5 Channel Orang Korea yang Fasih Berbahasa Indonesia

Bismillah,

Hola sahabat lendyagasshi...
Ngomongin soal channel youtube, aku terbilang cukup malas mengikuti channel youtube dari youtuber Indonesia. Hanya sesekali kalau temanya oke, aku tonton. Alasannya, emm...gak suka aja sama kontennya yang rata-rata ngebanggain harta. You know what i mean... Kadang, kita memang kepo sama hal-hal kaya gitu, tapi engga selalu.

Di sini aku review channel youtube :


channel youtube korea

Atau nge-prank gak jelas?
Kasih kejutan ke orangtua?
Daily-vlog?

Oke, mungkin begitu tren yang diminati remaja Indonesia pada umumnya. Tapi karena eike sudah bukan remaja lagi, kayanya uda males aja ngikutin drama-drama para youtuber ini.

Tapi, aku pernah juga loo...kepoin kedua keluarga ini


Oh iya, cerita sedikit yaa...aku pernah loo...saking keponya sama Atta Halilintar, semua vlog keluarganya aku tontonin (hampir) semua. Tapi gak aku subscribe satu pun. Terus...banyak kan tuuh hatersnya. Bahkan vlog hatersnya pun aku tonton. Mereka bisa gitu yaa...perang melalui dunia maya?

Lama-lama aku jadi mikir, ternyata youtube di Indonesia itu "panggung" instan buat para anak muda. Kalau gak mau berprestasi dengan proses, yaa...tebarkanlah kebencian. Nanti kan pada ngumpul tuuh...yang benci-benci juga, naah...jadi nambah follower.

Ya sudahlah yaa..
Sekarang kita bahas yang asik-asik aja. 


5 channel youtuber Korea yang aku subscribe :

   Korea Reomit   

Doi adalah orang Korea pertama yang aku subs. Alesannya, karena videonya bagus, cara penyampaiannya santuy dan kagum, Bahasa Jawanya fasih banget.

Ternyata usut punya usut, Korea Reomit ini menghabiskan masa kecil sampai SMAnya di Ngalam (alias Malang, ini bahasa gaul arek Malang, dibolak-balik, bikin lawan bicaranya mikir sek...) selama 16 tahun.
**wajar aja yaa...bahasa Jawanya medhooook!

Nama asli Korea Reomit ini Jang Hansol. Aseli, doi ini komunikatif banget sama fansnya (atau follower yaa...sebutannya?!) dan rajin collab sama kak Sunny Da-hye (youtuber perempuan Korea juga yang fasih berbahasa Indonesia and in English).

Contoh vlog Hans yang aku suka dari Hansol :


Hans selalu bawain vlog yang menghibur, aktual dan hangat diperbincangkan. Bener-bener gercep. Dan ada beberapa daily-vlog doi yang sayang banget kalau dilewatkan. Misalnya meokbang, vlog cerita-cerita serem/hantu, vlog cerita psikopat dan kriminal yang pernah terjadi di Korea hingga diangkat dalam sebuah Drama Korea yang aku tonton.

Jadi begitu tau faktanya kan...nonton drama Koreanya makin greget gitu.


   Bung Korea   

Orang Korea kedua yang aku subscribe. Inget banget dulu pas awal subs, followernya baru 400-an. Lalu sejak doi rutin bikin konten, followernya makin naik dan naik, hingga kini sudah 84 ribu followers
We-o-we!

Konten awal-awal meokbang. Doi ini doyan banget nunjukin resto-resto di Korea dengan menu yang unik. Etapi, gak hanya resto siih...yang direview, bahkan mi goreng CHITATO juga loo... Hahha~
Down to earth juga ni, Bung Korea.

Salah satu review yang bikin aku bercita-cita punya kendaraan yang Bung Korea pakek ini...


Dari tadi manggilnya Bung Korea terus... nama aslinya siapa siih?
Nama asli Bung Korea ini Kim Cephas (nama dalam Bahasa Korea yang diambil dari Kitab Injil) atau dalam Bahasa Inggris, Kim Geba.

Doi niih...cara ngomongnya anak muda banget. Lo-gw.
Dan dari logatnya, logat Medan.

Haloo....teman-teman, what's up...!
(pake E yaa...kaya orang Medan biasa ngomong)


Selain itu yang seru, videonya gaul musik-musiknya, hehehe...jadi nyaman banget nontonin visualnya trus kontennya dan lagunya. Klop!
Oh iya, bahasa Inggrisnya juga fasih banget loo...


Bisa jadi sahabat lo semua kaan...??



   Daud Kim   

Subscribe channel ini karena dikasih tahu sama Miranti, adik sekaligus sahabat di di grup menulis aku, KLIP. Katanya, channel ini tuh..."MbaLen bangeettt..."


Terus nontonnya bukan di youtube, awalnya... malah nonton di facebook.
Tema yang dibawain selalu dihubungkan dengan kehidupan masyarakat Korea sebagai ummat Muslim. Oh iya, Daud Kim ini seorang muallaf, sama seperti Ujung oppa.

Nama asli Daud Kim adalah Kim Jae-han.
Doi mantep banget masuk agama Islam dan selalu rajin membuat video yang mencerahkan seperti di atas.

Apakah kosmetik Korea halal?

dan beberapa video mengenai Kim Daud mempelajari Al-Qur'an. MashaAllah~


Barakallahu fiik...
Semoga Allah menjaga keimanan sadaraku selalu.



   Han Yoo Ra   

Kalo liat doi tuh....happy aja gitu bawaannya. Lucu dan gemesiin si Han Yoo Ra-sshi ini. Doi ini ngebucin banget sama BTS. Tapi gak melupakan K-Pop yang lain. Kontennya berisi bedah lagu K-Pop secara mendalam dan detil, tutorial make-up ala drama Korea yang muluusss, flawless gitu... Sampai ngiket rambut yang kiyuutt... Pokonya main ke channel dedek emesh ini, jadi makin semangaaatt!

Doi masih kuliah di Surabaya, di UPH yang kampusnya holkay.
Aku tau banget karena aku juga orang Surabaya, ehhhee~

Tapi...
Jangan dikira kalau dedek Yoo ra ini sombong yaa... Doi ini baik, humble dan komunikatif loo... Dengerin doi cekakaan sama sahabat-sahabat arek Suroboyo, uda biasa...

Ini vlog fave aku.


Lucu yaah...
Kalo mau jalan-jalan ke SM, ber-halu-ria bareng TVXQ, Yoo ra jagonya.



Coba deeh...
Yoo ra ini remaja yang enerjik yaah...
**berasa balik muda lagi, akutuu...


   Bandung Oppa   

Subscribe Bandung oppa atau Han Jong-dae karena salah satu sahabat di wag baca buku, Ila Rizky (pasti pada kenal juga doonk....doi kan blogger buku yang heiits) sering share mengenai materi belajar Bahasa Korea dari channelnya Bandung Oppa.

Nontonin Bandung Oppa uda lama, karena sering juga tuh....collabs sama Hansol. Tapi jarang banget nonton secara khusus kontennya doi. Setelah ada kasus tenaga kerja Indonesia yang bekerja di kapal China dan diberlakukan dengan tidak manusiawi, aku jadi mulai suka sama konten youtube Bandung oppa yang netral dan polos.

Jadi makin semangat nonton konten Bandung oppa yaa....

Belajar Bahasa Korea melalui drama



Nah...
5 channel ini aja yang menghiasi hari-hariku. Kalau channel refrensi drama Korea atau Film Korea terbaru, itu lain lagi. Kapan-kapan aku bahas lagi yaa...

Kalau sahabat lendyagasshi gimana?
Adakah yang sama denganku?

Okay,
See you, chingu-deul.

Happy Ramadan~

Challenge Day 17 BPN :
"Channel favorit saat puasa"


With love,

29 comments

  1. Kayaknya dari semuanya yang pernah saya lihat tuh Han Yoo Ra. Tapi, jarang banget itu juga. Coba deh nanti saya lihat lagi :)

    ReplyDelete
  2. Aku jarang buka YouTube sekarang, tapi seneng nonton drakor. Semua drakor kayaknya hampir aku tonton semua 😅

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah lihat channel youtube yang Mbak sebutkan hehehe... Tapi, setelah baca, jadi penasaran juga.

    ReplyDelete
  4. Aku belum liat kelima itu mba lendy.. tapi aku pernah ngikutin beberapa kali videonya ujung oppa. Sama kayak Daud Kim kini dia mualaf ya Mba

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah mbak satupun lihat channel youtubenya tapi aku mau kepoin yang Bung Korea sepertinya seru mbak. Keren apalagi cerita soal resto dan makanan yang disapjikan di KOrea.

    ReplyDelete
  6. Wah teh lendy ini emang pecinta korea ya.
    G cuma drakornya yg diikutin YT channelnya juga.
    Aku tahunya kok cm Jan Hansol. Tapi teteh g subscribe ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5 channel di atas ini aku subs, Dee...
      Yang engga itu...channel yutuber Indonesya.

      Delete
  7. Aku kurang tahu kelima Chanel di atas. Menarik sepertinya, ya. Baru tahu juga ada Bandung Oppa, hehe ...

    ReplyDelete
  8. Kalau bicara tentang korea, drakor, k-pop aku roaming banget nih ya hihihi... tapi sesekali masih nonton film korea, tapi nggak hapal sama nama-nama artisnya juga

    ReplyDelete
  9. Wah, banyak ternyata ya Youtuber Korea yang bisa Bahasa Indonesia. Aku tahunya cuma Hansol aja. Dan aku seneng lihatnya. Kudu lihat satu-satu deh. Coba ya kalo Oppa Hyun Bin juga :D

    ReplyDelete
  10. Aku ngesubscribe korea romit, dia medok banget parah 😂 aku kirain dia tuh blasteran malang korea gitu ternyata murni korea ya cuma pernah tinggal di malanh

    ReplyDelete
  11. Nomor 1, Korea Reomit. Langsung seneng aku Mba. Secara suka aja nontonin vlognya di Youtube. Kalau yang lain kayak Han Yoo Ra, sesekali aja sih.

    ReplyDelete
  12. Wah salut sama Mbak Lendy. Ngga hanya update film Korea tapi juga para youtuber Korea yah. Aku nalah belum pernah nemu atau ngga pernah nyari (?)

    ReplyDelete
  13. Hihi kok sama sih mbak akupun lebih seneng nonton channel youtube korea daripada indonesia, tapi aku nontonnya yang konten aesthetic sama beauty gitu. Dari yang mbak sebutkan diatas, aku baru pernah nonton yang korea reomit, yang lainnya otw nonton ah. Ohiya, Sunnydahye juga bisa bahasa indonesia kan ya mbak, sama satu lagi Erna Limdaugh, tapi dia kontennya aesthetic beauty gitu sih.. Seru ya kalo nonton channel youtube korea tuh

    ReplyDelete
  14. Ya ampun aq baru tau loh mba dari blog km ini...hihiii selama ini aq suka drakornya aja.
    Next aq mau mampir ah liat2 juga siapa tau bisa bahasa korea kita yah

    ReplyDelete
  15. aku tahunya cuma jang hansol sama daud kim kayaknya. tahu jang hansol juga waktu ada yang ngebahas kasus pembunuhan berantai yang akhirnya ketemu pelakunya. heu

    ReplyDelete
  16. saya awalnya cm kenal ujung oppa, pas masa ramadhan tahun lalu malah. setelah sering ke masjid, Beliau muallaf kan. pacarnya cantik meski wajahnya sering ditutupi. tapi sekarang sukanya nontong vlog wong korea yg medoooooook wkwkw

    ReplyDelete
  17. Wah teteh emang yah pecinta Korea banget sampe youtubenya juga diikutin hehehe..mantabbbsslah

    ReplyDelete
  18. Aku nontonnya Hansol yg paling sering,, enak aja denger dia medok2 gitu, wkwkw
    Tapi kadang aku juga liatin kontennya daud kim

    ReplyDelete
  19. buat pecinta korea, kpopers, drakor juga pasti happy baca list channel dari teteh ini

    ReplyDelete
  20. Yang udah aku tonton hansol sama daud kim, jadi penasaran sama yang 3 lainnya, toss aku pun males nonton vlog seleb indonesia yang suka pamer harta

    ReplyDelete
  21. aku belom pernah liat daftar channel yang dikasih Mba Lendy, aku memang bukan penggemar korea apalagi sengaja nonton gitu drakornya tapi aku suka kalau orang ngereview film-film korea, suka bacanya jadi tahu deh beberapa film korea bukan karena nonton tapi karena baca review orang

    ReplyDelete
  22. Wah semua belum pernah aku liat mbak, aku awalnya gasuka Drakor semenjak pandemi karena di rumah aja sekarang lagi menggilai Drakor jadinya

    ReplyDelete
  23. Jujur paling suka Korea Reomit. Mas Hansol keliatan memang secinta itu sama Indonesia gak dibuat-buat. Channelnya juga jauh dari drama. Paling suka sih konten detektif reomit secara saya paling demen kisah pembunuhan haha.

    ReplyDelete
  24. belum ada yang aq tonton ini mba channel yt-nya tapi aq malah nonton yang sunny dae he yah.. yang pernah collab sama nagita slavina, hahaha tapi pernah nonton sekilas juga sih yang daud itu karena dia mualaf yah dan suka dengan penyampaian dia di yt channelnya

    ReplyDelete
  25. Wow you really spend so much time watching all these YouTubers. And the Korean dramas as well LOL. Thanks for the info on that

    ReplyDelete
  26. aku suka banget sama Daud Kim, ngikutin perjalanannya dari dulu sampe sekarang. I adore him so muchh

    ReplyDelete
  27. Pengin kepoin yang akun Daud Kim. Unik banget ya ada akun yang membahas seputar pengetahuan Islam bagi mualaf. Mencerahkan banget nih tentunya dan bisa menjadi panduan bagi para mualaf lainnya.

    ReplyDelete
  28. Kore Romit aku juga suka nonton mba Lend. Yang lain aku suka SunnyDayIn. Heheheh yang 4 lain aku belum pernah kepo-kepo. Bung Korea ganteng

    ReplyDelete