Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tes Masuk Ibnu Hajar Boarding School

Bismillah,


Tes Masuk Ibnu Hajar Boarding School.
Hola sahabat lendyagasshi.


Beberapa hari ini akutu sejujurnya gak minat ngapa-ngapain gitulo.. Alasannya, aku gak mau banyak "bergerak" even itu di dunia maya yaa.. Kaya pingin ngumpet dari hingar bingar di dunia maya. Etapi, akhir-akhir ini karena aku menemukan lahan asik untuk bermain sih.. 


Baca juga:
Se-fruit Tips Menaikkan Follower Twitter


Ya, cuma gitu-gitu aja memang.. 

Karena beneran lagi kepikiran mengenai hasil tes masuk pesantren kakak. Umm, jadi ceritanya.. anak pertamaku sejak sekolah di Bandung Islamic School tuh kaya dapat paparan positif mengenai sekolah dan menuntut ilmu syar'i. Bisa dibilang, jauh banget dari emaknya yang minim ilmu syar'i dan belajarnya masih angin-anginan begini. Ya Allah, astaghfirulloh.. 

Dan dari kelas 4 SD, kakak sudah punya inisiatif untuk ingin sekolah mondok alias boarding school. Dan dimulailah mamak mewek dari sini.. Ya, bagiku melepaskan anak itu gak mudah. Aku rasa, bagi setiap orangtua yaa.. Dan anak perempuan dan mashaAllah waktu tak terasa bergulir dengan cepatnya. 

Kini, kakak sudah kelas 6 SD dan azamnya semakin kuat untuk boarding school. Hingga akhirnya perjalanan mencari boarding school (yang sebenarnya informasinya sudah aku kumpulkan dari sejak anakku bilang "mau" ke pesantren, means dari kelas 4 SD yaa..) dan beneran kami survey kemanapun informasi boarding school itu tampak "menarik" di mata kakak.

Tips Memilih Pesantren Akhwat



Beberapa Pilihan Boarding School Dekat Bandung

Dari hasil diskusi di grup ummahat di Bandung Islamic School, maka ada beberapa kandidat yang kami lihat. Meski belum dapat ke lokasi pesantrennya langsung, kami menonton berbagai video yang dibagikan melalui channel youtube resmi sekolah tersebut.

Pilihan Boarding School sebagai berikut

Nisaa'ul Jannah

Alamat:
Jl. Jatimekar, Bojongmalaka, Kec. Baleendah
Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40375

 

Pesantren Al-Ma'tuq

Alamat:
Jalan Kadudampit No.KM. 3, RT.16/RW.03, Gunungjaya
Kec. Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43152

 

Ibnu Hajar Boarding School

Alamat:
Jln Pringgondani I no 34, RT.5/RW.9, Harjamukti
Cimanggis, Depok City, West Java 16454

 

Kampung Santri

 Alamat:
Jl. Bedeng – Pangjugjugan
Cilembu II, Desa Cilembu, Kab. Sumedang

 

Minhajul Haq

 Alamat:
Pusakamulya, Kiarapedes
Purwakarta Regency, West Java 41175

 

Sabilun Najah

Alamat:
Jl. Sungai Citarik II Jl. Raya Sapan No.Desa, Sukamanah
Kec. Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40394

 

Sebenarnya masih ada banyaaakk banget pesantren di daerah Jawa Barat yang bisa di survey. Namun kami mengerucutkan hanya TOP 5 Boarding School yang menurut kami sering dijadikan bahan diskusi dan rujukan bagi siswa dari sekolah bermanhaj sunnah (salaf).

Dan dari kelima pesantren ini, kami hanya benar-benar datang ke lokasi di dua pesantren saja. Selebihnya karena pertimbangan pandemi masih baru saja berakhir dan ketertarikan kakak dari video yang ia tonton mengenai profil pesantren tersebut.


Dan 2 pesantren itu adalah Nisaa'ul Jannah dan Ibnu Hajar Boarding School. Kami bener-bener mendaftar dan mengikuti serangkaian tes untuk kedua pesantren tersebut. Alhamdulillah, di keduanya kakak dinyatakan lulus. Dan kini, it's time to kakak memilih lebih nyaman dimana di antara keduanya?



Ibnu Hajar Boarding School

Ibnu Hajar Boarding School putri

Alamat:
Jln Pringgondani I no 34, RT.5/RW.9, Harjamukti
Cimanggis, Depok City, West Java 16454

 

Kandidat utama tes masuk pesantren adalah pesantren Ibnu Hajar Boarding School ini. Karena dari sisi lokasi ada banyak point plus yang membuat aku (sedikit banyak) memengaruhi kakak agar mantap memilih sekolah yang terletak di Depok City ini.


Alasan Memilih IHBS Putri

Bacaan Qur'an diutamakan tartil

Sejujurnya, saat pertama kali menonton video IHBS ini, aku menangis sejadi-jadinya. MashaAllah, bacaan Al-Qur'an anak-anak ini indah sekali. Tidak ada kesan diburu-buru dan semuanya dilakukan sesuai dengan hukum bacaannya.


Doaku, semoga kakak bisa merasakan nikmatnya mengaji dengan tartil. Dan target utamaku memang bukan banyak-banyakan jumlah hapalan, namun bacaan yang tartil dan sampai ke hati pembaca maupun pendengarnya, ini yang menjadi fokusku.

 

Banyak ekskul dan keputrian yang menarik

Sebagai generasi yang dulu bukan berasal dari sekolah pesantren, aku pasti merasakan kekhawatiran. Apalagi banyak cerita mengenai pesantren seperti anaknya kudu banyak tirakat, menerima hukuman dan lain sebagainya.. Tentu ada rasa gak tega yaa.. sebagai orangtua. Pengennya kekeupin aja gitu di rumah. Toh, kini sekolah full-day school Islami dan bermanhaj Sunnah di Bandung juga banyak. 

Baca juga:
SD Sunnah di Bandung, Bandung Islamic School

 

Namun, enaknya d IHBS Putri ini kemarin saat tes bukan dilakukan dalam sehari full, melainkan anaknya bisa mengikuti simulasi kehidupan ala anak pesantren. Jadi tes-nya pakai nginep langsung di asrama IHBS Putri.

Dengan fasilitas ekskul seperti panahan, taekwondo, berenang, menggambar hingga menjahit.

Bagaimana rasanya?
Nanti aku ceritakan di bagian Tes Masuk IHBS Putri yaa..


Prestasi akademik siswi IHBS

Ada pasti ya.. keinginan orangtua untuk anak tetap menuntut ilmu diniyyah (ilmu dunia). Jadi gak melulu ilmu akhirat. Oleh karena itu, aku memilih IHBS karena melihat prestasi dari tahun ke tahun untuk siswa SMA-nya sangat besar sekali peluangnya diterima di PTN seluruh Indonesia.

 

Fasilitas IHBS

Fasilitas sehari-hari dari mulai makan sampai laundry baju, telah disediakan tanpa tambahan biaya. Fasilitas lainnya seperti lapangan memanah, kolam renang hingga fieldtrip

Yang istimewa adalah sejak SMA nanti, anak-anak akan diberi tabungan umroh. Sehingga saat tabungan sudah memenuhi kuota, siswi IHBS bisa umroh bersama. Ini juga yang menjadi keresahanku sebenarnya karena mudahnya pengajuan umroh zaman sekarang sehingga melupakan banyak hal-hal yang wajib ditaati dalam hal safar ini. Sebagai perempuan, jangankan pergi keluar negeri, bahkan keluar kota pun jika tidak ada udzur syar'i, maka tidak diperbolehkan.

Baca juga:
Ceklist Persiapan Umroh yang Perlu Dibawa

Asrama IHBS Putri & Fasilitasnya


Maka dari itu, aku senang sekali kalau ada tabungan umroh ini. Semoga kita sama-sama bisa belajar adab dalam safar bersama-sama lagi. Oh ya, tentu nanti anak-anak didampingi mahromnya ya.. Dan boleh banget orangtuanya mengikuti umroh bersama.

Selain itu, belajar di IHBS ini anak-anak diberi masing-masing sebuah laptop untuk mengakses materi belajar. Dan diperkenankan dibawa pulang ketika waktunya perpulangan. Namun karena laptop untuk sekolah, jadi aksesnya tentu sudah disesuaikan dengan kepentingan belajar. Tidak bisa dipergunakan hal-hal lain.


Kisi-Kisi Tes Masuk Ibnu Hajar Boarding School

Bagi orangtua yang berniat memasukkan anak ke pesantren, tidak perlu banyak pertimbangan ini dan itu, bismillah.. Ketika anaknya sudah merasa siap, yuk.. orangtua pun bismillah, siap memberikan sekuat tenaga dukungan untuk anak.

Jadi gak perlu galau, in syaa Allah anak-anak akan tenang ketika menuntut ilmu.

Saat tes di IHBS, anak-anak diminta menginap 3 hari 2 malam langsung di asrama dari hari Jum'at - Ahad. Dengan jadwal jam 13.00 WIB di hari kedatangan dan perpulangan di hari Ahad jam 08.00 WIB.

Apa yang perlu dipersiapkan?


Persiapan Tes Masuk IHBS Putri

Mendaftar di IHBS Putri dengan biaya pendaftaran Rp 800.000,-

Bergabung di wag orangtua calon siswa IHBS

Menjalani serangkaian tes PPDB IHBS Putri yang terdiri dari 

Psikotes
Tes Potensi Akademik (Math, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab)
Tes Baca & Hapalan Qur'an
Observasi (kedispilinan, kemandirian, adab, akhlak dan tanggungjawab)
Wawancara (orangtua)


Untuk soal anak-anak, aku gak bisa menilai ya.. Karena kakak saat aku tanya bagaimana ujiannya, alhamdulillah santai menjawab "Ya ada yang susah, ada yang gampang, Ma.." ((hahha, jawaban relatif yaa..)) tapi kalau untuk tes wawancara orangtua, ada 4 point yang ditanyakan seperti,

1. Sudah tahu IHBS belum?
Sudah pernah ke IHBS sebelumnya? Tau IHBS dari mana?

2. Apakah anak ada riwayat alergi?

3. Sudah kenal sunnah sebelumnya?
Sering ikut kajian sunnah?
Ustadz yang biasanya didatangi saat kajian sunnah?

4. Siap dengan biaya yang akan dibayarkan untuk bersekolah di IHBS?


Kira-kira begitulah sesi wawancara yang lebih mirip ngobrol karena aku sendiri sering banyak bertanya dengan reviewer terkait masalah-masalah yang mungkin timbul ketika menuntut ilmu di pesantren.

Alhamdulillah,

semua berjalan lancar dan menunggu hasil ujian ketentuan lulus atau tidak selama kurang lebih 2 minggu.

Semua info dan pemberitahuan secara mudah bisa diakses melalui website dan sosial media.

IG : @ibnuhajarboardingschool

Website : www.ihbs.sch.id

Channel Youtube : IHBS TV

 

Estimasi Biaya IHBS Putri

Estimasi Biaya IHBS Putri

LAYANAN PROGRAM 3 TAHUN SMP Putri

Pendaftaran : Rp. 800.000

Uang Pangkal : Rp. 35.000.000

Dana kegiatan siswa setahun : Rp. 5.000.000

Iuran Bulanan Peserta Didik (IBPD) : Rp. 4.000.000


LAYANAN PROGRAM 6 TAHUN SMP & SMA

Pendaftaran : Rp. 800.000

Uang Pangkal : Rp. 62.000.000

Dana kegiatan siswa setahun : Rp. 10.000.000

Iuran Bulanan Peserta Didik (IBPD) : Rp. 4.000.000


**Pembayaran dilakukan dalam 5 termin, kecuali SPP yang dibayarkan di termin ke 5 dan setiap bulannya sebelum tanggal 10.


Jadwal Harian Siswa/ Siswi IHBS

1. 04:00 – 04:30

Persiapan sholat shubh (tahajjud, dzikr, memabaca alqur’an)

2. 04:30 – 04:50

Sholat shubuh, dzkir ba’da sholat

3. 04:50 – 05:50/06:00

Halaqoh Qur’an, sholat dhuha

4. 05:50 – 06:45

Persiapan KBM pagi (mandi, sarapan)


*07:00 – 16:00 *

KBM pagi

* 07.00 – 10.00 = KBM

10.00 -10.30 = Istirahat 1

10.30 – 12.00 = KBM

12.00 – 13.15 = istirahat 2 ( sholat dan makan siang)

13.15 – 15.15 = KBM dan sholat ashar.


16:00-17:15

Ekskul, kegiatan bebas, bimbel

17:15 – 18:00

Persiapan sholat magrib (makan, mandi, laundry)

18:00 – 19:30

Halaqoh Qur’an & sholat isya

19:30 – 21:00

Kegiatan keasramaan

21:00-21:30

Persiapan istrahat malam

22:00 – 04:00

Istrirahat


*sebagian siswa belajar mandiri dan murojaah sampai jam 23:00 dengan diawasi mudarris


Kegiatan Ba’da Isya

1. Minggu = Tasmi’ mufrodat, penelponan, takhossus

2. Senin = Qiroatul kutub, takhossus,

3. Selasa = Qiroatul kutub, takhossus

4. Rabu = BK

5. Kamis = Khitobah, Takhossus

6. Jumat = Penelponan

7. Sabtu = Bebas, kegaiatan mandiri


Kegiata Ba’da Maghrib

Ahad – Kamis = Halaqoh Qur’an

Jumat = Penyampaian Adab

Sabtu = Bebas



Kesimpulan

Terakhir,
Karena anakku akhwat, jadi ini informasi untuk calon santri putri yaa.. Dan untuk calon santri putra, lokasi pesantrennya agak jauh dari yang putri ini. Dan di pesantren ini gak ada istilahnya ikhtilat atau berbaur antara cewe dan cowo.

Anak perempuan dibiasakan punya malu sehingga diwajibkan untuk menggunakan niqab. Kalau ada yang ketahuan melanggar (misalnya membuka jendela kamar namun dalam keadaan tidak menggunakan niqab, meskipun ada hijabnya, tetap dikenakan hukuman.

Biaya Masuk Pesantren IHBS Putri

Sama sepertiku, sahabat blogger kak Rani noona juga sedang berikhtiar mendidik ananda yang masih di usia Sekolah Dasar untuk bisa menekuni apa yang mereka sukai dan memfasilitasinya dengan baik. Sehingga ketika menuliskan blog, kami sama-sama sering menuliskan Jurnal Syukur sebagai catatan perjalanan mendidik kami. 

Semoga bisa sama-sama menjadikan kisah ini hikmah dan manfaat bagi pembaca.


Salam hangat,



15 comments for "Tes Masuk Ibnu Hajar Boarding School"

  1. Bisa dikatakan dengan anak bersekolah di IHBS dapat keilmuannya paket lengkap ya Teh. Ya dapat ilmu akhirat dan juga dunia.
    Apalagi ini diterangkan rinci soal biaya sekolahnya, sehingga udah punya gambaran pas mendaftar nantinya

    ReplyDelete
  2. Sukses ya kak... di IHBS semoga jadi tambah sholehah , lumayan juga uang pangkalnya ya teh...tapi sesuai dengan kurikulum yang didapat.. semoga nti ilmu nya bisa bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Sekolah di IHBS ini mempersiapkan anak dengan ilmu dunia dan akhirat, paket lengkap.
    Fasilitasnya juga sangat membuat nyaman dan betah selama menuntut ilmu.
    Barakallah.

    ReplyDelete
  4. Ekskulnya banyak juga ya, ada panahan, renang, menjahit dll. Insya Allah ilmu yang didapat berkah dunia akhirat ya mbak. Jadi pribadi yang ditempa dengan kemandirian dan ketakwaan terhadap Sang Pencipta.

    ReplyDelete
  5. huhuhu ngiri berattt
    di zaman sekolah anak-anakku belum ada boarding school sekeren ini
    pernah mau saya masukin ke MTS gitu tapi fasilitasnya gak mumpuni
    sehingga anakku gak mau

    ReplyDelete
  6. wah tesnya pakai merasakan nginap di sana dulu ya kak, jadinya beneran tahu kehidupan disana nanti kalau masuk dan menempuh pendidikan di situ.

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah ya mBak, ikut senang dengar anak sudah punya keputusan untuk mondok. Seperti dua putriku yang 6,5 dan 4 tahun sudah pengen mondok. Mintanya mondok di Bangil Pasuruan, di Dalwa. Sebagai orang tua hanya mendukung dan tentunya mendoakan agar apa yang dicitakan tercapai.

    ReplyDelete
  8. Ya Allah....kakahebaatt bgt😍🙏

    smoga Allah selalu mudahkan , senantiasa semangat, bahagia dan ikhlas dalam menuntut ilmu ya.

    Ikut bahagiaaaaaaaa

    ReplyDelete
  9. Duan anak lanangku mondok di Al Izzah Batu Malang. Menurutku emang anak lanang harus dididik menjadi leader dan dipaksa belajar ilmu agama yang syar'i. Di awal-awal emang berat, tapi masuk semester 2 sudah menikmati kok... Seru, katanya

    ReplyDelete
  10. Masyaallah kalau dilihat2 emang bagus itu mbak IHBS nya
    Seandainya aku punya anak pun jika dia pengen belajar di tempat ini untuk pendidikannya juga gapapa sih
    Salut dengan tes masuk, apalagi ada tabungan umroh nya
    Semoga kakak mantap belajar di IHBS nya ya mbak

    ReplyDelete
  11. Masyaallah keren banget IHBS, ada kolam renang dan ketrampilan menjahit, jadi benar-benar siap semua ya.. aku malah baru tahu ada macam pesantren di dekat Harjamukti, hampir dekat rumah kakak sepupu.

    ReplyDelete
  12. IHBS bagus juga ya Teh sistemnya. Agak jauh cuman dari rumahku yang daerah Gn Batu. Anakku dimasukin SD negeri deket rumah. Nah nggak tahu nanti SMP mau masuk negeri atau ke SMP Swasta. Belum kepikiran soalnya baru kelas 1 SD

    ReplyDelete
  13. Smoga ikhtiar mendapatkan ilmu bermanfaat bagi si Kakak dimudahkan dan dilancarkan Allah SWT. Mawak mewek nya berlanjut enggak ya yang ditinggal nanti hihihi. Tetap semangat kita buat kebaikan anak-anak kan ya. Tugas ortu membekali mereka yang terbaik, termasuk bekal pendidikan komplit dunia dan akhirat

    ReplyDelete
  14. Wah, keren
    Kakak sudah memutuskan untuk mondok saat SMP ya teh
    Semoga lancar proses mondoknya

    ReplyDelete
  15. Masya Allah.. udah siap kan ya Kak Len buat disapih dari anaknya. Kadang kan, orang tua lebih mellow kalau pisah sama anaknya. Semoga nanti dilancarkan prosesnya ya dan diberikan nikmat ilmu sehingga bermanfaat.

    ReplyDelete