Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Mengatur Keuangan di Masa Pandemi

Bismillah,



Hola sahabat lendyagasshi.

Jika sahabat lendyagasshi merasa sedang berjuang di masa pandemi dan merasakan beratnya, ya.. fixed, kamu gak sendiri. Di berbagai belahan dunia, kini sedang berjuang melawan virus Covid19 yang masih merajalela, terutama di Indonesia.

Pandemi sudah berlangsung lebih dari dua tahun dan kondisi ini telah banyak memberikan dampak ke berbagai sektor. Kalau menilik sektor ekonomi, banyak sekali usaha yang gulung tikar, perusahaan yang merumahkan sementara karyawannya atau tak jarang pula ada beberapa kantor usaha yang memutuskan kontrak kerja atau memutuskan untuk PHK demi mengurangi berbagai cost pengeluaran dalam usaha.


Di tengah ketidakpastian ekonomi seperti sekarang ini, sahabat lendyagasshi yang masih memiliki penghasilan tetap, harus pandai-pandai mengelola keuangan. Atur kondisi finansial sedemikian rupa sehingga antara pengeluaran dan pemasukkan tetap terkontrol dengan baik. Jika memungkinkan, malah bisa cuan dengan melakukan investasi di aplikasi Pluang.



Tips Mengatur Keuangan di Masa Pandemi


Bagi kamu yang masih meraba-raba bagaimana cara mengatur keuangan dengan bijak saat masa pandemi seperti sekarang ini, yuk ikuti beberapa tipsnya berikut :


Tips Mengatur Keuangan dengan Bijak

Menyusun Skala Prioritas

Agar pengeluaran bisa terkontrol dengan lebih baik, maka perlu membuat skala prioritas. Pengeluaran apa saja yang perlu dibayar terlebih dahulu. Hal ini mengantisipasi uang keluar secara tidak terkontrol. Apalagi jika sahabat memiliki gaya hidup hedon, suka berfoya-foya dengan uang yang dimiliki, terutama saat di awal bulan atau setelah gajian.

Sebenarnya, menyusun skala prioritas dalam keuangan ini tidak hanya dilakukan saat pandemi saja, tetapi setiap hari, agar terhindar dari hutang-hutang yang tidak penting, apalagi sampai terjebak bujuk rayu pinjol. Jika sangat terdesak dan memang membutuhlan dana segar, pastikan meminjam pada pinjaman online terpercaya yang terdaftar di OJK dan AFPI.



Dengan membuat skala prioritas dalam keuangan, maka berbagai tanggung jawab akan dipenuhi terlebih dahulu. Barulah jika masih memiliki banyak sisa uang bisa untuk setidaknya menyenangkan diri sendiri.

Persiapkan Dana Darurat

Saat menyusun skala prioritas, jangan lupa juga memasukkan ke dalamnya dana darurat dengan jumlah tertentu yang perlu disisihkan dari gaji setiap bulannya. Banyak hal yang bisa kamu dapatkan dari menyisihkan sebagian dana untuk dana darurat. Misalnya saja sebagai cadangan jika dirumahkan sementara, biaya obat dadakan, perbaikan aset pribadi, intinya jadi pengaman untuk berbagai kejadian tidak terduga yang membutuhkan biaya.

Tips menghitung dana darurat


Tips menghitung dana darurat

Cara menentukan berapa besaran dana yang perlu dipersiapkan untuk dana darurat adalah bagi yang masih single atau belum memiliki tanggungan adalah sebesar 3-6 kali gaji yang dimiliki. Sementara untuk yang sudah mempunyai keluarga, besar dana darurat yang dibutuhkan adalah 6-12 kali gaji yang diperoleh. 

Contohnya, jika gaji yang didapat adalah Rp 5.000.000,-, maka dana darurat yang wajib dimiliki oleh mereka yang single adalah 15-30 juta rupiah, sementara untuk yang sudah berkeluarga, setidaknya memiliki 30-60 juta rupiah.


Untuk instrumen yang bisa dipilih untuk mengalokasikan dana darurat adalah mulai dari membuka tabungan di bank, deposito, reksadana pasar uang, investasi emas, sampai dengan tabungan berencana. Karena dimaksudkan sebagai dana darurat yang bisa dibutuhkan kapan saja, pilihlah instrumen yang paling mudah untuk dicairkan.

 

Siapkan Petty Cash untuk Kebutuhan Tidak Terduga

Tidak hanya perusahaan saja yang perlu memiliki petty cash atau kas kecil, keuangan pribadi dan keluarga juga memerlukan hal ini. Pettty cash adalah sejumlah uang yang digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan kecil yang tidak mendesak. 

Misalnya, jika di kantor pengeluaran petty cash ini adalah pengeluaran konsumsi saat rapat. Jika dalam kehidupan pribadi, petty cash adalah pengeluaran untuk sekadar membeli beli aksesoris canggih untuk smartphone. Petty Cash dikeluarkan untuk kebutuhan yang tidak terlalu mendesak, namun terkadang diinginkan.

Dengan petty cash ini, maka sahabat bisa tahu barang apa saja yang sudah dibeli. Pengeluaran kecil-kecil, namun tetap terkontrol dengan baik. Sehingga, belajar manajemen keuangan dengan mempraktekannya ke diri sendiri.

 

Alokasi Gaji untuk Vitamin Jaga Tubuh

Pandemi memang membuat banyak orang menjadi was-was. Jika sistem kekebalan tubuh tidak terjaga dengan baik, maka bisa saja sewaktu-waktu terserang berbagai penyakit. Bahkan bisa terpapar virus Covid19. Oleh sebab itulah, kamu perlu mengalokasikan gaji untuk membeli berbagai kebutuhan yang bermanfaat sebagai penjaga stamina dan kekebalan tubuh.

Alokasi Gaji untuk Vitamin Jaga Tubuh


Misalnya saja untuk membeli vitamin, buah-buahan, susu kesehatan, sampai dengan masker. Persiapkan juga beragam obat-obatan pribadi, jadi jika penyakit menyerang sahabat lendyagasshi sudah tidak perlu bingung lagi dan bisa menggempurnya. Bisa juga untuk membeli berbagai peralatan kebersihan untuk antisipasi virus corona, mulai dari masker, hand sanitizer, tisu basah dan juga desinfektan.

Hal-hal yang dulu terlihat sepele, namun di masa pandemi sangat dibutuhkan. 


Tetap Lakukan Investasi Meski Sedikit

Meski dengan banyaknya kebutuhan yang perlu untuk dibayar, jangan lupa untuk tetap melakukan investasi. Bahkan meski jumlahnya sedikit jika profit, lama-lama juga nilainya akan semakin meningkat. Jika uangnya dibiarkan saja malah bisa-bisa tergerus inflasi. Banyak kok jenis investasi yang bisa dilakukan dengan modal yang kecil. Salah satunya adalah membeli emas secara online.


Aplikasi Pluang, Solusi Investasi Online

Salah satu platform yang bisa sahabat jadikan tempat investasi emas secara online adalah aplikasi Pluang. Aplikasi ini merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang finansial milik PT. PG Berjangka yang telah berdiri sejak tahun 2013. Investasi emas di Pluang mulai dari 0,01 gram atau setara dengan uang Rp 9.000,- setara dengan uang saat ini. Sangat murah sekali bukan? Jika memiliki lebih banyak uang, nilainya bisa diperbesar sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Aplikasi Pluang, Solusi Investasi Online bisa untuk Investasi emas Online

Banyak sekali keuntungan yang bakal didapatkan dari berinvestasi di Pluang. Mulai dari prosesnya yang sangat mudah, anti ribet, dan sudah dipercaya oleh banyak investor. Investasi bisa dilakukan secara online, sehingga kamu tidak perlu datang jauh-jauh ke lokasi penjualan hanya untuk bertransaksi sejumlah uang atau barang.

Selain emas, banyak juga pilihan jenis investasi lainnya. Ada saham, aset kripto, sampai dengan reksadana. Setiap jenis investasi memiliki berbagai penawaran berbeda. Jadi segera akses Pluang untuk mendapatkan informasi yang lebih terperinci.

 

Lakukan Usaha Sampingan Jika Memungkinkan

Untuk menambah pundi-pundi uang di masa pandemi seperti sekarang ini, sahabat juga bisa melakukan usaha sampingan. Banyak usaha sampingan yang bisa dikerjakan saat waktu-waktu senggang. Mulai dari membuka toko online, membuka jasa translate, les-lesan, sampai dengan menjadi seorang penulis konten atau blogger.



Carilah berbagai usaha sampingan yang sekiranya tidak mengganggu usaha utama yang sedang dilakukan agar tetap cuan.



Sekian ulasan berbagai cara untuk tips mengatur keuangan di masa pandemi agar tetap baik. Inilah saatnya belajar mengelola keuangan dengan bijak, supaya masa-masa sulit kondisi finansial tetap bisa tertangani dengan lebih baik.

Kalau sahabat lendyagasshi, punya tips apa nih...mengenai keuangan di saat pandemi begini?


Have a nice day.


With love,



25 comments for "Tips Mengatur Keuangan di Masa Pandemi"

  1. Mengatur keuangan sekarang emang penting banget ya Lend..biar gak kedodoran... Apalagi kebutuhan juga bertambah..beli vitamin dan aneka asupan kaya nutrisi..

    ReplyDelete
  2. Skal prioritas tiap orang berbeda-beda ya, tergantung pendapatan dan kebutuhan juga. Namun yang paling sulot itu menurutku adalah saat dana darurat ga boleh diutak-atik hihihihih :) Terkadang suka ada godaan, padahal semestinya bisa diacuhkan. Petty cash untuk dana darurat wajib ada tentunya, apalagi di masa pendemi semua perfulusan kudu diatur sebaik2nya, pengetatan ikat pinggan :D

    ReplyDelete
  3. wah baru tau nih hitung-hitungan dana darurat. 6- 12 kali ya yang udah punya anak.. hmm.. masih kurang... hahahaha.... baru setengahnya. kudu digenjot nih biar mencapai minimal 6 kali gaji.

    ReplyDelete
  4. Beruntung sekarang informasi tentang literasi keuangan bisa diperoleh dari mana saja ya. Minimal generasi Z bisa lebih mapan dibanding generasi milenial.

    ReplyDelete
  5. Di peluang itu bisa beli emas juga ya teh? Kirain buat reksadana gitu... Aku blom pernah nih investasi emas. Kayaknya boleh juga. Hari gini kan kita harus pinter2 putar uang ya. Nggak cuma sekadar ditabung, kalau bisa sih uangnya berkembang juga.

    ReplyDelete
  6. Aku jadi kepo cara berinvestasi emas di Pluang. Itu kita tinggal transfer dana sesuai jumlah emas yang ingin kita investasikan, atau beli emas dulu, atau gimana? Aku belum mudeng :D

    ReplyDelete
  7. Betul banget nih saya walaupun pandemi harus tetap berinvestasi walau sedikit, aku juga cari tambahan lain misalnya buka kelas nulis online lumayan juga hasilnya

    ReplyDelete
  8. Ah iya, kadang budget untuk beli masker dan vitamin tu ngga keitung. Padahal lumayan juga nilainya.

    Omong-omong, investasi emas di Pluang itu maksudnya kayak nabung gitu kah, Kak? Trus nanti misal hari ini beli sekian gram, besok sekian gram, jumlahnya akan diakumulasi gitu, Kak?

    ReplyDelete
  9. Sejak berkeluarga, aku dan suami selalu mencadangkan dana darurat. Apalagi kami bukan pekerja tetap, sama-sama pekerja mandiri. Jadi memang selalu menyimpan dana darurat. Terbukti saat benar-benar nggak ada pemasukan, dana darurat ini ngebantu membiayai kebutuhan keluarga. Kalo Petty cash biasanya dari cuan yang aku hasilkan, mayan lah bisa ngebantu suami ya

    ReplyDelete
  10. Penting menetapkan skala prioritas harus konsisten, disiplin, nyatanya susah nahan godaan diskon di ecommerce heuheu

    ReplyDelete
  11. Masa depan harus direncanakan jangan sampai nyusain anak istri. Dana darurat harus kita punya

    ReplyDelete
  12. Nah, udah lama di rumah ama keluarga menerapkan no petty cash, jadi kalo gak penting banget yah gak dibeli, apalagi pandemi kayak gini. buat makan di kantor aja yah dibawa dari rumah. lumayan juga bisa nabah tabungan. soalnya ke depan belum tahu lagi yah, butuh persiapan dan itungan juga

    ReplyDelete
  13. bener banget kak, sekarang vitamin, suplemen masuk ke daftar budget bulanan juga, karena memang kita perlu banget untuk meningkatkan imunitas tubuh. Alhamdulillah dana untuk berobta dialihkan untuk preventif. Memang masa pandemi gini harus pintar mengatur keuangan yaa.

    ReplyDelete
  14. Pluang ini satu aplikasi tapi bisa investasi apa saja yaa, emas, saham, sampai reksadana. Pandemi gini tuh soal keuangan memang terasa banget, pemasukan berkurang tapi pengeluaran bertambah

    ReplyDelete
  15. Wah dari saham sampai kripto ada ya di Pluang ini. Segalanya juga bisa dilakukan dengan serba online jd gak ribet ya utk berinvestasi. Caranya pun cukup mudah.
    Lg kepikiran jg nih bikin usaha sampingan. Udah ada idenya tinggal eksekusi hehe. Sekarang lg belajar pasar sukanya apaan dulu :D

    ReplyDelete
  16. klo aku, mengatur keuangan keluarga saat pendemi dengan cara berhemat
    juga mulai mencoba memiliki investasi
    juga mempersiapkan dana darurat tentunya

    ReplyDelete
  17. ooowww ini berarti enak juga nabung emas ya. jadi kita belinya dalam bentuk emas yang knversi dari uang yang kita tabung ya mak? Seru juga seh nabung dikit-dikit di pluang
    nanti kalau udah banyak emasnya bisa diambil atau tetap konversi lagi dari emas ke rupiah ?

    ReplyDelete
  18. Di masa pandemi kayak gini tuh memang kudu pinter-pinter ngatur uang ya. Pemasukan berkurang, tapi kebutuhan tetep, malah nambah. Pengen tahu lebih jauh tentang Pluang. Brb ke tkp...

    ReplyDelete
  19. Masa pandemi ini selain menyisihkan dana darurat saya juga berusaha untuk menambah penghasilan mbak dan pandemi dapat terlalui dengan baik.

    ReplyDelete
  20. eh baru tau nih aplikasi Pluang kak len. banyak juga fitur yang bermanfaat untuk mengatur perekonomian rumah tangga

    ReplyDelete
  21. Investasi zaman sekarang ini dipermudah banget ya mbak, cukup dengan 9000 kita bisa mulai berinvestadi emas di Pluang.

    Ohya, alokasi gaji untuk pembelian vitamin ini harus ada di aku teh. Jadi tiap bulan pasti beli stok multivitamin, madu buat kami dan khusus anak.

    ReplyDelete
  22. Makasih Uni kenalin aplikasi pluang jadi pengen downloadn mau investasi, hemat pula ya dari 9rb euy. Semoga ada rejeki untuk terus bisa investasi aamiin

    ReplyDelete
  23. petty cash, saya baru tahu istilah ini mbak. Iya sih ya, kadang kalau keinginan nggak dipenuhi tuh bikin kepikiran terus. Makanya bener juga kalau ada alokasi dana khusus untuk mengakomodir hal-hal kayak gini

    ReplyDelete
  24. jangan sekali kali meminjam uang di aplikasi pinjaman online hati-hati dengan pinjaman aplikasi online jika Anda tidak membayarnya segera.

    ReplyDelete
  25. Betul, lakukan investasi meski sedikit hehe, daripada engga ya kan?

    ReplyDelete