Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Menaikkan Follower Twitter

Bismillah,


Tips Menaikkan Follower Twitter.
Hola sahabat lendyagasshi.

 

Bagi seorang konten kreator, apa sih yang terpenting selain memikirkan konten?
Ya, tentu saja follower sosial media yang kita miliki.

Mereka tuh ibarat kata bisa menjadi pundi-pundi rupiah buat seorang konten kreator. Jadi kalau selama ini ada sesembak artis yang kasusnya viral itu mengatakan kepada media bahwa "Aku gak minta makan dari Netizen" itu mungkin ada benarnya, tapi juga lebih besar lagi salahnya. Hahhaa..monmaap!

Kenapa penting memiliki follower banyak?
Apakah tidak lebih penting dari engagement yang banyak?

Yah, ini kembalikan lagi ke masing-masing personal. Karena job saat ini rata-rata menyukai keduanya, jadi kenapa tidak memaksimalkan keduanya di waktu yang bersamaan?

Effortnya gede?
Banget, gede banget!

Makanya bagi konten kreator yang memiliki teamwork, tentu semua bisa di manage dengan baik. Antara follower, konten dan engagement semuanya seiring sejalan. Namun bagi konten kreator yang mandiri kek awak-awak gini, gimana menyiasatinya?


**Disclaimer: ini berdasarkan pengalaman pribadi yaa..
Dan bagi yang kurang setuju dengan caraku, mungkin bisa disesuaikan dengan pengalaman masing-masing.

Tips Menaikkan Follower Twitter




Mengenal Sosial Media Twitter

Berdasarkan pengalaman, justru menaikkan follower twitter ini yang lebih susah daripada follower IG atau sosial media lain. Karena banyak yang menyebutkan main twitter kaya anak alay, hahaha.. Jadi suka ada yang isi bio dengan keterangan yang unik dan mungkin bikin kita yang terbiasa dengan platform sosial media seperti instagram atau FB merasakan kena shock culture!

Dan karena konten yang viral di twitter ini bisa diakses siapa saja tanpa ada akun pengaman, jadi bisa aja kontenmu viral, hanya followermu gak nambah-nambah. Itu bisa banget.

Jadi gimana nih tips biar follower twitter bertambah?
Inget dulu do's and donts' nya yaa, gais.. seperti:


DONT'S:

Jangan terlalu maruk dengan program follow to follow di twitter yaa.. karena batas minimal following akun twitter cuma 400. Kalau lebih dari itu, sudah bisa dipastikan akunmu bakalan digembok sama twitter.

Hih!
Serem kaan..

Iya, gak seserem itu juga sih, asal pas isi data di twitternya tersambung di email atau nomer HP aktif yang kamu miliki. Yang parah adalah kalau akun twittermu zaman baheula, terus kegembok dan kunciannya gak tau kemana, alias email uda lupa password, gak bisa dikembaliin dan masalah teknis yang bikin kepala pusiaang!

Kok bisa bilang gini?
Pengalaman, cyin..

mengatasi akun twitter kena blokir

**Sebelum akun twitterku yang sekarang ini, @lendyreny (follow deh, dijamin aku followback. Kalo kelewat, DM atau tulis pesen di berandaku aja, dengan senang hati aku folbek ya ges ya)


Bagaimana kalau akun terblokir twitter karena ada aktivitas yang tidak biasa?

Caranya dengan mengikuti panduan dari twitter aja sih.. kaya klik 'start' terus nanti dikirim kode buat lepas gembok by nomer HP yang aktif, lalu masukin 6 digit kode tersebut, and tarraaa~

Sama twitter yang baik hati dibukain lagi gemboknya.

Tapi setelah itu, sahabat lendyagasshi gak bisa follow to follow lagi. Jadi diakalin sama follownya satu atau 2 akun lain terlebih dahulu, terus tunggu 3 menitan, nanti follow lagi. Memang kudu sabar gini siik~



DO'S:

Yang perlu banget diperhatikan ketika bermain twitter adalah jaga sikap. Meski banyak hal yang kamu bisa dapatkan dalam sekejap, tapi tahan jari untuk tydack berkata-kata kasar ketika ada yang provokasimu. Sebisa mungkin berkatalah sewajar mungkin atau jangan menyulut perseteruan dengan orang lain.

Yah,

Orang yang main twitter ini memiliki tipikal unik, seperti mudah terprovokasi, mudah terjaring berita viral dan mudah mendapatkan ghibahan yang paling panas, yang biasanya jarang ada di sosial media lain.

Kalau uda gatel pingin ngomong kasar, inget-inget lagi kalau semua perbuatanmu ada yang mencatat yaa.. Emm, selain malaikat Malaikat Raqib dan Atit, juga ada yang namanya "Tweeps and Replies". Di bagian ini kamu kek gak bisa nyembunyiin apapun yang pernah kamu tuliskan di twitter.


Oke deh, sekarang aku rangkum se-fruit tips menaikkan follower twitter yang aku lakukan selama beberapa hari ini. Bismillah dulu.. Semoga semua lancar dan gak ada gangguan kayak akun ke gembok atau mendadak followermu pada ngilang.. huhu~

Let's get it!


Tips Menaikkan Follower Twitter

Memang gak hebat-hebat banget sih..mungkin tipsku ini. Tapi selama kurang dari seminggu ini aku rutin melakukan, kok aku berasa happy banget yaah.. Follower naik sampai 1200an dan kalau aku rutinkan, semoga follower akun twitter lamaku @lendymut (3000 sekian) bisa kembali. 

Oh, iya..
Pas kehilangan akun tuh yang bikin nyesek adalah follower sih.. Masalah lain-lainnya mah ya.. efek domino dari kehilangan akun ini. Dan aku jadi super BT, super sensi dan paling gak suka kalau ada yang nanya "Kenapa twitternya di banned, Len?"

Rasanya capek kalau ada yang nanya meski tetep aku jawab juga sih..

Nam Joo Hyuk lelah
Ekspresiku diwakilkan sama mas sukangawur alias mas Nam Joo Hyuk

 

Akhirnya mengaktifkan 2nd account yang biasanya cuma aku buat retweet cuitan dari artikelku. Bener-bener minim follower lah.. orang cuma buat seneng-senengan aja. Dan akun yang hilang tuh sejak 2010. Second account-ku sejak 2016. Jadi kek yang... HUH! gitu..

Tapi yang jadi renungan saat itu adalah tetap harus bersyukur. Mungkin inilah cara Allah untuk membuatku tegar. Eaaa~ ((ROSSA banget!))

Dan dari sini, aku kembali bertemu dengan orang-orang baik yang mau bantu buat RT pengumuman pertamaku dan follow aku tanpa syarat. MashaAllah yaah.. Boleh aku sebut yaa.. akun-akun pertama yang langsung follow aku begitu akunku raib.

@niaharyanto
@ElvaFun
@nuditopuccino
@nuryantidewi78
@Oline_BMI
@jiahaljafara
@T2h_Okti
@ceritaarni
@panah_bintangku
@lidbahaweres
@april_hamsa
@fw_bungsu
@TatiekPurwanti
@vampiregadiez
@sarisatria
@Nurulsufitri
@ila_rizky
@marfavmi
@tisyutoilet


Barakallahu fiikum.
Semoga persahabatan yang terjalin ini akan terus indah. Iiih...baper jadinya akuh..

Ya uda langsung aja aku bagiin tips menaikkan follower twitter yang aku lakukan beberapa hari ini yaa..


Ganti Nama Profil Twitter

Melihat beberapa temen blogger menuliskan nama yang merupakan branding mereka, aku juga awalnya menuliskan namaku yang juga nama blogku. jadi @lendyreny ini kan gak bisa diubah ya ges yaa.. Tapi nama di atasnya yang ini, bisa diuubah-ubah sesuai dengan branding yang ingin ditampilkan.

tips menaikkan follower twitter
Bio di twitter

 

Kalau aku jadinya --> Review Drakor, Kmovie, Czennie


Isi Bio dengan Sepenuh Hati

Nah, ini juga bagian dari branding. Agar aku mudah ditemukan oleh sahabat blogger dan akunya juga mudah menemukan sahabat atau pertemanan yang satu circle. Jadi, aku kasih tuh bio yang ada kaitannya sama profesi, komunitas dan fanbase Kpop yang aku ikuti.

Jangan lupa alamat blog, isi avatar (foto profil) yang merupakan gambaranmu banget!
Foto latar sampai detail pinned post. Kasih post pertama yang sahabat lendyagasshi sematkan sebagai branding (caranya titik tiga dan klik 'pinned post').

Gunanya agar bila ada yang mau follow atau folbek tuh merasa yakin kalau ini adalah sahabat yang mereka kenal. 

Seperti aku, selalu pinned post all bout NCT, hehehe.. Soalnya ya emang waktu itu bingung banget mau kasih apa yaa.. Jadi yang mewakili perasaanku yaa.. pic-nya Abang Jeno.

 

Baca juga:
Kenali Gejala BIM dan Cara Mengatasinya
Hiburan Korea Selain Drakor

Gimana caranya follower twitter naik


Sediakan Waktu Optimasi Twitter

Minimal jika ingin menaikkan follower memang kudu alokasikan waktu minimal 1 jam. Ini khusus untuk follow to follow. Kenapa?

Karena biasanya temen-temen yang yang ikut program follow to follow ini inginnya serba gercep. Ketika mereka follow, ya segeralah folbek. Kalau engga, biasanya auto unfollow deh.. Kalau uda gini, program menaikkan follower gak akan jalan.


Banyakin 'Nyampah' di Twitter

Okai, pasti kamu saat baca ini berasa kayak 'whaadd'? Sampah gimana nih?
Yah, intinya kalau main di twitter itu kudu siap dengan hal-hal retjeh, jokes-jokes retjeh dan segal sesuatu yang retjeh.

Karena aku suka Kpop, biasanya aku suka banget RT dari fanbase NCT Indonesia atau akun fans yang bener-bener loyal dan update mengenai bias NCT aku. 

Gak kudu Kpopers kok..
Salah seorang sahabat blogger parenting, sebut saja namanya kak April Hamsa @april_hamsa (hahhaa, monmaap, kak April), salah satu tips menaikkan follower blio adalah dengan sering komen di konten yang sedang viral.

Komen yang baik tentunya yaa..
Sehingga dari komen ini, seringkali mengundang someone from nowhere buat kepo sama beranda twitter kita dan pada akhirnya mau klik tobol 'follow'. Yeaayy~

Berbeda lagi sama tips dari kak Dian Kusumastuti @dekamuslim nih.. Kalau blio gak pingin akun twitternya kenapa-napa alias ke banned atau kekunci, jadi blio main aman. Menunggu ada yang follow baru dengan kekuatan super kilat, bliao langsung folbek.

Kalau tips kak Nurul Rahma @nurulrahma, kurang lebih sama seperti aku sih.. Blio gemar bikin RT dan bikin cuitan mengenai blog yang dirasa menarik baginya. 


Jadi sahabat lendyagasshi pilih cara aman yang mana?
Yang manapun semoga konsisten dan bisa menarik temen-temen di twitter yang se-vibes untuk saling follow, karena ini adalah azas kebersamaan, tepa slira dan gotong royong.

Hehhe~



Ikutan Program Follow to Follow

Nah, program ini yang perlu sahabat lendyagasshi ikuti. Biasanya ada dimana?
Karena aku senang dengan Kpop terutama NCT, jadi biasanya yang sering kelewat di berandaku adalah program 'Follow to Follow' based on topik yang biasa kita ikuti.

Dan salah satu akun fanbase adalah yang paling sering ngadain program 'Follow to Follow'. Mereka biasanya buka pagi dari jam 07.00 lalu sejam kemudian fanbase Kpop lain lagi, jadi ikuti aja flow-nya.

Kalau sahabat lendyagasshi suka masak, suka tema parenting atau berita yang sedang viral bisa cari di akun-akun yang biasa ngadain program 'Follow to Follow'. Dari bio yang kita tampikan, biasa orang yakin kalau mau follow karena merasa satu circle. Jangan lupa, kesan pertama tentu dari foto profil yang kita tampikan ya.. Kan itu yang paling catch-up yaa..



Gercep Folbek Atau Unfollow!

Ini bagian dari etika dalam bersosial media sih yaa.. Di saat kamu di follow seseorang, jangan biarkan folbeknya terlalu lama sampai lupa kalau belum folbek. Inget ya.. "Im not your fans!"

Hahaha~
Ini salah satu candaan salty kita di fanbase sih..

Do and Donts bersosial media

Dan kini aku punya kebiasaan baru, setiap pagi, sembari menunggu list follow to follow, aku bakalan liat list followerku yang gak folbek. Bakalan auto aku unfollow deh.. 

Kenapa se-strict itu?

Aku gak suka berpikir dia gak mau follow aku, tapi bisa jadi notification saat aku follow beliau ini gak terbaca, bisa jadi kan ya... Atau karena sedang kena limit dari twitter, ini juga bisa. Namun alasan yang paling aku benci dan aku hindari adalah berpikir bahwa memang beliau followernya uda banyak, jadi gak butuh folbek.

Nah, kira-kira kamu mau jadi orang yang gimana nih, sahabat lendyagasshi?


Jangan Unfollow yaa..

Setelah follow sahabat di twitter, please interact with 'em!
Jangan unfollow yaa..

Karena aku merasa kita pasti saling membutuhkan dan dengan twitter, sebenarnya aku memangkas banyak waktuku untuk tahu berita terkini yang sedang hype melalui tagar trending. Jadi berasa banget zaman sekarang tuh mau travelling kemana pun hanya dengan menggunakan sosial media, uda bisa banget mengetahui banyak hal.

Namun ya.. kudu tetap batasi diri dan dewasa dalam bersosial media, seperti salah satu bestieku yakni seorang Travel Blogger Medan, kak Trisuci. Beliau mengoptimalkan sosial media yang dimiliki terutama blog untuk menuliskan apapun yang berkaitan dengan wisata di Medan. Dari mulai penginapan, hingga impian Ingin Bersenang-senang Bersama Teman Hidup.


Terasa banget yah, manfaat sosial media dan followernya. Apalagi followernya tuh orang yang satu circle dengan kesukaanmu. Pasti dijamin bikin bahagia dan bakalan jadi "Si Paling Update" deh..


Selamat Mencoba.
Semoga follower di twitter bisa bertambah 💚💛💜


With love,


 

32 comments for "Tips Menaikkan Follower Twitter"

  1. gak hanya blog, menurutku twitter juga harus menerapkan niche tertentu kalo mau punya banyak followers
    Dulu di awal punya akun Twitter, saya jadi fans nya Jokowi dan selalu ngetweet/retweet tentang blio, dan daraaaadaaa......folowersku nambah secara signifikan
    Sekarang sih gak beerani karena sering dapat job ngetweet :D

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat untuk menambah follower twitter buat keperluan nembangun jejaring

    ReplyDelete
  3. Username twitter masih bisa diganti selama belum ada yg pakai mbak.. Baru-baru ini saya ganti username akun alay Saya jd ke nama anak dan masih bisa.

    ReplyDelete
  4. Nah ini, follower twitterku stagnan aja, pantas. Jadi, selain menunggu difollow harus follow duluan kali yak. Twitter ini bisa dibilang tempat ternyaman buat sambat, tapi di sisi lain buat konten kreator, follower yang banyak juga penting.

    ReplyDelete
  5. Teh Lendy manfaat banget nih tulisannya. Aku punya twitter followersnya dikit dibawah 1500 itu juga jarang di maintanance. Semoga ikutin tips ini followerku jadi nambah ya

    ReplyDelete
  6. Aku inget pas teh lendy tahu2 ganti akun. Kukira kenapa teh. Ternyata twitter emang lagi galak ya, kalau follow agak banyakan langsung disemprit.

    Pernah dikasih tahu menfess fanbase juga kalau mereka nerapin istirahat juga buat akunnya yang sering twit otomatis, diliburin beberapa hari. Biar nggak kena pelanggaran.

    Tapi selama nggak aneh2 makenya insya Allah aman aja. Yang penting nggak ikut twitwar teh.

    ReplyDelete
  7. Wah..ku keep infonya, follower Twitter-ku stuck huhuhu. Ternyata ada tips dan trik yang jitu buat naikkin follower Twitter. Thank You!

    ReplyDelete
  8. MasyaAllah akun daku masuk daftar juga, hatur nuhun Teh...
    Pokoknya mah semangat nge-tweet, tanpa hestek, lalu rajin follow duluan gak apa minimal yang judulnya "sesama bloger"...
    Kalo seminggu gak difolbek ya udah cari yang Laen, wkwkwk

    ReplyDelete
  9. Wah tipsnya ngebantu banget. Cuman sayang aku gak pernah ikut follow to follow. Capek. Jadi ya segitu aja followerku. Coba ikutin tipsnya ah. Siapa tahu followerku nambah. Hehe

    ReplyDelete
  10. Wah ini tips yang menarik dan bermanfaat
    Followers Twitter ku masih dikit
    Aku mau terapkan tips ini ah

    ReplyDelete
  11. Oh..malah baru tau ada program follow to follow dari fanbase kpop gitu.
    Tp twitter tuh kadang menyenangkan tp kadang bikin deg degan
    Soalnya pernah kena 'setrap' juga blom lagi pernah kena cyber bullying
    Huhuhuhh sedih bgt klo inget itu

    ReplyDelete
  12. Twitter, salah satu sosial media yang sering banget dipakai buat cerita-cerita atau sekedar mangkal di salah satu base nya. Kadang seru, kadang bikin tegang.. bermacam-macam deh kalau di Twitter :D
    Bisa nih tipsnya dipraktekkan di akun Twitter saya, terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete
  13. benar banget, Mba, menaikkan follower twitter memang susah banget, huhuhu. sampe saat ini follower saya segitu-gitu aja gak nambah-nambah. mungkin karena saya jarang update di sana kali yaa? baru update kalo ada job doang, hehehe

    ReplyDelete
  14. Iyahh bener banget Kak. Naikin follower di IG lebih cepet daripada twitter. Aku udah di twitter bertahun2 tapi followers masih 1.000+ jadi kalo ada tawaran job tapi minimal foll 2.000 mewek dong.
    Makasih ya nanti aku praktikin.

    emang di medsos yang itu banyak akun 'ajaib' dan komennya astaghfirullah. Bener, ga boileh kena provokasi ya.

    ReplyDelete
  15. Dulu semenjak awal bikin Twitter naik2 followers cepet karena suka bikin puisi galau. Netizen yang lagi galau biasanya lebih murah hati untuk like, retweet serta follow. Jadi cepet naiknya waktu itu. Ahaha

    ReplyDelete
  16. aku bukan anak medsos teh, makanya aku tuh jarang banget buka medsos, paling banter IG buat share postingan aja, kalau twitter kan bisa auto share begitu publish blogpost jadi aslinya aku ga pernah buka wkwkwk

    ReplyDelete
  17. mba Lendy , makasih banget tips nya nih, follower twitter ku emang butuh digenjot. huhuhu.. emang harus ada usaha untuk niat nyampah di twitter ya, biar naik followernya

    ReplyDelete
  18. Bener sih soal komentar di cuitan viral, bisa menaikkan follower meski punyaku juga naiknya dikit dikit. Tapi lumayan juga, yang dari follower 2000 bisa mendekati angka 2900an. Tapi aku kadang lupa ngetweet perhari, malas menyambangi. Untuk komentar sih masih rajin, hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh lumayan banyak tuh naiknya, Mba. Jadi kepikiran mau pake cara ini juga buat naikin followers twitter

      Delete
  19. Follower Twitter-ku udah lama banget stuck dan nggak mau nambah lagi. Sepertinya butuh lebih sering nyampah di Twitter nih hahaha. But, thank you ya, Kak, sudah berbagi insight mengenai hal ini. Akan segera kucoba mulai besok.

    ReplyDelete
  20. akun-akun yang disebut di atas memang penghuni setia twitter, Mbak Len
    tiap buka twit ya ketemu mereka, hehe
    makasih yaa tipsnya, aku mau coba soalnya followersku merangkak naiknya kayak sloth, hahaha
    duluuu bisa melejit naik karena buat kultwit trus di-RT sama safir senduk. kalau sekarang orang mah RT-RT aja tapi jarang yang follow, bener tuh viral bukan berarti followers nambah

    ReplyDelete
  21. iya ya yang namanya hashtag yang kita gunakan itu sebegitu berpengaruh. komunitas2 tertentu juga bisa bantu menaikkan. banyak juga warga twitter yang bikin utas untuk naikin followers

    ReplyDelete
  22. Twitter memang harus punya niche juga ya teh. Karena setiap buka Twitter pasti TT nya selalu ada tentang Korea (drama atau K-Pop). Follower Twitter ku lama banget naiknya hehe. Karena ga terlalu aktif juga kali ya 😁

    ReplyDelete
  23. Sejauh ini saya seneng di twitter karena banyak info bermanfaat dari orang-orang kompeten, nggak terlalu mikir nambah followers, sekarang harus dipikirin nih, catet tipsnya

    ReplyDelete
  24. Sampai sekarang masih berusaha menjadikan twitter jadi 'tempat bermain' yang asyik. Mungkin pengaruh usia kalik ya hahahaa... masih jarang nih merambah twitter. Kadang2 masih buka twitter sih, terus kalau lihat ada teman yang cuit2, ya kadang reply, terutama klo cuitannya lucu.

    ReplyDelete
  25. Wah ini benar-benar tips mantap dari yg pengalaman, hehehe terima kasih tipsnya semoga bisa memanfaatkan twitter setelah dimiliki elon musk wkwkw...

    ReplyDelete
  26. Dulu awal-awal nama akun aku datar banget,
    semakin kesini jadi sering diutak atik supaya bisa gain juga kalau pas interaksi gitu, ahah
    Aku juga punya pengalaman kebanned satu akun, itu pun nyesekknya kan main
    Bahkan mpe skrg belum balik
    BTW terima kasih sharing nya ya mbak
    aku baru nggeh klo ada follow to follow yg kayak di nct base gitu mba

    ReplyDelete
  27. Nyesek bener ya, akun utama belasan tahun gagal balik. Mudah-mudahan akun backup segera semoncer akun pertama dan aktivitas ngekonten positif juga makin semangat. Fighting! ^^

    ReplyDelete
  28. aku termasuk telat sih main twitter ini kayak sejak ada job twitter aja baru rajin ngetweet. hihi. tapi twitter ini seru sih soalnya kalau ada berita viral cepet banget updatenya

    ReplyDelete
  29. aku dari dulu juga berpikir kenapa follower twitterku lama banget naiknya, akhir akhir balik lagi mikir, kayaknya jarang ngoceh lagi, huuu kudu aktif lagi nih
    memang bikin nyesek ya mbak, kalau tiba tiba akun ke-gembok gitu, kadang aku juga suka bablas kalau lagi ikutan fff

    ReplyDelete
  30. Nah ini aku perlu nih naikin followers Twitter karena stuck bgt dr tahun lalu cuma sekitar 700an aja. Makasih Mbak Lendy tipsnya ya

    ReplyDelete
  31. Aku termasuk orang yang aktif banget bermain twitter, tapi kalau soal followers gak terlalu sih soalnya aku juga punya tools sendiri yang sebenarnya bisa menaikkan followers hanya dalam sekejap.. Tapi kembali lagi ke tujuan meningkatkan followers sebanyak-banyaknya untuk apa, dulu pernah punya akun followers udah lebih dari 10ribu yang aku dapatkan dari aktivitas F4F ini, sama kayak diatas, ada orang follow langsung follback, bahkan ada yang follow di akun A tapi minta follback di akun B hahaha..

    kalau diriku yang penting interaksinya aja, followers twitter ku sekarang hampir 95% blogger Indonesia yang aktif, wah aku udah follow twitternya, follback yaaa.. jadi nambah 1 persen nih kalau di follback hha

    ReplyDelete