Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ide Olahraga Saat di Rumahaja

Bismillah,

Ide Olahraga Saat di Rumahaja - Hola sahabat lendyagasshi.


Kali ini mencoba ikut Tema Tantangan Menulis dari KLIP mengenai Olahraga Pilihanku. Sebenarnya kalau boleh jujur, aku penggila olahraga, terutama zumba, pilates dan yoga. Aku bangga banget bisa mengikuti rythm musik dan memiliki badan yang lentur.

Dulu,
Saat aku masih SD, Ibu selalu menyarankanku ikut ekskul seni tari dan ini aku tekuni sampai SMP. Aku ikut seni tari tradisional dan modern dance. Makanya jangan heran yaa.. kalau aku ngefans sama NCT. Karena menurutku, boygroup NCT punya gerakan dance dengan kerumitan yang tinggi.

Menari membuatku bisa menyalurkan kelebihan energi kinestetikku, hehehe..meski emak-emak, aku suka sekali bergerak aktif.

Tapiii..
Sayang sejuta sayang, karena pandemi, aku jadi berhenti ikut club olahraga yang biasa aku ikuti di sebuah hotel di Bandung. Sebuah kenikmatan tersendiri ketika selesai berolahraga. Badan jadi bugar, fit dan gak mudah sakit. Plus yaa... aku sering begadang loo, tapi alhamdulillah, gak pernah ngerasain pusing.


Ide Olahraga Saat di Rumahaja

Terus yaa..pandemi membuat kami dirumahaja gitu.. Dan mau olahraga mager banget. Padahal sebelum pandemi, kami sudah mengikuti euforia olahraga bersepeda. Hihii~

Jadi melalui TTM KLIP, aku mau berbagi olahraga sederhana yang biasa aku dan anak-anak lakukan dirumahaja. Apa saja?


5 Ide Olahraga Saat di Rumahaja

Jumping Rope

Alat olahraga : Jumping Rope/ karet gelang yang disatukan hingga panjang

Cara melakukan :

Bisa dimainkan bersama anak-anak dengan meminta kerjasama mereka memegang kedua sisi jumping rope dan diputar.

Atau 

Dilakukan perseorangan dengan cara melompat sebanyak-banyaknya. Ketika gagal, bisa bergantian dengan anggota keluarga lain.


NB : Enaknya menggunakan karet gelang sebagai alat jumping adalah bisa digunakan main lompat tali juga. Namun kekurangannya, tangan akan menjadi bau karet, hehhee~



Inline Skate

Alat olahraga : Sepatu roda inline skate

Semenjak pandemi, bermain sepatu roda di dalam rumah sudah seperti mbak-mbak di mall itu loo.. Jadi anak-anak seliwar seliwer dan aku pun ikutan, hehehe.. Bisa memudahkan dan mempercepat mobilisasi. Tapi hati-hati nabrak yaa.. Jangan terlalu ngebut.



Lari di Threadmill

Alat olahraga : threadmill

Ini menyenangkan sekali. Motivasinya adalah bisa lari dengan kecepatan yang semakin lama semakin ditambah sambil mendengarkan lagu kesukaan. Nanti kapan-kapan aku kasih tracklist lagu yang bikin semangat buat lari di threadmill yaa..

Ide Olahraga dirumah : Lari di Threadmill

Mostly, lagu-lagu upbeat nya NCT siih... Seperti Black On Black sama Resonance.



Zumba With Kpop Dance

Alat olahraga : TV Online

Ini paling suka, tapi suka sebel kalau mendadak ada orang rumah yang seliweran, hahaha.. Pinginnya olahraga dengan jarak yang proper dan bareng sama anak-anak. Tapi mereka senangnya gogoleran di bawah mama saat bergerak.

Rekomendasi channel :
Vivian Yuan, Golfy Dance Fitness sama langsung dari channel NCT, Dance Practise.

Alternatif : planx, yoga atau pilates.

Dijamin, keringetan banget dan enak di badan, udahannya.



Bermain Bola

Alat : Bola karet

Bermain lempar bola ini memang kurang melelahkan, Yang paling melelahkan tentu saat bola tidak berhasil ditangkap sehingga membutuhkan energi untuk mengambil bola. Hhiiihii

Fungsinya lebih ke konsentrasi dan komunikasi antar tim, kalau dilakukan dalam tim.


Itu tadi 5 ide berolahraga saat dirumahaja. Dan ingat ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum berolahraga. Apa saja yaa..?


Yang Harus Dilakukan Sebelum Olahraga

Menggunakan pakaian berbahan nyaman

Pakaian ini harus sesuai dengan olahraga yang dilakukan. Misalnya saat bersepeda, pakaian berbahan kaos dan rok celana yang nyaman juga hijab yang tidak merepotkan. Walau dirumahaja olahraga yang dilakukan, baju juga harus nyaman.

Paling nyaman menggunakan kaos dan legging dan sepatu olahraga yang ukurannya pas.


Pemanasan

Sebelum berolahraga harus pemanasan dahulu yaa.. agar tidak kram dan badan siap untuk melakukan kegiatan fisik dengan aktif. Pemanasan gak perlu yang gimana-gimana, cukup peregangan otot tangan, kaki dan menggerakkan setiap sendi tangan, kaki dan kepala.

Buat hitungan 2x8 sebanyak 2 kali atau lebih.


Mencukupi dengan nutrisi yang cukup

Ide Olahraga Saat di Rumahaja : Siapkan Nutrisi yang cukup

Sebelum dan sesudah olahraga tentu kita harus mempersiapkan nutrisi yang baik sebagai asupan tubuh. Tidak boleh asal olahraga dan asal makan bila mengidamkan berat tubuh ideal. Mengubah kebiasaan pola makan ini akan berdampak baik untuk kesehatan tubuh.


Minum yang cukup


Idealnya ketika sudah berolahraga, jangan lupa untuk memenuhi asupan air mineral untuk tubuh. Minimal dalam tubuh orang dewasa minum sebanyak 8 gelas sehari atau 2 liter. Untuk anak-anak minimal 9 gelas sehari.



Ketika sudah mengubah kebiasaan mager menjadi produktif bergerak dan berolahraga, maka selain badan bugar juga menimbulkan perasaan happy sepanjang hari. Dan jangan lupa, kalau olahraga ini sesuai dengan kebutuhan dan kekuatan masing-masing. Jangan memaksakan diri mengikuti olahraga orang lain, kita harus mampu mengukur kemampuan dan sebaiknya dilakukan secara kontinyu. Bukan sekali dua kali, lalu berikutnya berhenti lagi.

Itu teorinya yaa.. 

Harapannya, setelah menulis blogpost mengenai Olahraga Pilihanku, aku menjadi lebih termotivasi melakukan kegiatan olahraga sederhana meski saat ini sedang dirumahaja. Aktivitas rumahtangga, bukan olahraga loo...

Dan, 

Yang paling terasa dari merutinkan olahraga adalah tubuh gak lagi pengen makan makanan yang gak sehat, seperti seblak dan kawan-kawannya. Aku cenderung picky eater ketika rutin berolahraga. Plus pencernaan jadi nyaman banget. Setiap pagi udah nongki di kamar mandi. Hihii~


Kalau sahabat lendyagasshi, merasakan apa nih...ketika rutin melakukan olahraga dan ketika stop olahraga?

Pasti ada doonk... ritme tubuh yang berubah?
Boleh banget kalau mau berbagi di kolom komen.


Terimakasih.
Dan selamat berolahraga.


With love,



20 comments for "Ide Olahraga Saat di Rumahaja"

  1. pakai Nintendo switch dancenya, anak2 lebih semangat serasa main game doang

    ReplyDelete
  2. Jujur aja, aku anaknya paling males kalau olahraga 🤣🤣🤣 ikut yoga pun karena dipaksa ibu. Gitu kok pengen badan kurus macam Seo Ji Hye ya? Secara mereka-mereka pasti getol banget olahraga nya

    ReplyDelete
  3. Maha lengkap seluruh informasinya Mbak Len :)

    ReplyDelete
  4. wah makasih mba ide-ide olahraga di rumahnya ^^ mau mulainya nih yg agak berat, emang mesti ada dorongan dari dalam diri untuk bergerak, hihi.. semangaattt~~

    ReplyDelete
  5. Main bola saya banget nih. Eh tahu sendiri kan Fahmi tuh ga ada teman (dia udah minta adik dari duluuu) jadinya lawan main bolanya ya saya. Apalagi ayahnya kan ke sekolah terus. Walau PSBB.
    Di rumah aja kita emang bisa gerak kok ya ...

    ReplyDelete
  6. Aku termasuk penggemar olahraga di rumah saja. Dengan adanya internet kencang, youtube udah bikin semangat olahraga ya mba :)

    ReplyDelete
  7. ah..aku jadi malu karena gak pernah olahraga hihi.. padahal asal ada niat pasti bisa.lah ya, secara jenis2nya ada yg bisa.kita lakukan sendiri. Terima kasih sharingnya, sungguh menginspirasi..

    ReplyDelete
  8. Aku kalau sering olahraga tidur lebih enak dan nyenyak, Mbak. Kayanya udah lama banget nih aku nggak olahraga. Bawaannya mager wkwk. Kalau mainan lompat karet dulu aku sering lakuin tapi pas masih SD hehe.

    ReplyDelete
  9. Makasih uni tipsnya.
    Aku dibeliin bola karet sama suami, tapi lupa peniup nya hahaha akhirnya masih belum disebul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli pompanya aja kan ada sist. Itu lho pompa portabel. Aku juga mau nyariin sih, buat pelampung anak-anak yang berendam di kolam plastik di belakang rumah, hihi.

      Delete
  10. saya juga ini lagi bertekad untuk bisa rutin olahraga juga nih walau di rumahaja, lemak perut semakin mbuncit macam ngalahin orang hamil aja deh, jadi berasa cepat capek juga sih gegara mager gini, hihih.

    jumping rope jadi ingat jaman kecil, suka banget main ini ama tetangga kompleks :D

    ReplyDelete
  11. Olahraga di rumah juga emang gak kalah seru ya. Tp blm punya threadmill hehe. Aku naksir pengen punya sepeda statis di rumah :d
    Kalau aku biasanya senam sih, entah masuk zumba atau gak, biasanya ngikut channel yang di YT tp yg ada tulisanya buat pemula gtu biar gak kecekluk #eh :D

    ReplyDelete
  12. Salah satu alasan biar ngga mager, nih. Zumba with Kpop dance bisa jadi alasan kuat buat gerak. wkwkwkw, selain musiknya bikin semangat, juga badan tetap ada aktifitas, ga diem dan stuck di kursi atau kasur aja..

    ReplyDelete
  13. Aku semenjak pandemi mulai reda, malah punya olahraga baru. Yakni lari keliling komplek sambil nyari pokemon, hehehe

    Soalnya kalo lari doang mah, bosen banget. Apalagi kalo ga ada partnernya.
    Semenjak pake pokemon ini aku ngerasa rada ada gamifikasi gitu biar lebih menarik.

    ReplyDelete
  14. pengen beli thredmill teh biar bisa olahraga sayangnya belum approve sama misua nih teh hehehe kabita bisa smabil lari sambil denger lagu asik ya teh sehat dapat deh

    ReplyDelete
  15. Pemanasan penting banget itu untuk memulai olahraga, apalagi yang memang jarang olahraga dan baru terbiasa semasa pandemi saja.

    By the way, tetap saja ya walaupun Zumba, musik dan koreo-nya harus berbau-bau Korea. Hehe

    ReplyDelete
  16. Awal-awal pandemi dulu aku rajin lho olga
    Yoga tiap hari, sore sepedaan
    Belakangan kendor nih, makanya berasa banget BB naik
    Baca ini serasa diingatkan kembali
    Mulai besok agendakan olga tiap hari lagi ah

    ReplyDelete
  17. Wah baru tahu nih mbak lendy suka ngedance. Hihi. Kalau aku olahraga di rumah paling ngikutin di youtube itu, mbak. Itu juga nggak rajin. Hehe. Tapi pengen sih beli peralatan kayak sepeda statis atau threadmill gitu

    ReplyDelete
  18. Kemarin saya pernah tuh iseng keidean punya ide olahraga dirumah, kebetulan ada stik golf kan di rumah, jadi deh bikin arena putt-putt golf rumahan pake karpet sama bekas gelas minuman. And voila olahraga bikin kita jadi happy yaa ternyata

    ReplyDelete
  19. Wahhh semenjak pandemi gini olahrgaa memang dialihkan dirumah semua, hampir semua cabor ada dirumah hha,.. Paling bakal nambah lapangan sih, cuma lahannya aja yang belum ada..

    ReplyDelete