5 Keterampilan yang Dipelajari Saat di Rumah Aja

Bismillah,

5 keterampilan saat di rumah aja


Hola sahabat lendyagasshi...
Alhamdulillah, meski dirumahaja, kita tetap diberikan kenikmatan sehat dan berkumpul bersama keluarga selama 24 jam. Bosen gak...?

Hemm,
Sejujurnya karena sudah lama dijalani, lama-lama jadi terbiasa juga yaa... Jadi yaah, dinikmati dan disyukuri saja keadaan begini. Oh ya, tapi ada perasaan happy juga loo...ketika untuk pertama kalinya kemarin, kami sekeluarga keluar rumah sebentar. Agendanya hanya ke rumah Bude, yang biasa bantu di rumah selama ini. Beliau sudah kami anggap sebagai keluarga sendiri. Silaturahm tipis-tipis.

Amazingly,
kota Bandung yang selama ini terkenal macet di mana-mana, kini tampak lengang. Meski tetap, di daerah rumahku, masih ramai kendaraan lalu lalang. Maklum yaah...daerah Bandung Selatan memang ada banyak lingkungan perumahan.

PSBB kota Bandung dijalankan lumayan ketat. Dengan menutup beberapa jalan utama seperti Jalan Dago, Buah Batu, Soekarno-Hatta, Braga, Asia-Afrika dan beberapa titik untuk check-point guna memeriksa physical distancing yang dilakukan warga Bandung.

Jalan Dago PSBB
Foto Jalan Dago saat PSBB
Sesampainya di rumah, kami harus bebersih seperti yang seharusnya dilakukan. Mandi dan berganti semua pakaian dari luar. Agak ribet memang, gak bisa seperti dulu lagi... Tapi sekali lagi, ini demi kebaikan keluarga. Jadi patuhi dan jalani dengan bahagia.

Salah satu yang bikin bahagia walau di rumah aja itu... Aku bisa memperlajari hal-hal baru. Emm, mungkin bukan hal baru, tapi lebih ke pembiasaan agar semakin gercep.


5 Hal yang Dilakukan Meski Sedang Dirumahaja :

  Pengasuhan  

Of course lah ya... anak-anak 24 jam bersama, kalau gak emaknya bertanduk, gak mungkin. Apalagi pas masa belajar di rumah. Dibilang lelah, iya juga siih... Tapi tetap bersukur alhamdulillah, baik Aisy dan Hana bisa diajak kerjasama. Tapi kadang kalau jiwa sedang labil, marah sesaat. Seperti mengingatkan mereka perihal sholat tepat waktu, ingat hapalan dan kerjakan worksheet itu sungguh membutuhkan effort dan kerjasama dengan pasangan.

Mampir ke sini juga yuuk...




 Membersihkan laptop 

Gak tahu niih..beberapa hari kemarin, laptop jadi super lemot. Bahkan saat hanya ingin menunjuk menggunakan pointer, terasa loading yang gak berkesudahan. Akhirnya browsing sana-sini, suami menyarankan instal aplikasi CCleaner (memang berbayar siih...tapi ada trialnya selama 15 hari, lumayan banget kaan..) sekaligus di defragmentasi, agar laptop tetap prima dan jauh dari bug.
Oh ya, jangan lupa aktifkan anti-virus yaa...


 Challenge menulis 

Tahun ini pengin menambah challenge menulis, jadi memutuskan untuk konsisten di tantangan 30 Hari Blogger Perempuan dan Kompasiana. Pertimbanganku, karena mumpung dirumahaja, pasti banyak uneg-uneg yang bisa aku keluarkan, daripada jadi jerawat, #eh ...hhaha...



 Memasak 

Walau sebenarnya, aku bukan tipikal Mama yang hobi masak, tapi di masa pandemi begini, memasak jadi salah satu cara agar lebih hemat, bonusnya lebih sehat. Gak hanya masak menu utama, kadang yah...baking-baking dikit laah...




Bismillah,⁣ ⁣ Alhamdulillah,⁣ Ramadan kali ini kami semua #dirumahaja . Jadi saling berbagi tugas rumahtangga itu wajib.⁣ ⁣ Mama yang tadinya jarang masak, saat ini harus masak. Gak mungkin beli makanan setiap hari kaan...⁣ Tapi respon anak-anak selalu, "Mamaa...masakan Mama enaaak. Besok bikin lagi yaa.."⁣ ⁣ ⁣ 𝑀𝒶𝓈𝒽𝒶𝒜𝓁𝓁𝒶𝒽~⁣ Terharu mama.⁣ ⁣ ⁣ Menunya yang disukai anak-anak tentu gak jauh-jauh dari olahan ayam. Mau di goreng tepung, di masak sup, di bumbu kuning, di semur kecap, emm..apalagi cobaa??⁣ ⁣ Ini salah satu menu kesukaan Aisy Hana. Dibumbu tepung dan ditaburi parutan keju melted.⁣ ⁣ Sederhana yaah..⁣ Tapi dimasaknya penuh cinta loo..⁣ ⁣ Coba Bunda share juga yuuk.. menu andalan keluarga.⁣ Jangan lupa beri hastag #InspirasiResepHebat dan mention @bebeclub .⁣ ⁣ Hadiahnya oke banget loo..⁣ 𝗩𝗼𝘂𝗰𝗵𝗲𝗿 𝗯𝗲𝗹𝗮𝗻𝗷𝗮 𝘁𝗼𝘁𝗮𝗹 𝗥𝗽 𝟱 𝗷𝘂𝘁𝗮 𝗿𝘂𝗽𝗶𝗮𝗵 𝘂𝗻𝘁𝘂𝗸 𝟭𝟬 𝗽𝗲𝗺𝗲𝗻𝗮𝗻𝗴.⁣ ⁣ ⁣ Mau kaan...⁣ Jangan terlewat 𝐬𝐮𝐛𝐦𝐢𝐭𝐧𝐲𝐚 𝐩𝐚𝐥𝐢𝐧𝐠 𝐥𝐚𝐦𝐛𝐚𝐭 𝐭𝐚𝐧𝐠𝐠𝐚𝐥 𝟐𝟎 𝐌𝐞𝐢 𝟐𝟎𝟐𝟎.⁣ ⁣ ⁣ Masak menu andalan keluarga dan ciptakan suasana bahagia bersama.⁣ ⁣ ⁣ #BebelacDekatkanHati #GrowThemGreat #Ramadan2020 #BebelacxKEB . . Ikutan yuuk, ummahat keshayangan. @ummudaffamakarim , @aliaqara , @mitunismita .
Sebuah kiriman dibagikan oleh lendy_mut (@lendymut) pada


 Beberes Rumah 

Kalau engga ada himbauan dirumahaja karena pandemi, aku tipikal Mama yang sering melakukan aktivitas di luar rumah. Bisa-bisa baru pulang pas bareng sama anak-anak pulang sekolah, jam 4 sore. Dan beneran di rumahnya sekitar jam 5 atau setengah 6. Apalagi suami, yang tugasnya lebih banyak di lapangan. Bahkan beliau mengajar di sebuah kampus swasta sengaja ambil kelas karyawan, karena aktivitas di siang hari yang teramat hectic.

Jadi, sejak dirumahaja, aku setiap 2 hari sekali bebersih. Dari dalam rumah smapai kebun. Memang gak rapih-rapih banget siih...tapi sesuai sama mauku. Dan bercengkerama dengan kucing-kucing liar yang kerap kami beri makan.

Itu tadi keterampilan rumahtangga dan menulisku yang makin diasah, terutama di masa pandemi begini. Don't let the rest for a long time. Karena kalau gak ngapa-ngapain, malah kepikiran banyak hal. Kaya mengenai penyebaran virus Covid-19 di daerahku yang sudah termasuk zona merah sampai baca-baca grup wa sekolah yang isinya yaah...gitu deeh... 
**tau kaan...hosipan, isu dan segala yang dibahas. Bahkan ada yang perang kata-kata. Kan unfaedah banget yaa...


Inilah alasanku selalu mengisi waktu dengan keterampilan dari hal-hal yang aku sukai. Kalau mau baca, aku prefer baca buku online atau baca novel-novel unyu dari aplikasi yang ditawarkan di playstore, seperti Dreame, Novela, dan FunRead. Bikin happy dan berasa jatuh cinta lagi siih.. Selain tetap melakukan amaliyah selama Ramadan juga yaa...jangan lupa.

Jadi,
Gimana aktivitas sahabat lendyagasshi di masa pandemi begini?
Share di kolom komentar yuukk...siapa tahu menginspirasiku.


Happy Ramadan


Challenge Day 11 BPN :
"Keterampilan yang dipelajari saat di rumah"


with love,



13 comments

  1. Tetep semangat belajar ya meski di rumah aja. Kadang kelihatannya remeh tapi kita jadi merasa kalau itu penting.

    ReplyDelete
  2. kalau aku yang berasa banget itu kemampuan memasak teh, meningkat drastis hahaha the power off kepepet, sampe bikin baso sendiri hahahaa

    ReplyDelete
  3. Sama mba, aku juga semangat memperdalam ilmu lagi jadi dirumah aja bisa tetep produktif!

    ReplyDelete
  4. aku di rumah aja, kerjaannya cuma kerja, makan, tidur, masak wkwkwk ttp kerja soalnya jadi yaaaa ga beda jauh ama hari2 biasa

    ReplyDelete
  5. beberes rumah tuh makin menyenangkan saat WFH soalnyaa banyak yang bantuin haha tapi jadi lebih banyak juga yang diberesin :D rumah jadi lebih nyaman ya mbak

    ReplyDelete
  6. Aku bersyukur anakku belom sekolah. Kalo uda sekolah dan harus sfh, kayaknya bukan betanduk lagi aku, duri sebadan kyk landak 😂

    ReplyDelete
  7. Bener rasanya bosen sbnernya di rmh aja tp klo udh di jalanin banyak bgd sbnernya kegiatannya wlopun di rumah doang.

    ReplyDelete
  8. challenge menulis ini yang sedang aku jalankan meski ya ampun susahnya buat berkomitmen menulis ada aja gangguannya, padahal udah bikin list dan jadwal, banyak yang keskip hehehe, beberes juga jadi pilihan selama di rumah, kalau masak aku jarang hehhe

    ReplyDelete
  9. Dengan adanya psbb ini, sekaligus jadi bersih2 rumah, bisa ibadah bareng keluarga & masih bikin tulisan juga ka.. ya tidak jauh berbeda dari kegiatan kaka

    ReplyDelete
  10. Karena permasalahan di kantor akhirnya kugagal teh selesaikan challenge menulisnyabhhhu sedih hatiku

    ReplyDelete
  11. Wah iya, selama di rumah aja, aku pun banyak belajar. Salah duanya adalah masak masakan yang selama ini gak pernah aku masak. Itu, masakan yang bumbunya seabrek. Ternyata bisa juga. Dan lebih enak daripada pake bumbu instan. Terusnya juga bikin kue. Walopun gak secantik di internet hasilnya ternyata enak. Wkwkwkwk..

    ReplyDelete
  12. Di rumah aja justru bisa menambah waktu untuk belajar ya. Kalau aku jadi lebih rajin memasak karena khawatir kalo sering beli nanti tertular virus.

    ReplyDelete
  13. Sampai sekarang masih berbenah terus mba kalo saya dirumah, belajar masak lebih baik lagi dan belajar buat edit video :)

    ReplyDelete