Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Hal-Hal yang Ingin Dilakukan Saat Bulan Ramadan

Bismillah,


Hal-Hal yang Ingin Dilakukan Saat Bulan Ramadan.
Hola sahabat lendyagasshi.


Adakah hal-hal yang menjadi impian untuk dilakukan di saat Bulan Ramadan?
Mengapa memilih Bulan Ramadan?

Tentunya karena amalan kebaikan sekecil apapun yang dilakukan di Bulan Ramadan ini akan bernilai pahala di hadapan Allah. Seperti hadits Nabi Muhammad Sholallahu 'alaihi wassalam yakni

Sesungguhnya Allah membebaskan sebagian orang dari api neraka setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim ketika dia berdoa, itu akan dikabulkan.” 

(Diriwayatkan oleh al-Bazaar, dari Jabir bin Abdillah. Al-Haitsami dalam Majma Az Zawaid mengatakan bahwa perawi hadits ini adalah tsiqah atau terpercaya).


Maka, di Bulan Ramadan kali ini, aku berharap semoga beberapa hal yang aku tuliskan ini nanti akan terkabul. Karena Allah Maha Luas dan Maha Kaya, maka aku yakin tidak ada yang tidak mungkin ketika Allah sudah berkehendak.

Apa saja keinginan terbesarku?

Hal-Hal yang Ingin Dilakukan Saat Bulan Ramadan


List yang Ingin Dilakukan Saat Bulan Ramadan

Ada banyak hal yang ingin aku lakukan bersama pasangan dan juga anak-anak di Bulan penuh berkah ini. Bukan di bulan lain tidak pingin, hanya saja di Bulan Ramadan, tentu akan semakin terasa makna dan hikmahnya.

Semoga wishlistku terpenuhi yaa..


Umroh

Karena di Bulan suci Ramadan pahal berumroh sama dengan pahala haji, maka ingin sekali melaksakan umroh di Bulan Ramadan. Alhamdulillah, tanggal 18 April 2022 besok, suami berangkat umroh, namun sayangnya belum bisa bersamaku.

Semoga kalau ada rejeki, someday kita bisa umroh bersama yaa...


Shaum Bersama Keluarga di Negara Lain

Saat ini, pandemi sudah alhamdulillah mulai mereda. Dan travelling ke luar negeri pun bisa dilakukan kembali. Meski beberapa negara menerapkan sistem karantina, itu bisa menjadi salah satu cara terbaik dari kita semua saat travelling.

Inginnya, kami melakukan ibadah shaum di negara lain bersama-sama. Menikmati keunikan setiap negara dan fokus untuk beribadah dan kumpul keluarga. Kalau kini?

Yah, kini suami masih disibukkan dengan banyak amanah, sehingga seringkali sahur atau berbuka tidak di rumah. Tidak apa-apa, dunia ini hanya sementara. Semoga kita semua dikumpulkan dengan sebaik-baik keadaan, kelak.


Khatam Qur'an Saat Bulan Ramadan

Khatam Qur'an ini selain membutuhkan niat juga perencanaan yang kuat. Rencana dari jauh sebelum Ramadan sudah aku lakukan yakni membiasakan setiap hari membaca 1 juz. Namun pada waktu hari H-nya, ada beberapa ujian. Salah satunya adalah ujian wanita yang ada masanya untuk tidak ibadah mahdhah.

Sehingga sampai hari ke 12 Ramadan hari ini, aku masih tertatih membaca Al-Qur'an di juz 7. Semoga niat khatam Qur'an meski sudah bulan Ramadan tetap dimudahkan.

 

Rutin Bersedekah

Bersedekah untuk saat ini masih sebatas aku lakukan kepada orang-orang terdekat atau di sekitar rumahku. Semoga ke depannya, rutin bersedekah Shubuh bisa kembali aku lakukan dan inginnya menjadi donatur tetap di sebuah Panti Asuhan dekat rumah kami.

 

Target Menghapal Qur'an

Ini pun masih tertatih dalam melakukannya. Karena banyaknya aktivitas harian yang aku lakukan, terkadang murojaah ini aku lakukan saat anakku juga murojaah. Jadi seperti bersama menghapal dan mengingat-ingat kembali juz 30 yang sedang kami hapalkan bersama.

Semoga Allah mudahkan..

 

Berpuasa dengan Keluarga Besar

Ramadan dalam ingatan kecilku adalah berbuka dengan keluarga Plampitan Family. SELALU, gak pernah enggak. Setelah menikah dan pindah ke Bandung bersama suami, otomatis aktivitas ini jadi gak bisa aku lakukan lagi.

Rindu sekali..

Dan Keluarga Plampitan gak ada yang hijrah ke Bandung selain aku. Jadilah aku gak bisa menyuburkan tradisi ini meski sudah gak di Surabaya lagi. Ada kalanya rindu ini menyeruak, apalagi kala wag Plampitan berbagi foto acara bukber yang selalu diadakan bergantian di rumah saudara Babe rahimahullah yang bersedia.


Jadi, ke 6 hal itu yang menjadi wishlistku saat menjalankan puasa Ramadan. Semoga Allah mudahkan untuk mewujudkannya menjadi nyata. Aamiin~

Apakah sahabat lendyagasshi juga punya bucket list yang ingin dilakukan saat Bulan Ramadan?
Cuss tulis di kolom komen yaah..


Happy Ramadan 1443 H.


#BPN Ramadan 2022
#day10

With love,



5 comments for "Hal-Hal yang Ingin Dilakukan Saat Bulan Ramadan"

  1. Pengin UMROH SEKELUARGA di bulan Ramadan...!
    Semogaaa Allah undang kita ya sist, Ramadan thn depan bisa buka dan sahur bareng di Masjidil Haram dan Nabawi, aamiiinnn

    ReplyDelete
  2. Aku sebenarnya pgn mudik dan buber bersama teman-teman SMP, SMA, sobat2 kuliah dll. Hehe. Sama umroh jg di bulan ramadan brg suami. Aamiin suatu hari nanti

    ReplyDelete
  3. semoga apa yang diinginkan selama bulan ramadhan bisa dikerjakan dan tercapai. Memberi manfaat untuk kita didunia dan akherat

    ReplyDelete
  4. Duh mbaaa, adem benerrr baca tulisan kali ini, setidaknya aku enggak Roaming karena biasa baca ttg Korea hehehe. Aku sepakat, dunia hanya sementarA, semoga yg baik2 selalu bersama kita ya mbak

    ReplyDelete
  5. Aamiin, pengen juga merasakan umrah saat Ramadan mbak, pasti vibes-nya beda yaa
    Kalau aku puasaan di negara lain gak mau sekadar traveling maunya stay di sana agak lamaan wkwk
    Tp tantangannya kalau tinggal di negara yg agak2 ke arah Eropa pastinya puasanya lama, kalau mau yang agak sama di Singapura atau Malaysia atau ke Australia yg kyknya lbh pendek dikit wkwk

    ReplyDelete