Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

EXIT (2019) : When Disaster Come Close To You

Bismillah,

Hola sahabat lendyagasshi..
Apakabar?

Aku mau mereview Film Korea tahun 2019 kali ini. Film ini sudah 2 kali aku tonton, it means, sekali nonton aja gak cukup berkesan?
Emm, gak gitu juga siih... Hanya pas nonton pertama kali, aku uda mau nulis tuuh..tapi ke distrak banyak hal, jadi begitu ada challenge menulis #1 dari grup drakor dan literasi (ini grup bangku belakang dari grup utama KLIP "Kelas Literasi Ibu Profesional"), aku langsung angkat tangan.

Yes, definetely i'm in.



Judul : EXIT ( 엑시트 )
Director : Lee Sang-Geun

Actors :

Jo Jung-seok as Yong-nam
Yoona as Ui-joo

Genre : Action-comedy, Disaster
Rundate : July 31, 2019
Runtime : 104 minutes

Rating : ⭐⭐⭐⭐/5


Yong-nam (diperankan oleh Jo Jung-seok) - adalah seorang pengangguran. Kerjaannya setiap hari hanya menaiki palang untuk berolahraga di sebuah taman bermain dekat rumahnya. Ketika keponakan bersama teman-temannya bertemu pun, ia pura-pura gak kenal, saking malunya mengakui bahwa pamannya seorang jobless.

Yong-nam sendiri adalah anak terakhir dari 3 bersaudara. Kakak-kakaknya perempuan dan sudah menikah dengan para eksekutif muda, sehingga pada perayaan ulang tahun sang Ibu, mereka bisa merayakannya dengan menyewa sebuah hall mewah.

Acara berlangsung lancar, dari mulai pembukaan, makan dan ada acara tiup lilin. Saat itu Yong-nam tersadar....
Ia bertemu dengan Ui-joo (diperankan oleh Yoona). Awal pertemuan dengan Yoona adalah di club panjat tebing. Kala itu, Yoona berhasil mencapai puncak, dengan segala perhitungan yang akurat. Sedangkan Yong-nam, malah terjatuh saat akan mencapai puncak. Kecewa, cencuu...

Kenangan berhenti di situ dan Yong-nam (pura-pura) telah berdamai dengan keadaan. Namun pertemuan ini membuat Yong-nam dan Ui-joo saling salah tingkah. Ada apa di antara mereka?

Ternyataaa...
Yong-nam pernah nembak Ui-joo, tapi sama Ui-joo ditolak doonk, bhaahahaa...dan sejak itu, Yong-nam menghindar setiap ketemu Ui-joo. Uww~ poor uri Jong-Seokaa..

Akhirnya acara keluarga Yong-nam berakhir. Keriweuhan khas emak-emak kalau ngadain acara di luar adalah bungkusin makanan, hahaha... Jadi Ibu Yong-nam sibuk bungkusin makanan yang masih ada saat acara sedangkan saudara ipar laki-lakinya, sibuk masukin botol soju yang mungkin bisa dibawa.
**oke, tipe keluarga irits kayak kita-kita jugak kaan...?? ((eh, aku...maksudnya))

Tiba-tibaaa...
Buummm!

Kaca di ruangan tempat keluarga Yong-nam mengadakan acara pecah oleh sebuah tabung gas, Berasal darimana? Ada apa di luar sana? Semua orang sibuk berlarian ke luar gedung, termasuk Ui-Joo yang bertanggung jawab terhadap ruangan tersebut. Mereka mencoba mencari tahu daan...

Keadaan di luar gedung malah terlihat sangat kacau. Kota menjadi super berantakan. Mobil-mobil berjalan mundur, karena ada asap yang merebak dengan cepat ke seluruh sudut-sudut kota.

Yang awalnya mereka kira adalah sebuah keajaiban, namun itu adalah sebuah musibah.

Kaupikir kau aman?
Hidup yang kau jalani ini adalah bencana.

Gak sempat berpikir lama, mereka langsung mencari tempat tertinggi di kota itu. Untuk sementara membawa keluarga Yong-nam dan Ui-joo sendiri ke atap gedung perjamuan mereka. Namun, kakaknya Yong-nam gak sengaja menghirup gas beracun tersebut. Gas berbahaya yang melanda kota ini bisa seketika membuat orang sulit bernapas hingga bila tidak segera mendapat pertolongan, bisa meninggal.

Makin panik...
Dan perjuangan Yong-nam bahu membahu bersama Ui-joo untuk menyelamatkan keluarga ini sungguh bikin aku mewek. Betapa ada 2 tipe manusia diperlihatkan kala terjadi bencana. Membantu semampunya atau meninggalkan orang lain dan hanya berpikir untuk menyelamatkan diri sendiri terlebih dahulu.


I can't say anymore...
Film EXIT ini paling asik kalau dinikmati bersama keluarga siih... Aman banget ditonton sama anak-anak. Tegangnya dapet, chemistry Jo Jung Seok sama Yoona juga, ciamik!

Di sepanjang film selama 1 jam 43 menit, penonton dibuat tegang, terharu, menangis. Betapa sayang dan kuatnya hubungan keluarga juga rasa solidaritas antar teman. Meski Yong-nam pernah ditolak Ui-joo, tidak serta merta ia sakit hati. Justru Yong-nam makin menunjukkan sisi gentle-nya selama bencana ini berlangsung.

Gimana Yong-nam melindungi Ui-Joo dan membuatkan rute untuk mereka panjat melewati gedung demi gedung agar terhindar dari asap yang makin merebak luas sembari menunggu di selamatkan oleh tim penyelamat.


Salut sama Jo Jung-seok yang bisa membawa Yoona ke akting yang lebih baik. Karena sejujurnya, selama aku nonton akting Yoona di drama-drama lainnya, agaknya kurang improvisasi. Begitu dikasih tipikal film action gini, gak nyangka, doi makin keren. Lupa kalau doi adalah salah satu dance-line di SNSD.


Jadi,
Gimana endingnya?

Coba nonton sendiri yuukk...
Asik kok filmnya, gak bikin bosen dan menghibur.

Dan ini link sahabat-sahabatku yang menulis ulasan mengenai film EXIT (2019) :






Lesson Learn Exit Movie (2019) :

 Kerjasama 

Ya, kalau sedang mengalami kesusahan yang sama karena bencana, kita seharusnya saling kerjasama, agar beban terasa lebih ringan. Kayanya relate sama kehidupan kita saat ini yaa.. Saat pendemi terjadi, itulah saat-saat terbaik kita untuk saling bekerja sama. Paling tidak, kita bisa dirumahaja, menuruti anjuran Pemerintah agar pandemi ini tidak semakin tersebar luas dan bisa berakhir, cukup sampai di sini.


 Saling peduli 

Ini yang bikin aku mewek siih... Baik Yong-nam maupun Ui-Joo memiliki jiwa yang besar. Uda beberapa kali mereka melewatkan untuk ditolong oleh tim penyelemat dan malah memberi kesempatan pada orang lain.

Baca juga

 Saling memberi semangat 

Tidak bisa membantu dalam bentuk apapun, jangan diam saja. Tetaplah memberi semangat. Seperti di film EXIT ini, saat scene para pasukan drone meliput secara live perjuangan Yong-nam dan Ui-Joo, bahkan sampai mengundang sebuah TV swasta menayangkan secara live juga. Dengan bantuan itu, Yong-nam dan Ui-Joo berhasil diselamatkan.
**uupps...spoil alert, mian...mian~


Buat fans drama Korea, tahu banget kan kualitas aktingnya Jo Jung-seok. Doi bisa akting jadi super maniisss tapi bisa juga jadi psycho, kaya di Film Hit And Run Squad. Tapi di sini, doi jadi bucin, hahaha... cowok yang nurut sama orangtua dan cupu abiiss... Tapi di saat terdesak, semua kemampuan self-defense nya keluar. Kayanya semua peran udah doi cobain yaa...

Kira-kira, peran kaya apalagi niih...yang harus dicoba sama Jo Jung-Seok oppa?



Challenge Day 20 BPN :
"Hal yang disyukuri saat berpuasa di tengah pandemi"
with love,



68 comments for "EXIT (2019) : When Disaster Come Close To You"

  1. Waah senior mah beda ngereviewnyaaa.. ❤❤

    ReplyDelete
  2. Suka dengan kata-kata ada 2 golongan manusia saat menerima cobaan. Yaitu ada orang yang menolong semampunya dan ada orang yang tidak peduli dan hanya ingin menyelamatkan diri sendiri 😑. Memang selalu akan ada 2 sisi berseberangan dalam kehidupan ini dan tugas kitalah untuk memilih mau berada di sisi yang mana. Enggak boleh sisi abu-abu ☺

    ReplyDelete
  3. penasaraaaan
    kayaknya menarik nih kalau genre action. Aku coba nonton drama korea thriller sampai langganan Viu tapi temponya masih terlalu selow.
    Eh, bisa ditonton di mana, mbak?

    ReplyDelete
  4. paling lucu itu dia iket bagian depan rambutnya pake karet dan bagian dia nangis abis ditolak hahaha. jaim gagal dia mah hahaaha... tapi keren emang ya aktingnya JJS ini, pemeran yg biasa cuma manis-manis jambu tiba-tiba bisa ikutan jadi keliatan jago manjat dan lari2 juga

    ReplyDelete
  5. Eh itu bencananya karena apa ya? Apa aku yg terlewat baca? Hihi..
    Wah bintang 5 utk film ini menjadikannya film yg sangat layak tonton tentunya. Catet dulu ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...
      Yang ini gak aku sorot, biar tertarik nonton, kak.
      Ahahah...brhasil gak bikin penasarannya??

      Delete
    2. Ih berhasil deh dirimu bikin penasaran, Mbak Len ahaha. Bencana apakah itu?

      Delete
  6. PAling demen baca ripyu pelem/drakor di sini karena suka ada pesann yang tersiratnya.
    Kerjasama, saling peeduli dan saling menyemangati, seperti jaman pandemic gini ya, Len.

    ReplyDelete
  7. Asli jarang nonton drakor pun yang lagi happening hahaha...cuma tahu kalau film film ini ada kata kata hikmahnya ya. Nice review kak

    ReplyDelete
  8. Udah nonton saya, tapi memang dasar saya nontonnya nggak fokus, jujur agak membosankan, entahlah ada yang kurang greget, mungkin juga saya belum move on dari si Gong Yoo di Train To Busan, jadinya sedikit membandingkan (kegantengannya *plak!) hahahaha

    Ya mungkin mimik mereka sih ya yang gimana ya, ah pokoknya kayaknya sih diri saya terlalu membandingkan dengan ketegangan Train To Busan (dasar mamak kagak bisa muv on) :D

    ReplyDelete
  9. Wuaaaww lengkaaaabbbbb!! Cool Mbaaaa!

    ReplyDelete
  10. Filmnya sarat pesan kemanusiaan ya, Mbak Len. Saya salut sama bbrp ini:
    Membantu semampunya atau meninggalkan orang lain dan hanya berpikir untuk menyelamatkan diri sendiri terlebih dahulu.

    Dilema yang dihadapi saat bencana. 😢

    ReplyDelete
  11. Aku tuh agak kurang suka nonton drakor yang action Pengennya yang drama keluarga santai dan banyak menceritakan tentang tradisi sosial budayanya BTW ini review lengkap juga ya mbak

    ReplyDelete
  12. Kerjasama, saling peduli, dan saling memberi semangat tuh masuk banget ya dengan kondisi saat ini. Ya semoga aja segera pergi nih pandeminya

    ReplyDelete
  13. Film korea lg hits ya sekarang. Filmnya banyak yg bagus dan pelajaran yg bisa diambil. Aku list film ini ah buat ditonton, makasih reviewnya

    ReplyDelete
  14. Aku udah nonton exit ini waktu nobar bareng cgv, filmnya emang seruuuu

    ReplyDelete
  15. Pas banget aku juga udah nonton film ini, seru banget sepanjang film, full action yang unik, jarang2 kaya begitu yah

    ReplyDelete
  16. Gak tau kenapa aku tuh paling jarang banget nonton film Korea mbak soalnya emang gak sempet banget ga ada waktu sama sekali buat nonton film gt

    ReplyDelete
  17. wah, boleh juga dijadiin bahan tontonan nih..

    aku udah lama banget gak nonton drakor. sekitar dua tahunan lah.. eh kemaren baru aja mulai nonton lagi, langsung disuguhin sama cerita perselingkuhan yg lagi ngehitz itu.. wkwk..

    next, aku bakal nonton ini deh ��

    ReplyDelete
  18. Jujur kalau drama korea yang pure drama romancr gitu aku kurang suka tapi kalau ada unsur genrr lain kayak film ini ada disaster dan sedikit thrillernya aku jadi tertarik buat nonton.

    ReplyDelete
  19. Wah aku belum pernah lihat Yoona main film. Biasanya drama doang. Okey, bisa aku masukkan ke watchlist nih

    ReplyDelete
  20. Teh Lend, kayanya aku kudu nonton ini dehh. Cakeep. Apalagi Yoona yang main uwuwuwu fav. *masukin ke wishlist, mumpung masih banyak waktu leyeh-leyeh di rumah heheheh

    ReplyDelete
  21. Aku pernah nonton film lain Jo Jung Seok tapi peran ini bagus dan mau kepoin filmnya apalagi cocok buat keluarga.

    ReplyDelete
  22. Senangnya kalau kepedulian serta saling bantu yang menjadi salah satu hikmah dalam film ini. Kayaknya ini akan jadi salah satu rekomendasi buat keluarga ya

    ReplyDelete
  23. Wah kalau film aku bisa sekali lahap deh. Kalau series ampun-ampuun nggak bisa. Sejauh ini baru Train to Busan saja film Korea Yang saya tonton. Nyari Yang lainnya belum nemu. Nah abis baca review film ini kayaknya bakalan nonton deh. Apalagi ada adegan panjat tebing segala. Suka banget.

    ReplyDelete
  24. Lessonnya bagus nih teh slaing oeduli kerja smaa dan semangatun apalagi relate banget sama kondisi sekarang..aku boro2 dpt semangat dr org lingkaran dekat malah ditakut2in wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh review film korea yang durasinya 1 jaman tpi lucu donh pengen nonton deh biar segar hahaha

      Delete
  25. Penasaran,, kepingin nonton ah mumpung baru beli kuota :) ceritanya menarik sepertinya. Cus cari di Viu, btw ada kan di sana

    ReplyDelete
  26. Aku lgs cari movienya di drakor.id+ mba, dan adaaaaaaa :D. Mau nonton ntr. Dari sinobsis sih seru bangetttt. Td sempet cari di viu, ga nemu.

    Aku suka cerita yg action thriller gini. LBH seru, dan negangin :D. Walopun kalo pemerannya, jujur g kenal hahahaha. Aku tuh suka drakor, tp susaaaah banget inget nama2 pemerannya, kecuali yg bener2 aku sukaaaa yaaa. Tp walopun ga kenal pemeran, asal ceritanya bagus, aku pasti bisa suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting uda pernah jalan-jalan ke Korea.
      ehhehe...asiknyaa~

      Delete
  27. Aku sih ga ngikutin film2 Korea ya atau dramanya juga hehehe. Biasanya kisah percintaan dll...Nah ini beda temanya jd anak2 bisa nonton 😘😘 Bagus ya tentang berbagi kebaikan terhadap sesama. Bisa mewek bareng2 ini mah mamah dan anaknya hehehe.

    ReplyDelete
  28. Baru baca reviewnya aja kebayang tegangnya proses penyelamatan orang-orang dari kepungan asap beracun. Di tengah suasana seperti itu, biasanya muncul sifat asli orang -orang ya...

    ReplyDelete
  29. Aku dulu suka rada pusing kalau baca review drakor, sekarang malah nagih pengen referensi drakor buat tontonan selama di rumah aja haha

    ReplyDelete
  30. teh seru sekali ini film exit 2019 yang mengangkat tema disaster.. wah pengen ah cobain nonton, bisa diliat di viu gak sih teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada di VIU euii...
      Kemarin nonton online.

      Delete
  31. Saya belum nonton karena belum menemukan kanal legal buat nontonnya, huhuhuhu. By the way ini pemeran cowoknya yang jadi dokter Ik Jun di Hospital Playlist bukan, sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyeess~
      Aku juga lagi nonton ituu...Hospital Playlist.

      Delete
  32. Wah aman ditonton brg anak2 yaa. . Cuss klo gitu mau coba nonton juga soalnya klo nonton, anakku yg pertama suka ikutan juga apalagi kepo sama hal2 berbau Korea

    ReplyDelete
  33. Kondisi bencana memang membuat orang kelihatan makin bersatu ya. Saling membantu dan peduli, udah ga kepikiran lagi dulunya musuhan atau enggak.

    ReplyDelete
  34. Wah, satu lagi drama Korea yang direkomendasikan buat ditonton nih, ya. Judulnya gampang diingat, nggak usah dicatat, hahaha ... Nontonnya entah kapan. Lihat situasi dan kondisi aja soalnya memang aku nggak doyan nonton berseri karena bikin penasaran. Tapi nonton sekaligus pun bahaya karena bisa lupa sama rasa lapar dan haus. Wkwkwk ... Parah.

    ReplyDelete
  35. Aku ngefans sama Jo Jung Seok dia termasuk aktor Korea termahal ya karena aktingnya keren, jadi penasaran deh pengen nonton exit ini..

    ReplyDelete
  36. Okeh ini untuk tontonan drakor selanjutnya, karena aku sebenarnya sekarang nonton suka bacain dulu reviewnya. Tapi aku kemarin gak nonton the world of a maried (bener gak sih judulunya), habis gemes sih lihat beberapa komen teman-teman. wakakakakaa... ngeri kesel nanti nontonnya.

    ReplyDelete
  37. Yas akhirnya dapat rekomendasi film lagi. soalnya masih capek kalo nonton drama.
    btw aku baru tahu kalau Yoona ini actres juga loh. fix nonton ah karena ada jo jung suk :D

    ReplyDelete
  38. Penasaran nih kalau Jo Jung main jadi bucin. Hahaha. Kayaknya menggemaskan. Ups. Hahhaa

    Banyak ya teman yang ikut mengulasnyaa

    ReplyDelete
  39. Selama di rumah aja aku rajin nonton drakor lagi mbk heuheu. Tapi yang versi film hanya beberapa aja, baca review Exit. Mendadak pingin nonton juga..

    Ternya orang Korea juga ada ya bungkus bubgkus makanan xixixi

    ReplyDelete
  40. Kak Lendy ini mantep banget , kalau ngereview selalu mencari pesan moral yang tersirat difilmnya. Kalau aku mah boro boro mau memikirkan pesan moralnya, malah sibuk nyari cemilan aja kalau menonton hehehe

    ReplyDelete
  41. Wah film nya bagus juga ada moral story tentang membantu sesama yang kena bencana. Mirip dengan situasi terkini ya meski beda cerita. Tapi ada hikmah yang bisa dipetik setelah nonton EXIT

    ReplyDelete
  42. Ternyata nilai moral yg bisa di ambil cukup banyak dan sesuai sama kondisi saat ini ya, terutama utk saling peduli dan kerjasama

    ReplyDelete
  43. Belum nonton ini jadi penasaran pengen tahu juga aktingnya Apakah semakin baik lagi jadi penasaran tentunya dalam kondisi sekarang ini kita memang harus saling peduli dan kerjasama

    ReplyDelete
  44. iya walau lagi susah tetap saling peduli ya dan memahami ya mak secara kayak ginisikonnya huhuhu
    aku pas ke sini pasti bilang belum tau nonton wkwkwk

    ReplyDelete
  45. Penasaran dengan akhir kisah cinta Yong Nam dan ui Jo apakah mereka akan bersama atau hanya berakhir sebagai teman biasa saja.

    ReplyDelete
  46. Wah kalau film sekali tonton gini mau ah nonton, gak kuat nonton drama banyak episode hahahaa.
    Bener2 mbak, saat kondisi teburuk kyk ada bencana gtu kelihatan deh sifat asli seseorang yaaaa. Ah penasaran sama filmnya nih

    ReplyDelete
  47. mbak sori aku bacanya nyekip2 karena gamau kena spoiler haha aku udah download film ini sih udah rencana nonton ama suuami tapi belom2. terakhir nonton film korea apa tuh lupa judulnya, tapi kocak banget asli, tentang polisi yang nyamar jadi pedagang ayam krispi wkwk

    ReplyDelete
  48. Emang kalau spesialisasinya nge-review drakor dan perkorea-an lainnya beda banget cara bikin reviewnya. Selalu bikin pengin nonton, wkwkwk. Meskipun aku baru mulai ntn drakor dan itu karena keracuan review-mu, sejauh ini kayaknya belum kecanduan tapi sudah menikmati, hehe

    ReplyDelete
  49. musuh di film ini nyata yaa jadi pada panik deh
    kalau corona kan imut-imut, udah diingatkan berhati-hati bla bla bla tapi berhubung ga kelihatan jadinya ada kelompok yang woles aja

    ReplyDelete
  50. Saya belum nonton drakor lagi nih selama bulan Ramadan, insya allah abis sywal mau nonton lagi ah hehehe , mau selesaika dulu ya Married couplr

    ReplyDelete
  51. Wah dukungan dari banyak pihak sampai undang tv pastinya emang bikin terharu sih ya mba.

    ReplyDelete
  52. Wah, kayaknya seru deh filmnya. Udah sering lihat nih posternya. Mana ada jo jung sook pula. Suka sama beliau. Nonton aaaah :D

    ReplyDelete
  53. AKu belum pernah nonton sih dan kaya seru nih buat masuk ke list film dan drama yang wajib ditonton selama di rumah aja.

    ReplyDelete
  54. Makjleb banehb soal dua tipe manusia ketika bencana Mbaak :') waah film keluarga banget dong ini aman ditonton anak juga hehe

    ReplyDelete
  55. Hohohoh, ini bener² relate banget ya dengan kehidupan kita sekarang, butuh kerjasama dan juga saling menyemangati biar semua bisa terasa lebih mudah.
    Kayaknya penasaran pengen nonton jg nih, belakangan jd suka nonton ini 😅

    ReplyDelete
  56. Saya bukan penonton film korea atau drama korea, tapi kok rasanya sangat familiar dengan keduanya karena banyak baca review film dan drama korea. hahaha...Etapi pernah ding nonton film Parasit pas baru tayang di bioskop. Daan...keren banget ceritanya. Abis itu ya sudah, baca review2 lagi aja. Kenapa ga nonton sendiri? Saya ngga siap dengan ketergantungan, kaak..halaaah gayanyaa..

    ReplyDelete
  57. KErjasama memang dibutuhkan di ranah mana saja. FIlm ini bisa jadi tontonan bagus untuk belajar melihat dari mana kerjasama bisa dimulai dan jangan pelit mendukung sesama

    ReplyDelete
  58. Wah Yoona, sudah lama sekali tak terdengar atau aku yang kudet hihi. Ini sepertinya menarik dan menegangkan ya, sekilas inget film catching fire yg bagian kabut beracun, apalagi ini satu film

    ReplyDelete
  59. Setuju banget pesan moralnya, yap kerjasama, kadang2 kita mikirnya masih individual dan egois, makanya hasilnya juga ga bisa optimal ya dlm mensolusi suatu masalah.

    ReplyDelete
  60. Udah lama banget nih liat film ini berseliweran diaplikasi tapi belum sempet nonton. Dan baru kali ini baca review-nya Dan jadi makin penasaran.

    Sejak punya anak kedua aku jadi jarang banget punya waktu buat nonton drama Korea...
    Kayanya aku punya banyak banget list film Korea yg mau aku tonton,
    Dan film exit ini juga salah satu yg bikin aku penasaran 😁

    ReplyDelete
  61. Selalu penasaran dengan film-film yang di share teteh Lendy. Penasaran juga sama film ini. Ada di viu kah teteh?

    ReplyDelete
  62. Teh lendy pecinta drakor banget yah Kak? Aq blm terlalu menarik untuk nonton drakor. Sapa tau habis liat ulasan2 kak lendy jadi nonton juga deh

    ReplyDelete

Berlangganan via Email