Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Korea Melalui Sageuk

Bismillah,

Annyeong haseyo~

Yeaaay,
Akhir tahun 2020 ada beberapa drama sageuk lagi niih... Selain Mr. Queen, kini hadir Royal Secret Agent . Dan dari beberapa drama sageuk, pasti ada sejarah yang disampaikan kepada penonton dan bahasa yang khas zaman sageuk.

Pokoknya kalau nonton drama sageuk, siapkan hati dan perasaan aja. Suka baper akutu...plus aku mencoba memahami perasaan sang karakter yang hidup di zaman yang segala belum bisa bebas, ada aturan kerajaan yang mengikat.

Mengenal Korea melalui Drama Sageuk

Apa Itu Sageuk?

Sageuk (사극; dibaca : sagek) dalam bahasa Korea artinya drama sejarah atau drama yang menampilkan suasana historical. Dalam bahasa sa (사) berarti “history” dan geuk (극) artinya “drama”.

Untuk mengenal sageuk, kita biasanya memerhatikan periode drama tersebut. Dari pembagian periode drama ini, kita bisa memperkirakan era yang dijadikan setting (pakaian, tempat, masa), nama Raja dan tokoh yang menjadi karakter utama dan kondisi pemerintahannya saat itu. Ketika sudah memahami masa pemerintahannya, penonton akan lebih menikmati sajian permasalahan yang dihadapi dan tidak terasa mengantuk kala menonton sageuk.


Periode Drama Sageuk :

Zaman Three Kingdom Period (삼국 시대) yaitu Pemerintahan Kerajaan Goguryeo, Baekje, Silla dan Gaya.  Dan termasuk juga kerajaan kecil lainnya, seperti Balhae (698-926) dan Silla (935). 

Dinasti Goryeo  (고려 시대) : 918 - 1392

Dinasti Joseon (조선 시대) : 1392 - 1897

Zaman penjajahan Jepang (일제 강점기 시대) : 1910-1945


Gyeongbokgung atau Istana Gyeongbok Korea
궁 - Gung (artinya : Istana)
Atas : Gyeongbokgung

Kategori Sageuk

Murni Sageuk (Authentic Sageuk)

Drama historical sageuk yang benar-benar adaptasi dari sebuah sejarah yang sebenarnya. Nilai hiburannya sedikit karena menggambarkan keadaan sejarah Korea pada masanya.


Fusion Sageuk

Sageuk dengan campuran dramatisasi masa kini. Seperti dalam drama Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo, Rooftop Prince atau Faith, yang menggunakan dramatisasi perjalanan waktu dari masa kini kembali ke masa lalu atau masa sejarah.

Drama fusion sageuk selalu berhasil menarik hati pemirsa, karena selain menampilkan tokoh yang memang ada dalam sejarah, namun dengan versi yang tidak membosankan karena terselip kelucuan-kelucuan dari pemain masa kini.


Faksi Sageuk

Ini mirip seperti jenis fusion sageuk. Faksi yang artinya fact (fakta) dan fiction (fiksi) menjadikan sageuk dengan tampilan dari sisi kebebasan berekspresi sang sutradara dan jagga-nim saat mengembangkan ide cerita. Tetap mengambil nama dari tokoh-tokoh sejarah dan tidak mengabaikan fakta-fakta yang ada.

Namun dikemas dengan apik dan menarik. Seperti drama Mr. Queen yang kemarin sempat heboh karena menyoroti kehidupan Raja Cheoljong. 


Kosa Kata yang Digunakan Saat Sageuk

Kemarin di IG sempat membuat istilah kosa kata yang dipakai saat sageuk. Unik dan terkesan lebih sopan. Terkadang ada bahasa tertentu yang membuatku merasa "romantis". Hihii... 

Bagi yang sering menonton sageuk, pasti tau banget kisah cinta pada zaman itu tidak biasa. Ingin menyampaikan rasa, harus dibuktikan dengan perilaku. Sungguh membuatku tersentuh terharu. 


Manfaat Menonton Sageuk

Lebih memahami sejarah Korea
Lebih menghargai sebuah bangsa
Fashion dan visual sepanjang drama yang indah
Alur cerita yang tidak mudah ditebak
Suasana yang mencekam

Sebenarnya, aku sendiri belum begitu banyak menonton sageuk. Karena harus menyiapkan mental dan mood. Tapi ketika dari satu sageuk ke sageuk tu nyambung ceritanya, aku jadi amazing sendiri. Seperti saat menonton Moon Lovers. 

Di drama sepanjang 20 episode ini, bisa menceritakan 4 masa Pemerintahan Raja. Dari mulai Taejo Wang Geun, Hyejong, Jeongjong, dan berikutnya, Gwanjong. Lalu saat ini aku sedang menonton Diary of A Night Watchman, ternyata menceritakan zaman Pemerintahan Raja Hyejong.

Aku jadi ingat bahwa zaman itu, Raja Hyejong meninggal karena diracun oleh saudaranya sendiri yang  berambisi ingin naik tahta. Tidak seketika meninggal, tapi Raja Hyejong meninggal dengan dipenuhi halusinasi. Di ceritakan hal yang lebih detil di drama Diary of A Night Watchman. Keren yaah...Nanti kapan-kapan aku bahas di blogpost khusus.


Rekomendasi Sageuk

Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo
Udah gak perlu diragukan lagi, drama fusion sageuk ini sangat mencuri perhatian drakorian. Saat Moon Lovers sedang airing, bertepatan dengan drama Park Bo-gum bertemakan sageuk juga yakni Love in The Moonlight.

Tapi beda zaman, beda pula cara penyajian sang sutradara. Bagusan mana?
Moon lovers doonk...

Moon Lovers Scarlet Heart Ryeo : Rekomendasi Sageuk

Karena sampai sekarang, Moon Lovers masih hangat dibicarakan meski sudah 5 tahun berlalu. Dan para fans masih berharap ada Moon Lovers 2, mengingat ending Moon Lovers yang bikin hati para drakorian pedih, jenderal!


My Sassy Girl (2017)

Drama ini asli ringan banget. Tentang anak Raja yang hobinya mabuk-mabukan. Jaman Joseon mabuk-mabukan? Bisa di hukum berat, nanti. Karena wanita pada zaman Joseon itu sangat dihormati, apalagi anak Raja.

My Sassy Girl (2017) : Rekomedasi Sageuk

Tapi karena uda jadi kebiasaan sang Gongju Mama ini terus aja membangkang. Hingga sang Ayah jengah dan akan dinikahkan dengan Raja dari Dinasti Qing. Syukurlah, diselamatkan oleh pria bermartabat yang cinta sama sang Gongju dengan segala tabiatnya.

Uwwuu...banget endingnya.


Rooftop Prince

Drama mengenai perjalanan waktu dan misteri. Dan lucunya, justru sang Raja dan ketiga pengawalnya yang terlempar ke masa sekarang. Jadi dengan kenorakan sang Raja karena berasal dari zaman Joseon, ia berusaha membiasakan diri dengan segala kecanggihan masa kini.

Lucu banget...

Dan endingnya gak terduga... Drama ini oke banget chemistry antara Park Yoo Chun dan Han Ji Min. Plus jangan dilupakan OST nya yang mendukung banget suasana drama fusin sageuk ini.

Yoo Chun always never failed di hatiku, heuheu...
Kaya di dramanya yang berjudul I Missed You.


The Battleship Island

Ini film era penjajahan Jepang. Aktor yang main di Film itu adalah aktor keshayangnku, Song Joong Ki dan ada So Ji Sub oppa juga. Jadi di film ini menceritakan tentang rakyat Korea yang dipekerjakan di Pulau Hashima Jepang untuk mencari batu yang berharga.

The Battleship Island : Rekomendasi Sageuk

Penambangan di Pulau itu sungguh berbahaya karena sudah dilakukan sejak lama. Kalau gak mati karena kecelekaaan kerja yaa..mati karena kelaparan. Sungguh mengenaskan nonton film perjuangan. Tapi aku salut dengan masa-masa ini karena memperlihatkan patriotisme dan kerjasama. Dengan bersatu, maka akan semakin teguh.


Mr Sunshine

Drama yang menceritakan Korea pada masa penjajahan Jepang juga. Sedih, penuh intrik dan hal-hal tak terduga. Bahkan, untuk mencintai saja, banyak hal yang harus di korbankan, termasuk nyawa.

Mr Sunshine : Rekomendasi Sageuk

Drama Mr Sunshine sungguh keren, karena menampilkan Aktor Lee Byung-hun dan Yoo Yeon-seok, uri oppa. Semakin menambah kengerian sageuk pada era perjuangan ini.


Okay,
5 drama dan film sageuk ini rekomendasi dariku. Semoga nanti seiring dengan bertambahnya tontonan, aku bisa kasih rekomendasi sageuk yang lebih banyak lagi.

Gimana, sahabat lendyagasshi?
Suka nonton sageuk juga gak? Boleh banget berbagi rekomendasi sageuk yang menurut sahabat bagus di kolom komentar yaa..


고마워, 친구.
Gomawo, chingu.


With love,



64 comments for "Mengenal Korea Melalui Sageuk"

  1. Keren banget nih ulasannya. Bisa buat bahan referensi buat nulis fiksi. Makasih mbak.

    ReplyDelete
  2. Prince rooftop itu bikin nangis di akhir-akhir episodenya. Bener-bener sedih

    ReplyDelete
  3. Baru sadar dari semua rekomendasinya belum satupun yang aku tonton. Bisa nih jadi referensi buat tontonan pas lagi weekend, udah lama juga nggak nonton drakor. Hahhaa

    ReplyDelete
  4. drama Saeguk yang aku suka pertama dan terakhir, Scarlett Heart Ryeo :) sisanya ga ada yang suka hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi tambah penasaran banget deh ini aku, karena belum pernah nonton Korea dengan genre sejarah seperti ini.

      Delete
  5. Yg demen sejarah, pasti sukaaaakk drakor sageuk ini
    kalo aku suka yg slice of life aja, sist

    ReplyDelete
  6. menarik banget teh review-nya, semoga aku bisa ke Korea Selatan dan menikmati semua keindahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. trus bisa mengenal Korea melalui Sageuk lebih dalam lagi, hehehe.. sejarah begini paling aku suka deh teh

      Delete
  7. Mantap,
    Kek kek gini nih harusny diperbanyak,
    Biar terbuka Cakrawala,
    Huhu jadi pengen ke Korea 🤠

    ReplyDelete
  8. Review nya menarik banget, begitu detail pembahasannya, sekaligus bisa memberi pilihan akan rekomendasi soal film2 korea.

    Tulisan ini bisa jadi rekomendasi buat mereka yang menyukai film korea, dan menginginkan varian lain dari film korea.

    ReplyDelete
  9. saya juga pernah nonton Mr Sunshine kak, romantis untuk memperjuangkan cinta nya ngena banget di hati. Andai ada rekomendasi film drakor boleh kak, yang terbaru gitu,,, Hahahah

    ReplyDelete
  10. whyyyy historisnya korea lebih seru daripada Indonesia
    apa karena banyak menceritakan raja2 ya
    apa karena bagus-bagus ya fashion jaman dulu?

    ReplyDelete
  11. Wah aku jadi tambah pengetahuan tentang korea

    ReplyDelete
  12. aku ngebayangin kalau kita bikin serial drama Indonesia sambil ngangkat sejarah kerajaan-kerajaan di masa lalu asik juga ya? tapi buat versi kaya kdrama, jangan angling drama. kisah romantisnya kuatin, ken dedes dan ken arok, jangan dibagian perang.

    ReplyDelete
  13. Aku gatau kenapa aku gak terlalu suka drama yg bahas kerajaan, lebih suka yang modern kaya lebih realita sekarang aja. Tapi tergantung juga kalo pemainnya idola banget ya suka sih hahaha

    ReplyDelete
  14. Lagi2 merekomen drama sageuk yang oke banget nih Leen.
    Aku suka banget cerita drama2 yang bahas kerajaan, dulu sering nongton sebelom drakor heboh. Memang kadang bikin Bapernya ampon.
    HAhaaa, kbayang deh Lendy Baper nonton drakor sageuk ini, udah nyiapin sekotak tissue kan ?

    ReplyDelete
  15. Kalau dibilang suka Sageuk, masih standar sih. Soalnya aku agak susah mikir soal sejarah, apa pun dramanya. Jadi nunggu betulan mood. Paling milih yang ringan, fiksi komedi paling aman

    ReplyDelete
  16. Aa ternyata dramanya namanya itu sageuk, dan periode sejarahnya dibagi-bagi ya tentunya sesuai dengan waktu pada masa itu. Kalau yang drama sejarah sih, aku sukanya yang pasti ada drama2 atau komedi, biar nggak garing gitu aja atau ngantuk hehe

    ReplyDelete
  17. Oh, ada lagi nih yang baru aku tahhu. Sageuk itu intinya adasejarah2 di drama Korea nya ya mbak? hihihi ya ibarat kita nonton film Indonesia yang menceritakan sejarah tempo doeloe. Menyenangkan ya jadi kita ga cuma nonton kisah percintaan full tapi ada sisi historis yang menarik disimak.

    ReplyDelete
  18. Oh, sageuk itu drama sejarah Korea to,Mbak. Saya suka sih sejarah. Sesekali nontom juga. Dan sejarah yg bisa diangkat ga selalu bersetting zaman kerajaan ratusan atau ribuan tahun sebelumnya. Drama bersetting sejarah modern pun bisa memperkaya wawasan penonton.

    ReplyDelete
  19. Aku juga salah satu penggemar drama sageuk. Dan emg dr dulu selalu suka sama sejarah. Jadinya tiap nonton drama sageuk aku jadi searching beneran ttg sejarah Korea, membandingkan kebenarannya sama versi drama. Seru aja gitu, tp ttp sih gak tll suka kalo jalan ceritanya terlalu berat dan bertele-tele. Hehehe.

    ReplyDelete
  20. Huaa aku juga dah nonton 5 drama diatas nih dan bagus semua memang kita ada rasa penasaran setiap episode terus dapat pengetahuan juga.

    ReplyDelete
  21. Wes Uni, kamu tinggal berangkat ke Korea Selatan doang ini ya. Sudah memahami segala halny wkwkwk takjub loh aku.

    ReplyDelete
  22. Kebiasaan nonton drama Korea dengan genre percintaan jadi aku kayaknya juga harus nonton yang genre bersejarah gini ya. Batlleship Island aku sudah nonton karena yang main Song Joong-ki heheheee

    ReplyDelete
  23. Inilah hepinya nontn drama Korea aku, jadi nambah wawasan makin luas ya. Dari sejarah dan segala hal. Jadi pengen Indonesia bikin ginian loh. Cerita dengan latar sejarah yang kuat.

    ReplyDelete
  24. Penasaran jadinya sama rooftop prince, gak kebayang lucu dan serunya melihat kelakuan mereka di zaman now, pasti menghibur ya dramanya

    ReplyDelete
  25. Suka kagum dengan kemampuan Lendy mengulas aneka isi drama Korea deh
    yang tadinya kalo ga viraaaal banget kayak DOTS ga mau nonton, begitu baca tulisan Lendy langsung semongkoooo

    ReplyDelete
  26. Hihihi saya suka drama sageuk karena aktris dan aktornya jadi cantik dan gagah
    Karena itu selain drama Korea saya juga menggemari drama China yang rajin memproduksi drama sejarah

    ReplyDelete
  27. Battleship Island ini kayaknya lagi tayang di TvN. Bagus ya ini kalau suka cerita sejarah

    ReplyDelete
  28. Kalau film-film berlatar belakang sejarah gini suamiku yang paling suka, aku awalnya nggak begitu ngikutin tapi karena suami nonton jadi paham juga :)

    ReplyDelete
  29. Oooh, seperti itu ya. Berarti film The Swordman termasuk sageuk ya, karena mengisahkan kehidupan pendekar pedang & kondisi kerajaan pada Dinasti Joseon. Kalo drakor sageuk, aku pernahnya nontoh itu tuh..Jang Geum, lupa judulnya apaan wkwk. Udah lama banget kan ya. Oh ya, Jewel in The Palace.

    ReplyDelete
  30. ah juara deh teteh klo nulis ttg drama sageuk
    emang asik ya nonton drama sageuk karena bisa sekalian belajar sejarah korea
    aku baru mencicipi sageuk di mr queen

    ReplyDelete
  31. Nonton sambil belajar banyak soal sejaraaah ya mba.. aku selalu enjoy program yang seperti ini

    ReplyDelete
  32. Ye, nambah ilmu lagi tentang Korea dan perdrakoran. Drama sageuk itu bagus juga, ya. Jadi buat belajar sejarah di masa lampau.

    Drama sageuk yang memotekan hatiku emang Moon Lovers sih. Mungkin karena bumbu fiksinya juga dapat dan bagus, ya.

    ReplyDelete
  33. aku juga tipikal yang suka nonton drakor dengan setting sejarah. keren banget menurutku, pernah tuh aku nonton film taxi dan sampe gabisa tidur.. sedih huhuhu

    ReplyDelete
  34. Kalau mau nonton drama Korea yang berbau sejarah harus khusuk nih, dan waktunya pas santuy gitu supaya gak galfok hehe..

    ReplyDelete
  35. Wah aku baru mau nonton Mr. Queen nih, jadi harus menyiapkan perasaan ya, apalagi aku suka kebawa baper gitu kalau nonton.
    Aku mahgak ngerti istilahnya kalau bukan karena dari Lendy nih, asyik lah jadi tau soal Sageuk sekarang

    ReplyDelete
  36. Nonton Sageuk apakah sensasinya sama dengan nonton drama-drama kolosalnya Indonesia ya Lend?hihihi... Atau drama apa gitu yang mirip-mirip..

    ReplyDelete
  37. Baru tau istilah sageuk minggu ini, jadi tau lah artinya Agasshi ahahaha. Tapi aku jarang nonton drama sageuk, aku takut yg penggal2an teh, duh takutlah sama darah... Nonton mr sunshine aja banyak aku skip, sedih banget ceritanya.. Bagus banget ceritanya

    ReplyDelete
  38. Drama Sageuk suka banget. Jewel in the palace favorit itu si Jang Geum. Keren emang kalau nonton drama sejarah, nggak sangka banget bisa bikin yang bener-bener kerasa zaman dahulu. Memang korea top deh.

    ReplyDelete
  39. Saya juga suka dengan drama sageuk. Selain bisa belajar sejarah dari ceritanya juga bisa menikmati jalan ceritanya yang biasa dihiasi bumbu romansa hihihi

    ReplyDelete
  40. Waah aku baru tau istilah sageuk. Artinya drama sejarah ya. Duluuu banget pernah ngefans sama drama Janggeum ( eh benar gak tulisannya) Berarti termasuk sageuk ya itu

    ReplyDelete
  41. Drama Saeguk itu bikin nahan napas bagi perempuan yang menggunakan pakaian tradisional Hanbom

    ReplyDelete
  42. Ternyata ada istilahnya ya namanya sageuk, padahal beberapa kali nonton, emang bener ya mba, film ini menguras emosi, romantis gimana gitu

    ReplyDelete
  43. Oohh drama kolosal (sebutan aku sendiri) disebutnya Sageuk? Sungguh pengetahuan aku tentang K=Drakor selalu nambah setiap kali mampir kesini. Makasih ya teh Lendy obrolannya yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  44. Owalah Sageuk itu ya. Bisa bikin kita lebih kenal dg Korea. Mantap nih drama2 dan film Korea zaman dulu begini. Bisa bikin pengetahuan sejarah kita bertambah.

    ReplyDelete
  45. Selama ini saya pribadi lebih suka genre comedy romance saat nonton drama korea atau TV series serupa lainnya. Tapi sesekali saya pilih genre lain untuk menambah referensi aja Mak. Cuma kalo sekarang kok malah jadi penasaran dengan drama sageuk ini karena memang lebih mudah memahami sejarah kebudayaan Korea masa lalu lewat drama-drama kategori ini. Bakal coba nonton yang direkomendasiin di artikel ini deh Mak :D

    ReplyDelete
  46. I love history and even enjoy it more when it was presented in interesting manner

    ReplyDelete
  47. Aku dulu kalau nonton drakor pilih yang Sageuk gini hehehe. Seperti ada "magis" nya gitu lao. Walau jalan ceritanya mirip2 kan ya. Tapi yang genre lain juga suka sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah suka sageuk ya kak?
      apa yg bikin suka kak?
      intrik politiknya kah?

      Delete
  48. Haduh mupeng banget sama tema dalam drama Sageuk mbak. Sageuk sepertinya pernah saya tonton, hanya kurang memerhatikan bahwa ini ternyata memiliki nilai lebih dibanding drakor yang lainnya. Thank ulasannya mbak

    ReplyDelete
  49. Selama ini sering dengar istilah Sageuk. baru kali ini tahu artinya. Salut ama Korea yang penuh totalitas menggarap semua drama termasuk Sageuk, nggak heran jika kini drama korea semakin mendunia.

    ReplyDelete
  50. Ya ampuun udah kayak ensiklopediaa loh inii hihi. Bener2 jadi referensi bangett deh artikel inii.

    ReplyDelete
  51. Aku suka scarlet heart mbak. Bagus, sedihnya dapat, perjuangannya dapat. Meskipun fantasi. Atau fusion ya istilahnya. Masih berharap ada part 2 nya. Kalau mr. Queen malah belum selesai nonton nih

    ReplyDelete
  52. ah jadi ingat seorang teman yang psling suka drakor sageuk.. ternyata memang banyak hal yang bisa didapat dengan menontonnya ya Teh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya..terima kasih ya Teh, lewat artikel ini aku juga baru tahu bahwa ada beberapa jenis drama sageuk itu sendiri..kukira sih pokoknya ada segi seharahnya saja..haha..

      Delete
  53. sejarah korea ini memang menarik untuk dibahas ya, sayangnya sampai sekarang aku tu nggak paham mana yang era joseon atau sae guk. Dari ke semua drama disebutkan di atas belum kutonton kecuali Mr. Queen sama dramanya si L

    ReplyDelete
  54. kalau di indonesia apakah sama dengan drama kolosal? Genre seperti ini memang punya fans khusus yah. Dahulu saya menggemari film atau series kolosal, dari negeri china. Kalau dari Korea sepertinya saya harus nyari referensi yang pas sesuai mood

    ReplyDelete
  55. Sejak nonton Moon Lovers dan Love in The Moonlight, aku jadi bisa bedain Dinasti Goryeo dan Joseon yakni dari pakaiannya. Di Dinasti Joseon para putri dan dayang-dayangnya, pakaiannya lebih berwarna, cerah ceria, dan seragam. Kalau Goryeo, cenderung dark dengan setelan ala pendekar gitu. Gaun mereka malah lebih mewah di mataku, meski kuno. Kapan-kapan aku ingin baca tentang busana dari dua dinasti tersebut. Ada rekomendasi bacaan untuk hal tersebut nggak mbak Len?

    ReplyDelete
  56. Rooftop Prince bagi molly film kesayangan sepanjang masa. Seru ceritanya, campur aduk. Aktingnya keren. Kadang lucu, bikin emosi jiwahh, plus kadang bikin ketawa ngakak juga. mau rewatch gak sempet2 nih. udah berapa kali ngulang dulu.

    ReplyDelete
  57. Len, aku gak seneng nonton drama yang bau monarki-monarki gini. :(
    Monarki dari negara manapun. Karena aku nggak ingat ada monarki yang membela kesetaraan jender bagi perempuan.

    Sageuk dramas kayak gini nyaman diliatin bajunya aja. Dan mungkin komedinya juga.

    Tapi kalau aku melihat gambaran masyarakatnya memperlakukan perempuan yang ke mana-mana kudu nunduk, malu-malu di hadapan pria, aiiih.. aku jadi gemes.. :((

    ReplyDelete
  58. Aku tuh ya penggemar saeguk tapi nggak sampai sedetail itu belajar sejarah dari dalamnya.

    Pantas aja ya pelajaran sejarahku jeblok jaman sekolah 😂😂😂

    Soalnya kalau udah nyangkut nama orang dll gitu, habis baca sejarahnya ya udah, selesai 🙈

    ReplyDelete
  59. Wawasan baru sama istilah-istilahnya Mbak. Dari semua rekomendasi sageuk, baru My Sassy Girl yang di tonton rame banget itu kadang suka bertengkar kadang enggak hahah tapi ya Endingnya bikin senang penonton pastinya.

    ReplyDelete
  60. Wah, kita bisa belajar banyak ya ya dari film tersebut. Belum ada yv aku tonton tuh listnya. Semoga kapan2 bisa nonton..

    ReplyDelete

Berlangganan via Email