Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Aktivitas Puasa Saat Pandemi

Bismillah,

 

Aktivitas Puasa Saat Pandemi.
Hola sahabat lendyagasshi.

 

Tanggal 2 April 2022 - Hari ini belum memasuki 1 Ramadan 1443 H karena Pemerintah belum melihat bulan di posisi hilal (bulan) awal Hijriyah yakni pada ketinggian 2 derajat, elongasi 3 derajat, dan umur bulan 8 jam.

Maka dari itu, Pemerintah memutuskan 1 Ramadan 1443 H jatuh pada 3 April 2022 atau esok hari. Dan ada beberapa hal yang aku persiapkan  untuk menyambut Ramadan kali ini, ya..pastinya gak berbeda dengan Ibu-ibu dimanapun berada, mempersiapkan fisik dan mental anak-anak.

Seperti apa persiapan berpuasan di masa pandemi?
Akan berbedakah dengan saat tidak pandemi?
dan aktivitas apa yang bisa kita lakukan saat berpuasa?

Simak yuk, cerita keluarga kami.

Aktivitas Puasa Saat Pandemi


Persiapan Sebelum Puasa Ramadan

Kemarin sempat terbersit untuk tidak perlu belanja dahulu sebelum Ramadan karena di kulkas masih ada lauk pauk kesukaan anak-anak dan beberapa frozen food. Namun, jelang sore, suami mengirim pesan dan mengajak kami untuk bertemu di kantor agar anak-anak bisa memilih makanan dan cemilan untuk berbuka di puasa pertama Ramadan. Alhamdulillah~


Belanja Persiapan Sahur dan Berbuka Ramadan Hari Pertama

Ternyata setelah menyadari, list belanjaan kami panjang juga yaa.. hingga waktu 2 jam terasa tidak cukup mengelilingi mini market. Banyak sekali rancangan menu di otak anak-anak, dari mulai rekues makan sayur, bikin pizza, pancake hingga sosis lilit mie andalan Mama.

Menu cemilan andalan saat puasa Ramadan

Rasanya satu jam lebih kami berputar-putar di area makanan ini. Memang ide selalu tak terduga datangnya yaa.. Perencanaan di rumah mendadak bertambah ketika melihat hal-hal baik di mini market yang sekiranya bisa diolah untuk menu makanan sahur dan berbuka untuk keluarga.


Persiapan Mental

Persiapan mental dan sounding ke anak-anak ini sudah aku lakukan dari 20 hari sebelum memasuki bulan Ramadan. Jadi, aku ingin mengajarkan bahwa Ramadan ini adalah bulan yang harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya dan kita harus totalitas menghadapinya dengan perasaan bahagia berbunga-bunga.

Persiapan Sebelum Puasa Ramadan
 

Aku gak pernah menghalangi aktivitas anak-anak bermain bersama teman-temannya ketika sore hari. Hanya saja, waktu bermainnya harus diatur kembali, karena bulan Ramadan. Yang biasanya main dimulai dari jam 15.30 WIB (ba'da Ashar) dan pulang sebelum maghrib, jam 17.30 WIB, maka kalau Ramadan, aku bikin kesepakatan dengan anak-anak bahwa waktu mainnya hanya 1 jam. Karena setelah main, harus mandi dan bebersih juga membantu Mama dalam mempersiapkan hidangan berbuka.

Alhamdulillah, anak-anak setuju..


Persiapan Fisik

Selain mempersiapkan mental, juga perlu mempersiapkan fisik dengan stok beberapa obat herbal yang harus selalu ada di rumah, kurma, dan air zam-zam.

Anak-anak juga gak lupa konsumsi vitamin C dan D agar badan tetap fit. Karena meski Ramadan, sekolah tetap mengadakan hybrid learning, yakni 2 hari seminggu sekolah dengan tatap muka dan 3 hari sekolah secara daring.

Dan ada beberapa mata pelajaran anak-anak yang masih membutuhkan ujian tertulis. Kebayang mikir di saat puasa, hihi... Semoga Allah kuatkan anak-anak dalam menjalankan ibadah mencari ilmu dunia dan akhirat.


Aktivitas Puasa Saat Pandemi

Nah, untuk aktivitas di bulan Ramadan yang aku lakukan dari pagi hingga sore, pastinya akan berfokus pada ibadah. Pertama, memenuhi hak Allah, hak suami dan hak anak-anak. Seperti,


Dzikr Pagi, Petang & Tilawah

Alhamdulillah, sebelum Ramadan kemarin bergabung di grup ODOJ (One Day One Juz) yang memaksaku untuk lebih aktif dekat dengan Al-Qur'an. Setiap senggang bisa mencicil sedikit membaca Al-Qur'an sehingga sehari bisa mengkhatamkan 1 juz (rata-rata 10 lembar).

Sedangkan dzikr pagi dan petang yang hanya membutuhkan kira-kira waktu 10 menit, dilakukan sembari menunggu masuk waktu sholah Sholah Dhuha dan Sholat Ashar. 

 

Ibadah Wajib & Sunnah

Tentu bulan Ramadan inginnya menambah waktu dalam berinteraksi dan mendekatkan diri pada Allah. Semoga dengan time management yang baik, bisa lebih intensif lagi dalam menjalankan ibadah wajib dan sunnah yang dilakukan rutin setiap hari.

Juga tidak lupa untuk tetap mengikuti kajian secara online yang biasa di share Tarbiyah Sunnah Learning juga MISc.


Baca Buku

Komitmen 2 buku dalam sebulanku bulan Februari kemarin gagal dikarenakan sempat sakit yang bener-bener kudu istirahat. Memang membaca buku, tapi belum sempat menuliskan insight. Sehingga bulan ini, meski Ramadan, ada banyak sekali buku agama dan buku sirah yang bisa dibaca untuk dituliskan insight-nya dan dibagikan di grup Maksakeun Baca yang diinisiasi oleh kak Dyah Kusuma KLIP.

Target bulan ini, menuliskan insight buku dari kak Ade "Emang Udeh Jodoh" dan beberapa buku yang aku baca sesuai mood. Seneng banget karena dikelilingi oleh buku-buku digital, meski ada beberapa buku incaran, kemarin sebelum Ramadan sudah sempat beli beberapa dan buat bekal dibaca di saat waktu senggang selama bulan Ramadan.


Buku Bulan Februari:

Ulasan Novel Pachinko yang didengarkan melalui aplikasi audiobook Storytel


Menyelesaikan Pekerjaan

Bulan Ramadan tetap ada kerjaan?
Hiihii
..ada beberapa job blogger yang alhamdulillah sedang running dari mulai sebelum Ramadan. Jadi, sebagai bentuk rasa syukur, mari prioritaskan waktu untuk ibadah juga tak lupa tanggung jawab dengan amanah yang diberikan.

Aktivitas Positif yang dilakukan saat Puasa Ramadan

Telp Ibu & Mertua

Ini rasanya harus sering-sering aku lakukan karena beberapa waktu lalu sempat missed komunikasi akibat kesibukan kami. Sesibuk apapun, harus banget memberi kabar dan saling bertukar cerita dengan Ibu dan mertua.


Nonton Drama Korea atau Film

Aku hanya sedang mengikuti 1 judul drama Korea saat ini, yakni drama Pachinko yang diperankan oleh Lee Min Ho. Sehingga bisa menyisihkan 1 hari untuk menonton 1 eps yang hanya tayang pada hari Jum'at. Kini, Pachinko sudah tayang sampai eps 4 dan hanya 8 eps di channel Apple TV.

Drama lain?
Sepertinya akan aku tonton kalau waktunya benar-benar luang, seperti saat menunggu anak-anak sekolah, sekalian untuk konten di blog lendyagassi.com.

 

Mengikuti Kelas Belajar Online

Meski Ramadan, kelas belajar tahsin-ku yang dibimbing oleh Ummu Adam masih tetap berjalan secara daring. Dan tidak lupa, ada program ODOJ dari grup Blogger Connecting Mama. Semoga dengan mengikuti kelas-kelas daring yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan ini bisa berjalan lancar.


Itulah daftar aktivitas yang aku lakukan saat puasa di masa pandemi. Sepertinya karena jarang kemana-mana, maka akan lebih nyaman berbuka puasa dirumahaja. Kami terbilang jarang makan di luar kecuali ada Abi yang mendadak ada acara kantor yang mengharuskan kami hadir full-team.

 

Semoga segala lelah menjadi lillah yaa..

Happy Ramadan 1443 H.


#BPN Ramadan 2022
#day02

With love,



20 comments for "Aktivitas Puasa Saat Pandemi"

  1. Selamat sambut bulan Ramadan dan selamat berpuasa

    ReplyDelete
  2. Selamat menjalani ibadah puasa bareng keluarga Len.
    Setiap orang ada prioritasnnya masing2, bersyukur masih bisa puasa dan berbuka bareng keluarga di rumah diantara mereka yang masih harus bekerja diluar.
    Yang penting pintar2 kita menciptakan kebahagiaan dimanapun meski sedang berpuasa, semoga dilancarkan untuk kita semua puasanya sampai hari kemenangan yaaa.

    ReplyDelete
  3. Senangnya full kegiatan positif & bisa berkumpul dengan keluarga. Ini Ramadhan pertama kami terpisah karena pandemi seperti sudah lewat. Suami & si sulung bekerja di lain2 kota. :)

    ReplyDelete
  4. Selamat menjalankan puasa mbak Lendy dan keluarga. Kiranya aktivitas yang dilakukan penuh dengan sukacita sehingga menjalani puasa dengan lebih nyaman dan penuh berkah.

    ReplyDelete
  5. Sesi belanja di mini market itu emang seru. Rasanya pengin masak ini itu untuk buka puasa. Hahaha. Tapi harus diimbangi dengan kegiatan positif lainnya juga ya kayak Mba Lendy dan keluarga. Biar gak mikirin urusan perut melulu.

    ReplyDelete
  6. selamat menjalankan ibadah puasa ya Teh, walau puasa kita bisa tetap produktif dan aktif yaa, paling seru tuh berburu takjil menjelang bulan puasa, meriah aja suasananya seru

    ReplyDelete
  7. padat ya jadwal kesehariannya. Semoga dimudahkan dan dilancarkan. aamiin...
    Selamat menjalankan ibadah puasa dan amalan lain. Semoga Ramadan kali ini lebih baik dari sebelumnya

    ReplyDelete
  8. Jadwalnya sudah tertata semua ya mba, jadi lebih siap. Keren banget. Semoga semua yang direncanakan berjalan lancar sepertinya anak-anak support juga ya

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah..semoga ini menjadi Ramadhan terbaik kita ya Teh. Aamiin Allohumma Aamiin...

    ReplyDelete
  10. Uni kegiatanmu produktip banget, bikin hepi kalau baca
    duh kesentil aku ikut beberapa drakor nih Uni, hehehe ...

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah banyak aktifitas positif dan penuh berkah yang bisa dilakukan ya mba Lendy. Kegiatan mengaji insyaAllah jangan sampai kita lewatkan ya mba. Termasuk ibadah wajib dan sunah di bulan ramadhan

    ReplyDelete
  12. Idem nih aku sounding anak2 utk ibadah puasa jauh2 hari biar gk kaget, walau yg bungsu agak rewel di awal alhamdulilah msh bisa diatasi. Banyak hal yang bisa kita lakukan saat Ramadan ya alhamdulillah. Kalau sibuk biasanya waktu tak terasa tiba2 magrib gtu aja hehe

    ReplyDelete
  13. Jadwalnya padat merayap yaaa... banyak sekali yang bisa kita kerjakan. Kayaknya ga jauh beda deh dengan sebelum Ramadan, kecuali aktivitas ibadah memang harus dimaksimalkan yaaa...

    ReplyDelete
  14. mantab sekali sudah afa kegiatan yang teratur selama puasa, aku masih tebak-tebak berhadiah aja mau ngerjain apa selain ngerjain kerjaan hahaa

    ReplyDelete
  15. banyak juga ya teh aktivitasnya di bulan ramadhan semoga selalu diberi kesehatan yaaa, btw saya juga nih list belanja pas bulan puasa panjang hehe banyak yang mau dimasak

    ReplyDelete
  16. Thank you for sharing useful information with us. please keep sharing like this. And if you are searching a unique and Top University in India, Colleges discovery platform, which connects students or working professionals with Universities/colleges, at the same time offering information about colleges, courses, entrance exam details, admission notifications, scholarships, and all related topics. Please visit below links:

    Amity University in Mumbai

    Parul University in Vadodara

    Babu Banarasi Das University in Lucknow

    GD Goenka University in Gurugram

    The NorthCap University in Gurugram

    ReplyDelete
  17. Keren. Puasa-puasa harus tetap produktif ya kak.

    ReplyDelete
  18. Iya, bener...
    di Ramadhan ini aktivitas ibadah bener-bener digenjot.
    harapannya ada sedikit aja yang bisa tetep nempel setelah ramadhan berlalu.

    ReplyDelete
  19. Selamat menjalankan ibadah puasa ya mb lendy. Aku belum nonton film atau drama apapun nih sejak februari kemarin haha. Belum sempat huhuhu

    ReplyDelete
  20. Masya Allah jadwalnya tertata dengan baik ya mba Lendy, saya jadi auto berasa dicolek nih sama sekali ga ada jadwal Ramadan yang tercatat dengan rapi. terima kasih, jadi inspirasi nih. Btw selamat berpuasa ya mba Lendy dan keluarga, semoga lancar dan berkah Ramadan untuk kita semua.

    ReplyDelete