincare yang nggak cocok nggak sampai 5 menit langsung gatal² berujung tumbuh jerawat hiks.

    Btw, thanks tipsnya yaaa

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, aku belum pernah mengalami kulit wajah yang tiba-tiba gatal banget seperti yang diceritakan di sini. Paling cuma gatel dikit karena keringat akibat aktivitas yang padat. Cukup dicuci pakai air bersih, biasanya langsung hilang.

    ReplyDelete
  3. Wah, bisa gitu ya. Efoxiliasi kapan, breakout kulitnya kapan. Sesensitif itugh kulit wajah mbak Lendy. Eh, kebawa becanda ^^
    Anyhow, semoga segera membaik ya. Wajahpun kembali glowing shimmering splendid. Eh, pokokmen, kembali ke kondisi terbaik. Aamiin

    ReplyDelete
  4. Aku pun belum pernah merasakan wajah gatal seperti itu mbak. Tapi memang kadang muncul jerawat pas waktu2 tertentu mbak, jadi memang penting merawat kulit wajah ini secara rutin

    ReplyDelete
  5. Aku pernah juga muka mendadak gatal-gatal tapi kayaknya karena alergi gitu dulu. Jadi aku makan seafood eh nggak lama mukaku gatal-gatal padahal aku selama ini nggak pernah alergi seafood. Kurang tahu juga salahnya di mana makanannya

    ReplyDelete
  6. Saya merasa kulit gatal dan kering itu biasanya setelah lahiran, Mba. Duh itu kulit pasti kering banget deh. Tapi kalo pake skincare baru, gak pernah sampe gatal sih, mungkin karena kukitku kulit badak kali yaa, hehehe

    ReplyDelete