Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Lagu IU yang Wajib Ada di Playlistmu

Bismillah,


5 Lagu IU yang Wajib Ada di Playlistmu - Annyeong haseyo.


Lagu IU yang enak di dengar dan wajib ada di playlist mu


Hola sahabat lendyagasshi.
...and welcome August!


Sejak punya blog lendyagassi, aku jadi sedikit melupakan blog ini, maaf yaa... ((di sayang-sayang)), karena aku merasa blog lendyagasshi ini sudah bisa "ajeg-ajeg" sendiri, gitu.. ((aamiin))

Kali ini, mendadak aku pengen banget berbagi lagunya IU aka. Lee Ji Eun yang lagi sering aku dengerindi playlistku. Emm, FYI, aku masih punya playlist di laptop loo, jadi masih tipikal yang dengerin lagu download-an bukan streaming musik. Meski terpasang spotify di laptop, yang selbih seringnya aku pakai untuk streaming podcast.

**maklum, punya channel podcast. Subscribe yaa... (@lendyagasshi).
Gomawo yooo~



Profil IU

Mengenal siapa IU melalui karyanya


IU, nama beken dari aktris muda berbakat yang memiliki nama asli Lee Ji Eun ini lahir di Seoul pada tanggal 16 Mei 1993. IU pernah bersekolah di Dongduk Women’s High School dan memutuskan untuk bernyanyi dengan lebih serius pada kelas 7 (kalau di Indonesia, SMP kelas 1 yaa..).

IU berasal dari keluarga sederhana yang pernah mengalami tinggal di satu kamar kecil dengan seluruh anggota keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu dan satu adik lelakinya. Kerja keras IU menuntunnya ikut audisi ke salah satu agensi terbesar di Korea, JYP.

Namun, dewi fortuna belum berpihak padanya. Ia gagal diterima JYP namun diterima di Loen Entertainment. Dan berangkatlah IU mengikuti masa-masa latihan yang disebut trainee. Debut pertama kali IU pada tanggal 18 September 2008 dan kemudian penghargaan pertamanya adalah "Rookie of the Month" yang disematkan oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan pada November 2008.

IU hanya menjalani trainee selama 10 bulan dan kemudian melakukan penampilan perdananya di panggung di M Countdown dengan membawakan lagu "Lost Child." Karena suaranya yang manis, IU dijuluki The Nation’s Sweetheart oleh para penggemar Kpop di seluruh Korea.


Apakah sahabat lendyagasshi mulai tertarik dengan IU?
Yuk, dengerin 5 lagu IU yang bisa bikin kamu mantap melabuhkan hati pada si gadis manis pemeran utama drama Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo, My Mister dan Hotel Del Luna ini.


5 Lagu IU yang Enak Didengar

Celebrity

Lagu pertama yang aku suka banget dari penyanyi wanita mungil ini berjudul Celebrity yang resmi launching pada 27 Januari 2021 lalu dan langsung ear-catching!


Makna lagu Celebrity ini kurang lebih adalah perasaan seseorang yang insecure dengan apapun yang ia lakukan. Sang tokoh utama dalam lagu Celebrity ini sudah berusaha sebaik mungkin, namun tetap saja ada orang-orang yang merendahkan sehingga ia merasa tersisih.

IU mengaku bahwa ia terinspirasi dari salah seorang teman akrabnya yang memiliki penampilan dinamis, eksentrik dan tidak biasa pada umumnya. Sehingga jadilah lirik untuk lagu Celebrity yang sebenernya, kalau mau ambil pesan moral dari lagu Celebrity ini, sangat relate dengab kita semua loo..


Intinya, kita adalah tokoh utama dalam hidup kita sendiri. Jangan terlalu pedulikan pendapat atau kritikan orang lain yang tidak membangun dan cenderung menjatuhkan. Jadilah kuat dan memiliki "warna"mu sendiri, meski itu berbeda dengan standart orang kebanyakan.


...refrain Celebrity "IU" lyric :


잊지마 넌 흐린 어둠 사이
(Don’t forget among the cloudy dark)

왼손으로 그린 별 하나
(You’re a star painted with a left hand)

보이니 그 유일함이 얼마나
(Can’t you see how beautiful)

아름다운지 말야
(A true uniqueness can be)

You are my celebrity


Celebrity
You are my celebrity



Blueming

Adalah lagu ceria dari IU kedua yang aku suka banget. Karena suasana musiknya yang gak seperti judulnya "Blue" dan "Blooming". Kalau dengar kata Blue, biasanya kan identik dengan kesedihan yaa.. Tapi, berbeda dengan lagu IU ini yang diluncurkan pada 18 November 2019. Yuk, simak di MVnya berikut


Cukup menyegarkan harimu kaan...

Makna lagu IU Blueming ini adalah seorang yang sedang hatuh cinta hingga kepikiran siang dan malam, gak bisa tidur. Cinta mereka diibaratkan bunga yang sedang berkembang. Akan terus berbunga-bunga dan membuat harinya menjadi cerah hanya dengan kata-kata, "Apa yang kamu lakukan?"


...refrain Blueming "IU" lyric :

우리의 네모 칸은 bloom
(Ruang kosong kita mekar)

엄지손가락으로 장미꽃을 피워
(Kita mekarkan mawar dengan ibu jari kita)

향기에 취할 것 같아 우
(Aku merasa seperti mabuk aroma bunga)

오직 둘만의 비밀의 정원
(Taman rahasia hanya kita berdua)

I feel bloom I feel bloom I feel bloom
(Aku merasa mekar, Aku merasa mekar, Aku merasa mekar)


Dalam lagu ini juga IU rela mengganti warna rambutnya menjadi biru loo.. Sungguh totalitas sekali yaa.. Dan IU memang terkenal detail dalam menggarap MVnya.



BBI BBI

Gak kalah asik dengan 2 lagu sebelumnya, lagu yang berjudul BBIBBI ini ditulis oleh IU sendiri berdasarkan pengalaman pribadinya. Kira-kira gimana nih...menurut sahabat lendyagasshi?

Karena di lagu ini, IU sangat berbeda imagenya dari sebelumnya.


Di sini IU tampak lebih berani dan tegas yaa.. Beda dengan image sebelumnya yang menggambarkan IU sebagai sosok manis nan penurut. 


Kira-kira bercerita tentang apa niih... lagu BBIBBI?

BBIBBI (baca : beep beep) adalah suara peluit yang ternyata mengisyaratkan sebuah peringatan. Peringatan ini ternyata disampaikan dari awal lirik hingga akhir lagu BBIBBI. Dimana IU mengungkapkan isi hatinya kepada haters atau para fans die hardnya agar membenci atau menyukai seseorang dengan sewajarnya. Tetap ada batasan yang gak boleh dilampaui juga ingin mengingatkan mereka untuk membenci atau menyukai seseorang secara wajar.

Lirik BBIBBI ditulis berdasarkan pengalaman IU selama menjadi artis. Ia merasa tidak memiliki privasi setelah menjadi artis dan semua itu karena haters, fans, dan media.



...refrain BBI BBI "IU" lyric :


Yellow C A R D

이 선 넘으면 침범이야 Beep
(If you cross this line, it’s a violation, beep)

매너는 여기까지 It’s ma ma ma mine
(Keeping manners stop here, it’s ma ma ma mine)

Please keep the la la la line


Hello stuP I D

그 선 넘으면 정색이야 Beep
(If you cross that line, I’ll get serious, beep)

Stop it 거리 유지해
(Stop it, keep the distance)

Cause we don’t know know know know

Comma we don’t owe owe owe owe (Anything)


Bagaimana beraninya IU mengutarakan isi hatinya kan yaa..?
Bahkan di lagunya kali ini, ia tak segan-segan menyebut "Hello stuP I D" sebagai bentuk kekesalannya yang sudah memuncak karena ia dikontrol oleh netijen yang seringnya mengkritik tanpa memberikan masukan yang positif atas karya dan semua yang ia tampilkan.

Wah, IU...
Go more stronger, girl!



Love Poem

Musikalitas IU memang tak perlu diragukan lagi. Ia bisa berbagai alat musik seperti gitar, piano, recorder, dan drum. Ia juga sering menulis lirik untuk musiknya sendiri. Jadi gak salah banget waktu meluncurkan album Love Poem dan lagu ini yang menjadi andalan kedua kemudian berhasil meraih certified all-kill di seluruh chart musik Korea.


Merinding bat denger IU "Love Poem" secara live begini. Dan lagu ini menjadi semangat untuk para artis yang kerap mengakhiri hidupnya karena sedang tertimpa masalah yang berat untuk saling membantu, minimal mendengarkan masalah mereka. Tentu, gak mudah bagi kita saat menyaksikan seseorang dalam kesulitan, namun kita selalu ada untuk membantu mereka bangkit.

Pesan yang manis banget yaa.. Selain Itu, IU juga memberikan kekuatan untuk para pendengarnya, bahwa perasaan sedih itu harus dikeluarkan. Kalau perlu menangis, maka menangislah..agar hati menjadi lebih tenang.


...refrain Love Poem "IU" lyric :

I’ll be there 홀로 걷는 너의 뒤에
(I’ll be there, behind you when you walk alone)

Singing till the end 그치지 않을 이 노래
(Singing till the end, this song that won’t end)

아주 커다란 숨을 쉬어 봐
(Take a deep breath)

소리 내 우는 법을 잊은 널 위해 부를게
(I’ll sing for you, who forgot how to cry out loud)


(다시 걸어갈 수 있도록)
(So you can walk again)

부를게
(I’ll sing)

(다시 사랑할 수 있도록)
(So you can walk again)


Bagaimana menurut sahabat lendyagasshi?

Lagu kali ini juga warning untuk kita semua untuk bisa saling memberikan perhatian lebih terhadap lingkungan dimana tempat kita tinggal. Tidak harus selalu perhatian yang besar, cukup memberikan hal-hal kecil, seperti waktu dan kata-kata yang baik sebagai pengihbur bagi mereka yang sedang kesulitan.



My Old Love Story

Lagu ballad berikutnya yang aku suka banget dari IU adalah My Old Love Story. Aku dengerin ini gak sengaja saat sedang mendengarkan playlist lagu di youtube musik. Sangat menenangkan karena ada alunan piano sebagai pembuka.

Kalau sambil memejamkan mata, tanpa mengetahui makna dari liriknya pun, kita bisa membayangkan masa lalu kepada seseorang. Irama dan suara IU berpadu dengan manis untuk menampilkan musik vintage.


Makna lagu IU yang berjudul My Old Love Story ini adalah sepasang wanita dan lelaki yang saling jatih cinta, namun sama-sama memendam perasaan karena malu atau gak yakin kalau perasaannya akan berbalas. Waah... lagu IU ini mengingatkanku pada plot drama-drama Korea dan film Korea yaa...


Tapi,

dengan setia...sang perempuan ini pun terus menanti. Akankah penantiannya bahagia atau berakhir seperti Kang Ha Neul dalam Film terbarunya di tahun 2021, Waiting For Rain?


...refrain My Old Love Story "IU" lyric :

수줍어서 말 못했나
(Were you too shy to say anything?)

내가 싫어 말 안했나
(Did you not like me?)

지금도 난 알 수 없어요
(I still can’t figure it out)


이 노래를 듣는다면
(If you hear this song)

나에게로 와주오
(please come to me)

그대여 난 기다립니다
(My dear, I’m waiting)


Merinding banget denger suaranya IU yang melantun mellow begini... Rasanya kok jadi inget Lee Do Hyun di drama Youth of May gitu..


Emm,
Yang ingin baca buku sedih-sedih, yang sedang mellow, yang sdang jatih cinta, yang sedang ingin bersemangat dan bagi yang sedang di depan laptop ((kaya aku gini)), paling pas dengerin suaranya kaka Ayu ((baca IU)) ini memang.

Ada banyak lagi sebenarnya lagu IU yang asik didengar, seperti Heart, Knees, Secret Garden, Dear Name, Everyday With You (OST. Reply 1988) dan bahkan ia punya lagu untuk dirinya sendiri yang berjudul dwlrma (nama akun IGnya). Bagiku, melihat MV musiknya IU juga menyenangkan sekali. Ia sering menampilkan visualnya seperti sebuah cerita.

Gak salah banget kalau melihat drama yang dibintangi IU selalu terkenang. Aktingnya luar biasa. Suara dan musikalitasnya, gak perlu diragukan lagi. Banyak aktor dan penyanyi yang naksir, ingin kerja bareng IU. Doi dikenal dengan etos kerja yang tinggi, untuk anak seusia IU, gak ada kata lain yang terucap selain "I Love You, IU... Semoga terus produktif dan berani berkarya dengan indah."


Cobain deh 5 lagu rekomendasi dari IU ini.
...dan buru, masukin ke playlistmu.


즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.


With love,



31 comments for "5 Lagu IU yang Wajib Ada di Playlistmu"

  1. wah aku penyuka dramanya ternyata IU juga punya lagu yang asik didengerin juga ya, search dulu deh di youtube

    ReplyDelete
  2. Ashiapppp. Didengrin atu-atu, trus pilih mana yg paporit deh. Jujur, akutu sering denger , tapi gatau sapa yg nyanyi. Haha

    ReplyDelete
  3. Aku tahunya yang pertama dan terakhir doang, wkwk. Kalau musik Korea nggak begitu ngikutin, biasanya kalau soundtrack drama baru rada ngeh.. tapi khusus IU memang selalu bikin tertarik. Suaranya asyik banget.

    Apalagi setelah baca artikel ini, kujadi pengen bikin playlist yang isinya lagu2nya IU deh. Jadi kangen Moon Scarlet wkwkw..

    ReplyDelete
  4. IU ini multitalenan, ehhh multi-talenta bangeett!

    Suara dan lagunya enakeuuunn semua.
    Udah gitu, dese kalo main drakor juga daebaakk

    sukaaa bangettt!

    ReplyDelete
  5. Di antara semuanya, my old love story tuh favoritku, cocok buat lagu pengantar tidur, ga bosen didengar berkali-kali.

    ReplyDelete
  6. Salah satu lagu IU yg aku suka yg judulnya Good Day, lgu lawas sih tp masih ada di PL aku sampai sekarang hihihi

    ReplyDelete
  7. Aku selalu ga update klo korea wkwkk.. jdi penasaran sm IU deh.. coz review2 kmu ttg korea2 tu mantuls bgt wkwwkw suka bacanya.. aku lgsg cari dlu ya IU nya 😁😁

    ReplyDelete
  8. Aku jadi salah fokus nih, jadi mbak punya dua blog yg sama-sama bahas seputar korea? Wow mantab bangettt

    ReplyDelete
  9. Aku ngefans banget sama mbak IU ini karena selain cantik, aktingnya oke dan suaranya bagus. Nggak jarang dia nyanyiin OST drama yang lagi dimainin. Semacam paket lengkap gitu jadi cewek. Tapi emang dia pantes dapetin itu. Hehe.

    ReplyDelete
  10. IU salah 1 artis yang multitalent ya mbak. Suka suaranya, aktingnya juga oke. Di antara lagu yang disebutkan aku paling suka BBIBBI. Langsung nempel di telinga. :D

    ReplyDelete
  11. Aku baru tahu penyanyi IU ini las baca artikel mbak. Biasanya aku suka musik itu dari soundtrack drakor yg lg aku tonton. Ga sengaja trus jadi suka. Cuzz lah aku buka youtube dan cari lagu IU

    ReplyDelete
  12. Eh ga Good Day sama You & I yaa! Malah 2 ini yg harus ada di playlist-ku, sama Celebrity, Red Shoes, Bbi Bbi

    ReplyDelete
  13. saya nih penyuka musik tapi ga hafal judul dan penyanyi
    jadi biasanya tahu dari sound yang seliweran di beranda tiktok ato youtube gitu
    baru deh cari tahu

    ReplyDelete
  14. Bener nih lagunya enak didengar jadi mau punya juga buat di hape saya

    ReplyDelete
  15. Lagu2nya IU memang enak sekali didengar. Bahkan baru denger sekali aja udah bisa bikin jatuh cinta.

    ReplyDelete
  16. Ternyata di Korea juga ada semacam audisi audisi gitu ya dan pesertanya juga dikarantina. IU emang cakep ya suaranya.

    Btw saya baru tahu blognya ada dua, mirip cuma beda satu huruf aja ya?

    ReplyDelete
  17. Udah lama banget nggak dengerin Kpop, terakhir denger lagu IU kayaknya waktu karokean jaman kerja. Ada teman kantor yang playlistnya IU semua. Haha. Thanks Mbak Lenchin, nanti aku dengarkan lagu-lagunya..

    ReplyDelete
  18. Yang suka dengerin Kpop tu anak perempuanku mbal. Ada beberapa nama grilband yang dia hafal, kayak oh my girl sama penyanyi solo jang nara. Kalau IU ini belum tahu ya, sudah pernah nonton lagunya apa belum.

    ReplyDelete
  19. lagu-lagu korea memang enak didengar. di antara semua lagu ini, saya paling suka yang celebrity, lagunya enak videonya keren

    ReplyDelete
  20. aku tau iu itu dari scarlett ryo sebenernya, dan sektika tertarik karena lucu dan imut. eh liat dia nyanyi luar biasa, tenryata dia adalah penyanyi ya sesungguhnya. aku suka lagu bbibi itu jogetnya keren

    ReplyDelete
  21. Entah kenapa selalu gak hafal sama lagu korea tapi ada beberapa yang kusuka pas dengar cuma gak tahu judulnya hehehe. Ntar coba dengerin 5 lagu pilihan mbak lendy ini

    ReplyDelete
  22. Aku selalu bingung ngapalin akun IG nya iu (konsonan semua, gimana bacanya).
    Suka sama suara IU yang lembut...

    ReplyDelete
  23. IU ini emang aktris serb bisa ya teh
    nggak hanya jago akting, tapi juga jago nyanyi
    suarnya enak, emang pas klo lagu lagu IU ada di playlist kita ya teh

    ReplyDelete
  24. Multi talenta banget nih si IU. Udah cantik, udah kaya, pinter akting, pandai pula menyanyi. Suka banget kalau nonton drakornya dia. Ini mantap lagi nih, ternyata punya album lagu juga ya. Keren.

    ReplyDelete
  25. Hihiw ada semua nih lagu-lagunya mbak ayu alias IU di playlistku. Awalnya suka denger yang love poem, Lama-lama jadi suka semua lagunya karena enak didengar.

    ReplyDelete
  26. Aku bukan pecinta K-Pop. Tapi tahulah si IU ini. Suaranya masya Allah bener deh

    Coba deh nanti aku dengerin satu per satu 5 lagu ini.

    ReplyDelete
  27. Celebrity itu enak banget didengar menurutku. IU ini ya ampun udahlah cantik, main drama, pintar nyanyi pula. Sungguh paket lengkap!

    ReplyDelete
  28. Entah aku termasuk kpopers atau bukan. Kalau lagu2 ost drama aku suka. Kalau yang bukan ost jarang dengerin. tapi kalau iu lumayan suka. Karena suka nonton drama2 nya. Lagunya yang ku suka BBI BBI. Swag banget dia.

    ReplyDelete
  29. Penggemar IU nih mbanya. Sampe ada hal wajib lagu idola.
    Aku kenal IU di drakor hotel de luna. Cakep ya,,, imut banget. Artis k-drakor banyak yang multitalent, mereka selain bisa aktif bisa nyanyi atau ngedance juga, malah ada yang jadi atlet juga ya.

    ReplyDelete
  30. sepertinya lagu lagunya ada di tiktok ya ?
    saya kenal lagu2 korea ni dari tiktok juga
    penasaran musiknya enak..eh ternyata ada yg jadi backsound drakor

    ReplyDelete
  31. Ingat IU ingat moon lovers yang nyesek endingnya hehe... Lagu blueming suka sih , ceria dan enak juga di telinga

    ReplyDelete