Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Resensi Buku: Health Secret of Dates

Bismillah,


Resensi Buku: Health Secret of Dates.
Hola sahabat lendyagasshi.


Masih ada yang meragukan manfaat dari konsumsi kurma?
Aku gak meragukan, hanya konsumsi kurma saat bulan Ramadan saja. Rasanya ada yang kurang kalau di rumah tidak ada kurma, buah yang banyaknya ditanam dan tumbuh dengan baik di daerah Timur Tengah.

Dan yang mengejutkan, kurma ini termasuk buah yang mampu mengontrol tekanan darah, karena kurma mengandung banyak kalium, serat dan anti-oksidan. Selain itu juga mengandung zat gizi penting bagi tubuh, terutama untuk jantung. 

Mengapa?

Karena fungsi mineral yang dikandungnya membuat kinerja denyut jantung semakin teratur dan mengaktifkan kontraksi otot-otot jantung.

Makanan kurma yang tinggi kalium ini juga baik untuk menurunkan resiko stroke bagi manusia. Apa manfaat lain dari kurma? Dan mengapa kurma bisa begitu istimewa hingga disebut dalam salah satu ayat Al-Qur'an yakni dalam QS. Al-Ra’d : 4

 

وَفِي الْأَرْضِ قِطَعٌ مُتَجَاوِرَاتٌ وَجَنَّاتٌ مِنْ أَعْنَابٍ وَزَرْعٌ وَنَخِيلٌ صِنْوَانٌ وَغَيْرُ صِنْوَانٍ يُسْقَىٰ بِمَاءٍ وَاحِدٍ وَنُفَضِّلُ بَعْضَهَا عَلَىٰ بَعْضٍ فِي الْأُكُلِ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

 

Artinya :

"Dan di bumi terdapat bagian-bagian yang berdampingan, kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman, pohon kurma yang bercabang, dan yang tidak bercabang; disirami dengan air yang sama, tetapi Kami lebihkan tanaman yang satu dari yang lainnya dalam hal rasanya. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang mengerti."


dan dalam QS. Maryam : 23-26

 

"Kemudian rasa sakit akan melahirkan memaksanya (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia (Maryam) berkata, “Wahai, betapa (baiknya) aku mati sebelum ini, dan aku menjadi seorang yang tidak diperhatikan dan dilupakan. Maka dia (Jibril) berseru kepadanya dari tempat yang rendah, “Janganlah engkau bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum dan bersenanghatilah engkau. Jika engkau melihat seseorang, maka katakanlah, “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pengasih, maka aku tidak akan berbicara dengan siapa pun pada hari ini.”


Dan banyak hadits shahih mengenai keutamaan konsumsi buah kurma.



Health Secret of Dates

Resensi Buku: Health Secret of Dates

Data Buku :

Judul : Health Secret of Dates

Penulis : Pangkalan Ide

Penerbit : PT. Elex Media Komputindo
Terbit : 2011

Tebal : 160 halaman
Baca di Gramedia Digital

ISBN : 978 602 00 0445-7

 

Daftar Isi Buku Health Secret of Dates

START : Kebanyakan Gula Berbahaya Bagi Kesehatan
GO : 1000 Manfaat Kurma Sebagai Kabar Baik Penggemar Kurma
Pointers
FINISH : Kurma Oh Kurma yang Menyehatkan


Resensi Buku Health Secret of Dates

Pada bab pertama dari buku Health Secret of Dates dijelaskan bagaimana bahayanya konsumsi gula dan garam secara berlebihan. Bahkan dijelaskan bagaimana gula itu addictive-nya sama atau malah lebih parah dari kecanduan narkoba.

 

Mengapa Banyak Orang Suka Gula?

Dari sejak lahir, manusia telah diprogram bahwa manusia sangat membutuhkan asupan gula. Setelah mengenal nikmatnya gula, maka tak perlu menunggu lama untuk kecanduan. Ada kenikmatan dan perasaan nyaman juga tenang ketika mengkonsumsi makanan manis.

 

Kecanduan Gula = Kecanduan Narkoba

Ekstrem ya...kesannya. Karena dalam buku Health Secret of Dates digambarkan bahwa cara kerja otak ketika mendapatkan asupan gula adalah sama seperti ketika mendapatkan asupan narkoba. Wilayah otak yang aktif, perasaan bahagia yang ditimbulkan setelahnya dan efek untuk badan ketika tidak mendapatkan asupan gula.

Semakin banyak konsumsi gula, maka semakin banyak insulin yang diproduksi. Jika semakin banyak insulin yang diproduksi, maka berakibat pada kegemukan (obesitas), kerusakan pada gigi, mood yang tidak seimbang, tekanan pada sistem kekebalan dan juga diabetes.

Dengan konsumsi gula, maka akan mengaktifkan pusat kesenangan yang ada di syaraf otak, lalu otak ini melepaskan opioids dan mendorong seseorang untuk lebih banyak lagi konsumsi gula. Dan menurut penelitian dan studi yang telah dilakukan, perilaku keinginan terus bertambah untuk konsumsi gula ini sama halnya saat kecanduan akan heroin atau morfin.

Otak akan memerintahkan untuk konsumsi lebih agar menimbulkan perasaan nyaman.

 

Solusi Jika Sudah Merasakan Sampai Ke Tahap Ini

Segala sesuatu memang nyatanya tidak boleh berlebihan. Ketika sudah masuk ke tahap kecanduan, maka yang bisa dilakukan adalah mengurangi gula secara perlahan dan menggantinya dengan konsumsi buah-buahan dan kurma.

Khasiat dan Manfaat Konsumsi Kurma, Untuk kurangi kecanduan gula


Hipertensi Masa Kini

Tahukah sahabat lendyagasshi bahwa penyakit hipertensi yang biasanya menjangkiti orang yang telah lanjut usia, kini mulai mengalami pergeseran tren?

Hipertensi masa kini telah dialami oleh orang berusia di bawah 30 tahun. Apa penyebabnya?

Salah satu penyebabnya adalah murahnya minuman manis dan iklan-iklan minuman soda yang beredar secara masif serta kurangnya konsumsi air mineral dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang telah disarankan agar meminum minimal 8 gelas air mineral dalam sehari.

Minuman manis ini seringnya mengandung pemanis buatan yang tidak baik untuk kesehatan. Maka akan sangat bijak bila suatu negara seperti Malaysia yang berani mencabut subsidi untuk produksi gula.


Lalu, Apakah Tidak Boleh Konsumsi Gula Sama Sekali?

Tetap boleh makan makanan manis dengan kandungan gula yang lebih sehat, seperti gula buah dan kurma.  Kandungan gula kurma sebagian besar adalah monosakarida, sehingga bisa dengan mudah dicerna oleh tubuh. Dan penyerapan gula pada kurma ini tergolong cepat, hanya sekitar 45-60 menit, dibanding penyerapan pati pada nasi yang memerlukan waktu lebih lama.

Kandungan gula dalam Kurma

Macam-Macam Kurma yang Dikonsumsi Orang Indonesia

Kurma Ajwa
Kurma Sukari
Kurma Medjool
Kurma Safawi
Kurma Anbara
Kurma Saghai
Kurma Khudri
Kurma Zahidi
Kurma Barhi
Kurma
Mazafati

Jenis-Jenis Kurma
source : https://kaahil.wordpress.com

Dari kesemua jenis kurma, sahabat lendyagasshi paling suka kurma yang mana?

 

Uniknya ya..

Ketika belum hamil, banyak yang menyarankan untuk konsumsi kurma muda. Karena dalam kurma muda ini kaya akan kandungan zinc, folat, protein, vitamin A, vitamin B, zat besi, kalsium, dan antioksidan yang dipercaya bisa meningkatkan kesuburan wanita.

Ada yang sudah mencoba rutin konsumsi kurma muda atau Ruthob?


Manfaat Kurma : Menurukan Berat Badan

Kandungan vitamin A 50 IU, tiamin 0.09 mg, ribovlafin 0.10 mg, niasin 2.20 mg dan kalium 666 mg serta berbagai mineral penting, seperti magnesium, potasium dan kalsium dipercaya mampu menjaga denyut jantung agar teratur, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur tekanan darah sehingga mengurangi resiko stroke.

Mineral yang terkandung dalam kurma juga mampu memelihara dan menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan gizi yang lengkap ini berdasarkan penelitian ahli gizi dari IPB, Dr. Hardiansyah MS mengenai buah kurma memiliki komposisi seimbang yang membuat seseorang ketika mengkonsumsi kurma merasa cukup kenyang, sehingga tidak ingin memakan cemilan lain.

Selain itu, kandungan vitamin A dan vitmain E juga anti oksidan membuat kurma menjadi buah yang ideal untuk bantu tangkal radikal bebas yang merusak sel-sel kulit dan mencegah penuaan dini. Sehingga badan tetap ramping dan kulit halus serta awet muda.

 

TIPS :

Supaya kurma tahan lama, maka bungkus kurma dalam plastik tertutup dan simpan dalam lemari pendingin. Kurma segar akan tahan hingga 2 minggu dan kurma kering akan tahan hingga 6 bulan sampai 1 tahun.


Karena kandungan gula alami dan karbohidrat yang terdapat dalam kurma, maka kurma dapat menjaga kestabilan asam lambung dan dapat menjadi ikhtiar menyembuhkan penyakit kanker.


Kurma Adalah Makanan yang Disarankan Untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Kandungan gula yang tinggi namun mudah dicerna oleh tubuh, maka disarankan berbuka dengan 3 buah butir kurma atau 7 buah butir kurma. Meskipun kadar gula yang tinggi, kurma dicerna secara bertahap sehingga kadar gula tidak melonjak drastis saat waktu berbuka puasa.

Kurma juga dapat diolah menjadi minuman segar bersama buah lain, namun disarankan untuk tidak mencampurkan dengan buah yang asam. Salah satu contoh buah yang bisa di jus bersama dengan kurma adalah buah apel. 

Satu buah apel, lalu campurkan dengan 7 butir kurma. Tambahkan air dan tidak perlu penambahan gula.

Resep membuat Jus Kurma dan campuran buah segar
source : ambitiouskitchen.com

Cukup simple, bukan..?


Manfaat Kurma Untuk Anak-anak

Ketika bayi baru lahir, gunakan tahnik bayi, yaitu salah satu ajaran sunnah Rasulullah Sholallahu 'alaihissalam ketika menyambut bayi yang baru lahir. Tahnik bayi dilakukan dengan cara mengunyah kurma sampai halus, kemudian mengambil kunyahan kurma tersebut dengan seujung jari, lalu menekan-nekan ke langit-langit mulut bayi, sambil sedikit diputar atau dipijat pada langit-langit mulut bayi.


Hadits sahih riwayat Imam Muslim mengenai tahnik bayi,

عَنْ عَائِشَةَ : أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُؤْتَى بِالصِّبْيَانِ فَيُبَرِّكُ عَلَيْهِمْ وَيُحَنِّكُهُمْ

 

"Dari Aisyah istri baginda Nabi SAW bahwa Rasulullah pernah dihadirkan kepadanya beberapa bayi, maka Nabi pun mendoakan keberkahan dan mentahnik mereka."


Tahnik bayi yang dilakukan Rasulullah SAW kepada anak para sahabat untuk tujuan kesehatan, serta membuat anak tersebut mendapatkan prebiotik dari kurma.


Kurma juga bermanfaat untuk menyembuhkan batuk pada anak dengan cara membuatkan kurma dan di jus dengan susu, lalu diminum untuk anak yang batuk hingga sehat kembali. Selain itu, biji kurma ditambah air tebu lalu direbus dan disaring lalu diminum juga dapat digunakan sebagai obat cacingan alami untuk anak.

Selain itu, kurma juga dapat digunakan sebagai heatburn (obat panas pada lambung), obat flu, sebagai penyubur rambut dan baik untuk menyapih bayi setelah 2 tahun ASI.


TIPS :

Kebiasaan perempuan Arab saat hamil muda adalah konsumsi campuran kurma, madu dan mentega untuk menghilangkan rasa mual dan tidak enak badan saat sedang mengidam.


Manfaat Kurma Lainnya

Obat sembelit
Meningkatkan stamina
Mengatasi obesitas
Menjaga kesehatan mata
Menjaga tulang tetap kuat dan sehat, agar tidak cepat osteoporosis
Meningkatkan kemampuan pendengaran
Obat diare
Obat demam, flu, sakit tenggorokan dan pusing
Mengobati insomnia
Menetralisir alkohol
Mengobati bengkak
Mengobati radang usus
Baik untuk kesehatan wanita


Hadits Rosulullah Sholallahu 'alaihissalam,

"Rumah yang di dalamnya selalu tersedia kurma, penghuninya tidak akan merasa lapar."



Kesimpulan:

Buku Health Secret of Dates ini mengupas tuntas manfaat kurma dari A sampai Z, lengkap. Sehingga pembaca bisa mempraktekkan langsung untuk rutin konsumsi kurma, apalagi saat ini sedang bulan Ramadan, maka momentumnya akan sangat pas sekali sebagai menu sahur dan menu berbuka puasa yang praktis.

Selain mafaat konsumsi kurma untuk mendapatkan kesehatan karena kandungannya yang baik untuk tubuh, kurma juga dikonsumsi untuk memperoleh keberkahan dan syafaat karena mengikuti sunnah Rosul.


Untuk mendapatkan resep berbagai cara penyembuhan penyakit menggunakan kurma, bisa membaca buku Health Secret of Dates ini di Gramedia Digital sebanyak 160 halaman. Bukunya plain, berisi banyak tulisan, namun menggunakan font yang nyaman dan sesekali diselingi oleh gambar pendukung dan desain menarik, terutama di bagian resep menu olahan menggunakan kurma.

Buku yang aku rekomendasikan bagi sahabat lendyagasshi yang sangat ingin tahu mengenai manfaat konsumsi kurma beserta penjelasan ilmiahnya. Bahasa yang digunakan juga sangat ringan, bukan bahasa medis yang sulit dipahami.


Sekian dulu, resensi buku Health Secret of Dates.
Semoga bermanfaat dan menjadi penyemangat bagi kita semua di Bulan Suci Ramadan.


Happy Ramadan 1443 H.

#BPN Ramadan 2022
#day07


With love,







17 comments for "Resensi Buku: Health Secret of Dates"

  1. Hah .. kecanduan gula sama kayak kecanduan narkoba? Saya penyuka makanan manis tapi alhamdulillah sudah mengurangi makan yang manis2 dan minum yang manis. Kalau dapat makanan atau minuman manis meski oranglain bilang manisnya pas, di saya masih kemanisan. Nah, kurma ini pas, memang sesuai sunnah juga kan yaa.

    ReplyDelete
  2. Nabi sendiri yang mengatakan bagaimana kurma ini berkhasiat. Bagaimana mungkin saya tidak akan percaya sementara Beliau itu Rasulullah sudah jelas orang yang bisa dipercaya. Kurma memang obat dan Alhamdulillah sekarang kita bisa dengan mudah mendapatkan nya. Tidak harus ke Arab dulu. Hehehe

    ReplyDelete
  3. aku juga suka kurma dan suka ngecek varian kurma yang beredar di pasaran. Jadi tahu selera kurma yang aku sukai gimana

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah, begitu banyak ya manfaat kurma, jenisnya juga ternyata banyak ya, yang selama ini beredar dan terkenal kurma Ajwa dan Sokari ya :)
    jadi pengen coba juga nih buat jus apel+kurma, biasanya sih buat susu kurma aja apalagi waktu puasa sambil menyusui, jooss banget jadi booster :)

    ReplyDelete
  5. kurma dijus dengan susu bisa untuk obati batuk? kebetulan anak-anak sedang batuk. Coba ya, bismillah semoga batuknya mereda.
    kalau aku sendiri makan kurma supaya bantu kuat puasa.

    ReplyDelete
  6. Ngeri ya ternyata kecanduan gula. Aku sendiri kadang ngerasain kalau ga ada gula masuk sehari rasanya ada yang kurang, pasti lidah minta yang manis2.

    ReplyDelete
  7. Adiksi gula lebih bahaya ketimbang narkoba, ini setujuuu banget karena aku mengalami hal serupa :)
    Baru brenti minum aneka kopi gula aren, thai tea dan bolo2nya, setelah dokter bilang gula darahku tinggi banget, oh well.
    Sekarang klo lagi pengin yg manis2, aku juga rutin makan kurma aja, lebih aman.

    ReplyDelete
  8. Saya memang pernah dengar dan tonton tentang bahaya kelebihan gula bagi tubuh, dan kalau tidak salah kebutuhan gula bagi tubuh paling banyak 30-50 gr/hari. Saya tertarik baca bukunya pingin tau tentang si kurma yang manis dan bermanfaat ini

    ReplyDelete
  9. Saya sukanya kurma yang gak basah dan gak terlalu manis.Jadi kalau beli kurma pasti milih yang agak kering dan gak manis seperti kurma medjool dan yang dijual dengan tangkainya itu loh! Lupa namanya hehehe

    ReplyDelete
  10. Baru tau kalau kurma itu banyak banget maunya, aku baru nyobain beberapa macam saja...

    ReplyDelete
  11. dan aku melewatkan manfaat kurma yang segini banyaknya
    dari aku SD tau kurma sampe sekarang bisa diitung jari berapa kali makan kurma

    ReplyDelete
  12. aku juga mencintai kurma mbaaa.. rasanya enak dan benar - benar banyak manfaat. Sempat kepikiran juga soal gulanya yang tinggi tapi gulanya alami ya. Aku paling sering beli kurma Ajwa, Sukari dan Medjol.. dapat yang organik juga dan enaaak

    ReplyDelete
  13. Udah tau lama manfaat kurma baik untuk kesehatan. Biasanya nyetok kurma pas Ramadhan aja karena banyak yang jual. Kalau hari biasa harus ke Ampel dulu belinya, ke toko-toko arab nuansanya bak Ramadhan tiap hari

    ReplyDelete
  14. Percaya sih kalau kurma itu sangat baik untuk kesehatan teteh. Apalagi kurma muda sangat baik untuk promil. Kemaren aku sempat mengkonsumsinya teteh.

    ReplyDelete
  15. jujur aja mba entah kenapa saya kurang begitu suka sama kurma dari dulu.. Soalnya dulu pas ngerasain kurma pertama kali itu kayak manis gimana gitu... Jadi sampai sekarang kalau dikasih buah kurma kurang suka.. tapi kalau susu kurma saya mau mba

    ReplyDelete
  16. Masya Allah.. banyakkk banget ya manfaat kurma bagi kesehatan, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak bahkan bayi.
    Kami di rumah juga selalu sedia kurma kalau Ramadan, hehe.. kalau hari-hari biasa kadang-kadang saja sih..
    Btw ekstrem juga ya soal kecanduan gula kayak kecanduan narkoba. Hemm.. tapi kalau dipikir-pikir ada benernya juga :D

    ReplyDelete
  17. Kecanduan gula sungguh berbahaya.

    ReplyDelete