Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ceklist Obat Herbal yang Harus Ada Saat Pandemi

Bismillah,

 

Ceklist Obat yang Harus Ada Saat Pandemi.
Hola sahabat lendyagasshi.


Semoga semua sahabat lendyagasshi dalam lindungan Allah dan dijauhkan dari mara bahaya virus yang kini semakin mudah terjangkit, meski juga kabarnya, semakin cepat hilangnya. Tidak seperti virus Covid19 pada awal kehadirannya di muka bumi ini.

Semua orang tidak siap, semua orang panik dan berbagai macam opini yang muncul di masyarakat sehingga menggiring orang berlaku seenaknya sendiri, tanpa memikirkan orang lain. Berbagai info menyesatkan muncul di WAG, sosial media dan dari mulut ke mulut.

Hal ini justru memicu overthinking, menurunkan daya tahan tubuh sehingga membuat stres berlebihan. Aku sempat juga merasa psikosomatis. Serasa badan sakit semua dan langsung menyalahkan si virus yang merajalela ini. Tapi ternyata setelah aku amati polanya, aku hanya harus mengurangi interaksiku dengan sosial media.

Semakin sering mendapatkan informasi, seperti data berapa orang yang sakit atau berapa orang yang meninggal dalam satu harinya, semakin merasa diri ini kecil. Apalagi saat itu, anggota keluarga intiku juga ada yang mengalami sakit hingga ipar dan orangtua keluarga meninggal satu per-satu.

Ya Allah..
Ujian berat bagi kita semua. Setiap hari selain berdoa, aku membaca beberapa jurnal terkait menjaga kesehatan keluarga, terutama bagaimana virus ini bisa menginfeksi manusia karena pada dasarnya, virus ini adalah benda mati.

Setelah mempelajari dan melihat beberapa video mengenai penyebaran virus, karakternya dan cara mengatasinya, aku jadi selalu sedia beberapa hal ini ketika di rumah. Karena terbiasa dengan meminum yang herbal, aku dan keluarga sangat jarang sekali meminum obat kimiawi. Sehingga aku rutin restock beberapa obat herbal di rumah.

Ceklist Obat Herbal yang Harus Ada Saat Pandemi
source : modaka technologies




Ceklist Obat Herbal yang Harus Ada di Rumah Saat Pandemi

Madu

Madu ini wajib diminum setiap hari di waktu pagi dan malam hari. Karena manfaat madu seperti yang sudah kita ketahui adalah sebagai anti-bakteri, anti-jamur dan anti-oksidan terbaik yang berasal dari perut hewan terbaik ciptaan Allah.

Madu, Herbal yang harus ada saat pandemi

Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, “Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia, kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir.

(QS. An-Nahl : 68-69)



Habbatussauda atau Biji Jintan Hitam

Aku sudah konsumsi habbats sejak sebelum pandemi. Bagiku yang sering lupa minum air mineral dan kerap mengalami sakit kepala, meminum habbatussauda adalah hal yang paling manjur yang aku rasakan selain beristirahat yang cukup, setelahnya.

Manfaat konsumsi habbatussauda bagi kesehatan adalah meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati sakit kepala, sakit gigi, serta flu dan hidung tersumbat.

Namun yang perlu dipahami bahwa habbatussauda ini adalah obat herbal yang mungkin reaksi masing-masing tubuh tidak sama. Seperti Ibuku yang tidak bisa konsumsi habbats karena efeknya setelah konsumsi adalah kesulitan pipis.

Ceklist Obat Herbal yang Harus Ada Saat Pandemi

Karena aku baik-baik saja, maka aku lanjutkan konsumsi sesuai dengan dosis yang tertera di kertas kontra-indikasi. Misalnya, kalau sedang tidak mengalami sakit, aku hanya minum 1 kapsul habbats di pagi hari. Sedangkan jika sedang ada keluhan atau dalam masa penyembuhan, maka konsumsi 2-3 kapsul sekali minum dalam sehari.

Sembari berdoa :

 لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّماَوَاتِ، وَرَبُّ اْلأَرْضِ، وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيْمِ

 

Artinya:

"Tidak ada tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Yang Mahaagung lagi Maha Penyantun. Tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb (Pemilik) 'Arsy yang agung. Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb langit dan juga Rabb bumi, serta Rabb pemilik 'Arsy yang mulia.

(HR. Bukhari dan Muslim).



Qusthul Hindi

Pertama kali mencoba Qusthul Hindi agak pengar rasanya, karena aku minum dengan cara dilarutkan dalam air hangat 1/2-1 sendok teh Qusthul Hindi lalu diaduk dan biarkan sampai mengendap. Kemudian minum bagian atasnya, sedangkan endapannya bisa dibuang ketika selesai meminum air larutan Qusthul Hindi.

Bagi yang tidak suka dengan rasa pahit dan baunya yang pengar, mungkin ada baiknya memilih Qusthul Hindi dalam bentuk kapsul. Karena konsumsi Qusthul Hindi yang merupakan tanaman kayu berasal dari India ini bermanfaat sebagai anti-inflamasi, anti-mikroba, dan analgesik atau pereda nyeri yang kuat ketika sedang sakit. Nama ilmiah dari Qusthul Hindi adalah saussurea costus.

Obat Herbal yang Harus Ada Saat Pandemi, qusthul hindi

Namun, disadur dari buku JSR (Jurus Sehat Rasulullah) yang ditulis oleh dr. Zaidul Akbar, konsumsi Qusthul Hindi harus dibarengi dengan nutrisi yang baik, pola hidup sehat dan minum yang cukup sehari-hari, karena sifat dari Qusthul Hindi ini panas dan bisa menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan.


Setelah sedia ketiga obat herbal di atas, maka prokes yang selalu aku lakukan dengan ketat adalah menggunakan produk-produk dari Betadine. Karena produk dari Betadine tidak mengandung bahan berbahaya seperti 

Steroid free
Drug free
Preservative free



Mengenal Produk BETADINE®

BETADINE® adalah produk antiseptik yang terpercaya dan digunakan oleh tenaga kesehatan di seluruh dunia selama lebih dari 50 tahun untuk mencegah dan mengobati infeksi. Betadine sendiri bukan obat, melainkan anti-mikroba dengan bahan aktif Povidone – Iodine (PVPI) yang efektif mengatasi kuman dan mampu mengendalikan penyebaran infeksi topikal bagi penggunanya.

Lebih mudahnya, Betadine adalah produk pencegahan mengatasi infeksi yang sangat direkomendasikan digunakan setiap hari atau setiap dibutuhkan. BETADINE® memiliki empat kategori produk, yakni 

Wound Care (Produk Penanganan Luka)

URTI Care (Produk untuk Mulut, Hidung dan Tenggorokan)

Feminine Care (Produk untuk Area Kewanitaan)

Protective Care (Produk untuk Membersihkan Tubuh)

 

URTI Care

Untuk mencegah penularan virus Covid, biasakan untuk menjaga prokes dengan ketat. Dari mulai membiasakan menjaga kebersihan badan hingga rongga mulut, hidung dan tenggorokan. Dengan produk URTI Care dari BETADINE® maka sahabat lendyagasshi akan membunuh kuman yang mungkin saja masuk saat berada di ruang publik.

Meski dirumahaja, penting untuk tetap menjaga kebersihan rongga mulut, hidung dan tenggorokan menggunakan ke 4 produk andalan, yakni :
 

BETADINE® Mouthwash & Gargle

Antiseptik rongga mulut dengan Povidone-Iodine 1% untuk mengatasi:
Bau Mulut
Sariawan
Sakit Tenggorokan
Gusi Bengkak
Napas Tak Segar
 
 

BETADINE® Cold Defence Nasal Spray

Semprotan rongga hidung dengan kandungan alami Carragelose™ (Iota – Carageenan) untuk dewasa dan anak usia 1 tahun ke atas. Manfaat Cold Defence Nasal Spray:

Mengurangi tingkat keparahan pilek dan flu
Terbukti secara klinis membantu mengurangi durasi gejala pilek dan flu hingga 2 hari
Alami, Preservatives Free, Steroid Free, Drug Free
Dapat digunakan oleh anak – anak



Petunjuk Penggunaan:

Untuk anak usia 1 tahun ke atas: 2-3 semprotan pada setiap lubang hidung 3x sehari
Untuk dewasa: 3 semprotan pada setiap lubang hidung 3x sehari
 
 
Produk Betadine URTI Care lengkap

BETADINE® Throat Spray

Antiseptik rongga mulut dan tenggorokan dalam kemasan spray dengan kandungan Povidone-Iodine 0.45% yang berfungsi untuk mengatasi

Sakit tenggorokan
Sariawan
Gusi bengkak
Bau mulut dan Napas tak segar


BETADINE® Lozenges

Tablet hisap dengan kandungan antiseptik yang dapat membantu melegakan tenggorokan.


Video Cara Menjaga Kebersihan Rongga Hidung & Mulut


Jadi tenang kan...kalau sudah stok produk URTI Care dari BETADINE®. Karena suami masih tetap WFO ketika masa pandemi, maka ikhtiar diperketat selain telah vaksin 2x dan booster kemudian menjaga prokes dan tidak lupa selalu sedia produk URTI Care dari BETADINE®.

Bagaimana dengan sahabat lendyagasshi?
Adakah yang selalu sedia obat herbal dan produk Betadine di rumah?

 

Stay healthy yaa...sahabat.


With love,




26 comments for "Ceklist Obat Herbal yang Harus Ada Saat Pandemi"

  1. obat herbal yang ada di rumahku ya mau ama habatussauda mba.. jahe dll juga ada. betadine juga ada.. wkwk lengkap ya. emang kalau pandemi gini kudu rutin nyetok persediaan kesehatan keluarga

    ReplyDelete
  2. kalo madu juga jadi kebutuhan utama yang harus ada mbak, wah ternyata range produk betadine tuh banyak juga ya variannya

    ReplyDelete
  3. Dulu bunda juga rutin minum habbatussauda. Akhirnya bosan sendiri. Minum air putih banyak (kuatnya cuman 6 gelas perhari selain minum waktu makan) dan makan bernutrisi satu2nya yang tak pernah ditinggalkan. Insyaallah jarang sakit. Tapi tetap menua. He he ....

    ReplyDelete
  4. Aku selalu sedia madu dan betadine kumur di rumah. Ini memang beneran ngebantu banget untuk mencegah dan mengobati saat terpapar covid ��

    ReplyDelete
  5. Aku selalu sedia madu sama habats ini di rumah mba Lend, hehe. Oyaa yg Betadine ini jd list yg harus ada juga deh di rumah

    ReplyDelete
  6. Betadine Mouthwash and gargle ini nice to have banget sih. Buat ttp menjaga kebersihan mulut ya teh.

    ReplyDelete
  7. mouthwash kayak betadine ini emang jadi salah satu rekomendasi dokter saat pandemi gini saat ada gangguan ISPA, waktu poistif kmrn juga akudan suami di saranin banyak kumur dengan mouthwash untuk mengurangi si virus atau kuman di area pernafasan, mulut, hidung, dan tenggorokan pastinya

    ReplyDelete
  8. Aku juga sedia madu dan qustul hindi mbak di rumah buat daya tahan tubuh. Untuk betadine mouthwash ini aku belum pernah coba.

    ReplyDelete
  9. Di rumah aku selalu sedia Betadine Mouthwash and Gargle, semenjak pandemi semua wajib kumur-kumur biar terhindar dari virus.

    ReplyDelete
  10. Kalau aku, madu selalu ada stoknya. Qusthul Hindi aku konsumsi dalam bentuk kapsul dulu saat kena Delta, dan Alhamdulillah bantu proses penyembuhannya. Kalau Betadine ada yang mouthwash dan feminine wash

    ReplyDelete
  11. aku selalu sedia madu dirumah
    anak-anak kalo batuk biasanya aku kasih madu.
    nah betadhine juga mulai beli semenjak covid buat kumur
    baru tau ternyata ada yang spray juga

    ReplyDelete
  12. Kalau aku gak selalu sedia Betadine, ternyata Betadine sudah jauh lebih lengkap ya. Ini memang cocok sekali buat stok obat-obatan di rumah, terutama untuk pencegahan.

    ReplyDelete
  13. Produk Betadine memang beragam ya. Kalo aku biasanya nyimpen Betadine yang cairan u.mengobati luka. Khasiatnya memang oke u.menyembuhkan luka.

    ReplyDelete
  14. Obat herbal yang saya miliki semacam bumbu di dapur saja ditambah madu. Tapi kalau Betadine emang punya yang obat luka antiseptik saja.

    ReplyDelete
  15. Sejak pandemi, saya juga jadi selalu ada stok madu dan multivitamin di rumah, karena dapat jatah dari kantor tiap bulannya hehehe....

    Wah varian produk betadine makin banyak ya, saya yang sering pakai cuma betadine yang buat obat luka aja

    ReplyDelete
  16. Madu, habbatusauda itu dari dlu rutin aku konsumsi mba. Senangnya kalau sekarang ada beberapa produk Betadine yang wajib ada di rumah

    ReplyDelete
  17. jadi harus sedia obat herbal dan juga obat obatan gitu ya Mba..aku cuma punya madu aja ini, auto nyetok juga biar lengkap di rumah, kalau Betadine sudah pasti punya sih..

    ReplyDelete
  18. Betadine tuh jadi andalanku selama pandemi loh Teh. Mulai dari obat luka sampai obat kumur sejak lama pakai betadine soalnya udah percaya sama betadine. Apalagi betadine gampang banget bisa dibeli di apotik depan perumahan, wah jadi tetep setia.

    ReplyDelete
  19. Sedianya baru Betadine buat obat luka luar maak, kalau obat herbal versi kami bawang merah parut buat demam dan di taruh di ruangan biar aroma bawang menyebar, jeruk nipis sama kencur buat kalau mulai batuk.

    ReplyDelete
  20. Aku baru tahu qusthul hindi, Mbak. Kapan-kapan mau coba, ah. Kalau produk Betadine udah jadi andalan keluargaku. Mouthwash and Gargle masih rajin dipakai untuk gusi yang suka bengkak.

    ReplyDelete
  21. Merk Betadine makin lengkap juga variasi ya. Dari yang dulu buat luka aja, sekarang Sampai ada buat kebersihan bagian genital dan produk untuk mulut, hidung dan tenggorokan.

    ReplyDelete
  22. Yang Spray itu awalnya ku gatau, eh pas ga enak badan dikirimin temen, sekarang suka stock juga

    ReplyDelete
  23. Ini emang enak buat tenggorokan bikin enakan. Apalagi jaman pandemi begini ya kalau ga sedia amit2 buat bahan persediaan.

    Mak tapi kalau madu entah kenapa aku malah tambah sakit batuk dll. Kayak kemaren itu minum madu biar fit yg ada buatukk

    ReplyDelete
  24. Wah ini nih yang harus ada ya di rumah biar ga bingung kalau misal order obat tapi datangnya butuh waktu

    ReplyDelete
  25. Super duper noted! Pas jaman pandemi memang harus siap sedia obat dan vitamin, baik yang herbal atau non-herbal di rumah. Biar tubuh senantiasa fit terus

    ReplyDelete
  26. Uni makasih tipsnya ya, emang nih penting banget. Duh maduku mau habis, makasih Uni udah diingatkan untuk stok lagi. Di tempatku musim batuk nih uni

    ReplyDelete