Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Hiburan Korea Selain Drakor

Bismillah,


Hiburan Korea Selain Drakor yang bisa dinikmati, apa yaa..?
Hola sahabat lendyagasshi.


Kerap menonton drakor alias drama Korea kadang-kadang juga menimbulkan rasa jenuh sendiri. Ada masa-masa kita merasa drakor yang bertaburan, gak ada yang cocok sama sekali. Entah dari segi jalan cerita atau aktornya yang dirasa kurang pas.

Jadi beralih ke dracin, dorama atau lakorn?

Bisa-bisa aja sih.. Hanya, akutu kadang kudu adaptasi lagi sama bahasa yang digunakan, style saat mereka ngobrol (kaya lagunya, cengkoknya, dan lain-lain) hingga ke aktor atau sejarah ceritanya.

Agak ribet kan yaa..?

Mungkin ini yang membuatku berhenti bahkan sebelum memulai. Padahal ada juga lo.. beberapa review drama Jepang atau lakorn yang ada di blog lendyagasshi.com ini.


Baca juga:
Review Dorama Perfect World (2019)
Review Lakorn Kiss Me (2015)

Jadi, berikut ini lendyagasshi memberikan alternatif nonton acara seru terkait Korea yang bisa sahabat tonton jika sedang jenuh dengan drama Korea.

Nonton apa selain Drama Korea?



Variasi Tontonan Korea Selain Drama Korea

Biasanya, aku kalau sedang bosan atau gak ketemu sama drama Korea yang cocok di hati atau sedang bosan dengan eps yang panjang, aku lebih memilih nonton hiburan lain yang masih ada kaitannya dengan Korea. Entah itu konten dari idol atau sekedar jalan-jalan dan meokbang.

Simak yuk, 10 ide variasi tontonan selain drakor yang mungkin bisa sahabat lendyagasshi kepoin juga. Let's get it~

 

Film Korea

Capek dengan eps panjang dari drama Korea?
Sahabat lendyagasshi bisa beralih sejenak ke sineas Korea yang satu ini. 

Ya,

Film Korea masa kini dikemas cantik, sama halnya dengan drama-nya yang mendunia. Dan bahkan beberapa aktor Korea sudah beradu akting dengan aktor-aktor Hollywood, seperti Bae Doona, Rain, Lee Byung Hun, Jun Ji Hyun, Han Hyo Joo, Ma Deong Seok, Lee Joon Gi, Yoon Yuh Jung, Lee Min Ho, Choi Min Sik, Park Seo Joon dan Kim Yoo Jung.


Baca juga:
5 Film Ma Dong Seok Ahjussi di Tahun 2019
Review Film I Can Speak, Lee Je Hoon

Rekomendasi Film Thriller Action Korea

Sebenarnya selain film Korea, sahabat lendyagasshi juga bisa banget nonton web-drama. Tapi tetep drama Korea sih yaa.. Meski jumlah eps sedikit dengan durasi singkat, web-drama ini asik untuk diikuti karena seringkali dibintangi oleh idol keshayangan kamu.

Baca juga:
5 Mini Drama Korea yang Bisa Bikin Kamu Jatuh Cinta
Review Webdrama Best Mistake (2019)


Behind The Scene

Gak bisa move-on dari drakor yang ditonton trus (perasaan) gak ada drama Korea lain yang lebih bagus dari drakor terakhir yang kita tonton?

Ah, perasaan ini yang aku rasakan kalau stuck di satu judul drama sehingga sulit move-on. Kayanya sahabat lendyagasshi tau banget deh, aku stuck di drama apa. Hehhee~

Bahkan sampai sekarang!
Parah gak sih?

 

Baca juga:
Belajar Sejarah Goryeo dari Drama Moon Lovers: Scarlet Heart

Rekomendasi Drama ter-gak bisa move on
Lee Joon Gi


Bedanya, sekarang udah gak banget banget berharap SoSoo Couple di dunia nyata. Meski Joon Gi dan IU sama-sama masih betah men-jomblo di dunia nyata. Semoga mereka bisa bertemu dengan jodohnya masing-masing yaa..

Nontonin behind the scene yang ternyata jauuh lebih hangat dari dramanya yang terkesan kejam dan keras, membuat penonton semakin baper dan jatuh terjerembab ke jurang dunia per-halu-an ini bisa jadi alternatif ketika sahabat bosan menonton drakor.


Talkshow

Rekomedasi berikutnya adalah menonton talkshow Korea yang bisa jadi idol atau aktormu yang diundang ke acara tersebut. Dengan menonton talkshow begini, rasanya semakin mengenal lebih dekat dan bisa jadi semakin dalam jatuh cinta dengan para oppa-deul.

Tapi tetep kudu diwaspadai, jangan sampai BIM yaa..
Coba yang belum tau apa itu BIM, bisa mampir ke artikel "Kenali Gejala BIM dan Cara Melepaskannya."

Salah satu talkshow bareng idol yang aku tonton, Knowing Brother - NCT Play Games.


Selain Knowing Bros, ada Weekly Idol, Drink With God, Guerilla Date, My Little Old Boy dan masih banyak lagi acara talkshow lainnya yang dibalut dengan candaan renyah dari MC ternama Korea.


Acara Ragam atau Variety Show

Wuaaa... ini fave aku banget. Kalau jenuh sama drakor, pasti pasti banget larinya ke variety show. Karena melalui varshow, aku jadi kenal pribadi sang idol atau aktor kesukaanku melebihi talkshow. Kenapa?

Soalnya varshow itu meski sudah ada script sebelum penayangan, tapi tetap pada akhirnya itu spontan karakter sang idol/aktor-nya masing-masing.

Yang paling aku suka banget saat ini tuh Young Actors Retreat, Street Man Fighter dan The Backpacker Chef.


Baca juga:
Unexpected Business, Duet Cha Tae-hyun dan Jo In Sung
3 Variety Show Bikin Gemesh~


Rekomendasi Variety Show Korea
Variety Show We Got Married (WGM) : Kang Sora & Leeteuk Super Junior


Acara Musik/ Konser

Sejak pandemi dan konser gak ada, aku jadi tergila-gila dengan yang namanya nonton konser online di Beyond Live. Entah kenapa yaa.. Karena aku merasakan keseruan yang luar biasa saat nonton konser. Oh iya, bagi yang masih sayang nonton konser online, iya juga sih..

Tapi jangan khawatir, karena ada versi pahe nya dan nanti akan dikirimkan versi rekamannya sehingga bisa ditonton berkali-kali kalau kangen momen nonton konser online.

 

Baca juga:
Konser SMTown Live: Culture and Humanity

Nonton Konser SMCU Express Suwon 2022

Nonton Konser Super Show 9: Road Official Concert of Super Junior

Nonton Konser Kpop, Solusi bosan nonton drakor

Dan kalau ku hitung-hitung, aku uda ada lebih dari 10 konser online sepanjang pandemi ini yang aku tonton dari mulai gratisan sampai berbayar. Dan selalu puas dengan euforianya. Kaya gak perlu desak-desakan, tapi bisa clear liat idol keshayangan aku dari dekat. Meski vibesnya bakalan jauh banget ketika nonton konser secara offline yaa..


Channel Budaya Korea

Bagi yang senang dengan bahasa dan budaya Korea, sahabat lendyagasshi bisa mengunjungi channel resmi dari Pemerintah Republik Korea, seperti KCC Indonesia, Kocca dan Korea Honorary Reporter. Ada banyak sekali pengenalan budaya Korea baik dalam bentuk formal atau non-formal.

 

Konten Creator/ Youtuber Korea

Ini juga seru banget nih.. Untuk tahu update gosipan terkini, biasanya aku langganan cari info dari youtuber Korea yang bisa berbahasa Indonesia dengan lancar, sehingga gak terjebak dengan berita hoax yang meresahkan.

Setidaknya ada 5 channel youtuber Korea yang bisa aktif sahabat lendyagasshi tonton karena sangat humble sekali.. Salah satunya adalah Jang Hansol dan Bung Korea tuh, yang kini mulai sering collab sama idol. Keren yaah~

Kalau IG, aku biasanya kepoin IG-nya kak Amelia Tantono, satu-satunya orang Indonesia yang kerja di SBS Korea. Dan doi juga guru bahasa Indonesia-nya temen-temen aku di NCT. Hehhee~

Profil Amelia Tantono SBS
Kak Amelia Tantono, SBS

 

Baca Manhwa/ Webtoon/ Webnovel

Baca webnovel atau webtoon juga menjadi keseruan tersendiri, apalagi zaman sekarang banyak banget drama Korea yang diadaptasi dari manhwa ini. Dan dengan membaca versi webtoon-nya, kita bisa membandingnya ending versi drama dan ending versi webtoon. Apakah sama atau beda dengan banyak gimmick di sana sini?

Baca juga:
Review Webtoon The Secret of Angel - Diadaptasi dalam drama "True Beauty"
Review Webtoon Sweet Home - Diadaptasi dalam drama "Sweet Home"

Baca Webtoon Secret of Angel, Alternatif bosan drakor



 

Cover Dance dan Lagu Kpop

Baru-baru ini aja sih, aku kaya demen banget ngliatin cover dance dan cover song dari boyggroup atau girlgroup. Emm, rasanya gak seru kalau hanya lihat yang versi idol sendiri. Kalau nonton konten cover, aku jadi paham improvisasi keren versi idol yang aku suka.

Salah satu cover song lagu Indonesia yang aku suka banget dari NCT - Haechan dan Doyoung oppa.


Selain NCT, idol lain juga banyak kok yang cover lagu Indonesia. Kaya IVE yang menyanyikan lagu "Merasa Indah" dari Tiara Andini dan beberapa oppa-deul dari Super Junior. Semuanya suaranya bikin merinding, pun pelafalan bahasa Indonesianya yang bagus banget.

Bikin galaumu semakin meradang yaa, guys..

 

Acara Penghargaan Drama Korea atau Kpop

Terakhir, nonton acara penghargaan drama Korea atau Kpop yang rutin diadakan setiap akhir tahun begini. Kalau untuk acara musik, bisa kepoin MAMA (Mnet Asian Music Awards), MMA (Melon Music Awards), Seoul Music Awards, Golden Disc Awards, dan GAON Chart Music Award.

Acara penghargaan bergengsi drama korea dan film korea
The 58th Baeksang Art Award 2022

 

Kalau untuk drama, sahabat lendyagasshi bisa pentengin Baeksang Arts Awards, Blue Dragon Awards, sampai masing-masing channel TV yang membuat acara penghargaan dari mulai MBC, SBS hingga KBS Drama Awards.

Serunya, selain bisa melihat kategori yang diberikan dan jadi rekomendasi drama yang bisa masuk watchlist, bisa juga liat interaksi pasangan couple award from reel to real. Hehehe~


Bagaimana menurut sahabat lendyagasshi?

Dunia hiburan Korea gak hanya sebatas drakor yah.. Ada banyak hal yang asik untuk diikuti dan jangan sampai jadi ovt juga yaa.. Karena sekali lagi, mereka tampak bahagia bila di layar dan tetap idol kesayangan kita yang memiliki kehidupan pribadi.

Kalau versi sahabat lendyagasshi apa nih..yang dilakukan jika bosan nonton drakor?
Bisa sharing di kolom komentar yaah~


Semoga healingmu jadi lebih bermakna.
Selamat Menonton.


With love,


32 comments for "Hiburan Korea Selain Drakor"

  1. Baca tulisan ini ternyata banyak juga hal-hal berbau Korea yang "masuk" ke aku selain drakor.

    Film tentu. Nonton behind the scene sukaaaa banget. Itu Hosplay kayaknya dari proses audisi mereka sampe bloppersnya aku tontonin haha. Trus nonton acara awardnya iya sesekali. Kalo channel youtube, ya yang kasih lihat masak, atau jalan-jalan, random aku tonton tergantung mood. Yang jelas, tinggal ke Koreanya aja ini yang belom hwhw.

    ReplyDelete
  2. Kalo film tentunya lebih cepet selesai dan ngga berseri seri hehehe. Menontonnya juga terasa lebih seru sih, Klo adik adikku doyan nonton konser deh pastinya, termasuk emakku sih hehehe

    ReplyDelete
  3. karena saya suka akting dan sinematografi, saya bergeming lihat hiburan lainnya
    Jadi sering loncat-loncat dracin, drakor, kemarin sempat lihat drama Thailand tapi brenti karena isinya cuma badan2 sexy yang diumbar :D :D

    ReplyDelete
  4. Ga lupa untuk nonton konten2nya bujang2 NCT ya sisteur, hehhehe. Sebenarnya banyak kegiatan yang bisa dipilih kalau ingin menikmati tayangan Korea ini ya mbak. Tinggal disesuaikan dengan mood dan hati, ceilehh

    Rekor banget tuh selama pandemi bisa nonton konser online selama 10 kali mbak

    Bakalan nambah deh kayaknya ya ini hehehe

    ReplyDelete
  5. Uwaaaah banyaaak ya mbaaa . Aku sih sampe skr blm bosen Ama drakor2, apalagi list yg blm ditonton aja banyak bgt hahahaha. Tapi kdg sesekali aku juga suka nonton movie nya, atau channel YouTube Korea, kayak harijisun, Korea reommit atau Bandung oppa.

    Trus suka juga liat variety show nya. Kemarin baru nonton yg the hungry and the hairy yg dimainin Ama rain. Gara2 itu LGS niat THN depan mau ke Jeju 😄

    ReplyDelete
  6. Nah bener banget ini. Saya juga kalau lagi stuck memilih drakor atau sedang mengikuti drakor yang lagi tayang, biasanya nonton 4 sumber lagi yaitu : FILM (ini banyak banget film-film korea yang bagus dengan aneka genre), YOUTUBE (biasanya memang Hansol dan beberapa youtuber Korea yang fasih/bisa berbahasa Indonesia, lalu Mukbang seperti Tzuyang dan video musik plus travel guide Korea)

    ReplyDelete
  7. Kalau bosan nonton drakor, saya memilih film dan webtoon mba.
    Banyak pilihan yg ditawarkan dunia hiburan Korea ya.
    Kalau jenuh juga, nyari tontonan film-film jadul yg dulu ngehits di masanya.

    ReplyDelete
  8. Ternyata budaya korea tidak hanya identik dengan drama dan musik ya. Banyak juga pilihan lainnya.
    Saya paling antusias nonton channel budaya Korea... Yuk cuss tantangan acara budaya...

    ReplyDelete
  9. banyak juga yaaa opsi pilihan hiburannya, tapi sepertinya yang paling enak itu adalah jalan-jalan langsung ke korea hahaha

    ReplyDelete
  10. Nonton behind the scene daku suka itu, soalnya kadang suka geleng² "lah begitu ya ternyata buatnya"😁, adanyang sambil makan dulu, godain rekan kerjanya, ya macam-macam, dan menghibur jadinya hehe

    ReplyDelete
  11. Saya paling suka dengan variety show, dulu ada variety show yang mengisahkan perjalanan anak-anak kecil seru banget nontoninnya, dan jadi banyak belajar soal ilmu parenting dengan nonton acara itu

    ReplyDelete
  12. Emang Korea sejateh ini mah!
    Kalau saya suka yang BTS alias behind the scene-nya, bukan cuman Korea sih, film lainnya, bahkan film Indonesia juga suka, dan selalu takjub dengan orang-orang yang pintar akting.

    Kebayang banget saya kalau di depan kamera, mau senyum aja gabisa saking kakunya, dan orang-orang yang akting di balik kamera itu keren banget, mungkin juga udah terbiasa kali ya :D

    ReplyDelete
  13. Senang sekali ya mbak Lendyagassi yang dah pengalaman activity dengan culture Korea. Jadi tahu banyak seputar Korea,bukan hanya filmnya, tapi juga hal lainnya. Salut

    ReplyDelete
  14. Kalau stuck nulis namanya writer's block, kalau stuck nonton drakor namanya apa ya kak? K-block? Kok jadi kayak merk batu bata huhuhu

    ReplyDelete
  15. Segala tentang Korea memang menarik untuk diketahui yaa. Selain dramanya, yang selama ini suka saya tonton adalah filmnya. Selebihnya belum ada lagi, baru dua itu aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehh nambah satu lagi ding yang saya suka yaitu behind the scene juga kadang-kadang suka saya tonton, apalagi behind the scene drama on going yang sedang saya tonton. menontonnya memberikan semangat dan membuat saya makin penasaran dengan episode berikutnya

      Delete
  16. Nah ayo dong Kak, sesekali mengulas tontonan bertema korea ini selain drama dan film. Saya penasaran sama behind the scene, kalau versi Indonesia kan menampilkan potongan adegan gagal saat proses syuting.

    ReplyDelete
  17. Aku paling sering nonton channel youtube mami2 korea mbak. Beberes rumah, masak2 duh relaxing banget.

    ReplyDelete
  18. oh ternyata ada banyak ragam hiburan korea lain selain drakor yaa..hm, sepertinya yg paling menarik buatku yg channel budaya korea itu deh. etapi..bahasa korea full atau ada subtitle bhs inggrisnya ya?

    ReplyDelete
  19. Aku mah pilihan alternatifnya ke ' Film Korea' saja ah. Karena memang banyak banget film-film Korea yang bagus dan juga punya cerita kuat. Oia, besok aja ada Korea Indonesia Film Festival di CGV 23 Paskal, hayu ah pecinta film Korea nonton bareng film-film Korea terbaik.

    ReplyDelete
  20. aku banget nih mbak apalagi part yang nyarii video behind the scene. Kalau udah seneng sama drama yang lagi ditonton, aku bisa nyarii video video dari drama itu, soalnya kadang lebih lucu waktu part syutingnya

    ReplyDelete
  21. Meokbang itu apa, Mbak Len? Mukbang ya? Yang makan dalam jumlah banyak itu?
    Btw, tayangan Behind The Scene dalam apapun itu selalu menarik ya ... bisa tahu proses kreatif di balik sebuah tontonan.

    ReplyDelete
  22. Dear mbak Lendyagassi, saya mau tanyak. Saat marathon drakor korea, kira-kira pernah ngga ya kebulet jalan cerita dipikiran? Kan kita para wanita suka tuh yg namanya kepikiran : eh di film A tuh kok si C begitu ke G ya..
    Nah semisal abis nonton film X lalu marathon ke film Y, kira-kira mixed cerita dipikiran ngga mba?hehe. Saya suka gitu soalnya :')
    Anyway, saya salut sama mbak Lendyagassi yg totalitas jadi fans Korea!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah banget.
      Terutama kalau drama yang mengkrak, alias berhenti di tengah jalan. Mau ngelanjutin tuh kaya yang "Kemarin ceritanya dia ngapain sih? Kok jadi gini?"

      Alhasl aku ulangi lagi awal dan tetap stuck di eps itu lagi.
      Hadeeuu~

      Delete
  23. Beberapa aku udah pernah nonton di disn*y, apalagi jalan ceritanya juga seru banget dan jadi kepengen buat menyelesaikan setiap episodenya hha

    ReplyDelete
  24. Wah iya bener sih, BTS tuh kadang agak jeglek dg aslinya hahaha. Maksudnya kalo adegannya serem atau mencekam tapi ternyata BTS nya bikin ngakak hehehe.

    Dari ke 10 variasi tontonan di atas aku paling tertarik dg budaya korea. Jadi pengen nonton nih kapan2 mbak.

    ReplyDelete
  25. Kalau bicara tentang Korea, Teh Lendy tak ada matinya deh, jempol. By the way, saya lebih suka nonton drakor sih dibanding nonton yang lainnya. Atau karena belum mencoba kali yah.... Drama yg kupilih sih maksimal episodenya 16 episode, kalau sudah lebih dari itu, saya mikir 2 kali. Biasanya sebelum nonton drakor, saya cari-cari reviewnya dulu, hahaha saya masuk golongan penyuka kisah happy ending, kalau endingnya sedih, ih malas banget.

    ReplyDelete
  26. Toss,aku kalau lagi bosa nonton drama, biasanya ke film yang lebih singkat waktunya terus nonton variety show yang selalu aku tonton sekarang I Live Alone dan Street Man Fighter seru juga..

    ReplyDelete
  27. selain drakor, dulu aku juga nonton reality show kayak we got married dan running man. kalau sekarang sudah nggak pernah lagi sih nonton reality show lebih fokus ke drakor atau film aja

    ReplyDelete
  28. Sebagai penikmat selain drakor hanya webtoon aku suka sama LOOKISM - yang jadi target bully (18+) tapi ya gitu deh sering agak bergidik bacanya diskip kalo lagi sadis atau gore
    cuman penasaran aja sama ceritanya - as always para creator Korea emang the best

    My Oppa is an Idol juga seru, keknya ini relate beud sama anak anak milenial yang suka mengkultuskan idola mereka qiqiqiqi dan anakku juga suka bahas ini

    ReplyDelete
  29. Suka semua yang ada di atas. Terutama Variety Show sama webtoon. Bisa jadi hiburan pas malem selesai aktivitas. Tapi yang paling suka tetap k-pop sama drakor, hehe.

    ReplyDelete
  30. Wahh Teh Lendy pecinta Korea banget, nih. Saya jadi tahu chanel youtube dan variety show ataupun chanel kebudayaan tentang Korea yang recomended.

    Anw saya pernah ikut zoom-nya Jang Hansol saat acara Jatim waktu pandemi bareng buwagub cantik kami, seru sih beliaunya penggemarnya banyaktapi yang paling banyak yaa para remaja, hehe.

    ReplyDelete