Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Menu Cemilan Buka Puasa Praktis

Bismillah,


Menu Buka Puasa Praktis untuk Ramadan 1443 H.
Hola sahabat lendyagasshi.

 

Rasa penuh syukur mewarnai bulan Ramadan kali ini. Karena diberi masih bisa berkumpul dengan keluarga dalam keadaan sehat dan dilimpahkan hidayah keimanan. MashaAllah~

Suami dan anak-anak sehat dan semua kebutuhan tercukupi untuk mempersiapkan menu sahur dan berbuka puasa Ramadan 1443 H kali ini. Adakah yang berbeda dengan Ramadan sebelumnya?

Salah satunya mungkin adalah suasana yaa..
Karena pada Ramadan sebelumnya, kami berada di rumah Bola Basket, Arcamanik. Namun qodarulloh, kami harus pindah dan kini menempati rumah baru, masih di daerah yang sama yakni Jalan Ice Skating Arcamanik, Bandung.

Bagaimana rasanya?
Hampir gak jauh berbeda dengan sebelumnya. Di sini pun suasana Ramadan-nya tenang, meski terbilang cukup jauh dari masjid, yang kira-kira butuh waktu sekitar 5 menit dengan berjalan kaki. Dan nyaris tidak ada yang berjualan, sehingga aman buat kantong Mama. 

Aku bukan tipikal yang berbuka harus ada menu khusus yang dihidangkan di meja makan. Alhamdulillah, suami juga tidak menuntu apa-apa, sehingga berbuka dengan apa yang ada di kulkas aja. Alhamdulillah lagi dan alhamdulillah selalu, karena kemarin sudah berbelanja lumayan lengkap di mini market dekat kantor suami, di daerah Buah Batu.

Jadi,
Menu apa yang sahabat lendyagasshi siapkan untuk berbuka puasa hari ini?

Menu Praktis Untuk berbuka puasa




Menu Cemilan Berbuka Puasa Praktis

Sebenernya, urusan menu berbuka puasa ini pasti ada menu pembuka, menu utama dan menu penutup. Namun karena anak-anak sudah pada beranjak dewasa, bisa memikirkan apa yang diinginkan, jadi Mama hanya tinggal menawarkan beberapa bahan yang dimiliki dan baik Aisy ataupun Hana menyepakati menu sahur dan berbuka bersama.

Ini dirasakan lebih efisien, karena pasti dimakannya. Daripada mama arrange sendiri menunya dan ujung-ujungnya, mereka memiliki kepenginan makan menu yang lain. Kalau suami dan aku sendiri sih tinggal ngikut menu yang anak-anak pilih. Toh ujung-ujungnya tinggal menambahkan sambal, hihi~

Nah, kalau untuk menu cemilan, ini seneng banget bebikinan kue. Yang simple tapi Ai dan Hana banget. Bisanya gak jauh-jauh dari karbo juga sih..


Roti Panggang

Menu Cemilan Buka Puasa Praktis
 

Paling hobi berbuka dengan roti panggang isi cokelat untuk Hana dan roti panggan isi double cheese untuk kakak. Mereka sampai punya "Bakery" sendiri, ceritanya dan memasakkan roti panggang pesanan Abi dan Mamanya.

MashaAllah~


Pizza Keju

Selain menunya gak jauh-jauh dari rekomendasi ngabuburit asik di Bandung Timur, pizza keju memang menu favorit berbuka kakak. Karena bahan dan cara memasaknya gampil pisan..

Rekomendasi cemilan berbuka puasa untuk anak
source : kompas.com
 

Tinggal beli dough pizza yang sudah jadi di mini market, lalu olesi mentega dan hangatkan sebentar di air fryer dengan suhu paling rendah selama 3 menit. Sambil menunggu, bisa sambil memarut keju quick melt atau keju biasa ((ini tergantung selera dan persediaan yang ada yaa..))

Kalau memilih keju quick melt, nanti jadinya pizza-nya persis seperti beli. Namun jika memilih keju biasa, hasilnya kejunya akan utuh, persis seperti keju kue kastengel.


Jasuke

Jasuke atau disebut juga Jagung Susu dan Keju adalah menu berbuka berikutnya yang paling diminati. Gak perlu sulit memipil jagung, karena kini ada jagung pipil yang siap dikukus dan tinggal saring airnya untuk mendapatkan jagung matang yang manis dan empuk.

Resep Menu Cemilan Buka Puasa Praktis
Source : lemonilo
 

Setelah ditiriskan dan hilang kandungan airnya, baru diberi topping kesukaan. Topping wajib adalah Susu Kental Manis, lalu topping berikutnya bisa cokelat atau keju parut, tergantung selera anak-anak.

Kalau Hana, lebih senang diberi topping, SKM dan susu bubuk cokelat atau meises. Hmmm~


Pancake

Udah gak boleh ketinggalan banget deh, jajanan menu cemilan untuk berbuka yang praktis dan disukai anak-anak. Pasti selalu pancake dengan topping bermacam-macam lagi tergantung selera.

Menu buka puasa untuk anak yang praktis dan enak
 

Dan inget banget kalau beberapa tahun yang lalu BPN Ramadan Challenge 2019 pernah membuat tulisan resep menu praktis membuat kue untuk berbuka.

And voilaa!

Aku tentu bikin pancake, ya karena bikinnya enggak susah dan anak-anak bisa membuat adonan hingga seru memasak di dapur. Cara memasak pancake termasuk masak kue anti-gagal. Jadi siapapun bisa memasak dengan rasa yang yuummi~

 

Minuman Hangat

Makanan lezat semua sudah tersaji rapih di meja makan, jangan lupa minuman hangatnya yaa... Karena Bandung akhir-akhir ini sedang hujan jelang berbuka puasa, maka suasana akan menjadi dingin. Mari kita hangatkan dengan minuman cokelat hangat atau teh.

Selama Ramadan, aku belum pernah minum kopi lagi. Bukan masalah takut gak bisa tidur, tapi lebih takut kalau perutnya gak siap saat lambung kosong seharian, lalu diguyur kopi. 


Bagaimana dengan sahabat lendyagasshi?
Adakah menu andalan berbuka puasa yang praktis dan pasti disukai oleh keluarga?


Happy Ramadan 1443 H.


#BPN Ramadan 2022
#day04

With love,



23 comments for "Menu Cemilan Buka Puasa Praktis"

  1. Sukaaakk semuaaaa!
    Apalagi pizza keju, beughh nyam-nyam-nyaaammmm
    Dimakan rame2 ama keluarga, enjoy bangeett dah
    mana gampil pun bikinnya yes.

    ReplyDelete
  2. Wah, bisa buat ide cemilan buka puasa ini. Bagian roti panggangnya sama...kalau pizza anak-anak lebih suka yang meriah, kasih pepperoni (kalau ada) atau irisan sosis dan sayuran (bisa paprika, frozen vegetable, apa yang ada ) pokoknya warna warni pizzanya. Bisa jih bikin pancake atau jasuke nanti

    ReplyDelete
  3. Di keluargaku pun gak mesti ada menu khusus buat berbuka. Makan saja makanan seperti yang biasa terhidang di hari-hari biasa. Berhubung beberapa bulan ini aku lagi ga boleh banyak capek-capek ama suamiku, termasuk masak, jadi kami makan saja apa yang dikirim oleh catering. Untuk cemilan dan minuman pembuka, sama kayak yang biasa kami order di aplikasi makanan ojol. Misal di hari bukan ramadan suka pesen minuman cendol, atau es buah, sop buah, es kelapa, dan lainnya, maka selama puasa sama itu juga yang dibeli. Anak-anak ga ribet, suami juga.

    Sebenernya kalau cuma sekadar bikin pancake dan jasuke, gampang ya, ga banyak makan tenaga. Asal ga lanjut ngerjain yang lain-lain. Jadi kalau bikin pancake, ya pancake aja. Urusan cuci wadah kotor abis bebikinan, serahin ke anak-anak haha

    ReplyDelete
  4. Aku pikir Jasuke ini cemilan kekinian anak muda asal Jepang. Ternyata Jagung Susu Keju. Ini mah aku sering nikmati. Enak banget teh, apalagi kalo kejunya banyak, nikmat euy.
    Selamat berbuka puasa teh Lendy

    ReplyDelete
  5. enak enak semua niy. yang penting nikmat dan kebersamaan dengan suasana baru di rumah baru ya mba

    ReplyDelete
  6. Nyomoot donk pizzaa keju sebuletan ituuh. Iya nih kalo punya anak kecil kita ortu masih ngikut menunya.
    Aku ga ada cemilan khusus buat berbuka puasa.yg selintas dipikiran ketika hari itu mau apa langsung dibikin/beli jadi. Apalagi KK Olip udah gede, punya pilihan sendiri.
    Yang penting menikmati cemilan dalam kebersamaan.

    ReplyDelete
  7. Cemilannya enak semua itu teh Len, dan gampang juga bikin di rumah. Mau ah bikin juga kayak gini, lumayan itu ada bahannya semua di rumah.

    ReplyDelete
  8. Pizza kejunya itu loh, menggoda banget ya. Jadi pengen nih buat buka puasa nanti. Ceritanya nyobain camilan yang beda gitu. Karena seminggu ini biasanya kolak, kurma, atau es campur. Nyobain pizza keju pasti wow banget.

    ReplyDelete
  9. Pengen icip2 pizza kejunya lend..haha kayaknya kejunya enak banget tuh.. Jadi pengen bikin nih buat buka puasa.. Tapi menu lain juga menggoda lend..wkwk

    ReplyDelete
  10. sama mbak, saya juga seringnya bikin menu cemilan yang praktis dan disukai anak-anak untuk berbuka puasa. bikinnya sambil menunggu waktu beduk.

    ReplyDelete
  11. Menu fav anak-anak kebab, tempe krispy, roto sosis emang ya maak kalau sesuai request pasti kemakan dan habis. Kalau emak rempong bikin2 yang bukan request endingnya nganggur 🤣🤣

    ReplyDelete
  12. Andalanku kalau ramadhan itu bikin amparantatak pisang khas Banjar. Seringnya bikin pas puasa aja sih. Enak banget untuk berbuka

    ReplyDelete
  13. Asyik nih idenya bisa kucontoh kadang bingung menyiapkan menu berbuka puasa..roti panggang nya menggiurkan

    ReplyDelete
  14. Mba Lendyyyy aku jd mau sahur sama roti panggang dan teh manis loh haha. Pas bgt baca pas.lagi.mau persiapan sahur semoga Allah melancarkan ibadah kita yaa di bulan Ramadan ini

    ReplyDelete
  15. bayangin roti panggang isi double cheese, hmmm nyam nyam! menunya pake apa yang ada di rumah aja yah, enak nih jadi enggak repot bahkan anak-anak bisa prepare sendiri.

    ReplyDelete
  16. Wah, lihat pizza auto inget anakku nih teh. Dari kapan hari pingin banget beli piza, berhubung kita tinggalnya di pojokan wkwkwk...jadi janjiin terus,mau bikin juga rada males ya. Boleh juga ini idenya beli dough froszen

    ReplyDelete
  17. Pisang goreng, teh anget, kukusan kedelai atau kacang, itu udah paling praktis banget untuk cemilan saat berbuka puasa versi aku mbak 🙈

    ReplyDelete
  18. Kebetulan anak-anakku mengikuti jejak ayahnya yang tidak begitu suka rerotian gitu. Maunya ya makanan daerah hehehe... yaah gimana lagi, meski minyak mahal, selalu saja ada mendoan dan bakwan di rumah hehehe.... Ntar kapan2 ganti makanan yang ga harus digoreng ah, harus tetep irit kan ya. Mau cobain menu buka puasa praktis ala keluarga Lendy ini.

    ReplyDelete
  19. Kalau kami disini menu andalan buka puasanya harus ada es cendol hahah klu gk ad itu gak afdol katanya

    ReplyDelete
  20. Andalan yang praktis di rumah ya teh hangat sama gorengan hihihi tapi sejauh ini keluarga dibikinkan menu apa saja pasti suka kak. Jadi belum nemu yang favorit

    ReplyDelete
  21. Ah.. Aku lupa kalau jasuke tuh enak banget dimakan habis terawih bareng sama anak-anak. Sekalian biarkan mereka yg memasrah keju, sekalian berkreasi ya

    ReplyDelete
  22. Hmmm menggiurkan semuanyaaa, pas liat bagian pizzanya auto ngileeerrr, maaauu bangeeeetttt dikirimin teh Lendy

    ReplyDelete
  23. Menunya enak semua. Aku penasaran pengen bikin jasuke. Bahannya udah ada. Besok bikin ah

    ReplyDelete