feature,

The Princess and the Matchmaker (2018)

Wednesday, July 11, 2018 Lendy Kurnia Reny 58 Comments

Bismillah,

Akhirnya berani juga nonton movie-nya Lee Seung Gi, setelah kisah bitter sweet endingnya di Hwayugi. Agak takut kalau ini juga gak sesuai dengan ekpektasi saat nonton. Melihat para aktor yang bermain di film ini saat sedang promo-tour, baru deeh....aku berani download.



Judul : The Princess and the Matchmaker (English title) / Marital Harmony (literal title) /  Goonghab ( κΆν•© )
Sutradara : Hong Chang-Pyo
Aktor : Shim Eun-Kyung, Lee Seung-Gi, Yeon Woo-Jin,
Kang Min-Hyuk, Choi Woo-Sik, Jo Bok-Rae, Minho
Genre : Romantic, Comedy
Durasi : 110 menit



Sebenarnya salah satu alasan aku nonton movie-nya Lee Seung Gi, karena doi terkenal dengan sebutan 3 Crown Prince, jagonya jadi MC, aktor (drama) sama penyanyi. Jadi saat dia memutuskan untuk come back ke dunia akting, apalagi layar lebar, pastilah itu suatu keistimewaan. Coba lihat riwayat akting movienya baru 2 : Love Forecast sama The Princess and The Matchmaker ini. 

Ternyata tebakan aku gak sepenuhnya bener, chingu...


Film ini bisa dibilang drama banget. Padahal aku berharap ada sesuatu yang berbeda dari akting Lee Seung Gi. Pemilihan plot cerita yang juga standart... Lovey-dovey nya kurang menyentuh. Jadi apa yang harus aku bilang? Film berdurasi 110 menit ini cocok ditonton saat santai. Di rumah. Bukan di bioskop. Wkkkwk....mian, mian...😒

Baca juga drama lovey-dovey jaman Joseon yang asyik untuk diikuti :



Shim Eun-Kyung sebagai Songhwa Ongju

Siapa yang gak ingin jadi ongju (putri Raja)?
Karena gak semua orang bisa terlahir kaya dengan garis keturunan terbaik sejak lahir kan yaa... dan Songhwa Ongju adalah salah seorang putri dari selir kesayangan raja jaman Jeong-ju ke 29. Namun karena ramalan dari Gwang-sanggam (Badan Observatorium Joseon), Songhwa ongju dipisahkan dari kehidupan istana sejak kecil. Lalu karena Raja sakit menahun yang tak kunjung sembuh, maka satu-satunya yang bisa membuat Raja sehat kembali adalah tinggal bersama kembali dengan Songhwa ongju.

Jadi,
dipanggillah Songhwa ongju kembali ke istana. Atas dasar pendapat peramal (lagi), Songhwa yang berkarakter kuat, akan memakan nasib baik adiknya (dari Ibu yang berbeda, sehingga adik laki-lakinya ini nanti akan sulit naik takhta menggantikan posisi ayahnya sebagai Raja), jadi Songhwa  mesti dipisahkan dengan Ibu pengasuhnya (( karena sejak awal, Ibunya Songhwa ongju sudah meninggal )) dan kelak harus dinikahkan dengan seseorang yang memiliki saju (perhitungan berdasarkan tanggal, hari dan jam lahir) yang berlawanan dengan Songhwa ongju.

Lee Seung-Gi berperan sebagai Seo Do Yoon

Seo Do Yoon, akhirnya diangkat menjadi gamchal naeri (pegawai pemerintahan, masuk tim peramal astronomi, yang bisa meramal nasib baik dan buruk seseorang dari tanggal, hari dan waktu lahir). Karena ia adalah seorang yang lurus, gak bisa diajak bekerjasama dengan sepupunya sendiri yang ingin menjadi Buma (menantu Raja, cowo yang akan dinikahkan dengan Songhwa ongju) yang berkepribadian buruk, Yoon Shi-kyung



Namun, semua orang gak ada yang tahu bahwa Yoon Shi-kyung ini jahat. Ia, dimata masyarakat adalah seorang pegawai pemerintahan yang gagah dan nurut sama Raja. Namun di balik itu semua, ia sebenarnya menginginkan kedudukan yang lebih di kerajaan. Maka, segala cara akan ditempuhnya demi mewujudkan niatnya itu. Termasuk memanipulasi ramalan perjodohan (saju).

Ini fatal banget kalau jaman Joseon, karena selain (berarti) membohongi Raja juga bisa merusak masa depan oranglain. Kan jaman Joseon apalagi anak Raja, gak boleh pacaran dulu baru nikah...😒 ((bener siih...sesuai syariat Islam yaa..)). Mereka menikah karena perjodohan dimana saju mereka sama-sama berdampak positif bagi kehidupan kerajaan.


Ribet?


Sebenarnya di Jawa juga gitu yaa...ada perhitungan weton yang baik bagi pasangan. Tapi kalau gak cocok, bukan berarti gak jadi, bisa dicarikan jalan keluarnya. Naah...sama. Ramalan perjodohan (saju) ini juga bisa dicarikan jalan keluarnya, dengan menyeimbangkan gelombang Yin dan Yang di alam, gitu kata Seo Do Yoon.


Apa jalan keluar untuk pernikahan Songhwa ongju dan Yoon Shi-kyung?
Memiliki anak.


Dan hal ini yang mungkin susah sekali karena mereka berawal dari pasangan yang tidak mengenal dan saling suka pada awalnya. Kepribadian mereka benar-benar jauh berbeda.
((iyaa...yang satunya 


Bagaimana nasib Songhwa ongju akibat kebohongan Seo Do Yoon mengenai ramalan perjodohan ini?
Nonton deeh... gak lama kok...hanya 1.5 jam.
Hiihi...Happy watching, chingu~



Seperti biasa, aku bakal bahas Learning Point The Princess and the Matchmaker movie ini...


1. Capailah sebuah tujuan secara bertahap


Seringkali, banyak orang lupa bahwa ketamakan membuat diri agresif hingga tak memperdulikan orang lain. Bahkan gak sadar kalau dirinya telah menempuh jalan yang salah, gak peduli kalau kejahatannya terbongkar, bakal ada resiko yang mereka terima, yaitu disiksa Raja.
((iya looh...fitnah Jaman Joseon ini mengerikan. Mereka seringkali hanya percaya dari apa yang tersebar luas di masyarakat tanpa investigasi yang benar. Menyakitkan sekaliii...))


2. Jangan berbohong


Apapun keadaannya, membiasakan berkata baik sesuai dengan kenyataan, meskipun memang terkadang pahit.
Sama seperti kejadian Seo Do Yoon saat ingin melindungi adiknya dari siksaan Yoon Shi-kyung. Seo Do Yoon terpaksa harus berbohong agar adiknya ((yang buta ~ tapi ganteng ~ eaaa..πŸ˜…πŸ˜ )) selamat.


3. Ikuti kata hati


Ini agak klise juga siih...aku juga gak paham kalau mengikuti kata hati, karena feeling bisa aja salah arah kalau tidak diiringi doa kan, chingu?

Dengan berderai airmata, Songhwa ongju mengatakan hal ini kepada ayahnya :
"Jika dalam hidup seseorang tanpa adanya cinta, lalu apalagi yang dimilikinya?"


Dan karena perkataan sang anak yang dicintainya ini, sang Ayah menjadi sadar, bahwa kebahagiaan berasal dari cinta. Selama ini Ayahnya memang seseorang yang memiliki kedudukan terhormat di mata masyarakat, namun segalanya tidak bisa dimiliki.

Kebahagiaan.
Untuk orang-orang di sekelilingnya terutama.

fanart Seo Do Yoon dan Songhwa ongju.

Dan aku sebenarnya ingin mengeluh banyak hal tentang film ini. Selain aku merasa gak cocoknya Lee Seung Gi memerankan tokoh berkepribadian introvert dan tenang begini...karakternya persis saat di drama You're All Surrounded.

Paling oke, doi di Brilliant Legacy, My Girlfriend is Gumiho dan Hwayugi.
Karakter cowok cerewet, pembangkang dan sombong.

Selain gak ngerasa click sama akting Lee Seung Gi, aku pun merasa terlalu banyak pemanis di drama ini. Pemeran pembantunya aja ada Kang Min‑hyuk (drummer sekaligus vocalist CN Blue), Choi Woo-shik (aktor) dan Minho sHinee (member sHinee) yang berperan jadi adiknya Do Yoon yang buta. Aigoo~~

Kerasa sayang aja, para aktor ini gak dikasih akting yang menantang.

Terakhir, aku gak ngerasa puas sama original soundtracknya. Emm, rasanya kurang greget gituu... Padahal film itu bisa bener-bener bisa hidup dan membawa suasana salah satunya karena musik yang mewarnainya. Kalau ini gak oke, aah...meolla, kumerasa kecewa.


Saat film ini launching, Lee Seung Gi saingan sama mantan ((eaa...mantan, karena aku nge-shipperin mereka biar jadian beneran in a real life)) partnernya di Hwayugi, Oh Yeon Soo di filmnya Cheese In The Trap Movie.

And i honestly, prefer Yeon So movie.

Padahal CITT movie ini adaptasi dari drama looh...jadi kaya short versionnya gitu...
Kapan-kapan aku bahas yaa..karena aku puas banget sama CIIT ketimbang Matchmaker.



Adakah sahabat lendyagasshi yang nonton film ini?
Gimana...gimana pendapat chingu-deul?
Berbagi di kolom komentar yuuk...



또 λ΅™κ² μŠ΅λ‹ˆλ‹€ 

Salam hangat,




You Might Also Like

58 comments:

  1. aku kok malah tertariiiik sama bajunyaaa hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa...bajunya bagus deeh...
      Ku juga sukkaka...

      Delete
  2. Wah kalau nonton film singkat ya dibanding drakor 20 episode hahah

    ReplyDelete
  3. Kalau orang jawa mengenal falsafah tresna jalaran soko kulino. Hehehe, kuno tapi buat orang dulu baik-baik aja.
    Kalau sekarang perjodohan kerap dianggap kuno. Pengin nonton the matchmaker deh. Makasih infonya mba

    ReplyDelete
  4. Kalau orang jawa mengenal falsafah tresna jalaran soko kulino. Hehehe, kuno tapi buat orang dulu baik-baik aja.
    Kalau sekarang perjodohan kerap dianggap kuno. Pengin nonton the princess and the matchmaker deh. Makasih infonya mba

    ReplyDelete
  5. Mencapai tujuan secara bertahan, berarti harus sabar juga menjalani prosesnya, ya :)

    ReplyDelete
  6. Wah seru banget deh informasi film na... jadi pengen nonton banget deh ya

    ReplyDelete
  7. Sepertinya bagus nih movienya. Aku akhir-akhir ini tak lagi sempat nonton Kdrama maupun KMovie euy. Banyak banget tertinggal film-film bagus. Makasi ya, Mbak, udah kasih referensi dan sedikit clue yang bikin aku penasaran dan ingin nonton juga.

    ReplyDelete
  8. Jangan berbohong...itu penting banget, sekali ketahuan bohong kepercayaan...orang lain akan berkurang..., Dan dipastikan akan muncul kebohongan2 yg baru..

    ReplyDelete
  9. Iya nih kayaknya memang lee seung gi baru-baru aja ya main film. Semoga nanti dia bisa dapat naskah yang lebih menantang. Soalnya kalau nggak salah image nya dia ini mantu idaman emak-emak korea kan ya? He

    ReplyDelete
  10. ntar aku cari di iflix ah, jadi penasaran pengin nonton juga hehe

    ReplyDelete
  11. Kaya menarik ceritanya, tp tnyt kurang memuaskan ya

    ReplyDelete
  12. Wah jd pengen nonton filmnya. Kayaknya buat hiburan aja bagus ya, jd gak ngarep yang jalannya oke2 atau gmn2 gtu hehe TFS

    ReplyDelete
  13. Wahhh ini yang aku suka kalo baca review mbak Lendu, pasti ada nilai-nilai yang diangkat. Keep sharing, mba. 😘

    ReplyDelete
  14. Jadi penasaran. Coba cari ahh ��

    ReplyDelete
  15. Please deh Eonni, jangan ngabibita wae nonton korea, busui kapan dong nonton dan review lagi kek gini hahhaha makin ga kenal deh nama pemain n judulnya banyak yang baru

    ReplyDelete
  16. Wah, Drakor. Racuuuun, aku kalo nonton pasti susah brenti. Toloooong. :D

    ReplyDelete
  17. Film baru Lee Seung Gi yah, hihihi ...daripada film memang lebih suka nonton drama korea, jarang nemu film korea yang nendang, tapi kalau bagus suka bagus banget hihihi

    ReplyDelete
  18. Huaaa... Suka banget kisah berlatar sejarah gini. Masukin list serial yang mau ditonton aaah....

    ReplyDelete
  19. wah... aku baru tahu ada movie tema kerajaan. selama ini aku nemunya movie korea ynag bukan kerajaan. makasih ya rekomendasinya. aku mau cari ah. aku juga penggemar drama korea soalnya. meski dah 3 bulan ini puasa nonton drakor dulu

    ReplyDelete
  20. btw, ini perasaan aku aja atau... le seung gi wajahnya rada berbeda ya sekarang? keliatan dah jauh lebih tua daripada drama korea terakhirnya... agak gendutan lagi. apa ini cuma di foto doang?

    ReplyDelete
  21. Saya masih suka bingung kalau mengikuti kata hati. Suka khawatir salah. Padahal ebberapa kali kata hati saya benar :D

    ReplyDelete
  22. Wah pemainnya seung gi ya mbk. Biasanya, kalok dia yg main, bagus2 gitu. Seperti gumiho sm brilliant. Makasih udh direview in ya mbk. Mdh2an bisa nontonlah diriku

    ReplyDelete
  23. Sudah lama banget, saya ndak nonton film, Mbak. Apalagi film-film korea atau drakor. Hobi nonton film saya blas berkurang semenjak punya lina anak. Anak satu dua tiga masih suka kadang. Sekarang? Hehe entah deh. Btw, kayaknya bagus ya filmnya. Ulasannya seru, bikin pingin nonton

    ReplyDelete
  24. Lucu ceritanya ada campur tangan peramal dalam kisah percintaan. Pasti seru banget ya, dari yang gak kenal, saling suka dan menikah. Duh, seneng banget bisa nonton drakor gitu, Mbak.

    ReplyDelete
  25. Aku dah pernah komentar nih mba hehehe.. kalau cerita princess and her drama itu mwmang gimanaaa gitu yaaa

    ReplyDelete
  26. Jarang banget nonton drakor karena pasti terlena terlalu khusuk nontonnya, terus jadi lupa ngerjain yg lain :))

    ReplyDelete
  27. Oh kukira matchmaker itu makcomblang..hihi..

    ReplyDelete
  28. Wajib nonton nih, aku suka yang jalan ceritanya seperti ini..tentang princess :)

    ReplyDelete
  29. Bertahap, jangan berbohong, ikuti kata hati. Noted mba!

    ReplyDelete
  30. Blognya udah aku follow ya Mbaaak. Salam tempel, eh salam kenal. Drakor ini aku tandain deh, soalnya aku habis marathon family wife. Kayaknya ceritanya bagus

    ReplyDelete
  31. Jadi inget dulu pernah diramal orang Tionghoa. Akunya nggak percaya dan nentang lalu ngelakuin apa yang udah dinasehatin ke aku. Lha kok endingnya beneran lo berantakan. Hahaha...

    ReplyDelete
  32. wah teteh filmnya hahaha meski ga suka drakor tapi baca reviewnya oke juga teh ada yang bisa dimabil ya drai film ini :)

    ReplyDelete
  33. Udah lama gak lihat akting Lee Seung Gi. Kemarin waktu Hwayugi gak nonton. Eh itu ada Yeon Woo-Jin juga yaaa

    ReplyDelete
  34. Hanbok oh hanbok. Ceritanya kayanya seru nih Mak. Apalagi settingnya Korea klasik. Pasti bertabur kostum kostum kece yaaa

    ReplyDelete
  35. Akting Seung Gi yang paling kusuka itu di drama King 2 Heart yang sama Ha Ji Won. Sama di Gumiho juga sih ��

    ReplyDelete
  36. wuah oppa seung gi pakai baju tradisional korea lagi nih kayaknya dia main film kolosal genre terus ya akhir2 ini heheh

    ReplyDelete
  37. Hhuwaaaaa pangeranku Lee Sung Gi, hahahhaa aduh dia emang ya suka melelehkan hati wanita. Wkwkwkw wajib download ki aku, ketinggalan banyak film aku akhir-akhir ini soalnya jarang ke Telkom wkwkwk

    ReplyDelete
  38. Kenapa aku jadi penasaran sama adiknya Seo Do Yoon, ya. Hahaha

    ReplyDelete
  39. Mbaa, ini setting tahun berapa mba? Bagus banget kostum yag digunakannya ya. Totalitas bener

    ReplyDelete
  40. Di sana juga menganut syariat islam ya :) mirip begitulah ya. Aku baru tau loh soal itu

    ReplyDelete
  41. Aku biasanya gak terlalu ngerti ttg film film Korea, tapi suka nonton film kolosal macam Jang Geum hehehe

    ReplyDelete
  42. Saya suka baca tulisan Teh Lendy tentang drama korea dan sejenisnya. Suka ada learning point-nya. Mantaap, deh! :))

    ReplyDelete
  43. Cantik dan ganteng2 iiih *sambilelusperut *ups hihihih.

    Saya gak ngerti film atau drakor nih Mbak, tapi pesan2nya oke banget tuh. Jgn asal percaya isu yg beredar sblm investigasi dan gak boleh bohong dong yaaa pastinyaa.

    ReplyDelete
  44. Seru banget kayaknya ya, mba. Film-film kayak gini sarat makna dan banyak pelajaranny yang bisa dipetik

    ReplyDelete
  45. Aku masih jarang nonton film Korea, kebanyakan drama
    Agaknya boleh juga mulai intip2 filmnya klo lagi ga bisa nonton drama yang epsnya panjang
    Tp drpd nonton ini kkyny mending nonton CITT ya coz aku agak ngenes sama ending drama CITT mudah2an filmnya lbh oke

    ReplyDelete
  46. Aku ga pernah nonton film Korea, wkwkwk. Tapi bagus juga kalo kita bisa ambil learning point dari kisah2 kayak gini ya mbak.

    ReplyDelete
  47. Wah, turut campur dari peramal menentukan juga yaaa.. Sayangnya ada tindakan berbohong utk mendapatkan sang putri ya. Jadi kasihan sama princessnya klo kyk gini.

    ReplyDelete
  48. Racun ini !
    Aku udah tobat nonton drakor.
    Eh baca pulak blog ini.
    Kan jd pengen.
    Wkwkwkw

    ReplyDelete
  49. Baca bagian learning poinnya kok nohok banget soal kata hati ya. Bener sih, kadang kan kata hati belok jalan dulu tanpa diiringi doa. Apalagi untuk perempuan, kalau bertindak tanduk andalannya adalah perasaan (hati).

    ReplyDelete
  50. Kalau liat review drakor begini, jadi tahu ada yg menarik apa di film itu. Makasih ya mba.

    ReplyDelete
  51. Mbak... kamu tuh kuat banget yaa nonton sampai segera dibuat reviewnya. Aku udah ngantuk duluan. Hahaha. tapi senang baca review di sini karena learning point-mu itu selalu mengena di hati.

    ReplyDelete
  52. Akhh aku histeris. Secara aku fans lee seung gi mba Wkwkwkw tp sejak nikah krn dikit2 suka histeris nonton dia suamiku sampai cemberut hahaha. Langsung cuz cari. Ngebut

    ReplyDelete
  53. HAHAHA, sama dengan mbah Indah.
    Makin kepo sama gaun tradisional Korea (Hanbok) ini.

    Pengen banget memakainya, satu hari nanti ^^

    ReplyDelete
  54. Oke Mba makasih infonya. Bakalan masuk whislist setelah banyak yang tamat.

    ReplyDelete
  55. My time is over untuk menyukai film-film ini, kecuali diajak nonton sama Cucu ya pastinya gak pernah nolak. Koq? Iya, karena dari muda bunda tuh paling doyan nontoh.

    ReplyDelete
  56. Aku ga tau knp gak tertarik sama drakor yg kerajaan gini. CITT aku nonton drama sama film, lebih suka dramanya.

    ReplyDelete