feature,

5 Tempat Wisata Wajib Dikunjungi Di Brunei

Sunday, January 21, 2018 Lendy Kurnia Reny 35 Comments

Bismillah,


Waah...belum waktunya liburan, tapi sudah berangan-angan ingin menikmati liburan ceria ke negara tetangga? Bosan selalu ke Malaysia atau Singapura? Kenapa tidak coba pilih Brunei? Negara ini bahkan punya Royal Brunei sebagai maskapai penerbangan internasionalnya.

Sebelum membahas Brunei, ada baiknya kita mengenal dulu maskapai penerbangan yang sudah ada sejak tahun 1984 tersebut. Royal Brunei merupakan maskapai kesultanan Brunei Darussalam yang memiliki 10 armada pesawat untuk penerbangan hingga ke 19 negara di dunia. Mulai dari negara-negara Asean, Timur Tengah, Australia, Selandia Baru, hingga ke Eropa.
Bedanya Royal Brunei dengan maskapai penerbangan lain ada pada pramugarinya. Semua pramugarinya benar-benar mewakili orang-orang Brunei yang dikenal ramah dan bersahaja.
Rasa nyaman penerbangan ini pun akan kamu rasakan hingga sampai di negaranya. Brunei begitu aman, damai, dan tenteram. Kamu pasti betah berlama-lama di negara ini.



Bismillah,
Semoga diberi kesempatan untuk berlibur ke Brunei.

Eh,
Kenapa tiba-tiba ingin ke Brunei niih?

1. Karena letaknya yang dekat dengan Indonesia
Negara ini terletak di pantai utara pulau Kalimantan. Wilayahnya yang hanya seluas 5.765 km² yang menempati pulau Borneo dengan garis pantai seluruhnya menyentuh Laut Cina Selatan. Wilayahnya dipisahkan ke dalam dua negara bagian di Malaysia yaitu Sarawak.

source : worldkings.org

2. Negara yang mayoritas beragama Islam dan menggunakan hukum Islam
Mengapa ini menjadi penting buatku? 
Karena ini akan memudahkan kami dalam menyusuri kuliner di negara ini, tanpa ada rasa takut makanannya gak halal atau susah mencari masjid saat waktu sholat tiba.


3. Wisata religi
Naah...berwisata yang bisa sekaligus menambah keimanan, in syaa Allah ke negara yang mayoritas penduduknya Muslim begini.

Diantara :

1. Masjid Sultan Omar Ali Saifudin

source : wikipedia.org
Mayoritas masyarakat di Brunei adalah Muslim. Oleh karena itu, masjid ini menjadi salah satu landmark negaranya. Berkunjung ke masjid ini bisa kapan saja. Tapi, malam hari dinilai sebagai waktu yang paling tepat. Kamu akan menyaksikan kemegahan masjid tersebut dengan lampu-lampu terang yang menyinari sekelilingnya. Masjid ini memiliki 28 kubah yang menjadi simbol bagi Omar Ali Saifuddien III sebagai Sultan Brunei ke-28 saat itu.


2. Istana Nurul Iman

source : flickr.com

Sebagai negara kerajaan, maka di Brunei ada istananya. Salah satu istana yang sangat megah di negara ini adalah Istana Nurul Iman. Namun, karena istana ini tidak terbuka untuk umum di luar hari raya Idul Fitri, kita hanya bisa melihatnya dari luar saja.


3. Kampong Ayer

source : bruneiresources.blogspot.com

Perkampungan di atas sungai ini merupakan perkampungan yang masih melestarikan warisan budaya leluhur mereka. Bahkan, kehidupan di atas air ini disebut-sebut sebagai desa air terbesar yang ada di dunia. 

Rumah-rumah perkampungan ini terbuat dari kayu. Mereka, termasuk kita yang ingin menyusuri Brunei Bay untuk melihat lokasi ini harus menggukan taksi air. Tapi, biasanya masyarakat aslinya lebih memilih naik sampan.


4. Empire Hotel and Country Club

source : theempirehotel.com

Di Brunei banyak tempat mewah, Empire Hotel and Country Club merupakan salah satu buktinya. Tempat yang memakan waktu pembangunan hingga 6 tahun ini memiliki banyak fasilitas. Selain Hotel, terdapat sauna, bioskop, 6 restaurant, bar,  gym, dan 6 lapangan golf. Bahkan, setiap kamar di Hotel ini kabarnya dilengkapi dengan lift pribadi. 


5. Pusat Penemuan Minyak dan Gas Brunei

source : citiestips.com
Sedikit berbeda, sahabat lendyagasshi bisa memasukkan tempat ini sebagai list wisata di Brunei. Berwisata ke tempat ini akan memberi sahabat banyak pengetahuan dan pengalaman mengenai Industri Minyak Bumi negara tersebut. 
Mulai dari pengolahan, teknologi yang digunakan, hingga pengelolaannya.

Tempat ini terbuka untuk umum secara gratis. 
Jadi, jangan ragu-ragu untuk masuk, ya... 

Gimana? 

Tempat wisata di Brunei tidak kalah seru dengan di Malaysia atau Singapura, kan? 
Bahkan, tempat-tempat ini jauh lebih unik dan anti-mainstream.

Jika melihat dari kehidupan masyarakatnya, Brunei tidak berbeda jauh dengan Indonesia. Walaupun mayoritas agamanya Islam, tapi masyarakat di sana juga hidup berdampingan dengan masyarakat dari agama, suku, dan ras lain. Nilai-nilai positif ini bisa menjadi oleh-oleh lain dari Brunei yang dapat kita bawa saat pulang selain kekaguman akan berbagai tempat wisatanya tersebut.



Siapa sahabat lendyagasshi di sini yang sudah pernah mengunjungi Brunei?
Berbagi di kolom komentar yuuk...



Salam hangat,




You Might Also Like

35 comments:

  1. Belum pernah ke Brunei :)

    Dulu tetangga Saya banyak yang kerja disana Mbak, katanya kebanyakan orang melayu jadi ga perlu susah2 belajar bahasa.

    ReplyDelete
  2. Gak pernah kepikiran untuk liburan ke Brunei, tapi setelah baca Postingan ini kayaknya kok menarik za terutama yg pusat penemuan minyak dan Gas. Belum ada tempat seperti ini di tempat lainnya

    ReplyDelete
  3. Padahal tetangga tapi belum pernah ke Brunei sebelumnya.. Mau ajak temen ah ke sana, pengen liat Kampong Anyer.

    ReplyDelete
  4. Sepertinya Brunei negara tujuan wisata yang dilupakan ya. Beda sama Korea yg jadi favorit para blogger, hehehe...
    Banyak teman di Brunei ngajak ke sana. Teman yang kerja di sana maksudnya TKI. Tapi paspor saya ya expired :(

    ReplyDelete
  5. Brunei itu terkenal negara kaya dengan limpahan alam berupa minyah mentah ya mba. Belum pernah sih ke Brunei tapi tetap saja berharap bisa ke Brunei suatu saat nanti. Aamiin

    ReplyDelete
  6. Wah asik banget ke Brunei. Udah pernah baca" tentang negara ini krn kemaren berencana mau apply beasiswa s2 ke sana tpi blm rezeki ternyata. Btw tempat wisatanya bagus" yaa

    ReplyDelete
  7. Yang berbau alam masih dikit ya ternyata.. Kebanyakan bangunan

    ReplyDelete
  8. Mantap. Catet dulu mana tau bisa kesana...

    ReplyDelete
  9. Pengennn juga Mbak Lendy, wah saya kok belum kepikiran ke Brunei. Setwlah baca artikel ini, jadi pengen browsing tentang Brunei, thank you for inspiring me Mbak ��

    ReplyDelete
  10. Unik mba, kebanyakan pasti akan memilih untuk ke malaysia dibanding brunei. Tapi sepertinya negara brunei indah ya, jadi penasaran. Semoga bisa kesana dan berbagi cerita ya mba

    ReplyDelete
  11. Ini mah liburan anti anti-mainstream. Hehe. Tapi bikin penasaran mbak. Moga ada kesempatan menjelajah di bumi Allah yang lain seperti Brunei. Amin :)

    ReplyDelete
  12. Mauuuu, mau liburan kesana heheheh. Negara kecil yg kaya yaa mba? Pantas semuanya mewah gt wisatanya.

    ReplyDelete
  13. ya Allah semoga aku juga bisa kesana, indah betul ya teh

    ReplyDelete
  14. Keren yaa brunei jd INgin ke brunei penasaran ingin naik taksi air

    ReplyDelete
  15. Itu Kampong Ayer saya bacanya Kampong Anyer lho Mbak.. LOL..

    Semoga kita disegerakan ke Brunei ya Mbak..

    ReplyDelete
  16. Menarik juga ya mba ternyata Brunei untuk wisata religi. Eh wisata ilmu sains dan sejarah juga bisa :) Semoga kita segera bisa mampir Brunei ya mba

    ReplyDelete
  17. Seru ya,teh.. Udah lama penasaran sama Brunei apalagi waktu ada yang share foto dapat kesempatan liburan gratis ke Brunei. Hmm. Rezeki tak terduga

    ReplyDelete
  18. Pengeeen.
    Aamiin ya Allah semoga suatu saat bisa sampai ke sana

    ReplyDelete
  19. Itu istananya keren banget.. pengin kesana jadinya :)

    ReplyDelete
  20. kapan saya bisa menginjakkan kaki ke negara kaya itu yaa? semoga suatu saat saya bisa ke sana, amiiin..

    ReplyDelete
  21. Mau ke Masjid Sultan Omar Ali Saifudin jadinyaa, semoga kapan kapan bisa kesana

    ReplyDelete
  22. Brunei salah satu negara impian juga yg pengen kukunjungi. Dulu suami sempat wawancara perusahaan di sana sayang blm beruntung. PDhl mau2 aja kalau boyongan ke Brunei hehe TFS

    ReplyDelete
  23. aku lho di kalimantan, deket banget sama brunei tapi belom nyampe-nyampe .. :( so sad

    ReplyDelete
  24. Banyak hal menarik juga ya di Brunei. Pingin nih liburan kesana. Kapan ya?^^

    ReplyDelete
  25. Brunei, salah satu negara Asean yg blm aku kunjungi. Pingin euy

    ReplyDelete
  26. Dulu waktu SD ingat betul kalau Brunei dibilang neraga terkaya di dunia sampai banyak anak-anak kecil mimpi ke sana

    ReplyDelete
  27. Brunei masih jarang jadi alternatif liburan, memang pikiran lebih gampang ke Malaysia atau Singapura. Seru juga tuh liburan keluarga ke Brunei.

    ReplyDelete
  28. duh, bak negri dongen bingits ya.. hotelnya mewah, mesjidnya juga wah banget.. pengin ih ksana

    ReplyDelete
  29. Betul jg ya, brunei deket tp jarang yg liburan ke sana, pdhl menarik...

    ReplyDelete
  30. Aku mau ke Brunei, mau ke tempat di atas Leen.
    Nunggu yang ngundang ahhh temen yg dr Malaysia, kmaren ga sempet mampir waktunya mefet..

    ReplyDelete
  31. Asyiiiik bisa jalan-jalan ke negara ASEAN yang kaya ini, selalu penasaran sama negara Brunei dan kalau ada rezeki pengen ke sana ih

    ReplyDelete
  32. Teeeh, kalau mau maen ke Brunei ajakin aku yah xixixi....

    ReplyDelete
  33. Huaaa Brunei 😍 pengin banget memgunjungi negara-negara tetangga. Termasuk Brunei.

    ReplyDelete
  34. Salah satu negara tetangga yang pengen jg saya kunjungi :D
    Nyempil kecil, mungkin lbh mudah mengaturnya kali ya hehe

    ReplyDelete