Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Aktivitas Seru Berpuasa di Rumahaja

Bismillah,


Aktivitas Seru Berpuasa Ramadan di Rumahaja, apa yang sahabat lendyagasshi biasa lakukan?
Hola sahabat lendyagasshi.


Alhamdulillah,
Nikmat sehat dan iman senantiasa bersemayam di hati umat muslim dimanapun berada. Meski sedang shaum, ada banyak sekali aktivitas yang bisa kita lakukan. Terlebih lagi, kini pergerakan sejak masa pandemi 2022 sudah lebih baik, tidak seketat dulu.

Namun,
tetap harus jaga prokes yaa.. Meski sudah vaksin 2x dan booster vaksin, tetap harus saling jaga jarak dan menghindari kerumunan.

Anak-anak juga sudah mulai PTMT kembali, meski masih hybrid learning, 2 hari sekali ke sekolah dan belajar bersama dan 3 hari belajar di rumah. 

Dengan segala keribetannya, mari kita nikmati saat berpuasa harus dirumahaja seperti saat ini. Biasanya kegiatan apa yang sahabat lendyagasshi lakukan bersama keluarga?

Aktivitas seru menunggu berbuka puasa


Aktivitas Seru Berpuasa di Rumahaja

Setiap keluarga pasti memiliki aktivitas seru masing-masing yaa.. Kalau keluarga kami yang mageran, ehhehe, merasa lebih aman main dirumahaja, bener-bener gak kemana-mana. Karena sebelum shaum, anak-anak sedang memiliki jiwa eksplorasi dan berkeliling dari taman ke taman bersama teman baru di wilayah Ice Skating, Arcamanik, maka memasuki bulan Ramadan ini, aku membatasi aktivitas anak-anak. 

Alasan lainnya, karena Bandung jelang berbuka biasanya sudah mulai hujan. Jadi, enakan berkumpul aja gitu yaa.. di rumah. 


Nonton Kartun Bareng

Ya Allah, ini tuh amazing banget. Karena ternyata platform Disney+ yang baru beberapa bulan yang lalu menambah daftar list drama Korea-nya, kini semakin banyak kartun baru dan menyenangkan ada di platform ini.

Kebetulan nontonnya bisa di tablet Mama, yang sudah langganan Disney+ entah darimana. Hehehe, mungkin dari suami yang menggunakan nomer yang berkaitan dengan langganan Disney+.

Selain di platform Disney+, biasanya anak-anak juga menonton cartoon series di Netflix dan youtube. Meski kadang, aku suka rewel melihat anak-anak membajak gadget Mama yang sedang digunakan streaming lagu-lagu NCT Dream.

 

Kenapa gak nonton di TV, kan lebih lega?

Emm, karena TV ada di ruang keluarga, kami yang mager ini senengnya kruntelan di kamar. Menghabiskan waktu di dalam kamar dengan pencahayaan yang redup, ini nikmat banget. Apalagi ditemani dengan berbagai platform menonton yang seru. Selain Disney+ dan Netflix, kami juga menjelajah platform Apple TV untuk menonton berbagai macam series, termasuk Pachinko (ini khusus serial Mama).


Mendengarkan Buku Melalui Aplikasi Audiobook

Ini kegemaran baru sejak berlangganan aplikasi audiobook Storytel. Hanya dengan membayar Rp 39.000,-/bulan, maka kami bisa menikmati berbagai jenis buku, baik fiksi atau non-fiksi. Tidak hanya membaca e-book online, aplikasi Storytel ini ajaibnya bisa didengarkan oleh narator yang bagus-bagus. Bukan narator AI (Artificial intelligence) yang nadanya sama aja. Ini bener-bener manusia yang membacakan sehingga berbagai jenis emosi dan nada suara saat membacakan bisa dirasakan oleh pendengar.

Ulasan Novel Pachinko

 

Tertarik menghabiskan buku bacaan dengan target mingguan?
Yuk, bisa yuk.. Langganan Storytel dan mari mendengarkan buku, berkelana ke dunia tanpa batas.


Mengerjakan Tugas Sekolah

Ya, namanya mamak punya 2 anak sekolah usia Sekolah Dasar yaa.. Selain mendampingi anak-anak sekolah secara online bak satpam cantik, aktivitas mengerjakan atau menyelesaikan tugas sekolah ini mewarnai sore hari kami saat ngabuburit dirumahaja.

Kakak kelas 5 SD dengan tugas sekolahnya dari mulai membuat project hingga tugas video. Sedangkan Hana, biasanya hanya tugas tertulis dan video untuk praktek, seperti percakapan Bahasa Sunda atau menghapal kosa kata Bahasa Arab.


Murojaah Hapalan

Selain aktivitas tugas sekolah, anak-anak juga dapat tugas murojaah hapalan. Sesekali, aku memberi games agar dalam menghapal ada aktivitas yang menyenangkan. Karena menurutku, hapalan ini sulit dan akan lebih sulit lagi mempertahankannya.

Rasanya perlu senantiasa dibaca saat sholat agar tidak cepat menguap dan mengulang kembali dari awal. Hiiks~ Sedih banget.


Main Bersama Teman

Sejak pindah ke rumah Ice Skating, Ai dan Hana mendapat teman baru yang selalu mengajak bermain dari taman ke taman. Ada kekhawatiran, pada awalnya.. Tapi diiringi doa dan percayakan pada Allah semoga anak-anak senantiasa diberikan perlindungan dalam melakukan aktivitas.

Kekhawatiran lain tentu anak-anak akan merasakan lapar dan haus sebelum waktunya. Tapi alhamdulillah, sejak bermain bersama teman, gak ada keluhan ingin berbuka puasa di awal waktu. Hanya saja, Hana sesekali menanyakan berapa menit lagi waktunya berbuka...?

Aku rasa itu masih wajar yaa..

Aku dulu juga sering begitu.. Rasanya pas main seneeeng banget. Giliran pulang dan menunggu waktu berbuka kok terasa sekali lapar dan hausnya. Waktu terasa tidak berjalan. Hahaha~


Tadarrus dan Tahsin Online

Sejak pandemi, kelas tahsinku yang biasa dibimbing oleh Ummu Adam juga tetap belajar, namun dipermudah dengan bantuan zoom. Jadi belum bertemu offline, hanya belajar tahsin bersama secara online.

Selain itu, tadarrus atau menyimak 1 juz mengaji bersama Komunitas Connecting Mama yang diselenggarakan seminggu 2 kali dan tak lupa mendengarkan kajian online.


Aktivitas seru ini tentu setiap hari berubah dan selalu ada ide baru untuk dilakukan bersama. Tapi benar sekali, selama Ramadan kali ini, kami belum melakukan berbuka puasa di luar rumah. Dan mungkin ini yang menjadi hikmah bagi kami agar senantiasa berkumpul bersama dirumahaja.

Paling, kalau sedang ada rejeki lebih, kami pesan makanan online yang kami suka. Bahagia luar biasa yaa.. Semoga shaum Ramadan sahabat lendyagasshi lancar-lancar dan penuh keberkahan.

 

Happy Ramadan 1443 H.

 

#BPN Ramadan 2022
#day05

 With love,

 


19 comments for "Aktivitas Seru Berpuasa di Rumahaja"

  1. Huwooo, ternyata kalo mau kreatif dan bersemangat, banyaaaakk ya aktivitas positif yg bisa kita lakoni bareng2 di bulan suci ini
    super hepiiii

    ReplyDelete
  2. Ah iya, Storytel bisa jadi aktivitas menarik buat anak ya .... berasa didongengin ya. Asyik bawaan naratornya.

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya banyak aktivitas selama puasa yang bisa dikerjakan di rumah aja, emang semuanya tergantung sama pribadi masing-masing ya.

    ReplyDelete
  4. Saya baru 2 hari ini puasa di rumah, seminggu di RS karena suami rawat inap...jadi anak-anak puasa ditemani kerabat yang nginap. Langsung deh 2 hari ini kami kruntelan mulu..ya nonton, ya guyon dan ibadah bareng. Alhamdulillah:)

    ReplyDelete
  5. Hmm aktivitasnya seru-seru semua nih, palagi yang audiobook kayaknya oke banget buat dicoba.

    ReplyDelete
  6. Semua aktivitasnya seru-seru bikin puasa jadi ga berasa

    ReplyDelete
  7. apapun aktivitasnya kalau dilakukan dnegan hati senang pasti menyenangkan ya teh, apalagi kruntelan di kamar tuh, tempat berbagi cerita bareng ma kiddos

    ReplyDelete
  8. aku juga suka melakukan kegiatan seru2an dengan membaca buku bersama anak anak hehehe

    ReplyDelete
  9. Seru mba kegiatannya, terkesan hidup dan g borring, perlu ditiru juga, nih. Nonton film favorit atau dengerin dongeng dri storytel kyanya asyik ya mba, busa sambil tuduran. Thankyou for sharing, mba.

    ReplyDelete
  10. Banyak aktivitas-aktivitas seru yang bisa dilakukan saat berpuasa. Ngabuburit gak perlu keluar rumah, di rumah pun sudah menyenangkan. E sayangnya gak ada drakor yang bisa ditonton anak-anak ya. Jadi ga bisa nonton drakor bareng. Bahaya kalau ada adegan yang 17+. 🤭

    ReplyDelete
  11. Kegiatan anak -anak saya banget nih .. tapi kadang juga tergoda untuk main keluar

    ReplyDelete
  12. Sebagai pengantar tidur, sepertinya bisa dimanfaatkan. Apalagi kalau kita yang membacakan cerita sudah capek.

    ReplyDelete
  13. Ternyata banyak aktivitas yang bisa dilakukan di rumah ya Mbak. Apalagi bersama keluarga. Dirumahsaja bukan berarti rebahan ya kan?

    ReplyDelete
  14. Puasa di rumah saja malah lebih enak
    Nggak tergoda ini itu
    Apalagi banyak aktivitas yang bisa dilakukan selama puasa di rumah aja ya teh

    ReplyDelete
  15. Berfaedah banget mba aktivitas selama ramadannya. Aku pengen ngajakin anak buat murojaah sama tadarus gitu, cuma belum bisa fokus lama sih bocah. Giliran mamanya yang tadarusan digangguin aja dia mau ikutan, kalo disuruh ngaji bareng dia kabur 😅

    ReplyDelete
  16. OoO pachinko ada audio booknya juga ya mba. Baru tahu eike

    ReplyDelete
  17. kalau aku pas puasa lagi di rumah aja kegiatannya paling beres-beres dan main sama anak. nah kalau agak senggang bisa juga nonton drama korea. hihi

    ReplyDelete
  18. Seru ya, anak-anak jadi makin cerdas dan kreatif. Semua aktivitasnya bermanfaat.

    ReplyDelete
  19. Sama kayak kami mbak. Walaupun ruang tengah ada tv dan lega tapi lebih senang sempit-sempitan di kamar. Ada yang main, tidur, baca buku dan pegang hp. Xixixi..

    ReplyDelete