Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Rekomendasi Tempat Makan di Jogja yang Wajib Diburu

Bismillah,


Rekomendasi Tempat Makan di Jogja yang Wajib Diburu.
Hola sahabat lendyagasshi.

 

Kalau ditanya, kota apa yang selalu dirindukan, pasti deh..pada jawab Jogja.
Ya, meski belum pernah tinggal lama di Jogja, tapi kota yang satu ini menimbulkan perasaan hangat ketika berkunjung.

Liburan ke Jogja menjadi salah satu momen yang dinantikan ketika mudik ke Surabaya. Dan sahabat lendyagasshi tahu doonk, kalau pas peak-season atau weekend, hari Sabtu Minggu, libur lebaran, libur kejepit, atau libur nasional, Jogja nih bakalan jadi tempat yang sangat ramai dan menjadi sasaran para wisatawan buat healing. Salah satunya kak Dian Restu dan keluarga yang asik menikmati menginap di Amaris Hotel Sagan Jogja

Ya, namun tetap sebaiknya sahabat datang ke Jogja di hari kerja agar bisa mengunjungi tempat wisata tanpa berdesak-desakan, leluasa mencicipi wisata kuliner, dan tidak macet-macetan di jalan.


Baca juga:
5 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib di Kunjungi
Sewa Apartemen Ketika Berlibur Ke Jogja


Istimewanya, Jogja sekarang mempunyai bandara baru selain Bandara Adisutjipto, yakni YIA atau Yogyakarta International Airport. Bandara ini dibangun di daerah Kulonprogo, tidak terlalu jauh dari Kota Jogja. Untuk menuju YIA sahabat lendyagasshi bisa menggunakan kereta bandara ataupun transportasi seperti Bus Damri, dan juga mobil pribadi.

Naik pesawat memang nyaman karena waktu yang dibutuhkan di udara cukup singkat. Jakarta ke Jogja misalnya, hanya membutuhkan waktu lima puluh menit sampai satu jam saja. Akan tetapi, ada beberapa aturan yang harus diperhatikan ketika bepergian dengan moda transportasi pesawat terkait pandemi Covid-19. Seperti masalah vaksin, tes PCR, dan juga tes antigen sebelum keberangkatan.

Aturan perjalanan ini perlu ditegakkan dalam upaya pencegahan penularan penyakit. Apakah sahabat ingin mengetahui syarat penerbangan terbaru untuk bepergian atau sekadar penasaran dengan peraturan penerbangan saat ini? Maka anda bisa menemukan aturan terbaru dan terlengkap mengenai hal ini di Safe Travel Page Traveloka.


Traveloka, sebagai salah satu aplikasi yang terkemuka di Asia Tenggara yang selalu berupaya memberi kemudahan informasi bagi para penggunanya. Melalui Safe Travel Page ini, sahabat bisa mendapatkan panduan termudah ketika akan memenuhi syarat naik pesawat.

Berkunjung ke Jogja tentu tidak lengkap jika tidak mencicipi kulinernya yang terkenal lezat dengan harga super terjangkau. Yuk, kita jalan-jalan sambil menikmati kuliner Jogja yang terkenal dari dulu sampai sekarang.

Rekomendasi Tempat Makan di Jogja yang Wajib Diburu





Rekomendasi Tempat Makan di Jogja yang Melegenda

Gudeg

Hampir semua orang yang berjalan-jalan ke Jogja pasti tidak akan pernah melewatkan kuliner yang satu ini. Gudeg adalah olahan nangka dan juga daun singkong. Rasanya manis gurih apalagi bila ditambahkan lauk seperti ingkung Ayam, tahu bulet, tempe, dan juga tahu putih. 

Suka dengan yang pedas-pedas? Minta tambahkan krecek, olahan kulit daging sapi yang dicampur dengan tahu pong dan kacang tolo (kedelai), biasanya berwarna merah dan terasa pedas.

gudeg jogja yang enak
source: fimela

 

Gudeg aman untuk dinikmati sebagai menu sarapan, makan siang, maupun makan malam. Sahabat bisa menemukan penjual gudeg dengan mudah di pinggir jalan, di pasar, atau di restoran-restoran yang memang khusus menjual makanan satu ini. Gudeg memiliki dua aliran, yakni gudeg kering dan gudeg basah. Keduanya sama-sama lezat dan nikmat.

Beberapa restoran rekomendasi dengan menu gudeg yang nikmat di Jogja adalah Gudeg Permata, Gudeg Yu Tini, Gudeg Sagan, dan Gudeg Tugu. Namun meski sahabat membeli gudeg yang dijual di pinggir jalan, juga tidak perlu khawatir karena rasanya akan tetap lezat.

 

 

Oseng Mercon

Pecinta makanan pedas jelas tidak boleh melewatkan kuliner ini. Oseng mercon yang paling terkenal adalah Oseng Mercon Bu Narti. Ketika mencoba makanan ini, dijamin mulut sahabat akan terasa kepanasan seperti terbakar saking pedasnya.

Oseng mercon legend di Jogja
source: kulinear


Oseng mercon sendiri adalah hidangan berbahan dasar tetelan daging sapi atau koyor yang dimasak dengan cara dioseng alias ditumis. Tetelan sapi tersebut kemudian dibumbui berbagai rempah dan dilimpahi cabai rawit utuh yang memberikan cita rasa sangat pedas. 

Selain tetelan daging, oseng mercon juga memasukkan bahan lain seperti daging ayam, jeroan, ati ampela, dan kikil. Jangan berani-berani mencoba oseng mercon tanpa nasi putih karena dikhawatirkan bisa menyebabkan sakit perut atau diare nantinya.

 


Sate Klathak

Sajian sate yang ditusuk menggunakan jeruji besi ini sangat terkenal karena rasanya yang lezat dan juga dagingnya yang empuk. Anda mungkin bertanya-tanya kenapa penusuk daging kambingnya bukan tusuk sate biasa.

Rekomendasi sate klathak enak di jogja
Source: antarejatour

 

Konon katanya, jeruji besi merupakan penghantar panas yang sangat baik sehingga ketika daging dibakar dengan penusuk jeruji, panas akan menyebar dan menyebabkan daging matang secara sempurna. Sate klathak banyak ditemui di daerah Imogiri, Bantul. Warung yang paling terkenal adalah Sate Klathak Pak Pong.

Selain sate, anda juga bisa menemukan sajian gulai dan juga tongseng kambing. Sajian ini akan terasa semakin nikmat bila ditambah es teh atau es jeruk.


 

Bakmi Jawa

Banyak orang bilang kalau makan bakmi Jawa itu paling enak ya di Jogja. Meski untuk menikmati semangkuk bakmi Jawa kuah, Bakmi Jawa Goreng, ataupun Magelangan harus mengantri dengan penuh perjuangan. Namun semua itu terbayar karena kelezatannya.

Rekomendasi bakmi jawa enak di jogja
source: kompas

 

Bakmi Jawa memiliki tekstur mie yang lebih besar. Dimasak bersama telur bebek dan juga daging ayam kampung di atas bara api. Agar terasa semakin nikmat, jangan lupa untuk memesan wedang jahe, atau wedang lain yang membuat tubuh terasa hangat. Beberapa Bakmi Jawa yang terkenal adalah Bakmi Pele, Bakmi Kadin, dan juga bakmi-bakmi lain.


Seru kaan.. wisata kuliner di Jogja.
Pasti sahabat lendyagasshi jadi lapar ya membayangkan makanan-makanan lezat di atas. Yuk, buruan susun rencana liburan ke Jogja!

Dan pastikan mencoba semua wiskul rekomendasi di atas yaa..


Happy Holiday~


With love,



38 comments for "Rekomendasi Tempat Makan di Jogja yang Wajib Diburu"

  1. Saya pas ke Jogja pernah makan sate Klathak, enak dan dagingnya jadi lebih empuk. Tapi btw besinya itu bisa karatan gak ya? dipakai berulang-ulang atau gimana yaa, waktu itu sih dapatnya yg masih bagus

    ReplyDelete
  2. Wow... Yogya.. kangen.
    Walau saya sudah beberapa kali ke Yogya, tapi tetap kangen dan ingin terus ke sana. Dan pasti saya selalu menyanta gudeg dan sate klatak, Mbak.
    Kalau oseng mercon, kulonuwon dulu. Soalnya pedaaaaas.. Saya tidak kuat pedas hehehe.

    ReplyDelete
  3. Bakmi Jawa di Jogja memang the best, tiap kali ke Jogja gak pernah absen kucicipi. Asli gagal move on!

    ReplyDelete
  4. Sate klatak ini fenomenal banget ya. Hampir semua tahu sama makanan favorit ini. Apalagi pernah jadi salah satu menu kuliner dalam film juga

    ReplyDelete
  5. Oseng Mercon bikin saya tertantang untuk mencoba kalau berkesempatan ke Yogyakarta tuh. Latihan makan sambal dulu deh sebelumnya hehehe...
    Yogyakarta itu emang selalu ngangenin

    ReplyDelete
  6. Pengen ke Yogya, wish list yang belum tercapai ngajak anak-anak liburan ke Yogya. Oseng mercon nih yang belum pernah nyoba

    ReplyDelete
  7. Wow...Jogja masih menjadi list untuk tujuan wisataku, karena sudah lama sekali tidak mengunjungi kota ini. Selain rindu akan tempat wisatanya, termasuk jalan di Malioboro, aku juga kangen makan gudeg asli Jogja dan geplak. Walah jadi kangen sama Condong Catur...banyak kenangan tertinggal disana hehehe

    ReplyDelete
  8. Waduh itu foto oseng mercon bikin daku mengibarkan bendera putih... Gak kuku lihat pedesnya walau sih penasaran hehe.
    Tapi memang Jogja itu bikin kangen, jadi pengen ke sana, karena terakhir pas daku SMU hehe

    ReplyDelete
  9. Huaaa iya
    Kuliner khas Yogyakarta ini enak enak ya teh
    Aku paling suka beli bakmi di pasar Bringin Harjo sama sate klatak pak Pong

    ReplyDelete
  10. liat fotonya oseng mercon kok ngiler, mau tapi jauh hehehe... semoga segera ada rezeki jalan-jalan ke Jogja..

    ReplyDelete
  11. Yesss bener banget Yogya ngangeni, anak anak paling suka bakpia tugu sama bakpia spesial yogya yg hanya bisa di beli di Hotel.Eastpach.

    Saking sukaak yogya, saya menyarankan edutrip anak2 dr sekolah ke Yogya eeeh di acc (gusti yeni)

    ReplyDelete
  12. Bener.. ky gimana gitu kalo ke yogya. Saya kalo ke yogya kok ya mestiii ga kepikiran buat datang ke tugu yogya. Seringnya ke malioboro.. terus makan sate.klathak..

    ReplyDelete
  13. Rumahku Magelang dekat dengan Jogja. Kalau pas kangen Bakmi Jowo suka beli Bakmi Jowo dekat sini..

    Meski begitu aku belum pernah coba oseng mercon. Gak doyan pedes soalnya

    ReplyDelete
  14. ya ampun jogja aku mupeng pengen ke sana lho , duh makanannya tuh ehem banget deh hahaha. wah hanya 50 menit sampai satu jam ke jakarta ya lumayan berarti.

    ReplyDelete
  15. Kangen banget sama jogja, terakhir ke sana sebelum hamil, berarti udah 3 th yg lalu. Hmm pengen buru2 ke sana deh, makan sate minum es masya Allah ya mbak hahaha

    ReplyDelete
  16. Setuju banget kalau ke jogya ga kulineran pasti ada yang aneh

    Aku pengen cobain sate klatak, penasaran banget.serimg disebut sama temen temen juga
    Meskipun lokasi warung jauh misalnya,

    tandaterima

    ReplyDelete
  17. kelengkapan gudegnya itu loh yang bikin pingin nambah nambah karena campran gudeg yang manis, krecek yang gurih dan pedas, serta ada telur yagn cokelat itu biasanya, duuh kangen Yogyakarta jadinya. Kulinernya ampun semua cocok di lidah

    ReplyDelete
  18. Molly justru penasaran sama yang namanya sate klathak. Secara dulu suka nonton acaranya Pak Bondan jadi di sana pak pong suka diliput .. enakk bgt katanya

    ReplyDelete
  19. Aku udah pernah cobain semua, tapi tetep aja rindu ke Jogja. Udah berkali-kali ke sana tapi kok masih kurang puas aja rasanya. Pertanda nih kudu balik lagi ~

    ReplyDelete
  20. Gudeg akuu sukaak yu djum tapi cuma krecek, telur coklat sama ayam kampung paha bawah ajaa krn terlalu manis gudegnya. Jadah nya jg khas maak di Yogya pokonya Yogya ngangeni sekalian mudik ke solo pasti mampir yogya

    ReplyDelete
  21. Catet!

    Aku ke Jogja tuh gak banyak icip makanan karena waktunya terbatas. Next bisa deh sekalian stay lebih lama biar puas

    ReplyDelete
  22. Wuah enak2 semua tuuu, apalagi gudeg. Kalau ke Yogya gak makan gudeg tu raanya kek ada yang kurang. Cuma terus terang emang biasnaya aku gak nyari yg manis, lbh suka yang agak asin hehe. Untung skrng banyak yg jual gudeg dgn rasa yg diasinin dikit jg. Antara basah dan kering aku biasanya suka yang kering dan pedes :D

    ReplyDelete
  23. banyak yang aku udah sempet cobain mbaa..asli memang enak - enak semua yaaaa hehe

    ReplyDelete
  24. Kayaknya saya bakal skip gudeg kalau ke Jogja. Inget banget jalan-jalan ma keluarga besar. Ternyata semuanya gak begitu suka gudeg. Mungkin karena pada gak begitu suka rasa yang manis. Malah sambal kreceknya yang laris manis.

    Tapi, oseng mercon dan sate klathak pasti bakal suka. Sama satu lagi, saya pengen makan menu serba jamur di Jogja. Gak kesampean melulu :D

    ReplyDelete
  25. Uwaaa auto ngiler teh. Kangen banget Jogja, jujur aku belum nyoba oseng mercon sama sate klathak. Penasaran banget sama rasanya

    ReplyDelete
  26. Yogyakarta kaya akan budaya dan kuliner enak. Liburan jadi komplit dan terkenang terus sehingga kangen balik ke Yogyakarta

    ReplyDelete
  27. Sate Khlatak itu bikin nagih lho. Tapi sejak pandemi belum pernah sih main ke Yogyakarta lagi. Next main ke sana wajib juga coba kulinernya

    ReplyDelete
  28. Kalau aku memang g terlalu suka gudeg
    Kuliner khas Yogyakarta yang jadi favoritku adalah sate klatak dan bakmi Jawa teh
    Aku punya tempat favorit makan sate klatak dan bakmi Jawa di Yogyakarta

    ReplyDelete
  29. Sebagai warga Jogja aku malah belum pernah nyobain oseng mercon. Hahaha. Ga kuat perutnya.

    ReplyDelete
  30. jadi pengen bakmi jawa soale kalau di sini bakmi jawa rasanya aneh, mending beli bakmi ala mandarin gt pasti rasanya enak. duh jogja dah lama ga kesana sambil kulineran

    ReplyDelete
  31. Enak semua tuh kulinernya, tapi kalau aku ke jogja malah kuliner wajibnya lotek di beringharjo. Kapan2 teh lendy cobain dah. Enak tuh.

    ReplyDelete
  32. Aku orang Jawa yang tidak terlalu suka gudeg karena manisnya itu...haha, mungkin uda kelamaan di Sumatra yaa. Tetep masuk sih, tapi ga yang kangeeen gitu sama gudeg. Tapi tetep banyak dong makanan ala Jogja dan sekitarnya yg aku kangeni. Salah satunya nasi kocengnya hihihihi... Di Medan dulu ada model angkringan, Makassar juga ada. Tapi tetep beda rasanya ama angkringan jogja..

    ReplyDelete
  33. Memang ya kuliner Yogyakarta itu bikin ngiler semua. Sate lah, mie lah, gudeg lah, bakpia lah, aduh, semua enak dan berselera.

    ReplyDelete
  34. Aduh jam segini lihat makanan-makanan itu. Bikin lapar. Makanan favorite aku semua. Huhu udah lama deh gak makan makanan-makanan itu

    ReplyDelete
  35. Udah tau nih makanan apa yang bakal aku icip kalo ke jogja nanti. Terutama gudeg nya. Wajib di coba. Tinggal nyiapin dana lagi buat ke jogja. Hehe

    ReplyDelete
  36. Yang familiar dari list di atas adalah bakmi dan gudeg. Oseng mercon pasti pedes banget. Penasaran juga nih nyobain makan sate dengan tusuk besi, apa bedanya ya ama sate Yang Ada sebelumnya

    ReplyDelete
  37. penasaran sama sate klathak pak pong deh, penasaran sama sensasi sate yang pake tusuk besi sama sambelnya itu, kaya ga biasa ya

    ReplyDelete
  38. Lapar bacanya, Insya Allah Desember nanti ke Jogja...pastinya gudeg dan kawan-kawan sudah menungguku . Makasih rekomendasinya, Oseng Mercon Bu Narti yang belum pernah kucoba

    ReplyDelete