Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tidak Bisa Memilih Antara Blogspot atau Wordpress

Bismillah,


Wordpress atau Blogspot?
Hola sahabat lendyagasshi.


Ingin mengawali menjadi blogger?
Hayuukk, cuss...

Langkah awalnya hanya menulis di platform yang biasa para blogger gunakan. Yang terkenal dan familiar dengan segala coding yang tinggal pakai adalah blogspot (BS) dan wordpress (WP). Kedua platform yang mudah dan user friendly ini paling diminati.

Namun, jangan salah.. Masih ada platform menulis gratis yang juga populer, seperti Medium.com, Penzu.com, Webs.com, Weebly.com, Wix.com, dan Postach.io. Adakah sahabat lendyagasshi pernah mencoba beberapa platform menulis tersebut?

Sejujurnya perang dingin antara pengguna WP dan BS ini tidak tampak, namun ketika seseorang terlalu mencinta, biasanya suka rada memihak salah satunya. Misal, over claim kalau WP itu dewa dan gak ada yang bisa mengalahkan BS karena BS masih klasik banget pengaturannya.

Ya, karena aku gak suka dengan nada-nada miring, aku pun memiliki keduanya, blog WP dan blog BS. Hihii~ Meskipun yaa, sesungguhnya aku gak begitu paham mengenai keduanya dengan mendalam, hanya menerapkan Tips Menulis Blog yang berusaha konsisten kulakukan.

Tentu hasilnya gak bisa terlihat dalam waktu dekat, butuh waktu dan butuh banyak belajar lagi dari para mentor. Namun, semoga keputusanku membuat blog di kedua platform tersebut bisa menjadi penyemangatku dalam menuangkan ide dan berbagi informasi.

Pilih menulis dimana? Blogspot atau Wordpress



Blogspot

lendyagasshi.com - Adalah blog blogspot pertama yang aku jadikan TLD. Berawal dari pertama kali memiliki blog di WP dengan alamat lendyagasshi.wordpress.com, maka dengan teriring doa, aku mantap bermigrasi ke blogspot.

Alasannya cukup jelas bukan?

Masalah biaya per-tahun yang digunakan untuk blogspot lebih terjangkau buatku. Dan lagi, blog TLD pertama ini aku buat karena ingin menuangkan ide sehari-hari mengenai kehidupanku. Dari mulai ngobrolin parenting, catatan seminar, hingga drama Korea, Film Korea dan musik Kpop yang sedang aku gemari.

Tak jarang juga aku menuliskan mengenai ketertarikanku dengan skincare yang aku gunakan, tempat yang aku datangi, review tempat makan yang aku suka hingga kategori teknologi. Yah, sedikit banyak pastilah blogger selalu ada hubungannya dengan dunia-dunia tersebut kan.. apalagi bagi seorang Ibu.


Keuntungan Menggunakan Blogspot

Selain yang aku bilang, biaya domain yang sangat-sangat terjangkau ((baru tanggal 19 April 2022 aku memperpanjang domain lendyagasshi.com sebesar Rp 158.596,-)), menggunakan blogspot juga tak perlu membeli hosting (tempat untuk menyimpan semua file dan data website agar web dapat diakses melalui internet), karena hostingnya bisa numpang punya google.

Keuntungan Menggunakan Blogspot

Seperti yang aku bilang sebelumnya, karena blogspot adalah salah satu produk google yang diakses melalui blogger.com, maka dalam menerapkan kostumisasi, SEO bahkan memasang ads menjadi jauh lebih mudah dan ringkas.

Dan satu lagi, melihat template menulis di blogspot ini jauh lebih sederhana. Jadi tinggal menulis dan bila ingin memasukkan gambar sebagai pendukung tulisan, tinggal ditempelin dari fitur "Upload dari komputer".

Semudah itu banget sih yaa..kalau pakai blogspot.

Selain itu, kalau suatu hari nanti domain blogspot sahabat lendyagasshi gak diperpanjang ((mungkin pemiliknya meninggal dan tidak ada ahli waris yang melanjutkan membayar domain blog)), maka blog BP ini gakkan hilang. Mereka akan kembali ke format awal dengan embel-embel namablog.blogspot.com


Namun setiap platform, tentu ada kelebihan ada pula kekurangannya. 


Kekurangan Menggunakan Blogspot

Template blog bawaan blogspot masih sangat sederhana. Kalau mau yang lucu-lucu dengan spek yang diinginkan, misalnya template blog SEO friendly responsive design, sahabat kudu menggantinya sendiri. Bisa dengan membeli template atau mencari template gratisan yang sering dibagikan website tertentu. Sahabat lendyagasshi perlu banget berpetualang atau bertanya pada masta blogger mengenai template yang ringan, SEO friendly dan responsive.

Biasanya, template dengan kriteria tersebut modelnya gak pernah aneh-aneh yang gimana sih.. Simple dan cenderung seperti buletin. Hanya saja, sahabat bisa customize warna kesukaan. 

Contoh template responsive, bisa dilihat di blog lendyagasshi ini yaa.. Hehhe, ini aku pakai sejak setahun yang lalu. Sebelum-sebelumnya, masih berpetualang mencari template yang pas buat rumahku ini.


Kekurangan lain yang aku rasakan saat menggunakan blogspot adalah pengkategorian gambar. Jadi gambar yang sudah pernah kita pakai dan tersimpan di direktori google tuh gak berurutan. Aku juga gak paham urutannya berdasarkan apa. Pun bukan sesuai dengan waktu publish. Karena ada beberapa gambar baru-baru ini aku upload, masuknya di awal banget.

Jadi rada siwer kalau mau mengambil gambar lama. Meski storage yang disediakan google sebesar 15 GB dan mungkin bisa tahan hingga bertahun-tahun, namun ingat.. yang disimpan di google drive bukan hanya gambar blog, tapi juga data email, google photo dan fasilitas google lainnya.

Jadi aku seringkali bebersih drive agar agak legaan gitu..
Plus memperpanjang waktuku biar gak langganan google drive dulu, hehehe..

Selain gambar yang berantakan di direktori penyimpanan, aku rasa yang aku gak suka lainnya adalah gambar yang gak jadi dipakai (misalnya salah size atau ada kekurangan) tuh gak bisa dihapus. Seperti yang sudah ku bilang sebelumnya, bahwa aku suka banget bebersih storage.

Jadi inginnya kalau ada gambar yang gak jadi aku pakai, bisa aku hapus dari penyimpanan. Tapi nyatanya, gak bisa cuy

Jadi makin siwer kalau blognya sudah berusia lebih dari 5 tahun. Bwanyaaakkk banget. Apalagi bagi yang blognya gak pelit visual, seperti blogku yang sering mengulas drakor, pasti suka banget kalau dikasih gambar yang mendukung adegan yang aku ceritakan kan..



Wordpress

lendyagassi.com - Adalah blog alter ego-ku yang ingin menuliskan review dan sinopsis drama dan film Korea terbaru. Tadinya, review drama dan film ini masih jadi satu di blog lendyagasshi di blogspot. Namun ada beberapa kondisi sehingga aku memilih untuk mencoba blog WP baru.

Dan namanya sengaja aku bikin mirip, karena aku ingin pembaca hanya ingetnya lendyagassi dan lendyagasshi, sama-sama suka membahas drama atau film Korea. Sebenernya all about Korea sih.. Kadang juga bahas hal-hal inside of Korea like sejarah Kpop, wajib militer di Korea sampai tempat-tempat yang wajib dikunjungi saat sedang berada di Seoul.


Keuntungan Menggunakan Wordpress

Pasti semua setuju kalau WP ini tampak mudah karena ada banyak plugin siap pakai yang bisa membantumu mengoptimasi blog keshayangan. Dari mulai plugin anti-spam akismet, All in SEO, AMP, Table of Content, dan masih banyak lagi. Semuanya bisa ditempelin di blog agar blog menjadi mudah terdeteksi google.

Benarkan menggunakan WP lebih cepat terindeks daripada menggunakan BP?

Nah, ini aku gak tau salah dimana, memang WP lebih powerful kalau masalah keterbacaan di google. Tapi jangan khawatir, bukan berarti BP lebih lama jadi kalah dengan WP. Mungkin saja blog BP lama terdeteksi, namun jika penggunaan keyword dan segala macam printilan SEOnya memenuhi standart dan memang populer, dalam arti banyak dicari orang, bisa jadi BP ini nangkring di pejwan juga.

Jadi buat yang punyanya blog BP, jangan berkecil hati. Tetap maksimalkan dengan ilmu SEO yang sudah dikuasai dan langsung praktekkan.

Kelebihan menggunakan Wordpress
 

Pengguna WP, Mengandalkan Plugin yang Tersedia

Ya sama aja, hanya optimasi SEO-nya menjadi lebih mudah karena ada plugin yang membantu. Misal nih, panjang meta desc-nya kurang, maka akan ada score yang memberitahu. Kalau di BP kan engga ada.


Kelebihan lain yang aku rasakan dan bikin betah di WP adalah saat memasukkan gambar. Aku sangat suka sekali tulisan dengan visual menarik. Nah di WP, gambar lebih dari satu bisa dibikinkan collage otomatis dari WP, bahkan bisa di desain mau bentuk ada bingkainya atau polosan, atau mau di slide otomatis?

Semua bisa di WP.
Canggih banget. Hehehe~

Dan kalau menyimpan foto di WP, seandainya salah memasukkan foto, bisa di delete dan hanya menyimpan foto yang digunakan untuk blog. Selain itu, ada kategori "bulan" apa kita upload foto tersebut. Sehingga memudahkan jika ingin menggunakan foto yang sama itu kembali. Cukup search by month aja.


Perbedaan lain yang terasa adalah template menulis.

Kalau di BP template menulisnya klasik dan kalau mau copy paste dari tulisan gdocs, misalnya.. Harus dipindahkan ke notes atau ke tele dulu agar format tulisan aslinya hilang. Bagi pengguna windows, sebenarnya bisa diakalin dengan "Copy paste without formatting". Tapi karena gadget yang sekarang aku pakai tidak menyediakan klik kanan dengan pilihan tersebut, aku pun mengakali dengan copas sementara di tele, lalu copas lagi setelah dari tele. Nah, ini menghilangkan format bawaan si tulisan asli.

Kalau menggunakan WP, semua format otomatis hilang dan mengikuti WP block yang ada di template menulis WP. Lebih simple yaa..


Selain yang aku sebutin di atas, pasti masih ada banyak sekali perbedaan antara BP dan WP. Coba sahabat lendyagasshi yang bisa menyebutkan, bisa drop di kolom komen yaah.. Sama-sama belajar karkter dari masing-masing platform tanpa judgement mana yang lebih baik ataupun tidak. 

Sebaik-baik blog adalah yang diisi dengan konten organik dan konten berbayar dengan komposisi yang sehat. Sehingga google mendeteksi blog ini dirawat oleh manusia, bukan robot. Dan jangan pernah plagiat tulisan orang lain yaa.. Kalau mau memasukkan konten orang lain, adabnya adalah tetap menuliskan sumber dari mana konten itu berasal.


Yuk, semangat menulis dan menggali ide, dimanapun menulisnya.


Happy Ramadan 1443 H.

#BPN Ramadan 2022
#day12


With love,



Post a Comment for "Tidak Bisa Memilih Antara Blogspot atau Wordpress"