Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Move to Heaven : Mengungkap Pesan Kematian

Bismillah,


Annyeong haseyo, chingu.
Hola sahabat lendyagasshi.


Kali ini aku mau rekomedasiin another drama bulan Mei 2021 yang bertemakan keluarga. Drama ini bakalan asik banget dinikmati bersama pasangan karena ratingnya di Netflix 18+, tapi sayangnya aku nonton sendiri siih... huhuu~
Drama mengandung bawang, katanya... Tapi ternyataaa, BENER.

Drama yang berjudul Move to Heaven ini memang asli produksi Netflix, as you know... kalau asli produksi Netflix ya...nontonnya kudu langganan Netflix kalau mau nonton drama legal. Plus yaah, drama Move to Heaven ini kemunculannya langsung 10 eps, beres. Jadi sahabat lendyagasshi gak perlu menunggu setiap menunggu, "Gimana kelanjutan ceritanya yaa...?"



Review dan Sinopsis drama Move to Heaven

Profil Drama

Judul : Move to Heaven
(Move To Heaven: Naneun Yoopoomjungrisaibmida/
무브 투 헤븐: 나는 유품정리사입니다)


Sutradara : Kim Sung-Ho
Penulis Drama : Yoon Ji-Ryeon
Penulis EssayKim Shae-Byeol


   Actors :    

Lee Je-Hoon as Cho Sang gu
Tang Joon-Sang as Han Geu-Ru
Hong Seung Hee as Yoon Na Moo

Genre : Family, Mellow-drama

Network : Netflix
Episode : 10

Release Date : May 14, 2021

Rating : ⭐⭐⭐⭐/5


Sinopsis Move to Heaven

Ceritanya Han Geu-Ru (Tang Joon Sang, Crash Landing on YouA Poem A Day) adalah seorang anak remaja usia 20 tahun namun memiliki sindrom Asperger. Dimana sindrom membuatnya kesulitan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya. Meski memiliki sindrom Aspreger, Geu-Ru sangat beruntung, karena memiliki Ayah yang luar biasa hebat.

Sang Ayah, Pak Han Jeong-U (Ji Jin Hee, Misty, Designated Survivor: 60 Days) adalah seorang Ayah tunggal yang sangat sayang dengan Han Geu-Ru. Ia selalu bisa menguatkan dan menenangkan anaknya ketika sedang mengalami kesulitan. Namun apa yang terjadi ketika hanya Pak Han yang bisa melindungi Geu-Ru ini meninggal?


Sinopsis Move to Heaven


Layanan Move to Heaven

Sebelum Pak Han meninggal, beliau memiliki sebuah usaha yang bernama "Move to Heaven". Usaha ini adalah layanan jasa untuk memindahkan barang-barang berharga sang almarhum ke tempat yang layak. Dan ternyata, usaha ini gak se-simple itu.... Banyak sekali pesan dari sang almarhum yang belum disampaikan kepada lingkungan atau orang-orang yang mereka kasihi.

Salah satu contoh kasusnya adalah ketika ada seorang Ibu yang sudah renta meninggal dalam kesendiriannya di sebuah rumah reyot. Apa yang ditinggalkan? 

Ternyata Geu-Ru bisa mengungkapkan bahwa sebenarnya, sang Ibu masih memiliki keinginan untuk memberikan sebuah setelan jas yang bagus untuk anaknya, karena saat anaknya pertama kali menerima gaji, sang anak membelikan Ibunya baju yang cantik dan hangat. Namun, karena keadaan ekonomi rumah tangga, sang anak ini jadi "lupa" bahwa Ibunya sangat sayang. Hiiks~

Sinopsis dan review drama Move to Heaven

Jadi, setiap barang yang ditinggalkan oleh almarhum itu adalah sebuah puzzle yang harus dipecahkan. Dan dengan kemampuan Geu-Ru menganalisis bukti dan ketekunannya, maka hal ini bisa terjadi.


Sindrom Asperger

Salah satu yang menarik dari drama Move to Heaven ini adalah pemeran utamanya penuh dengan keterbatasan. Han Geu-Ru yang mengidap sindrom asperger sedari awal episode sudah sangat memukau aktingnya, mengingatkanku sama drama Good Doctor yang diperankan oleh Joo Won.

Jadi apa itu sindrom asperger?
Sindrom Asperger adalah sebuah gangguan perkembangan spektrum autisme (ASD) pada kondisi neuro-biologis. 

Review Move to Heaven : apa itu sindrom asperger?
Geu-ru paling betah melihat akuarium yang berisi ikan-ikan. Ia hapal nama semua ikan dan bahkan tahu apa yang ikan-ikan tersebut rasakan (sedang terluka, misalnya)

Ciri-ciri Sindrom Asperger

Selalu mengulang-ulang bahasa yang digunakan
Pemahaman dalam berbahasa sangat terbatas dan sederhana
Minat yang dimiliki anak-anak sindrom Asperger ini sangat khusus dan konsisten
Ingin tahu mengenai hal-hal yang diminatinya secara mendalam
Kurang bisa berinteraksi dengan lingkungan, apalagi dengan teman sebayanya
Gerak motorik yang tidak terkoordinasi
Anaknya terlihat canggung bahkan terkadang berperilaku yang tidak pantas di lingkungan



Kehadiran Paman Han Geu-Ru

Semenjak Ayah Geu Ru meninggal mendadak karena serangan jantung, Geu-Ru menjadi tidak tahu harus berbuat apa. Ia juga tidak bisa mengekspresikan bagaimana sedihnya, tapi juga menjadi sangat introvert. Bahkan abu sang Ayah yang seharusnya ditabur, gak mau ia lakukan. Geu-Ru keukeuh mempertahankan abu tersebut dan disimpan di dalam rumah.

Ayahnya pernah bilang kalau mereka akan selalu bersama. Dan Geu-Ru hanya mampu memahami, inilah maksud kebersamaan mereka.

Dan beberapa hari kemudian, Paman Geu-Ru dibebaskan dari penjara. Begitu bebas, Cho Sang gu (Lee Je Hoon, Taxi Driver, Time to Hunt) mendapat mandat untuk menjadi wali Han Geu-Ru oleh pengacara kepercayaan Pak Han.

Haahh??

Lee Je Hoon dalam sinopsis drama Move to Heaven

Amankah Geu Ru bersama Paman yang belum pernah ia temui sejak lahir ini untuk menjadi walinya?


Dan yah, seperti yang bisa dibayangkan, Cho Sang Gu pun gak langsung meng-iyakan. Melihat masa lalu yang ia alami dengan kakaknya, dan kini, belum pernah ketemu sejak kejadian di masa lalu itu, kok malah ketanggungan anak pula?


**nama mereka memang beda, Ayahnya Geu Ru bermarga Han (Pak Han Jeong-U) sedangkan adiknya, bermarga Cho (Cho Sang Gu) karena mereka dari Ayah yang sama namun Ibu yang beda. Biasanya kalau nikah lagi, nama anak akan ikut marga Ibunya, bukan Ayahnya.


Wah...
Perjalanan cinta sang Paman untuk keponakannya ini bakalan mengharukan banget deeh.. Dari mulai awalnya sang Paman hanya ingin mengambil harta setelah merawat Geu Ru 3 bulan hingga sang Paman ini bener-bener merasa "hangat" jika berbuat kebaikan. Gak hanya itu, drama Move To Heaven juga menghadirkan love-line yang sederhana dan gak berlebihan.

Mau tahu, sang Paman jatuh cinta sama siapa?


Soo Young SNSD, cameo dalam drama Move To Heave


Kesan Pertama Drama Move to Heaven

Sukaaa...
Langsung suka! Wanjeon Johaaa!

Ini drama Lee Je Hoon yang kedua di tahun 2021 setelah Taxi Driver yang membuatku merinding-rinding. Tapi memang Je Hoon oppa paling pas dapet karakter yang begini-begini. Bad boy, bengal, tapi hatinya Hello Kitty. Uuuhhuu~

Kesan Pertama Drama Move to Heaven

Dan yang menarik lainnya dari drama Move to Heaven adalah cameonya. Bertaburan cameo yang sangat mewarnai meski hanya muncul sejenak.

Seperti Ji Jin Hee yang berperan menjadi Han Geu Ru appa yang sangat bijaksana dan penyayang. Lalu Lee Jae Wook yang menjadi "adik" ketemu gedenya Sang Gu dan Choi Soo Young SNSD yang menjadi petugas sosial, yang juga bakalan ada percik-percik cinta walau sedikit, huhuu....

Cameo dalam drama Move to Heaven


Lesson Learn Drama Move to Heaven

Buat aku, rasanya kurang banget kalau drama sebagus ini hanya tayang 10 eps. Harapannya akan ada season berikutnya. Karena, Move to Heaven bener-bener bisa menggerakkan hati penonton untuk menghargai seseorang yang sudah "kembali" duluan ke pangkuan ilahi. Bagaimana seseorang bisa menghargai orang lain dan bagaimana "mengenang" mereka yang hanya tinggal nama ini.


Setiap kepergian seseorang, pasti membawa pesan dan kenangan di hati.

Cara menyampaikannya tentu bukan melalui lisan, melainkan melalui barang-barang peninggalannya. Seperti Geu Ru yang mencoba mencari tahu apa pesan terakhir para mendiang dan ia berusaha menyampaikannya kepada orang-orang yang masih ada di dunia.

Ending Drama Move To Heaven

Ayah bilang mendiang akan menceritakan kita sebuah kisah, aku tak bisa mendengarkan kisah mereka jika aku tak bersedia mendengarkan.

Han Geu Ru


Drama Move to Heaven ini berdasarkan kisah nyata yang berasal dari sebuah esai non fiksi yang berjudul “Ddeonan Hooe Namgyeojin Geotdeul” karangan penulis Kim Shae-Byeol yang dipublikasikan oleh Chungrim pada 20 Juli 2015. Esai ini dibuat untuk mengenang kisah para almarhum.


Jadi siap binge-watch nonton drama Move to Heaven?
Jangan lupa siapin tisu yang banyak yaah...


즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.


With love,



55 comments for "Move to Heaven : Mengungkap Pesan Kematian"

  1. oh ini yang dibahas di wag tadi pagi ya teh. okay masuk dalam list tontonan deh, semoga aku bisa menyukai jalan ceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan aku akhirnya nonton dong teh, episode pertama aja udah mewek bawang huhuhu sedih ya teh

      Delete
  2. kayaknya baru disebut-sebut di WAG eh udah nongol aja nih artikelnya..daebak deh Lendi... Jadi pengen nonton deh kalau sekali nongol langsung tuntas episodenya... Gak kayak ikatan cinta gituh..eaaaa

    ReplyDelete
  3. Masya Allah senang ya bisa recomended gini kak. Asli aku nggak pernah nih nonton nonton drakor dan sejenisnya. Hahaha...kudet ya

    ReplyDelete
  4. Buat yang hobi marathon drakor, netflix tuh nyenengin banget ya. Sekali rilis langsung bablas banyak episode. Endingnya gimana mam, oke?

    ReplyDelete
  5. Dapat rekomendasi baru lagi nih daku soal drama, serunya juga belum mengetahui dan melihat akting para pemainnya secara langsung yang jadi bikin penasaran buat ditonton

    ReplyDelete
  6. Jadi udah abis berapa kotak tissue nonton drakor ini Len?
    Tapi kadang emang rata2 kalo yang bad boys, bengal beneran loh hatinya hello Kitty, apalagi kisah ini diambil dari kisah nyata.

    ReplyDelete
  7. Judul dramanya aja udah bikin penasaran. Baca reviewnya jadi pengin nonton nih, apalagi cuma 10 episode ya, nggak terlalu banyak haha.
    Btw aku baru tau tentang sindrome asperger ini.

    ReplyDelete
  8. Aku memang lagi nyari2 review drama ini pas muncul di Netflix :D. Pgn mastiin dulu endingnya sedih ato ga.. tp kayaknya kalo ending ga sedih ya mba .

    Baca review mba lendy, lgs yakin baguuuus, jd aku masukin ke list to be watch ku :D. Penasaran juga Ama pemainnya, apalagi dia hrs berperan sebagai org yg punya penyakit sindrom gini..

    ReplyDelete
  9. Pasti jatuh cinta kalau Mak Lendy menuliskan review drakor, meski lagi-lagi aku harus berjuang, ngos-ngosan scroll up and down untuk tahu nama-nama pemeran yang dibicarakan. Hahaha. Deritakoe!

    Btw,
    Suka nonton Western series jugakah, Mak Lendy?
    Coba mulai dengan Bridgerton, skandal perjodohan aristokrat era 1800-an yang diadaptasi dari novelis Julia Quinn.
    Sinematografinya, indah sekali!

    ReplyDelete


  10. teh leeend, aku mau nongton ini jadi yaqiiin karena mengandung bawang ya. Aku kadang nyari yg mengandung bawang loh, buat alasan nangis wahahaha. dan 10 eps yaa
    Move to heaven okeee otw..nuhuuuun reviewnya

    ReplyDelete
  11. Wahh kayak menarikkk ini. Sayangnya aku ga lagganan netflix :(
    Btw, aku suda mulai nonton koreyaaah loooh (lompat2 diskooo)
    Tapi yaaa masih jauh lah level ama teh lendy hihihi
    aku masih di tahap nonton aja
    masih susah ngingat2 nama tokohnya
    apalagi ngingat2 nama aktornya wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Si Geu Ru ini kayak Raymond di film Rain Man yg diperankan oleh Dustin Hoffman. Dia autis juga, haknya mau diambil adiknya, tapi malah kemudian si adik beneran sayang sama dia. Hal inilah yang terjadi pada pamannya Geu-Ru kayaknya yaaa

    ReplyDelete
  13. Gila sih drama terbaik menurutku ya karena banyak sekali cerita yang bisa dijadikan pelajaran. Episode pertama aja sudah bikin ku mewek ini, ngabayangin si Geu Ru setelahnya gimana. Eh tau-tau nongol pamannya Cho Sang-Gu.

    Kalau di Korea, barang-barang orang yang telah tiada harus dibereskan sampai habis, alias dibuang tapi ada beberapa barang yang harus disampaikan kepada orang yang gak sempat dia kasih ya. Ngebayangin kalau itu di Indonesia nampaknya gak bisa ya, wakakakakaa

    ReplyDelete
  14. wah satu lagi ya teh, profesi unik yang diangkat dalam drama korea
    drama ini lagi trending ya teh
    aku sih pengen nonton, tapi takut sedih, huhuhu

    tapi kayaknya harus tetap nonton, sebab banyak ya pelajaran yang bisa diambil dari drama ini

    ReplyDelete
  15. Aku tiap abis nonton drama abis, langsung diarahkan ke sini sama netplik haha
    Walah aku malah sebaliknya mbak suka aja kalau cuma 10 episode jgn banyak2 gak kuat haha
    Tapi mungkin kalau ada season keduanya boljug nih, nafas dulu, Eh tapi kira2 bakal ada gak ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tonton deh kak April, ini bagus banget dan kalau sudah nonton Move to Heaven terus lanjut Taxi Driver ya. Biar masih ada vibesnya si Lee Je Hoon wakakakaa

      Delete
  16. Move to Heaven. Ide ceritanya menarik, Mbak Lend. Berani ya sutradara mengambil cerita dengan tokoh utama yang memiliki sindroma asperger. Konfliknya menarik juga. Baru baca di awal ttg ayahnya meninggal saja, kusudah merasa sedih :(

    ReplyDelete
  17. Ini drakornya mengharu biru ya, Mbak? Cuma 10 episode bisa nih kelar 2 hari kalau begadang hehehe. Jadi pengen nonton euy, tapi ku takut lemah kalau temanya sedih-sedih gini.

    ReplyDelete
  18. Banyak yang review filmnya bagus. Tapi gak bisa berlangganan neflix, entah kenapa gak bisa log in terus.

    ReplyDelete
  19. Manarik banget nih ttg sindrom ini. Aku baru tau pas baca disini. Jd pengen nonton filmnya pengen tau gimana sulitnya berkomunikasi..

    ReplyDelete
  20. baru donlot ini belum nonton masih
    donlot gegara ada ahjussi undercover
    kayaknya sibuk aku nonton on going huhuu eaaa
    tapi tar malem ah nonton

    ReplyDelete
  21. Makasih mbak Lendy, bisa untuk referensi aku nih, aku lagi nonton Doom at your service, asikk banyak yang bisa aku tonton

    ReplyDelete
  22. As always reviewnya lengkap mba...ga nonton drakor kena bbrp kali baca reviewnya di sini mulai familiar sama aktor-aktor drakor hehheh

    ReplyDelete
  23. Nontin dia di taxi driver sama move to heaven nih beda banget yaaaa.. aku suka banget move to heaven ini, ceritanya bagus ya maaaak

    ReplyDelete
  24. Aku udah baca beberapa review-nya. Tapi tetep betah kalau baca review Kak lendy. Lagi dijadwalin nonton drama ini, tapi mau jeda dulu dari Akang Vincenzo, kekeke. Berasa belum siap aja habis ngakak-ngakak trus nangis bombay, kekeke. Terlalu ekstrim perubahan emosinya.

    ReplyDelete
  25. Arghhhh ini juga dah masuk wishlist tontonanku 😳 tapi ku harus menguplod 2 tulisan dulu dan menamatkan 3 buku, baru memperbolehkan diri untuk menonton lagi, huhuhu (ceritanya lagi menghukum diri sendiri karena kebanyakan nonton dan tumpukan buku gak digubris hehehe)

    Je Hoon Oppa dramanya wajib nonton banget sih 😍

    ReplyDelete
  26. Ya ampuuun kakak udah selesai nonton ini? daebaaaaaak... ini rame banget sih dikalangan pecinta drakorrr huaaa katanya menguras air mataaaa. kayanya habis nonton vocenzo langsung nonton ini bisa deeeh.. bisa kena mental hahaha.. note sih ini udah aku masukin wish list di netflix

    ReplyDelete
  27. Aduh banyak bangeeet list drakor yg harus segera ditonton nih. Penasaran sama ini, kalo diliat dari premis ceritanya menarik. Apalagi ada sooyoung SNSD (walaupun cuma cameo ya?) wkwk. Sebagai sone, aku harus nonton ini :')

    ReplyDelete
  28. Aku baru tahu jika drama ini diadaptasi dari cerita nyata. Pengen nonton kemarin, tapi masih maju mundur, huhuhu.

    ReplyDelete
  29. Baru kemarin Ig Story salah satu teman blogger Makassar bahas drakor ini secara sepintas, eh ternyata di sini ada reviewnya yang lebih lengkap. Menarik sekaliiii, dari sisi dramanya sendiri dan dari sisi bahasannya kak Lendy. Saya jadi tertarik untuk nonton.

    ReplyDelete
  30. eh aku tertarik dengan sindrom Asperger. Berarti orangnya bakal jadi spesialis di satu bidang. Ini keren banget jika bisa diarahkan dan bisa mandiri. Perlu dilatih komunikasinya.

    ReplyDelete
  31. Jarang2 ada drakor yang cuman 10 episode ya.
    Kalo yang ini berarti singkat dan padat, karena cuman 10 episode dan bagus.
    Jadi pengen nonton rasanya... Apalagi pas bagian pamannya udah keluar dari penjara dan mesti ngerawat dia, pasti seru!

    ReplyDelete
  32. Sejak aeal muncul di preview netflix, udah aku tandain kayaknya bakal seru nih. Trus pas tayang, langsung aku gass nonton, seminggu beres dan sama sekali ga ngerasa kecewa nonton ini. Ceritanya ajib bener, ga hanya membersihkan TKP tp juga udah kek detektif. Ntap

    ReplyDelete
  33. makin ending makin bikin mewek nih, awal- tengah alah ini drama sukses bikin nangis lah ya hahaha sebel. Kurang banget kalo cuma 10 eps loh Uni. huhuhu

    ReplyDelete
  34. Wah ada Tang Joon-Sang niiih hahaha. Si tentara favorit. Ini yang diomongin orang-orang yaaa, aku jadi penasaran pengen nonton tapi si The Penthouse masih ada beberapa episode lagi wkwk. Soooo many Kdrama in my to watch list!

    ReplyDelete
  35. saya bacanya kok sedih ya mba Lendy, sesuatu yang pergi memang selalu meninggalkan kesan dan berasa kehilangan itu ketika mereka sudah pergi dan penyesalannya selalu diakhir. kita tak bisa mengulang waktu untuk mengembalikan semuanya

    ReplyDelete
  36. Ini udah di wishlist aku, apalagi episodenya cuma 10 aja dan nggak perlu waktu yang lumayan banyak, serta bukan on going. Tapi tetep sih, sepertinya butuh tenaga karena ini katanya mengandung bawang, kebetulan juga ini drama dengan tema ang aku sukai gitu

    ReplyDelete
  37. ini kayaknya mengandung bawang ya teh, udah masuk wishlist sih, nanti masuk episode 8 aku langsung nonton ah

    ReplyDelete
  38. beberapa orng udh nanyain aku jg ni ttg move to heaven ini sayang aku tu ga bs banget sama drama mengandung bawang bgini. masih maju mundur mau nntn pdhal bagus banget kynya

    ReplyDelete
  39. jadi inget filmnya shahrukh khan tentang sindrom asperger, ini kayaknya jadi bakal drama mellow di tahun ini fix masuk list yang bakal ditonton

    ReplyDelete
  40. Aku pingin banget nonton ini. Moga besok udah bisa nonton deh. Udah nemu streaming nya nih. Pada bilang bagus soalnya. Siap2 nangis deh aq

    ReplyDelete
  41. Ya ampun series ini mengandung bawang satu ton! Nangis sesek dari awal episode sampai akhir huhu.

    ReplyDelete
  42. Plot ceritanya menarik banget dan gak biasa! Dan pastinya nggak mudah buat menyingkap pesan2 yang belum sempat diucapkan oleh almarhum. Baca sinopsisnya aja udah kerasa bakal banyak bawang 😭

    ReplyDelete
  43. dari judulnya aja udah kebayang bakal gimana ituu jalan ceritanyaa.. aku ga berani nonton haha daripada teraduk2 nanti emosikuuuhh lalu ditanyain anakku kenapa aku mewek wkwk

    ReplyDelete
  44. Waah ternyata drama Move To Heaven ini diangkat dari kisah nyata yaa, jadi penasaran pengen nonton juga nih aku hihi

    ReplyDelete
  45. Baca judulnya jadi penasaran, abis baca sinopsisnya makin penasaran, ini akan jadi series netflix yg bikin di bikin sedihnya naik turun sepertinya. Penasaran jd pngn nntn juga deh

    ReplyDelete
  46. Filmnya diangkat dari kisah nyata ya, pasti terasa menyentuh nih alur ceritanya. Masukin ke list ah

    ReplyDelete
  47. dari blog mba Lendy ini saya jadi banyak mengenal drama korea, padahal saya tidka suka drakor tapi jaid tahu banyak tentang sinopsis drako-drakor. dan baca sinopsis drakor ini jadi lebih menghargai apa yang kita miliki saat ini, menyayangi mereka dengan sepenuhnya sebelum kehilangan mereka

    ReplyDelete
  48. Wah seru nih kayaknya. Aku suka dengan drakor tema begini. Kebetulan, cicilan drakorku cuma tinggal drakor Jang Nara yang ongoing. Abis marathon Vincenzo dan Mouse. Siap nonton yang ini 😀

    ReplyDelete
  49. Aku langganan legal donk netpliknya uhuuukks
    Ini kyknya kudu siap2in diri tahan esmosi nontonnya ya hehe
    Seru banget pastinya banyak cameonya biar banyak yang bisa dilihat juga yaaa

    ReplyDelete
  50. Lee Je Hoon!!! Selalu suka dia semenjak drama Signal, dia kalau main drama bagus-bagus banget deh!

    ReplyDelete
  51. jadi cuma 10 episode ya? Nonton juga ah. kebetulan saya bukan pecinta tayangan yg terlalu panjang. buat kdrama juga saya cari yg pendek2, hehe

    ReplyDelete
  52. Ini tuh next drama yang aku mau nonton cuma nunggu selesai supaya bisa marathon hehehe.

    ReplyDelete
  53. wahhh...
    bukan penggemar drama korea yang fanatik gitu, jadi belum nonto, hehehe
    tapi saya suka genrenya secara umum...
    Barangkali saya akan mempertimbangkan untuk nonton drama ini... moga-moga nggak baper, hhehehe

    ReplyDelete

Berlangganan via Email