Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Rahsa Nusantara Pahami Kebutuhan Anak Jika Tidak Nafsu Makan

Bismillah,


Tips Rahsa Nusantara Pahami Kebutuhan Anak Jika Tidak Nafsu Makan.
Hola sahabat lendyagasshi.


Permasalahan anak yang tidak nafsu makan adalah hal yang seringkali Ibu keluhkan di rumah. Berbagai cara pun rasanya sudah dilakukan agar anak bisa makan dengan cukup dan seimbang, bukan?

Teringat saat anak pertama tidak nafsu makan dan sebagai Ibu pun melakukan berbagai cara agar kakak mau makan setiap masakan yang dihidangkan. Dari mulai menyusun menu bersama selama seminggu hingga membuatnya pun bersama.


Baca juga:
Ide Menu Berbuka Puasa Untuk Anak
Ide Menu Sarapan Anak


Pada dasarnya, penolakan asupan makanan di usia tumbuh kembang 6 sampai 9 tahun adalah hal yang normal. Sebagai orang tua, kita harus menyikapinya dengan tenang dan tetap memberikan asupan makanan yang terbaik untuk si kecil.


Biasanya, anak akan sangat pemilih dalam hal makanan. Beberapa faktor yang mempengaruhi mereka dalam memilih makanan antara lain dari aroma, rasa, tekstur, dan tampilan makanan.

Tak jarang, anak cenderung sulit untuk mengonsumsi sayuran, karena biasanya sayuran memiliki rasa yang menurut anak cenderung pahit dan kurang enak di lidah. Selain itu, menu yang kurang variatif setiap harinya juga bisa menjadi pemicu si kecil enggan makan dalam porsi yang banyak.

Jadi, bagaimana ya.. membuat anak bersemangat untuk makan, terutama makan sayur dan buah?

Tips Rahsa Nusantara Pahami Kebutuhan Anak yang Tidak Nafsu Makan



Cara Menangani Saat Anak Tidak Nafsu Makan

Terlepas dari apapun penyebabnya, sebagai orangtua penting untuk mencari jalan keluar. Orangtua perlu lebih memperhatikan asupan yang bernutrisi untuk si kecil. Berikut tips untuk Ayah Bunda di rumah yang masih bingung cara menangani anak saat kurang nafsu makan. Yuk, disimak!


Berikan Porsi Makan yang Cukup

Alih-alih memberikan makan dengan porsi banyak untuk anak lebih sehat, hal ini justru membuat mereka cenderung enggan menerima semua asupan makanan yang orang tua berikan.

Sebagai orangtua tentu saja ini membuat cemas bukan?

Tips Anak Agar Mau Makan

Tidak perlu khawatir mengenai hal itu. Pasalnya, anak- anak justru lebih bisa menikmati makanan yang tidak terlalu banyak. Maka dari itu, Ibu hanya perlu memberikan asupan anak yang cukup dan tidak berlebihan, ya!


Buat Jadwal Makan Teratur

Membuat jadwal makan teratur memang tidak selalu mudah. Terlebih jika si kecil tidak menyukai sayur-sayuran. Butuh asupan yang cukup entah itu dari segi protein, karbohidrat, mineral dan lain-lain.

Dengan begitu, menentukan jadwal yang cocok bagi si kecil penting sekali agar si kecil bisa lebih tahu kapan ia harus makan.

Tips Anak mau makan sayur


Hindari Memaksa si Kecil

Sebagai orang tua, tentu kita akan merasa khawatir jika anak belum makan dari pagi tapi si kecil tetap harus membutuhkan asupan yang cukup. Seringkali orang tua memaksa si kecil untuk makan dibarengi dengan ancaman tidak akan dibelikan mainan, misalnya.

Solusi anak doyan makan
Source: web Morinaga


Biarkan anak makan sesuai porsinya terlebih dahulu. Karena jika dalam porsi yang sedikit berlebihan, anak cenderung memuntahkan makanannya. Akibatnya, makanan justru menjadi sia-sia.


Hindari Minum Berlebih di Tengah Makan

Makan dibarengi dengan minum memang baik, tetapi jika dilakukan terus-menerus sebelum makanan habis, maka si kecil akan merasa kenyang terlebih dahulu padahal makanan pun masih ada setengah porsi.

Hal itu dapat kita minimalkan dengan memberi minum jika makanan sudah habis. Kecuali dalam keadaan mendesak, seperti saat si kecil tersedak makanan.


Menu Makanan yang Lebih Variatif

Kita sebagai orang dewasa tentunya sangat suka jika menu makanan yang bervariasi tiap harinya, bukan? Begitu pula dengan si kecil. Mereka pasti akan sangat senang dan semangat makan jika makanannya tidak hanya itu-itu saja.

Dengan begitu, ini merupakan salah satu tips yang bisa ibu terapkan di rumah agar si kecil bisa dengan lahap dalam mengonsumsi makanan.


Berikan Suplemen Herbal Alami Sapujagad Anak dari Rahsa Nusantara

Sapujagad Anak merupakan konsentrat herbal 100% yang alami, tanpa tambahan zat kimia sintetis. Tanpa pelarut, pengawet, perasa, pewarna maupun pewarna buatan.

Kini Sapujagad Anak memiliki varian baru dengan rasa buah-buahan tropis yang pastinya disukai oleh anak-anak di rumah.


Beberapa kandungan Sapujagad Anak di antaranya: lemon, madu, kencur, daun mint, jahe merah, ekstrak buah.


100% bahan #KebaikanAlam yang dapat membantu:

Menjaga imunitas anak

Melengkapi dan mengoptimalkan kebutuhan nutrisi anak

Mengajarkan anak untuk memiliki kesadaran kesehatan sejak dini

Meningkatkan nafsu makan

Meminimalkan paparan kimia sintetis sejak dini


Cara Konsumsi Sapujagad Anak Rahsa Nusantara

Sapujagad Anak Rahsa Nusantara dapat dikonsumsi rutin 1-2 kali sehari setiap hari. Cukup dengan 1 sendok makan di pagi atau malam hari. Ibu juga bisa menambahkan 100 mL air mineral, smoothies, ataupun jus sehat tiap pemberian Sapujagad Anak untuk si kecil.

Cara konsumsi Sapujagad Anak Rahsa Nusantara



Sapujagad Anak Rahsa Nusantara memiliki varian rasa buah yang segar dan manis alami, sehingga harapannya akan membuat anak suka dan mulai terbiasa dengan racikan sapujagad yang memiliki rasa buah manis serta tidak terlalu terasa seperti jamu pada umunmnya.

Aisy dan Hana rutin konsumsi sehari sekali setelah sarapan sehingga saat di sekolah menjadi energi dan menambah nafsu makan untuk tetap mendukung semangat serta daya tahan tubuh anak. Dengan meningkatnya nafsu makan pada si kecil, semoga membuat badan sehat. 

Dengan ekstrak alami Buah Leci dan Mangga, si kecil semakin nyaman memulai #RutinitasKebaikan dengan rasa yang menyenangkan. Mari memulai #HidupSehatLestari sedari dini dengan racikan yang alami. Semoga semakin banyak #GenerasiPenerus merasakan manfaat #KebaikanAlam Indonesia!


Untuk para Ibu di rumah yang ingin mendapatkan produk Rahsa Nusantara, dapat mengunjungi website https://shop.rahsa.id/, atau berbelanja di Shopee dan Tokopedia. Jangan lupa, ikuti juga akun Instagram @rahsa.nusantara untuk informasi mengenai produk Rahsa Nusantara yang lain.


Selamat Beraktivitas.


Salam hangat,



40 comments for "Tips Rahsa Nusantara Pahami Kebutuhan Anak Jika Tidak Nafsu Makan"

  1. Makasih mba tips tipsnya, anak anak emang rentan banget males makan apalagi balita, anak sayapun demikian jd memang harus diganti ganti menunya biar lebih variatif dan menggugah selera si kecil. Next deh mau coba juga Rahsa nusantaranya

    ReplyDelete
  2. Setelah 21 bulan, anakku udah mulai pemilih. GTM gak pernah sih, cuma makannya sedikit, malah udah tau HP. Aduh. Ini kalo ngaruh aku mau cobain ah ke anakku biar nafsu makannya kembali

    ReplyDelete
  3. aku banget anakku kalau malas makan aku mulai menyiapkan strategi dan bersyukur ada sapu jagat ini ya, semoga anak makin lahap makannya

    ReplyDelete
  4. wah bagus, komposisinya emang sudah kita ketahui khasiatnya sejak dulu: jahe, madu, lemon, kencur serta buah-buahan
    Tapi ini versi praktis
    Cukup menggunakan sendok, semua kebutuhan terpenuhi

    ReplyDelete
  5. Minum berlebihan saat makan ini memang tidak baik. Anak saya nih jadi makan sedikit, tapi udah merasa kenyang karena lebih dulu banyak air minum...

    Saya oleh kakek nenek dulu, dilarang minum sebelum selesai makan. Alasannya apa coba? Katanya biar pinter. Hahaha... Ya saya mau dong. Makanya saya gak pernah minum sebelum makan selesai. Kecuali kalau urgent. Karena itu saya hindari tersedak dan pemicunya juga

    ReplyDelete
  6. Bener sih. Emang worry banget kalau ponakan nggak mau makan tuh. Kalau orang desa mah cenderung memaksakan gitu.

    Cuma memang orang desa sekali pun sudah mulai menjadwal waktu makan anak sih kalau kuperhatikan.

    Mungkin kurang tambahan rahsa dari sapu jagad ini.

    ReplyDelete
  7. Ini dia nih tips penting buat emak-emak galau yang anaknya suka GTM.
    Alhamdulillah ketiga anakku gak pernah gak doyan makan... Lahap terus makannya. Semangat ya buat semua emak Indonesia

    ReplyDelete
  8. Salut ada lagi satu produk yang herbal dan berasal dari alam nusantara. Ayo yang punya masalah anak ga suka makan, coba saja ini. Tips dari mbak Lendy.

    ReplyDelete
  9. Suka bingung ya memang kalau anak susah makan. Apalagi kalau picky eater

    Kadang beberapa kali aku kasih penambah imun a.ka penambah nafsu makan juga sih

    ReplyDelete
  10. Kadang jadi sedih kalau anak jadi ga nafsu makan ya Len. Tapi tentu ada banyak cara baik buat mengatasinya. Memberikan suplemen herbal alami Sapujagad ini bisa jadi salah satu rahasia dari solusi yang diharapkan.

    Semoga infromasi berguna ini diketahui oleh banyak para ibu yang anak-anaknya dalam keadaan gak nafsu makan.

    ReplyDelete
  11. Morning teh Lendy. Memang gemes ya ketika buah hati gak nafsu makan. Dulu saat anak-anakku balita juga pernah alami itu. Sayang saat itu belum ada Rahsa Nusantara. Btw vitamin ini boleh sampai usia berapa ya teh?

    ReplyDelete
  12. Dulu si bungsu juga suka sulit banget makan, dia jadi picky eater, ibu mana yang ga pusing kalo anaknya susah sekali kalau disuruh makan. Tetapi setelah beberapa bulan mengkonsumsi vitamin Sapu Jagad ini anak jadi lebih doyan makan dan aktif ber kegiatan, gak ada drama nangis - nangis dulu sebelum minum ini, karena rasanya yang enak seperti sirup dan manis kesukaan anak - anak

    ReplyDelete
  13. Anak susah makan, kalau masih bisa disiasati dengan bujukan, variasi porsi dan menu makanan, emang sebaiknya orang tua lebih bersabar dan telaten dulu ngadepin anak yang susah makan ya.
    Kalau sudah mentok segala cara dicoba anak masih susah juga disuruh makan, bisa deh coba dikassih sapujagad anak dari rahsa nusantara.

    ReplyDelete
  14. Ojo paksa-paksa ya...
    Kalau lagi gak mau, berarti kudu cari cara lain.
    Noted nih buat ponakan daku yang ada kalanya doi susah makan, apalagi kalau bukan menu favoritnya

    ReplyDelete
  15. problem anak-anakku banget ini susah makan, cuma untungnya klo sayur dan buah mereka masih madu dari dulupun karena jg terpapar sm kami oang tuanya. justru anak-anak susah makan nasi, pdhal ya masih butuh juga kan yaa... kami udah kurang nasi, klo dikasih tahu makan nasi, ayah sm ibu aja makan nasinya dikit hahaha... ya beda atuuh

    ReplyDelete
  16. anakku nih termasuk yang pilih-pilih kalo mau makan, saya kadang stress menghadapinya. haruskan saya kasih rahsa nusantara ini?

    ReplyDelete
  17. Emang permasalahan anak nggak nafsu makan tuh jadi PR buat emak-emak. Bisa dicoba nih Rahsa Nusantara sebagai salah satu ikhtiar menambah energi plus nafsu makan anak. Thank you mbak ulasan produk dan tips untuk menangani nafsu makan.

    ReplyDelete
  18. Anak-anak saya kalau bundanya masak yang sama melulu suka protes. Jadi memang perlu menu variatif. Nah, ada juga anak yang picky eater. Malah pengennya menu sama terus. Tentu ini juga PR buat orangtua supaya anak mau makan yang lebih variatif. Rahsa Nusantara bisa membantu anak menambah nafsu makan, ya

    ReplyDelete
  19. Hebat banget nih anak bisa kembali napsu makan dan imunitas juga bertambah.

    ReplyDelete
  20. Seandainya sajaaaa ada Rahsa Nusantara ini dulu ya
    aku dulu saking parno-nya anak-anakku sakit, suka tak paksa makan!

    Akhirnya anakku sempat julid kalo aku datang bawa-bawa piring terus aku ngerasa (untung ngerasa yaaa) sedih. Akhirnya diganti cara makannya, diajak "main" dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah kok udah kekirim heheheeee

      akhirnya diajak main, ditanya "Adek mau makan tempe dulu apa kentang rebus dulu?"
      "Adek mau minum jus sayur dulu apa mau makan sop aja?"

      Gitu Leeen, maka seandainya ada Rahsa Nusantara pasti ibu-ibu senang, gausah maksa maksa anak makan!

      Delete
  21. Aku pernah liat produk ini pas beli jamuku di tokopedia mbaa. Tapi waktu itu belum pengen beli. Kalo ga salah dia ada jamu utk dewasa juga deh.

    Bagus ya ternyata.... Mau beli juga jadinya buat anak2. Mereka pun agak susah makannya, picky bangeeet. Tapi untungnya kalo buah suka, jadi kalo sayuran lagi males, aku banyakin di buah.

    Suplemen semacam rahsa Nusantara ini aku pun rutin kasih mba. Tapi biasanya yg ada kandungan Curcuma. Ntr mau coba juga yg ini kalo produk lama anakku udh abis๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  22. Anak pilih-pilih makanan, iya banget. Udah diambilkan nasi secentong, masih aja sisa. Sedih ibu karena kudu habisin makanan anak, eh malah ibunya yang makin gendut. *curcol

    Suplemen herbal Rahsa Nusantara mengandung jahe, daun mint apa berasa dingin semriwing?

    ReplyDelete
  23. Rahsa Nusantara, aku bacanya Rahasia Nusantara ๐Ÿ˜

    Dari ulasan ini aku jadi bisa kasih rekomendasi ke temen yang anaknya sedang ga nafsu makan. Ibu-ibu dengan anak masih kecil yang susah makan seringnya jadi bingung ya. Pas lah ini bisa jadi solusi.

    Tfs Len

    ReplyDelete
  24. Waktu anak-anak masih kecil selalu panik kalo anak males makan, gak bermaksud buat maksa tapi ujungnya malah jadi maksa hahaha. Untung sekarang ada Rahsa Nusantara yah yang bisa menjadi solusi buat anak2 yang lagi gak nafsu makan

    ReplyDelete
  25. Keponakanku yang usianya 7 tahun si picky eater banget nih. Bahkan susah makan atau ga nafsu jika makanan kesukaannya ga terhidangkan sesuai seleranya. Kudu diberikan Rahsa Nusantara nih untuk mengatasinya. TFS ya.

    ReplyDelete
  26. Iya anak-anak GTM itu bikin mumet para ibu ya mendadak ngga nafsu makan padahal sudah dibuatkan menu masakan sesuai selera, memang harus bervariasi dan bisa membujuk anak untuk makan, vitamin penambah makan bisa membantu anak juga biar lahap ya

    ReplyDelete
  27. Permasalahan anak gak mau makan asli, bikin mumet. Apalagi udah dimasakin menu sedemikian rupa tapi tetep GTM. Kadang aku sendiri yang stress.

    Kalau lagi susah-susahnya makan, anak memang pelru suplemen deh. Biar dia gak kebablas gak makan atau cuma dikit banget porsinya.

    ReplyDelete
  28. Anak gak nafsu makan peer banget memang apalagi kalo pilih hehe tambah pusing pastinya... Atur jadwal makan penting bangt, aplg kalo sukanya jajan .. plus
    hrs bnget ada tambahan suplemen kayak sapujagad ini yg aman utk dikomsumsi

    ReplyDelete
  29. Bingung memang ya Teh Lendy saat anak tidak nafsu makan. Apalagi kalau pake acara aksi tutup mulutnya lama ya. Untunglah sekarang sudah ada solusinya dari Rahsa Nusantara

    ReplyDelete
  30. kalau di list begini kerasa gampang dan caranya ya memang begini sebenernya. tapi pada prakteknya, sungguuuhh syuliitt ya buu, wkwkwk
    tapi lumayan ya ada Rahsa, jadi bisa membantu menambah nafsu makannya, setidaknya saat waktunya makan jadi mengurangi maksa2 anak untuk makan gitu :D

    ReplyDelete
  31. Ku jd inget jaman anak pertama tu luar biasa picky nya sampe aku bawa ke dokter spesialis tumbuh kembang. Tiap hari coba bikin menu yg variatif tetep aja ga mo makan. Dr mulai pusing sampe pasrah alhamdbulilah pas SD pelan2 mulai membaik pola makannya. Sekarang udh abege malah makan mlulu kerjanya hahah

    ReplyDelete
  32. Wah iya nih
    Aluna susah makan
    Aku mau coba terapkan tips ini ah
    Siapa tahu ntar makannya lahap

    ReplyDelete
  33. Wah-wah kyknya perlu nih kasi anak suplemen herbal alami Sapujagad-nya soalnya anakku yang kedia agak2 susah makan.
    Emang kalau anak picky tuh bikin ortunya setres hehe :P
    Ternyata rasa suplemennya adalah buah2an ya. KIyes yang paling penting gak mengandung bahan kimi apapun kalau buat anak ya.

    ReplyDelete
  34. Wah, cocok nih buat anakku. Paling bingung sekaligus sedih kalau anak lagi GTM. Ditawarin apa aja enggak mau. Kalau dipaksa juga dianya makin rewel.

    ReplyDelete
  35. Nah multivitamin penambah nafsu makan bisa jadi salah satu solusi biar anak mau makan, tapi tentunya kudu diperhatikan juga variasi makanan setiap harinya, biar ga bosen ya Kak

    ReplyDelete
  36. Anakku nih kadang susah banget makannya. Tapi sekarang udah enggak lagi. Emang perlu ya di kasih vitamin penambah nafsu makan biar makannya lahap dan yg penting jangan maksa anak buat makan. Nanti trauma dia

    ReplyDelete
  37. Anakku yang kedua doyan makan, yang masalah adalah tidak mau berhenti mkan dan selalu membuat saya bingung mengatakan untuk tidak sering ngemil
    Coba ah nanti saya berikan ke anak pertama karena anak satu ini justru picky eater
    Semoga membantu saya dalam solusi

    ReplyDelete
  38. ini bagus nih untuk membantu para orangtua yang mengalami masalah dengan anak yang picky eater ya mbak Lendy

    ReplyDelete
  39. ooo ini bisa bantu banget biar anakku mau makan banyak ini ada yang g a demen makan satu orang kesel kadang kudu didulang padahal dah gede huhu. cobain ah

    ReplyDelete