Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Memilih Earphone

Bismillah,



Aku paling senang dengan benda mungil yang satu ini. Bagiku, earphone ini benda wajib dibawa ketika bepergian sendiri. Kalau sama keluarga, gak perlu-perlu banget siih.. Jadi sebelum menentukan memilih earphone yang bagus, tentukan dulu kebutuhannya untuk apa yaa..

Tips Memilih Earphone

Selama ini, kalau beli handphone selalu menanyakan apakah mendapat earphone atau tidak. Tapi sejak invasi handphone besar-besaran dari China dan harganya dibanderol dengan sangat terjangkau, fasilitas earphone ini pun semakin lama, semakin ditiadakan. Sedih banget.

Jadi, apa aja manfaat menggunakan earphone?


Manfaat Menggunakan Earphone

Menjaga privacy
Saat ditempat umum, biasanya aku suka salting atau kepo gitu sama urusan orang. Dengan menggunakan earphone, aku merasa tabiatku yang ini bisa dikendalikan. Jadi dengerin musik sambil baca buku di Gramedia Digital.

Manfaat menggunakan Earphone


Sound isolating
Dengan kedap suara dari luar dan kita hanya mendengar suara yang ingin kita dengar, maka kita gak jadi kepo sama urusan orang lain, Mungkin ini juga yaa...yang bikin orang jadi lebih santuy, ketika gak denger berita-berita miring di luaran sana.
**sambung-sambungin aja, len...hahaha...


Alat podcast
Andalan banget podcast untuk pemula, pakai earphone. Karena mic podcastku belum berfungsi dengan baik euuii...mungkin karena masih belum di setting. Nanti kalau sudah beneran lengkap, sepertinya bakalan lebih bagus hasil rekaman podcastnya saat menggunakan mic beneran.


Auditory
Mungkin ini yang biasa bekerja dan belajar ditemani suara, penggunaan earphone justru bisa membuat fokus dalam melakukan pekerjaan tertentu.


Walaupun ada banyak kelebihan penggunaan earphone, namun bila tidak digunakan dengan bijak, tentu akan menimbukan efek negatif juga, terutama bila dilihat dari segi kesehatan telinga.



Tips Menggunakan Earphone

Jangan mendengarkan suara dengan volume terlalu keras
Mentang-mentang sound isolating, kita mendengarkan suara di earphone dengan volume yang sangat keras. Jika ini dilakukan, maka gendang telinga kita menjadi tidak peka lagi terhadap suara-suara kecil. 

Idealnya menggunakan suara tidak lebih dari 60% volume atau sekitar 80 db.


Tidak menggunakan earphone terlalu lama
Gak seharian juga kita menggunakan earphone. Ada kalanya telinga perlu istirahat dari "bekerja" menangkap suara dalam waktu yang terus menerus dan frekuensi yang intens.

Setelah lama menggunakan earphone, istirahatkan kurang lebih 1 jam untuk pemakaian berikutnya.


Jauhkan earphone ketika akan tidur
Karena tubuh perlu berisitrahat dengan total. Bila memiliki kebiasaan insomnia atau sulit tidur, maka ada baiknya untuk melakukan aktivitas lain hingga lelah, seperti berolahraga. Namun saat tidur, sangat tidak disarankan menggunakan earphone. Karena bisa membuat tidurnya menjadi tidak berkualitas.


Tidak menggunakan earphone ketika menyetir
Kalau menggunakan kendaraan roda empat, bisa diganti penggunaan earphone ini dengan audio di mobil. Jika menggunakan kendaraan roda dua, bisa sabar dulu hingga sampai tempat tujuan yaa.. Karena bahaya banget menyetir tanpa mendengarkan keadaan sekitar. Salah-salah, kita mendzolimi orang lain atau lebih parahnya lagi, terjadi hal yang tidak diinginkan.
**jangan sampai yaa, sahabat lendyagasshi..

Tips Memilih Earphone

Nah setelah semua dipatuhi, yuk...saatnya berburu earphone yang enak dan nyaman di telinga. Ada jenis apa aja siih..?


Jenis-Jenis Earphone

Dilihat dari sambungannya :

Earphone dengan kabel
Earphone nirkabel (bluetooth)


Dilihat dari bentuk dan fungsinya :

Earbud
Earphone standart yang hanya menempel di telinga. Suaranya tidak terpusat ke dalam telinga melainkan memungkinkan tersebar. Baiknya, earphone jenis earbud ini tidak mengeluarkan suara terlalu keras sehingga cukup nyaman bila digunakan di tempat sepi.

Earphone Jenis Earbuds : Tips Memilih Earphone



Earfit
Earphone jenis earfit ini memungkinkan terpasang dengan nyaman. Karena di sekeliling pengeras suaranya dilengkapi dengan karet pelapis agar tidak mudah terlepas saat terpasang di telinga dan juga ada arahan suara menuju pas ke lubang telinga.

Earphone jenis Earfit : Tips Memilih Earphone


In Ear Monitors (IEM)
Paling suka dengan earphone jenis IEM ini. Karena bentuknya yang masuk ke dalam telinga, sehingga memungkinkan kita mendegarkan suara dengan volume separuhnya saja dan sudah cukup jelas terdengar, Tapi memang, saat membeli earphone jenis ini yang perlu diteliti adalah karet pengganjal telinga yang akan masuk ke dalam telinga. Bila telinga kecil, maka pastikan ada karet yang bentukannya juga kecil. Karena kalau karetnya terlalu besar dari lubang telinga, akan membuat tidak nyaman juga saat digunakan.

In Ear Monitors (IEM) : Tips Memilih Earphone


Tips Memilih Earphone

Pilih Earphone Bluetooth
Karena aku kerjanya hanya di depan laptop dan berada di satu tempat, aku sebenarnya gak terlalu butuh yang namanya earphone nirkabel. Jadi awalnya sangat suka dengan earphone yang masih ada kabelnya. Namun, sejak dikenalkan Abunya anak-anak, aku jadi semakin sayang dengan earphone bluetooth merk Eggel.

Cukup nyaman, karena aku biasa lari di treadmill, dan semoga lebih awet yaa...

**karena ini bukan tulisan endorse, jadi aku sebut merk yaa...


Pilih yang model In Ear Monitors (IEM)
Earphone kesayanganku dari HP Samsung Galaxy Note tipe lama, masih awet sampai sekarang. Karena Galaxy Note tipe terbaru menggunakan earphone dengan colokan tipe C Connection dan ini hanya bisa untuk HP Samsung S10, yaah....jadi gak bisa aku embat earphonenya suamik, hiiks

Jadi sampai sekarang, aku masih mempertahankan earphone AKG Samsung tipe 3.5mm port. Padahal ia mengalami banyak ujian hidup. Dari mulai gak sengaja kecuci di mesin cuci, dilipet-lipet kabelnya dan dibawa ke sana-kemari saat aku sering mobile dulu, ketarik-tarik sampai sering ketinggalan di hotel saat staycation, aku masih keukeuh gak mau kehilangan si earphone ini. 

AKG Samsung tipe 3.5mm port : Tips Memilih earphone

Seperti ini penampakannya. Tapiii...yang punyaku tampangnya uda compang camping. Karena sekarang dirumaha aja, ini earphone khusus nempel di laptop. Sedangkan yang mobile, aku pakai si earphone bluetooth tadi.

Serius.
Earphone AKG ini enakeun banget. Nyaman di telinga, pas untuk ukuran telingaku dan suara bass nya mantep. Buat nonton drama Korea Sweet Home malem-malem, heemmm! ((asal ati-ati, jangan sampe teriak histeris yaa.... nanti tetangga pada bangun, hehehe))


Sesuaikan dengan kebutuhan
Kalau untuk membuat podcast, sebaiknya earphone yang ada kabelnya. Karena memungkinkan suara yang kita keluarkan jelas karena ada posisi mic yang dekat dengan sumber suara. Ketimbang menggunakan earphone bluetooth, suara yang dihasilkan jauh lebih jelas menggunakan earphone kabel.


Lihat review dulu
Jangan tergiur harga siih yaa.. Kalau mau beli sesuatu, aku biasakan lihat reviewnya dulu di beberapa tempat. Terutama reviewer yang jujur, tidak sedang mengiklankan produk tersebut. Aku pernah pengen coba beli earphone agak premium, karena saking berambisinya memiliki earphone yang bagus. 

Tapi, setelah baca-baca reviewnya, meskipun harganya Rp 400 ribu ke atas, belum menjamin kualitas. Jadi yang paling enak memang membeli earphone berdasarkan pengalaman orang yang sudah pernah menggunakannya plus pernah merasakan sendiri menggunakan earphone tersebut.


Sesuaikan budget
Patokannya selalu ini siih... Kalau mau beli sesuatu yang rada mahal, konsekuensinya harus nabung dulu. Kalau mau instan, ya...lagi-lagi beli earphone yang itu-itu juga. Semua dikembalikan lagi ke kebutuhan.



Yayaa..
Ngobrolin earphone jadi gak abis-abis yaa... Karena kini zaman digital dan pandemi siih.. Jadi earphone ini jadi barang yang gak boleh sampai gak ada di rumah. Anak-anak juga sudah mulai terbiasa menggunakan earphone ketika belajar. Karena lebih fokus mendengarkan suara Ustadzah pembimbingnya.

Jadi,
sahabat lendyagasshi punya pengalaman gimana niih...bertemu dengan sang earphone tambatan hati?
Ceritain doonk...plus merknya. Siapa tahu bisa buat tambahan koleksi earphoneku lagi, hehehe...


고마워, 친구
Gomawo, chingu.



With love,


45 comments for "Tips Memilih Earphone"

  1. Aku tim speaker mba. Aku malah ngga nyaman pakai earphone. Itupun bawaan hp, jadi ga pernah bebelian earphone. Pakai earphone kalau kepaksa bgt, misalnya webinar malam, saat anak udah tidur, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tim headset sebenernya. Gak suka dengan earphone. sedikit gak nyaman pakenya. Kalo headset enak. Nyaman. Dan maksimal deh suaranya. Efek-efeknya kerasa. Tapi kalo gak ada, terpaksa deh pake earphone.

      Delete
  2. Ternyata banyak juga ya jenis earphone. Aku jarang pakai earphone, kalo anakku sering pakai saat sekolah online sekarang ini. Katanya biar lebih jelas suara gurunya.

    ReplyDelete
  3. Aku nambahin tipsnya ya, jangan berbagi atau meminjamkan earphone kalau saranku sih hehehe. Aku paling sebel kalau ada yg pinjem, soalnya kan masuk ke telinga orang ya. Anakku juga punya nih masing-masing tapi yg bluetooth buat dipakai zoom

    ReplyDelete
  4. Tipsnya aduhai. Pantesan kalau punya saya itu kok jadi mudah rusak...
    Ga memperhatikan semua point' dalam tips itu sih ...

    ReplyDelete
  5. Sampai sekarang aku rajin bawa earphone di tas, soalnya kalau mager tetap ada musik biar ga bosen hehe

    ReplyDelete
  6. Kalo inget ear phone, aku kesyeel sama kk Olip.
    Yang rajin banget beli dan rusak, entah gimana makenya hhaaa.
    kadang dipake tidur, kadang kebetot-betot, huh...
    Dibeliin yang wireless tetep..
    Pengennya yang iphone, biar matching sama henponnya, lalu mamak shock.

    Kalo aku tim speakeer, Leen.

    ReplyDelete
  7. Butuh banget ya earphone juga nih, biar kalau malam-malam dengerin drakor gak ganggu yang tidur.

    bentuk-bentuk earphone ternyata banyak ya, aku paling suka yang Earbud,.

    ReplyDelete
  8. aku pernah beberapa kali beli earphone wireless teh, kok aku tetap sukanya yang ada kabelnya ya hahaa lebih nyaman di telinga gitu budsnya :(

    ReplyDelete
  9. aku selalu bermasalah sama earphone, giliran dapat yang nyaman eh ilang, penyakit banget sih ini

    ReplyDelete
  10. waaa makasih teeeh ini tips tipsnyaaa, hubby aku nih yg sering banget rusak earphonenyaaa, kalo tipe orang yg jarang pake earphone hehehehe

    ReplyDelete
  11. Aku lagi mengincar TWS kak, kayanya lebih simpel ya tanpa kabel. Kalau sekarang sih aku masih pakai earphone bawaan Xiaomi, belum rusak sampai sekarang soalnya aku masukin pouch hahaha

    ReplyDelete
  12. Aduh, kebetulan deh earphone-ku udah pada rusak. Aku kayaknya sering salah pilih. Jadinya dapet yang kurang bagus dan cepet rumah. Kudu ikut tips ini nih biar bisa dapet yang bagus. Paling suka dengerin lagu-lagu favorit dengan earphone.

    ReplyDelete
  13. Aku skr ini jangan pake earphone. ga suka dengerin lagu. pake cuma karena kalau bener2 perlu. kadang ini yang bikin earphone aku suka hilang entah dimana...

    tip yg dikasih perlu dicatat nih, bermanfaat banget pokoknya.

    ReplyDelete
  14. Aku jarang banget pakai earphone, Mbak. Merasa nggak nyaman saja di telinga. Apalagi kalau dipakai lebih dari sejam, bener ya maksimal harus sejam, telinga jadi sakit banget. Tapi, kalau pas lagi marathon drakor bis anih ya kalau pakai earphone biar tetap asyik suaranya terdengar tanpa harus diem-diem kalau anggota keluarga yang lain sudah pada tidur.

    ReplyDelete
  15. Hihi.. aku termasuk orang yang sangat jarang pakai earphone, setidaknya untuk saat ini. Ya gimana, pasti diminta anak-anak sih.. ditarik-tarik gitu. Jadi males deh pakai..
    Nah, anak sulungku nih yang doyan banget pake earphone. Buat ikut kelas daring, liat yutub sampe ngegame. Kadang kudu kupaksa lepas soalnya kelamaan pakenya :(

    ReplyDelete
  16. aku sebenernya lebih suka paka headphones supaya enak di telinga mba.. tapi earphones juga perlu yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks again for all the tips of finding a good earphone

      Delete
  17. Aku udah beli beberapa kali earphone sih tetapi tetep suka putus karena sering dipakai tidur akhirnya beli earphone wireless. btw cakep nih tipsnya

    ReplyDelete
  18. Aku biasanya kurang merhatiin earphone sih mbak, apa yang bawaan dari hp aja biasanya. Paling ya kadang gitu nyangkut kalo karetnya gak nyaman :(

    ReplyDelete
  19. Kalo aku patokannya jg harus nyaman sama ramah kantong harganya mba klo beli earphones haha.

    ReplyDelete
  20. Jujur aku baru tau jenis-jenisnya karena selama ini mikirnya ya sama aja cuma beda bentuk karena beda brand. Hahaha. Kadang masih suka dibawa tidur earphone nya nih teh karena ga sengaja ketiduran lagi nonton drakor.

    ReplyDelete
  21. Kualitas suara penting sekali untukku, karena kalau dengerin musik biar lebih bagus juga. Aku lebih suka earphone tanpa kabel sih.

    ReplyDelete
  22. Waah aku baru ngeuh ternyata iyaa juga yaa kalo bentuk earphone itu beragam, kalo aku sih jarang pake earphone paling kalo lagi pengen dengerin musik aja pas malem-malem

    ReplyDelete
  23. Agak tricky aku memilih earphone. Soalnya bagian cuping telinga ku suka sakit kalao bentuknya ga cocok. Aneh deh.

    ReplyDelete
  24. saya hampir tidak pernah menggunakan earphone teteh karena suka sakit di telinga, tapi membaca tips ini bisa jadi aku salah memilih ni, bermanfaat sekali infonya

    ReplyDelete
  25. nah, ini nih, aku belum nemu earphone yang sekaligus bisa buat nyanyi dengan suara yang bagus :(

    ReplyDelete
  26. Terima kasih rekomendasinya, Mbak. Aku jg lg nyari earphone yg nyaman tp harganya ga terlalu mahal nih. Dulu pernah punya, enak banget dipake, tp habis itu rusak, pas nyari lg, produknya udah ga nemu lg di olshop.

    ReplyDelete
  27. Telingaku sakit karena salah pilih earphone euy, seneng bisa baca tips dari teteh ini.. Biar gak salah pilih

    ReplyDelete
  28. aku bukan type yang nyaman dengan earphone terlepas dr bentuk dan jenisnya entah kenapa. Kupingku susah adaptasi. jd klo ga karena terpaksa misalnya di tempat umum, atau klo di ruangan lg ramai dan aku perlu privacy, atau klo lg meet dan suasana lg ramai di sekitar gt. Coba deh tips2nya siapa tahu bs dapet yg nyaman

    ReplyDelete
  29. Aku hanya pakai speaker nih teh udah bbrp bulan ini krna earphone digunting euy sama bocil 🤣 wah aku jadi keinget blm beli lagii.. paling suka yg nempel langsung kuping pake bluetooth 😍

    ReplyDelete
  30. Sekarang harganya dah lumayan terjangkau, aku juga kadang suka bawa untuk dengar musik. Biasanya klo lagi jalan. Ketika duduk nyaman didalam kereta/bus sambil liat pemandangan

    ReplyDelete
  31. Aku baca-baca sampai bawah dipikir ada earphone model bando seperti pilihanku saat ini haha. Mengingat bodynya yang besar enak aja di telinga. Yah balik lagi emang selera ya, yang pasti keberadaan earphone ini memang membantu banget apalagi buat Lendy yang suka poadcaster ihirrrr

    ReplyDelete
  32. Di rumahku, si sulung dan suami sering pakai earphone. Sebelnya, jadi mesti mendatangi mereka atau teriak kalau perlu ngomong hehehe. Meski tidak volume max, tetap saja nggak dengar suara luaran yang normal kan? Aku sendiri jarang pakai, paling kalau zoom.

    ReplyDelete
  33. haha aku jadi inget sama list aku untuk beli earphone yg bluetooth hehe. Dan suamiku suka pakai juga earphone ini, kalau aku justru jarang pake tapi pengen punya haha

    ReplyDelete
  34. Aku belum punya earphone, ada sih bawaan dari hp hehehe. Tapi anak-anak & suami punya masing-masing beli yang sesuai dengan mereka. Oh ya aku tambahin tipsnya jangan pinjam2an ear phone sama orang lain

    ReplyDelete
  35. Iya Leeen, sedih banget kalau beli hp sekarang udah ga ada paketannya earphone itu tadi. Pdahal ear phone bawaan hp itu lebih bergensi, keren dan identitasnya dapat banget hihihi.... Aku kalau lagi asik denger konten audio dan harus keluar sebentar ga mau kejeda pasti bawa handphone + earphone. eh pas ada telepon masuk kaget dong jadi keras ke kuping hahaha

    ReplyDelete
  36. Saya ngeri lihat orang pakai earphone sembari nyetir. Sama ngerinya ngeliat orang ngobrol di HP sembari nyetir ... harus baca postingan ini yang melakukannya ....

    ReplyDelete
  37. Aku lagi seneng pakai buds ama yang earphone gede gitu sekalian wkwkwk dem dem demnya bagus kerasa banget di telinga
    pas denger lagu drakor gitu bagus bener wkwkwk

    ReplyDelete
  38. Saya satu-satunya orang di rumah yang gak punya earphone. Kalau suami dan anak-anak punya earphone dengan jenis kesukaannya masing-masing.
    Saya merasa kurang nyaman memakai earphone, karena gak bisa mendengar suara di sekitar. Bagi saya perlu mendengarkan kondisi sekitar untuk tetap berjaga-jaga

    ReplyDelete
  39. klo aku senang pake yang buds teh
    earphone ini kebutuhan buat aku, selain dibuat mengajar onlie juga buat lebih khuyuk pas nonton drakor
    hehe

    ReplyDelete
  40. Aku juga kaget pas beliin si sulung dan ibuku smartphone baru-baru ini, eh ternyata keduanya udah gak ada earphone-nya.. Padahal anakku suka banget pake earphone. Untungnya punyaku masih bagusss soalnya hampir gak pernah dipake, hehehe. Jadi bisa dia pake.
    Makasih sharing tipsnya, Mbak Lendy :)

    ReplyDelete
  41. bener banget sejak banyak smartphone baru yang gak ada earphone-nya. dulu paling suka dengerin musik pakai earphone dan saat ini kayaknya butuh lagi deh biar bisa menangkap suara lebih jernih kalau pas lagi di luar

    ReplyDelete
  42. Dulu sering pake earphone skg udha ga pernah kalo mau dgrin music lewat HP di speaker aja

    ReplyDelete

Berlangganan via Email