Kegiatan Seru Bersama Anak : Taking An Exercise!

Bismillah,

Pagiii...sahabat lendyagasshi.
Hehhe....pokonya bacanya tulisan ini gak pagi, anggap masih pagi aja yaa... Soalnya kami sekeluarga udah mulai turun niih...semangatnya. Bisa jadi karena bosan atau karena kegemukan. Hhahhaa~

Gimana engga?
Di rumah kerjaannya makan-nyemil-minum Boba-nonton-ngobrol sampek ketiduran.

Oh iya,
salah satu daily activity kita adalah pillow talk berempat. Aisy-Hana-Abi dan aku ada di satu tempat tidur yang sama, terus kita ngobrol. Gak tau deeh....ngobrol apa aja. Dari mulai kepoin aktivitas apa yang anak-anak suka sampai impian anak-anak. Ini melatih anak-anak untuk mengutarakan pikiran juga... Karena aku terlambat tahu kalau Hana itu Speech Delay.
**huhuu~

Alhamdulillah,
Sekarang sudah melewati masa-masa itu. Pengen deeh...berbagi pengalaman gimana prosesnya Hana bisa ngobrol lancar kaya sekarang. Salah satunya karena Hana dwi-bahasa. Kakanya kalau ngobrol suka pakai English. Mamak-Bapaknya, bahasa Indonesia and my mother language, alias Bahasa Jawa 😁. Jadi, mungkin Hana bingung bahasa... Cuma senengnya, Hana ini tipe pantang putus asa. Walau banyak orang yang gak paham sama bahasanya, dia keukeuh ngomong, gak jarang pakai bantuan gesture. Walau sering kalau mood nya lagi gak bagus, mewek jugaaa... stres kalik yaah...

Kegiatan Seru Bersama Anak

Sampai lupa yaah...kalau sekarang masih liburan sekolah anak-anak. Rasanya hari-hari teh... it's just holiday everyday~
Lallaaa...lililiii~

Related Post :


Tapi aku sebagai orangtua juga perlu menerapkan Garis-Garis Besar Haluan Belajar niih...biar gak kelewat santuy. Jadi ada 3 Aktivitas Wajib Bagi Anak-anak :

 Sholat Tepat Waktu 
Membiasakan anak-anak sholat tepat waktu means saat dengar adzan mereka terbiasa ambil air wudlu dan mendirikan sholat. Tapi kok yaa...abis sholat langsung lepas mukena. How can??

Aku minta anak-anak untuk menikmati kebersamaan setelah sholat. Dzikr bersama.. lalu berdoa.

Bagi Hana yang usianya 7 tahun, tentu konsep doa ini masih absurd yaa... Dia sering berdoa dikerasin dan bilang "Ya Allah...tolong hilangkanlah Korona dan jangan ada yang meninggal lagi, ya Allah...."
Aamiin~

Ya,
Kita semua sedih karena belum bisa mudik. Anak-anak udah kangen berat sama uti-kakung dan semua keluarga di Surabaya.

Related Post :

Perjalanan terakhir kami sekeluarga yaa... saat liburan akhir tahun lalu, ke Bromo. Allah Maha Pemurah... Alhamdulillah kami mudik sesaat sebelum Corona bener-bener meluas seperti saat ini.



 Membaca Al-Qur'an 
Sayang yaah...kalau liburan hapalan pada hilang. Jadi, aku minta anak-anak untuk tetap murojaah dan membaca Al-Qur'an. Tentu masih dalam pengawasan mamak. Karena untuk Ai (apalagi Hana), masih membutuhkan pengawasan saat mengaji agar terjaga dari 2 kesalahan :
Lahn Jalliy (kesalahan jelas/berat) 
Lahn Khofiy (Kesalahan ringan)

Meskipun mamak juga masih dalam tahap belajar Tahsin dan belum sempurna, tapi harapannya, dengan mengajarkan ke anak-anak, ilmunya mengalir, gak diem di tempat.



 Bantu Mama 
Nah ini penting yaak... Bantu Mama hal-hal sederhana aja, karena Bude belum masuk kerja lagi dan entah sampai kapan. Jadi gotong-royong ngerjain tugas rumah tangga ini penting banget. Supaya mamak makin semangaaatt...




Bismillah,⁣ ⁣ Holaa mom's..⁣ Everyday is holiday yaah...selama #dirumahaja .⁣ ⁣ Selain belajar online Karena #schoolfromhome , anak-anak juga perlu banget diajakin bantu mama mengerjakan tugas-tugas rumahtangga. Memasak yang simple-simple di dapur, menjemur baju, ambil baju hingga bantu mama melipat baju.⁣ ⁣ Happy siih..⁣ Anak-anak gak pernah nolak atau berkata "Sebentar, Maa.."⁣ ⁣ Alhamdulillah~⁣ ⁣ Kuncinya memang berbicara dengan nada yang rendah, tidak tinggi, apalagi nge-gas. Lalu kenali karakter masing-masing anak.⁣ ⁣ Ilmu pengasuhan yang up to date begini, aku dapat dari nonton Virtual Class @bebeclub tiap Kamis dengan beragam tema dan usia anak.⁣ ⁣ Dibimbing Psikolog Anak dan Keluarga, Bunda Roslina Verauli, M.Psi @verauli.id .yuk, terus belajar untuk pengasuhan yang lebih baik.⁣ Agar tidak ada lagi luka-luka pengasuhan.⁣ ⁣ 𝗜𝗚 𝗟𝗶𝘃𝗲 𝗩𝗶𝗿𝘁𝘂𝗮𝗹 𝗖𝗹𝗮𝘀𝘀 𝗕𝗲𝗯𝗲𝗰𝗹𝘂𝗯.⁣ 𝗦𝗲𝘁𝗶𝗮𝗽 𝗞𝗮𝗺𝗶𝘀 𝗷𝗮𝗺 𝟮𝟬.𝟬𝟬 - 𝟮𝟭.𝟬𝟬 𝗪𝗜𝗕⁣ ⁣ 𝓓𝓸𝓷'𝓽 𝓶𝓲𝓼𝓼 𝓲𝓽, 𝓶𝓸𝓶'𝓼.⁣ ⁣ ⁣ #BebelacDekatkanHati #GrowThemGreat #Ramadan2020 #BebelacxKEB
A post shared by lendy_mut (@lendymut) on

Seperti masak saat mau makan, siapin meja, bebersih (Ai dan Hana kebagian lap-lap sama beberes tempat tidur), jemur baju (mereka sendiri), melipat baju bareng, kasih makan kucing, taruh piring kotor ke sink, (kalau ini opsional) cuci piring. Kadang kalau sudah banyaaak...mereka mau cuci piring. Kalau belum, mereka tinggalin gitu aja. Beda banget sama prinsip hidupku. Aku paling ogah liat sink penuh dengan piring, panci dan gelas kotor. Aku maunya, dikit-dikit dikerjain. Soalnya kalau uda kecampur, kadang minyak jadi satu sama wadah rice cooker, misalnya.. kok aku jadi geleuh duluan yaa...?!?!


Jadi 3 keseharian ini wajib. Kalau ide kegiatan seru bersama, kita suka spontanitas. Kaya akhir-akhir ini kami sengaja beli beberapa permainan seru yang ada kaitannya dengan kegiatan fisik, seperti :

  Main Rollerblade  
Ini aku tanyain ke suami siih..apa bedanya Rollerblade sama inline skate? Ternyata sama. Yang beda adalah Rollerskate. Ini sepatu roda jadul yang rodanya empat berjajar dan remnya di depan itu loo... Gak tau yaa...sekarang rollerskate masih ada gak?



View this post on Instagram

Bismillah,⁣ ⁣ "𝙀𝙫𝙚𝙧𝙮 𝙘𝙝𝙞𝙡𝙙 𝙞𝙨 𝙖 𝙙𝙞𝙛𝙛𝙚𝙧𝙚𝙣𝙩 𝙠𝙞𝙣𝙙 𝙤𝙛 𝙛𝙡𝙤𝙬𝙚𝙧.⁣ 𝘼𝙣𝙙 𝙖𝙡𝙡 𝙩𝙤𝙜𝙚𝙩𝙝𝙚𝙧 𝙢𝙖𝙠𝙚 𝙩𝙝𝙞𝙨 𝙬𝙤𝙧𝙡𝙙 𝙖 𝙗𝙚𝙖𝙪𝙩𝙞𝙛𝙪𝙡 𝙜𝙖𝙧𝙙𝙚𝙣."⁣ ⁣ ⁣ Melihat cara belajar kaka Ai dan adik Hana ini sungguh berbeda. Dari mulai belajar sepeda roda dua dan kini belajar inline skate.⁣ ⁣ Kaka.⁣ Tipe anak yang cepat sekali belajar, tapi dengan bantuan, arahan dan semangat dari orangtuanya.⁣ ⁣ Sedangkan Hana,⁣ Cenderung lebih lambat dalam menguasai suatu hal, tapi ia hanya butuh 'dilihat' saja oleh orangtuanya. Tanpa suka dibantu.⁣ ⁣ Pun ketika mereka sudah menguasai suatu hal. Kaka lebih ngebut, terkesan terburu-buru. Sedangkan Hana, slowly but sure.⁣ ⁣ ⁣ Begini cara memahami cara belajar mereka berdua yang sering bikin mamak lupa, bahwa mereka berbeda, meski dari orangtua yang sama.⁣ ⁣ Bagaimana dengan luasnya dunia?⁣ ⁣ ⁣ #sibling #parenting #siblinggoals #love
A post shared by lendy_mut (@lendymut) on
Beli rollerblade di online shop dengan ukuran yang sama untuk Ai dan Hana. Ternyata, ukuran Ai agak kesempitan. Alhamdulillah, Abi dulu pernah punya rollerblade, jadi bisa permak. Hehehe...yang di rubah bagian dalamnya, kan ada sepatu kainnya, naaah...itu diperbesar maksimal dengan cara dijahit dengan kain serupa.
**iih...Abi mah setelaten itu doonk kalo sama anak-anak, heuheuu~

Luarnya mah...gak bisa diapa-apain, hanya bisa dimajuin dimundurin sesuai size maksimal. Jadi yang punya kakak udah mentok di ukuran maksimalnya.
Terus biar seru, Abi juga beli helm sama pelindung lutut, siku dan telapak tangan. Waah...anak-anak makin semangat latihan.

Jadi goals kami adalah tetap bergerak meski dirumahaja.
Dan rollerblade ini bisa banget dimainin di dalam rumah. Asal semua perabot di pinggir-pinggirin. Kaya meja makan, meja bermain dan kursi. Amaann~
Yooo....seluncur lagii...

Sekarang Ai Hana sudah lancar, alhamdulillah... Bahkan bisa manuver-manuver segala. Wong kerjaan tiap bangun tidur seluncuran pakai rollerblade sepanjang hari. Dilepas hanya untuk pipis dan wudlu. Hihii....bahkan kalau dimintain tolong jemur baju, mereka dengan happy ngerjain sambil seluncuran di tempat jemur baju.
**hadjuuhh~


  Olahraga Bulu Tangkis/ Badminton  
Ini olahraga kebanggan orang Indonesia, ya gak siih...?
Jadi kami beli sepasang raket dan sekotak shuttlecock. Main di depan rumah tiap weekend. Tapi curi-curi waktu dimana gak banyak orang keluar rumah siih... Aku masih paling malas pakai masker walau di depan rumah. Lebih baik cari waktu-waktu sepi.

Badminton
Latihan tipis-tipis ngajarin Ai Hana main badminton ini. Lebih cepet capeknya mereka karena ngambil cock terus, gak main beneran, hihii~
Gak apa-apa lah yaa.. kan practice makes perfect, right?


   Sepedaan   
Hobi banget siih aku naik sepeda. Sebelum pandemi, kita sering sepedaan ke GOR Arcamanik lalu muterin GOR dan pulangnya makaaann~
Hehhee~ gak niat kurus memangnya yaakk... Niat jajan.

Kalo udah makan, biasanya kita gowes lagi sampai rumah dan makan lagiii...
Hehhee~

Di GOR Arcamanik ini banyaaak banget kuliner sampai mobil perpustakaan keliling Bandung milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bandung, Jalan Seram. Jadi, kalau mengembalikan buku yang dipinjam dari Dispusip, bisa dikembalikan di mobil keliling ini. Tapi kalau pinjam, gak boleh melalui mobil. Di mobil ini, kita hanya hak baca. Asik kok tempatnya... Bisa santai-santai di GOR nya sambil pinjem buku buat mamak satu, anak-anak pinjem masing-masing. Hanya tinggal naruh KTP sebagai jaminan.

Tapiii...
Sejak pandemi ini, kami belum berani sepedaan jauh ke GOR. Bahkan ke taman belakang perumahan kami pun, masih belum. Kami hanya sepedaan di sepanjang jalan gang rumah kami. Sedih deeh...


Tapi kan yaa...sekali lagi, yang paling penting adalah olahraga, exercise, gerak. Soalnya badan terasa banget pegelnya kalo gak gerak.

Meski timbangan masih stabil di angka yang sama, yang penting gak naik laah..huhuu~
Kalo uda naik, kayak harga BBM siik... Susah banget turunnya. Dan badanku bukan tipe yang bisa diajakin diet ekstrem. Pernah sekalinya diet, heuu...langsung nggliyeng dan gak kuat ngapa-ngapain.

Jadi solusinya, tetap makan dengan nyaman tapi olahraga dan ubah gaya hidupmu dari sekarang menjadi lebih sehat


Itu kegiatan seru keluarga kami saat liburan sekolah kali ini.
Kalau sahabat lendyagasshi punya cerita seru apa niih.. Boleh doonk sumbang ide buat main sama anak usia sekolah dasar.

Please kindly comment on below yaaah...

Thank you~



With love,

52 comments

  1. Disaat seperti ini semakin banyak ya quality time dengan anak-anak, oh iya saya dulu juga sdah diajari baca Al-Qur'an sejak kecil...kalau orang dulu bilang jngan saat sdah dewasa belajar ngajinya krena lidahnya sudah kaku hehee...semangat terus

    ReplyDelete
  2. Wah memang seru kegiatan sekelg nya ya mba. Setuju banget bahwa olahraga itu penting, tapiiii..aku sendiri masih kesulitan merutinkannya! Hehe... Bismillah deh, moga2 ku juga segera bisa rutin olahraga biar sehat. Aamiin..

    ReplyDelete
  3. Masya Allah, terharu sama doanya Hana ... aamiin ya semoga Allah mengijabah.


    Sudah main scrabble juga Hana? Seruuu kalo main scrabble, bareng Bunda dan ayahnya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pengen ngobrol sama Hana .. jadi ingat Rumaisha, ponakan yang di Bandung itu. Kalau diajak ngobrol ceriwis hehe.

      Delete
  4. Pillow Talk memang menyenangkan sih emang. Apa aja diobrolin. Serasa dunia ini damai dan tentram. Mumpung anak masih bisa diajak sekasur berempat kan? Coba kalau mereka udah gedean dikit dan punya kesibukan masing-masing, nyiptain momen seperti itu lagi amat langka

    ReplyDelete
  5. Menyenangkan banget hanya dengan membaca artikel Mba Lendy ini. Kadang kalau dicermati, wabah ini memang memberi sisi positif menyoal hubungan antar anggota keluarga. Apalagi bisa pillowtalk seperti ya mbak, jadi pengen segera meniqa wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Pas baca rollerblade jadi inget waktu aku sekolah. Suka main ini tapi susah cari tempat yang rata hehe

    ReplyDelete
  7. wah pillow talk, masolo juga suka kok pillow talk sama mbaolo, mungkin nnti bisa banget diterapkan sama nakolo yah. Thanks masukannya kk

    ReplyDelete
  8. wahh aktivitasnya lumayan banyak yaa heheh.. aku juga gitu lend.. ngaji sama solat anak2 tetep dijaga.. aku anak2 udah mulai renang lagi nih.. semoga sehat terus semua yaa

    ReplyDelete
  9. Wah, all of this activity the same with my family Mb. But since I back to office again. Little different but We are try when I get home again like playing

    ReplyDelete
  10. Masyallah kalo belajar ngaji emang harus dari kecil supaya cepat hapal yah

    ReplyDelete
  11. sepeda sekarang lagi naik daun ya teh, sampa banyak yang mau beli tapi barangnya ga ada :)

    ReplyDelete
  12. Bulu tangkis dan sepedahan jadi aktifitas olahraga aku bersama anak anak nih teh.. memang ya.. kalo dirumah terus makan terus dan badan jadi mager dan berat badan jadi nambah juga deh.. dan olahraga memang sudah paling tepat dan benar sih saat ini

    ReplyDelete
  13. Baiklaah mendapat bocoran kalo Abi ternayta lebih telaten sama anak2 yaa dibandingkan umminya eeaa..
    Gpp, menggendut juga emang selama di rumah aja kan paling asik ngobrol, makan, ngemil, rebahan, bocan, nonton, onlen dll. Yang penting abis itu gerakan badannya apapun kegiatannya.

    ReplyDelete
  14. Kurang lebih sama, Mbak. Tetapi, untuk olahraga paling saya memilih senam di rumah. Kalau anak-anak memilih yoga. Sebelum pandemi, biasanya saya jalan kaki di GOR dan suami serta anak-anak memilih olahraga lari

    ReplyDelete
  15. Hana seumuran Neyna ya teh emang nih hafalannya kabur kalau ga dimurajaah tiap hari makanya sepulang kerja aku biasanya ajarin ngaji plus murajaah..

    Btw cita2ku kecil pengen bisa rollerblade loh wkwk

    ReplyDelete
  16. Kalau Keponakanku lagi seneng main sepeda. Muter-muter aja sih dari depan ke belakang rumah. Lumayan bikin keringetan. Kadang sesekali tak mintain tolong buat nyuci sandal atau cuci piring

    ReplyDelete
  17. Teh Lendy seru banget anak-anaknya main sepatu roda dan aku baru istilahnya hehehe. Asyik ya sekeluarga suka olahraga, mulai sepeda sampe bulu tangkis. Ini anakku yang hobby sepedaan, barusan aja beralih dari balance bike ke sepeda berpedal, dan ayahnya juga barusan beli sepeda lipat. Akunya cuma nonton, eh gak ding. Ngejar anakku sepedaan hehe. Akupun bertiga dirumah juga suka ngobrol teh, ya kruntelan bertiga bahas kartun sampe kapan pandemi usai dan kita bisa aktivitas kayak biasa tanpa khawatir si mbak Korona. Semoga sehat sekeluarga ya teh. :))

    ReplyDelete
  18. anakku masih belum mau kegiatan outdoor, kudu dipaksa hahaha.. kemarin sih sempet sepedaan bareng seru juga ternyata

    ReplyDelete
  19. Iya banget sih selama di rumah aja kerjaannya ngemil, rebahan dan nonton doang hahaha. Memang moment ini bisa dijadikan kesempatan untuk bisa quality time bareng anak-anak yah, banyakin ngobrol dan dengerin mereka curhat.

    Selama di rumah aja, kalo Fathir lagi sibuk main game Minecraft sedangkan Kayla lagi rajin jualan dan bikin dance cover Kpop. Emaknya sih tetep ribet baperin oppa aja ahahaha

    ReplyDelete
  20. permainan sama anak itu memang seru banget apalagi kalau olahraga bareng kayak gitu sama anak yang pasti bikin jadi momen kita kedekatan sama anak ada ya

    ReplyDelete
  21. hihi sama teh, gitu-gitu aja setiap hari, jalan kaki, sepaturoda, sepeda, kadang keiling naik motor di area perumahan aja, masih bertahan di rumah soalnya.

    ReplyDelete
  22. Teh, seruuu banget siih keluarga kamuuuu
    Aku jadi pengiinn punya anak ceweq *lhaaa
    Hehehhe.
    Selama stayAtHome ini, palingo anakku main keyboard

    ReplyDelete
  23. Yuhuu kegiatannya seru semua. Apalagi yang main inline skate. Aku dulu waktu SD jago banget main ini. Dek-adek hayu main bareng sama tante, biar kayak temen sebaya. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yaa, selain inline skate pengen juga sepedaan nih. Lagi hipe banget sampai tukang sepeda kebanjiran order lagi pandemi gini. Alhamdulillah. Jadi tinggal aku doang yang kapan beli sepedanya hihi.

      Delete
  24. Eoniii gemesss banget sama kegiatan kalian di rumah. Kruntrlan di kasur bareng ya ini dan membahas banyak hal oaling favorit banget

    ReplyDelete
  25. Hanaaa, gemes deh. Alhamdulillah semua bisa terlalui 4 bulan ini ya, it means anak2 udh bisa menikmati beragam aktivitas seru. Poin shalag dan hafalan yg ga boleh bolong murojaah jg jadi tantangan tersendiri ya

    ReplyDelete
  26. Anak-anakku sepedaan di halaman rumah setiap pagi, kadang ikutan aku zumba dari yutub, sorenya kami main bulu tangkis, pokoknya cari keringat terus lah 😄

    ReplyDelete
  27. Pembiasaan sejak dini untuk urusan agama seperti hal nya solat tepat waktu itu bagus banget Teh, biar dewasa nanti jadi kebiasaan baik

    ReplyDelete
  28. Semenjak pandemi ini makin sering jamaah di rumah lengkap sama abi, Kak Ghifa dan aku, Mbak. Biasanya kan baru bisa kumpul selepas maghrib. Itupun tinggal sisa-sisa napas doang.

    ReplyDelete
  29. Jadi ingat mbok ajak main-main ke taman-taman di Bandung Eoni.
    Terima kasih sudah menjadi guide yang terlove banget. Mudah-mudahan bisa ketemu lagi kita bareng duo cantik

    ReplyDelete
  30. Anak saya juga suka sesepedahan selama di rumah ini, Teh. Sama sih, gak jauh-jauh, di sekitaran rumah aja. Sama main layangan di dekat sawah

    ReplyDelete
  31. Aku lagi mabok, kegiatannya ga jauh-jauh dari rebahan dan rebahan. Hahahaha. Kalo anakku lagi suka-sukanya lari, njungkir walik, main huruf, main robot, playdough.

    ReplyDelete
  32. Memang mungkin banget kalau terjadi bingung bahasa. Beberapa teman saya mengalaminya.

    Biar gak bosa memang harus ada kegiatan seru di rumah. Tetapi, karena anak-anak saya udah besar, biasanya udah pada punya kegiatan sendiri-sendiri

    ReplyDelete
  33. Naik sepeda memang seruuu ya mba.—aku olahraganya naik turun tangga sama anak - anak yaa

    ReplyDelete
  34. Selama di rumah sekarng ini aku sering melibatkan anakku untuk beberapa kegiatan rumah. Tapi yang paling bikin dia senang kalau disuruh nyiram tanaman karena udahannya bisa main air.

    ReplyDelete
  35. Kalau masih kecil anak-anak cenderung patuh gitu ya. Anakku udah banyak alesan aja kalau diminta melakukan ini itu hehehe... Tapi ada enaknya juga sih punya anak remaja. Kalau ibunya lagi riweuh mengerjakan urusan rumah, udah otomatis langsung bantuin.
    Ini kerasa loh ditinggal balik anakku ke pondok, duuuh kehilangan banget aku.

    ReplyDelete
  36. Di masa pandemi ini kegiatan outdoor anak-anak paling main inline skate atau sepedaan di sekitar rumah aja. Kadang diajak juga jalan pagi sekalian olahraga.

    ReplyDelete
  37. Yeayy, asyik banget ya bantu-bantu Mama ngerjain kerjaan rumah.
    Anakku meski cowok juga aku latih bantu-bantu
    Dan mereka senangnya isi waktu dengan sepedaan di sekitar rumah plus main bulu tangkis

    ReplyDelete
  38. Masya Allah, Mbak, di usia yang 7 tahun anak-anak sudah terbiasa sholat tepat waktu. Semoga terbiasa sampai besar, ya. Dan seru banget sih pada bisa seluncuran pakai sepatu roda. Anakku baru bisa sepeda aja. Itu pun tempatnya masih kurang luas haha.

    ReplyDelete
  39. Aslinya menyenangkan banget ya melakukan kegiatan bareng keluarga. Bisa salat bareng, tadarusan bahkan sampai olahraga juga bisa dilakukan bersama-sama.

    Semoga pandemi segera berlalu dan benar-benar hilang dari bumi ini, biar kita bisa bebas olahraga di luar rumah sampai ke GOR.

    ReplyDelete
  40. Anakanak di rumah juga pada main sepeda, tapi di halaman rumah aja. Gak sampai ke jalan sekitar, soalnya papa mamanya gak ada sepeda. Wkwkwk. Tunggu ada dulu deh, biar sepedaan bareng.

    ReplyDelete
  41. thanks for your sharing, i have new idea to playing with my children.

    ReplyDelete
  42. Sholat tepat waktu ini yaaa masya Allah. SID itu yang sering ingetin aku lho Mbak Len. Dia tuh bakal ingetin kayak alarm ga bisa berhenti sampai aku sholat.

    ReplyDelete
  43. Mba Lendy tipe pemberi ajar yang baik. Aku seneng banget bisa jalan bareng pas kapan itu. Hehehhe pas di Bandung dan membimbingmu itu aku suka banget. Anak anak pantes nyaman banget

    ReplyDelete
  44. Yang sering sih kalo Minggu pagi lend.. anakku ada latihan fisik gitu dr club renangnya.. jadi aku ikutan deh sekalian... anakku lari.. aku jalan... wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku palingan sepedaan berdua sama anak lanang mba. Kapan hari pas anak wedok di rumah malah ga sempat pergi sepedaan berdua gitu. Mager melulu akunya hehehe...

      Delete
  45. Intinya sih emmang harus rajin beegerak dan sempatkan diri dwngan anak - anak ya mbaa

    ReplyDelete
  46. Insya Allah doa Hana diijabah Allah, doa-doa anak-anak lainnya pun akan dikabulkan Allah.Amin
    Doa yang baik oleh anak yang salihah pastinya akan dikabulkan.
    Btw, melakukan kegiatan seru di rumah akan makin mendekatkan orang tua dengan, salut deh

    ReplyDelete
  47. Keren banget deh mba Lendy. Aku niru yaa proses gimana menjalani kehidupan sehari2 bersama anakm

    ReplyDelete
  48. MasyaAllah semua kegiatannya dapet banget ini ya Kak
    dari ibadah, olahraga, bermain bersama yang bikin bahagia sehat selalu sekeluarga

    ReplyDelete
  49. Wah saya jarang olga bareng bocah. Seringnya sendirian aja. Boleh jg ya olga bareng gitu. Seru.

    ReplyDelete