Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bismillah, 2022 : Antara Evaluasi dan Resolusi

Bismillah,

Antara Evaluasi dan Resolusi.
Hola sahabat lendyagasshi.


Dalam rangka mengikuti BW dengan tulisan tema "Evaluasi dan Resolusi" akhir tahun 2021, aku sengaja menuliskan blogpost mengenai 2 hal tersebut. Yang mana, setiap tahun aku tulis bahkan di bulan Ramadan kemarin.

Baca juga :

Target 2021
2019 : Start From Today


Aku selalu mencantumkan target pribadi dan semoga dengan aku yang berubah, maka keluarga bisa merasakan dampaknya juga. Alhamdulillah, banyak bersyukur di sepanjang tahun 2021 telah banyak melewati lika-liku sebagai istri, ibu dan seorang pribadi yang bernama Lendy.

Yang aku syukuri adalah suami dan anak-anak senantiasa sehat dan membantu juga mendukung aktivitas menulisku. Seperti Abi yang kerap memperbarui gadget dan kebutuhan untuk blogging lainnya. Anak-anak yang selalu kasih semangat kalau Mama sudah capek dengan memijat badan dan gak jarang Hana mengusap-usap punggung Mama dengan alasan, punggung Mama capek ya... banyak duduk.

MashaAllah~
Tabarakallahu.

Antara Evaluasi dan Resolusi Tahun 2022

 

Karena diberi begitu banyak cinta, ijinkanlah Mama melakukan sedikit evaluasi di sepanjang tahun 2021 dan semoga menjadi resolusi di tahun 2022 agar menjadi lebih baik.


Barangsiapa yang harinya sekarang lebih baik daripada kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Barangsiapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi. Barangsiapa yang harinya sekarang lebih jelek daripada harinya kemarin maka dia terlaknat.”

(Ali bin Abi Thalib)


 

Evaluasi di Sepanjang Tahun 2021

Evaluasi di Sepanjang Tahun 2021

Manajemen waktu

Terasa sekali bahwa masih keteteran, terutama untuk hari-hari tertentu. Hari Senin, contohnya. Kalau anak-anak sedang liburan begini, aku bisa sedikit lebih santuy, tapi kalau pas waktunya anak-anak sekolah, wah.. ini terasa sangat melelahkan.

Mana menyiapkan kebutuhan Abi, mana kebutuhan anak-anak. Meski suami dan anak-anak sudah bisa mandiri, tapi terkadang aku yang standartnya belum puas kalau gak melayani satu persatu.

Solusi :

Persiapkan segala keperluan besok sedari malam. Sehingga saat pagi tidak terlalu lelah dan akhirnya merasa ada yang salah dan tidak puas dengan hasil. 

Menurunkan standart terhadap suami dan anak-anak. Percayakan bahwa anak-anak, terutama adalah pribadi yang sudah mandiri.


Bikin to do list yang detil

Ada beberapa hal dan amanah yang gak boleh banget terlewat. Jadi biasakan membuat to do list paling tidak untuk seminggu ke depan.

Solusi :

Terkadang sering merasa insecure dengan pencapaian sehari-hari. Dengan membuat to do list yang mendetil, maka lakukan semuanya tanpa menunda. Tidak ada alasan kalau belum menyelesaikan tugas to do list hari itu.


Melatihkan kemandirian anak

Saat ini, Aisy dan Hana sudah berusia 10 dan 8 tahun. Bagaimana membuat anak-anak paham akan masuk waktu sholat harus tepat waktu, murojaah dan menjalani serangkaian aktivitas harian yang sebenarnya adalah kebutuhan dirinya kepada Rabbnya.

Solusi :

Dimulai dari diri sendiri memberikan contoh yang sesuai dengan target.

 

Perbaiki komunikasi dengan keluarga

Seringkali aku lupa bahwa sudah beberapa waktu belum pulang kampung. Ada kerinduan yang terselip kepada keluarga besar di Surabaya. Ada kabar apapun, aku seharusnya mengutamakan memberi tahu Ibu, Mama dan Papa di Surabaya.

Solusi :

Jadwalkan waktu telp Ibu dan Mama. Aku sadar sekali bahwa banyak yang belum aku lakukan untuk menjadi anak dan menantu yang baik. Semoga lebih kontinyu memberi kabar ke keluarga besar. Walau mungkin hanya mengobrol hal-hal ringan.


Validasi, hilangkan prasangka

Ini penting sekali ternyata. Karena setelah kemarin ada masalah di keluarga besar kami dan itu menjadikan komunikasi serta diskusi panjang lebar dengan suami, aku jadi sadar banyak hal bahwa komunikasiku dengan suami bener-bener kurang lancar selama ini. Kami sudah jarang sekali pillow talk dan melakukan aktivitas bersama-sama yang melibatkan hati.

Solusi :

Perbanyak mengobrol secara terbuka bersama suami dan anak-anak. Terkadang, prasangka ini bisa sangat jauh sekali dengan kenyataan. Jadi, usahakan untuk validasi dengan bahasa yang santun dan baik agar komunikasi ke sesama anggota keluarga juga lancar.

 


Resolusi Tahun 2022

 

Resolusi Tahun 2022

Membaca 2 Buku dalam Sebulan

Bahagianya tuh..karena sekarang sudah ada tablet, jadi membaca lebih nyaman. Dan kemarin sudah berlangganan sebuah platform membaca e-book digital yang nyaman banget selama 1 tahun. Yuk, manfaatkan secara maksimal dengan membaca buku lebih banyak buku di tahun 2022.

Selain instal Gramdig, ada juga aplikasi iPusnas yang bisa diakses secara gratis dengan jumlah buku yang luar biasa banyak. Dan google play book, tempat baca e-book paling nyaman selama ini. Target sementara ini 2 buku dalam sebulan plus meresensinya di blog dan IG. Namun, kalau bisa lebih. Karena inginnya mendapat lebih banyak kenikmatan dari membaca buku, terutama buku-buku non-fiksi.


Menulis Setiap Hari : Blog & Diary

Target yaa..

Inginnya setoran KLIP 2022 tuh lancar... Setiap hari selalu ada yang disetorkan dalam bentuk link blog. Dan aku jadi kepikiran ide untuk menulis recap Kdrama Korea lagi, hihi...saking hobinya aku nonton Drama dan Film Korea yaa..

Jangan lupa,
sahabat lendyagassi yang ingin tahu lebih banyak mengenai drama Korea, larinya jangan jauh-jauh yaa.. di blog lendyagassi.com.

Di sana kita bersenang-senang ghibahin drama Korea terbaru. Sesekali juga film Korea yang lagi happening dan seru.

 

Kajian & Murojaah

Setiap hari seakan berpacu dengan waktu yang bergulir cepat. Semoga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia yaa.. Dan tetap selalu ikut kajian meski baru bisa online setiap hari Jum'at dan Sabtu di MISc. Lalu murojaah hapalan sendiri dan anak-anak.

 

Lebih banyak mendengar daripada berbicara

Uniknya yaa..
Karena anakku keduanya perempuan, aku banyak banget belajar dari mereka. Aisy yang masih sekarang anaknya sangat sangat perfeksionis sedangkan Hana yang super santuy, aku selalu merasa harus lebih banyak mendengar daripada berbicara.

Apalagi di usia kakak yang kini sudah pra-remaja yaa..
Anaknya gak pernah macem-macem, alhamdulillah. Maksudnya, gak minta aneh-aneh, sangat sederhana malahan...dibanding aku waktu kecil.

Dan kini, anak-anak sudah punya ranah privacy yang harus aku hargai dan hormati. Baik kakak dan adik memiliki buku diary masing-masing yang menceritakan mengenai keseharian mereka.

Inginnya menjadi Mama yang mampu mendukung kemanapun anak-anak akan mengembangkan dan mengepakkan sayapnya di angkasa kelak.

 

Semoga semua yang aku tulis, tidak menjadi tulisan semata yaa..
Dan semoga di tahun 2022 kita semua menuai banyak keberkahan dan kebahagiaan.
Aamiin~


새해 복 많이 받으세요!

(saehae-bog manhi badeuseyo)

 

With love,



21 comments for "Bismillah, 2022 : Antara Evaluasi dan Resolusi"

  1. Kalau inget diary jaman sekolah duh rasanya emosi. Ibu tuh baca-baca diary aku, masak? Kan itu privasi ya.!
    Padahal sekarang diary yg aku pajang di dunia digital malah gak dibaca sama ibu 🥲 *mengsedih aku tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eyaaa~
      Soalnya dulu mah...galaunya parah pissaan... Dan aku pernah donk, curhat ke diary kalo seneng sama sepupuku sendiri. Trus ibuku kaya pura-pura gak tau. Huhhuu, pasti deh, abis baca diaryku.

      Delete
  2. MasyaAllah anak-anak udah 8 dan 10 tahun. Usia menantang ini mbak. Semoga komunikasi keluarga makin lancar kompak bahagia yaa. Pun dengan setoran KLIP. Setiap hari? Wow!

    ReplyDelete
  3. Kagum banget aku sama mbak lendy ini produktif banget nulisnya plus bw juga nggak pernah ketinggalan. Apalagi keluarga juga memberikan dukungan ya, mbak dengan aktivitas yang dilakukan. Pastinya memberikan energi tersendiri dalam menjalaninya

    ReplyDelete
  4. Kalau aku bisa kasih penghargaan kayak Blog Award, salah satunya adlaah blognya Lendy Agasshi!

    Blog yang mengajarkan tentang pentingnya :

    1. Detail (dan ternyata ada to do list-nya)
    2. Perencanaan menulis
    3. Setia pada nieche
    4. Tepat waktu setiap BW
    5. Tulisannya kaya dan imajinatif sekaligus inspiratif
    6. Selalu santun sekaligus santuy saat berkomunikasi
    7. Produktif tapi selalu humble

    baca resolusinya sepertinya akan selalu membaik Insya Allah Len, tetap semangat dan menginspirasi yaaa... alhamdulillah punya keluarga yang suportif, dan salut sama Hana yang peka!

    ReplyDelete
  5. Hidup manusia kyknya gtu ya didorong utk selalu lebih baik dari hari kemarin setiap harinya sampai bener2 jd manusia yg lbh baik.
    Banyakin ngobrol tanpa ada gadget juga jadi salah satu yang kudambakan ingin banyak kulakukan nanti, ya sama suami, ya sama anak, ya sama teman2.
    Pengen juga menulis tiap hari di blog tapi kebanyakan overtinking mikirin kata kunci wkwkw, mungkin perlu dibudayakan lagi nulis ya nulis aja kali yaaa wkwk
    Aamiin semoga 2022 lbh membahagiakan.

    ReplyDelete
  6. Evaluasinya sangat detil teh dan ada solusinya. Sukak sukak. Teh Lendy hebat bisa menulis ini semua bahkan ngasih solusi yang bisa dilakukan nanti.
    Toss teh, saya juga target untuk buku 2 buku per bulan itu minimal. Udah sangat butuh nutrisi otak dari membaca.
    Semangat selalu ya teh untuk berkarya dan sehat selalu.

    ReplyDelete
  7. Banyak banget list yang bisa disyukuri ya, Len. Menulis tetap kenceng di segala kesibukan yang ada. Aku juga mau perbanyak baca buku (baru kepikiran setelah baca postingan ini), karena setelah menamatkan 1 novel di tahun kemarin jadi ketagihan lagi dengan nikmatnya membaca.

    Alhamdulillah, begitu banyak berkah di tahun ini semoga tahun depan juga tambah sukses dan diberkahi.

    ReplyDelete
  8. Mba lendy tuh udah rajin banget ngeblog deh kalau menurut saya. selalu aja ada konten baru entah bahas drakor atau yg lainnya. kalau di tahun 2022 mau nambah intensitas nge-blog lagi, wah, pasti bakal makin seru nih.. ditunggu konten tulisannya di tahun 2022 ini ya...

    ReplyDelete
  9. Aku juga menargetkan untuk baca buku di tahun ini. Tahun 2021 kayaknya 1 buku aja ngga kelar. Kebanyakan baca buku pelajarannya anak-anak doang. :'(

    Kemarin udah beli beberapa novel bekas, wkwkwk... Karena buat aku, cara memperkaya diksi dengan bahagia ya lewat baca novel, haha... Maklum, aku anaknya ngga bisa mikir yang berat-berat.

    Aku juga pengen bisa kayak Kak Lendy yang produktif banget nulisnya. Pengeeen banget bisa nulis ngebut tapi tetep bagus gitu, sedangkan aku masih cukup lelet. Bikin 1 artikel aja butuh 2 hari paling cepet. Huhu...

    Anyway, semoga resolusi kita bisa menemukan jalan untuk bisa tercapai ya, Kak.. Semoga tahun ini kita bisa menjadi hamba-Nya yang lebih baik. Jadi istri, ibu, anak, saudara, dan sahabat yang lebih baik juga setiap harinya. Aamiin YRA.

    ReplyDelete
  10. Bismillah, bisa, Mak. Tahun ini aku juga targetin 20 buku selama 2022. Semoga bisa tuntas, kalau bisa lebih. Dan pengin konsisten nulis review-nya juga. Kalau drakor kayaknya bakal makin rajin nonton deh, karena terpikat review-mu, wkwkwk. Semoga yang baik-baik mendatangi kita ya, Mak. Semoga Allah mudahkan segalanya, sebagai ibu, istri, anak dan influencer. Amiin

    ReplyDelete
  11. Wah seru ya BW-nya ada temanya. Kalau saya dalam menyambut 2022 ini, niatnya adalah menjadi blogger profesional Mbak.

    Melakukan pekerjaan yang sejalan dengan passion dan value, plus kesempatan untuk menebar manfaat buat orang banyak...isn't it wonderful?

    Semoga 2022 ini penuh dengan kejutan2 menyenangkan buat kita semua ya Mbak.

    Sukses & sehat selalu.

    ReplyDelete
  12. hiks aku ga pernah detail kalau bikin evaluasi dan resolusi, selama ini hanya mengandalkan ingatan aja, "ohh kemarin kurang begini, next nya kudu begitu", cuman gitu aja
    jadi misalkan ketika resolusi tercapai, nggak ada ceklist di notes yang menandakan hal ini udah tercapai
    kudu rajin ya harusnya bikin evaluasi gini, biar tau kekurangan diri juga

    ReplyDelete
  13. Bisikin dong teh, grup BW-nya nampaknya asik dichallenge sesuai tema.
    Resolusinya mantap terukur, seperti membaca 2 buku / bulan.
    Semoga 2022 menjadi tahun yang berkah dan tercapai semua resolusi-resolusinya.

    ReplyDelete
  14. harapan saya di tahun 2022 ini gak neko-neko, Mba. Cuman berharap segalanya (dalam hal apapun) lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya

    ReplyDelete
  15. Seperti biasa, mba Lendy selalu sistematis dan terencana. Tak heran jika resolusinya juga jelas step by stepnya. Pasti bisa terlaksana dengan baik mba. Sehat-sehat selalu, terus produksi dan senantiasa menebar manfaat ya mba Lendy..

    ReplyDelete
  16. Aku berkunjung kembaliiii!

    Aku mau usul ah, gimana kalau nanti kamu jadi narasumber untuk ngobrol seputar "cara menulis dengan gaya Lendy Agasshi" yang super duper keren itu? Kurasa banyak yang nungguin!

    ReplyDelete
  17. Diluar niche blog Lendy yang identik dengan ulasan drakornya, jujur blognya Lendy adalah salah satu blog favorit aku. Bahasanya mudah dipahami dengan sudut pandang yang menarik. Btw saya jadi kepo nih sama aplikasi google play. Intip ah.

    ReplyDelete
  18. Toss teh
    Aku pun juga mulai rutin nulis to do list
    Biar bisa lebih fokus dan jadi langkah mengatur waktu
    Btw sukses buat resolusinya ya teh
    Biar makin cetar saja di tahun 2022

    ReplyDelete
  19. Akutuh salut loh sama mbak Lendy yang bisa konsisten banget nulis rebiew hampir tiap hari. Panjang dengan foto-foto yang kece dan tulisan bagus pula. Masya Allah, selamat menyambut tahun 2022 ya mbak

    ReplyDelete
  20. Resolusinya sederhana dan bagus. Kayaknya bisa dicontek. Ngomong-ngomong kajiannya ikut di mana mbak. Pingin juga ikut kajian online. Sudah capek dengan dunia hehhehe.

    ReplyDelete