Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Merawat Rambut Berwarna Agar Selalu Cerah

Bismillah,

Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Selalu Cerah.
Hola sahabat lendyagasshi.

Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Selalu Cerah

Sejak sebelum pandemi, aku uda punya wacana untuk mewarnai rambut, sebenarnya. Dan suami pun menyetujuinya, dengan alasan biar ganti suasana gitu...hehehe... Emm, tapi agak bingung juga niih... dulu, sebelum menikah, aku pernah mewarnai rambut sendiri, tapi hasilnya kurang bagus. Plus perawatannya kudu ekstra dan siap investasi waktu lebih untuk merawat agar warna rambutnya tetap cerah berkilau.

Setelah baca beberapa refrensi, akhirnya aku bisa menyimpulkan beberapa tips mewarnai rambut sendiri tanpa perlu ke salon dan cara merawat rambut berwarna agar selalu tampak cerah berkilau. Gimana tipsnya?


Cara Merawat Rambut Berwarna 

Masker Rambut

Masalah rambut yang sering terjadi setelah diwarnai adalah kondisi rambut kering. Kenapa? Karena adanya zat kimia yang memengaruhi kondisi kulit kepala, sehingga rambut menjadi tampak kering. Harus banget dirawat untuk menjaga kelembapan yang membuat rambut tetap sehat dan berkilau. Caranya adalah dengan rutin mengaplikasikan masker rambut alami atau bisa juga masker rambut yang dijual di pasaran secara rutin, minimal seminggu sekali. Pemakaian masker rambut bisa menghasilkan rambut sehat, lembap, dan mencegah rambut bercabang.

Menggunakan masker rambut : Tips Merawat Rambut Berwarna
source : pixabay

Cantik kaan..


Menggunakan Kondisioner

Penggunaan kondisioner rambut ini ternyata penting loo.. terutama untuk rambut berwarna. Ketika menggunakan kondisioner, pastikan untuk meremas rambut dengan baik dan oleskan kondisioner secara merata di bagian kecil rambut. Manfaat menggunakan kondisioner secara rutin adalah bisa melembutkan dan melembapkan rambut sehingga merawat rambut berwarna dari kekeringan.

Menggunakan Kondisioner : Tips Merawat Rambut Berwarna


Menggunakan Serum

Sebagian orang saat menggunakan cat rambut akan terlihat kusam dan kering rambutnya, apalagi jika sering terpapar cahaya sinar matahari maupun peralatan hairstyling lainnya, seperti alat keriting rambut, hair dryer, dan catokan. Masalah tersebut bisa diatasi dengan penggunaan serum khusus untuk rambut yang diwarnai. Manfaat penggunaan serum adalah untuk menutrisi rambut agar tetap sehat dan mempertahankan warna pada rambut agar tidak mudah pudar.


Jangan Sering Menggunakan Alat Hairstyling

Rambut yang diwarnai akan rentan terhadap proses penataan rambut, apalagi yang melibatkan panas, seperti penggunaan hair dryer atau catok rambut. Jika tidak diperlukan banget, lebih baik tidak menggunakan alat-alat tersebut atau bisa menggunakan serum rambut khusus sebelum mulai menata model rambut yang diinginkan.

Tips Merawat Rambut Berwarna Agar Selalu Cerah
Pengen punya warna rambut kaya Lee Jeno NCT


Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah sering digunakan untuk mempercantik penampilan. Minyak zaitun mengandung nutrisi untuk menjaga kesehatan rambut. Caranya menggunakan minyak zaitun untuk perawatan pun sangat mudah, yaitu dengan mengusapkan satu hingga dua sendok teh minyak zaitun ke kulit kepala. Pijat secara perlahan lalu diamkan 20-30 menit dan cuci seperti biasa. Hasil rambut yang berwarna jadi lebih berkilau dan lembut.


Menggunakan Pisang

Buah pisang bisa bermanfaat apa untuk rambut? Ternyata, inilah manfaat buah pisang, dapat dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan rambut. Supaya rambut bebas dari masalah rambut kering dan rusak karena penggunaan cat rambut, cukup campurkan buah pisang yang sudah dihaluskan dengan yogurt. Lalu aplikasikan ke rambut secara merata, dari ujung hingga pangkal rambut. Diamkan selama 20 menit dan keramas seperti biasa. Lakukan secara teratur 2 kali dalam seminggu.


Menggunakan Madu

Yang terakhir, sahabat lendyagasshi bisa menggunakan madu. Madu memiliki banyak manfaat, termasuk untuk kesehatan rambut. Karena efek dari mewarnai rambut namun tidak merawatnya dengan baik, maka rambut menjadi kering dan mudah rontok. Hal ini tentu menyebabkan rambut menjadi tidak indah dipandang.

Tips Merawat Rambut Berwarna Agar Tidak mudah rontok dan rusak

Namun, jangan khawatir. Asalkan sahabat rajin merawatnya menggunakan madu. Seperti apa caranya penggunaannya?

Caranya yaitu ambil 2-3 tetes madu kemudian campurkan pada shampo atau kondisioner. Setelah itu, usapkan merata ke seluruh rambut. Diamkan selama beberapa menit. Dan bilas hingga bersih. Hasilnya akan terlihat jika rutin melakukannya.


Ternyata,
Tetap memiliki mahkota yang indah seperti impian setiap wanita itu tidak susah yaa.. Hanya perlu perawatan yang intensif, maka voillaaa!

Jadi,
Habis ini sahabat lendyagasshi mau mewarnai rambut warna apa niih?


즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,



54 comments for "Tips Merawat Rambut Berwarna Agar Selalu Cerah"

  1. Rambut ala Lee Jeno unyu juga ya sist.
    aku juga punya temen hijaber yg demen gonta/i rambut.
    kayaknya doi butuh tips ini niiihhh

    ReplyDelete
  2. Terima kasih infonya, mba.. aku pengen coba perawatan dg pisang dan madu itu..sepertinya cukup mudah dan bahan2nya ada..hehe..

    ReplyDelete
  3. Kalau pun gak diwarnai kayaknya bisa juga ya perawatan menggunakan pisang dan madu. Biar rambut gak kering.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus pisangnya langsung dicemil lebih enyak ya Chi, bhuahaaaa..
      Aku niih rambutnya lagi keriing, akibat pewarna buat nutupin ubaaan

      Delete
    2. Wwkkwkw udah kenyang duluan sebelum perawatan gara-gara kekenyangan pisang. Tetapi, saya pengen banget bisa mengurangi rontok

      Delete
  4. nah aku tu pengen banget di warna rambutnya teh, kayak orang korea gitu, lucu kan ya rambutnya warna pastel gitu, tapi selain takut ga cocok sama muka wkwkwk rambutku aslinya tu rontok parah dan ga bagus :( takut makin menjadi, nuhun tipsnya teteh

    ReplyDelete
  5. Aku baru kemarin ngobrol sama suami pengen punya rambut diwarnai burgady kayak dulu lagi hehehe. Kayaknya tips ini bermanfaat buatku

    ReplyDelete
  6. Aku dulu sama mama disuruh pake minyak kemiri mbak, sampai anakku aku pakein minyak kemiri dari kecil, sekarang lebat dan hitam

    ReplyDelete
  7. Hmm, harus dirawat dg baik ya jika memutuskan untuk mewarnai rambut. Tips yang sangat berguna nih. Meski berkerudung, kita juga ttp harus merawat kesehatan rambut kita.

    ReplyDelete
  8. Yow Mba Lenchin go warnain rambut! Lumayan rempong tapi ya perawatan rambut yang di warnai. Temanku punya salon dan kata'y proses pewarnaan rambut yg hasil'y bagus itu bisa sampai 8 jam atau lebih. Wkwk. Denger'y jiper duluan..

    ReplyDelete
  9. Aku belum pernah mewarnai rambut, malah anak sulungku yang sudah beberapa kali mewarnai rambut, dari mewarnai rambut di salon, minta tolong temennya sampai mewarnai rambut sendiri juga sudah pernah hehe.
    Aku catat deh tips nya ini untuk anakku, ternyata pakai buah pisang dan madu juga bisa ya untuk merawat rambut berwarna. Noted!

    ReplyDelete
  10. Saya belum pernah mewarnai rambut, rambutku berubah sendiri warnya menjadi putih. Hiii...itu uban Mak hahaha.
    Walau sudah ubanan, saya masih merawatnya kok, dengan bahan alami. Biasanya saya gunakan lendir daun lidah buaya, agar tidak terlalu rontok.

    ReplyDelete
  11. Aku sering mewarnai rambut, tujuan utamanya buat menutup uban sih haha...Tapi terkadang entah produknya gak sesuai atau cara salon masing-masing, rambut jadi kering dan gampang rontok. Sekarang ga peduli sama uban lagi yang penting rambut sehat.

    ReplyDelete
  12. nah bener banget teh rambut yang diwarnai cenderung ujung2 jadi kering, makanya penting dirawat

    ReplyDelete
  13. belum pernah mewarnai rambut, teteh. Tapi aku punya pengalaman, tapi jangan ditiru ya. eh bisa jadi satu tulisan deh kalau aku curhat masalah rambut.

    Jadi, jaman SD, poniku bikin senewen dong. Aku pakaiin aja brisk atau minyak rambut bapakku jaman dulu kala tu.

    Tahun berganti tahun, sampai aku sudah SMA, aku suka diomong sama kakak kelas. Kenapa tuh? ternyata bagian rambut yang ada di depan, poni gitu, memerah. jadi cuma poninya aja tuh, pada saat SMA poniku dah gak ada, jadi kesannya kek poninya diwarnai gitu. Kalau kena sinar matahari warnanya seperri burgundy gitu. Aku sedih, kakak kelasku ada yang sampai nanyain ke aku juga, "Kamu macem-macem aja, sok cantik sampai diwarnai poninya, jelek tahu". Hiks padahal itu mah kecelakaan. Sampai sekarangpun, warna merah itu masih ada dong.

    Tu kan curhatnya panjang, jadiin post blog ah

    ReplyDelete
  14. Pakai pisang dan madu bisa bikin rambut berwarna selalu cerah? Aiih kok aku baru tahu ya hihihi :) Duluuu mah kadang2 aku pakai minyak kemiri jadi rambut hitam legam. Tapi okelah boleh juga kapan2 aku coba tips mbak Lendy. Btw aku mah belum pernah punya rambut berwarna selain hitam hehehe :D

    ReplyDelete
  15. Seperti saya nih mbak. Dulu sebelum nikah sering catok rambut sekaligus ngecat. Ternyata jelek banget efeknya. Rambut saya rontok sampe sekarang. Bahkan sejak berjilbab rontoknya makin banyak. Pengen deh nyobain rawat rambut pakai madu. TFS ya mbak.

    ReplyDelete
  16. Dulu rambutku bermarna karena di warnai. Sekarang warnanya kebanyakan putih alias uban. Hahaha. Makaish tipsnya mba :)

    ReplyDelete
  17. I never thought that honey will be very good for your hair. It’s good to try it at home

    ReplyDelete
  18. aku pernah warnain rambut dan karena kurang informasi jadi ngga dirawat bener-bener teh, akhirnya rambut ku rusak dan potong pendek adalah jalan ninja ku, sampe pendek bangetttt.

    ReplyDelete
  19. Kepikiran buat ngewarnain rambut kapanan belum terealisasi karena rambutku masih bermasalah sama kulit kepala yg kering bgt dan rontok, pdhl pengin juga bikin hidden colors depan luar rambut warna natural, dalemnya yg gonjreng kayak biru gitu hihihiq

    ReplyDelete
  20. Aku baru tahu loh mba kalo pisan dan madu bisa buat rawat rambut berwarna. Nah, aku lebih prefer kalo coba-coba produk perwatan pake yang berbahan alami dulu. Ehehehe. Makasih tipsnya ya mba.

    ReplyDelete
  21. Pas pandemi ini sok sokan ngewarnain rambut sendiri,,, dan hasilnya failed failed failed wkwkwk. berujung potong rambut ala ala, alahmdulillah udah agak bagusan sekarang. Aku selama ini cuma ngandelin conditioner tapi baca ini ternyata banyak alternatif lain ya,, baru tau aku yang buah pisang itu, thanks for sharing mba

    ReplyDelete
  22. wah klo tahu cara merawat rambut berwarna seperti ini, mewarnai rambut jadi bebas khawatir ya teh
    aku sih pengen mewarnai rambut jadi cokelat tua gitu, biar fresh ganti warna rambut

    ReplyDelete
  23. Nggak dibolehn paksu nih mbak Lendhy untuk mewarnai rambut. Padahal aku pengen diwarnain ujung-ujungnya aja, ya separolah gitu dengan warna henna. Jadi kan rada kemerahan oren gitu hehe. Baidewei tapi postingannya menarik lo mbak, karena bisa tau gimana merawat rambut yang diwarnai.

    ReplyDelete
  24. Selama pandemi ini anak sulung saya suka eksplor mewarnai rambutnya. Saya mah khawatir aja, takut rambutnya kering dan rusak. Nanti saya anjurin pakai madu atau minyak zaitun yang ada di rumah, deh!

    ReplyDelete
  25. Pakai kondisioner emang jadi penolong, mba, Hanya saja kadang aku kurang telaten mba :(

    ReplyDelete
  26. Menggunakan pisang?
    wah ini pengetahuan baru bagiku. Ternyata buah pisang juga bisa dipakai untuk perawatan rambut.
    Saya belum pernah mewarnai rambut mbak, nggak dikasih ijin sama pak suami

    ReplyDelete
  27. Aku sempat pengen mewarnai rambutku seperti itu mba. Tp setelah tanya ke salon langganan kok eman2, mohon maklum. Golongan emak irir, hihihi

    ReplyDelete
  28. Aku pernah diwarnain sekali teh tapi ga muncul warnanya hahaha entah kenapa rambutku ini dan baru tahu nih bahan-bahan alaminya bisa juga digunakan buat rambut yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepoh ih wkwkw
      Aku juga baru tahu pisang so ya, kirain bikin lengket2 gtu

      Delete
  29. Dari dulu kepengen mewarnai rambut tapi blm ada kesempatannya haha.
    Mau mewarnai sendiri kok khawatir berantakan.
    Kapan2 ah.
    Emang ya rambut berwarna cenderung gampang rusak makanya perlu banget drawat ekstra. Thanks tipsnya mbak :D

    ReplyDelete
  30. Saya juga beberapa waktu lalu sempat pengin mewarnai rambut mbak, tapi gak jadi2, karena keburu pandemi gak berani le salon. Ternyata bisa juga ya mewarnai sendiri, dengan melakukan perawatan yang mbak Lendy sebutin di atas. Harus konsisten nih ya perawatannya, biar rambut berwarnanya tetap sehat dan cantik.

    ReplyDelete
  31. Wow, salfok sama babang ganteng ahahaha. Aku belum pernah warna in rambut, seru kayanya ya. Eh, aku baru tau yang pake pisang, kirain dibejek bejek. Di blender kayaknya lebih tega ya, ahahaha.

    ReplyDelete
  32. Aku juga pengen mewarnai rambut tapi takut kering ternyata bisa diatasi dengan pisang,madu dan yogurt ya biar tetap lembut

    ReplyDelete
  33. Paling banter aku tuh kalau warnain rambut pake blue black. Jadi ga keliatan banget sama mamaku hahahaha cemen ya. Soalnya kalau warna cokelat takut diomelin. Udah lama nih ga warnain rambut. Pengen deh ih. Apalagi perawatannya bisa di rumah aja. Pisang dan yogurtnya kalau nyisa bisa ku makan hahaha ga mau rugi ih

    ReplyDelete
  34. Pas banget nih infonya buat adekku
    Soalnya dia rambutnya suka diwarnain gitu
    Saya share ya ke adek

    ReplyDelete
  35. Madu bagus ya untuk rambut, tapi kalau pakai bahan alami gini meski bersih ya cuci rambutnya kalau masih sisa bakal di kerubuti ama semut ya mba lendy hehe

    ReplyDelete
  36. Mbak Lendy jadinya memilih warna apa untuk rambutnya ya?

    Bahan bahan alami di atas bisa juga dipakai untuk rambut yang tidak diwarnai juga kayaknya ya, Mbak.

    Untuk minyak zaitun aku kerap memakainya di tangan dan kaki saat terasa kering

    Wah, madu memang banyak manfaatnya yaa

    Makasih atas tips tips nya ya mbak

    ReplyDelete
  37. Saya hampir 3 bulan sekali warnain rambut niy. Udah ubanan soalnya. Wkwkkw. Menolak tua yah. Gak juga sih, karena seneng aja. Dan hasilnya terjadilah rambut kering dan rontok. Blm pernah cobain tips yg pake madu, zaitun dan pisang ini sih. Kayaknya aku mau coba yg zaitun or madu. Klo yg pisang,biarlah kucemil saja biar langsing. Hihihi. Thanks tipsnya ya cantik

    ReplyDelete
  38. Masalahku rambut rontok banget mb dari dulu sama ketombe kadang-kadang. Sekarang ketombe sudah ga ada tinggal rontoknya padahal saya juga ga suka di macem-macemin. Mungkin lembab karena dibungkus kerudung yaa. Boleh dicoba nih tips merawat rambut berwarna.

    ReplyDelete
  39. Perawatanku biasanya setelah mencuci rambut tidak lupa pakai condisioner supaya rambut tetap halus dan lembut.

    ReplyDelete
  40. klo tahu caranya, rambut berwarna juga bisa tetap terawat ya teh
    cus ayo warnai rambut sekarang, hehe

    ReplyDelete
  41. Sebenarnya saya pengin mewarnai rambut dengan warna blue black, tapi suami belum kasih ijin. Penginnya tuh biar memutih di rambut ini tersamarkan, gitu lho.. Jadi ya sabar-sabar aja dulu nih, sampai turun ijinnya nanti hehehe..

    ReplyDelete
  42. Belum pernah mencoba merawat rambut dengan madu, senang dapat tips di atas ya. Sangat bermanfaat Mbk.

    ReplyDelete
  43. Mbak lend, aku tuh pengin banget juga rambutnya diwarnai, tapi masih ragu kalau malah terjadi gangguan sama rambutku, pengin ganti gaya ceritanya, tapi pengalaman adikku yang habis ngecat rambut malah gatal dan rontok parah, aku jadi berputar haluan,wkwkwk

    Dan setelah tahu ternyata tipsnya merawat rambut berwarna dari mbak lend, alamak aku membayangkan apakah sempat aku melakukan perawatan itu, huhu

    But, anyway thankyou ya mbak lend tipsnya, siapa tahu kalau aku jadi ngecat rambutku, pake perawatan yang dituliskan mbak lend

    ReplyDelete
  44. Wah pisang madu lebih enak dimakan nih dibanding taro di rambut. Hihi. Aku jg baru sekali pernah maskeran madu gini cuma lengket ya. Jadi pake masker rambut sama kondisioner aja hihi

    ReplyDelete
  45. Besok-besok mau Cobain pisang plus yogurd ah simple dapatnya tapi hasilnya amazing ya kak

    ReplyDelete
  46. Tipsnya bermanfaat banget untukku, Mbak. Aku suka mewarnai rambut yang akhirnya bikin rambut kering dan rapuh huhuhu. Sekarang lagi potong pendek banget. Nanti kalau mewarna rambut lagi bakal aku praktikkan tipsnya biar tetap sehat meski diwarnai.

    ReplyDelete
  47. Ini juga berlaku untuk perawatan rambut hitam ya, Mbak?

    ReplyDelete
  48. Ternyata banyak juga ya perawatannya. Rambutku diwarnain warna biru baru sebulan warnanya mulai pudar sekarang malah rambutnya jadi coklat.

    ReplyDelete
  49. Auuu ada si Jeno, haha. Rambutku warnanya udah separo burgundy, separo lagi warna asli.. tapi pikir-pikir pisang madu sayang banget yak buat rambuh #eehhh

    ReplyDelete
  50. Selama ini pengen banget dicat tapi rambutku masih rontok banget Mak. Belum berani jadinya. Semoga masalah kerontokan ini bisa teratasi deh :')

    ReplyDelete
  51. aku sering banget pake alat hairstyling, dan juga sering mewarnai rambut
    memang kalau dari awal ada niatan untuk warnai rambut harus niat juga untuk perawatannya
    kadang rambut aku juga kering, jadi kondisiner wajib aku pake

    ReplyDelete

Berlangganan via Email