article,

Bunda Cermat, Memasak Menggunakan Panci Presto

Tuesday, September 25, 2018 Lendy Kurnia Reny 50 Comments

Bismillah,


Memasak menu kesukaan keluarga tentu tidaklah mudah. Para Ibu diwajibkan untuk senantiasa berinovasi dalam menghidangkan menu sehat. Mungkin suami, bisa-bisa saja memaklumi apa yang dihidangkan oleh istri, namun bagaimana dengan anak-anak?

Baca :


Inginnya Ibu tiap hari tinggal *cliink... ada masakan lezat di atas meja. Tapi kan yaa...gak mungkin juga kalau gak ada usaha. Naah...aku tuh paling mengandalkan panci presto kalau buat masak-memasak. Selain karena dijamin anak-anak suka, kandungan gizinya juga gak hilang, karena di ungkep yaa...




Berikut 11 kelebihan menggunakan panci presto yaa, Bunda . . .

1. Makanan menjadi lebih sehat
Kualitas makanan yang diolah dengan panci presto akan tetap terjaga. Malah peralatan memasak ini akan membuat makanan semakin sehat. 

Kenapa?

Karena panci presto sanggup membunuh mikroorganisme jahat seperti virus dan bakteri yang mengancam kesehatan tubuh. Temperatur tinggi yang dihasilkan panci presto berfungsi untuk melunakkan duri ikan serta tulang ayam.

Soal rasa?
Gak perlu diragukan lagi... kress kress jadinya...

Source : caramemasak.blogspot.com


2. Menjaga nutrisi serta kualitas makanan
Meski menggunakan suhu tinggi, namun kandungan gizi, nutrisi, dan rasa makanan tetap terjaga dengan menggunakan panci presto. Cara memasaknya juga hanya membutuhkan sedikit air serta waktu yang relatif lebih singkat.

Banyak studi yang menyatakan bahwa makanan yang dimasak terlalu lama dan terlalu encer akan menghilangkan kandungan gizi dan nutrisinya. Rasa dari sayuran, daging, atau ikan yang dalam  waktu lama dimasak pun tidak akan enak lagi. 

Maka, dengan memasak menggunakan panci presto masalah tersebut akan teratasi. 



3. Tidak membuang banyak waktu
Jika menggunakan panci presto, kecepatan memasak dari peralatan ini bisa mencapai 70% lebih cepat dibandingkan dengan cara biasa. Khusus sahabat lendyagasshi yang memiliki penyakit kolesterol tinggi, jantung, dan sedang diet, yang mana menghindari makanan berminyak pun dapat memakai panci presto untuk memasak. 



Panci presto juga tidak meninggalkan cipratan atau bekas minyak setelah sahabat mengolah ikan atau ayam di dalamnya. 

Keren kan...sahabat?



4. Mengempukkan tulang
Kegunaan panci presto selanjutnya adalah bisa digunakan untuk mengempukkan tulang, urat serta daging dalam waktu yang cukup cepat, karena merupakan alat masak yang menggunakan sistem tekanan yang sangat besar oleh uap air yang dipanaskan di dalam panci yang tertutup rapat sehingga tekanan uap tidak dapat keluar dari panci. Hal ini mengakibatkan uap tersebut akan terjebak di dalam panci. Dan pada saat itulah uap panas tersebut akan mempengaruhi makanan di dalam panci sehingga menjadi cepat matang tanpa merusak teksturnya. 

Selain itu uap panas dapat melunakkan duri atau tulang yang makanan ada di dalamnya. Pada tekanan 15 psi (103 kPa ) di atas tekanan atmosfer, air dalam pressure cooker dapat mencapai suhu hingga 121 °C (250 °F). 

Source : sainsme

Tekanan tinggi yang ada pada panci presto tentunya tidak dimiliki oleh panci biasa, sehingga memasak dengan menggunakan panci biasa membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengempukkan daging. Panci biasa tidak bisa menghancurkan tulang.



5. Hemat energi
Kecepatan memasak dari panci presto bisa mencapai 70% lebih cepat dibandingkan dengan memasak menggunakan panci biasa. Dengan proses memasaknya yang lebih cepat, maka akan sangat berpengaruh terhadap pemakaian energi seperti gas atau listrik menjadi lebih hemat. Memasak dengan menggunakan panci presto juga tidak akan mengeluarkan uap minyak sehingga anda tidak perlu repot membersihkan dapur sesudah memasak.

Siip bangeet niih...



6. Keamanan dalam memasak
Panci presto menggunakan desain yang menjamin keamanan saat memasak di dapur. Peralatan memasak ini menggunakan enam katup dan sistem ventilasi keselamatan. Sehingga saat memasak akan terhindar dari kecelakaan. Selain itu, panci presto memiliki mekanisme gasket serta pelepasan tekanan untuk mengeluarkan tekanan berlebih. Panci presto berbahan stainless steel yang membuatnya muda dibersihkan dan awet.



7. Peralatan masak yang serbaguna
Panci presto bukan hanya bertugas untuk memasak saja. Bisa juga fungsinya menjadi oven, steamer, hingga loyang. Dengan perannya yang multifungsi, panci presto bisa menghemat pengeluaran Anda untuk peralatan dapur. Selain itu, Anda juga tidak akan kerepotan mengganti alat dapur kalau Anda sedang menyediakan banyak hidangan. Sebab, panci presto sendiri sudah sanggup membuat makanan pembuka, makanan utama, hingga makanan penutup. Benar-benar alat masak yang diidamkan banyak orang.



8. Anti karat
Panci presto yang ada pada saat ini umumnya di produksi dengan bahan stainless steel yang tahan akan karat, sehingga lebih awet dan tidak perlu penggantian berkala. Ini juga bisa menghemat pengeluaran yaa, Bun...?



9. Membuat suhu dapur lebih dingin
Suhu dapur akan semakin meningkat saat melakukan aktivitas dalam waktu yang cukup lama. Apalagi jika hanya memiliki ventilasi kecil dan penataan ruang dapur yang kurang baik. Hal itu bisa menyebabkan udara panas dari kompor atau panci naik ke atas dan terperangkap. 

Exhaust fan juga hanya bisa membuang sebagian udara panas tersebut. Masalah ini tidak akan terjadi
jika sahabat lendyagasshi menggunakan panci presto. Sebab, alat masak tadi sudah dirancang untuk
mempertahankan panas di dalam panci. Jadi tidak akan terjadi kebocoran sama sekali dan
membuat suhu dapur lebih sejuk.



10. Lebih mudah membersihkan dapur
Dengan alat masak yang banyak, rasanya mustahil dapat mempertahankan kebersihan dapur dalam waktu lama. Tak terhitung berapa kali Anda harus membersihkan kompor, panci, wajan, dan alat masak lainnya dalam sehari. Selain boros air, juga membuang waktu.

Berbeda jika menggunakan panci presto untuk memasak. Sahabat bisa mengolah makanan dengan cara berbeda dalam satu alat yang sama. Kotoran yang ada di dapur juga akan berkurang, jadi tidak perlu repot lagi.



11. Efisien dalam memasak berbagai jenis makanan
Keberadaan panci presto melekat dengan bandeng presto bagi masyarakat Indonesia. Padahal, alat masak ini juga bisa mengolah berbagai jenis makanan. 

Sesuai dengan perannya yang multifungsi dan efisien. Selain itu, panci presto juga bisa dipakai oleh pemula maupun koki terkenal. 
Cara pemakaian yang mudah dan praktis.



Jenis makanan pertama dan paling mudah berasal dari kategori rebusan dan kari. Bahan- bahan yang mudah ditemukan serta populer membuatnya gampang diolah dalam panci presto. Lalu, ada jenis makanan daging alot yang biasanya memakan makan waktu lama untuk dimasak, namun jika menggunakan panci presto, maka akan memperoleh daging yang empuk, tulang lunak, dan enak dalam waktu singkat.

Panci presto juga dapat mengukus kacang kering, kentang, wortel, dan sayuran lain hingga medapatkan kematangan yang sempurna dalam waktu cepat. Gak hanya sayuran, sahabat juga bisa mengukus atau merebus beragam jenis buah dengan panci presto

Untuk para pecinta dessert juga dapat berkreasi dengan membuat puding kukus hingga kue keju dengan alat masak serbaguna ini.



Gimana sahabat lendyagasshi?
Bunda-bunda hebat sudah masak apa siang ini?

Ini ada sedikit resep andalan keluarga kami, yang kalau saya masak ini, dijamin...anak-anak sama suami makannya nambah lagi...


Source : cintaihidup


Resep
Ayam Bacem Presto :


Bahan-bahan :
1 kg ayam


lalu haluskan :
8 siung bawang putih
4 siung bawang merah
2 sdm ketumbar
1 ruas lengkuas
1 sdm merica
1 bh gula merah
4 sdm kecap manis
1 bh asem
3 bh daun salam
1 bh sereh, geprek
1 liter air kelapa


Langkah :
1. Haluskan bumbu-bumbu di atas, lalu ungkep ayam dengan bumbu dalam panci presto selama kira-kira 30 menit.

2. Setelah itu, matikan kompor, dan tunggu beberapa menit hingga tekanan dalam panci presto berkurang, kurang lebih 5 menit.

3. Goreng ayam ungkep dalam panci presto tadi atau bisa juga dibakar di atas teflon menggunakan mentega.

Yuumm~
Dijamin, gak ada yang nolak kenikmatan ayam bacem presto bikinan Bunda.

Bonne cuisine~





Salam hangat,


You Might Also Like

50 comments:

  1. Kujuga mau panci prestonya!!!

    Kadang ya pas lagi semangat masak suka lelah sendiri pas ngrebus ayam. Kok ya lama amat. Kalau pakai presto bisa cepet

    ReplyDelete
  2. ini slah satu barang target aku nanti pas pindahan rumah mbak, punya yang ginian banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  3. Bundaku jg suka pake panci presto nih. Praktis, matang merata, empuk dan bumbu meresap sempurna ya

    ReplyDelete
  4. Aku juga sering masak pakai panci Presto, hemat waktu dan gas, walaupun kadang kadang masih suka deg degan karena bunyinya yang heboh.

    ReplyDelete
  5. Panci presto memang membantu banget ya mba..dan rasanya pun terjaga :)

    ReplyDelete
  6. aku blm punya panci presto klo masak daging atau tulang iga lama bener klo ga panci presto udah gitu hambur gas bgt, uda lama pgn beli ini next ah beli

    ReplyDelete
  7. Masya Allah.. bermanfaat banget aku baca ini saat ini. Soalnya sedari pagi aku belum bisa masak karena aku lagi kurang enak badan dan anak-anak juga gak bisa ditinggal samsek. Lagi pada flu pilek gitu. (Curcollll...)

    Dan baca ini, jadi pengen masak ayam bacem presto juga.
    Makasih, Mbak Lendy... :)
    *sambil lirik panci presto di sudut lemari :D

    ReplyDelete
  8. Tapi kadang aku takut mbak sama panci presto soalnya denger dari cerita orang-orang kadang ada yg up sendiri gitu, tapi sih ya aku pernah diceritain Mak ne kalau habis matang gitu ditunggu dulu jangan langsung dibuka, bener nggak ya?

    ReplyDelete
  9. Tapi ada juga maknan yang kudu lama dimasak agar enak, mba.
    Misalnya rendang, setuju?

    Masak sendiri itu memang lebih "greget" ya, mba.
    Apalagi kalau berdua sama suami, eeeaaa.
    Yang ada malah gak masak-masak ya, mba, HAHAHA...

    ReplyDelete
  10. Belum punya panci presto ni.... Kadang pengen buat masak ikan yang banyak durinya seperti bandeng....

    ReplyDelete
  11. Aku kadang2 aja masak pake panci presto. Untuk bahan masakan yg keras seperti daging sapi aja.

    ReplyDelete
  12. aku juga sering nih masak pake panci presto, kalo masak ayam atau bebek.. beuuuh gurih sampe ke tulang nya hehe

    ReplyDelete
  13. Aku dulu sering banget masak pakai panci presto. Terutama kalo pengen bikin masakan berbahan dasar bandeng. Bikin bandeng tulang lunak pakai panci presto itu butuh waktu lebih dari sejam. Sekarang udah gak pernah pakai panci presto, udah rusak saking seringnya dipakai. Udah uzur juga kali, umurnya sama si bungsu aja tua pancinya �� Si bungsu aja udh 18 tahun, qiqiqii

    ReplyDelete
  14. Waah. Menarik juga nih untuk dicoba masak pake panci presto. Secara ilmiah, juga dapat menjamin kesehatan dan mempertahankan nilai gizi dari makanan tersebut. Mantap!

    ReplyDelete
  15. Wah ternyata banyak keuntungan memasak pakai panci presto ya. Aku kira hanya cepet empuk jadi hemat waktu doang,hehe

    ReplyDelete
  16. Panci presto emang efisien Dan cepat... Aku pakai untuk masak ketupat.. xixix tapi u Makanan malah lebih suka pake slow cooker hahaha APA krn aku malas ya.. jd gitu deh

    ReplyDelete
  17. Aku blm punya panci presto pdhl pengen banget. Msh maju mundur beli, khawatir beli malah gak kepakai secara masak jg paling itu2 aja hehe.
    Tapi pengen gtu presto ikan biar enak kalau dimakan anak2 hehe

    ReplyDelete
  18. Panci preesto itu andalan aku banget, mbaa. Bagus banget dan bisa digunakan untuk apapun. Aku paling sering sih buat sop iga hingga bandeng presto. Praktis alias menghemat waktu.

    ReplyDelete
  19. Panci presto ini populer di keluarga kami ketika hari raya Idul Adha. Buat masak daging qurban. Hehe. Aku sendiri kalau liat panci presto jadi ingat autoklaf di laboratorium, sama2 berkonsep tekanan udara tinggi.

    ReplyDelete
  20. Pengen beli tapi belom punya rumah sendiri. Eh, itu boros gas ga sih mba?

    ReplyDelete
  21. Saya belum pernah masak pake presto gara2 ada panci ini di rumah ibu, jadi beli gitu eh kok ibu saya kesusahan nutupnya. Jadila masih nganggur s.d sekarang

    ReplyDelete
  22. Bener banget euyy jadi lebih hemat waktu krn tinggal ditinggal aja, dan rasa jadi lebih enak gitu mamaku suka buat bubur. Asal bukanya ati2 dong jgn pas lg pwanas kek panci biasa :3

    ReplyDelete
  23. mama saya juga sering masak ikan lele mangut pake panci presto mba, soalnya selain lebih cepat matangnya, ikannya pun bisa terasa lebih kenyal dan gak pecah... Kalau masak pake wajan soalnya kadang ikannya jadi lengket sama wajan jadinya kalau diangkat / pas diaduk malah ancur

    ReplyDelete
  24. Aku belum punya nih padahal suka rendang. Eh tapi pernah dink dibikinkan rendang sama mertua pakai presto tapi e tapi dagingnya jadi halus semua ga tau yang mana daging yang mana bumbunya hahaha mungkin belum pas cara make nya aja yak

    ReplyDelete
  25. Aku banget nih suka masak pakai presto apa lagi masak daging lebih cepat dan akan membentuk membagi-bagikan jumpah daging sesuai menunya

    ReplyDelete
  26. Kadang untuk membuat daging cepat empuk saya selalu menggunakan panci presto hemat waktu dan irit gas

    ReplyDelete
  27. Kalo loat ginian, pasti istri minta langsung beli. Hahahaha. Tapi ya mau gimana, lambat laun memang harus beli panci presto, karena variab makanan juga mesti di upgrade kan. :D

    ReplyDelete
  28. Nggak nyangka, sebegini banyaknya ya manfaat panci presto. Bisa buat oven segala. Saya tahunya cuma buat masak ikan atau daging biar tulang lunak.

    ReplyDelete
  29. Aduh !
    Belum punya nih pancii presto.
    Musth item banget untuk dapur.

    Mari kita nabung untuk memilikinya
    Hahahha

    ReplyDelete
  30. baru tau kalau panci presto bisa dipake untuk bikin dessert, taunya buat mengempukkan daging doang.. eh, sama buat bikin ketupat ding..

    saya belum punya panci presto sih, takut soalnya.. habis katanya bisa terbang tutupnya, kan jadi serem..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang Ufo, pake terbang segala, hahaha. Ini panci Mbak. Tp berisik

      Delete
  31. Kalau masak panci presto lebih cepet matang untuk masak daging, tulang iga, ya, kalau mama biasanya bikin ketupat pakai panci presto juga

    ReplyDelete
  32. Aku punya panci presto mbak, tapi karena tanteku bilang kalo masak pakai presto dibuka tutup nya sebelum masak bisa meletup haha aku jadi takut pakainya.

    ReplyDelete
  33. Aiihh bacem ayamnya menggoda sekaleee.... Pol enaknya nih krn masaknya pake air kelapa.

    ReplyDelete
  34. Sampai hari ini saya belum pernah punya panci presto, lihat sih sudah sering punya ibu, berat banget. Saya kalau ngempukin tulang atau daging, masih ala tradisional Mbak, pakai panci, ditambah bumbu yang bisa mengempukkan lebih cepat, ehehe. Tapi jadi penasaran loh, cara menggunakan panci prestonya itu.

    ReplyDelete
  35. Dulu waktu kerja di Hongkong, makenya panci ginian buat rebus soup Mba Len. Karena biar matengnya cepet, apalagi daging yang butuh dagingnya sampe lepas gitu. Ajib emang, tapi aku sendiri belum punya. Heheheh, nabung dulu ah, mengingat panci presto harganya juga lumayan.

    ReplyDelete
  36. Almh ibuku juga paling suka masak dengan panci presto, karena selain cepat juga jadi irit gas. Masakan cepet matang, anak2 juga jadi ga nunggu lama deh. Duuh ayam bacemnya menggoda banget itu..

    ReplyDelete
  37. Pakai presto memang memudahkan memasak. Aku kalau masak daging lebih suka dipresto dulu biar empuknya cepat, hehe. Dulu pas masih di Irak malah bikin lontong pakai presto terus, biar cepet matengnya. :D

    ReplyDelete
  38. Akuuu mau beli panci ini, biar kerjaan masak memasak jd lebih cepet dan praktis.
    Mbak, thanks ya resepnya, aku pengen nyoba.

    ReplyDelete
  39. Andelan ini masak pake panci pesto. tapi akunya suka takut makenya wakakaka

    ReplyDelete
  40. Aku punya panci presto kayak gitu. Mau nyobain resepnya juga ah buat santapan keluarga pas weekend

    ReplyDelete
  41. aku juga suka pakai panci presto lebih irit waktu masak jadinya, apalagi kalau masak daging jadi cepat empuk

    ReplyDelete
  42. Aku masih majuundur nih beli panci presto

    ReplyDelete
  43. Wah, iya banget dong. Hari gini gak pake presto mah capek. Hehehe.. kelamaan. Aku termasuk ibu2 yg ngandelin presto banget. Masak daging apa pun, paling lama sejam, udah Mateng. Bisa ditungguin bocah lapar deh pake presto mah. :D

    ReplyDelete
  44. Nah ini diaaa, aku pny panci presto dan masih anyar gres. Sebenernya kawatir nyoba krn takut salah pakai. Ada tutorial pakainya ga kak?

    ReplyDelete
  45. Kalau daging sapi, kadang aku btuh 3 jam lho supaya empuk biar anak2 bisa makan juga. Pakai panci presto bakal lebih cepat ya, jadi mau juga...

    ReplyDelete
  46. Ahh, dari dulu pengen beli panci presto dan selalu maju mundur untuk belinya, tapi baca kemudahannya jadi racunn banget ini..

    memang yahh klo masak daging apalgi saya butuh waktu krna masaknya aja butuh berjam-jam, ahh semogaaa punya rejeki nih beli panci presto..

    ReplyDelete
  47. Baru tahu lho klo panci presto bisa sekalian buat oven juga. Selama ini cuma masak2 bahan yg lama, misal buat sup tulang atau daging.
    Paling sering sih, tiap hari masak nasi pake presto, lbh cepat, lebih praktis :)

    ReplyDelete
  48. Ini andalan di rumah buat masak daging. Cepat empuk dan tanpa minyak. Lebih sehat, dong.

    ReplyDelete
  49. ku juga pengen niih punya panci presto kayak gini.. hobi masak buat diri sendiri hehe

    ReplyDelete