Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

SUPER SHOW 9 : ROAD Official Concert

Bismillah,


Super Show 9 : ROAD Official Concert.
Hola sahabat lendyagasshi.


Sebagai fans Kpop dari jebot, rasanya gak afdol kalau gak nonton konser para oppa-deul dari Super Junior ini. Bagaimana pun, sebelum aku tergila-gila sama NCT, aku pernah berjalan bersama para uri oppa-deul di Super Junior dan hingga kini, aku masih mengikuti berita dan beberapa variety show Suju oppa di channel youtube.

Baca juga:
Super Junior 2005-2020
Sejarah Kpop: The Product Asian Exchange


Karena blog ini memiliki niche Lifestyle blog, aku jadi belajar banyak hal mengenai Kpop selain kdrama, kmovie dan kfood. Salah satu tempat favorit Makanan korea di Malang pernah dibahas oleh sahabat bloggerku, kak Silvana. Sahabat lendyagasshi bisa mampir ke link tulisannya dan mencobanya sendiri sebagai fans Korea sejati yaa..

Oke, karena aku baru aja dateng ke konser online dari Suju Oppa via online menggunakan aplikasi Beyond Live, maka aku akan sedikit cerita yaa.. Semoga sahabat lendyagasshi juga bisa menikmati sajian ulasan konser online yang seringkali ditanyakan orang,"Kenapa nonton konser? Apa gak cukup hanya menonton MV (Music Video) mereka atau acara-acara musik di youtube?" atau "Ngapain nonton konser tapi online? Apa serunya?"


Oke, semua bermula dari NCT sih..
Tapi akan aku bahas sedikit yaa... Kenapa aku pantang melewatkan konser online dari SM Entertainment.

Baca juga:
Konser Live SM Town Live: Culture Humanity

Ulasan SUPER SHOW 9 : ROAD Beyond LIVE



Kenapa Nonton Konser?

Nonton konser ini bagaikan melihat idol keshayangan dari sisi live. Kalau biasa nonton music video di screen, kala nonton konser bisa dengerin secara langsung suara merdu asli dari idol plus koreografinya. Ngefek banget.. Karena nonton konser juga bakalan banyak gimmick yang gak pernah kita tahu kalau di sosial media.

Supershow9 Super Junior concert 2022
Source : twitter
 

Oh ya.. sahabat lendyagasshi tau beberapa artis Indonesia saat konser pun tiketnya selalu ludes terjual. Yang saat ini sedang naik daun adalah Isyana Sarasvati, penyanyi Indonesia yang bawain acara konsernya seru banget!

Dan ini bisa membuat fans puas dengan fans service yang dilakukan sang idol untuk memanjakan dan memberikan ruang bagi idol untuk mengungkapkan cintanya pada dunia musik, dunia seni dan pada fansnya.

Jadi nonton konser tuh bagaikan simbiosis mutualisme. Sama-sama butuh, sama-sama senang dan sama-sama terhibur. Gitu lah ya.. kira-kira.

..tapi karena pandemi baru saja berakhir dan perlahan memulai aktivitas kembali. Kini Road Tour Concertnya dimulai dari ke Jepang dulu (Super Junior Japan Special Event 2022 - 'Return of The King') lalu berlanjut konser di Korea (SuperShow9: Road) yang dilaksanakan selama 3 hari.


Nonton Konser Online

Pandemi tiba dan menghalangi kita semua untuk berinteraksi dengan banyak orang di satu tempat yang sama. Sehingga salah satu solusinya adalah nonton konser online. 

Awal mulanya, aku gak menemukan keasyikan menonton konser secara online. Tapi karena secara bertahap, tempat nonton konser online ini memperbaiki kualitas dari aplikasi Beyond Live, maka meski dilakukan hanya dirumahaja, bisa sambil leyeh-leyeh (aku yakin gak akan sambil leyeh-leyeh juga sih.. kan gemesh kalo dengerin lagu dari boygroup keshayangan), jadi pasti duduk di meja sambil megang lightstick. 

Bagi yang belum punya LS (lightstick), biasanya disediakan di aplikasi dengan membayar sejumlah biaya tambahan di luar biaya nonton konser online. Dan LS ini bisa dinyalakan sebagai tanda kita hadir di konser online tersebut.

Nama LS Super Junior, Super Wand atau Suju Bong
Yang menyala warna biru memenuhi venue ini yang namanya lightstick


Super Junior SUPER SHOW 9: ROAD

Konser Super Junior yang selalu diberi tajuk SUPER SHOW ini sudah menginjak konser yang ke 9 selama perjalanan karir Super Junior sepanjang 18 tahun berkarya di dunia Kpop. Tentu bukan waktu yang singkat yaa.. Dan terbukti, konser Supershow 9 kali ini yang digelar selama 3 hari di Jamsil Arena, Seoul, Korea Selatan berlangsung sangat meriah.

Hari pertama: 15 Juli 2022, pukul 7 KST
Hari kedua: 16 Juli 2022, pukul 6 KST
Hari ketiga: 17 Juli 2022, pukul 4 KST

Supershow9 di Jamsil, Seoul Korea Selatan

Awalnya, kami para fans mengira kalau konser online ini adalah rekaman dari konser selama 2 hari sebelumnya. Namun terpatahkan ketika mereka memberikan speech di akhir konser. Bikin mewek banget karena Super Junior tetap melegenda bagiku.

Nonton konser Suju gak pernah membosankan!


Konsep Supershow 9

Meski koreo Suju mulai memasuki masa santuy, kami sebagai ELF sangat memahami sekali. Lagu-lagu Suju pun sudah sangat jauh berbeda dengan yang terdahulu.

Dan kekuatan Super Junior tetap di konsep dari konser Sushow. Untuk konsep Supershow9 tahun ini adalah drama musikal. Mereka membawakan dalam 5 babak dan seolah bercerita dari satu babak ke babak lain dipisahkan berdasarkan tracklist yang mereka miliki.

Konsep Supershow 9 2022, teater


Berapa Jam Nonton Konser Supershow 9?

Kami diajak bernyanyi bersama menikmati nostalgia lagu-lagu Super Junior sejak debut pertama kali pada 6 November 2005. Dan total ada 14 album (dari mulai full album sampai mini-album, tapi gak termasuk sub-unit album) selama 4 jam.

Dari mulai member OT (Official Team) 13 + 2 sampai kini yang masih bertahan selama 18 tahun berkarya adalah 9 member, yakni Leeteuk, Heechul, Yesung, Shindong, Siwon, Donghae, Eunhyuk, Kyuhyun, dan Ryeowok.

Member Super Junior 2022

 

Beberapa member sudah "lepas" seiring berjalannya waktu. Tapi meski sudah terpisah, mereka masih sering contact dan sesekali masih bikin konten youtube barengan loo.. Kaya Sungmin yang kini aktif di konten musik dan Henry juga aktif banget di youtube channel. Ikutan sorak-sorak bergembira kalau mereka satu frame lagi..

Oh ya, tapi Supershow9 kali ini meninggalkan duka karena Heechul oppa gak ikut, dikarenakan kondisi kesehatan yang gak memungkinkan ia berada di atas panggung dan menyapa ELF. But, sahabat lendyagasshi mesti tahu nih, karena selama 3 hari berturut-turut, selain para idol member boygroup dan girlgroup lain yang ikut hadir dan menonton, juga ada para orangtua dari para member Suju loo.. Termasuk Ayah dan Ibunya Heechul oppa.

Seneng banget gak siihh..

Baca juga:
Member Kpop yang Cinta Kebersihan


Lagu Apa Saja yang Dibawakan Saat Supershow 9: ROAD?

Senengnya kalau nonton konser tuh, selain mereka menampilkan lagu dalam bentuk grup (8 member), dalam bentuk sub unit (sub uni K.R.Y) dan lagu solo. Seperti yang ELF tahu, banyak member Suju yang menyanyikan lagu OST drama, selain Siwon dan Yesung oppa yang juga memiliki karir di bidang akting.

List Lagu Supershow9: ROAD


List Lagu Supershow 9: Road

Burn the floor
The Crown
Super
Mr. Simple
Ticky Tocky
Paradox
Mystery
Mango

Corazon Perdido (Yesung solo)
Lost Heart (Yesung solo)
Bluemoon (Donghae solo)
California Love (Donghae solo)
To Me (Ryeowok solo)
Dreams Come True (Ryeowok solo)
Be (Eunhyuk solo)
I Can't (sub-unit K.R.Y)


My Wish
Callin'
S.P.Y
Rokkugo
Mamacita
La.tte (Leeteuk, Shindong, Siwon)


House Party
Everybody
Wonderboy
Let's Dance
Devil
Don't wait
At Ganghwamun

B.A.D (sub-unit D&E)
Danger (sub-unit D&E)


Black Suit
Sorry, Sorry
Bonamana
More Days With You
Walkin'
Always (NEW SONG)


Epilog Supershow 9: ROAD

Nonton ini deh.. ELF pasti menangis!

Gak terasa banget kebersamaan dengan Super Junior sudah 18 tahun. Sedih senang bersama dan melalui banyak banget ujian dalam sebuah boygroup. Dari mulai bongkar pasang member sampai banyaknya komentar buruk mengenai uri oppa-deul.

But,
We keep it strong!

Ya, bcoz Uri neun elpeeeuu!


Yang menarik dari Konser Super Junior Supershow 9: ROAD

Penontonnya

Ya, penontonnya menarik perhatian karena gak hanya dari Korea, tapi juga dari luar Korea seperti Saudi Arabia, Amerika dan banyak negara Eropa lainnya.

Para ELF membawa bendera negara masing-masing sehingga di notice oleh member Super Junior dan di dadah-dadahin dari panggung. Hehehe~

Konser Super Junior Supershow 9: ROAD


Idol yang Hadir

Selain yang sudah aku bilang tadi bahwa para orangtua member Suju pun ikut berbaur di kursi penonton Supershow 9, ada juga para idol sahabat SUJU yang ikutan nonton. Seperti:

Jeno, Jaemin dan Jisung dari NCT Dream

Mereka adik-adik (hoobae) dari Super Junior yang kini merintis karir sebagai boygroup gen-4 di dunia Kpop dari sesama agensi yakni SM Entertainment. 

Jeno yang pernah diajak collab sama Donghae oppa dalam lagu California Love yang masuk dalam Album Solo perdana Donghae dan Jeno juga yang dibilang bagaikan kakak beradik (atau anak dan bapack?) karena visual mereka mirip banget!

Baca juga:
Visual Line yang Mirip dari SM Entertainment

Siwon dan Jaemin perwakilan duta UNICEF PBB dari Korea
Siwon Suju & Jaemin NCT Dream, perwakilan duta UNICEF Korea

Lalu Jaemin yang sejak rookie SM sudah terpilih menjadi wakil untuk duta UNICEF bareng Siwon opp, juga turut hadir menonton konser Super Junior Supershow 9: ROAD kali ini.

 

Selain ketiga adik dari NCT Dream, ada juga seonbae Super Junior yakni Changmin oppa dari TVXQ. Lalu rekan saat mereka debut, Minho dari SHINee. Selain itu ada hoobae Super Junior lainnya seperti Yuqi (G)I-DLE, Irene Red Velvet, dan Do Young dari NCT 127.

Semua ikut memeriahkan konser Super Junior 2022 kali ini. Ikutan terharuuu...

Akhirnyaaa..

Seneng banget akhirnya bisa nonton konser dan menikmati aksi panggung dari idol keshayanganku, Super Junior lagi.. Rasanya 4 jam bersama tuh, kaya kurang, kurang.. ((padahal uda ada encore loo)).

Semoga habis ini Supershow 9 bakalan road tour yaah..

Karena kabarnya konser SM sudah pada mulai road tour nih.. Seperti konser The Link: Singapore (konser NCT 127) pada 2 Juli 2022 lalu.

Oh iya, SM sampai bulan Agustus nanti bakalan sering konser online sih.. Hehhee, dan aku uda beli tiketnya dari sekarang doonk.. Kaya akhir bulan Juli tanggal 31 Juli 2022 konser NCT Dream dalam The Dreamshow 2 dan konser SMTOWN LOVE : SMCU EXPRESS pada 20 Agustus 2022.

Yuk nobar!
Sampai jumpa di venue berikutnya yaa..bestie~


Have a Nice Day!


With love,


 

40 comments for "SUPER SHOW 9 : ROAD Official Concert"

  1. Isyana kesan pertama kayak kaku tapi ternyata orangnya ngocol, ya. Pernah nonton beberapa video konsernya emang seru caranya berinteraksi.

    ReplyDelete
  2. Namanya juga Supershow ya, Mbak. Jadi super semua. Saya yang lihat foto-fotonya saja di sini, sudah bisa merasakan kemegahan konsernya, termasuk tata panggung dan lampu. Belum lagu koreografi yang memikat. Pantas saja, 4 jam masih kurang hehehe.

    ReplyDelete
  3. Lihat penataan panggung disertai lampu yang seper woowww, konser ini sudah pasti sangat seru yaa Mbak.Dan uniknya, ternyata konsernya sudah secara online juga..

    ReplyDelete
  4. Akutu sebenarnya pingin nonton konser offline. Langsung menuhin venue gitu. Asyik banget kayak bertemu langsung sama idola kita.

    Tapi apalah daya. Sikon nggak memungkinkan. Nonton konser SuJu online juga boleh banget...

    ReplyDelete
  5. Suju itu adalah engehnya daku dengan K-Pop karena lagunya yang sorry-sorry hehe. Walau selebihnya gak ngikutin lagi sih.
    Ah seneng banget ada info ini dari Teteh, jadi merindukan si Suju dah

    ReplyDelete
  6. Ya ampun sujuuu udah lama bangeettt.. eh tapi sy bukan penggemar sih cuma pernah takjub sama penggemar suju wkwk.. tp dr sini sy jadi tahu lightstick keren jg.. pake senter hape bisa ga ya haha

    ReplyDelete
  7. Waaa... aku setuju sih mba, mau konser online ataupun offline, kalau sudah idola yang manggung mah tetap wajib dan seru aja ditonton. Lucu juga yak, tetap ada lighstick juga meskipun online. hahaha

    ReplyDelete
  8. Aku tau Super Junior cuma Siwon aja yang dekat dengan fans di Indonesia. Keren banget ya ini grup bandnya legendaris dan awet.

    ReplyDelete
  9. ya ampunn aku ngga paham ha ho ha ho dong wkwk tapi aku dulu juga suka sama Suju sihh hehehe, lebih suka ke Big Bang akutuhhh, dan alhamdulillah kmrn dah rilis lagu lagi yak setelah sekian lama. Selamat Suju comeback dengan anggun banget nihhh

    ReplyDelete
  10. Wowww pantes kak lendy tmnku bela2in ke Singapore, tanya tips pergi dari batam karena tiket pesawat mahal banget.

    Kalau sudah suka yaa sekeluarga ke singapore lihat konser awal.juli kemarin (gusti yeni)

    ReplyDelete
  11. Kalau sudah suka, ngga bakalan melewatkan acara sebesar ini. Aku juga pernah beberapa kali nonton konser idola seperti beyonce dan rihanna. Beneraaaan bela belain deh buat dateng

    ReplyDelete
  12. Aku bayangin nonton konser online sambil bawa lightstick trus goyang-goyang badan sendiri. Hihi.. Kudu bawa teman se genk nih biar seru nontonnya

    ReplyDelete
  13. Lagu yg terngiang2 Mr.simple kak, enak banget di denger.. Andai tiket nya murah, otw lah ntn konser. Hehehe

    ReplyDelete
  14. Ku pikir awalnya acara apa gitu mbak hahaha btw, itu suju boyband yg aku dengerin lagunya pas masih SMP loh, awet muda banget yaa mereka

    ReplyDelete
  15. ini sih bakalan ramai yaa kalau ada di indonesia.. mumpung kasus lebih terkendali nih, udah pada berani nonton konser. walaupun masih pro kontra di sana sini

    ReplyDelete
  16. Idola sepanjang jaman nih, sebagai ELF lansia aku udah mulai persiapan buat konser kalau mereka beneran sambangi Jakarta hahaha. Sekangen dan serindu ituuu sama our Supermaaaan

    ReplyDelete
  17. Wah aku baru tahu teh bisa konser secara online juga ya. Wah seneng atuh ya bisa tetap nonton idola. Apalagi suju mah aduhhhh idolanya dari jaman dulu waktu awal kemunculan mereka ya. Yang aku inget itu mulanya muncul musik korea pertama kali aku tahunya Suju ini. Senior banget pokoknya walau skrang banyak lahir boyband baru. Tapi senior mah legenda ya teh. Kalau suju aku tahunya cuma siwon aja namanya. Kalau yang lain tahu wajah tapi ga tau nama aku hihihi

    ReplyDelete
  18. Wih para penggemarnya pasti seneng bgt nih, hehe tp ikut seneng jg akhirnya banyak lg konser musik artis luar yg digelar di indonesia ya

    ReplyDelete
  19. Seru juga ya bisa nonton oppa lewat online, raasany akaya nonton dari dekat ga sih?
    Di masa pandemi konser online sebagai solusi & bisa memenuhi kebutuahan masyarakat yang lagi bosan & mau nonton konser ke luar rumah tapi takut.

    ReplyDelete
  20. Wow, konser yang begitu istimewa nih! Super show yang menampilkan para bintang ketjeh, apalagi personil SUJU selalu terlihat memesona hati kaum wanita eeeaaa. Menurutku, yang paling ganteng sih memang Siwon terus hahaha : Konser offline kayak gini udah lama ditunggu2 penggemarnya.

    ReplyDelete
  21. oh baru tahu saya, Suju itu singkatan super junior yaa. ya Allah dari tadi saya teh nyureng nyureng, suju teh apaan yaa hihihi ternyata. Ah, emang beda yaa, generasi sekarang saya generasi emak emak kayak saya. gak kenal sama suju, palingan kenal sama Siwon aja, sebab wajahnya sering banget ada di tivi, ngajak emak emak masak pakai santan sasa hihihi

    ReplyDelete
  22. Terbayang meriahnya Konser Super Show 9 SuJu..yang online aja seru dan keren apalagi yang langsung di tempat ya..tak heran mereka sudah 18 tahun tentu performanya dah ga perlu diragukan lagi..sampe tak zoom itu wajah ga berubah. Awet mudaaaa semua

    ReplyDelete
  23. iyaaa sad bgt benernya Heechul nggak ada, tapi yaaa kesehatannya lebih penting sih. tp asli yaa akutu makin ke sini makin ga bisa lepas dr para ahjussi ini, hahah. udah lah cakep2, bercuan dan awet muda bangeeett

    ReplyDelete
  24. Juara kamu memang teh Lendy, ku acungi jempol deh kalau urusan Kpop belum ada yang ngalahin soalnya. Aku aja jadi banyak tau karena baca blog dan lihat instagrammu loh.

    ReplyDelete
  25. Mau berapa lama pun konsernya, tetep berasa kurang lama deh, apalagi kalau idolak yang di atas panggung tuh superstar semua.

    ReplyDelete
  26. Howaaa suju adain konser. Wah aku telat nih dapet infonya huhu.. tapi daripada online, molly mending offline sih lebih seruu

    ReplyDelete
  27. Ah, SuJu, pernah menemaniku di masa lenggang menikmati kejomnloan. Wkwkwkwwk.

    Siwon masih tetap ganteng, bahkan tampak lebih manis. Haduh, oppa yang satu itu memang wajahnya tak kan membosankan.

    ReplyDelete
  28. Bhuaaaa SuJu, awal2 KPop Korea yang aku suka ga berasa ya udah 18 tahun aja, seusia ma anakku.
    Inget deh dulu rajin nonton konser di TV, jejeritan olangan pas hamil ,wkakakakk...
    Selalu seru nonton konser tik, mau offline ato online sensasinya memang luar biasa

    ReplyDelete
  29. Hai Teh Lendy. Salud deh pengetahuan teteh nih komplit banget tidak saja bintang drakor tetapi juga penyanyi KPop lengkap dengan informasi konsernya. Anak dan ponakanku juga ngefans banget dengan artis KPop, fotonya sampe dijadiin PP loh

    ReplyDelete
  30. Whaaat? 18 tahun?

    Sudah selama itukah waktu berlalu Len! Kita ke mana aja ya sampe menggendats begini ga tau bahwa era Suju sudah berlaku digantikan NCT BTS SEVENTEEN dan entah apalagi

    ReplyDelete
  31. Menonton langsung sama.menonton di tv sangat berbeda, suasananya lebih dapat kalau bisa nonton langsung ya kak Len.

    Apalagi bisa melihat idolanya langsung di depan mata. Wuihhh bisa menjerit saking senengnya.

    ReplyDelete
  32. Aku bukan K-Popers, tapi aku suka Isyana Sarasvati, Kak... Huhu, doi lagi ngadain Lexiconcert sekarang. Tapi btw, Isyana tu kayak Kak Lendy sih, KPop Mania Mantap. Wkwkwkwk...

    Zuzurly, aku belum pernah nonton konser, Kak. Pasti seru ya bisa menyaksikan idola kita perform secara langsung..

    ReplyDelete
  33. Wahh mewah banget panggung konsernya ya teh
    Meski nontonnya online, rasanya tetap seru ya teh
    Apalagi kalau konsernya idol kesayangan

    ReplyDelete
  34. Aaakk.. Itu Choi si won cakep amat, dan cuma dia dong personil Super Junior yang saya tahu. Hahahah. Ingat dulu pas hamil anak sulung, sama teman-teman suka diisengin, didengerin lagunya Suju, katanya biar ada korea-koreanya gitu wkwkwkw.. ngasal aja~ itu tuh lagu yang liriknya: meka meka midaaa (ini doang yang keingat)

    ReplyDelete
  35. Nonton konser online juga oke ya, soalnya belum memungkinkan nonton secara offline. Seru juga bisa menyaksikan super show 9

    ReplyDelete
  36. Ahaha iya aku yang masih familiar mungkin Suju sama satu lagi yang aku suka tapi dia lbh kyk band gitu yaitu CNBlue. Suju ini kyk tak lekang oleh waktu ya, kyk bbrp grup band legendaris juga asal negara kita sendri.
    Aku pas dah jadi emak2 dah gak pernah ke konser live lagi, pengen sih, tapi mungkin gak ke konser mbak Isyana, maunya ke konser band lawas kek Sheila on 7, Padi, xixixi. Eh atau satu lagi, Tuluuussss, pengen banget liat dia manggung live. Malah bahas penyanyi dalam negeri :D :P

    ReplyDelete
  37. Daebaakkk pastinya makin semangaattt utk pantengin konser

    Sarana healing yg efektif bgt
    Daku pun sukaaa

    ReplyDelete
  38. Ternyata bisa seseru itu ya mbak, meskipun konser online. Prepare dari penyelenggara juga total. Terus interaksi dengan penonton juga bagus. Jadi nggak heran kalau banyak yang suka dan merasa puas.

    ReplyDelete
  39. Luar biasa nih 4 jam nonton konser, seru banget ya tampilan SUJU di panggung. Ternyata udah lama banget ya kiprah mereka di dunia musik. Pantesan para fansnya ga bisa move on. ;)

    ReplyDelete
  40. Teman sekantorku juga ada nih yang fans berat Super Junior. Dia koleksi semua albumnya bahkan sampai nulis buku tentang super junior segala

    ReplyDelete