Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Perawatan Motor Saat Musim Hujan

Bismillah,


Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan.
Hola sahabat lendyagasshi.


Bagi pengendara kendaraan roda dua, tentu saat memasuki bulan-bulan dengan curah hujan tinggi seperti saat ini melakukan beberapa persiapan. Dari mulai persiapan dari sisi pengendara hingga yang gak boleh terlewatkan adalah persiapan dan perawatan untuk kendaraan bermotor agar tetap awet meski usianya sudah lebih dari 5 tahun.

Sebagai bikers, aku juga merasakan banget beratnya naik motor, apalagi ketika hujan badai menerpa. Hehhe, karena pernah punya pengalaman, saat hujan, aku tetap memaksakan diri terus berkendara sehingga selain basah kuyup, kondisi motor pun sangat kepayahan karena jalan menuju rumahku di Surabaya dulu memang daerah yang mudah tergenang banjir.

Tapi, secapek apapun, kudu banget sahabat lakukan 7 langkah berikut ini yaa..
Agar motor tetap bandel dan minim kerusakan sehingga ketika service, hanya membutuhkan minor service aja. Selain hemat biaya, juga hemat waktu kan..

Perawatan apa aja yang perlu dilakukan ketika hujan tiba?

Review Planet Ban


Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan

Bilas Motor Segera

Ya, segera setelah sesampainya di rumah, hal yang perlu dilakukan adalah menyiram motor menggunakan air bersih sampai ke celah-celah motor, terutama bagian rantai. Karena selain air hujan yang mengandung asam ini dapat mempercepat korosi pada bagian motor. Selain itu, kandungan pasir atau tanah kotor di jalan yang tergenang saat hujan ini bisa menghambat kinerja motor.

Ya,

Bayangin aja kalau sedang jalan, lalu kemasukan batu kecil di dalam sepatu. Sekali dua kali hanya menimbulkan sensasi gak nyaman, namun lama kelamaan bisa menyebabkan luka yaa..

Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan


Periksa Tekanan Ban Motor

Untuk memeriksa tekanan ban motor, sahabat lendyagasshi bisa menggunakan cara yang mudah tanpa alat apapun, yakni dengan cara menekan ban sepeda motormu menggunakan jempol tangan. Jika merasa kurang tekanan angin, lebih baik segera isi anginnya. 

Kurangnya tekanan udara bisa menyebabkan telapak ban bersentuhan langsung dengan jalan dan akibatnya yang paling ekstrem adalah tarikan motor jadi berat membuat ban jadi aus atau lebih cepat tipis dan gundul. Prediksikan memberi tekanan udara yang benar pada ban.

Karena bahaya dari ban yang gundul atau aus adalah rawan terjadi kecelakaan. Apalagi saat pengereman mendadak dalam kecepatan tinggi atau kondisi hujan, ban yang cepat terkelupas ini akan membahayakan diri sendiri juga pengendara lain.


Baca juga:
Pengalaman Touring Menggunakan Motor Matic
Mobil Matic, Kendaraan Ternyatan Bagi Pengendara Pemula


Bersihkan dan Beri Minyak Pada Rantai Motor

Semasa masih gadis dan serumah dengan ketiga kakak laki-lakiku, aku selalu suka melihat mas yang nomer dua mengutak-atik motornya. Selain memerhatikan keseruannya bercengkerama dengan beberapa motor kesayangannya, aku pun mendapat ilmu bahwa ketika musim hujan, jangan lupa untuk membersihkan rantai dan memberikan grease agar tidak karatan.

Merawat Motor Agar Awet

Grease atau minyak gemuk adalah sejenis pelumas padat atau semi cair yang mengandung bahan pengental di dalam cairan lubrikasi. 



Segera Cabut Kop atau Karet Penutup Busi

Busi adalah komponen utama yang ada di dalam sistem pengapian pada mesin bensin. Tugas busi adalah membuat sebuah percikan api bertekanan tinggi dalam ruang bakar motor. Tujuan pemasangan busi pada sistem pengapian adalah untuk membakar (menyulutkan percikan api) pada campuran (bahan bakar dan udara) melalui percikan elektrik.

Saat mengecek busi yang dilakukan ketika motor sudah dingin, tentunya, cek juga bagian kabel yang terdaapt di sekitar busi. Jika komponen ini basah, maka motor akan sulit menyala karena proses pengapiannya terhambat. Sahabat bisa meniup atau mengelap supaya air yang ada di busi dan kabelnya hilang sehingga busi jadi lebih bersih dan kering.



Gerak-gerakkan Pedal Rem 

Air kotor bisa membuat rem terasa lebih keras ketika diinjak atau ditarik, bila motor sahabat lendyagasshi adalah motor matic. Karena, rem ini langsung terbuka ketika genangan air masuk ke disk cakram. Sehingga, perli sekali segera membersihkan rem dan gerak-gerakkan berulang supaya kanvasnya tidak kering dan rem tetap pakem.

Tips merawat motor musim hujan

Baca juga:
Model Motor Terbaru


Perhatikan Knalpot Saat Musim Hujan

Ini bagian yang paling sering diabaikan bagi pengendara motor atau bikers. Jadi, gak hanya body dan sepatbor (sayap pada bagian roda), kotoran dan lumpur air hujan juga bisa mengotori bagian leher knalpot. Sehingga, sahabat lendyagasshi perlu sekali membersihkannya supaya sistem pembuangan tidak terganggu dan tetap berfungsi dengan baik. 

Cara mengeluarkan air hujan dari dalam knalpot adalah dengan cara semprotkan oli ke bagian dalam knalpot, lalu pada bagian leher secara merata menggunakan minyak grease.


Setelah 6 langkah di atas sudah dilakukan, sahabat lendyagasshi bisa tenang. Dan jangan lupa untuk melakukan service secara berkala di Planet Ban, jagonya servis motor. Tidak hanya melayani penggantian ban, kini Planet Ban juga dilengkapi service menggunakan mesin Tyre Changer.



Mengenal Planet Ban

Planet Ban adalah bengkel tempatnya ganti ban motor dan penjualan ban motor yang lengkap dengan harga terjangkau. Jika mengganti ban kendaraan bermotor biasa, sahabat lendyagasshi akan menunggu lama, namun bila mengganti ban di Planet Ban yang dikerjakan oleh mekanik profesional, mereka dengan metode penggantian ban yang canggih dengan cepat dan tidak merusak sisi-sisi velg roda.


Selain bisa mengganti ban, sahabat lendyagasshi pun juga bisa melakukan berbagai macam service motor dengan kelengkapan spare part motor yang dibutuhkan. Masalah ganti oli motor matic

Wah, bisa banget donk..

Mekanik di Planet Ban akan membantu memilihkan jenis oli yang sesuai dengan mesin motor matic sahabat. Karena kekentalan oli ini juga berpengaruh pada kinerja mesin dan keawetan mesin motor. Jangan sampai hanya karena harganya mahal, maka memaksakan menggunakan oli motor tersebut. 



Kesimpulan

Jangan malas membersihkan motor setelah hujan ya.. meski terlihat sepele, tapi ini bisa sangat berpengaruh bagi kesehatan motor yang digunakan. Bisa jadi lebih awet dan minim service yang itu berarti jadi menghemat pengeluaran. 

Pastikan mengelap motor dan bagian-bagian dalam motor yang terkena air hujan agar tidak mogok. 
Yuk, rawat motor yang kita gunakan dengan seksama. Selain menjaga keselamatan diri sendiri juga menjaga keselamatan pengendara lain di jalan.


Selamat Beraktivitas.


Salam hangat,



28 comments for "Tips Perawatan Motor Saat Musim Hujan"

  1. aduuuh..aku tertampar dg tulisan ini karena jujuuur paling nggak ngerti cara merawat motor yg tiap hari dipakai beraktivitas.. kasian banget motorku ya..jd merasa sangat bersalah aku tuh.. trims ya Teh sdh menuliskan tentang hal ini..

    ReplyDelete
  2. Paling serem klo pas musim hujan, ban motor botak. Duh amit-amit deh, udh ban motor botal plus gembos, auto jatuh tuh klo ngebut. Mending ganti ban aja

    ReplyDelete
  3. aku nggak ngerti permotoran teh, pak su yang ahli wkwkwk aku mah bagian numpang aja tapi thank you buat remindernya buat bersihin motor habis bebecekan

    ReplyDelete
  4. Saya juga langganan di Planet Ban mbak. Pegawainya sangat ramah, bahkan saat ganti ban bukan hanya ban saja yang diganti, namun keseluruhan motor juga dicek, termasuk oli dan radiator yang habis. Jadi puas dengan pelayanan di Planet Ban.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaman masih tinggal di rumah yang luas halamannya, setiap pulang kehujanan motor selalu saya cuci. Sekarang jadi malas karena kondisi rumah yang sempit halamannya. Akhirnya motor berkarat nyesel jadinya. Memang seharusnya setiap kena hujan motor harus segera dicuci ya mbak.

      Delete
  5. Wah iya ya harus diperhatikan nih...selama ini tahunya hanya memakainya saja, padahal musim hujan harus lebih sering dibersihkan ya...hehe...

    ReplyDelete
  6. Artikel ini bagus banget untuk perempuan bermotor yang bahkan sering lupa buat ganti oli motor, hehehehe...
    Ayo para perempuan, jangan skin care-an aja... motornya juga harus dirawat dengan sangat care :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak, karena perempuan khususnya yang mengendarai motor kudu tahu juga nih tentang mesin motor, jadi kan paham apa yang kurang dan kapan mesti ganti oli dan segala macamnya

      Delete
  7. Nah benerrr bgt
    Motor kudu dirawat dgn paripurna ya.
    Mantab nih sist

    ReplyDelete
  8. soal perawatan kendaraan bermotor aku tuh melihat papaku yg telaten bgt ngerawat motornya, jadi semua kendaraan yg dipegang beliau tuh kondisinya terjaga dan bagus semua

    ReplyDelete
  9. Benar sekali, Mbak.
    Naik motor saat musim hujan, tantangannya lebih berat. Selain badan basah kuyup, khawatir motor ada apa-apanya. Saya pernah nekat menerobos genangan air tinggi. Eh, motor saya mogok tengah jalan. Untung bisa distater lagi.
    Makanya saya selalu kepikiran begini : Mending sekalian panas terik, daripada hujan. kalau panas terik, saya masih bisa laju motor. kalau hujan, serba salah hahaha.

    ReplyDelete
  10. Iya banget, di musim hujan kayak sekarang, motor harus dirawat. Kalo enggak bisa ngamuk. Banyak masalah. Kemaren baru aja motorku ganti oli. Lebih cepet dari jadwalnya. Sebelum bermasalah deh ya. Btw, Planet Ban ini memang bengkel berkualitas ya. Produk yang digunakan dijamin berkualitas, para pekerjanya juga berpengalaman.

    ReplyDelete
  11. Kadang kalo musim hujan, males banget nyuci motor, apalagi kalo nyuci sendiri, Pe er banget dah. Baru selesai dicuci dan dipoles kinclong, eh malah hujan lagi, hahaha...

    Nah ini yang langsung bilas setelah terkena air hujan, males bener dah ah.

    Masalah ganti oli di Planet Ban, saya juga pernah tuh ganti oli Scoopy di sini, pelayanannya lumayan oke loh, servicenya juga cukup lengkap. Bisa tune up juga sih. Harga bersahabat lah ya...

    Very nice post Mba Lendy!!

    ReplyDelete
  12. Nah itu dia kalo abis kena hujan, kadang suka menunda-nunda membersihkan motor. Padahal ini bisa bikin motor cepet rusak ya. Kotoran pasir yang ngikut masuk ke dalam bagian dalam motor itu yang tidak terlihat

    ReplyDelete
  13. Mesin motor akan awet dan motor bisa "sehat" untuk bertahun-tahun lamanya kalau rutin ganti oli dan rutin servis. Ini nasihat papaku waktu pertama kali beliin motor di zaman kuliah dulu. Dan hal-hal penting seperti yang Kak Lendy tuliskan itu juga perlu perhatian khusus, terutama kondisi ban dan rem motor.

    ReplyDelete
  14. Haduuuh, sebagai mamak biker perwatan motor pas musim hujan ini extra banget, terutama kalo dah melewati banjir, suara knalpotnya kasian berekbek2. Belum lagi harus rajin dimandiin hampir tiap hari.
    Malu kan Len, yang naiknya bening, motornya blewuk, hahay..
    Jadi ga pede mengendarainya.
    Langganan aku juga di Planet Ban Ciwastra, terutama ngecek tekanan ban, Gratiss!!

    ReplyDelete
  15. Yang bagian nyabut kop busi itu yang paling sulit untukku. Motorku bukan jenis matic, untuk membuka tempat businya, harus bongkar kap dulu.

    Iya, habis hujan klo bisa memang motor segera dibersihkan biar kotoran enggak nempel kelamaan. Bisa-bisa nempel di berbagai tempat dan bikin fungsinya jadi terhambat.

    ReplyDelete
  16. Knalpot nih konsenku apalagi kalau lewat genanbgan2 gtu duuhh. Biasanya digeber2 dulu pas nyampe rumah. Memang kalau musim hujan ini kalau gk terlalu butuh banget naik ojol aja deh biar cepet hehe.
    Tp intinya emang di perawatan rutin ya,kalau rajin bawa cek up ke bengkel insyaAllah motor awet.

    ReplyDelete
  17. Aku ma paksuami team maless kak.lendyyy😭🤭 ga sempet cuci2 paling auto lgs masukin cucian motor.

    ReplyDelete
  18. mesin motor rentan rusak kalau sering kena hujan, apalagi sekarang intensitas hujannya sering banget di Bali. Kalau motorku, ujung knalpotnya mulai berkarat, ketauan deh jarang Rawat motor apalagi saat musim hujan

    ReplyDelete
  19. Sebenarnya ya. Apapun kondisinya, kita mah kudu merawat motor. Cuma pas musim hujan memang kudu agak ekstra. Karena kadang kita juga nggak sengaja ngajakin motor hujan-hujanan. Hehehe

    ReplyDelete
  20. Wah! pas banget, lagi musim hujan nih! jadi bisa langsung dipraktekin dan bakalan berguna banget sih. Penting banget perawatan seperti ini supaya lancar saat digunakan

    ReplyDelete
  21. memang harus lebih ekstra ya kalau musim hujan gini, apalagi kalau pemakaiannya udah kaya kerja rodi deh tuh si motor, hehe.. kudu ekstra lagi perawatannya :)

    ReplyDelete
  22. Setuju banget. Musim hujan, jalanan jadi lebih licin dan berpotensi jatuh jika tak hati-hari. Jangan sampai ban slip karena kelalaian kita sendiri. Sebelum gundul, gantai aja bannya di planet ban

    ReplyDelete
  23. wah iya banget nih. dulu aku kalau abis ujan ya biarin aja, terus temen bilang kalau abis ujan harus dibilasin pakai air. baru dari situ ngelakuin hal itu 😂

    ReplyDelete
  24. Wah iya, sekarang lagi musim hujan
    Musim hujan seperti ini harus lebih memperhatikan perawatan motor
    Agar motor tetap nyaman dan aman dikendarai di musim hujan

    ReplyDelete
  25. wah setuju nih, harus selalu rajin rawat motor dong ya, apalagi kalau ini jadi satu-satunya moda transportasi yang digunakan sehari-hari, biar motornya gak ngambek saat ingin dipakai, biasanya yang suka bermasalah tuh di businya juga sih ya, makanya harus rajin perawatan motornya terlebih saat musim hujan ya.

    ReplyDelete
  26. Pas banget kemaren baru aja kredit motor. Mesti menjalani semua tips ini nih biar motorku awet. Kan sayang kalo masih baru tapi udah rusak karena ketidak-tahuan kita saat merawat motor.

    ReplyDelete