Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Yuk Berbagi Bersama Humanesia Dompet Dhuafa, Ini Tentang Kita

Bismillah,


Campaign Humanesia Dompet Dhuafa, Ini Tentang Kita.
Hola sahabat lendyagasshi.


We may have different religions, languages, coloured skin, but we all belong to One Human Race.

Humanesia, Dompet Dhuafa


Sebagai manusia yang memiliki jiwa sosial, tentu membutuhkan yang namanya berkumpul bersama, saling membantu dan saling memberi satu sama lain. Dalam hal sederhana sekalipun, apa yang kita punya, pasti ada keinginan untuk berbagi.

Aktivitas yang biasa saya lakukan adalah berbagi kepada tetangga ketika memiliki masakan atau makanan lebih. Tentu aktivitas ini juga melatihkan kepada anak-anak betapa penting untuk ingat terhadap lingkungan tempat kita tinggal.

Dari Abu Dzarr رضي الله عنه, dia berkata: Rasulullah  bersabda: 

Wahai Abu Dzarr, jika engkau memasak masakan berkuah, maka perbanyaklah kuahnya dan perhatikanlah tetanggamu.” 

(HR Muslim)


Tidak hanya tetangga, kebiasaan berbagi ini juga sering kami lakukan kepada pemulung, Bapak yang rutin mengambil sampah di lingkungan kami dan juga Satpam.

Awalnya karena tugas sekolah anak-anak, namun lama-kelamaan menjadi sebuah kebiasaan yang rutin kami lakukan. Semoga terus bisa saling berbagi dan memberi manfaat meskipun jumlah dan bentuknya tidak selalu berupa uang.

Humanesia Dompet Dhuafa, Ini Tentang Kita



Mengenal Humanesia Dompet Dhuafa, Ini Tentang Kita

Dompet Dhuafa (DD) adalah Lembaga Amil Zakat milik masyarakat yang sudah berdiri sejak tahun 1993. Dompet Dhuafa berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan dengan mendayagunakan dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) serta dana sosial lainnya baik dari individu, kelompok maupun perusahaan.

Sedangkan Humanesia merupakan program akhir tahun yang digagas Dompet Dhuafa untuk mengajak seluruh masyarakat agar bisa memberikan sumbangsih.

Apa itu Humanesia Dompet Dhuafa


Melalui Humanesia, Dompet Dhuafa percaya ada banyak sekali kisah di sekitar kita yang membuat  bahagia, tawa, juga bangga. Bahkan tak jarang kisah melelahkan, masalah, dan rasa bersalah. Mungkin saja saat ini ada saudara atau kerabat kita yang sedang mengalami hal yang tak menyenangkan tersebut.

Sehingga ini yang membuat Dompet Dhuafa yakin untuk membantu sesama melalui Humanesia, yakni agar kita semakin menyadari betapa ketika kita membantu orang lain, maka itu sebenarnya adalah aktivitas diri kita yang sedang membantu diri kita sendiri. 

Mungkin, sesuatu yang kita cari dalam perjalanan hidup ini, ada dekat dengan kita. Bukan tentang seberapa jauh pencapaian itu.


Maka, ketika memaknai hidup yang berarti sebuah kebersamaan, maka sudah seberapa dekat kita telah saling membersamai? 

Apakah kita sudah melakukan hal yang baik? 

Atau setidaknya mencoba untuk menolong orang lain dan berkorban untuk orang lain? 

Karena bumi bukan untuk kita sendiri.


Ya, #IniTentangKita, dengan ragam perbedaan dalam satu persamaan. Dengan upaya dan percaya, bahwa dukungan kemanusiaan kita turut menguatkan satu sama lain. Dedikasi kepedulian itu Dompet Dhuafa rangkum dalam momentum campaign Humanesia, agar optimis menyala yang membuka tahun 2023.


Donasi Apa yang Bisa Kita Lakukan di Humanesia Dompet Dhuafa #IniTentangKita?

Bantu Cianjur Pulih

Cianjur belum pulih sejak terjadi gempa Cianjur tanggal 21 November 2022 siang hari (13:21:10 WIB). Terdapat ratusan nyawa tewas akibat gempa dan ratusan ribu lainnya terpaksa tinggal di tenda-tenda pengungsian. Menurut kabar terkini dari teh Okti, salah satu blogger Cianjur, Cianjur saat ini sangat membutuhkan dukungan dan bantuan berupa apa saja dari sahabat Humanesia #IniTentangKita sehingga akan jadi harapan para penyintas lanjutkan kehidupan.


Beberapa aktivitas yang sangat urgen dan butuh diperbaiki diantaranya : 

Pembangunan Masjid/MushallaMembangun dan memperbaiki musholla yang rusak akibat bencana.
Membutuhkan dana sekitar Rp. 568.650.000/ Masjid atau Mushalla.

Pembuatan SumurMembuat sumur untuk kebutuhan air masyarakat yang terdampak bencana. Membutuhkan dana kira-kira sebesar Rp. 50.000.000/ sumur.

Pembuatan MCK : Membuat fasilitas MCK yang layak untuk masyarakat terdampak bencana. Membutuhkan dana sebesar Rp. 6.720.000/2 Ruangan MCK.

Pembangunan Sekolah Tahan Gempa : Diperlukan dana untuk membangun sekolah tahan gempa dan memperbaiki sekolah yang sudah ada namun rusak akibat bencana. Membutuhkan dana sebesar Rp. 1.087.400.000/sekolah.

Recycle House : yakni membangun kembali rumah-rumah warga yang hancur akibat bencana. Membutuhkan dana sebesar Rp. 25.650.000/ Huntara

Aktivitas Humanesia Dompet Dhuafa #IniTentangKita


Ada pula aktivitas Cianjur Bangkit School Movement yakni kegiatan berbagi 1000 sepatu untuk Anak Cianjur yang terdampak bencana. Biaya yang dibutuhkan adalah sebesar Rp. 150.000/Sepasang Sepatu

Juga ada Kado Anak Yatim yang memberikan hadiah untuk anak yatim berupa kado yang berisi peralatan sekolah (School Kit), seperti tas, buku, alat tulis, seragam dan lain lain dengan dana sebesar Rp. 350.000/ Paket.



Kado Akhir Tahun Yatim

Donasi lainnya yang bisa sahabat lakukan adalah berkirim kado untuk yatim. Kado berupa perlengkapan sekolah, pakaian taqwa dan sembako ini akan didistribusikan untuk bahagiakan para yatim yang ada di berbagai daerah di Indonesia.


Perempuan Tangguh

Donasi untuk menjadi wanita dengan peran ganda yang sungguh tak mudah. Perempuan yang memiliki sosok lembut namun sekaligus tangguh saat mengais pundi rupiah. Yuk, salurkan dukungan sahabat agar menjadi pengungkit semangat mereka untuk tetap berdaya.


Zakat Akhir Tahun

Alhamdulillah, meski tahun 2022 akan segera berakhir, namun terus lakukan kebaikan dengan memberikan zakat terbaik di akhir tahun. Karena akan ada beragam kebaikan yang tercipta berkat zakat sahabat lendyagasshi. Mari tutup tahun dengan kebaikan melalui Zakat Akhir Tahun!


Wakaf untuk Ibu

Berikan wakaf untuk ibu sebagai hadiah pahala abadi untuk ibu tercinta. Cantumkan nama beliau sebagai wakif atau wakaf yang diberikan. Wakaf terbaik untuk wanita terbaik.


Sedekah Menolak Bala

Bencana layaknya misteri, datangnya tak bisa diprediksi. Semoga dengan sedekah, bisa jadi salah satu ikhtiar kita untuk melindungi diri, keluarga serta harta dari bencana yang akhir-akhir ini melanda. 



Kesimpulan

Yuk, mulai tingkatkan awareness kita terhadap lingkungan sekitar kita melalui Humanesia. Bersama Dompet Dhuafa yang fokus terhadap kesadaran masyarakat untuk program kemanusiaan, sehingga menumbuhkan program-program berkesinambungan dalam perjuangan.

Karena nikmat sedekah dan zakat tidak hanya dirasakan ketika saat ini, tapi juga tabungan untuk di akhirat kelak.

Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api. 

(HR. Tirmidzi)

Humanesia ada untuk mereka dan kita semua. Bersama saling merasa, kuatkan dengan kebaikan kita, https://dmptdf.com/initentangkita


Semangat Bersedekah.



With love,



31 comments for "Yuk Berbagi Bersama Humanesia Dompet Dhuafa, Ini Tentang Kita"

  1. Selama ini beberapa zakat dan sedekahku juga lewat dompet dhuafa mba. Ini 1-1 nya lembaga kemanusiaan yg aku masih percaya. Dulu ada Bbrp, tapi kemudian sejak ketangkep beberapa organisasi amal yg ternyata korup dan membantu teroris, aku langsung stop semuanya, kecuali dompet dhuafa.

    Dulu pernah ikut kurban dari DD, dan semua dokumentasi juga laporan mereka kirim ke emailku jadi yakin lah 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Fann...
      Menginspirasi sekali. Terima kasih buat semangatnya untuk terus berbuat kebaikan bersama DD.

      Delete
  2. Banyak cara untuk berbuat baik dan bisa dipilih mau berperan serta diprogram yang mana. Ini beneran sangat ngebantu banget ya. Jadi lebih mudah kalau mau membantu sesama kalau sudah begini

    ReplyDelete
  3. Dompet Dhuafa emang lembaga amil zakat yang terpercaya banget. Nggak ragu lagi kalau mau berzakat dan beramal melalui lembaga ini akutu. Kalau pas lagi di perantauan biasanya aku juga zakatnya pake lembaga ini.

    ReplyDelete
  4. Cianjur masih butuh banyak bantuan ya .. semoga campaign Humanesia dengan Dompet Dhuafa ini semakin menegarkan wajah Cianjur supaya cepat pulih.

    ReplyDelete
  5. ah banyak sekali bantuan yang disalurkan Dompet Dhuafa, soalnya disana dibutuhkan banget bantuannya. Dan amil zakat yang profesional sudah ada aturan yang membuat bantuan lebih sampai dan tepat sasaran

    ReplyDelete
  6. Sedekah secara online seperti ini mempermudah yang mau bersedekah tapi ga ada waktu untuk ke tempatnya. Semoga semain banyak orang-orang yang bersedekah dan membantu orang banyak apalagi dipermudah dengan bersedekah online seperti ini. Semoga Humanesia Dompet Dhuafa makin melebarkan sayapnya dan makin banyak orang yang terbantu

    ReplyDelete
  7. Bagus programnya ya menjangkau masyarakat yang membutuhkan terutama korban gempa Cianjur yang berjuang untuk pulih dari bencana yang mereka alami, semoga Dompet Dhuafa senantiasa amanah ya

    ReplyDelete
  8. Dompet Dhuafa ini programnya selalu bagus2 ya, aku juga pernah sekali donasi di Dompet Dhuafa teh, walau aku bukan muslim hehee dan mereka rutin kirim laporan via email sampai saat ini

    ReplyDelete
  9. Tak perlu diragukan lagi tentang DOmpet Dhuafa yang memberikan kontribusi terbaik untuk sesama. APa yang dilakukan tentunya butuh dukungan kita semua. Yuk kita sama sama aware untuk sesama :)

    ReplyDelete
  10. Kalau tinggal di daerah yang sudah mandiri, tetangga gak kekurangan, bisa banget nyalurin sedekah lewat Dompet Dhuafa. Kebetulan di RTku baru ada pembangunan mushola. Jadi daku ke situ, cari yang terdekat dulu

    ReplyDelete
  11. Program-programnya Dompet Dhuafa selalu kreatif, tujuannya baik untuk membantu sesama. Semoga dengan begini makin banyak orang yang termudahkan menyalurkan donasi ya

    ReplyDelete
  12. Programnya Dompet Dhuafa emang bisa membuat kita mudah dalam membantu sesama, dan bisa disalurkan sesuai apa yang kita inginkan. Tinggal pilih mau donasi kemana, nanti pihak Dompet Dhuafa yang punya amanat bisa menyalurkan dengan baik dan sesuai ya

    ReplyDelete
  13. MasyaAllah, banyak cara untuk berbagi, tinggal bagaimana kita tergerak untuk mau mengulurkan tangan untuk berbagi pada sesama ya Kak.
    salut dengan Dompet Dhuafa dengan program-program akhir tahunnya yang MasyaAllah ini.

    ReplyDelete
  14. Kalo sama Dompet Dhuafa emang ga perlu ragu lagi sama sepak terjangnya. Aku pernah kerja di sana dan tau bgt dalemnya seperti apa. Banyak programnya yg akhirnya ditiru oleh LAZ lain. Mudah mudahan DD selalu hadir untuk membantu kaum duafa di negeri ini ya kak

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah bisa mudah bersedekah melalui Humanesia. Banyak saudara kita yang membutuhkan yang saat ini sedang terkena bencana alam. Yuuk rajin sedekah agar makin banyak saudara kita yang tertolong.

    ReplyDelete
  16. Jelang akhir tahun ada beberapa bencana. Aku suka nyesek kalau ada yang kehilangan rumah krn aku pun pernah megalami kehilangan rumah krn musibah. InsyaAllah kalau emang sedang ada rezeki lebih ikutan program Humanesia buat bantuin para pengungsi bencana dan masyarakat lain yang membutuhkan ya mbak aamiin

    ReplyDelete
  17. barakallah buat dompet dhuafa. saya sendiri juga salah satu pelanggan yang sudah lama mempercayakan infaq dan hal2 lain melalui DD Mba.. semoga jadi jembatan keberkahan dan keselamatan

    ReplyDelete
  18. Humanesia dari Dompet Dhuafa ini bagus ya program-programnya dan memudahkan bagi siapa pun yang ingin berbagi. Apalagi penyalurannya juga jelas untuk kebaikan

    ReplyDelete
  19. Betul itu, karena bumi ini adalah untuk kita dan tentang kita, maka memang kita harus bekerjasama apalagi dalam hal kebajikan saling membantu sesama.

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah, banyak sekali ya program dompet dhuafa, semakin banyak yang menerima manfaat semakin berkah, memutus rantai kemiskinan sehingga para penerima suatu saat bisa berdonasi juga

    ReplyDelete
  21. Banyak juga ya program akhir tahunnya Dompet Dhuafa.
    Kita memang hRuz terus berbagi agar bisa menjadi manusia seutuhnya 👍

    ReplyDelete
  22. Indonesia memang negara rawan bencana ya. Terakhie Cianjur meninggalkan luka mendalam. Banyak saudara kita membutuhkan bantuan di sana

    ReplyDelete
  23. Semoga semakin banyak yang berdonasi, bermanfaat untuk banyak orang. Semoga bantuannya bisa tersalurkan dan tepat sasaran.

    ReplyDelete
  24. Semoga program dompet dhuafa untuk korban gempa cianjur bisa bermanfaat dan berkah, ya

    ReplyDelete
  25. MasyaAllah ya Unie, terimakasih sudah mengingatkan terus untuk berbuat kebaikan. Barokallah banget kalau bisa jadi anak-anak akhirat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju saling ingat mengingatkan dalam hal kebajikan memang diperlukan. Apalagi tujuannya kemanusiaan, sehingga dapat meringankan beban mereka juga

      Delete
  26. Sangat menginspirasi. Ayo mari kita bantu sesama. Ada banyak sekali caranya, salah satunya dengan platform Dompet Duafa.

    ReplyDelete
  27. baru tau tentang Humanesia, selama ini menyalurkan ziswaf memang paling asyik lewat Dompet Dhuafa
    Karena caranya mudah dan bisa mulai dari Rp 10.000, sehingga siapapun bisa mulai "membangun istana di surga"

    ReplyDelete
  28. Setuju meningkatkan awareness pada lingkungan itu perlu, peduli pada sesama, saling membantu.seperti halnya program yang diinisiasi Dompet Dhauafa yaitu humanesia

    ReplyDelete
  29. Keren program-programnya. Bersedekah online lewat dompet dhuafa ini lumayan membantu yaa, kita jadi gak perlu turun ke lapangan, cukup via online aja di dompet dhuafa aja, InsyaAllah niatan kita untuk membantu sesama bisa terealisasikan

    ReplyDelete